Hari Kesehatan Nasional (12/11/2012

“Sehat memang bukan segalanya, tetapi apabila tidak sehat, maka segalanya tidak ada artinya” .
Pencapaian derajat kesehatan ditandai dengan menurunnya Angka Kematian Bayi (AKB), menurunnya Angka Kematian Ibu (AKI) dan menurunnya prevalensigizi kurang dan gizi buruk serta meningkatnya umur harapan hidup (UHH). target yang akan dicapai sesuai kesepakatan MDGs tahun 2015, angka kematian ibu turun menjadi 102 kematian per 100.000 kelahiran hidup dan angka kematian bayi menjadi 24 per 1000 kelahiran hidup. Apakah Indonesia sudah sehat? BELUM. Pencapaian derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya memang tidak mungkin dicapai hanya oleh sektor kesehatan saja, karena kesehatan bersifat multidimensi, multidisiplin, serta multisektor. Dengan kata lain, pembangunan kesehatan memerlukan dukungan berbagai sektor, swasta/dunia usaha dan organisasi kemasyarakatan. KABIN singkatan dari keluarga binaan, merupakan salah satu langkah untuk mewujudkan Indonesia sehat tahun 2015. Setiap keluarga memiliki masalah yang berbeda, oleh sebab itu penyuluhan secara kekeluargaan lebih efektif daripada secara beramai-ramai maupun individu. Mengikutsertakan anggota keluarga, misalkan ibu, Ia bisa berbicara dari hati ke hati kepada suaminya. Dengan kata lain, apa yang tidak mungkin kita capai saat menyuluh seseorang, menjadi tercapai dengan bantuan anggota keluarga. Sekarang pertanyaannya, sudahkah kita menyehatkan diri? Bagaimana dengan keluarga kita sendiri? Ilmu yang kita dapatkan dari perkuliahan sampaikanlah pada ayah, ibu, dan saudara-saudara. Buatlah keluarga kita sadar dengan kesehatan, sehingga bisa menjadi kader kesehatan di lingkungannya. Kalo ada yang bertanya bagaimana caranya kita mendapatkan ilmu itu? Datang kuliah, belajar yang benar ! -.-“

tetapi apabila tidak sehat. ibu. karena kesehatan bersifat multidimensi. Mengikutsertakan anggota keluarga. Pencapaian derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya memang tidak mungkin dicapai hanya oleh sektor kesehatan saja. maka segalanya tidak ada artinya” . Setiap keluarga memiliki masalah yang berbeda. Kalo ada yang bertanya bagaimana caranya kita mendapatkan ilmu itu? Datang kuliah. swasta/dunia usaha dan organisasi kemasyarakatan. misalkan ibu. sehingga bisa menjadi kader kesehatan di lingkungannya.-“ . serta multisektor. sudahkah kita menyehatkan diri? Bagaimana dengan keluarga kita sendiri? Ilmu yang kita dapatkan dari perkuliahan sampaikanlah pada ayah. Apakah Indonesia sudah sehat? BELUM. merupakan salah satu langkah untuk mewujudkan Indonesia sehat tahun 2015. pembangunan kesehatan memerlukan dukungan berbagai sektor. dan saudara-saudara. target yang akan dicapai sesuai kesepakatan MDGs tahun 2015. menurunnya Angka Kematian Ibu (AKI) dan menurunnya prevalensigizi kurang dan gizi buruk serta meningkatnya umur harapan hidup (UHH). apa yang tidak mungkin kita capai saat menyuluh seseorang. multidisiplin. Pencapaian derajat kesehatan ditandai dengan menurunnya Angka Kematian Bayi (AKB). oleh sebab itu penyuluhan secara kekeluargaan lebih efektif daripada secara beramai-ramai maupun individu. angka kematian ibu turun menjadi 102 kematian per 100. Buatlah keluarga kita sadar dengan kesehatan. Ia bisa berbicara dari hati ke hati kepada suaminya. Dengan kata lain. menjadi tercapai dengan bantuan anggota keluarga. Dengan kata lain.Hari Kesehatan Nasional (12/11/2012 “Sehat memang bukan segalanya. belajar yang benar ! -.000 kelahiran hidup dan angka kematian bayi menjadi 24 per 1000 kelahiran hidup. Sekarang pertanyaannya. KABIN singkatan dari keluarga binaan.

multidisiplin. maka segalanya tidak ada artinya” . sehingga bisa menjadi kader kesehatan di lingkungannya. Dengan kata lain. Pencapaian derajat kesehatan ditandai dengan menurunnya Angka Kematian Bayi (AKB). Ia bisa berbicara dari hati ke hati kepada suaminya. belajar yang benar ! -. Dengan kata lain.000 kelahiran hidup dan angka kematian bayi menjadi 24 per 1000 kelahiran hidup. angka kematian ibu turun menjadi 102 kematian per 100. target yang akan dicapai sesuai kesepakatan MDGs tahun 2015. apa yang tidak mungkin kita capai saat menyuluh seseorang. menjadi tercapai dengan bantuan anggota keluarga.-“ . pembangunan kesehatan memerlukan dukungan berbagai sektor. sudahkah kita menyehatkan diri? Bagaimana dengan keluarga kita sendiri? Ilmu yang kita dapatkan dari perkuliahan sampaikanlah pada ayah. swasta/dunia usaha dan organisasi kemasyarakatan. karena kesehatan bersifat multidimensi. tetapi apabila tidak sehat. Pencapaian derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya memang tidak mungkin dicapai hanya oleh sektor kesehatan saja. Setiap keluarga memiliki masalah yang berbeda. Buatlah keluarga kita sadar dengan kesehatan. KABIN singkatan dari keluarga binaan. oleh sebab itu penyuluhan secara kekeluargaan lebih efektif daripada secara beramai-ramai maupun individu. menurunnya Angka Kematian Ibu (AKI) dan menurunnya prevalensigizi kurang dan gizi buruk serta meningkatnya umur harapan hidup (UHH). serta multisektor. Kalo ada yang bertanya bagaimana caranya kita mendapatkan ilmu itu? Datang kuliah. dan saudara-saudara.Hari Kesehatan Nasional (12/11/2012 “Sehat memang bukan segalanya. Mengikutsertakan anggota keluarga. merupakan salah satu langkah untuk mewujudkan Indonesia sehat tahun 2015. Sekarang pertanyaannya. Apakah Indonesia sudah sehat? BELUM. ibu. misalkan ibu.

Ia bisa berbicara dari hati ke hati kepada suaminya. Apakah Indonesia sudah sehat? BELUM. Dengan kata lain. KABIN singkatan dari keluarga binaan. apa yang tidak mungkin kita capai saat menyuluh seseorang. Pencapaian derajat kesehatan ditandai dengan menurunnya Angka Kematian Bayi (AKB). target yang akan dicapai sesuai kesepakatan MDGs tahun 2015. Pencapaian derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya memang tidak mungkin dicapai hanya oleh sektor kesehatan saja. angka kematian ibu turun menjadi 102 kematian per 100. Mengikutsertakan anggota keluarga. karena kesehatan bersifat multidimensi. dan saudara-saudara. Kalo ada yang bertanya bagaimana caranya kita mendapatkan ilmu itu? Datang kuliah. multidisiplin.Hari Kesehatan Nasional (12/11/2012 “Sehat memang bukan segalanya. maka segalanya tidak ada artinya” . oleh sebab itu penyuluhan secara kekeluargaan lebih efektif daripada secara beramai-ramai maupun individu. Sekarang pertanyaannya.000 kelahiran hidup dan angka kematian bayi menjadi 24 per 1000 kelahiran hidup. menjadi tercapai dengan bantuan anggota keluarga. merupakan salah satu langkah untuk mewujudkan Indonesia sehat tahun 2015. tetapi apabila tidak sehat.-“ . sudahkah kita menyehatkan diri? Bagaimana dengan keluarga kita sendiri? Ilmu yang kita dapatkan dari perkuliahan sampaikanlah pada ayah. Buatlah keluarga kita sadar dengan kesehatan. menurunnya Angka Kematian Ibu (AKI) dan menurunnya prevalensigizi kurang dan gizi buruk serta meningkatnya umur harapan hidup (UHH). Dengan kata lain. swasta/dunia usaha dan organisasi kemasyarakatan. misalkan ibu. pembangunan kesehatan memerlukan dukungan berbagai sektor. belajar yang benar ! -. ibu. serta multisektor. sehingga bisa menjadi kader kesehatan di lingkungannya. Setiap keluarga memiliki masalah yang berbeda.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful