1

BAB I PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang PKL Lembanga Perguruan Tinggi merupakan salah satu wahana pembentuk sumber daya manusia untuk mempersiapkan dan menciptakan sarjana yang memiliki kualitas yang baik dan tinggi, serta mampu bersaing dalam perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Maka dari itu diperlukan adanya kajian-kajian ilmiah yang bersifat deskriptif argumentatif yang diformalisasikan dalam survei, penelitian maupun Praktek kerja lapangan untuk menunjang dalam mewujudkan tujuan di atas. Jurusan Ilmu Keolahragaan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Semarang merupakan salah satu jurusan program non-kependidikan yang mengarah pada ilmu-ilmu murni yang berhubungan dengan kajian ilmiah olahraga, untuk itu perlu adanya media penerapan ilmu-ilmu murni di lapangan dalam bentuk Praktek kerja lapangan yang diharapkan nantinya Mahasiswa Ilmu Keolahragaan dapat bersaing dalam masyarakat dan dapat menciptakan sarjana Ilmu Keolahragaan yang memahami konsep (basic knowledge) tentang kajian ilmiah dalam olahraga, memahami implikasi sosial bidang ilmunya, dan mampu menyesuaikan diri terhadap perkembangan zaman serta memahami kebutuhan masyarakat dalam menciptakan peluang-peluang bagi

perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

1

Dasar hukum atau landasan yang melandasi Praktek kerja lapangan diatur dalam peraturan dan keputusan rektor berikut ini ; Keputusan Rektor Universitas Negeri Semarang No. 162/O/2004 tentang penyelenggaraan pendidikan di Universitas Negeri Semarang, Peraturan Rektor Universitas Negeri Semarang No. 20 Tahun 2011 tentang Pedoman Akademik Universitas Negeri Semarang, Peraturan Rektor Universitas Negeri Semarang No. 39 Tahun 2008 tentang Pedoman Praktek Kerja Lapangan (PKL) bagi mahasiswa Program Studi Kependidikan dan Program Studi Non Kependidikan Jurusan Tertentu Universitas Negeri Semarang. Pusat kebugaran (Fitness center) merupakan salah satu fasilitas layanan kesehatan secara paripurna dan prima yang meliputi promitif, preventif dan akuratif bagi seluruh pegawai pemerintah provinsi dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan dan kesejahteraan pegawai, sehingga dapat memacu semangat dan produktivitas kerja. Sejak berdiri pada tahun 2003 pusat kebugaran pegawai pemerintah provinsi Jateng milik Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Jawa Tengah ini sudah memiliki Ratusan anggota, namun hanya puluhan anggota yang aktif latihan setiap harinya. Alat- alat yang ada juga merupakan alat yang digunakan sejak tahun 2003, belum ada alat baru yang digunakan di dalam pusat kebugara. Sejak pertama kali berdiri pusat kebugaran pemerintah provinsi ini baru melakukan publikasi sekali saja pada awal berdirinya. Praktek Kerja Lapangan (PKL) ini dimaksudkan agar ; Mahasiswa mengetahui keadaan dan permasalahan yang sesungguhnya ada dalam suatu 2

Mengetahui kondisi di lapangan yang sesungguhnya dan merupakan bentuk nyata pengintegrasian antara pendidikan di bangku kuliah dengan di lapangan. Mahasiswa dapat menambah pengalaman dalam dunia kerja yang sebenarnya sehingga setelah menyelesaikan studinya. Praktek Kerja Lapangan yang diselenggarakan di Pusat Kebugaran Pemerintah Provinsi Jawa Tengah diharapkan dapat memberikan dampak yang baik dan kerjasama yang baik antara pihak Pusat Kebugaran dan Jurusan Ilmu Keolahragaan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Semarang. Media yang digunakan juga harus tepat guna. 3 . maksudnya informasi atau promosi yang disampaikan harus diterima dengan baik oleh target penerima. dimana selama ini semuanya hanya dipelajari oleh mahasiswa secara teoritis dibangku kuliah.proses kerja atau manajemen sebuah komite. Akibatnya media informasi atau promosi pun semakin marak tersebar luas di seluruh dunia. Peran media sangat penting untuk menyampaikan informasi atau promosi. Fokus dari penulis saat Praktek Kerja Lapangan adalah pada bagian publikasi yang dilakukan pihak pusat kebugaran dan membuat gebrakan baru dalam mempublikasikan Pusat Kebugaran Pegawai Pemerintah Provinsi Jawa Tengah. mereka telah memiiki bekal pengetahuan praktis yang cukup memadai bagi kesiapan mereka memasuki dunia kerja sesuai dengan disiplin ilmu yang dipelajari. Melatih mahasiswa untuk berpikir secara komprehensif dan menyeluruh dalam mengenali serta membatasi permasalahan yang cukup kompleks dan dinamis yang timbul di dunia saat ini.

1. pengetahuan. 4. Diharapkan laporan ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan bagi mahasiswa dan bagi para pembacanya serta menjadi masukan yang membangun untuk Pusat Kebugaran Pegawai Pemerintah Provinsi Jawa Tengah milik Badan Kepegawaian Daerah Jawa Tengah. Menguji kemampuan pribadi ilmu yang dipelajari serta tata cara hubungan bermasyarakat dalam lingkungan keolahragaan.1. Mahasiswa dapat membadingkan pengetahuan yang diperoleh dibangku kuliah dengan kegiatan nyata dalam dunia industri.2.Pengalaman yang telah diperoleh dalam Praktek Kerja Lapangan (PKL) ini disusun dalam sebuah laporan. Tujuan 1. 1. 4 .1 Tujuan Umum Menyiapkan mahasiswa untuk menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademik yang dapat diterapkan dan dikembangkan seerta digunakan dalam berperan serta dalam pembangunan.2.1. Agar mahasiswa mendapat pengalaman kerja yang relevan sehingga mahasiswa memiliki pengetahan. sikap dan ketrampilan bidangnya. Menambah wawasan.2.2 Tujuan Khusus 1. sehingga dapat menerapkan perpaduannya 3. 1. dan pengalaman sebagai generasi yang terdidik yang nantinya terjun dalam masyarakat terutama dilingkungan olahraga. 2.2 Tujuan dan Manfaat PKL 1.

5. 7. Mempererat hubungan dan kerjasama dengan instansi atau lembaga yang dijadikan obyek praktek kerja lapangan (PKL) untuk peningkatan penelitian ilmiah dan ilmu pengetahuan. 8. Sebagai sarana untuk memberikan kriteria tenaga kerja yang dibutuhkan oleh perusahaan yang terkait. 9. 3. dan pengalaman Mahasiswa bertambah. sikap dan ketrampilan bidangnya. 5 . Wawasan. Mahasiswa siap untuk menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademik. 2.5. Mahasiswa mendapat pengalaman kerja yang relevan sehingga mahasiswa memiliki pengetahuan. Terciptanya kerjasama antara instansi tempat PKL dengan Jurusan Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Semarang. Sebagai bahan masukan untuk mengevaluasi sampai sejuah mana program yang diterapkan dapat sesuai tenaga kerja yang terampil dan profesional di bidangnya.2 Manfaat PKL 1. pengetahuan. 4.2. 6. Sebagai sarana penganalan perkembangan ilmu pengetahuan untuk pertimbangan dalam menyusun program atau kurikulum untuk tahun ajaran berikutnya. 1. Mahasiswa dapat membadingkan pengetahuan yang diperoleh dibangku kuliah dengan kegiatan nyata dalam dunia kerja. khususnya Universitas Negeri Semarang. Sebagai sarana untuk mengetahui kualitas pendidikan suatu universitas.

2010:5).00 WIB. 1.00 WIB.Semarang. aktivitas. Setiabudi No. kompleks DIKLAT Provinsi Jawa Tengah Srondol . Waktu Pelaksanaannya 6 hari kerja. kerisauan dan sebagainya .00. perasaan. pengakuan.3 Tempat dan Waktu Pelaksanaan PKL Penulis melaksanakan Praktek Kerja Lapangan (PKL) selama kurang lebih 6 minggu. kejadian.1.00 WIB.1. motivasi. terhitung dari tanggal 13 November 2012 – 26 Desember 2012.4. Metode Observasi Observasi adalah pengamatan langsung suatu kegiatan yang sedang dilakukan. organisasi. 1.0012. setiap hari Senin sampai dengan Sabtu.19. 1 A Semarang.00. selanjutnya rekonstruksi keadaan tersebut dapat diharapkan terjadi pada masa yang akan datang . Pengematan mengenai situasi sosial dan apa yang terjadi di sana (Suratno. Metode Wawancara Menurut Suratno (2010) wawancara dinyatakan sebagai suatu percakapan dengan bertujuan untuk memperoleh kontruksi yang terjadi sekarang tentang orang.00.4 Metode Pengumpulan Data 1. dan merupakan 6 . Senin sampai Kamis dilaksanakan pukul 15.2.4.19.09.00 WIB dan 15. Untuk hari Jumat Pukul 06. Hari Sabtu pukul 07. di Pusat Kebugaran Badan Kepegawaian Daerah Jawa Tengah yang beralamat di Jln.

2010:2). 1. dan analisis hasil kegiatan yang sudah dilakukan. 7 .5 Sistematika Penulisan Secara garis besar sistematika laporan ini memuat tentang : BAB I Pendahuluan Bab ini menguraikan tentang latar belakang PKL. pengecekan dan pengembangan informasi ( konstruksi.peraturan. majalah. BAB III Penutup Membahas tentang Kesimpulan dan saran tentang analisis dan pembahasan yang sudah dilakukan. rekonstruksi dan proyeksi) yang telah didapat sebelumnya (Suratno. peraturan. Metode Dokumentasi Metode dokumentasi yaitu pengumpulan data dimana peneliti menyelidiki benda-benda tertulis seperti buku-buku. metode pengumpulan data. 1. dokumen. kegiatan yang dilakukan di tempat PKL.verifikasi. 2002: 158). manfaat.3. tujuan. tempat dan waktu.4. Dalam hal ini penulis menggunakan arsip brosur pusat kebugaran dan foto sebagai data. dan sistematika laporan. dan sebagainya (Arikunto. BAB II Pembahasan Membahas mengenai gambaran umum tempat PKL.

1.1.1. sebagaimana diamanatkan dalam pasal 32 undang-undang 43 tahun 1999 tentang perubahan atas undang-undang no 8 tahun 1974 tentang pokok-pokok kepegawaian. prestasi meningkat. kompleks DIKLAT Provinsi Jawa Tengah Srondol . jiwa kuat. pemerintah provinsi melalui badan kepegawaian daerah provinsi Jawa Tengah.8 BAB II PEMBAHASAN 2.1 Pelaksanaan Praktek Kerja Lapangan 1.1. Setiabudi No.1.Semarang. Pusat Kebugaran ini dikelola oleh Subbidang Kesejahteraan Pegawai Badan Kepegawaian Daerah Jawa Tengah. Pusat Kebugaran Pegawai Pemerintah Provinsi Jawa Tengah merupakan fasilitas yang diberikan kepada pegawai pemerintah provinsi Jawa Tengah dan keluarga pegawai tersebut dan memiliki semboyan raga sehat. 1 A Semarang. Badan kepegawaian daerah Jawa Tengah adalah perangkat daerah yang merupakan bagian dari sisterm pemerintahan dan memiliki tugas untuk 8 . Profil Pusat Kebugaran Pusat Kebugaran Pegawai Pemerintah Provinsi Jawa Tengah berdiri pada 24 Desember tahun 2003 dan beralamatkan di Jln. Tinjauan dan Tugas Umum Praktek Kerja Lapangan 1. Pusat kebugaran ini berdiri sebagai salah satu wujud peningkatan usaha kesejahteraan PNS dilingkungan pemerintah provinsi Jawa Tengah.

Fitur dan Fasilitas Pusat Kebugaran Fitur yang disediakan Pusat Kebugaran Pegewai Pemerintah Provinsi Jawa Tengah ini adalah: 1. Bimbingan latihan individual sebagai tindak lanjut dari hasil pemeriksaan kesehatan dan klinik konsultasi kesejahteraan dan bimbingan karier PNS. meliputi : pengelolaan administrasi kesejahteraan pegawai. dan kuratif bagi seluruh pegawai pemerintah provinsi Jawa Tengah dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan dan kesejahteraan pegawai. 1. Pemberian penghargaan dan tanda jasa. 9 . Pengelolaan pusat layanan psikologi dan konseling PNS. Evaluasi kinerja PNS individual (JFU).1. 1.1. Sedangkan Subbidang Kesejahteraan Pegawai adalah sub bidang yang mempunyai tugas melakukan penyiapan bahan perumusan kebijakan teknis.2.1. Maksud dan Tujuan Berdirinya Pusat Kebugaran Pusat Kebugaran (Fitness Center) Pegawai Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dibentuk sebagai salah satu fasilitas layanan kesehatan secara paripurna dan prima yang meliputi promitif.3. sehingga dapat memacu semangat dan produktivitas kerja. pembinaan dan pelak-sanaan di bidang kesejahteraan pegawai. Melaksanakan tes potensi.1. Pengelolaan pusat kebugaran dan kesehatan PNS. bertujuan untuk memperbaikikondisi kesehatan dan meningkatkan kebugaran.melaksanakan manajemen Pegawai Negeri Sipil dalam membantu tugas pokok Pejabat Pembina Kepegawaian Daerah. proventif.

00 WIB. 1-8 kg dumbles. Mixser. Skipping. Layanan dibawah bimbingan dan pengawasan dokter dan instruktur olahraga. Compact Dist (CD).2.19. dan 15.00 WIB. Leg extention. Shoulder press. .00 WIB. Trimmer / twister. Lat pull down.00 WIB.1. Konsultan kesehatan dan instruktur berpengalaman. Pengeras suara. Smith machine. 1-2 kg barbles. Fasilitas yang dimiliki Pusat Kebugaran Pegawai Pemerintah Provinsi Jawa Tengah diantaranya adalah : 1. Senam Aerobik Selasa Sabtu : 15.00 WIB. Timbangan (berat badan). Flat bench press. 1. Ruang Latihan Ber AC 15 X 18 m. Jumat Sabtu 2. Abdominal bench.10.1. : 08.17. Ampliver.00 WIB. (VCD). meteran (tinggi badan). Jadwal Latihan 1.12. 3.00 . Stik / tongkat. 3.00 WIB. Bicycle machine. Peralatan lengkap : Treadmill electric machine.4.19. Leg press machine. Leg curl.09.00 WIB : 07.00 WIB. 10 : 06.00 WIB.00 WIB. bertujuan untuk memperbaiki penampilan dan meningkatkan kebugaran bagi pegawai dan keluarganya. Fitness Senin – Kamis : 15. Bimbingan latihan rekreatif berupa senam dan latihan pembentuk tubuh. Butterfly machine. 2.

apabila hari libur nasional maka Pusat Kebugaran menyesuaikan.1. Struktur Organisasi dan Logo Pusat Kebugaran Berikut ini adalah Struktur Organisasi pengelola Kebugaran Pegawai Pemerintah Provinsi Jawa Tengah : Gambar 2.Jadwal latihan diatas menyesuaikan kalender nasional.1 Struktur Pengelola Pusat Kebugaran 11 . 1.1.5.

00 WIB. 2. setiap hari Senin sampai dengan Sabtu.2 Logo Pusat Kebugaran 1.19. 1.00.12.1. 5. Mengelola dengan baik pusat kebugaran pegawai pemerinah Jawa Tengah. Tugas Khusus Praktek Kerja Lapangan Praktek Kerja Lapangan (PKL) dilaksanakan selama kurang lebih 6 minggu. 4. Mengelola presensi dan jurnal harian.00 WIB dan 15. Senin sampai Kamis dilaksanakan pukul 15. Untuk hari Jumat Pukul 06.1.19. 6. 12 . Menjaga kebersihan Pusat Kebugaran.6. terhitung dari tanggal 13 November 2012 – 26 Desember 2012. Waktu Pelaksanaannya 6 hari kerja.09. Membimbing pengunjung dalam latihan fitness. Tugas Umum Praktek Kerja Lapangan Tugas umum yang kami laksanakan diantaranya adalah : 1. Merawat seluruh peralatan fitness. 3.00 WIB.Berikut ini adalah Logo Pusat Kebugaran Pegawai Pemerintah Provinsi Jawa Tengah : Gambar 2. Hari Sabtu pukul 07.2.00. Membantu pengunjung dalam melaksanakan program latihan. Membimbing pengunjung dalam latihan senam aerobik.00. 7.00 WIB.1.00.

Proses pengerjaannya meliputi beberapa cara dengan pencarian ide dan referensinya. 1. 1.1. Pekerjaan Selama Praktek Kerja Lapangan Selaian memiliki tugas secara umum penulis juga memilki tugas spesifik yang penulis kaji dalam Praktek kerja lapangan ini. seperti perancangan media brosur sebagai publikasi pusat kebugaran dan membuat website untuk Pusat Kebugatran Pegawai Pemerintah Provinsi Jawa Tengah. 2012:5). Peran pada Praktek Kerja Lapangan Dalam peranan kepraktekan selama pelaksanaan Kerja Praktek adalah sebagai profesional dalam publikasi. 2012: 9). tipografi dan ilustrasi dalam mendesian layout media brosur (Yulisa Silviani. Perancangan Brosur Pusat Kebugaran Pegawai Pemerintah Jawa Tengah Dalam proses perancangan ini meliputi tentang pencarian ide kreatif.1.2. visualisasi ide berupa sketsa manual dan digital.1. Penggabungan unsur-unsur mix-media seperti fotografi.2. Penulis memiliki tugas untuk mempromosikan dan mempublikasikan Pusat Kebugaran Pegawai Pemerintah Provinsi Jawa Tengah kepada pegawai di jajaran pemerintahan provinsi jawa tengah. referensi media. 13 .1. dan final artworking media brosur dan website (Harrys Kosasih. Pada proses Kerja Praktek dalam kepraktekan ditugaskan untuk mengerjakan beberapa proyek .2.2. tinjauan langsung di lapangan atau di pusat kebugaran yang akan dilakukan riset dan menentukan konsep yang akan dibuat.2.1.1.

(Bangun Ecky Permana. Pemerintah Jawa Tengah. maka Praktekan dapat menentukan dan mengatur target waktu yang tepat agar karya yang dibuat dapat deselesaikan dengan baik. Hal lain yang perlu di perhatikan selain perancangan atau konsep dalam pembuatan sebuah desain adalah memikirkan bagaimana teknik pembuatanya. benar dan tepat waktu. olahraga.3 Layout Brosur 14 .Dalam rancangan pembuatan brosur Pusat Kebugaran Pegawai Pemerintah Jawa Tengah. apakah rumit atau sederhana dengan mengetahui tingkat kesulitan dari desain yang akan Praktekan buat. 2010: 7) 1. Gambaran brosur yang penulis buat memiliki ukuran kertas A4 pada posisi landscape dan dibagi menjadi 3 kolom. yaitu tentang kesehatan. kebugaran. Perancangan Layout Dalam pembuatan brosur ini penulismenggunakan aplikasi desain grafis Corel Draw X6. yang pertama dilakukan adalah pengenalan karakteristik dari Pusat Kebugaran Pegawai Provinsi Jawa Tengah. Gambar 2.

dan progran layanan.6 dan 2.4 Logo Jateng Gambar 2. alamat pusat kebugaran. Sedangkan Foto yang digunakan adalah foto. Warna yang digunakan dalam pembuatan brosur ini meliputi warna hijau. dan informasi yang akan disampaikan melalui brosur. Gambar 2. dan biru muda. fasilitas. Gambar yang digunakan dalam membuat brosur ini adalah gambar logo Jawa Tengah dan logo Pusat Kebugaran Pegawai Provinsi Jawa Tengah. Informasi yang akan disampaikan meliputi maksud dan tujuan didirikannya pusat kebugaran.2. gambar. putih.7 Hasil Pengambilan Gambar 15 . Pemilihan Konten Konten dari brosur ini meliputi warna.foto dari Pusat Kebugaran Pegawi Provinsi Jawa Tengah dan diambil menggunakan kamera digital Sony 10x digital zoom. foto. coklat. jadwal latihan fitness dan senam aerobik.5 Logo Pusat Kebugaran Gambar 2.

12 dan 2.8 dan 2.11 Hasil Pengambilan Gambar Gambar 2.Gambar 2.9 Hasil Pengambilan Gambar Gambar 2.10 dan 2.13 Hasil Pengambilan Gambar 16 .

Perancangan Pembuatan brosur ini bertujuan memberikan informasi yang lengkap kepada pembaca agar mengetahui keberadaan pusat kebugaran dan tertarik untuk latihan kebugaran di Pusat Kebugaran Pegawai Pemerintah Provinsi Jawa Tengah. 17 . foto. meliputi penggabungan layout.16 dan 2. Berikut ini adalah gambar cover depan dan belakng yang sudah jadi.15 Hasil Pengambilan gambar Gambar 2. Sasaran dari pembuatan brosur ini adalah pegawai negeri sipil maupun honorer yang berdinas di Badan Kepegawaiaan Daerah Jawa Tengah. dan informasi. gambar. warna.14 dan 2.17 Hasil Pengambilan Gambar 3.Gambar 2.

18 Cover Depan Brosur Gambar 2.Gambar 2.19 Cover Belakang Brosur 18 .

2. ringan tapi sarat akan informasi. Layout Website Gambar 2. Konsep Perancangan Konsep dari perancangan ini adalah minimalis. Konsep minimalis dan ringan dipilih agar website lebih ringan dan cepat untuk diakses.20 Layout Website 19 . seadangkan sarat informasi dipilih agar dengan tampilan yang sederhana website ini memiliki informasi yang banyak dan dapat diterima pengguna (Erpina Mariana.2.2. Perancangan Website Pusat Kebugaran Pegawai Pemerintah Jawa Tengah 1.1.1. 2. 2012: 14).

22 Background header Background header dibuat dengan menggunakan aplikasi Corel Draw X6. Header Gambar 2.23 Header Website 20 . 4. menu sebagai tombol navigasi. dan konten merupakan ruang untuk isi segala informasi website. dan konten. menu. putih dan kuning.21 Background Website Background dibuat menggunakan aplikasi desain Adobe Illusteator CS 6 menggunakan gabungan 3 warna yaitu hitam. 3. gabungan warna putih dan hitam. Gambar 2.Layout website terdiri dari header. Backgound Gambar 2. Heder untuk menunjukkan identitas website.

Gambar 2. artikel.24 Backgroun Menu Navigasi Bacground menu menggunakan warna abu. tentang kami. Main merupakan halaman utama yang akan ditampilkan bila website diakses oleh pengguna dan berisi tentang maksud dan tujuan didirikannya Pusat Kebugaran Pegawai Pemerintah Provinsi Jawa Tengah. Jiwa Kuat. fasilitas berisi tentang fasilitas yang dimiliki Pusat Kebugaran Pemerintah Provinsi Jawa Tengah. program berisi tentang layanan yang 21 . fasilitas. Menu Navigasi Gambar 2.abu dipadu dengan glare tanaman abstrak dibuat menggunakan aplikasi Adobe Photoshop CS 6. Prestasi Meningkat”. 5. program. pencarian dan tulisan “Pusat Kebugara Pegawai Pemerintah Provinsi Jawa Tengah”. sosial network. jadwal. jadwal berisi tentang jadwal latihan baik fitness maupun senam aerobik yang ada di Pusat Kebugaran Pegawai Pemerintah Provinsi Jawa Tengah. artikel berisi tentang informasi mengenai apa saja yang disediakan untuk menambah wawasan pembaca.25 Menu Navigasi Website Menu navigasi dibuat dengan gradasi warna backgound dan hitam. serta slogan “Raga Sehat.Header dibubuhi dengan logo Jawa Tengah. Menu navigasi ini terdiri atas main.

2. pelaksanaan. dan pelaporan dipermudah oleh pihak Badan Kepegawaian Daerah.disediakan oleh Pusat Kebugaran Pegawai Pemerintah Provinsi Jawa Tengah. tentang kami berisi alamat dan informasi mengenai Pusat Kebugaran Pegawai Pemerintah Provinsi Jawa Tengah.2 Analisis Hasil Pekerjaan 2.26 Website Jadi Ini adalah desain website yang dibuat penulis selama Praktek kerja lapangan melalui proses yang panjang. 6. Hasil Akhir Website Gambar 2.1 Evaluasi Selama penulis melaksanakan Praktek Kerja Lapangan di Pusat Kebugaran Pegawai Pemerintah penulis merasa semua perijinan. Diharapkan website ini dapat memberikan informasi yang lengkap mengenai Pusat Kebugaran Pegawai Pemerintah Provinsi Jawa Tengah.2. 22 .

Jadi penulis mencari referensi secara mandiri agar media publiksai dapat dibuat. dibuat saat pertama kali didirikan. Media publikasi yang penulis rancang diharapkan memberikan efek yang positif dan dapat memberikan informasi selengkap lengkapnya kepada pengguna sehingga minat pegawai untuk berolahraga di Pusat Kebugaran Pegawai Pemerintah Provinsi Jawa Tengah meningkat. 23 . 4. Penulis merasa sedikit kesulitan dalam merancang media publikasi berupa brosur dan website untuk Pusat Kebugaran Pegawai Pemerintah Provinsi Jawa Tengah.Selama ini Pusat Kebugaran Pegawai Pemerintah Provinsi Jawa Tengah terhitung hanya sekali membuat media publikasi yang berupa brosur. 3. karena di lingkungan Praktek Kerja Lapangan tidak ada staf yang menguasai secara teknis pembuatan media publikasi.2 Kendala Dalam merancang media publikasi penulis menemui beberapa kendala yang bersifat teknis. diantaranya adalah : 1. Tidak ada peralatan untuk membuat media publikasi di Pusat Kebugaran Pegawai Pemerintah Provinsi Jawa Tengah. Tidak adanya staf maupun pembimbing yang menguasai secara teknis pembuatan media publikasi. Kurangnya komunikasi dan koordinasi dengan Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Jawa Tengah. Kurangnya referensi yang digunakan untuk rujukan media publikasi. 2.2. 2.

4. 24 .2. 2. dan buku. Berikut ini adalah solusinya : 1.2. Mencari referensi yang cukup melalui internet.3 Solusi Setelah mengalami kendala penulis berupaya mengatasi kendala yang dialami dengan solusi yang diperoleh dari pemikiran dan bimbingan pembimbing lapangan dan dosen Pembimbing. 3. Menjalin komunikasi dan koordinasi yang baik dengan badan Kepegawaian Daerah Provinsi Jawa Tengah. Penulis menggunakan perlatan pribadi dalam membuat media publikasi. Penulis mempelajari sendiri cara pembuatan media publikasi tanpa bimbingan teknis dari siapapun.

3. Dalam dunia kerja tidak hanya memerlukan kemampuan teknis (penguasaan ilmu) tetapi juga memerlukan kemampuan untuk dapat beradaptasi dengan lingkungan pekerjaan. Belajar untuk mengambil keputusan yang tepat dan bertanggung jawab atas tugas yang diberikan. sikap dan ketrampilan di bidang publikasi olahraga. Dalam masyarakat. 5.1. 6. disiplin waktu dan mengendalikan diri (emosi). kerjasama dan gotong royong wajib diterapkan karena kerjasama tim akan menentukan sukses tidaknya suatu lembaga tersebut. 7. Terancang media publikasi stelah bertahun tahun tidak dirancang berupa brosur dan website yang beralamatkan di http://bkdbugar. 25 . 4. Mahasiswa mendapat pengalaman kerja yang relevan sehingga mahasiswa memiliki pengetahuan. Penulis memiliki sedikit bekal akademik dan Praktek untuk terjun ke dalam masyarakat.25 BAB III PENUTUP 3. Kesimpulan Kesimpulan yang diperoleh setelah melaksanakan Praktek Kerja Lapangan di Pusat Kebugaran Pegawai Pemerintah Provinsi Jawa Tengah adalah : 1.org . Bahwa setiap pekerjaan tidak hanya mementingkan tujuan hasil akhir saja melainkan proses dalam mencapai tujuan tersebut. 2.

Perlu adanya peningkatan sumberdaya manusia yang professional di bidang olahraga kebugaran khususnya dari sarjana ilmu keolahragaan. 26 .teman mahasiawa jurusan ilmu keolahragaan yang akan melakukan PKL harus mempunyai konsep dan program PKL yang jelas dan mempunyai keahlian sesuai dengan bidangnya. 2.8. Media publikasi yang dibuat hendaknya dirancang semenarik mungkin agar sasaran publikasi berminat membacanya. 3.2. Adanya hubungan kerjasama yang baik antara Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Jawa Tengah dengan Universitas Negeri Semarang. Bagi teman. 3. Saran Setelah melaksanakan Praktek Kerja Lapangan di Pusat Kebugaran Pegawai Pemerintah Provinsi Jawa Tengah penulis dapat memberikan saran sebagai berikut : 1. Lokasi Pusat Kebugaran hendaknya dileakkan di komplek kantor Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Jawa Tengah agar publikasi mudah disampaikan. melainkan memperbaiki hal-hal yang sudah ada menjadi seperti baru lagi selain itu Ide dan Kreatifitas akan muncul dengan melatih diri kita untuk melakukan halhal yang bersifat spontan. Ide dan Kreatifitas bukanlah dengan menemukan hal baru. 5. Perlu dibuat media publikasi secara berkala dan berkelanjutan agar para pegawai mendapat informasi sebanyak banyaknya dan paling baru. 4. 9.

Sewarnadotcom. Laporan Kerja Praktek. Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Semarang Topoksi Sub Bidang Kesejahteraan Pegawai. Suratno. Fakultas Desain Universitas Komputer Indonesia Struktur Organisasi Badan Kepegawian Daerah Provinsi Jawa Tengah. 2010. 2012. Metode Penelitian Kualitatif. Fakultas Desain Universitas Komputer Indonesia Harrys Kosasih. Rineka Cipta. Online at http://bkd. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Fakultas Desain Universitas Komputer Indonesia Erpina Mariana.go.htm (accesed 01/21/2013) Suharsimi Arikunto.jatengprov. 2012. 2010. Laporan Kerja Praktek. Buku Pedoman Pelaksanaan Praktek Kerja Lapangan.id/index.DAFTAR PUSTAKA Bangun Ecky Permana. Disajikan pada Seminar Metodologi Penelitian Tanggal 05 April 2010 Pada Program Pascasarjana IAIN Antasari Banjarmasin. Perancangan Brosur Perusahaan Gurita di CV. 2002. 2011. Jakarta.jatengprov.go.id/struktur/struktur_bkd. Perancangan Media Brosur Sebagai Sarana Promosi CV.php/tupoksi/tupoksibiduk/tupoksisubbidk esejahteraan (accesed 01/22/2013) Yulisa Silviani. Perancangan Media Website Sebagai Sarana Promosi CV. Online at http://bkd. Banjarmasin: Program Pascasarjana IAIN Antasari Banjarmasin Tim Penyusun. Primagain. Bigstamp. Mangele Private. Fakultas Desain Universitas Komputer Indonesia 27 . Laporan Kerja Praktek. Laporan Kerja Praktek. Perancangan Media Informasi CV.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful