P. 1
Fungsi Cairan Tubuh Manusia

Fungsi Cairan Tubuh Manusia

|Views: 20|Likes:
Published by Tria Meirissa
FISIOLOGI
FISIOLOGI

More info:

Categories:Topics, Art & Design
Published by: Tria Meirissa on Mar 24, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/11/2013

pdf

text

original

Fungsi Cairan Tubuh Manusia, Gejala Dehidrasi Dan Cara Mengatasi Kehilangan Cairan Tubuh

Sun, 06/04/2008 - 12:53am — blackheart

A. Peran / Manfaat / Kegunaan / Fungsi Cairan Tubuh Manusia Air merupakan bagian terbesar dari komposisi tubuh manusia. Hampir semua reaksi di dalam tubuh manusia memerlukan cairan. Agar metabolisme tubuh berjalan dengan baik, dibutuhkan masukan cairan setiap hari untuk menggantikan cairan yang hilang. Fungsi cairan tubuh antara lain : 1- Mengatur suhu tubuh Bila kekurangan air, suhu tubuh akan menjadi panas dan naik. 2- Melancarkan peredaran darah Jika tubuh kita kurang cairan, maka darah akan mengental. Hal ini disebabkan cairan dalam darah tersedot untuk kebutuhan dalam tubuh. Proses tersebut akan berpengaruh pada kinerja otak dan jantung. 3- Membuang racun dan sisa makanan Tersedianya cairan tubuh yang cukup dapat membantu mengeluarkan racun dalam tubuh. Air membersihkan racun dalam tubuh melalui keringat, air seni, dan pernafasan. 4- Kulit Air sangat penting untuk mengatur struktur dan fungsi kulit. Kecukupan air dalam tubuh berguna untuk menjaga kelembaban, kelembutan, dan elastisitas kulit akibat pengaruh suhu udara dari luar tubuh. 5- Pencernaan Peran air dalam proses pencernaan untuk mengangkut nutrisi dan oksigen melalui darah untuk segera dikirim ke sel-sel tubuh. Konsumsi air yang cukup akan membantu kerja sistem pencernaan di dalam usus besar karena gerakan usus menjadi lebih lancar, sehingga feses pun keluar dengan lancar.

Hilangnya Cairan Tubuh Manusia Kehilangan cairan tubuh dapat bersifat : a. Abnormal Terjadi karena berbagai penyakit atau keadaan lingkungan seperti suhu lingkungan yang terlalu tinggi atau rendah. Hal ini dapat dilihat apabila kita menghembuskan nafas ke kaca. Kehilangan cairan sebesar 1 ml terjadi pada pemakaian kalori sebesar 1 kal.Sendi dan otot Cairan tubuh melindungi dan melumasi gerakan pada sendi dan otot. maka akan terlihat cairan berupa embun dari nafas yang dihembuskan pada kaca. Dehidrasi adalah keadaan dimana tubuh kehilangan cairan elektrolit yang sangat dibutuhkan organ-organ tubuh untuk bisa menjalankan fungsinya dengan baik. Saat dehidrasi. Oleh sebab itu. b. 8. . Normal Hal tersebut terjadi akibat pemaakaian energi tubuh.Pernafasan Paru-paru memerlukan air untuk pernafasan karena paru-paru harus basah dalam bekerja memasukkan oksigen ke sel tubuh dan memompa karbondioksida keluar tubuh. Otot tubuh akan mengempis apabila tubuh kekurangan cairan.6. tubuh dengan terpaksa menyedot cairan baik dari darah maupun organorgan tubuh lainnya. 7. B. perlu minum air dengan cukup selama beraktivitas untuk meminimalisir resiko kejang otot dan kelelahan.Pemulihan penyakit Air mendukung proses pemulihan ketika sakit karena asupan air yang memadai berfungsi untuk menggantikan cairan tubuh yang terbuang. Pengeluaran cairan yang banyak dari dalam tubuh tanpa diimbangi pemasukkan cairan yang memadai dapat berakibat dehidrasi.

C. Gejala Dehidrasi Berikut ini adalah berbagai gejala dehidrasi sesuai tingkatannya : . dan lidah berwarna kebiruan D. mulut. Mengembalikan Cairan Tubuh Yang Hilang . dan punggung Kejang Perut kembung Gagal jantung Ubun-ubun cekung Denyut nadi cepat dan lemah . kaki.Dehidrasi Berat Kesadaran berkurang Tidak buang air kecil Tangan dan kaki menjadi dingin dan lembab Denyut nadi semakin cepat dan lemah hingga tidak teraba Tekanan darah menurun drastis hingga tidak dapat diukur Ujung kuku.Dehidrasi ringan Muka memerah Rasa sangat haus Kulit kering dan pecah-pecah Volume urine berkurang dengan warna lebih gelap dari biasanya Pusing dan lemah Kram otot terutama pada kaki dan tangan Kelenjar air mata berkurang kelembabannya Sering mengantuk Mulut dan lidah kering dan air liur berkurang .Dehidrasi sedang Tekanan darah menurun Pingsan Kontraksi kuat pada otot lengan. perut.

dan protein. magnesium. sulfur.Air putih yang higienis/air mineral Air putih mengandung beberapa zat penting untuk tubuh seperti oksigen. . kita harus banyak minum minimal 8 gelas (± 2 liter ) air setiap hari yang bisa didapat dari : . dan klorida. Menurut penelitian. lipid. Air berion bekerja sebagai perantara dalam reaksi-reaksi biokimia dan berperan dalam proses metabolisme tubuh sehingga dapat mengembalikan kesegaran otot tubuh setelah beraktivitas mengeluarkan keringat dengan cepat. jus jambu biji mengandung vitamin C sebanyak 3-6 kali lebih tinggi dibandingkan jus jeruk.Untuk mengembalikan cairan tubuh yang hilang.Jus buah Selain rasanya nikmat dan segar. Namun. dan 10-30 kali lebih tinggi dibanding pisang. atlet kurang disarankan meminum jus buah saat berolahraga karena cairan padatnya tidak mudah terserap tubuh. . . 10 kali lebih tinggi dibandingkan pepaya. jus buah mengandung beragam vitamin dan mineral yang menyehatkan.Air berion Air berion tidak hanya menghilangkan dahaga melainkan juga berfungsi sebagai sumber energi seperti halnya karbohidrat.

Jadi kelemahan pemompaan jantung dapat terjadi pada jantung kiri atau jantung kanan. misalnya. Pada kasus gangguan ginjal. bendungan terjadi di paru-paru karena tidak seluruh darah bersih yang dipompakan bilik jantung kanan berhasil memasuki serambi jantung kiri. Kasus bengkak oleh timbunan cairan (oedema) kemungkinan pada organ jantung. dari mana datangnya cairan yang diberitakan menumpuk di dalam rongga tubuh.Dua organ tubuh itu saja sudah menambah sekian penyulit pada tubuh. Osmolaritas tak terjaga. Apabila albumin yang terbuang semakin banyak. Terjadilah oedema. Lalu. Jika bendungan darah terjadi di serambi jantung kanan yang menerima darah kembali dari seluruh tubuh. sebagian di paru-paru. Akibatnya. selain mengirimkannya memasuki paru-paru. sehingga tungkai dan kaki membengkak. Sejumlah darah yang tertahan akibat pemompaan darah oleh jantung tidak optimal itulah yang mengakibatkan bendungan darah. . Dengan demikian. jika kerusakan terjadi. ginjal jadi bocor sehingga protein darah terbuang dalam urin. Lalu. Apabila kemampuan jantung memompakan darah sudah tidak optimal lagi. atau pada ketiganya adalah sumber masalahnya. dengan akibat yang sama. Penumpukan cairan tubuh juga diperburuk oleh fungsi ginjal yang sudah terganggu. sebagian tertahan di jantung. Kasus kaki bengkak bukan hanya milik pasien yang jantungnya lemah. satu lagi kemungkinan penyebab yang sama perannya dalam terjadinya penumpukan cairan tubuh. Cairan merembes ke luar di antara jaringan. atau hati. Akibat sejumlah darah terbendung. tugas jantung memompakan darah ke seluruh tubuh. tubuh gagal menahan cairannya. Gangguan hati menyebabkan produksi protein berkurang. darah di paru-paru terbendung juga karena tidak lancar seluruhnya mengalir ke dalam jantung. antara lain di rongga paru-paru? Gangguan Ginjal Sebagaimana kita tahu. terjadi bendungan di dalam serambi jantung kiri. sehingga cairan merembes ke luar dari darah dan mengisi jaringan. Protein penting albumin amat vital untuk menahan cairan tubuh. yakni gangguan hati. Dalam keadaan demikian cairan merembes di antara sel-sel jaringan. dengan segala akibatnya. terjadi penumpukan cairan juga di paru-paru. Perlu dipikirkan kemungkinan gangguan ginjal juga.Tentu saja tidak sama mekanisme penumpukan cairan yang disebabkan oleh masing-masing gangguan organ. tugas memompa lima liter darah dalam semenit itu tidak lagi tercapai. Semakin banyak jumlah darah yang terbendung. Jangan lupa. semakin banyak jumlah cairan yang menumpuk karena keluar merembes. sejumlah darah terhambat alirannya. Bisa juga pada kedua sisi jantung. Keadaan demikian yang menimbulkan penumpukan cairan di paru-paru. Dalam semenit sekitar lima liter darah dipompakan untuk mencukupi kebutuhan tubuh menerima sejumlah oksigen sekaligus membersihkan sejumlah darah lainnya di paru-paru. gejalanya selain pembengkakan tungkai dan kaki. Jika darah tertahan di jantung kiri. ginjal. penumpukan cairan terjadi di tungkai dan kaki. dengan gejala yang sama.

sembab. proses penumpukan cairan akan terus berlanjut. Orang yang lebih gemuk mempunyai jumlah cairan yang lebih sedikit dibandingkan dengan orang yang lebih kurus. yaitu: ruang intra seluler (cairan dalam sel) dan ruang ekstra seluler (cairan luar sel). Jenis dan komposisi tubuh dan pergerakan keseimbangan cairan Lebih kurang 60% berat badan orang dewasa pada umumnya terdiri dari cairan (air dan elektrolit).± jenisnya . atau oedema. juga berakibat membuncitnya perut berisi cairan. misalnya.Penumpukan cairan di luar tubuh berupa pembengkakan.Ruang interstitial. Jika penyebabnya tidak diatasi. Untuk pembengkakan tungkai dan kaki dapat hanya diberikan obat diureticum. karena sel lemak mengandung sedikit air. dan pria secara proporsional mempunyai lebih banyak cairan tubuh dibanding dengan wanita. Penyebabnya Diatasi Untuk menanggulangi penumpukan cairan. Biasanya dilakukan penyedotan.Intra vascular (cairan dalam pembuluh darah). Selama penyebabnya belum atau tak bisa diatasi. dan kebanyakan terdapat pada massa otot skeletal. penumpukan cairan akan terbentuk kembali. Pergerakan Cairan /Keseimbangan Cairan Cairan tubuh normalnya berpindah antara kedua kompartemen atau ruang utama dalam upaya untuk mempertahankan keseimbangan nilai cairan. pertama cairan yang menempati bagian tubuh yang bukan tempat semestinya itu harus dibuang. Setelah cairan yang salah tempat itu dikeringkan.Ruang muskuler. mengandung plasma. Bila penumpukannya terjadi di rongga tubuh disebut ascites. jenis kelamin. sehingga napas jadi sesak dan jantung terdesak. atau di rongga paru-paru. Kompartemen cairan ekstra sel lebih jelas dibagi menjadi ruang: . Hilangnya cairan intra seluler (CES) ke dalam ruang yang tidak mempengaruhi keseimbangan antara . yang secara kimiawi membuang cairan yang salah tempat itu. dicari penyebabnya. Kondisi sama pada kanker kandungan. Hadirnya kanker paru-paru juga dapat berakibat terjadinya penumpukan cairan di dalam rongga paru-paru. Cairan tubuh terdiri dari dua kompartemen cairan. Bisa di rongga perut sehingga perut membuncit berisikan cairan. . Proses kanker atau adanya keganasan pada organ tersebut. Hati yang sudah buruk fungsinya pada sirosis. Faktor yang mempengaruhi jumlah cairan tubuh adalah umur. Secara umum orang yang lebih muda mempunyai persentase cairan tubuh yang lebih tinggi dibanding dengan orang yang lebih tua. mengandung cairan yang mengelilingi sel dan 8 pada orang dewasa. Kurang lebih 2/3 cairan tubuh berada dalam kompartemen cairan intra sel. Contohnya limfe. berujung sama. Bukan saja karena gangguan fungsi organ-organ tersebut. dan kandungan lemak dalam tubuh. Demikian pula jika TBC sudah pada stadium berat. merupakan bagian terkecil dari cairan ekstra seluler dan mengandung kurang lebih 1 liter cairan setiap waktu.

cairan intra seluler dengan ekstra seluler.Filtrasi Tekanan hidrostatik dalam kapiler cenderung untuk menyaring cairan yang keluar dari kompartemen vascular ke dalam cairan intra seluler. peningkatan berat badan. penurunan tekanan darah. (CIS) dan (CES) disebut sebagai perpindahan cairan ruang ketiga. paruparu dan gastrointestinal. Tapi dalam berbagai jenis penyakit cairan mungkin diberikan melalui jalur parenteral. Hal ini diimbangi juga oleh pompa natrium-kalium yang terdapat pada membran sel dan sel aktif memindahkan natrium dari sel ke dalam CES. Dalam keadaan sehat. peningkatan frekuensi jantung. dan ketidakseimbangan dalam masukan dan haluaran cairan. CES juga membawa komponen darah seperti sel merah dan sel darah putih. Difusi terjadi melalui perpindahan tidak teratur dari ion dan molekul. penurunan tekanan intra sentral (TIS). seperti enzim dan hormon. edema. Osmosis dan osmolaritas Perpindahan air terjadi melalui membran dari daerah dengan konsentrasi zat terlarut yang rendah ke daerah dengan konsentrasi zat terlarut tinggi sampai dengan kedua konsentrasi tersebut sama. semua cara pemenuhan dan semua cara kehilangan harus dicatat dan volumenya dibandingkan. Jika keseimbangan cairan bersifat kritis. . atau melalui selang nutrisi enteral dalam lambung atau intestin. Organ-organ tampak kehilangan cairan termasuk ginjal. Sebaliknya konsentrasi kalium intraseluler yang terjadi dipertahankan dengan memompakan kalium ke dalam sel. Pergerakan cairan yang normal melalui dinding kapiler ke dalam jaringan tergantung pada kenaikan tekanan hidrostatik (tekanan yang dihasilkan oleh cairan pada dinding pembuluh darah) pada kedua ujung pembuluh arteri dan vena.Difusi Merupakan kecenderungan alami dari suatu substansi untuk bergerak dari suatu area dengan konsentrasi yang lebih tinggi ke daerah konsentrasi yang rendah. Selain elektrolit CES juga mengangkut substansi lain. Efek dari perpindahan cairan ruang ketiga yaitu ditandai dengan pening. kulit.Pompa natrium-kalium Konsentrasi natrium lebih besar dalam CES di banding di CIS oleh karena itu ada kecenderungan natrium untuk memasuki sel dengan cara difusi. Rute pemasukan dan kehilangan Air dan elektrolit diperoleh dengan berbagai cara. Tekanan osmotik yang dihasilkan oleh cairan plasma Arah perpindahan cairan tergantung pada perbedaan dari kedua arah yang berlawanan ini (tekanan hidrostatik dari osmotik). ke seluruh tubuh. . seorang memperoleh cairan dengan cara minum dan makan. . .

. Sedangkan apabila aldosteron kurang maka air akan banyak keluar karena natrium hilang. .Ekskresi sampah metabolik dan substansi toksik. Peningkatan aldosteron ini mengakibatkan retensi natrium sehingga air juga ditahan. • Paru-paru Melalui ekhalasi paru-paru mengeluarkan air sebanyak +300L setiap hari pada orang dewasa. • Jantung dan pembuluh darah Kerja pompa jantung mensirkulasi darah melalui ginjal di bawah tekanan yang sesuai untuk menghasilkan urine. karena ginjal tidak dapat berfungsi. karena fungsinya mempertahankan tekanan osmotik sel dengan mengendalikan retensi atau ekskresi air oleh ginjal dan dengan mengatur volume darah. • Kelenjar pituitari Hipotalamus menghasilkan suatu substansi yaitu ADH yang disebut juga hormon penyimpan air. kehilangan kalor.Pengaturan pH CES melalui retensi ion-ion hidrogen.Pengaturan kadar elektrolit dalam CES dengan retensi selektif substansi yang dibutuhkan . Pada kondisi yang abnormal seperti hiperpnea atau batuk yang terusmenerus akan memperbanyak kehilangan air. Kegagalan pompa jantung ini mengganggu perfusi ginjal dan karena itu mengganggu pengaturan air dan elektrolit. ventilasi mekanik dengan air yang berlebihan menurunkan kehilangan air ini. Oleh karena itu gagal ginjal jelas mempengaruhi keseimbangan cairan. • Kelenjar paratiroid Mengatur keseimbangan kalsium dan fosfat melalui hormon paratiroid (PTH).Pengaturan Keseimbangan Cairan Organ yang berperan dalam pengaturan keseimbangan cairan meliputi: • Ginjal Fungsi-fungsi utama ginjal dalam mempertahankan keseimbangan cairan: . • Kelenjar adrenal Aldosteron yang dihasilkan/disekresi oleh korteks adrenal (zona glomerolus). absorbsi kalsium dari usus dan reabsorbsi kalsium dari ginjal. Sehingga dengan PTH dapat mereabsorbsi tulang. .Pengaturan volume dan osmolalitas CES melalui retensi dan eksresi selektif cairan tubuh. Kortisol juga menyebabkan retensi natrium. .

(5) pengangkut kotoran untuk dibuang melalui ginjal. bilamana seorang itu mempunyai berat badan 100 kg. meningkatkan osmotik dan ADH akan meningkatkan sehingga urine menurun 6. Temperatur Lingkungan Lingkungan yang panas bisa menyebabkan kita berkeringat banyak sehingga cairan banyak keluar 3. 5. darah manusia terdiri dari 83% air. Kehilangan air dari tubuh kita tergantung dari suhu udara di mana kita berada dan kegiatan tubuh kita sebagaimana terlihat dalam tabel di bawah ini: . Sejumlah kecil dari cairan tubuh diperoleh sebagai hasil sintesis dari metabolisme makanan kita. tetapi senantiasa terbenam dalam air dan memerlukan air untuk melaksanakan fungsi dari sel-sel tersebut. gagal jantung. dll. meningkatkan gula darah. adalah cairan yang paling berharga. (6) pengatur suhu tubuh. maka berarti 70 kg daripada berat badannya adalah disebabkan kerena berat air dalam tubuhnya. (2) alat pengangkutan tubuh. Misalnya: gagal ginjal. (3) bahan pelicin untuk pergerakan tubuh. (7) bahan utama dari darah yang beredar dalam tubuh. Usia Dengan bertambahnya usia. Sakit Seperti bahan bakar. Jadi. 4. semua organ yang mengatur keseimbangan akan menurun fungsinya. Diet Diet tinggi natrium akan berfungsi meretensi urine. air merupakan kebutuhan tubuh kita yang mutlak. Air diperlukan sebagai (1) medium di mana metabolisme tubuh berlangsung. hasilnya fungsi untuk mengatur keseimbangan juga menurun. bahkan sumsum tulang-tulang terdiri dari 20-25% air. otot-otot manusia terdiri dari 75% air. seperti gagal ginjal. dalam keadaan sakit jelas mengeluarkan air yang banyak. demikian juga sebaliknya. Stress Mempengaruhi metabolisme sel. (4) fasilitator pencernaan. Untuk mencapai kesehatan yang optimum. 75% dari berat bayi yang baru lahir terdiri dari air. sedangkan 1/3-nya berasal dari makanan kita. sedangkan 70% dari berat badan orang dewasa terdiri dari air. diuretik. Kira-kira 2/3 air yang masuk ke dalam tubuh kita berasal dari cairan yang kita minum.Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keseimbangan Cairan 1. 2. Obat-Obatan Seperti steroid. Gray matter dari otak manusia terdiri dari 85% air. Jadi jelaslah hampir setiap sel dan jaringan tubuh manusia bukan saja terdiri dari cairan.

Apakah yang akan terjadi bilamana Anda tidak minum air? Meskipun tubuh Anda akan berusaha untuk mempertahankan jumlah cairan tubuh.Rata-Rata Manusia Mengeluarkan Air Per Hari Temperatur Yang Normal Olahraga Berat Yang Cukup Lama Melalui kulit 350 ml 350 ml Melalui paru-paru 350 ml 650 ml Air seni 1400 ml 500 ml Keringat yang keluar 100 ml 5000 ml Tinja 100 ml 100 ml TOTAL 2300 ml 6600 ml Jelaslah bahwa keringat yang dikeluarkan itu bisa 50 kali lebih banyak bilamana Anda berolahraga berat dalam waktu yang lama dibandingkan dengan bilamana Anda tidak memiliki aktifitas dalam suhu udara yang normal. Kemudian terjadi gangguan dalam pembuangan kotoran tubuh dan darah menjadi lebih pekat. maka resiko untuk mendapat . Menurut penelitian yang dilaporkan dalam Journal of American Medical Association. Persentase sel-sel darah disebut hematocrit (normalnya bernilai 42-50% pada pria dan 38-47% pada wanita). Akibat dehidrasi ini kita lihat mekanisme untuk mendinginkan tubuh menjadi terganggu. Kehilangan air secara berlebihan ini akan mengganggu fungsi penting dari tubuh Anda. namun kehilangan air melalui pernafasan dan kulit Anda akan berjalan sebagaimana biasanya yang dikenal dengan sebutan insensible water loss. Sebagai reaksi kompensasi tubuh akan mengurangi pengeluaran air seni dan keringat. Rata-rata manusia normal mengeluarkan sebanyak 2300 ml air setiap hari pada suhu yang normal dan 6600 ml bilamana berolahraga berat. sehingga suhu tubuh menaik. bila nilai hematocrit lebih besar dari 50% pada pria.

Para ahli riset Harvard mengadakan penelitian pada manula dan mengambil kesimpulan kalau saja mereka meminum air yang cukup. sehingga tekanan darah akan meninggi. para atlet yang sama dipaksakan untuk minum air sebanyak yang telah mereka minum pada percobaan yang kedua ditambah dengan jumlah volume air yang telah keluar melalui keringat mereka.serangan jantung itu menjadi dua kali lipat daripada pria dengan nilai hematocrit yang normal. Pada suhu yang demikian tinggi. Akibat minum air . Dr. sedangkan bila nilai hematocrit lebih besar dari 50% pada wanita. di mana ditunjukkan dampak minum air pada para atlet. Tidak heran penyelidikan yang dilaporkan oleh Grimm. Bilamana Anda membaca jurnal ilmiah dengan judul Hemorheology (hemo berarti darah. Lebih kental darah Anda. Mervyn Hardinge ialah yang dilakukan oleh Dr. Sungguh hebat pengaruh minum air yang cukup. namun faktor meminum air secukupnya sama sekali tidak dapat diabaikan. maka akan lebih sulit jantung memompakan darah. sehingga darah kita tidak mengental dan serangan jantung dapat dihindarkan! Di samping itu kekentalan darah mempunyai hubungan erat dengan tekanan darah. Meskipun olahraga yang teratur serta memakan serat yang banyak menurunkan kemungkinan sembelit. Dengan perkataan lain. sehingga tinja yang dihasilkan sangat mengeras. maka kemungkinan untuk mencegah berbagai macam penyakit itu sangat besar. Pada percobaan yang pertama para atlet diinstruksikan untuk berjalan di atas treadmill dengan kecepatan 5. terjadi gangguan fungsi fisiologis yang bilamana tidak diobati akan menyebabkan para atlet untuk jatuh pingsan. Pitts pada Harvard University. Satu percobaan klasik yang dilaporkan oleh Dr. dan rheology berarti studi tentang aliran dari materi yang kompleks). seharusnya jumlah air yang dibutuhkan tubuh adalah sama dengan jumlah air yang mereka minum berdasarkan hausnya dan ditambah dengan 1/3 jumlah lagi. semuanya menyatakan bahwa bilamana seseorang meminum air yang cukup dan menghidupkan pola hidup sehat. Dengan berkurangnya meminum air. para atlet memasuki kawasan kehabisan tenaga. Pada percobaan yang kedua. Biasanya orang mencoba untuk mengobati sendiri dengan memakan obat pencahar (setiap tahun orang Amerika mengeluarkan $725 juta untuk membeli obat pencahar). Akibatnya timbullah sembelit. setelah berjalan di atas treadmill selama 6 jam. Neaton dan Ludwig di Journal of American Medical Association menyatakan bahwa tekanan darah yang rendah serta encernya darah bekerja sama dalam menurunkan kemungkinan untuk mendapat stroke. Dalam waktu 3 ½ jam suhu tubuhnya telah naik di atas 39 derajat Celsius dan para atlet tersebut memasuki kawasan kehabisan tenaga. maka jumlah jutaan hari perawatan dalam rumah sakit per tahun dapat dicegah dan mereka dapat menghemat lebih dari satu miliar dolar untuk pembiayaan rumah sakit . Pada hari ketiga. tubuh akan berusaha menyimpan air semaksimum mungkin dengan mengadakan penyerapan air yang lebih banyak dari usus besar. Dalam keadaan cukup minum air ini. para atlet yang sama diijinkan untuk minum air berdasarkan perasaan haus mereka. maka resiko untuk mendapat serangan jantung itu menjadi empat kali lipat lebih besar daripada wanita dengan nilai yang normal. Jadi.5 km per jam tanpa minum air. hampir dua kali lipat waktunya. sebelum mereka merasa letih. Pitts mendapatkan bahwa para atlet ini hanya minum 1/3 jumlah air lebih sedikit daripada yang dikeluarkan dari tubuh mereka melalui keringat.

para atlet ini tidak pernah mengalami kenaikan suhu tubuh selama percobaan dilakukan. air juga diperlukan untuk kebutuhan di luar tubuh yang disebut hydrotherapy yaitu pengobatan dengan menggunakan air. tapi kini tampaknya siku yang memar ini semakin membesar dan saya merasa cemas. Kemudian turunkan air mandi Anda secara tiba-tiba ke suhu yang rendah sekitar 10-20 derajat Celsius selama 20-40 detik. (3) Hot footbaths. "Oh. Mulailah mandi dengan temperatur air yang normal sekitar 36 derajat Celsius. sebab tidak merasakan lelah sama sekali. Dengan demikian pertanyaan yang praktis perlu ditanyakan ialah: "Berapakah banyak air yang harus diminum?" Sebaiknya Anda minum air segera setelah Anda bangun pada pagi hari (sebab tubuh sudah mengalami dehidrasi sewaktu Anda tidur sepanjang malam) dan terus minum air sepanjang hari di antara waktu makan. Perlu diingat bahwa penggunaan air panas pada penderita yang mempunyai peredaraan darah buruk seperti pada penderita diabetes. atau penderita penyakit pembuluh darah lainnya. tapi harus membayar biaya konsultasi dokter sebesar $100. Jangan lupa untuk mencuci botol air Anda secara rutin untuk menghindari kontaminasi bakteri. percobaan terpaksa dihentikan oleh Dr. Namun ayahnya tidak mengindahkan anjurannya." Ia pun pulang ke rumah. (iii) minum air waktu sedang berolahraga. (ii) minum air di tempat kerja Anda. White mengatakan dalam Ministry of Healing hal 156 demikian. Keesokan harinya siku yang memar tersebut meluas sehingga ayahnya merasa cemas dan langsung menemui dokternya. Ada berbagai macam hydrotherapy misalnya (1) Cold mitten friction.sesuai dengan kebutuhan tubuh mereka. (2) Fomentations. saya bermain bulutangkis tadi malam dan terjatuh. meskipun para atlet mengatakan mereka masih sanggup untuk terus berjalan di atas treadmill. Sungguh pengeluaran yang tidak perlu. Suatu hydrotherapy harian yang mujarab adalah mandi. Selain air perlu untuk kebutuhan di dalam tubuh. "Apa yang terjadi?" tanya dokter padanya." Dokter hanya mengatakan padanya: "Pulanglah dan gunakan kompres es. Hidupkanlah kebiasaan sehat untuk: (i) minum air selama mengadakan perjalanan. Bahkan setelah 7 jam berlalu. sehingga air seni Anda itu bening dan tidak pekat paling sedikit sekali sehari. Teman saya ini adalah seorang perawat dan menganjurkan kepada ayahnya untuk melakukan kompres es di sikunya. sehingga proses penyembuhan dipercepat. Ny. (5) Ice compresses. Semua orang harus mengerti cara penggunaan pengobatan sederhana ini di rumah. Dengan demikian pengaliran darah kepada daerah yang dirawat dapat ditingkatkan. penderita stroke." Saya teringat akan pengalaman ayah teman saya yang terkena cedera sikunya pada waktu bermain bulutangkis. Prinsipnya adalah menggunakan air panas untuk melebarkan pembuluh darah dan air dingin untuk menciutkan pembuluh darah. Percobaan ini sungguh menunjukkan bahwa minum air berdasarkan perasaan haus bukanlah indikator yang baik untuk kebutuhan tubuh kita. dapat menyebabkan terbakarnya jaringan. Sesudah selesai mandi dengan memakai sabun. Pitts. (4) Heating compresses. kalau saja sudah di kompres sikunya dengan es sehingga pembuluh darahnya menciut dan perembesan darah dari pembuluh darah dihentikan. Anda akan merasa gemetar kedinginan dan terus keringkan tubuh Anda dengan handuk selekasnya. Pengobatan hydrotherapy ini . "Penggunaan air sebagai pengobatan di luar tubuh kita merupakan cara yang termudah dan sangat memuaskan untuk mengatur peredaraan darah. naikkanlah suhu air mandi sampai sepanas yang tubuh Anda dapat toleransi (sekitar 43 derajat Celsius selama 1-2 menit) sehingga pembuluh darah Anda melebar dengan baik.

setelah Anda berolahraga pada pagi hari. . akan sangat menyegarkan Anda dan menyiapkan Anda untuk bekerja sepanjang hari dengan baik.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->