Penyehatan Udara

Penyehatan udara merupakan upaya yang dilakukan agar udara yang ada disekeliling kita sebagai makhluk hidup tidak mengalami cemaran yang dapat berdampak pada kesehatan. Penyehatan udara ini meliputi pemantauan hingga analisis terhadap kualitas dan keadaan udara. Penyehatan udara tidak hanya sebatas pada gas-gas yang ada di udara, melainkan termasuk juga kelembaban, suhu, intensitas cahaya, tingkat kebisingan, dan lain-lain. Tentu dalam upaya untuk menyehatkan udara, perlu adanya alat-alat (instrumen) yang digunakan untuk memantau kualitas udara. Melalui makalah ini akan dijelaskan mengenai alatalat yang digunakan dalam penyehatan udara, serta fungsi dan cara kerja dari alat-alat tersebut. A. Sound Level Meter

Fungsi Suatu perangkat alat uji untuk mengukur tingkat kebisingan suara, hal tersebut sangat di perlukan terutama untuk lingkungan industri, contoh pada industri penerbangan dimana lingkungan sekitar harus diuji tingkat kebisingan suara atau tekanan suara yang ditimbulkannya untuk mengetahui pengaruhnya terhadap lingkungan sekitar. Sound level meter saat ini memiliki standarisasi international dengan standar EC 61672:2003. Ada beberapa faktor yang menjadi pengaruh dalam pengukuran menggunakan sound level meter ini hal tersebut membuat gelombang suara yang terukur bisa jadi tidak sama dengan nilai intensitas gelombang suara sebenarnya. faktor tesebut sebagai berikut : Adanya angin yang bertiup dari berbagai arah menyebabkan tidak akuratnya nilai yang terukur oleh sound level meter.

nama penguji dan nama institusi penguji. nomor kendaraan. hasil lulus atau tidak lulus. Setelah itu. . digunakan pada kendaraan bermotor yang berbahan bakar bensin atau solar. O2. Sebelum menggunakan alat ini. Biasanya. NOx. Pada umumnya. standar baku mutu emisi. buatan. Kalibrasi yang ideal adalah 90% ke atas. Autocheck Fungsi Alat ini merupakan alat yang digunakan untuk uji emisi kendaraan bermotor.Pengaruh kecepatan angin membuat nilai intensitas suara yang terukur tidak sesuai dengan intensitas suara dari sound level meter. sehingga pertama kali nyalakan alat ini terlebih dahulu. arahkan microphone kea rah sumber suara yang akan diukur. tanggal. CO2. Cara Kerja Sound level meter termasuk alat elektronik. digunakan satuan dB (decibel). Tahap selanjutnya menemtukan range dan satuan yang akan digunakan. HC. AFR (Air Fuel Ratio). tahun kendaraan. rpm/oil temp. B. Selanjutnya amati angka yang tertera pada layar sound level meter. autocheck memiliki data yang akurat dan hasil cetak yang lengkap meliputi: CO. lamda. jam. perlu dilakukan pengecekan kalibrasi alat ini untuk memastikan akurasi alat ini dalam pengukuran nanti. Dari beberapa faktor tesebut diketahui bahwa perjalanan suara berpengaruh dengan benda sekitar yang menyerap suara.

Cara Kerja 1.1 menit. Sebelum mencetak hasil ukur. (ini juga mempengaruhi hasil ukur yang tidak maksimal).30 detik sejak Gas Probe dimasukkan kedalam kenalpot kendaraan. HC. Jenis/Model. Maka Pada hasil cetak akan menunjukkan Hasil pengukuran Baku Mutu Emisi Lulus atau tidaknya pengukuran tersebut. Lampu dll kecuali mesin kendaraan). . 9. Lakukan pengegasan +/. Pilih Measurement pada alat ukur.Autocheck dapat digunakan untuk mengukur kendaraan dengan sistem 2 langkah (2TAK) atau 4 langkah (4-TAK). 4. AC. Nyalakan Kendaraan yang akan di ukur dengan meng Off kan semua kelistrikan seperti (Radio. 8. Nyalakan Alat uji Emisi (AUTOCHEK) Gas Buang anda +/. Masukkan Gas Probe pada kenalpot kendaraan +/. Tahun Kendaraan. jika terdapat kebocoran lakukan perbaikan terlebih dahulu. Cek kebocoran pada alat ukur apakah alat ukur tidak terjadi kebocoran juga. 10. 11. Autocheck memiliki dual power suplai 220VAC atau 12VDC.30cm. Cek kebocoran pada kenalpot kendaraan. Lihat pada layar alat pergerakan angka CO. 6. 5. 2. sehingga alat Uji emisi ini tidak ketergantungan dengan tegangan PLN. Note: Kebocoran Kenalpot tidak menghasilkan Emisi yang akurat.80C. lalu pilih bahan bakar (untuk menyesuaikan hasil ukur). 3. LAMDA/AFR. Pengukuran +/. . Setelah pemasana alat dan kendaraan sudah memenuhi. 7.3 kali. NOX. sesuaikan tahun kendaraan dengan BME (Baku Mutu Emisi) pada alat dan masukkan No Kend. O2. agar kinerja mesin maximal. Atau ukur Temperatur mesin dengan OilTemp +/. CO2.

2. HVS (High Volume Sampler) Fungsi Untuk pemantauan debu total di udara luar ( Outdoor) dengan ukuran 10µm Cara Kerja High Volume Sampler mempunyai prinsip kerja dimana udara yang mengandung partikel debu di hisap mengalir melalui kertas filter dengan menggunakan motor putaran kecepatan tinggi. dengan membuka atap alat TSP. 4. selama 30 menit.C. 5. menghiduo (pada posisi ”On” ) pompa hisap dan mencatat angka flow ratenya (laju alir udaranya). Matikan alat sampai batas waktu yang telah ditetapkan. 6. Operasikan alat dengan cara. 7. Simpan alat HVS tersebut pada tempat yang sudah ditentukan sebelumnya . a. 8. Cara operasional alat ini adalah sebagai berikut : 1. Kemudian dipasangkan kembali atapnya. Panaskan kertas saring pada suhu 105 oC. panaskan pada oven listrik pada suhu Timbang kertas saringnya. dengan neraca analitik pada suhu 105 oC dengan menggunakan vinset (Hati-hati jangan sampai banyak tersentuh tangan) 3. Timbang kertas saring. Dimana debu menempel pada kertas filter yang nantinya akan diukur konsentrasinya dengan cara kertas filter tersebut ditimbang sebelum dan sesudah sampling disamping itu juga dicatat flowrate dan waktu lamanya sampling sehingga didapat konsentrasi debu tersebut. Hitung kadar TSPnya sebagai mg/NM3 . Ambil kertasnya. Pasangkan pada alat TSP.

NOx. dan lain-lain. terhadap pm 10 atau pun dilanjutkan pada pengukuran parameter logam D. Cara Kerja 1. Hidupkan pompa hisap 3. Lakukan sumpling selama 1 jam . Pb.9. Isi tabung Midget Impinger dengan larutan absorbance 2. CO2. SOx. Air Polution Test Kit Fungsi Untuk melakukan sampling gas-gas dan kandungannya di udara seperti CO. Metoda penggunaan alat ini bisa juga dilakukam. Atur Flow Rate terus sambungkan tabung Midget dengan pompa menggunakan selang / pipa 4.

Kelembaban yang rendah akan mencegah pertumbuhan jamur yang menjadi musuh pada peralatan tersebut. Higrometer Fungsi Alat untuk mengukur tingkat kelembapan pada suatu tempat. Biasanya alat ini ditempatkan di dalam bekas (container) penyimpanan barang yang memerlukan tahap kelembapan yang terjaga seperti dry box penyimpanan kamera.5. Hygrometer digunakan untuk mengukur kelembaban udara relative (RH).higrometer juga banyak dipakai di ruangan pengukuran dan instrumentasi untuk menjaga kelembapan udara yang berpengaruh terhadap keakuratan alat-alat pengukuran. Cara Kerja .

skala kelembaban biasanya ditandai dengan huruf h dan kalau suhu dengan derajat celcius. yang bundar ya dibaca skalanya. yang satu menunjukkan kelembaban yang satu menunjukkan temperatur. Air Quality Meter . bisa dilihat pada raksanya di termometer satu yang untuk mengukur kelembaban dan satu lagi yang mengukur suhu. Cara penggunaannya dengan meletakkan di tempat yang akan diukur kelembabannya. kemudian tunggu dan bacalah skalanya. Cara membacanya juga sama. Ada bentuk higrometer lama yakni berbentuk bundar atau berupa termometer yang dipasang didinding.Higrometer terdapat dua skala. 6.

dengan menggunakan alat ini dapat diketahui tingkat kualitas udara sehingga didapatkan data yang terukur batas kualitas udara yang dihasilkan apakah masih dalam toleransi atau sudah terkena pencemaran udara.5-2 meter dari permukaan berdiri 2.Fungsi Untuk mengukur dan memonitor kualitas udara. Sensor diletakkan 1. Cara Kerja . Pada saat sumpling baca setiap 15 menit sampai 1 jam 7. Cara Kerja 1. Hidupkan tombol power On 3. LVAS (Low Volume Air Sampler) Fungsi Untuk mengetahui dan mengukur kadar debu (PM10) dalam dan luar ruangan.

atur range dan satuan yang hendak digunakan. Cara Kerja Nyalakan alat ini. baik pada ruang terbuka maupun ruang tertutup. kemudian lakukan terlebih dahulu kalibrasi untuk memastikan apakah alat ini masih berfungsi dengan baik atau tidak.1. satuan yang umum digunakan yaitu cd (candela). Tentukan titik sampling 2. Buka sensor cahaya kemudian biarkan selama beberapa saat untuk mendapatkan nilai intensitas cahaya yang tetap. Lakukan sampling selama 1 jam 8. Rangkai alat menjadi satu kesatuan yang utuh 3. . Lux Meter Fungsi Untuk mengetahui intensitas cahaya yang ada dalam suatu tempat. Kemudian.

9. PSYCHROMETER Fungsi Untuk mengukur kelembaban udara ambient Cara Kerja Putar alat ini selama kurang lebih 10 menit. Amati suhu basah dan suhu kering pada psychrometer. Untuk dapat mengetahui kelembabannya dapat digunakan diagram psychrometer chart. .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful