P. 1
Macam Kain Tenun

Macam Kain Tenun

|Views: 4,113|Likes:
Published by Vidya Matarani

More info:

Published by: Vidya Matarani on Mar 24, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/18/2013

pdf

text

original

macam-macam kain tenun di nusantara beserta penjelasannya

Kain Indonesia / Kain Tenun — 1 Comment
21 Sep 10

Tapis Lampung
Kain tradisional yang bernama Tapis Lampung ini menjadi salah satu kebanggaan masyarakat Lampung. Kain adat yang masih dibuat dengan peralatan sederhana ini terbuat dari kain yang berbahan benang katun dan sulaman benang emas/ perak. Keunikan Tapis Lampung yang membuatnya berbeda dengan kain tenun lain adalah terdapatnya sulaman yang menjadi hiasan motif pada kain. Sulaman yang berasal dari benang emas/ perak ini menghias kain dengan berbagai motif, seperti motif alam, flora dan fauna. Tapis Lampung kerap digunakan sebagai pakaian wanita suku Lampung. Kain tenun ini kebanyakan digunakan pada bagian pinggang ke bawah, dalam bentuk sarung. Kain Indonesia — No Comments
23 Jun 10

Pengertian Tenun
Tenun merupakan salah satu sarana seni yang patut dilestarikan. Kain tenun kerap menjadi pakaian yang digunakan untuk melakukan upacara adat. Contoh daerah yang menggunakan kain tenun sebagai pakaian adat. Antara lain, kain tenun sasak dan kain tenun bayan dari Lombok, kain tenun grinsing dari Bali dan juga masih banyak daerah lainnya. Sebenarnya apakah pengertian tenun? Tenun adalah kegiatan menenun kain dari helaian benang pakan dan benang lungsin yang sebelumnya diikat dan dicelupkan ke dalam zat pewarna alami. Adapun beberapa teknik menenun yang dikenal oleh masyarakat Indonesia, yakni teknik tenun datar, tenun ikat dan teknik benang tambah.

Globalisasi Kain Lokal

Menteri Perindustrian. Mau lihat hasil karya mereka? Ini salah satunya: . yang merupakan tenun dengan benang emas atau perak. kemudian ada ikat. ETRO atau Dries Van Noten. Blog — No Comments 12 Apr 11 Tenun Tuban Bertemu dengan pengrajin adalah satu dari serangkaian kegiatan yang biasa kami lakukan. Ada pun beberapa brand yang sempat membuat pamor tenun menjadi pembicaraan dunia mode seperti: Gucci. Namun. Salah satunya adalah pengrajin Tenun Tuban. Siapkah Anda menjadi bagian dari pencanangan tenun di negeri ini? Sumber: KapanLagi. Tak sedikit yang kemudian menjadi sangat akrab dengan kami. kegiatan satu ini sangat menyenangkan.Tenun merupakan hasil karya berupa kain yang dibuat dengan benang dan dimasukkan ke dalam pakan pada alat yang disebut lungsin. dan pakan. kami dapat menjalin silaturahmi langsung dengan mereka. Dan tenun masih terbagi lagi menjadi songket.com – Globalisasi Kain Lokal. Nilai ke-Indonesia-an memang merupakan salah satu poin yang perlu diperhatikan oleh kain tenun saat ini.com: WomanKapanLagi. Hal ini terkait beberapa pakem desain yang memang selayaknya tidak berubah saat dikonstruksi. Di balik itu juga pemerintah berencana untuk meregulasikan ketentuan dalam meletakkan nama Indonesia bagi para label internasional yang memang bekerja sama degan pengrajin. dobel ikat. seperti yang pernah diungkapkan MS Hidayat. Karena.

untuk tenun Tuban di atas. Oh ya. Sehingga. bahan dasarnya memang sudah coklat begitu. Selain itu juga. Karena. sang pengrajin tenun Tuban ini sedang berusaha menanam pohon-pohon kapas agar dapat dipanen dan dipintal menjadi benang sebagai bahan tenun. Kemudian ditenun bersama dengan kapas yang putih sehingga menciptakan motif yang cantik. Selalu ada hal baru yang dapat dipelajari. Contoh lainnya adalah pada syal tenun berikut ini: .Menurut sang pengrajin. belakangan mereka agak kesulitan mendapatkan kapas di daerah sekitar mereka. para pengrajin menjelaskan proses dan nama khas tenunan mereka. tidak ada proses pewarnaan lho.

Di antara penelitian yang dilakukannya untuk buku ini adalah mengirimkan contoh benang tenun dari tiga kain koleksinya. Blog — No Comments 03 Feb 11 Buku tentang Kain Indonesia Buku tentang kain Indonesia semakin banyak saja. Di antaranya yang dituliskan oleh Mary Hunt Kahlenberg yang telah jatuh cinta kepada kain Indonesia semenjak tahun 1960-an. Yaitu. silakan klik pada masing-masing gambar.Untuk melihat keindahan tenun Tuban lainnya. Laurens Langewis. Sumatera Selatan. dan Timor di NTT. Five Centuries of Indonesian Textiles (2010) membahas kain asli Nusantara koleksi Hunt yang merupakan hasil tenunan abad ke-15. Saat itu. Komering. ia dikirimi foto kain Indonesia yang oleh ahli dan penjual kain asal Belanda. untuk uji karbon di Swiss. Sulawesi Tengah. Buku berjudul The Mary Hunt Kahlenberg Collection. . dari Poso.

Uji tersebut membuktikan kain Indonesia dapat bertahan melalui waktu karena dijaga sebagai benda berharga milik keluarga.com. . Tradisi menjaga kain sebagai benda berharga harus dipertahankan Sumber: Menduniakan Keindahan Kain – KOMPAS. Kualitas kain-kain tersebut masih bagus.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->