MENDESAIN PENGEMBANGAN PRODUK

Disusun Oleh Alique La Passawung A211 10 257

. Pengembangan Produk Menurut Kotler dalam buku Marketing (1987).Mendesain Pengembangan Produk Pengembangan dan d esain (rancangan) produk -produk yang baik mutunya merupakan kunci kesuksesan di dunia bisnis. perusahaanperusahaan harus memfokuskan dirinya hanya pada beberapa produk saja. Tujuan keputusan produk adalah mengembangkan dan mengimplement asikan strategi produk yang sesuai dengan permintaan pasar dengan keuntungan yang k ompetitif . Proses desain adalah sebuah proses kreasi untuk mewujudkan obyek baru dengan tanpa menghilangkan f ungsi serta elemen estetis dalam proses pencipt aanya . 2) Penyaringan gagasan ( idea screening ) penyaringan adalah mengurangi banyaknya Tujuan gagasan dengan mencari dan menghilangkan gagasan buruk sedini mungkin. A. Pemunculan gagasan baru harus sesuai dengan jenis usaha perusahaan dan konsumen sebagai salah satu sumber yang paling logis untuk mencari gagasan-gagasan produk baru. langkah langkah penting dalam pengembangan produk adalah sebagai berikut : 1) Pemunculan gagasan ( idea generation ) Pengembangan baru dimulai dengan penelitian terhadap berbagai gagasan produk baru. Segala sesuatu yang kurang berkaitan dengan dunia strategi produk dapat menjadi masalah besar bagi perusahaan. Untuk memaksima lkan peluang-peluang tersebut.

konsep produk berbeda dengan gagasan produk dan citra produk. serta sasara n keuntungan yang hendak dicari pada beberapa tahun pertama. struktur. Sedangkan suatu citra produk ( image ) adalah gambaran khusus yang diperoleh dari produk nyata atau calon produk. serta sasaran keuntungan dan strategi bauran pemasaran selama ini. Bagian pertama menjelaskan ukuran. 4) Pengembangan strategi pemasaran ( marketing strategy develop ment ) Pernyataan strategi pemasaran terdiri dari tiga bagian untuk memperkenalkan produk ke pasar. dan biaya pemasaran selama tahun pertama. bagian pasar. penjualan. penempatan produk yang telah direncanakan. Manajemen harus menilai penjualan. Dalam hal ini. strategi distribusi. Bagian ketiga menjelaskan penjualan jang ka panjang yang direncanakan. . perusahaan bisa mengevaluasi daya tarik usulan usaha itu. Suatu gagasan produk adalah gagasan bagi kemungkinan produk yang oleh perusahaan dianggap bisa ditawarkan ke pasar. biaya.3) Pengembangan dan pengujian konsep ( concept development and testing ) Suatu ide atau gagasan yang lolos penyaringan selanjutnya dikembangkan menjadi beberapa alternatif konsep produk. dan tingkah laku pasar sasaran. Suatu konsep produk adalah versi terinci dari ide yang diungkapkan dalam istilah konsumen yang punya arti. 5) Analisis usaha ( business analysis ) Bila manajemen telah menentukan konsep produk dan strategi pemasaran. Bagian kedua dari pernyataan strategi pemasaran menguraikan harga produk yang direncanakan.

pada siapa. Dalam melemparkan suatu produk. dan bagaimana. dan membeli -ulang produk itu dan seberapa luas pasarnya. konsep itu lalu menuju riset dan pengembangan dan/atau rekayasa untuk dikembangkan menjadi produk fisik. Jika telah memenuhi. produk bisa bergerak maju ke langkah pengembangan produk. 7) Pengujian pasar ( market testing ) pasar ialah keadaan dimana produk dan Pengujian program pemasaran diperkenalkan kep ada kalangan konsumen yang lebih otentik untuk mengetahui bagaimana konsumen dan penyalur mengelola. perusahaan harus memutuskan: kapan. Bagian riset dan pengembangan membuat satu atau beberapa versi bentuk fisik dari konsep produ k agar bisa menemukan sebuah prototipe yang memenuhi konsep produk dan dapat diproduksi dengan biaya produksi yang telah dianggarkan. memakai. dimana. Factor – factor yang menunjang pengembangan produk sebagai berikut :  Kemajuan teknologi  Perubahan dalam kebutuhan konsumen  Daur hidup produk yang semakin pendek .dan perkiraan laba untuk menentukan apakah mereka telah memenuhi tujuan perusahaan. 8) Komersialisasi komersialisasi menyangkut perencanaan dan Tahap pelaksanaan strategi peluncuran ( launching strategy ) produk baru ke pasar. 6) Pengembangan produk ( product development ) Bila konsep produk lolos dari uji analisis usaha.

3. kekurangan strategi produk baru . Hambatan sosial d an peraturan pemerintah 4. Isu-isu yang berkaitan dengan desain produk 1. Biaya pengembangan produk yang tinggi.  Ketakutan bahwa produk baru akan mengan cam produk yang sudah ada Adapun tantangan dalam pengembangan produk. yang tercermin dari riset pemasaran yang tdk memadai. Makin terbatasnya gagasan2 tentang produk baru mengingat cepatnya perkembangan pasar. factor – factor yang menghambat pengembangan produk adalah sebagai berikut :  Makin tingginya biaya modal  Peraturan pemerintah  Biaya tenaga kerja yang mahal  Pemusatan perhatian p ada laba jangka pendek  Krgnya perhatian manajemen p ada produk baru. 2. Makin meningkatnya persaingan pasar internasional Sedangkan. Desain yang tangguh (Robust Desig n) Adalah sebuah desain yang dapat diproduksi sesuai dengan permintaan walaupun pada kondisi yang tidak memadai pada proses produksi. 5. Usia produk yang singkat mengingat pesaing biasanya akan memproduksi serupa jika produk kita sukses di pasar. . Pasar yang semakin terkotak dikarenakan semakin tajamnya tingkat persaingan. yaitu : 1.

6. Desain Modular (Modular Design) Adalah bagian atau komponen sebuah produk dibagi menjadi komponen yang dengan mudah dapat ditukar atau digantikan. . Teknologi Virtual Realitas (Real ity Virtual Technology) Adalah bentuk komunikasi secara tampilan dimana gambar menggantikan kenyataan dan biasanya pengguna dapt menanggapi secara interaktif. 3. 7.2. 5. Computer Aided Design (CAD) Adalah penggunaan sebuah computer secara interaktif untuk produk 4. Computer Aided Manufacturing (CAM) Adalah penggunaan teknologi informasi untuk mengembangkan dan mendokumentasikan sebuah mengendalikan mesin. Desain yang ramah lingkungan (Environtmentally Friendly Design) Merupakan perancanagn produk yang telah memasukkan unsure kepekaan terhadap permasalan lingkungan yang sangat luas pada proses produksi. Analisis Nilai (Value Analysis) Merupakan kajian dari produk sukses yang dilakukan selama proses produksi.