P. 1
Teknik Teknik

Teknik Teknik

|Views: 20|Likes:
Published by Dinda Dewi Mercyani

More info:

Published by: Dinda Dewi Mercyani on Mar 24, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/06/2013

pdf

text

original

          Latihan Relaksasi Exposure Disensitisasi Sistematik Implosion & Flooding Kontrol Diri Positive Reinforcement Latihan Asertif Tocen Economic Role play Modeling dsb .

 Teknik yang mengajarkan klien bagaimana bersikap rileks dan menerapkan ketrampilan baru yang telah diperolehnya itu saat mereka mulai merasa cemas kapan pun mereka memerlukannya .

ketegangan. ketakutan  Mengurangi kelelahan  Mengontrol amarah  Insomnia  Sakit kepala  .Mengurangi kecemasan.

 .Strategi yang mengkonfrontasikan ketakutan seseorang dengan cara menghadapkan orang tersebut secara langsung dengan situasi dan perasaanperasaan yang selama ini ditakuti dan dihindarinya  Teknik yang menghadapkan klien pada stimuli yang selama ini menimbulkan ketidaknyaman sampai mereka menjadi terbiasa.

IN VITRO EXPOSURE  Disensitisasi sistematik  Terapi implosif IN VIVO EXPOSURE  Gradual exposure  Flooding  Situational exposure .

 Prosedur untuk mengurangi kecemasan/ketegangan/ketakutan dengan cara menghadirkan stimulus penyebab kecemasan secara gradual bersamaan dengan mencegah munculnya respon-respon atau reaksi cemas .

Teknik perilaku yang digunakan untuk mengurangi kecemasan yang maladaptif yang berkaitan dengan pola-pola tingkah laku penghindaran dengan cara dihadapkan pada simulus (obyek/situasi) yang paling dicemaskan  Implosion → in vitro (imaginer) Flooding → in vivo  .

 Teknik untuk mengajari klien mengelola diri sendiri sebagai upaya mengurangi perilaku yang maladaptif .

narkoba. menonton TV dsb)  Meningkatkan perilaku (belajar. Mengurangi perilaku berlebihan (merokok. olah raga. makan. dsb) .

kepatuhan . Teknik yang menerapkan positive reinforcer (reward) yang diberikan segera setelah perilaku yang dikehendaki muncul  Misal: melatih disiplin.

depresi. kurang percaya diri. tidak dapat membuat keputusan  .Terapi perilaku yang melatih klien untuk bersikap/bertindak asertif dalam situasisituasi tertentu untuk mencapai kehidupan yang lebih efektif  Untuk individu-individu yang pasif.

RM.Mengubah perilaku dengan menciptakan lingkungan yang terstruktur dan terkontrol dengan menggunakan prinsip-prinsip belajar yang sistematis  Diterapkan untuk pasien schizofrenia. anak-anak dan remaja delinquent  .

berperilaku asertif.Metode yang diterapkan dengan cara bermain peran (antara klien dengan terapis. atau klien sendiri dengan orang lain)  Kegunaan: untuk melatih ketrampilan melakukan kontak sosial. mengemukakan pendapat dsb  .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->