REAKSI HIDROKARBON

A. Definisi

Reaksi hidrokarbon reaksi yang menggunakan karbon dan hidrogen dalam reaksi itu. dalam hal ini bagian kami ingin memberitahu anda tentang mekanisme reaksi hidrokarbon. Ada banyak jenis reaksi, tapi kami hanya menjelaskan tentang genarally, apakah anda ingin tahu?? Memungkinkan studi tentang reaksi hidrokarbon.

A. REAKSI SUBSTITUSI

Reaksi substitusi adalah reaksi pertukaran atau perubahan atom atau kelompok atom yang senyawa karbonnya dapat diganti atau ditukar dengan cluster atom lain, atau atom lain.

Secara umum, mekanismenya adalah:

R-X + R'Y -----> R-Y + R'-X

Dimana R-X merupakan alkil halida

a. Tipe Reaksi Substitusi

ada 3 tipe reaksi substitusi.

Halogen gugus-OH diganti dengan menggunakan pereaksi atau PCl5 PCL3: 3R-OH-Cl PCl3 → 3R +H3PO3 3C2H5 +3C2H5-OH +PCl3 → H3PO3+R-Cl 3.1. REAKSI ADISI Reaksi adisi merupakan atom atau kelompok atom menjadi senyawa organik. Substitusi dari halogen dengan gugus-OH. Substitusi dengan kelompok halogen OH. . Dilakukan dengan penambahan yang kuat dasar dalam haloalkana (R-X): CH3Cl +NaOH → CH3OH+ NaCl B. Substitusi atom H dengan halogen: Cl2 → CH3Cl +CH4 HCl Cl2 → CH3Cl +CH2Cl2 HCl 2.

Mekanisme umum: C = C → C. Selain itu reaksi yang juga disebut reaksi kejenuhan.Reaksi adisi dapat terjadi dalam senyawa karbon yang memiliki ikatan ganda (misalnya alkena dan alkuna). Sebagai contoh: CH2 = CH2 H2 → CH3-CH3 CH ≡ CH-H 2 → CH2 = CH2 b. reaksi untuk perubahan dari ikatan ganda menjadi ikatan tunggal: C = C menjadi C-C. Penambahan HX (X = Cl. I. Selain H2 pada alkena / alkuna. Br. Br I) dan H2O dalam alkena dan alkuna. .C atau C≡C→C=C→C–C 1. Tipe Reaksi Adisi a. yang memiliki banyak Cl. Prinsipnya H akan terikat oleh C.

Aturan Markovnikov Aturan Markovnikov memprediksi regiochemistry penambahan HX pada alkena unsymmetrically diganti. Reaksi radikal memerlukan langkah inisiasi. Pembalikan dari regiochemistry penambahan adalah hasil dari pembalikan urutan yang dua komponen menambah alkena. sedangkan hidrogen lebih suka karbon yang sudah berisi lebih banyak hidrogen. Dalam contoh ini. Selain radikal mengarah pada pembentukan radikal lebih stabil. 2.CH2+CH-CH3+HCl-->CH3-CH-CH2=HCl b. seorang radikal bromo terbentuk. Anti Aturan Markovikov . Komponen halida obligasi HX istimewa pada karbon lebih tinggi diganti. yang bereaksi dengan HBr untuk memberikan produk dan bromo baru yang radikal: c. mekanisme aturan markonikov: 1. 3.

. REAKSI ELIMINASI Penghapusan reaksi berbeda dengan reaksi adisi.Beberapa reaksi tidak mengikuti kaidah Markovnikov. Ini merupakan fitur untuk contoh penambahan diinduksi radikal HX dan hydroboration. serangan ion bromida berikut dalam langkah kedua: C. Sampai saat ini telah dikenal lebih dari 2 juta senyawa hidrokarbon. para ahli mengolongkan hidrokarbon berdasarkan susunan atomatom karbon dalam molekulnya. Bantalan karbon substituen lebih berbentuk ion karbonium yang lebih stabil. 2012 by mahirullah in Uncategorized. gas alam. bensin. Tinggalkan Sebuah Komentar (DILARANG KERAS MENIRU ARTIKEL INI!!!!) Dalam kehidupan sehari-hari banyak kita temui senyawa hidrokarbon. REAKSI-REAKSI SENYAWA HIDROKARBON Posted Oktober 29. plastik dan lain-lain. 2. dan anti-Markovnikov produk yang terisolasi. Proton pertama untuk menambahkan ikatan karbon-karbon ganda. Untuk mempermudah mempelajari senyawa hidrokarbon yang begitu banyak. Penghapusan reaksi ada perubahan dari tunggal untuk ganda obligasi. misalnya minyak tanah. mekanisme anti aturan markonikov: 1.

Seluruh hidrokarbon memiliki rantai karbon dan atom-atom hidrogen yang berikatan dengan rantai tersebut. Anda akan mempelajari reaksi-reaksi tersebut. Beberapa reaksi substitusi: _  Reaksi alkila halida dengan basa kuat R-Cl + NaOH → R-OH + NaCl Contoh: CH3Cl + NaOH → CH3OH + NaCl _  Reaksi alkohol dengan PCl3 3R-OH-Cl + PCl3 → 3R-Cl + H3PO3 Contoh: 3CH3-OH-Cl + PCl3 → 3CH3Cl+ H3PO3 _  Reaksi alkohol dengan logam Natrium 2R-OH + 2Na → 2R-O-Na + H2 . reaksi eliminasi. alkena. atom atau gugus atom yang terdapat dalam suatu molekul digantikan oleh atom atau gugus atom lain.Dalam bidang kimia. Pada subbab ini. Pada senyawa-senyawa hidrokarbon (alkana. _ A. reaksi oksidasi dan reaksi adisi. Reaksi substitusi umumnya terjadi pada senyawa yang jenuh (semua ikatan karbon-karbon merupakan ikatan tunggal). seperti reaksi substitusi. Istilah tersebut digunakan juga sebagai pengertian dari hidrokarbon alifatik. Reaksi substitusi atau disebut reaksi pertukaran gugus fungsi terjadi saat atom atau gugus atom dari suatu senyawa karbon digantikan oleh atom atau gugus atom lain dari senyawa yang lain. REAKSI SUBSTITUSI SENYAWA HIDROKARBON _ Pada reaksi substitusi. tetapi dengan kondisi tertentu dapat juga terjadi pada senyawa tak jenuh. hidrokarbon adalah sebuah senyawa yang terdiri dari unsur atom karbon (C) dan atom hidrogen (H). alkuna) dapat terjadi reaksi-reaksi.

Reaksi eliminasi melibatkan pelepasan atom atau gugus atom dari sebuah molekul membentuk molekul baru. REAKSI ELIMINASI SENYAWA HIDROKARBON _ Reaksi eliminasi merupakan reaksi kebalikan dari reaksi adisi. Reaksi eliminasi terjadi pada senyawa jenuh (tidak memiliki ikatan rangkap) dan menghasilkan senyawa tak jenuh (memiliki ikatan rangkap).  Contoh reaksi eliminasi adalah eliminasi etil klorida menghasilkan etena dan asam klorida. .Contoh: 2 C2H5 – OH + 2 Na → 2 C2H5 -O-Na + H2 _  Reaksi asam karboksilat dengan logam Natrium R-COOH + NaOH → R-CO-Na + H2O Contoh: CH3-COOH + NaOH → CH3-CO-Na + H2O _  Reaksi pembentukan haloalkana R – H + X2 –> R – X + H – X Contoh: CH3 – H + Cl2 → CH3 – Cl + HCl _  Reaksi saponifikasi (penyabunan) R – OH + R’ – COOH → R’ – COOR + H – OH Contoh CH3 – OH + CH3 – COOH → CH3 – COOCH3 + H2O _  Reaksi alkoksi alkana (eter) dengan PCl5 R – O – R’ + PCl5 → R – Cl + R’ – Cl + POCl3 Contoh: CH3 – O – CH3 + PCl5 → CH3Cl + CH3Cl +POCl3 _ B.

Untuk alkena atau alkuna. atau ikatan rangkap dua menjadi ikatan tunggal. termasuk ikatan rangkap karbon dengan atom lain. dalam reaksi adisi. Reaksi adisi juga dapat diartikan sebagai reaksi pemutusan ikatan rangkap (tak jenuh) menjadi ikatan tunggal (jenuh) Reaksi adisi terjadi jika senyawa karbon yang mempunyai ikatan rangkap dua atau rangkap tiga senyawa alkena atau senyawa alkuna.C2H5Cl(aq) → C2H4(aq) + HCl(aq)  Contoh lain reaksi eliminasi adalah eliminasi H2 dari alkana menjadi alkena Contoh lain reaksi eliminasi adalah eliminasi H2O dari alkohol menjadi alkena Contoh lain reaksi eliminasi adalah HBr dari alkil halida menjadi alkena C3H8 (aq) → C3H6(aq)+ H2(g)  C2H5OH(aq) → C2H4(aq) + H2O(l)  C2H5Br → C2H4 + HBr Pada reaksi eliminasi. molekul senyawa berikatan tunggal berubah menjadi senyawa berikatan rangkap dengan melepas molekul kecil. Adapun mekanisme umum adisi tersebut adalah C ≡ C → C = C → C – C . Jadi. maka arah adisi ditentukan oleh kaidah Markovnikov. Pengertian Reaksi Adisi Reaksi adisi adalah reaksi penambahan suatu atom pada ikatan rangkap dalam suatu senyawa atau reaksi senyawa karbon yang melibatkan penggabungan molekul-molekul. Reaksi adisi juga dapat diartikan sebagai reaksi pemutusan ikatan rangkap (tak jenuh) menjadi ikatan tunggal (jenuh). REAKSI ADISI SENYAWA HIDROKARBON _ a. eliminasi merupakan kebalikan dari adisi. _ C. Pada reaksi adisi terjadi perubahan ikatan. bila jumlah atom H pada kedua atom C ikatan rangkap berbeda. molekul senyawa yang mempunyai ikatan rangkap menyerap atom atau gugus atom sehingga ikatan rangkap berubah menjadi ikatan tunggal. yaitu atom H akan terikat pada atom karbon yang lebih banyak atom H-nya (“yang kaya semakin kaya”). ikatan rangkap tiga menjadi ikatan rangkap dua.

2-dibromo etana C2H3Br + HBr → C2H4Br2 Reaksi adisi H2 pada senyawa yang mempunyai gugus karbonil R–CHO + H2 → R–CH2OH (menghasilkan suatu alkohol primer) R-CO– R’ + H2 → R–CHOH–R (menghasilkan suatu alkohol sekunder) Contoh: CH3–CHO + H2 → CH3–CH2OH Etanal 2-propanon _ D. Tipe Reaksi Adisi _  Reaksi adisi H2 pada alkuna/alkena CnH2n-2 + H2 → CnH2n CnH2n + H2 → CnH2n+2 Contoh: CH ≡ CH + H2 → CH2 = CH2 Alkuna Alkena _  Alkena Alkana CH2 = CH2 + H2 → CH3-CH3 Reaksi adisi HX (X = Cl. REAKSI OKSIDASI SENYAWA HIDROKARBON Etanol 1-metoksi metil CH3-CO– CH3 + H2 → CH3–CHOH– CH3 ._ b. Br I) pada alkuna/alkena CnH2n-2 + HX → CnH2n-1X CnH2n-1X + HX → CnH2nX2 Contoh: C2H2 + HBr → C2H3Br Alkuna 1-bromo etena _  1-bromo etena 1.

Pada senyawa metana (CH4) dan karbon dioksida (CO2) mengandung satu atom karbon. _  Reaksi oksidasi alkohol primer. tetapi dapat juga senyawa yang mudah melepaskan oksigen. Reaksi pembakaran sempurna akan menghasilkan gas CO2. H2O. CO2. pada dasarnya merupakan reaksi oksidasi. Adapun reaksi-reaksi oksidasi tersebut adalah sebagai berikut. hidrogen peroksida (H2O2). sedangkan bilangan oksidasi atom C pada senyawa metana menurun. reaksi Oksidasi adalah reaksi pengikatan oksigen oleh suatu zat. sedangkan bilangan oksidasi atom karbon pada senyawa karbon dioksida adalah +4. ataupun jelaga (partikel karbon) serta energi. kalium permanganat (KMnO4). alkena dan alkuna. Bilangan oksidasi atom C pada senyawa karbon dioksida meningkat (mengalami oksidasi)._ Reaksi oksidasi senyawa hidrokarbon disebut juga reaksi pambakaran. Oksidator yang paling banyak digunakan adalah udara (O2). Sedangkan pembakaran tidak sempurna akan menghasilkan gas CO. yaitu reaksi antara senyawa hidrokarbon dengan gas oksigen (O2) yang disertai dengan nyala api. Sumber oksigen pada reaksi oksidasi disebut oksidator. dan asam sulfat pekat (H2SO4). sekunder. Contoh: Pembakaran sempurna CH4(g) + 2O2(g)→ CO2(g) + 2H2O (g) C4H10(g) + 13/2O2(g) → 4CO2(g) + 5H2O (g) 2C4H10(g) + 13O2(g) → 8CO2(g) +10H2O(g) _ Pembakaran tidak sempurna C2H4(g) + 2O2(g) → 2CO(g) + 2H2O(g) C21H44(g) + 13O2(g) → 10CO (g) + 10CO2(g) +22H2O (g) + C(s) _ Reaksi pembakaran tersebut. Contoh senyawa oksidator antara lain: kalium klorat (KC1O3). Reaksi ini dapat terjadi pada alkana. asam nitrat (HNO). H2O dan energi. dan tersier . Jadi. Kedua senyawa tersebut harus memiliki bilangan oksidasi nol maka bilangan oksidasi atom karbon pada senyawa metana adalah –4.

2 etanadi Manfaat Senyawa Hidrokarbon Dalam Kehidupan Sehari-Hari 23 Mar 1. dan tersier memberikan reaksi berbeda terhadap oksidator seperti K2Cr2O7.Alkohol primer. Dari Kerosin ini . Sifat ini. sekunder. KMnO4. Contoh: 1) Oksidasi alkohol Primer R−CH2−OH → R−CHO 2) Oksidasi alkohol sekunder R−CH2O−R’ → R−CO−R’ 3) Oksidasi alkohol tersier R−CH3OH−R’ → tidak bereaksi _  Reaksi oksidasi pada alkanal/aldehid Reaksi oksidasi alkanal digunakan sebagai reaksi identifikasi antara alkanal/aldehid dengan alkanon/keton. Contoh: R−CO−R’ → R−COO−R’ (Oksidasi alkanon/keton) _  Reaksi oksidasi pada asam alkanoat Reaksi oksidasi asam alkanoat hanya terjadi pada asam metanoat dan asam 1. digunakan untuk membedakan alkanon dari isomer fungsinya. SANDANG Dari bahan hidrokarbon yang bisa dimanfaatkan untuk sandang adalah PTA (purified terephthalic acid) yang dibuat dari para-xylene dimana bahan dasarnya adalah kerosin (minyak tanah). Contoh: R−CHO → R−COOH (Oksidasi alkanal/aldehid) _  Reaksi oksidasi alkanon/keton Alkanon tidak dapat mereduksi oksidator lemah seperti larutan fehling dan larutan tollens. dan O2. yaitu alkanal/aldehid.

3. peralatan interior rumah. Salah satunya ialah thinner yang biasa digunakan untuk mengencerkan cat. Bahan dasar plastik hampir sama dengan LPG. waxing (pencabutan bulu kaki menggunakan lilin) atau bahan pencampur kosmetik lainnya. Serat poli ester inilah yang menjadi benang sintetis yang bentuknya seperti benang. yaitu senyawa olefin / alkena dari rantai karbon C3. PAPAN Bahan bangunan yang berasal dari hidrokarbon pada umumnya berupa plastik. Salah satu produsen bahan baku barang plastik di Indonesia adalah di Pertamina Unit Pengolahan III Palembang tempat saya kerja dengan jenis produk yang bermacam-macam. Tapi mungkin lebih luas lagi dengan penambahan kosmetika. Nah dari PTA yang berbentuk seperti tepung detergen ini kemudian direaksikan dengan metanol menjadi serat poliester. Misal lipstik. o o . Senyawa hidrokarbonyang membentuk pelarut LAWS merupakan campuran dari parafin. yaitu polimer dari propilena. Polimer tersebut terbuat dari polietilen. Sementar untuk urusan seni patung banyak patung yang berbahan dasar dari plastik atau piala. furniture. Bentuknya senyawa benzen (C6H6). dll. Salah satu produsen PTA di Indonesia adalah di Pertamina Unit Pengolahan III dengan jenis produk dan peruntukannya disini. ESTETIKA Sebetulnya seni juga sudah mencakup estetika. bemper mobil. warna dan kandungan minyaknya. 2. Tentunya lilin untuk keperluan kosmetik spesifikasinya ketat sekali. Kualifikasi mutu lilin PERTAMINA berdasarkan kualitas yang berhubungan dengan titik leleh. dan hidrokarbon aromatik. yaitu para-xylene. tetapi ada dua gugus metil pada atom C1 dan C3 dari molekul benzen tersebut.V Balikpapan melalui proses filtering press. terutama seni lukis. dll. peranan utama hidrokarbon ada pada tinta / cat minyak dan pelarutnya.semua bahannya dibentuk menjadi senyawa aromat. Hampir semua pakaian seragam yang adik-adik pakai mungkin terbuat dari poliester. Dari bahan plastik inilah kemudian jadi macam-macam mulai dari atap rumah (genteng plastik). Lilin parafin di Indonesia diproduksi oleh Kilang PERTAMINA UP. farmasi atau semir sepatu. Hidrokarbon yang digunakan untuk pelarut cat terbuat dari Low Aromatic White Spirit atau LAWS mmerupakan pelarut yang dihasilkan dari Kilang PERTAMINA di Plaju dengan rentang titik didih antara 145 C — 195 C. Para-xylene ini kemudian dioksidasi menggunakan udara menjadi PTA (lihat peta proses petrokimia diatas). 4. Untuk memudahkan pengenalannya bisa dilihat dari harganya. meja. SENI Untuk urusan seni. Harga pakaian yang terbuat dari benang sintetis poliester biasanya relatif lebih murah dibandingkan pakaian yang terbuat dari bahan dasar katun. sikloparafin. Sebetulnya ada polimer lain yang juga dibunakan untuk pembuatan serat sintetis yang lebih halus atau lembut lagi. Misal serat untuk bahan isi pembalut wanita. Jadi bahan hidrokarbon yang juga digunakan untuk estetika kosmetik adalah lilin. piring. sutra atau serat alam lainnya. Kehalusan bahan yang terbuat dari serat poliester dipengaruhi oleh zat penambah (aditif) dalam proses pembuatan benang (saat mereaksikan PTA dengan metanol). kursi.

susu bubuk beragi (malted milk) Laktosa (glukosa + galaktosa). Isomer dan Senyawa Hidrokarbon Kata Kunci: isomer. Reaksi pembakaran gula dalam tubuh : C6H12O6 (gula) + 6O2 (udara yang dihirup) —>Energi + 6CO2 (udara yang dikeluarkan) + 6H2O (keringat atau air seni). dll. Tubuh menggunakan karbohidrat seperti layaknya mesin mobil menggunakan bensin. Bila dipanaskan akan membentuk gula invert berwarna coklat yang disebut karamel. minuman ringan. Sel-sel tubuh tersebut menyerap glukosa. pati. maka digunakan dalam makanan bayi.5. serta lignin. seperti selulosa. Energi yang dihasilkan dan tidak digunakan akan disimpan dibawah jaringan kulit dalam bentuk lemak. terdapat dalam susu sapi dan 5-8% dalam susu ibu. karbohidrat juga menjadi komponen struktur penting pada makhluk hidup dalam bentuk serat (fiber). Karbohidrat menyediakan kebutuhan dasar yang diperlukan tubuh. senyawa hidrokarbon . Sukrosa (glukosa + fruktosa). Kalau atom karbon dinotasikan sebagai bola berwarna hitam. okeigen berwarna merah dan hidrogen berwarna putih maka bentuk molekul tiga dimensi dari glukosa akan seperti gambar disamping ini. jagung. Fruktosa terdapat bersama dengan glukosa dan sukrosa dalam buah-buahan dan madu. tidak dapat difermentasi bakteri kolon dengan mudah. sumber dapat diperoleh dari laktosa yang dihidrolisis melalui pencernaan makanan kita. Gula ini kemudian oleh sel dioksidasi (dibakar) dengan bantuan oksigen yang kita hirup menjadi energi dan gas CO2 dalam bentuk respirasi / pernafasan. karbohidrat yang paling sederhana mengalir dalam aliran darah sehingga tersedia bagi seluruh sel tubuh. Galaktosa. pektin. 3) Polisakarida Polisakarida adalah suatu karbohidrat yang tersusun dari banyak monosakarida. dan permen. hidrogen. Karbohidrat merupakan bahan makanan penting dan sumber tenaga yang terdapat dalam tumbuhan dan daging hewan. Bentuk molekul karbohidrat paling sederhana terdiri dari satu molekul gula sederhana. dan oksigen. dan madu. Digunakan untuk pembuatan es krim. Contuh-contoh pada penjelasan diatas yaitu : Tipe karbohidrat 1) Monosakarida Glukosa / gula anggur banyak terdapat dalam buah . ialah gula pasir biasa. Banyak karbohidrat yang merupakan polimer yang tersusun dari molekul gula yang terangkai menjadi rantai yang panjang serta bercabang-cabang. 2) Disakarida Maltosa (glukosa + glukosa). Glukosa. Selain itu. PANGAN Karbohidrat atau sakarida adalah segolongan besar senyawa organik yang tersusun dari atom karbon. jagung. Kegunaan hidrokarbon pada polisakarida dalam bidang pangan seperti beras.

Meskipun demikian jumlah senyawa yang dihasilkan dari . yaitu karbon (C) dan hidrogen (H). Cobalah juga perhatikan struktur berikut. Senyawa Hidrokarbon Senyawa karbon yang paling sederhana adalah hidrokarbon karena hanya terdiri dari dua unsur. Isomer adalah suatu keadaan di mana senyawa-senyawa mempunyai rumus molekul sama. dan alkuna. Hitunglah jumlah atom C dan atom H pada kedua struktur di atas! Ternyata jumlahnya sama bukan? Yaitu 5 atom C dan 12 atom H. Anda nanti akan mempelajari isomer isomer rangka. isomer posisi.Ditulis oleh Budi Utami pada 19-07-2011 Isomer Pada senyawa hidrokarbon dikenal istilah isomer. alkena. tetapi rumus strukturnya berbeda. Cobalah perhatikan struktur berikut. yaitu pada pembahasan alkana. Kedua struktur tersebut juga sama-sama memiliki 4 atom C dan 8 atom H. serta isomer geometri. Sedangkan isomer gugus fungsi akan Anda pelajari di kelas XII. Di kelas X.Seperti itulah gambaran dari isomer.

Atom karbon tersier. Atom karbon primer. sekunder. yaitu atom karbon yang terikat langsung pada 4 atom karbon yang lain. dan kuarterner. yaitu atom karbon primer. 3. Macam – macam atom karbon. yaitu atom karbon yang terikat langsung pada 1 atom karbon yang lain. yaitu atom karbon yang terikat langsung pada 2 atom karbon yang lain.kedua unsur ini sangat banyak. Keistimewaan atom karbon yang dapat membentuk ikatan kovalen sebanyak 4 buah dan kemampuannya dalam membentuk rantai karbon. tersier. Perhatikan contoh berikut Dari contoh di atas. yaitu atom karbon yang terikat langsung pada 3 atom karbon yang lain. bisa Anda lihat jumlah atom karbon pada masing-masing posisi. 2. Atom karbon kuarterner. Kedudukan tersebut adalah: 1.yaitu: primer sekunder tersier kuarterner : 5 (yang bertanda 1°) : 3 (yang bertanda 2°) : 1 (yang bertanda 3°) : 1 (yang bertanda 4°) . Atom karbon sekunder. menyebabkan atom karbon mempunyai kedudukan y ang berbeda-beda. 4.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful