P. 1
KONSEP, DIMENSI, INDIKATOR

KONSEP, DIMENSI, INDIKATOR

|Views: 219|Likes:

More info:

Published by: Dian Fajriyah Pangestika on Mar 24, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/01/2015

pdf

text

original

KONSEP, DIMENSI, INDIKATOR, dan, ITEM.

(Tugas Mata Kuliah Metodologi Penelitian)

Disusun oleh: Dian Fajriyah Pangestika 25010110120018 Kelas A 2010

FAKULTAS KESEHATAN MASYARAKAT UNIVERSITAS DIPONEGORO SEMARANG 2013

3. kredibilitas (credibility). kemampuan rumah sakit memberikan pelayanan sesuai dengan yang dijanjikan secara akurat dan terpercaya.Penampilan dan kemampuan sarana dan prasarana fisik rumah . yaitu suatu kebijakan untuk membantu dan memberikan pelayanan yang cepat dan tepat kepada pasien . sikap yang simpatik dan dengan akurasi yang tinggi.Konsep : Kualitas Pelayanan Kesehatan KONSEP DIMENSI Keandalan (reliability) Daya Tanggap (responsiveness) Jaminan (assurance) Kualitas pelayanan kesehatan Bukti langsung (tangibles) INDIKATOR Profesionalitas kerja Kesiapsiagaan pegawai Kompetensi pegawai Kesopansantunan pegawai Ketersediaan peralatan kesehatan Kondisi ruangan dan gedung Penampilan pegawai Empati (empathy) Pemberian perhatian khusus pada pelanggan Dimensi : 1. keamanan (security). Jaminan (assurance). Daya Tanggap (responsiveness). 4. Kinerja harus sesuai dengan harapan pelanggan yang berarti ketepatan waktu. Keandalan (reliability). Membiarkan konsumen menunggu tanpa ada alasan yang jelas menyebabkan persepsi negatif dalam kualitas pelayanan. yaitu kemampuan rumah sakit menunjukkan eksistensinya kepada pihak eksternal. yaitu pengetahuan.dengan penyampaian informasi yang jelas. kesopansantuanan dan kemampuan para pegawai rumah sakit menumbuhkan rasa percaya para pasien. Hal ini meliputi beberapa komponen antara lain komunikasi (communication). 2. kompetensi (competence) . pelayanan yang sama untuk semua pasien tanpa kesalahan. Bukti langsung (tangibles). dan sopan santun (courtesy).

gudang. Hal ini meliputi fasilitas fisik. Empati (empathy). 5. Bagaimana sikap pegawai dalam menghadapi pelanggan? 2. perlengkapan dan tehnologi kedokteran yang digunakan serta penampilan pegawainya. serta memiliki waktu pengoperasian yang nyaman bagi pasien. Contoh gedung.sakit yang dapat diandalkan keadaan lingkungan sekitarnya merupakan bukti nyata dari pelayanan yang diberikan oleh pemberi jasa. Indikator dan Item :  Profesionalitas kerja 1. Apakah pelayanan kesehatan tersebut sudah termasuk kedalam kategori professional dalam melayani pelanggan?  Kesiapsiagaan pegawai Bagaimana sikap pegawai dalam menghadapi keadaan darurat?  Kompetensi pegawai 1. Apakah pengetahuan pegawa mengenai pelayanan kesehatan tersebut sudah termasuk dalam kategori pegawai yang kompeten?  Kesopansantunan pegawai 1. Apakah pegawai sudah menerapkan etika sopan santun terhadap pelanggan?  Ketersediaan peralatan kesehatan Apakah peralatan yang ada di pelayanan kesehatan tersebut sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan pelanggan? . Dimana suatu perusahaan maupun rumah sakit diharapkan memiliki pengetahuan dan pengertian tentang pelanggan secara spesifik. yaitu memberikan perhatian yang tulus dan bersifat individual atau pribadi yang diberikan kepada parapelanggan dengan berupaya memahami keinginan pasien. Bagaimana kualitas pelayanan di pelayanan kesehatan tersebut? 2.

Bagaimana bentuk perhatian khusus tersebut? Konsep : Kesejahteraan Suatu Negara KONSEP DIMENSI INDIKATOR Wajib belajar 9 tahun Angka melek huruf Pendidikan Pemerataan pembangunan sarana pendidikan di seluruh wilayah Umur harapan hidup Kesejahteraan suatu negara Kesehatan Tingkat fertilitas Ketersediaan fasilitas pelayanan kesehatan Pendapatan perkapita negara Ekonomi Tingkat pengangguran Tingkat kemiskinan . kerapihan. Kondisi ruangan dan gedung 1. Apakah pegawai memberikan perhatian khusus pada pelanggan? 2. Bagaiamana kondisi kebersihan gedung termasuk sarana prasarana lainnya sperti toilet dan ruang pegawai?  Penampilan pegawai Apakah penampilan pegawai mencerminkan kebersihan. dan kesopanan?  Pemberian perhatian khusus pada pelanggan 1. Bagaimana kenyamanan ruangan yang disediakan oleh pelayanan tersebut? 2.

distribusi. jiwa. kesehatan. Apakah masih ada daerah yang belum terjangkau akses yang mudah untuk mencapai sarana pendidikan tersebut?  Umur harapan hidup 1. 2. dan konsumsi terhadap barang dan jasa. Apakah sarana pendidikan sudah mencapai daerah-daerah terpencil? 3. dan ekonomi. Indikator dan Item :  Wajib belajar 9 tahun Apakah Negara tersebut sudah menerapkan program wajib belajar 9 tahun kepada penduduknya?  Angka melek huruf Apakah sebagian besar penduduk di Negara tersebut sudah dapat membaca dan menulis?  Pemerataan pembangunan sarana pendidikan di seluruh wilayah 1. Pendidikan adalah sebuh rangkaian proses yang tiada henti demi pengembangan pengetahuan serta perilaku yang dimiliki individu agar dapat dimanfaatkan bagi kehidupannya. Dimensi : 1. Kesehatan merupakan suatu kebutuhan pokok manusia yang bersifat mutlak. Jika ketiga hal tersebut sudah tersedia di Negara tersebut maka Negara tersebut sudah dapat dikatakan sebagai Negara yang sejahtera. Apakah pembangunan sekolah sudah merata di seluruh wilayah di Negara tersebut? 2. Kesehatan sendiri memiliki arti keadaan dimana badan. dan sosial yang memungkinkan orang untuk hidup produktif secara sosial dan ekonomis. Apakah tingkat umur harapan hidup di negra tersebut tinggi? . 3.Kesejahteraan suatu Negara dapat dilihat dari tiga dimensi yaitu dalam hal pendidikan. Ekonomi merupakan salah satu ilmu sosial yang mempelajari aktivitas manusia yang berhubungan dengan produksi.

Apakah akses menuju pelayanan kesehatan tersebut sudah mudah untuk dijangkau?  Pendapatan perkapita Negara 1. Berapa pendapatan perkapita Negara tersebut?  Tingkat pengangguran 1. Apakah tingkat fertilitas di Negara tersebut termasuk dalam kategori tinggi? 2. Bagaimana kondisi tingkat kesakitan dan kematian di Negara tersebut? 3.2. Bagaimana dengan tigkat kriminalitas yang ada?  Tingkat kemiskinan 1. Apakah banyak terdapat penduduk usia tua di Negara tersebut?  Tingkat fertilitas 1. Apakah fasilitas pelayanan kesehatan yang ada sudah dapat memenuhi kebutuhan masyarakat? 2. Apakah status ekonomi sebagian besar masyarakatnya sudah termasuk kedalam ekonomi menengah keatas? 2. Apakah masih terdapat pengemis-pengemis dan tuna wisma? Konsep : Perilaku Seks Bebas KONSEP DIMENSI Pengetahuan Perilaku Seks Bebas INDIKATOR Pemahaman tentang kesehatan reproduksi Pemahaman tentang dampak negatif seks bebas . Apakah banyak terdapat bayi dan balita di Negara tersebut?  Ketersediaan fasilitas pelayanan kesehatan 1. Apakah masih banyak terdapat pengangguran di Negara tersebut? 2.

Sikap adalah pandangan-pandangan atau perasaan yang disertai kecenderungan untuk bertindak sesuai sikap objek tersebut. Manakala informasi dan data sekedar berkemampuan untuk menginformasikan atau bahkan menimbulkan kebingungan.Kepedulian terhadap Sikap dampak negatif yang ditimbulkan Pendapat lingkungan sekitar Praktek Berganti-ganti pasangan Aborsi Dimensi : 1. 2. Praktek adalah respon stimulus seseorang dalam bentuk tindakan nyata atau terbuka berdasarkan pengetahuan yang disikapinya. maka pengetahuan berkemampuan untuk mengarahkan tindakan. Pengetahuan adalah informasi yang telah dikombinasikan dengan pemahaman dan potensi untuk menindaki yang lantas melekat di benak seseorang. Pada umumnya pengetahuan memiliki kemampuan prediktif terhadap sesuatu sebagai hasil pengenalan terhadap suatu pola. 3. Indikator dan Item :  Pemahaman tentang kesehatan reproduksi Apakah orang tersebut sudah mengetahui tentang pengertian kesehatan reproduksi?  Pemahaman tentang dampak negatif seks bebas Apakah orang tersebut sudah mengetahui dan memahami dampak-dampak negatif apa saja yang akan ditimulkan dari perilaku seks bebas? .

Apakah aborsi yang dilakukan termasuk aborsi yang legal? 3. Dengan siapa saja orang tersebut melakukan praktek seks bebas? 2. Siapakah yang menolong tindakan aborsi tersebut? . Kepedulian terhadap dampak negatif yang ditimbulkan 1. Jika terjadi kehamilan. apakah orang tersebut melakukan tindakan aborsi? 2. Bagaimana sikap orang tersebut atas dampak yang ditimbulkan dari perilaku seks bebas?  Pendapat lingkungan sekitar Bagaimana orang tersebut menanggapi pandangan dan perkataan dari lingkungan sekitar?  Berganti-ganti pasangan 1. Apakah orang tersebut peduli akan dampak negatif yang ditimbulkan dari perilaku seks bebas? 2. Dimana ia melakukan hal tersebut?  Aborsi 1.

Pendidikan Adalah Sebuah Proses.id/bitstream/123456789/19487/4/Chapter%20II.org/wiki/Ekonomi . Pengertian Sikap. Pengetahuan.htm Notoadmodjo.REFERENSI Anonim.wikipedia.anneahira.com/pendidikanadalah.pdf Universitas Sumatera Utara. Ekonomi.ac.php %3Fid%3D6102+&hl=en&gl=id&pid=bl&srcid=ADGEESiRIs1F1NnT6wpCGrAQqoeusz7Eb7 b6Mn5PxdxzjdEhHjLgmKlZ3Foebyydwh0JiNEFj3NbWFVb0Mo3eT35_o857BGAGTBtEuWY SvBx2Co7wrfgb2IzDtKWHST0Zj9fBjM9M3N&sig=AHIEtbRcTO5_Se__4SsJBr3RZ6lXS7QwOA Purwanto.unimus. http://id. Heri. 2013. Kesehatan. 2013. Tinjauan Pustaka Kualitas Pelayanan. http://id. 2013.google.org/wiki/Ekonomi Wikipedia.wikipedia. 2013. 2003.files. http://www.com/viewer?a=v&q=cache:3yRJmte2f98J:digilib. Pengertian praktek.pdf Wikipedia.wordpress.org/wiki/Kesehatan Wikipedia. 1998.usu. http://creasoft. http://id. https://docs. http://repository.wikipedia.ac.id/download.2013.com/2008/04/sikap.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->