foto Mengerikan Penderita Penyakit HIV AIDS!

Saya berharap gambar-gambar ini akan mampu membawa mesej bagi sesiapa yang melihatnya. Gambar-gambar ini menceritakan kepada kita tentang bagaimana penderitaan para penyandang penyakit AIDS yang sehingga kini belum juga di dapati ubatnya. Penyakit yang mengakibatkan penurunan daya tahan tubuh ini lebih banyak di sebabkan oleh hubungan seks bebas. Penggunaan jarum suntikan yang tercemar oleh virus HIV juga menjadi penyebab berikutnya. Semuanya berpunca dari penyelewengan seseorang dari landasan hidup yang benar. Dalam Gambar-Gambar ini kelihatan mereka begitu menderita dengan penyakit yang menimpanya. Mereka kelihatan putus asa, marah dan tidak tahu harus berbuat apa untuk lari dari penyakit yang menggerogotinya. Hanya raut penyesalan yang tampak di wajah mereka. Siapapun berpotensi untuk dijangkiti penyakit ini lebih-lebih mereka yang suka melakukan seks bebas dan penggunaan ubat terlarang dengan jarum suntik. Sebelum semuanya terjadi, mulalah berfikir seribu kali jika terselit di dalam hati untuk melakukan hubungan seks bukan dengan pasangan yang sah atau menggunakan dadah. Ingat mencegah adalah sebuah hal yang lebih mudah untuk kita lakukan, sedangkan menyembuhkan adalah perkara yang lebih sukar untuk dapat dilakukan, kegagalan daripada usaha pemulihan adalah kematian. Ada banyak hal yang jauh

lebih baik untuk boleh kita lakukan daripada memenuhi nikmat sesaat yang akan membawa penderitaan sampai akhirat

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

miopati. Obat menghambat enzim ini dan mencegah replikasi virus. asidosis. AIDS terjadi pada tahap berikutnya dalam penyakit. miopati. Selain itu. pankreatitis. ditunjukkan dalam tabel di bawah ini: Obat Kategori Obat Hame Toksisitas Hepatic steatosis. Enzim ini membantu dalam perkalian partikel virus. dyshaemopoiesis (anemia. 4. Terapi sangat aktif kombinasi ini sekarang dikenal sebagai sangat aktif terapi anti retroviral (HAART). Ada empat utama kelas obat yang digunakan sebagai agen anti retroviral: 1. macrocytosis. Pada tahun 1996. Sejarah pengobatan HIV Pada awalnya di akhir 1980-an.Oleh Dr Ananya Mandal. infeksi oportunistik di AIDS dapat dicegah dengan menggunakan obat-obatan yang ditargetkan terhadap organisme dan kanker. gynaecomastia AZT (AZT) Nukleosida reverse transcriptase inhibitor (NRTI) Didanosien (ddI). neuropati perifer. neutropaenia) Hepatic steatosis. obat-obatan lebih muncul melawan HIV dan kombinasi terapi menjadi lebih banyak digunakan. pasien positif HIV dikelola dengan obat antiretroviral yang mencegah replikasi virus dalam tubuh dan menunda onset AIDS. MD Menyebabkan infeksi dengan Human Immunodeficiency virus atau HIV AIDS (Acquired immunodeficiency syndrome) yang kebanyakan fatal dan tidak dapat disembuhkan. laktat acidosi. bersama dengan mereka kemungkinan efek samping. Obat kelas ARV terutama bertindak atas enzim yang disebut reverse transcriptase. Saat ini. Nukleosida reverse transcriptase inhibitor (NRTI) Bebas-nucleoside reverse transcriptase inhibitor (NNRTIs) Protease inhibitor Ribonucleotide reduktase inhibitor Obat-obatan. Stavudine (d4T) . 2. 3. dyshaemopoiesis. cardiomyopathy. monotherapy dengan AZT adalah terapi hanya anti retroviral (ARV).

Jika sel CD4 penting adalah 351-500 sel mm3 pasien memerlukan perawatan jika mereka memiliki infeksi Hepatitis B atau C. hyperlipidaemia.Johnson sindrom. Jika AIDS yang mendefinisikan kondisi hadir terapi mungkin menunjukkan meskipun tingkat CD4 normal. hepatitis Ribonucleotide reduktase inhibitor (RNR) Hydroxyurea Penindasan sumsum tulang. Ritonavir. Indinavir. Orang-orang dengan risiko infeksi oportunistik perlu pencegahan antibiotik antijamur atau agen. ditambah lamivudine atau emtricitabine Pasien membutuhkan vaksinasi terhadap hepatitis B. .Lamivudine (3TC) Bebas-Nucleoside reverse transcriptase inhibitor (NNRTI) Dyshaemopoiesis Nevaripine. Orang-orang dengan HIV tahap akhir perlu ARV kecuali dalam kehadiran tuberkulosis ketika jumlah sel CD4 sel/mm3 lebih dari 350 Bagaimana terapi dimulai dan dipelihara? Terapi awal adalah dengan tiga obat: efavirenz plus tenofovir atau abacavir. hepatitis Protease inhibitor (PI) Saquinavir. hepatitis Manajemen pasien positif HIV Manajemen pasien positif HIV sesuai dengan pedoman Asosiasi HIV Inggris (BHIVA):    Semua pasien dengan infeksi HIV membutuhkan terapi antiretrovirus jika mereka memiliki jumlah sel CD4 dari di bawah 350 sel/mm3 atau tanda-tanda keterlibatan sistem saraf. bisul mulut. Stevens . hyperglycaemia. Efavirenz Kulit ruam. pneumokokus penyakit dan Haemophilus influenzae tipe b (dan mungkin influenza dan hepatitis A). Nefinavir Lipodistrofi. tipus lisan atau live oral polio imunisasi tidak boleh diberikan untuk pasien ini. rendah persentase sel CD4 (kurang dari 14%) dan memiliki tinggi risiko penyakit jantung. demam kuning. Hidup virus atau vaksin organisme seperti BCG.

BA Hons (Cantab) . Menyusui tidak dianjurkan pada wanita dengan HIV karena virus dapat menginfeksi bayi melalui ASI.Bagaimana mengelola eksposur kebetulan terhadap infeksi HIV? Skenario ini umum di antara pekerja kesehatan dan orang-orang yang merawat pasien positif HIV. Ini disebut post-exposure prophylaxis atau PEP. Tanpa perawatan. PEP harus dimulai dalam waktu 72 jam kedatangan dengan virus. Infeksi HIV di kehamilan Anti retroviral obat-obatan yang diberikan untuk hamil dengan HIV membantu mencegah infeksi menyampaikan kepada anak. Namun. ada satu dari empat kesempatan bahwa bayi akan mengembangkan infeksi. PEP adalah pengobatan sebulan dengan kombinasi obat antiretrovirus. sampai saat ini ada adalah tidak disetujui vaksin melawan infeksi karena virus HIV 1 membentuk merupakan target yang sulit yang mungkin mengembangkan vaksin. Mungkin ada cedera tongkat kebetulan jarum atau paparan HIV terkontaminasi darah atau cairan tubuh pasien. PEP cepat mulai semakin baik .ideal dalam jam kedatangan dengan HIV. Dengan pengobatan. Pasien yang ingin hamil melalui buatan teknik kebutuhan langkah-langkah khusus seperti sperma cuci dll untuk mencegah infeksi di dalam Bapa dari lewat pada ibu dan bayi. yang memiliki efek samping yang serius dan tidak menjamin perlindungan mutlak. risiko adalah kurang dari dalam seratus. Orang-orang yang telah terkena virus dalam 72 jam terakhir (tiga hari) perlu mengambil obat anti-HIV mungkin mencegah infeksi. Vaksin HIV Upaya berada di tempat untuk mengembangkan vaksin terhadap infeksi ini. Ditinjau oleh April Cashin-Garbutt.

Penyakit ini 20 tahun yang lalu belum dikenal sama sekali. HIV adalah singkatan dari Human Immuno Virus. melalui transfusi darah dan transplantasi organ yang tercemar HIV. Rata-rata setiap harinya terdapat 14 ribu orang terinfeksi.AIDS adalah singkatan dari Acquered Immune Deficiency Syndrome. akan tetapi saat ini diperkirakan lebih dari 60 juta orang terinfeksi dan lebih dari 21 juta orang meninggal karenanya. Penyakit ini disebabkan oleh virus HIV. Sampai sekarang di Indonesia telah ditemukan banyak kasus terinfeksi HIV/AIDS yang jumlahnya cenderung meningkat dari tahun ke tahun. sebagian adalah usia remaja antara 15-24 tahun. Akan tetapi yang tercatat dan dilaporkan hanya sekitar 6000 orang sejak 1987. yaitu melalui hubungan seksual dengan seorang yang mengidap HIV. Kasus terbanyak infeksi HIV/AIDS di Indonesia . Penyakit ini menyerang sistem kekebalan tubuh manusia. sehingga manusia mudah terserang penyakit lain. Akibatnya sistem kekebalan menurun dan rentan terhadap segala infeksi.Sebagian Besar Penderita HIV/AIDS adalah Remaja dan Dewasa Muda Sebagian Besar Penderita HIV/AIDS adalah Remaja dan Dewasa Muda . melalui jarum suntik atau alat tusuk lainnya yang tercemar HIV. AIDS adalah penyakit yang belum dapat ditemukan obatnya sampai sekarang. Virus ini menular bila terjadi percampuran cairan tubuh yang mengandung HIV. Epidemi HIV/AIDS telah menyebar dengan cepat. AIDS telah menjadi penyebab kematian terbesar keempat di seluruh dunia. dan pemindahan dari ibu hamil yang mengidap HIV kepada janinnya. Virus ini menyerang sel limfosit CD4 dalam tubuh manusia yang berperan sebagai system pertahanan tubuh dari infeksi. Perkiraan secara nasional oleh Kementerian Kesehatan tahun 2002 jumlah pengidap HIV/AIDS di Indonesia adalah sekitar 90 – 130 ribu orang.

40-49 tahun dan 15-19 tahun. Tingginya kasus HIV/AIDS pada remaja dan dewasa muda kemungkinan disebabkan oleh ketidaktahuan mereka tentang apa itu HIV dan AIDS itu sendiri. Jawa Barat. disusul berturut-turut 30-39 tahun. Kepulauan Riau dan Riau.berturut-turut ditemukan di DKI Jakarta. sehingga peningkatan jumlah kasus akan berpengaruh secara ekonomi dan sosial terhadap penderita. peningkatan atau meluasnya industri seks yang melayani 7-10 juta konsumen setiap tahun serta minimnya penggunaan kondom oleh pelanggan pekerja seks komersil. Faktor. Jawa Timur. Kalimantan Barat. Angkatan kerja produktif meninggal. menyebabkan pelayanan sosial dan kesehatan terbebani. disusul pasangan heteroseksual. HIV/AIDS akan dengan cepat meniadakan kemajuan pembangunan yang telah dicapai bangsa selama ini. Menurut jenis penularannya kasus HIV/AIDS terbanyak ditemukan pada pengguna jarum suntik (Intravenous Drugs Users). Sulawesi Utara. apa penyebabnya. Papua. Kalau kita tinjau dari jumlah kasus menurut kelompok umur maka yang paling banyak adalah pada usia muda yaitu usia 15 – 49 tahun dengan yang tertinggi adalah usia 20-29 tahun. Bali. jumlah yatim piatu meningkat. dimana kasus yang muncul ke permukaan atau yang dicatat tersebut hanyalah sebagian kecil dari yang sebenarnya. bagaimana cara penularannya serta bagaimana mencegah agar tidak tertular penyakit tersebut.faktor yang menyebabkan peningkatan cepat epidemi di Indonesia antara lain terbanyak adalah penggunaan narkoba dengan jarum suntik yang tidak steril. . Kasus HIV/AIDS yang dilaporkan tersebut hanyalah sebuah fenomena gunung es. Sedangkan kelompok umur yang paling banyak ditemukan kasus HIV/AIDS adalah kelompok umur dewasa muda yaitu usia 20 – 29 tahun. penularan saat persalinan. akan tetapi sudah terjadi peningkatan status menjadi epidemi terkonsentrasi. keluarga maupun perekonomian negara. Sumatera Utara. Usia tersebut tergolong usia produktif. Oleh karena itu sangatlah penting memberikan informasi yang tepat tentang penyakit ini kepada masyarakat khususnya remaja agar peningkatan kasus tidak terjadi di masa depan dan tidak terjadi loss generation pada bangsa kita. transfusi darah dan lain-lain. Peran pemerintah maupun masyarakat melalui Lembaga Swadaya Masyarakat menjadi sangat krusial. Saat ini Indonesia tidak lagi tergolong sebagai Negara dengan prevalensi infeksi rendah. Apabila tidak segera ditanggulangi maka. homoseksual.

5 tahun 1997 tentang Psikotropika dan UU No. termasuk bagi aparat hukum. ekstasi.22 tahun 1997 tentang Narkotika. Narkoba atau NAPZA merupakan bahan/zat yang bila masuk ke dalam tubuh akan mempengaruhi tubuh terutama susunan syaraf pusat/otak sehingga bilamana disalahgunakan akan menyebabkan gangguan fisik. Zat adiktif lainnya disini adalah bahan/zat bukan Narkotika & Psikotropika seperti alkohol/etanol atau metanol. Selain Narkoba. petidin. shabu. Semua istilah ini sebenarnya mengacu pada sekelompok zat yang umumnya mempunyai risiko yang oleh masyarakat disebut berbahaya yaitu kecanduan (adiksi). tembakau.ENIS-JENIS NARKOBA Jenis-jenis Narkoba Narkoba merupakan singkatan dari Narkotika dan Obat/Bahan berbahaya yang telah populer beredar dimasyarakat perkotaan maupun di pedesaan. obat penenang seperti mogadon. dumolid. Sebenarnya dahulu kala masyarakat juga mengenal istilah madat sebagai sebutan untuk candu atau opium. Myanmar dan Laos (The Golden Triangle) maupun di Pakistan dan Afganistan. Mushroom. Golongan Psikotropika adalah zat atau obat baik alami maupun sintetis namun bukan Narkotika yang berkhasiat aktif terhadap kejiwaan (psikoaktif) melalui pengaruhnya pada susunan syaraf pusat sehingga menimbulkan perubahaan tertentu pada aktivitas mental dan perilaku. Narkotika adalah zat atau obat yang berasal dari tanaman atau bukan tanaman baik sintetis maupun semisintetis yang akan menyebabkan perubahan kesadaran. Jenis Narkotika yang sering disalahgunakan adalah morfin. . Pasikotropika dan Zat adiktif lainnya. suatu golongan narkotika yang berasal dari getah kuncup bunga tanaman Poppy yang banyak tumbuh di sekitar Thailand. Sedangkan jenis Psikotropika yang sering disalahgunakan adalah amfetamin. Karena itu Pemerintah memberlakukan Undang-Undang untuk penyalahgunaan narkoba yaitu UU No. pil koplo. psikis/jiwa dan fungsi sosial. rohypnol. gas yang dihirup (inhalansia) maupun zat pelarut (solven). istilah lain yang diperkenalkan khususnya oleh Departemen Kesehatan RI adalah NAPZA yaitu singkatan dari Narkotika. BK. mengurangi sampai menghilangkan rasa sakit dan dapat menimbulkan ketergantungan (adiksi). mariyuana. termasuk LSD. hashis dan kokain. lexotan. termasuk ganja atau kanabis. heroin (putauw).

Timbul masalah kulit di sekitar mulut dan hidung. Dapat menyebabkan pingsan. Kebingungan (konfusi). Pusing. Mual. jantung berdebar-debar.       Menimbulkan rasa kesibukan (rushing sensation) Menimbulkan semangat Merasa waktu berjalan lambat. sulit buang hajat besar (konstipasi). Mulut kering dan warna muka berubah. . Umumnya candu mengandung 10% morfin. ke dalam otot atau pembuluh darah (intravena)        Menimbulkan euforia.Sering kali pemakaian rokok dan alkohol terutama pada kelompok remaja (usia 14-20 tahun) harus diwaspadai orangtua karena umumnya pemakaian kedua zat tersebut cenderung menjadi pintu masuk penyalahgunaan Narkoba lain yang lebih berbahaya (Putauw). muntah. Merasa rangsang birahi meningkat (hambatan seksual hilang). Cara pemakaiannya disuntik di bawah kulit. kehilangan keseimbangan/mabuk. MORFIN Merupakan zat aktif (narkotika) yang diperoleh dari candu melalui pengolahan secara kimia. Gelisah dan perubahan suasana hati. OPIAT atau Opium (candu) Merupakan golongan Narkotika alami yang sering digunakan dengan cara dihisap (inhalasi). Berkeringat.

Otot-otot menjadi lemas/relaks. kemerahan dan gatal di sekitar hidung. Efek samping timbul kesulitan dorongan seksual. Penyimpangan perilaku : berbohong. kriminal. Timbul rasa kesibukan yang sangat cepat/rushing sensastion (± 30-60 detik) diikuti rasa menyenangkan seperti mimpi yang penuh kedamaian dan kepuasan atau ketenangan hati (euforia).          Denyut nadi melambat. Ingin selalu menyendiri untuk menikmatinya. . Membentuk dunia sendiri (dissosial) : tidak bersahabat. timbul gangguan kebiasaan tidur. Pada tanaman ini terkandung 3 zat utama yaitu tetrahidrokanabinol. Zat ini sangat mudah menembus otak sehingga bereaksi lebih kuat dari pada morfin itu sendiri. kesulitan membuang hajat besar. Umumnya digunakan dengan cara disuntik atau dihisap. Jika sudah toleransi. jantung berdebar-debar. menipu. kanabinol dan kanabidiol. Ketergantungan dapat terjadi dalam beberapa hari. semakin mudah depresi dan marah sedangkan efek euforia semakin ringan atau singkat GANJA atau kanabis Berasal dari tanaman kanabis sativa dan kanabis indica. mencuri.HEROIN atau Putaw Merupakan golongan narkotika semisintetis yang dihasilkan atas pengolahan morfin secara kimiawi melalui 4 tahapan sehingga diperoleh heroin paling murni berkadar 80% hingga 99%. Diafragma mata (pupil) mengecil (pin point). Heroin murni berbentuk bubuk putih sedangkan heroin tidak murni berwarna putih keabuan (street heroin). Cara penggunaannya dihisap dengan cara dipadatkan menyerupai rokok atau dengan menggunakan pipa rokok. Mengurangi bahkan menghilangkan kepercayaan diri. Tekanan darah menurun.

Flashback (mengingat masa lalu) selama beberapa minggu atau bulan kemudian. Selera makan bertambah.            Denyut jantung atau nadi lebih cepat. Gangguan kebiasaan tidur. LSD atau lysergic acid atau acid. Kadang-kadang menjadi agresif bahkan kekerasan. banyak bicara dan bergembira. Nama jalanan kadang disebut koka. Disalahgunakan dengan . Ada juga yang berbentuk pil atau kapsul. Depresi. Biasanya halusinasi ini digabung menjadi satu hingga timbul obsesi terhadap yang dirasakan dan ingin hanyut di dalamnya. Pusing Panik dan rasa takut berlebihan. Kokain asam berupa kristal putih. srepet. putih. coke. mual yang berkepanjangan. Mulut dan tenggorokan kering. Menjadi sangat indah atau bahkan menyeramkan dan lama kelamaan membuat perasaan khawatir yang berlebihan (paranoid). Denyut jantung dan tekanan darah meningkat. charlie.            Timbul rasa yang disebut Tripping yaitu seperti halusinasi tempat. Disorientasi. happy dust. Berkeringat. Berfantasi. Bilamana pemakaian dihentikan dapat diikuti dengan sakit kepala. rasa sedikit pahit dan lebih mudah larut dibanding bentuk basa bebas yang tidak berbau dan rasanya pahit. Sulit mengingat sesuatu kejadian. salju. Gangguan persepsi seperti merasa kurus atau kehilangan berat badan. reaksi yang cepat dan koordinasi. snow. Diafragma mata melebar dan demam. Sensitif dan gelisah. warna dan waktu. trips. KOKAIN Mempunyai 2 bentuk yakni bentuk asam (kokain hidroklorida) dan bentuk basa (free base). tabs Termasuk sebagai golongan halusinogen (membuat khayalan) yang biasa diperoleh dalam bentuk kertas berukuran kotak kecil sebesar ¼ perangko dalam banyak warna dan gambar. rasa letih/capek. Merasa lebih santai. Cara menggunakannya dengan meletakkan LSD pada permukaan lidah dan bereaksi setelah 30-60 menit kemudian dan berakhir setelah 812 jam. Kesulitan kinerja yang membutuhkan konsentrasi.

Berupa bubuk warna putih dan keabu-abuan. Paranoid. Menimbulkan hasutan (agitasi). SS. Mual dan merasa sakit. Nama lain fantacy pils. Bicara seperti menelan (slurred speech). pusing. Kebingungan (konfusi). Gangguan penglihatan (snow light). Dalam bentuk kristal dibakar dengan menggunakan kertas alumunium foil dan asapnya dihisap melalui hidung.cara menghirup yaitu membagi setumpuk kokain menjadi beberapa bagian berbaris lurus di atas permukaan kaca dan benda yang mempunyai permukaan datar. Cara penggunaan dalam bentuk pil diminum. Tekanan darah meningkat. Sakit kepala. Menjadi lebih berani/agresif. Metamfetamin bekerja lebih lama dibanding MDMA (dapat mencapai 12 jam) dan efek halusinasinya lebih kuat. Merasa seperti ada kutu yang merambat di atas kulit (cocaine bugs).               Jantung terasa sangat berdebar-debar (heart thumps). Mulut kering dan merasa haus. Banyak bicara (talkativeness). takut dan depresi dalam beberapa hari. Kehilangan nafsu makan. Penggunaan jangka panjang mengurangi berat badan. Suhu badan naik/demam. Menghirup kokain berisiko luka pada sekitar lubang hidung bagian dalam. ice. Kejang-kejang. . atau dibakar dengan memakai botol kaca yang dirancang khusus (bong). kesulitan bernafas. Sering mengeluarkan dahak atau lendir. Hasutan (agitasi). kewaspadaan dan dorongan seks. Nama lainnya shabu. Merasa sangat bergembira (euforia). Merokok kokain merusak paru (emfisema). Dalam bentuk kristal yang dilarutkan dapat juga melalui suntikan ke dalam pembuluh darah (intravena). Berkeringat. Timbul rasa letih. Kemudian dihirup dengan menggunakan penyedot atau gulungan kertas. Tidak bisa tidur. tremor/gemetar. inex. AMFETAMINNama generik/turunan amfetamin adalah D-pseudo epinefrin yang pertama kali disintesis pada tahun 1887 dan dipasarkan tahun 1932 sebagai pengurang sumbatan hidung (dekongestan). Cara lain adalah dibakar bersama tembakau yang sering disebut cocopuff.              Menimbulkan keriangan. kegembiraan yang berlebihan (ecstasy). kegelisahan. Ada 2 jenis amfetamin yaitu MDMA (metil dioksi metamfetamin) dikenal dengan nama ectacy. Memperlambat pencernaan dan menutupi selera makan. Timbul masalah kulit.

Dikenal 3 golongan minuman berakohol yaitu golongan A. Perilaku aneh atau menunjukkan tanda kebingungan proses berpikir. kadar etanol 5%-20% (minuman anggur/wine) dan golongan C. misalnya aprazolam/Xanax/Alviz. Nampak bahagia dan santai. Dosis mematikan/letal tidak diketahui dengan pasti. ALKOHOL Merupakan suatu zat yang paling sering disalahgunakan manusia. Cara pemakaian BDZ dapat diminum. Kadar alkohol dalam darah maksimum dicapai 30-90 menit. TKW. Jalan sempoyongan. SEDATIF-HIPNOTIK (Benzodiazepin/BDZ) Sedatif (obat penenang) dan hipnotikum (obat tidur). Dari peragian tersebut dapat diperoleh alkohol sampai 15% tetapi dengan proses penyulingan (destilasi) dapat dihasilkan kadar alkohol yang lebih tinggi bahkan mencapai 100%. putauw bisa berakibat fatal karena menekan sistem pusat pernafasan. dan melalui dubur. Setelah diserap. disuntik intravena. . Dum. Obat tidur/hipnotikum terutama golongan barbiturat dapat disalahgunakan misalnya seconal. Tidak bisa memberi pendapat dengan baik. Bila BDZ dicampur dengan zat lain seperti alkohol. kadar etanol 20%-45% (Whiskey. golongan B. namun dengan penurunannya orang tersebut menjadi depresi. Manson House. Umumnya dokter memberi obat ini untuk mengatasi kecemasan atau panik serta pengaruh tidur sebagai efek utamanya. kadar etanol 1%-5% (bir). Lexo. Gigi rapuh. Vodca. Rohip.        Terjadi gangguan konsentrasi dan keterampilan yang berkepanjangan. Dengan peningkatan kadar alkohol dalam darah orang akan menjadi euforia. Alkohol diperoleh atas peragian/fermentasi madu. Johny Walker. gula. Menjadi sangat acuh atau tidak peduli dan bila disuntik akan menambah risiko terinfeksi HIV/AIDS dan hepatitis B & C akibat pemakaian jarum bersama. Nama jalanan BDZ antara lain BK. Ada yang minum BDZ mencapai lebih dari 30 tablet sekaligus. alkohol/etanol disebarluaskan ke suluruh jaringan dan cairan tubuh. Menghilangkan kekhawatiran dan ketegangan (tension).   Akan mengurangi pengendalian diri dan pengambilan keputusan. Kamput). Bicara seperti sambil menelan (slurred speech). gusi menyusut karena kekurangan kalsium. sari buah atau umbi-umbian. MG.

Dapat menghilangkan pengendalian diri atau fungsi hambatan. cairan untuk dry cleaning. Contohnya aerosol. uap bensin. Penggunaan menahun toluen yang terdapat pada lem dapat menimbulkan kerusakan fungsi kecerdasan otak. aica aibon. Dapat terjadi kecelakaan yang menyebabkan kematian di antaranya karena jatuh. isi korek api gas. Terjadi kemerahan yang menetap di sekitar hidung dan tenggorokan. Tidak mampu membuat keputusan. radang selaput mata. tenggelam yang umumnya akibat intoksikasi/keracunan dan sering sendirian. Bernafas menjadi lambat dan sulit. Merasa senang dan banyak tertawa. Tidak mampu berjalan. kerusakan hati dan ginjal dan gangguan pada darah dan sumsum tulang. batuk dan bersin-bersin. kebakar.             Pada mulanya merasa sedikit terangsang. Bisa terjadi henti jantung (cardiac arrest). Halusinasi. Terlihat mabuk dan jalan sempoyongan. bat intoksikasi/keracunan dan sering sendirian. Mual.Pada umumnya alkohol :      Akan menghilangkan perasaan yang menghambat atau merintangi. gangguan irama jantung. keletihan otot. Kehilangan nafsu makan. . Pemakaian yang berlebihan dapat menyebabkan kerusakan syaraf otak menetap. INHALANSIA atau SOLVEN Adalah uap bahan yang mudah menguap yang dihirup. tinner. Merasa lebih tegar berhubungan secara sosial (tidak menemui masalah).Umumnya digunakan oleh anak di bawah umur atau golongan kurang mampu/anak jalanan. Perilaku menjadi agresif/berani atau bahkan kekerasan. Menimbulkan kebingungan.

VCD. prevalensi penyalahgunaan narkoba meningkat menjadi 2. Meluasnya narkoba di Indonesia terutama di kalangan generasi muda karena didukung oleh faktor budaya global. Pengertian Narkoba Pengertian narkoba menurut Kurniawan (2008) adalah zat kimia yang dapat mengubah keadaan psikologi seperti perasaan. suntik.Pengertian Narkoba dan Jenis-jenis Narkoba Narkoba bukanlah sesuatu yang asing lagi bagi kita. Kita telah sering mendengar dan membaca berita tentang narkoba di media elektronik maupun media cetak. Oleh karena itu dituntut adanya peran serta dari berbagai pihak di Indonesia yang dapat memerangi narkoba. pikiran. dihirup. Di Indonesia. suasana hati serta perilaku jika masuk ke dalam tubuh manusia baik dengan cara dimakan. Pada tahun 2010. Budaya global dikuasai oleh budaya Barat (baca Amerika Serikat) yang mengembangkan pengaruhnya melalui layar TV. diminum. prevalensi penyalahgunaan narkoba meningkat menjadi 2.21 persen atau sekitar 4. Sedangkan pengertian narkoba menurut pakar kesehatan adalah psikotropika yang biasa dipakai untuk membius pasien saat hendak dioparasi atau obat-obatan untuk . dan film-film. peredaran obat terlarang ini sudah menjadi alah satu permasalahan utama yang harus segera diatasi.8 persen atau sekitar 5 juta orang. intravena. dan lain sebagainya. Ciri utama budaya tersebut amat mudah ditiru dan diadopsi oleh generasi muda karena sesuai dengan kebutuhan dan selera muda.02 juta orang. Pada tahun 2011. Salah satunya konselor sebagai pendidik dilingkungan pendidikan juga dapat ikut berpartisipasi dalam upaya memerangi obat-obatan terlarang tersebut.

tetapi bermanfaat untuk pengobatan dan penelitian. Contoh : ganja. Psikotropika golongan II adalah psikotropika dengan daya adiktif kuat serta berguna untuk pengobatan dan penelitian. dan ekstasi. 2. Contoh: MDMA. Narkotika Menurut Soerdjono Dirjosisworo mengatakan bahwa pengertian narkotika adalah “Zat yang bisa menimbulkan pengaruh tertentu bagi yang menggunakannya dengan memasukkan kedalam tubuh. Namun kini presepsi itu disalah gunakan akibat pemakaian yang telah diluar batas dosis. Sifat-sifat tersebut yang diketahui dan ditemukan dalam dunia medis bertujuan dimanfaatkan bagi pengobatan dan kepentingan manusia di bidang pembedahan. Narkotika golongan III adalah narkotika yang memiliki daya adiktif ringan. . Contoh : lumibal. baik alamiah maupun sintesis. LSD. rangsangan semangat dan halusinasi atau timbulnya khayalan-khayalan. Narkotika golongan II adalah narkotika yang memiliki daya adiktif kuat. dan betametadol. menghilangkan rasa sakit dan lain-lain. Pengaruh tersebut bisa berupa pembiusan. Contoh : kodein dan turunannya. Psikotropika dan Zat adiktif lainnya. Penjelasan mengenai jenis-jenis narkoba adalah sebagai berikut: 1. dan metakualon. belum diketahui manfaatnya untuk pengobatan dan sedang diteliti khasiatnya. Psikotropika golongan III adalah psikotropika dengan daya adiksi sedang serta berguna untuk pengobatan dan penelitian. morfin. Golongan ini digunakan untuk penelitian dan ilmu pengetahuan. dan opium. Contoh : amfetamin. benzetidin. Jenis-jenis Narkoba Narkoba dibagi dalam 3 jenis yaitu Narkotika. kokain. heroin. Psikotropika digolongkan lagi menjadi 4 kelompok adalah :    Psikotropika golongan I adalah dengan daya adiktif yang sangat kuat. STP. metamfetamin. dan fleenitrazepam.penyakit tertentu. Psikotropika Psikotopika adalah zat atau obat bukan narkotika. Contoh : petidin. tetapi bermanfaat untuk pengobatan dan penelitian. hilangnya rasa sakit. yang memiliki khasiat psikoaktif melalui pengaruh selektif pada susunan saraf pusat yang menyebabkan perubahan khas pada aktivitas normal dan perilaku. Daya adiktifnya sangat tinggi. Narkotika digolongkan menjadi 3 kelompok yaitu :    Narkotika golongan I adalah narkotika yang paling berbahaya. buprenorsina.

2. psikologik maupun sosial yang pesat merupakan individu yang rentan untuk menyalahgunakan obat-obat terlarang ini. untuk selanjutnya faktor-faktor penyebab penyalahgunaan narkotika. Faktor individu. Karena faktor pergaulan. Faktor-faktor tersebut diatas memang tidak selau membuat seseorang kelak menjadi penyalahgunaan obat terlarang. Hal ini harus dipelajari Kasus demi kasus. penghapus cair dan aseton. sebab remaja yang sedang mengalami perubahan biologik. Faktor internal yaitu faktor yang berasal dari dalam diri individu seperti kepribadian. lemahnya hukum serta pengaruh lingkungan. 3. Kebanyakan penyalahgunaan narkotika dimulai atau terdapat pada masa remaja. semakin besar kemungkinan seseorang menjadi penyalahgunaan narkoba. bisa saja seorang anak yang berasal dari keluarga yang harmonis dan cukup kominikatif menjadi penyalahgunaan narkoba. diantaranya adalah :    Rokok Kelompok alkohol dan minuman lain yang memabukkan dan menimbulkan ketagihan. kondisi keluarga. Demikianlah jenis-jenis narkoba. dan depresi serta kurangya religiusitas. bensin yang bila dihirup akan dapat memabukkan (Alifia. cat. dumolid ) dan diazepam. Faktor eksternal yaitu faktor yang berasal dari luar individu atau lingkungan seperti keberadaan zat. Zat adiktif lainnya Zat adiktif lainnya adalah zat – zat selain narkotika dan psikotropika yang dapat menimbulkan ketergantungan pada pemakainya. mogadon. Psikotropika golongan IV adalah psikotropika yang memiliki daya adiktif ringan serta berguna untuk pengobatan dan penelitian. Anak atau remaja dengan ciri-ciri tertentu mempunyai risiko lebih besar untuk menjadi penyalahguna narkoba. faktor lingkungan keluarga dan teman sebaya/pergaulan tidak selalu sama besar perannya dalam menyebabkan seseorang menyalahgunakan narkoba. yaitu : 1. Contoh : nitrazepam (BK. Faktor Penyebab Penyalahgunaan Narkoba Faktor penyebab penyalahgunaan narkoba dapat dibagi menjadi dua faktor. kecemasan. Akan tetapi makin banyak faktor-faktor diatas. Thiner dan zat lainnya. 2008). seperti lem kayu. Tanda Gejala Dini Korban Penyalahgunaan Narkoba Menurut Ami Siamsidar Budiman (2006 : 57–59) tanda awal atau gejala dini dari seseorang yang menjadi korban kecanduan narkoba antara lain : 1. Tanda-tanda fisik Penyalahgunaan Narkoba .

afektif (alam perasaan. nafas lambat/berhenti. mood. sehingga mengakibatkan terganggunya sistem neurotransmitter pada susunan saraf pusat di otak. mudah tersinggung dan mudah marah di sekolah. Akibat Penyalahgunaan Narkoba Pengertian Narkoba Penggunaan narkoba dapat menyebabkan efek negatif yang akan menyebabkan gangguan mental dan perilaku. penampilan tidak sehat. bersikap kasar terhadap anggota keluarga lainnya dibandingkan dengan sebelumnya.diare. Berbagai upaya untuk mengatasi berkembangnya pecandu narkoba telah dilakukan. pola tidur berubah. apatis (acuh tak acuh). sering mencuri uang dan barang-barang berharga di rumah.kejang. mall atau pesta. agresif. mulai sering berkumpul dengan anak-anak yang “tidak beres” di sekolah. sering berbohong. Beberapa bukti lemahnya hukum terhadap narkoba adalah sangat ringan hukuman bagi pengedar dan pecandu. mulai melupakan tanggung jawab rutin di rumah. Tanda-tanda Penyalahgunaan Narkoba ketika di rumah Membangkang terhadap teguran orang tua. mengantuk. bahkan minuman beralkohol di atas 40 persen (minol 40 persen) banyak diberi kemudahan oleh . banyak menghindar pertemuan dengan anggota keluarga lainnya karena takut ketahuan bahwa ia adalah pecandu. kulit teraba dingin. sering kelihatan mengantuk di sekolah. sekali-sekali dijumpai dalam keadaan mabuk. malas mengurus diri. sering pergi ke disko. sering keluar dari kelas pada waktu jam pelajaran dengan alasan ke kamar mandi. mengeluh karena menganggap keluarga di rumah tidak memberikan dirinya kebebasan. bila ditanya sikapnya defensive atau penuh kebencian.rasa sakit diseluruh tubuh. dan aspek sosial.denyut jantung dan nadi lambat. sering terlambat masuk kelas setelah jam istirahat. mata dan hidung berair. tidak mau mempedulikan peraturan keluarga. Tanda-tanda Penyalahgunaan Narkoba ketika di sekolah Prestasi belajar di sekolah tiba-tiba menurun mencolok. nafas sesak. perhatian terhadap lingkungan tidak ada. terhadap bekas suntikan pada lengan atau bagian tubuh lain (pada pengguna dengan jarum suntik) 2. Gangguan pada sistem neuro-transmitter akan mengakibatkan tergangunya fungsi kognitif (alam pikiran). gigi tidak terawat dan kropos.Kesehatan fisik dan penampilan diri menurun dan suhu badan tidak beraturan. 3.menguap terus menerus. bicara pelo (cadel). sering berbohong. atau emosi). berubah teman dan jarang mau mengenalkan teman-temannya. jalan sempoyongan. menghabiskan uang tabungannya dan selalu kehabisan uang. sering tertidur dan mudah marah. sering pulang lewat jam malam dan menginap di rumah teman. meninggalkan hobi-hobinya yang terdahulu (misalnya kegiatan ekstrakurikuler dan olahraga yang dahulu digemarinya). sering merongrong keluarganya untuk minta uang dengan berbagai alasan.takut air sehingga malas mandi. kesadaran menurun. namun terbentur pada lemahnya hukum.tidak peduli terhadap kesehatan dan kebersihan. psikomotor (perilaku).

Sebagai perbandingan. Untuk itu katakan Say no to drugs…. Sebenarnya juga tidak sedikit para pengguna narkoba ingin lepas dari dunia hitam ini. di Malaysia jika kedapatan pengedar atau pecandu membawa dadah 5 gr ke atas maka orang tersebut akan dihukum mati.pemerintah. Akan tetapi usaha untuk seorang pecandu lepas dari jeratan narkoba tidak semudah yang dibayangkan.!!! Read more: PENGERTIAN NARKOBA >> Jenis-Jenis Narkoba .

Canabis atau Ganja adalah sejenis tanaman yang nama latinnya Cannabis sativa dan masyarakat sudah banyak yang mengenalnya. Nama lain yang sering kita dengar adalah snow. zat ini juga berasal dad tumbuhan liar Erythroxylon coca . kematian bila overdisis. girl. . Efek yang menonjol dari kokain ini apabila terjadi putus kokain maka akan timbul kinginan bunuh diri. Demerol dan methadone. Karena tanaman ini termasuk dalam jenis narkoba maka peredarannyapun juga dilarang. heroin atau putauw.lady dan crack. Yang termasuk dalam kelompok narkotika pada umumnya berasal dari berbagai jenis tumbuhan seperti : Opiod. codein. karena dapat menimbulkan gangguan pada syaraf. morfin. merusak liver dan ginjal. Contoh yang banyak beredar dipasaran adalah candu.enis-jenis narkoba JENIS-JENIS NARKOBA Secara umum jenis narkoba itu dapat dikelompokan dalam tiga golongan yaitu : Narkotika. NARKOTIKA. Efek terhadap kesehatan tubuh adalah kekacauan dalam bicara. coke. rabun dimalam hari. resiko HIV tinggi. Kata ini berasal dad tumbuhan opium yang banyak mengandung alkaloid opium termasuk morfin. Kokain. Psikotropika dan Bahan berbahaya.

.

serta pemberantasan narkoba. 01:32:07 WIB KabarIndonesia . tidak hanya terjadi di Indonesia. Sw. Selasa (12/3). (pas) . "Dari kerjasama bilateral ini.WINA. Delegasi Jepang saja menyampaikan kalau di negaranya terdapat 50 jenis narkoba baru. Pakistan merupaan negara dengan tingkat pengguna narkoba terbesar dari kalangan wanita. BNN juga melakukan upaya kerja sama bilateral. kami mengharapkan adanya penambahan ilmu dari pengalaman-pengalaman negara lain. pasca rehabilitasi. Anang menjelaskan. Wina. "Kami meminta permasalahan narkoba jenis baru pabrikan sejenis golongan ATS. Di Pakistan. Andrisias | 15-Mar-2013. seperti chatinon dan metylon. Delegasi Indonesia yang diwakili BNN. kami bisa bertukar pengalaman. Dalam laporan UNODC. misalnya. tercetus deklarasi politik dari seluruh delegasi dunia dalam mencegah dan memberantas jenis-jenis narkoba baru. Kawasan ini terdiri dari 44 ribu hektare hutan dan konservasi laut seluas 14 ribu hektare. namun lebih luas lagi mulai penanganan. Selain melaporkan narkoba jenis baru. Diharapkan pada pertemuan sidang kali ini. Selain konservasi alam. Sidang Komisi ke. permasalahan narkoba jenis baru pabrikan sejenis golongan ATS. "Soal aturan. Tambling telah bekerja sama dengan BNN sebagai tempat pemulihan para pecandu narkoba yang menjalani program rehabilitasi di BNN. PBB biasanya menyerahkan kepada masing-masing negara." tandas Anang." kata Kepala BNN Komjen Anang Iskandar. menjadi ajang pelaporan narkoba jenis baru." ujar Anang. Selain membawa permasalahan narkoba jenis baru di sidang komisi narkoba. zat narkotika yang menjadi buah bibir pasca penangkapan Raffi Ahmad oleh Badan Narkotika Nasional (BNN). Artha Graha Peduli. pencegahan. "Puluhan negara juga membawa permasalahan chatinon dan narkoba jenis baru lainnya ke PBB." ungkap Jenderal Polisi bintang tiga ini.56 Narkoba United Nations Office Drugs and Crime (UNODC) yang digelar di maskas PBB. Masing-masing negara punya kelebihan dan kekurangan. Wina Austria 11-15 Maret 2013. metylon. Mantan Kapolda Jambi ini menjelaskan. Austria. yang dinamai Tambling Wildlife Nature Conservation (TWNC). Dari kerjasama ini. Yang dibutuhkan hanya deklarasi politik dari setiap negara anggota untuk serius dalam menangani permasalahan narkoba. termasuk 3 ribu hektare mangrove. ada sedikitnya 34 negara yang juga mengajukan permasalahan serupa seperti Indonesia. dalam sidang narkoba tahun ini. ini tidak hanya menyangkut seputar narkoba jenis baru. Ini menjadi masalah yang sangat serius dan harus ditangani secara serius juga. "Ini merupakan tahap finishing." ujar Anang. seperti chatinon. Pasalnya setiap negara memiliki permasalahan berbeda-beda. Salah satunya metylone. delegasi RI juga mempresentasikan tentang tempat pasca rehabilitasi narkoba di Tambling yang dibuat perusahaan swasta tanah air.Narkoba Jenis Baru Dilaporkan di Sidang Komisi Narkotika Oleh : Ir. saat ditemui sejumlah wartawan usai mengikuti sidang di markas PBB. Tambling adalah kawasan konservasi satwa liar dan hutan yang berada di bibir Pantai Selatan Provinsi Lampung. pada sidang komisi narkotika menyampaikan permasalahan zat-zat narkoba jenis baru yang terjadi di Indonesia. Secara langsung kami juga menyampaikannya kepada PBB dan anggota delegasi lainnya tentang permasalahan ini.

Efek Narkoba juga dapat berbeda satu sama lain. dari mulainya tekanan darah ke jantung. . Dibawah ini adalah beberapa kumpulan gambar terhadap penyalahgunaan narkoba.Apa yang membuat seseorang menyalahgunakan narkoba yang mengakibatkan kehilangan rumah. Efek dari narkoba dapat bervariasi tergantung pada : * Jenis narkoba yang digunakan. diantaranya tidak mampu-nya sesorang untuk untuk menahan diri atau jiiwa. keluarga dan perkerjaan. penyalahgunaan Narkoba akan mempengaruhi otak dan tubuh secara langsung. rasa malu dan cemas pun menghilang. kesendirian dan depresi. * Berapa banyak obat yang diambil * Seberapa sering obt itu digunakan * Seberapa cepat obat itu naik ke otak. hal tersebut biasanya diakibatkan berbagai faktor. stress. Dan jalan pintas yang diambil oleh orang kebanyakan yaitu dengan mengkonsumsi narkoba. Gambar diatas Pecandu yang sudah mengkonsumsi ekstasi yang sedang trance.

. sedangkan yang disebelah kanan merupakan bubuk heroin.Gambar disebelah kiri merupakan efek heroin pada kulit yang digunakan dalam jangka waktu panjang.

. efeknya bisa memberikan rangsangan bagi perasaan manusia . Efek psikologis dari crack jauh lebih kuat ketimbang kokain. cara pemakaian biasanya dengan dihisap seperti rokok.Gambar diatas merupakan cairan dan pill dari Ampetamin. jika tubuh tidak dapat lagi menanggung beban. Gambar diatas merupakan Crack Cocain. pemakai akan terikat secara fisik dan mental walau tubuh sudah sangat lelah. bisa menyebabkan pingsan dan mati karena kelelahan. akan tetapi sering membuat jiwa si pemakai merasakan ganjil & aneh sehingga sering membuatnya berubah menjadi brutal.

. akibat pengaruh heroin.Gambar diatas merupakan seorang wanita tidak sadarkan diri sedang diseret oleh petugas Rehabilitasi.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful