sejarah waroeng

Waroeng Steak & Shake didirikan pasangan Jody Brotosuseno- Siti Hariyani tiga tahun silam di Yogyakarta. Meski bukan pelopor dalam bisnis steak, Waroeng Steak & Shake cepat berkembang dan menyalip para pemain lain yang memang menjamur di Kota Gudeg beberapa tahun terakhir. Kini, di Yogya saja Waroeng Steak & Shake memiliki 5 gerai. Hebatnya lagi, warung yang membidik mahasiswa sebagai target pasarnya ini selalu dipenuhi pengunjung. Kami cuma bisa beristirahat di siang hari saja, sekitar jam 2. Selebihnya dari pagi sampai malam kami melayani pembeli ? kata Aniek begitu Siti Hariyani kerap disapa. Namun, sukses di Yogya tak membuat Aniek puas. Seiring berkembangnya Waroeng Steak & Shake di Yogya, ibu dua anak itu memperluas jangkauannya ke beberapa kota besar seperti Surabaya, Malang, Semarang, Bandung dan bahkan Jakarta. Di kota-kota besar itu pun nampaknya Dewi Fortuna masih berpihak kepadanya. Ini bisa dilihat dari jumlah gerainya yang terus membiak hingga sekarang menjadi 19. Yang terakhir, dibuka di Malang awal Desember ini. Target kami setiap dua bulan bisa menambah satu outlet baru, kata Jody bersungguh-sungguh. Dengan kecepatannya berkembang yang begitu fenomenal, Waroeng Steak & Shake nampaknya memang layak digelari Raja Steak Kelas Warung “Setiap minggu terakhir, kami selalu keliling beberapa kota untuk melihat-lihat tempat yang tepat untuk buka outlet” imbuh Aniek sumringah. Sebelum menggeluti bisnis pengisi perut tersebut, mereka sempat menekuni berbagai bisnis kecil-kecilan, antara lain menjual roti bakar, susu kedelai serta memproduksi kaus partai menjelang Pemilu 1999. Dari bisnis kaus itu, mereka sempat membeli motor. Motor itu kemudian dijual lagi tahun 2001 buat modal membuka warung steak. Hasil jual motor itu, dikatakan Jody, cuma cukup buat membayar kontrakan dan membeli beberapa peralatan warung (10 hotplate, gelas dan selusin piring). Sementara itu, meja yang disiapkan hanya 5 set. “Kami membeli peralatan tambahan setelah usaha berjalan lancar? tutur bungsu dari 8 bersaudara itu jujur. Akibat aktivitas bisnis ini, Aniek terpaksa meninggalkan bangku kuliahnya di Jurusan Komunikasi Universitas Negeri Solo. Jody, sang suami, juga meninggalkan kuliahnya di Jurusan Arsitektur Universitas Atma Jaya, Yogyakarta

Untuk minuman. kentang goreng lokal. pasangan pendiri secara bertahap mendirikan outlet-outlet Waroeng Steak & Shake di kota-kota besar lain hingga akhirnya mencapai 32 outlet pada tahun 2009. chicken. Sedangkan steak goreng tepung.000.000. Waroeng Steak & Shake membeli tanah di Jl. tenderlio. Karena tidak dapat lagi memperpanjang kontrak. Anda dapat memilih daging steak yang hendak disantap. spaghetti. air mineral. Depok tanggal 2 Januari 2009. Sejak awal didirikan. mushroom. lapisan dagingnya dilapisi bumbu baru kemudian digoreng. Menu ini sangat cocok bagi Anda yang tidak mau makan terlalu banyak dan berdiet di malam hari.-. 289. Setelah usaha mereka mulai berkembang. Original steak adalah dagingnya tidak dilapisi tepung dan tidak digoreng. Margonda Raya No. 326. menu utama yang ditawarkan adalah steak.. softdrink. ada milk shake. Jody Brotosuseno dan istrinya. burger.500.sampai Rp 15. Mereka berdua berprofesi sebagai dosen di salah satu Universitas di Kota Yogyakarta.500.sampai Rp 30. Hj. pasangan pendiri memang jeli dalam melihat peluang yang ada dan dengan sengaja menjaring target kalangan mahasiswa dan pelajar. jus buah. Harga dari original steak mulai dari Rp 13. Dalam makalah ini masalah yang akan dikaji adalah Waroeng Steak & Shake di analisis menggunakan Marketing Mix dan SWOT. Anda dapat mencobanya kapanpun Anda mau karena harga steak mahasiswa ini tidak akan memberatkan. Salah satu outletnya adalah yang terletak di Jl. Jenisnya antara lain sirlion. . Ada 2 jenis steak yaitu steak original dan steak goreng tepung..Minggu. nasi paprika.-. Produk yang Dijual Sesuai dengan nama tempatnya. Rasa steak di Waroeng Steak & Shake. Menu lainnya yang cukup diminati juga adalah french fries. 24 Juni 2012 WAROENG STEAK & SHAKE Profil Waroeng Steak & Shake pertama kali didirikan oleh H.. walaupun rasanya standar tetapi steak nya masih cukup berkualitas dan sebanding dengan harga yang ditawarkan. Sedangkan harga steak goreng tepung lebih murah mulai dari Rp 9. Margonda Raya No.-.000. dll. Siti Haryani pada tahun 2001.sampai Rp 8. Depok yang mulai dibuka tanggal 25 Januari 2004. Untuk minuman harganya mulai dari Rp 500.

menjadikan keterjangkauan dalam menuju Waroeng Steak & Shake yang dikaitkan dengan kebiasaan makan malam para commuter menjadi kelemahan dari Waroeng Steak & Shake. Harga yang terjangkau dengan makanan yang terkesan mewah dalam benak setiap orang menjadikan Waroeng Steak & Shake menjadi alternatif bagi segmentasi yang dituju yaitu pelajar dan mahasiswa. Steak Moen-Moen yang berlokasi di foodcourt Depok Town Square memiliki alternative lain untuk para konsumen yang ingin melakukan wisata belanja di pusat perbelanjaan tersebut. d. hingga seafood. dan Kota Depok. Weakness. c. Selain itu harga yang ditawarkan relatif terjangkau sesuai dengan segmentasi yang dituju menjadi kekuatan tersendiri bagi Waroeng Steak dan Shake. Konsep restoran yang nyaman dengan harga terjangkau sukses menarik target konsumen yang merupakan kalangan mahasiswa dan pelajar. Dalam hal ini factor letak sangat menentukan kelemahan Waroeng Steak & Shake. Hingga saat ini. Hal ini berkaitan dengan faktor harga yang relatif lebih murah dan kemudahan mencapai lokasi dari Steak Moen-Moen itu dibandingkan dengan yang ditawarkan oleh Waroeng Steak & Shake. Weakness Letak yang berada di jalur kiri dengan patokan Kantor Walikota Depok. sapi. Kota Bandung. Opportunities Steak yang sudah menjadi makanan yang umum bagi masyarakat masa kini menjadikan peluang yang cukup besar untuk pengembangan usaha Waroeng Steak & Shake. Steak yang ditawarkan beragam mulai dari steak ayam. b. Threat Pesaing utama dari Waroeng Steak & Shake adalah Steak Moen-Moen yang berlokasi di foodcourt Depok Town Square. Selain itu. Waroeng Steak & Shake selalu memilih tempat di kota-kota yang dijuluki kota pelajar seperti Kota Yogyakarta. Strength Kekuatan dari Waroeng Steak & Shake adalah menu yang disajikan yang memiliki keunikan dari menu-menu steak pada umumnya. Threat) a. Opportunities. Segmentasi yang sama antara Steak Moen-Moen dengan . Keunikannya terletak pada balutan tepung pada steak.Analisis SWOT (Strength.

Waroeng Steak & Shake yaitu kalangan pelajar dan mahasiswa. menjadikan Waroeng Steak & Shake mengalami penurunan jumlah calon pengunjung.com/2010/02/21/analisis-marketing-mix-danswot-studi-kasus-waroeng-steak-shake/ . Sumber : http://budiwibowo87.blog.

wortel.[1] Sejarah Pada awalnya. atau jenis makanan lain yang biasa dimakan bersama steak) . cari Logo Waroeng Steak & Shake Waroeng Steak & Shake atau lebih dikenal dengan nama WS adalah salah satu usaha waralaba yang didirikan oleh Jody Brotosuseno dan Siti Haryani pada 4 September 2000. Mereka kemudian memilih nama Waroeng sebagai nama tempat yang mereka dirikan bukan restoran atau kafe yang nampak mewah. mereka berdua telah aktif membantu usaha ayah Jody yang memang telah lebih dulu berkecimpung di dunia bisnis restoran steak bernama Obonk Steak. ensiklopedia bebas Langsung ke: navigasi. Aniek (nama panggilan Siti Haryani) dan Jody mempunyai ide untuk membuka tempat makan steak yang dapat menyentuh lapisan menengah ke bawah. Mereka juga tak segan memasang daftar harga di depan warung agar calon pembeli dapat mengetahui harga menu mereka yang murah. usaha ini didirikan di teras rumah kontrakan oleh Jody Brotosuseno dan istrinya Siti Hariyani (Aniek) di Jalan Cenderawasih no. Usaha ini tidak terlepas dari pengaruh ayah Jody. kacang panjang.Waroeng Steak & Shake Dari Wikipedia bahasa Indonesia. Obonk Steak memang sudah cukup lama berdiri di Yogyakarta dan sasaran konsumen restoran ini adalah kelas menengah ke atas. Waroeng Steak & Shake menyediakan nasi untuk dimakan dengan steak (bukan kentang. Sebelum mempunyai usaha sendiri. Uniknya. Hal ini dimaksudkan agar dapat menarik minat mahasiswa. 30 Yogyakarta. Dari sinilah.

Selain itu juga ada french fries. dan nasi paprika. shrimp. Solo. Yang menarik lagi dari bisnis kuliner ini adalah Waroeng Steak and Shake tidak difranchise-kan alias diwaralabakan. Menu Ada tiga jenis steak yang ditawarkan disini: • • • Original steak (daging tidak dilumuri tepung) Steak tepung (daging dilumuri tepung dan digoreng) Steak ikan (daging yang dilumuri tepung dan digoreng yang menggunakan saus ikan dalam penyajiannya). rib eye import. kentang goreng lokal. Pekanbaru. spaghetti. chicken burger dan sebagainya. beef steak. chicken. burger. chicken mushroom. jamur (mushroom). Sedangkan minuman yang ditawarkan adalah milkshake. Semarang. Jakarta. steak waroeng. dan beberapa menu minuman float. Lampung.Sampai di tahun 2012 ini. [2] . Bogor. tenderloin. jus buah. beef burger. Adapun beberapa jenis menunya antara lain: sirloin. Yogyakarta. chicken pepper. Palembang. blackpepper. Waroeng Steak and Shake sekarang sudah mempunyai 48 cabang outlet yang tersebar di seluruh Indonesia. Medan. Bali. Bandung. Surabaya dan Makassar serta telah memiliki 1000 atau lebih karyawan yang tersebar di berbagai cabang di Indonesia.

All Rights Reserved . Kini Waroeng Steak and Shake mampu menepis stigma mahal pada masakan eropa khususnya pada jenis makanan steak. Makassar dan Surabaya. Yogyakarta. Bogor.LV replica handbags Waroeng Steak and Shake berdiri dan dijadikan peluang usaha yang bagus dikarenakan stigma mahal yang sudah sangat melekat pada masakan eropa seperti steak. Obsesi Waroeng Steak and Shake ialah dapat menjadi tempat kuliner yang mendunia dengan era spiritual management yang baik. Selain itu Waroeng Steak and Shake selalu mengutamakan ke halalan semua bahan-bahan makanan dan semua jenis minuman. Semarang.Waroeng Group . Medan. Sampai di tahun 2012 ini. Jakarta. Lampung. Meski dengan bahan-bahan lokal. Legal | Privacy policy © 2011 . Akhirnya pada 4 September tahun 2000 berdirilah outlet yang bernama Waroeng Steak and Shake di jalan Cendrawasih Demangan Yogyakarta. Solo. Waroeng Steak and Shake sekarang sudah mempunyai 50 outlet yang tersebar di seluruh Indonesia. Bandung. Dibukanya Waroeng Steak andShake merupakan sebuah terobosan barusteak dengan harga yang murah dan rasa yang tidak kalahenak dan nikmat dengan steak yang dijual dengan harga mahal.Waroeng Steak & Shake . Pekanbaru. Palembang. dari sinilah akhirnya timbul gagasan untuk membuat steak dengan harga yang terjangkau oleh kantong mahasiswa dan masyarakat menengah kebawah. Waroeng Steak and Shake mampu menyajikan citarasa tinggi khas eropa dengan harga yang menjangkau masyarakat Indonesia. Konon steak hanya bisa dinikmati oleh kalangan menengah ke atas. Bali. Waroeng Steak and Shake tidak di franchise-kan atau di Walabaka-kan.

chicken. Saat ini Waroeng Steak & Shake sudah memiliki banyak gerai. Pada bagian depan tempat makan ini adalah tulisan “Waroeng Steak & Shake” dengan paduan warna kuning dan hitam. Ada pula ruangan di bagian dalam yang terdapat ruangan ber-AC yang bebas asap rokok. Dagingnya yang terpilih dengan paduan Brown Sauce yang istimewa membuat pengalaman makan steak di Waroeng menjadi tak terlupakan dan adiktif. paling cocok jika anda memesan menu Waroeng Steak. Bandung.-. 30. mahasiswa dan eksekutif muda dapat menikmati sajian steak spesial khas Warung Steak & Shake. Dan umumnya gerai Waroeng Steak & Shake berada di sekitar lokasi kampus yang banyak mahasiswa. . Tempat makan ini awalnya dibuka di Jl. Sedangkan steak goreng tepung. Semarang. Ada banyak meja untuk ruangan dalam.500. Bila ingin merasakan semuanya.00 hingga 22. Cendrawasih No.sampai Rp 15. ada milk shake. softdrink. Waroeng steak buka dari pukul 12. ayam. Anda dapat memilih daging steak yang hendak disantap. tetapi tidak cukup besar. saus coklat kental dari kaldu daging nan gurih dengan keharuman rempah-rempah yang sangat menggoda. empat waroeng steak yang lainnya di buka menyusul kemudian.00). Untuk minuman. Waroeng Steak menawarkan berbagai pilihan hidangan steak istimewa dari daging sapi. 30 Yogyakarta adalah kota mahasiswa. dll. Sedangkan harga steak goreng tepung lebih murah mulai dari Rp 9.. Waroeng Steak and Shake telah memiliki lima cabang di DIY. Harga dari original steak mulai dari Rp 13. Penataan interiornya sederhana namun tetap mengedepankan atmosfer yang trendy dan nyaman bagi kaum muda.-. Original steak adalah dagingnya tidak dilapisi tepung dan tidak digoreng. Daging pilihan tersebut digoreng dengan balutan tepung yang renyah yang tidak akan anda temui di tempat lain.000. Selain dagingnya yang super lezat. menu utama yang ditawarkan adalah steak. Pada dinding-dinding terdapat gambar dari minuman atau makanan yang dijual disini. tenderloin. Ada 2 jenis steak yaitu steak original dan steak goreng tepung. kira-kira hanya mampu menampung 50 orang. Sesuai dengan nama tempatnya.500. Semua kalangan masyarakat baik anak-anak. lapisan dagingnya dilapisi bumbu baru kemudian digoreng. Waroeng Steak & Shake atau yang lebih populer dengan sebutan “WS” ini untuk pertama kalinya di Yogyakarta berlokasi di Jl. Jenisnya antara lain sirlion. dan juga aneka minuman seperti milkshake dan juice buah-buahan. Terobosan yang dilakukan Warung Steak dengan memperkenalkan steak kepada masyarakat Jogja yang pada umumnya belum mengenalnya secara populer dirasa berhasil.00 setiap harinya (Jumat buka pukul 13.Pertama kali dibuka pada tanggal 4 September 2000. Baru setelah itu. Anda dapat memilih duduk dibagian depan atau halaman untuk menikmati angin atau di bagian dalam. udang dan sapi. selain di Yogyakarta dan Jakarta ada juga gerai-gerai yang berada di luar kota seperti Surabaya. siswa.. Yang menjadi favorit para pengunjung adalah steak khas Waroeng yang merupakan hasil kreasi unik yang sangat sesuai dengan selera kaum muda. Malang dan Denpasar Bali. Cendrawasih No. steak khas Waroeng selalu disajikan dalam hot plate dengan disiram Brown Sauce.000. namun tetap mempertahankan cita rasa khas yang tidak dimiliki oleh tempat lain merupakan salah satu faktor yang mendorong keberhasilan tersebut. ikan dan udang.sampai Rp 30. Dengan harga yang relatif terjangkau. yang merupakan perpaduan dari daging ayam.

jus buah. Lodaya No.22. Tamansari No. Depok Jl. Yogyakarta Jl. burger.83 Jl. Demangan.63 Alamat Waroeng Steak & Shake di Denpasar-Bali : • Jl. Indragiri No. Taman Siswa No. Raya Jatiwaringin Jl. Susilo Raya No. Margonda Raya 326.sampai Rp 8. Anda dapat menikmati steak dengan harga warung di sini. nasi paprika. Alamat Waroeng Steak & Shake di Yogyakarta-Jawa Tengah : • • • • • Jl. Rasa steak di Waroeng Steak dan Shake. kentang goreng lokal. Untuk minuman harganya mulai dari Rp 500.5 No. Kaliurang Km 5.30. HOS Cokroaminoto No. Jakarta Barat Jl. Tebet Barat I Alamat Waroeng Steak & Shake di Surabaya-Jawa Timur : • Jl.49 Jl. Menu lainnya yang cukup diminati juga adalah french fries.168 . Samirono Jl.9 (seberang STIE Trisakti/seberang RS Sumber Waras). air mineral. Anda dapat mencobanya kapanpun anda mau karena harga steak mahasiswa ini tidak akan memberatkan.. spaghetti.2 Jl. Colombo No.53 Alamat Waroeng Steak & Shake Jakarta dan sekitarnya : • • • • • • • Jl.18 Alamat Waroeng Steak & Shake di Bandung-Jawa Barat : • • Jl. Cempaka Putih Barat No. Menu ini sangat cocok bagi anda yang tidak mau makan terlalu banyak dan berdiet di malam hari. Cendrawasih No. walaupun rasanya standar tetapi steak nya masih cukup berkualitas dan sebanding dengan harga yang ditawarkan. Dibukanya empat cabang di Yogyakarta semakin mempermudah anda yang ingin mengunjungi tempat makan ini berdasarkan lokasi terdekat anda. Raya Serpong Jl.43 Jl. Raya Kalimalang No. Tukad Yeh Aya No. Selamat menikmati Steak. mushroom.4 Jl.-.000.

“Ratusan korban banjir bandang tersebut sangat membutuhkan sembilan bahan pokok dan obat-obatan. selalu berusaha terus peduli terhadap musibah atau bencana yang menimpa negeri ini.Warung Stake & Shake dan Warung Group Management Wilayah Sumatera Utara. Bantuan sebesar Rp 5 juta ini disalurkan melalui program PKPU Peduli Bencana Banjir Pidie Aceh. Hal ini disampaikan Manager Penghimpunan PKPU Medan Surya Wirawan. “Kami selaku pengelola Warung Group Management Wilayah Sumatera terdiri dari Warung Steak & Shake. PKPU Cabang Medan masih terus menggalang dana untuk banjir bandang Pidie Aceh. BEBEK GORENG dan Freskul. hari Kamis (24/3/2011) menyalurkan bantuan untuk korban bencana banjir bandang di Tangse.” lanjut Surya. Melalui Lembaga Kemanusiaan Nasional PKPU ini kami yakin bahwa bantuan tersebut akan dikelola dan disalurkan kepada yang membutuhkan. Hingga kini. 5 Medan Telp. (PKPU/Lukmanul/Medan) . BeBaQaran.Warung Steak & Shake Salurkan Bantuan Banjir Pidie Aceh 25 Maret 2011 14:09 -+ MEDAN . 08126508702 atau datang langsung ke PKPU Medan di Jl Setia Budi Komplek Bisnis Point Blok CC No. Bantuan tersebut disalurkan langsung oleh Shohibul Halim selaku Manager Wilayah Sumatera melalui Lembaga Kemanusiaan Nasional PKPU Medan. Bagi mitra PKPU yang ingin berpartisipasi dalam program Peduli Banjir Pidie Aceh dapat menghubungi nomor Hp. Sohibul Halim berharap bantuan dana ini nantinya dapat meringankan beban bagi korban bencana banjir bandang tersebut.” ujarnya.” kata Shohibul. Nanggroe Aceh Darussalam. Futsal Soccer. “Masih sedikit sekali kepedulian kita terhadap bencana banjir Pidie Aceh ini. Pidie. menurut data yang berhasil dihimpun PKPU masih banyak korban yang berada di tenda-tenda pengungsian. karena rumah dan tempat tinggal mereka rusak akibat terpaan banjir bandang. Padahal. 061-8212502.

Untung dan rugi pun pernah ia alami. Lantas. Tak heran bila setiap kali Waroeng Steak and Shake buka pada saat jam makan siang. susu segar. Harga Kaki Lima Posted by admin in Muamalat on 08 12th. hingga kaos partai. Jody telah mencoba berbagai macam usaha. 13. 2011 | one response DOK. karena harganya cukup mahal dan tidak terjangkau oleh kantong mahasiswa.000 karyawan. Dengan bakat wirausaha yang dimilikinya. roti bakar.” ungkapnya sambil tersenyum. dengan omzet di atas Rp 100 juta perbulan untuk setiap gerai. namun kini menjadi 50 gerai dengan mempekerjakan 1.000. “Tapi sayangnya ndak ada yang datang. Jody terlibat mengurusi usaha “Obonk Steak” milik orangtuanya. tak jarang sebagian di antaranya rela antri untuk mendapatkan tempat duduk.Waroeng Steak and Shake Rasa Bintang Lima. Bahkan. PRIBADI Sejak didirikan 10 tahun lalu. sejak lulus SMA tahun 1993. Namun. Ia diminta menangani Obonk Steak dan memasarkannya ke teman-teman kuliahnya. usaha kulinernya telah mencapai 50 outlet (gerai). . usaha ini semakin melaju. Jody Broto Suseno (37).000 hingga Rp. Jika tahun 2000 hanya memiliki 1 gerai sederhana dengan 2 karyawan. itu tidak berlaku di “Waroeng Steak and Shake”. Hanya dengan merogoh kocek Rp 8. puluhan pengunjung langsung menyerbu kuliner yang telah meraih sertifikat halal dari Majelis Ulama Indonesia. mulai bisnis parsel. Seiring dengan berputarnya waktu. Tahun 1997. apa hubungannya dengan pengajian dan Rumah Tahfizh? Mendengar kata steak akan teringat makanan khas Eropa yang mahal harganya. Jual Motor untuk Modal Usaha Sukses yang diraih Waroeng Group tidak lepas dari keuletan dan tangan dingin sang owner (pemilik). aneka macam steak pun dapat dinikmati dengan cita rasa yang tak kalah dengan steak di hotel berbintang.

usahanya mulai menampakkan hasil. makanya saya memberi nama Waroeng untuk memberi kesan murah. Interaksinya dengan pelanggan dan masukan yang dilontarkan mereka membuat Jody terus berbenah. Pengunjungnya semakin stabil. Mengingat pangsa pasarnya anak muda dan mahasiswa. mulai dari ayah. Diakui Jody.” kata Jody. Dengan lima meja. di tahun pertama masih bisa menggaji karyawan dan memenuhi kebutuhan keluarga. Jody pun berinisiatif membuat daftar harga dan dipasang di depan warung miliknya. meski pas-pasan. untuk mendirikan Waroeng Steak and Shake dibutuhkan modal awal yang cukup besar. Jody pun mulai memikirkan cara menekan harga steak yang sejatinya memang mahal. Belakangan. istrinya melayani tamu sekaligus menjadi kasir. dengan kombinasi warna kuning yang dominan dipadu warna putih dan hitam. ibu. kini berkembang . yang akhirnya dijual untuk modal usaha. saya gunakan untuk sewa tempat di daerah Demangan Yogyakarta. dan keluarga lainnya diajak berinvestasi dengan bagi hasil 50:50. Beruntung ia memiliki sepeda motor pemberian orangtua. “Di mana-mana yang namanya steak itu mahal. banyak pengunjung dari berbagai kalangan memenuhi gerainya. dan dua karyawannya menangani tugas lainnya. tak jarang hari-hari yang dilalui Jody tanpa pengunjung. sepuluh hot plate dan tiga menu utama (Sirloin. Masa awal ini lebih banyak dukanya daripada sukanya. Bali. Tidak lama berselang. dan sisanya untuk membeli motor tua sebagai alat transportasi. Tahun pertama merupakan perjuangan bagi Jody. dan Sumatera. Sebut saja Ustadz Yusuf Mansur. saudara.” ujar Jody. Tanggal 4 September 2000 adalah awal berdirinya Waroeng Steak and Shake di Jalan Cendrawasih Demangan Yogyakarta. Namun. Jody lebih senang mengajak investor dari kalangan ustadz untuk mengembangkan usahanya di berbagai daerah di Jawa. Ternyata cara ini efektif.Pengalaman terakhir inilah yang memberi inspirasi untuk membuat usaha kuliner steak dengan harga mahasiswa. dan Ustadz Endang ikut berinvestasi di bisnis ini. Tenderlon. “Dari penjualan motor. usaha ini tetap jalan. dan Chicken Steak) yang disediakan Waroeng Steak. bahkan tidak mampu melayani seluruh pengunjung. maka warna yang digunakannya pun dibuat ngejreng. Bahkan. Jody bertugas memasak di dapur. Maka ia pun mengajak keluarganya untuk berinvestasi mengembangkan usaha ini. Tahun kedua. sebagian lagi untuk peralatan usaha. Kalaupun ada. “Alhamdulillah. Ustadz Edi Mustofa.” jelas Jody. tanpa menerapkan pola franchise. Jody memilih nama Waroeng sebagai brand usaha kulinernya untuk memberi kesan murah kepada konsumen. jumlahnya bisa dihitung dengan jari. Semakin hari usaha ini berkembang hingga cabang ke-7 dengan sistem bagi hasil. paman. Barulah pada gerai ke-8 dan seterusnya Jody mampu mendanai sendiri gerainya.

dengan tema kegiatan “Dari Waroeng untuk Umat”. Awalnya. “Ternyata banyak karyawan yang bisa menghafal empat surah. Materinya meliputi aqidah. Bali dan Sumatera harus menyelenggarakan tausiyah untuk karyawan dengan tema yang sama. dan sirah Nabi. dan terpaksa dilakukan pengundian untuk memilih enam di antaranya. pengajian berskala besar dengan mendatangkan ustadz dari Jakarta setiap bulan. buletin bulanan. dan mendaulat Ustadz Syamsuri untuk membuat sistem sekaligus mengawalnya. dilakukan melalui olahraga. Jody pun aktif mendirikan Rumah Tahfizh dan mengasuh puluhan anak untuk menghafal al-Qur`an. infaq karyawan.ke berbagai lini. Tahun 2010. Kini. fiqih. dan belajar membaca al-Qur`an bagi seluruh karyawan.” kata Jody. Untuk dakwah bil hal.” kata Ustadz Syamsuri saat ditemui di kantor Waroeng Group Timoho Yogyakarta. Jody hanya berpikir praktis dengan mengikutkan hampir seluruh karyawannya training ESQ. Misalnya bulan Maret lalu bertema Shalat Tepat Waktu. Selain pengajian internal karyawan yang dilaksanakan setiap pekan. Waroeng Gr0up mulai menawarkan program menarik bagi karyawannya. dan seni budaya. Tausiyah di gerai kata Ustadz Syamsuri.” terang Jody saat ditemui Suara Hidayatullah di Rumah Tahfizh miliknya di Deresan Yogyakarta. Spiritual Company ini terdiri dari dakwah dan pendidikan Islam. Bebek Goreng H. Bagi yang mampu menghafal al-Qur`an minimal empat surah pilihan akan diikutkan umrah dan haji gratis. Jody menerapkan aturan ketat kepada karyawannya. “Para ustadz itu saya ajak bergabung dengan usaha kuliner ini dengan harapan usaha ini memperoleh doa dari mereka. seperti Bebaqaran untuk ikan bakar. selain sibuk mengurus usahanya. dan itulah yang dirasakan Jody.000 karyawan bukanlah hal mudah. . Sebagai bagian dari Spiritual Company. maka seluruh gerai di Jawa. Menurut Ustadz Syamsuri. “Untuk pendidikan Islamnya yakni pengadaan tausiyah rutin di outlet-outlet dan kantor. maka mulai 2010 seluruh karyawannya dilarang merokok. Slamet. kegiatan sosial. Jody akhirnya membuat Spiritual Company. Tema yang beragam itu telah disusun selama setahun. Ia merasa berkewajiban untuk ikut memberdayakan karyawannya yang berasal dari berbagai latar belakang sosial dan budaya tersebut. Waroeng Group juga menyelenggarakan pengajian warga sekitar gerai tiap bulan. telah disusun secara sistematis berikut tema-temanya. akhlak. dan Festival Kuliner (Feskul). Bahkan. Spiritual Company Mengelola 1. Bila tahun 2009 larangan merokok ditujukan kepada seluruh menejemen. Namun atas masukan beberapa ustadz.

“Saat ini sudah berdiri empat Rumah Tahfizh yang mengasuh 83 santri mukim.* Masjidi/Suara Hidayatullah APRIL 2011 . ”ungkap Jody yakin. usaha saya terbukti semakin meningkat. dan 60 santri kalong. Alhamdulillah. satu di antaranya adalah Rumah Tahfizh Waroeng Group.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful