ZAKAT

KELOMPOK 4

KELOMPOK 4 .

fardu ‘ain bg yg memenuhi syarat.  Bagi mustahik.1.  Zakat termasuk rukun islam ke 3  Hukum. zakat ialah mengeluarkan sebagian harta benda sebagai sedekah wajib.  Menurut syara’.Zakat berarti membersihkan hartanya dari hak-hak mustahik. zakat dapat membersihkan jiwa dari sifat-sifat tercela seperti iri hati dan dengki terhadap para muzaki. Muzaki (yg berzakat) Mustahik (penerima zakat)  Bagi muzaki.  Orang yg mengingkari kewajiban berzakat dapat dianggap murtad (keluar dari islam) . zakat dan hukumnya  ZAKAT Zakat berarti suci dan tumbuh subur.Pengertian KETENTUN HUKUM ISLAM TENTANG A. khususnya para fakir miskin. sesuai pula dg ketentuan allah kpd orangorang yg telah memenuhi syarat-syaratnya dan sesuai pula dg ketentuan hukum islam.

3. Syarat wajib zakat fitrah: Beragama islam Pd waktu terbenam matahari hari akhir bulan ramadhan orng tersebut sudah lahir/masih hidup. Besar zakat fitrah pribadi 3. 2. Kelebihan harta untuk keperluan makan pada malam hari raya dan siang harinya.boleh dibayar dg uang yg seharga dengan harga 3.B. Bila dibayar setelah terbenam matahari pada hari raya idul fitri. Zakat fitrah hendaknya dibayarkan sebelum shalat idul fitri. hukumnya seperti sedekah sunah (tidak diterima sebagai zakat). MACAM-MACAM ZAKAT DAN KETENTUANNYA  Zakat dibagi dua I.   .  1. Zakat fitrah (pribadi): sedekah wajib yg dibayarkan menjelang idul fitri dg beberapa ketentuan dan persyaratan.1 liter beras/makanan pokok lain.1 liter beras.

5%-nya lainnya terpenuhi. perak. dan mata uang b. e. dmata uang dan harta perniagaan: Pemiliknya orang islam yg merdeka (bukan hamba sanaya) Milik pribadi dan menjadi hak penuh pemiliknya Sampai nisabnya(jumlah minimum yg dikenankan zakat) Harta tersebut telah dimiliki genap 1 thn.5%-nya syarat-syarat Senilai dg emas 2. Senilai dg emas 2. Jenis harta emas perak nisabnya 20 dinar (93.6 gram) Besar zakat Keterangan 3. Harta perniagaan c. perak.5%-nya Zakatnya dikeluarkan sekelah 200 dirham (672 gram) 2.II. 2. Barang tambang dan harta rikaz (harta terpendam)  1. 2. Buah dan biji-bijian yg dapata dijadikan makanan pokok. Emas. 3.  Mengenai syarat wajib zakat emas.5%-nya . 4. Daftar nisab jenis harta dan besar zakatnya n o 1. Uang kontan Harta perniagaan 2. Hewan ternak d. 4. Zakat mal: Harta (mal) yg wajib dikeluarkan zakatnya adalah: a.

.

 Waktu mengeluarkannya bukan setelah genap satu tahun melainkan setiap selesai panen.Hasil pertanian yang wajjib dizakati di antara lain : a) Makanan pokok.seperti :  Beras  Jagung  Gandum b) Hasil perkebunan.seperti :  Kurma  Anggur Syarat-syarat wajib zakat hasil pertanian dan perkebunan sama dengan syarat wajib zakat emas dan perak.  Besar zakat dengan biaya yang cukup banyak adalah 5%- nya Sedangkan jika tanpa biaya.zakatnya adalah 100%-nya . Nisab zakat hasil pertanian dan perkebunan adalah sama yaitu ± 930 liter.

Seseorang yang menemukan harta rikaz seperti perhiasan emas atau perak. Harta rikaz atau harta terpendam (harta karun) yaitu harta yang didapat dari simpanan/terpendam pada masa lampau.hasil tambang zakatnya dikeluarkan setelah barang itu dihasilkan.     Hasil tambang di antaranya : Emas Perak Wajib dikeluarkan zakatnya sama dengan zakat uang kontan atau harga peniargaan Perbedaannya. .hendaknya ia mengeluarkan zakatnya sebesar 20% dari harta rikaz tersebut tanpa melihat nisab ataupun menunggu genap satu tahun.

keterbukaan. 1999 tentang pengelolaan zakat yang mengemukakan beberapa hal sebagai berikut : 1.9:60 Bahwa zakat itu dikelola oleh amil zakat .  Meningkatkan fungsi dan peranan keagamaan dalam upaya .Ini dibuktikan dengan lahirnya Undang-Undang No.yang bertugas menerima dan mengumpulkan zakat dari para muzaki dan membagikannya kepada para mustahik.Pengelolaan Zakat di Indonesia terdapat pada Surah At-Taubah. 38 Th.dan kepastian hukum sesuai dengan Pancasila dan UUD 1945 Pengelolaan zakat bertujuan :  Meningkatkan pelayanan bagi masyarakat dalam menunaikan zakat sesuai dengan tuntunan agama. Di Indonesia. 38 Th.1999 disebutkan bahwa pengelolaan zakat berasaskan iman dan takwa. Azas dan tujuan pengelolaan zakat Dalam bab II.Pasal 4 dan 5 UU No.zakat mendapat perhatian dari pemerintah dan para ulama.

Mewujudkan kesejahteraan masyarakat dan keadilan sosial....Lanjutan.....  Meningkatkan hasil guna dan daya guna zakat  Organisasi Pengelolaan Zakat Badan Amil Zakat terdiri dari : .BAZ Provinsi Dibentuk oleh Gubernur Dibentuk oleh Gubernur...BAZ Nasional Dibrntuk oleh Presiden atas usul Menteri Agama dan berkedudukan di ibu kota negara ..BAZ Kecamatan didirikan oleh camat atas usul kepala kantor urusan agama Kecamatan dan berkedudukan di ibu kota Kecamatan . atas usul Kepala Kantor Wilayah Departemen Agama provinsi berkedudukan di ibu kota provinsi .. .BAZ Daerah Kabupaten/ Kota. didirikan oleh Bupati / Walikota atau usul Kepala Kantor Departemen Agama Kabupaten atau Kota dan berkedudukan di ibu kota KAB/ Kota .

.….  Unit pengumumpul Zakat adalah satuan organisasi yang dibentuk oleh Badan Amil Zakat di semua tingkatan dengan tugas mengumpulkan zakat untuk melayani Muzaki . instasiinstasi pemerintah dan swasta.LANJUTAN. yang berada di desa /kelurahan. baik dalam negeri atau luar negeri.

pendistribusian . dan edukasi pengelolaan zakat Persyaratan Lembaga Amil Zakat : berbadan hukum . memiliki data muzaki dan mustahik .  Menyelenggarakan bimbingan di bidang pengelolaan .memiliki pembukuan .dan pendayagunaan zakat. informasi . pengumpulan .  Mengumpulkan dan mengolah data yang diperlukan untuk menyusun rencana pengelolaan zakat . DAN TANGGUNG JAWAB BADAN PELAKSANA AMIL ZAKAT PADA SETIAP TINGKATAN PADA PRINSIPNYA ADALAH SAMA YAITU: Menyelenggarakan tugas adminiftratif dan teknis pengumpulan.TUGAS WEWENANG. dan melampirkan surat persyaratan bersedia diaudit . pendistribusian .  Menyelenggarakan tugas penelitian dan pengembangan.  . komunikasi. dan pendayagunaan zakat.

PERSYARATAN DAN PROSEDUR PENDAYAGUNAAN HASIL PENGUMPULAN ZAKAT Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia.Mendahulukan mustahik dalam wilayah-wilayahnya masing masing. mualaf. .Hasil pendataan. Bab V pasal 28 ayat satu dan dua disebutkan:  Pendayagunaan hasil pengumpulan zakat untuk mustahik dilakukan dalam persyaratan: .C.garim.riqab. . Tahun 1999 . Nomor 581 . dan ibnu sabil. . penelitian kebenaran mustahik 8 golongan: Fakir.salbilillah.Mendahulukan orang-orang yang paling tak berdaya memenuhi kebutuhan dasar secara ekonomi dan sangat memerlukan bantuan . miskin.

PENDAYAAN GUNAAN HASIL PENGUMPULAN ZAKAT UNTUK USAHA YANG PRODUKTIF DILAKUKAN BERDASARKAN PERSYARATAN :    Apabila pendayagunaan zakat sebagaimana pada ayat (1) sudah terpenuhi dan ternyata masih terdapat kelebihan. Terdapat usaha –usaha nyata yang berpeluang menguntungkan. Mendapat persetujuan tertulis dari dewan pertimbangan .2.

.

PERTANYAAN .…. .