MODUL CETAK SENI BUDAYA KELAS XII

DISUSUN OLEH: HARIANI S.Pd

dan direspons oleh indera kita. Fenomena estetik berhubungan dengan suasana senang (pleasure) dan bukan yang lain (E.  Estetika  ESTETIKA SENI art KEINDAHAN beauty ARTIFICIAL NATURAL > Seni dan Keindahan Seni dan keindahan pada masa perkembangan awalnya adalah dua kata yang tidak dapat dipisahkan. meskipun masingmasing telah dianugerahi berbagai kelengkapan jasmaniah dan rohaniah yang sama. Kant). seni itu indah. 2. Setiap orang memiliki kepekaan citarasa dengan kadar yang berbeda-beda. 4.MODUL (ESTETIKA/KEINDAHAN KARYA SENI RUPA) Standar Kompetensi : 1. 3. ini terjadi pada .1 Mengapresiasi Karya Seni Rupa Menjelaskan keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni rupa modern/kontemporer INDIKATOR • Siswa dapat menjelaskan pengertian dari estetika • Siswa dapat menjelaskan sejarah munculnya estetika dalam perkembangan seni rupa • Siswa dapat menjelaskan hubungan antara seni dan keindahan MATERI PEMBELAJARAN > Estetika Dalam filsafat dinyatakan bahwa estetika adalah salah satu cabang yang membahas pemahaman-pemahaman tentang seni dan keindahan (art and beauty). Cita rasa & selera manusia: persepsi manusia terhadap fenomena artistik dan keindahan yang tampil. Seni merujuk pada konsepsi keindahan (ideal beauty). > Estetika 1. Kompetensi Dasar : 1. Citarasa dapat diperdalam melalui proses belajar yang terus menerus (proses pengalaman empirik maupun melalui pendekatan keilmuan dalam bidang yang berhubungan dengan halhal tersebut).

.perkembangan seni di zaman renaissance pada abad 15 hingga era klasik dan neo-klasik pada abad 18.

ekonomi. ilmu pengetahuan dan teknologi atau bahkan politik. Bahan . Para ahli estetika sepakat untuk menyatakan bahwa tidak ada definisi tentang apa yang disebut seni (art). LATIHAN MENGAPRESIASI KARYA SENI RUPA Kegiatan Tujuan Sumber Bacaan : : : Menjelaskan keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni rupa modern/kontemporer Siswa dapat menjelaskan pengertian dari estetika Rasjoya. bahkan di era konsumerisme unsur-unsur estetik acap kali menjadi daya tarik utama dalam mencapai keberhasilan suatu produk di pasaran. kecuali : a. penindasan. peperangan. Akal > Estetika Abad 19 adalah awal dari perkembangan seni modern di Eropa. > Estetika Filsafat seni dan filsafat keindahan kemudian menjadi dua hal yang berbeda.> Estetika Klasik Mengusung gagasan-gagasan keindahan dan keagungan alam. Pendidikan Seni Rupa. Fungsi b. pada saat itu lahir suatu gerakan yang disebut romantisisme (romanticism). ia lalu bisa menjadi media pengungkapan dari hal-hal yang nyata di masyarakat: kegetiran. seni kemudian berkembang menjadi bagian dari kebutuhan dan gaya hidup manusia secara umum. > Estetika Sejalan dengan peradaban modern. Erlangga. dan bahkan menjadi alat propaganda yang ampuh. suatu zaman dimana persepsi dan kesadaran manusia terhadap nilai-nilai kehidupan mengalami perubahan. merespons apa yang terjadi dan ada di sekeliling kita. Jakarta 2007 SOAL LATIHAN 1. kepahlawanan. aristokrasi atau agama dan lingkungan gereja yang selama empat abad telah menjadi sumber inspirasi besar seni Eropa. manusia. Erlangga. Jakarta 1995 Buku Seni Budaya untuk SMA Kelas XII. kesengsaraan. sosial. (Filsafat Positivisme Rousseau. Hume & Kant) > Estetika ( ROMANTIC → CITARASA ) Mengajarkan kesadaran akan eksistensi manusia yang lebih membumi. Seni kemudian bukan lagi semata-mata manifestasi keindahan. Faktor di bawah ini yang mempengaruhi pembuatan karya apllied art. Estetika kemudian mempunyai implikasi yang luas di dalam berbagai aspek kehidupan seperti budaya. ideologi dan politik.

Klasisme c. Karya Seni rupa yang berperan meningkatkan penampilan (performance) sebuah produk adalah : a. Di bawah ini macam-macam desain di dalam karya seni rupa. E 3. Konsepsi yang mengatakan bahwa seni itu indah terjadi pada perkembangan abad ke : a. Tradisional b. E 2. Lukisan b. Teknik d. Abad 14 sampai dengan abad 17 c. Poster e. D 4. Desain c. Abad 11 sampai dengan abad 14 5. Ekspresi 2. Abad 13 sampai dengan abad 16 d. Abad 12 sampai dengan abad 15 e. Desain mesin e. Kontemporer Jawaban latihan 1. Gerabah yang muncul pada abad ke 19 di eropa dimana persepsi dan kesadaran manusia terhadap nilai-nilai kehidupan mengalami perubahan a. Desain produk 4. C . Seni Kriya d. Abad 15 sampai dengan abad 18 b. New Klasisme e. Keamanan e. Iklan 3.c. Desain eksterior d. Desain grafis b. A 5. kecuali : a. Romantisme d. Desain Interior c.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful