BAB I PENDAHULUAN

I. LATAR BELAKANG Masa Remaja adalah masa pencarian jati diri yang mendorongnya mempunyai rasa keingintahuan yang tinggi, ingin tampil menonjol, dan diakui eksistensinya. Namun disisi lain remaja mengalami ketidakstabilan emosi sehingga mudah dipengaruhi teman dan mengutamakan solidaritas kelompok. Diusia remaja, akibat pengaruh hormonal, juga mengalami perubahan fisik yang cepat dan mendadak. Perubahan ini ditunjukkan dari perkembangan organ seksual menuju kesempurnaan fungsi serta tumbuhnya organ genetalia sekunder. Hal ini menjadikan remaja sangat dekat dengan permasalahan seputar seksual. Namun terbatasnya bekal yang dimiliki menjadikan remaja memang masih memerlukan perhatian dan pengarahan. Remaja sangat rentan dengan permasalahan-permasalahan yang dapat mengarahkan remaja untuk melakukan seks bebas. Tidak kuatnya menahan hawa nafsu pada masa remaja akan membuat masa depan mereka hancur dan terpuruk. Pada masa remaja kita harus memiliki keinginan yang kuat untuk maju. Kita bisa menyibukkan diri dengan kegiatan sekolah sehingga kita tidak sempat untuk berpikir yang macam-macam. Meskipun banyak faktor yang menjadi penyebab seks bebas di kalangan remaja, tetapi kunsi terpenting adalah kemampuan si remaja itu sendiri untuk mengendalikan hawa nafsunya. II. TUJUAN Tujuan penulisan makalah ini adalah: 1. Mengetahui hal-hal yang penyebab terjadinya seks bebas dikalangan remaja. 2. Dampak dari seks bebas dikalangan remaja 3. Mengetahui langkah-langkah atau tindakan yang dapat diambil untuk mencegah terjadinya seks bebas dikalangan remaja.

BATASAN MASALAH Pada makalah ini penulis hanya membahas hal-hal yang menyebabkan terjadinya seks bebas dikalangan remaja. dampak dari seks bebas terhadap remaja dan solusi yang dapat diambil untuk mengatasi permasalahan tersebut. paper. . METODE PENULISAN Metode yang digunakan dalam penulisan adalah kutipan buku yang.III. IV. berhubungan dengan permasalahan di atas.

dan secara terang-terangan melanggar norma sosial kemasyarakatan. Berikut beberapa faktor yang bisa menyebabkan seseorang melakukan sex bebas yaitu: 1. terutama tayangan film dan sinetron. Apa yang mereka tonton berkolerasi secara positif dan signifikan dalam membentuk perilaku mereka. Belum lagi kecanggihan teknologi saat ini yang sangat menunjang bagi remaja untuk melakukan seks bebas. adegan syur dengan gaya pacaran yang sangat "berani". Lingkungan keluarga yang dimaksud adalah cukup tidaknya pendidikan agama yang diberikan orang tua terhadap anaknya. Film ataupun sinetron yang ditayangkanbam-ak mempertontonkan adegan-. Faktor penyebab seks bebas di kalangan remaja adalah faktor lingkungan. apalagi norma agama. orang tua yang terlalu percaya kepada anak tanpa mengetahui aktivitas yang dilakukan oleh anak-anaknya merupakan tindakan yang salah yang berakibat fatal bagi si anak sendiri. Jika tidak maka anak akan mencari tempat pelarian di jalan-jalan serta tempat-tempat yang tidak mendidik mereka. Kurangnya bimbingan dan pengawasan orang tua sudah pasti akan membuat anak menjadi liar. Selain itu. baik lingkungan keluarga maupun lingkungan pergaulan. cukup tidaknya kasih sayang dan perhatian yang diperoleh sang anak dari keluarganya. cukup tidaknya keteladanan yang diterima sang anak dari orang tuanya.BAB II PEMBAHASAN I. Sulit dipahami. Menurut beberapa penelitian. apa sesungguhnya misi yang ingin disampaikan film-film ataupun sinetron yang menyajikan ke-vulgaran terhadap penontonnya. Orang tua. Bahkan bukan tidak mungkin sebenarnya orang . cukup banyak faktor penyebab remaja melakukan seks bebas. Anak akan tumbuh di lingkungan pergaulan bebas. Sebagai akibat atau pengaruh mengonsumsi berbagai tontonan yang bukan tuntunan. Sebutlah fasilitas internet yang menyajikan gambargambar ataupun video porno yang mudah diakses remaja. Anak akan dibesarkan di lingkungan yang tidak sehat bagi pertumbuhan jiwanya. Penyebab Terjadinya Seks Bebas Dikalangan Remaja. dan lain sebagainya yang menjadi hak anak dari orang tuanya.

Apakah akibat perilaku seks bebas tidak aman bagi remaja ? . Seringkali remaja berperilaku seks berisiko karena tidak punya cukup pengetahuan mengenai akibatnya. Dampak Seks Bebas Dikalangan Remaja. ketika ia mendapatkan sekali kebebasan ia lupa segalanya. sebagai contoh misalnya. Contohnya seorang pecandu narkoba awalnya cuma ikut-ikutan dengan teman-temannya dan sekedar iseng. Iman yang lemah. II. begitu juga dengan sex bebas. atau sesekali ke cafe. 2. awalnya mungkin biasa saja. bukan tidak mungkin kita yang akhirnya terikut dengan mereka. ke tokok buku. 4. Perilaku seks bebas tidak aman di kalangan remaja dan banyak menimbulkan dampak negatif . dan meningkat ke lainnya. baik pada remaja putra maupun putri. Uang Di zaman sekarang ini uang adalah segala-galanya . Lingkungan/teman Sekuat apapun kita mempertahankan diri kalau lingkungan dan orang-orang terdekat kita tidak mendukung kita. pasti akan ditanya. Seseorang yang tidak punya iman dihatinya sudah pasti dia tidak tahan dengan godaan duniawi yang memang berat. akhirnya si anak cari pacar.tua sendiri yang menjerumuskan anaknya. sekecil apapun godaan itu apalagi godaan berat. tolok ukur seseorang ada pada uang. Biasanya dampak negatif atau akibat buruk dari perilaku seks bebas tidak aman tersebut lebih berat dirasakan oleh remaja putri ketimbang remaja putra. Apa yang harampun dihalalkan. 3. orang tua merasa malu kalau anaknya yang sudah SMA ataupun sudah remaja belum punya pacar. harga diri semua diukur dengan uang. lalu naik pangkat lagi. dengan iming-iming uang semua menjadi tidak berarti. Lalu pelan-pelan naik pangkat pegang tangan. Makanya orang-orang yang kebutuhannya tidak terpenuhi mencari penghasilan tambahan dengan cara seperti itu. Orang tua yang terlalu otoriter juga tidak baik bagi perkembangan psikologi anak. kehormatan.

Berikut beberapa bahaya utama akibat seks pranikah dan seks bebas. Menggugurkan kandungan dengan cara aborsi tidak aman. b) Mengakibatkan kehamilan. sebagian besar diakhiri oleh perceraian (umumnya karena terpaksa kawin karena nafsu. 5. Pasangan pengantin remaja sering menjadi cemoohan lingkungan sekitarnya. Bahaya kehamilan pada remaja: 1. Keluarga besar pelaku pun turut menanggung malu sehingga menjadi beban mental yang berat. Aborsi mengakibatkan kemandulan bahkan Kanker Rahim. enyakit menular seksual: a) Menciptakan kenangan buruk. Pasangan pengantin remaja. d) Penyebaran Penyakit. 2. f) kehamilan terjadi jika terjadi pertemuan sel telur pihak wanita dan spermatozoa pihak pria. Kehamilan yang dianggap “Kecelakaan” ini mengakibatkan kesusahan dan malapetaka bagi pelaku bahkan keturunannya. Remaja wanita yang berusaha menggugurkan kandungan pada tenaga non medis . Hubungan seks satu kali saja bisa mengakibatkan kehamilan bila dilakukan pada masa subur. 4. Dan hal itu biasanya didahului oleh hubungan seks. Penyakit kelamin akan menular melalui pasangan dan bahkan keturunannya. Hubungan seks satu kali saja dapat menularkan penyakit bila dilakukan dengan orang yang tertular salah satu penyakit kelamin. karena dapat mengakibatkan kematian. bukan karena cinta). Kehamilan pada remaja sering disebabkan ketidaktahuan dan tidak sadarnya remaja terhadap proses kehamilan. e) Timbul rasa ketagihan. Aborsi merupakan tindakan medis yang ilegal dan melanggar hukum. 3. Hancurnya masa depan remaja tersebut. Apabila seseorang terbukti telah melakukan seks pranikah atau seks bebas maka secara moral pelaku dihantui rasa bersalah yang berlarut-larut. Penyebarannya melalui seks bebas dengan bergonta-ganti pasangan. Salah satu virus yang bisa ditularkan melalui hubungan seks adalah virus HIV. Remaja wanita yang terlanjur hamil akan mengalami kesulitan selama kehamilan karena jiwa dan fisiknya belum siap. c) Menggugurkan Kandungan (aborsi) dan pembunuhan bayi. kehamilan yang terjadi akibat seks bebas menjadi beban mental yang luar biasa.

6. Baik yang meminta. sesuai dengan keadaan dan kebutuhan anak. terbuka dari hati ke hati antara orang tua dan anak. Gunarsa (1995) berikut ini. Sebaiknya pada saat anak menjelang remaja dimana proses kematangan baik fisik. Kemudian usahakan jangan sampai muncul keluhan seperti tidak tahu harus mulai dari mana. pelakunya maupun yang mengantar dapat dihukum. Hal ini akan lebih mudah diciptakan antara ibu dengan anak perempuannya atau bapak dengan anak lakilakinya. meningkatkan kualitas serta kemampuannya sehingga hasil kerjanya akan maksimal. Pengguguran kandungan oleh tenaga medis dilarang oleh undang-undang.(dukun. kekakuan. Dalam memberikan pendidikan seks pada anak jangan ditunggu sampai anak bertanya mengenai seks. kecuali indikasi medis (misalnya si ibu sakit jantung berat. maupun mentalnya mulai timbul dan berkembang kearah kedewasaan. seperti yang diuraikan oleh Singgih D. Sebaiknya pendidikan seks diberikan dengan terencana. tenaga tradisional) sering mengalami kematian strategis. Karena itu kelompok remaja perlu mendapatkan penanganan dan perhatian serius untuk dipersiapkan menjadi manusia yang berguna serta berkembang baik dan benar. sering mengalami gangguan kejiwaan saat ia dewasa. Para ahli berpendapat bahwa pendidik yang terbaik adalah orang tua dari anak itu sendiri. Pemecahan Masalah Untuk Mengatasi Seks Bebas Dikalangan Remaja. sekalipun tidak ditutup kemungkinan dapat terwujud bila dilakukan antara ibu dengan anak laki-lakinya atau bapak dengan anak perempuannya. Kelompok usia remaja merupakan sumber daya manusia yang paling potensial sebagai tunas bangsa dan penentu masa depan bangsa. Dalam membicarakan masalah seksual adalah yang sifatnya sangat pribadi dan membutuhkan suasana yang akrab. Bayi yang dilahirkan dari perkawinan remaja. mungkin patut anda perhatikan: . Beberapa hal penting dalam memberikan pendidikan seksual. Pendidikan yang diberikan termasuk dalam pendidikan seksual. sehingga kalau ia meneruskan kehamilan dapat timbul kematian). 7. kebingungan dan kehabisan bahan pembicaraan. III.

"Say Good Bye" sajalah. juga perlu untuk mengingatkan dan memperkuat (reinforcement) apa yang telah diketahui agar benar-benar menjadi bagian dari pengetahuannya. • Pada akhirnya perlu diperhatikan bahwa usahakan melaksanakan pendidikan seksual perlu diulang-ulang (repetitif) selain itu juga perlu untuk mengetahui seberapa jauh sesuatu pengertian baru dapat diserap oleh anak. Untuk itu. Kejadian 1:27-28. • Pendidikan seksual harus diberikan secara pribadi. sejauh diperhatikan bahwa uraiannya tetap rasional.• Cara menyampaikannya harus wajar dan sederhana. seolah-olah bertujuan agar anak tidak akan bertanya lagi. Justru penilaian kepribadian pasangan dapat dinilai saat berpacaran. Seandainya iapun menjadi suami atau istri kelak tentunya keinginan untuk melanggar norma-norma pun selalu ada. menurut gambar Allah diciptakan-Nya dia.! Masih banyak kok pria dan wanita yang mempunyai iman dan moral yang baik yang kelak dapat membantu keluarga bahagia. Pencegahan Menurut Agama Iman. karena perkembangan dari seluruh aspek kepribadiannya memang belum mencapai tahap kematangan untuk dapat menyerap uraian yang mendalam mengenai masalah tersebut. jangan terlihat ragu-ragu atau Isi uraian yang disampaikan harus obyektif. • tidak-tidak. karena luas sempitnya pengetahuan dengan cepat lambatnya tahap-tahap perkembangan tidak sama buat setiap anak.. 1. Mereka yang menuntut hal-hal yang melanggar norma-norma yang dianut. merupakan rem paling pakem dalam berpacaran. Terhadap anak umur 9 atau 10 tahun belum perlu menerangkan secara lengkap mengenai perilaku atau tindakan dalam hubungan kelamin. boleh mempergunakan contoh atau simbol seperti misalnya : proses pembuahan pada tumbuh-tumbuhan. • Dangkal atau mendalamnya isi uraiannya harus disesuaikan dengan kebutuhan dan dengan tahap perkembangan anak. laki-laki dan perempuan diciptakan- .. "Maka Allah menciptakan manusia itu menurut gambarNya. namun jangan menerangkan yang malu. Dengan pendekatan pribadi maka cara dan isi uraian dapat disesuaikan dengan keadaan khusus anak. tentunya tidak dapat diharapkan menjadi pasangan yang baik.

Dikemas dalam berbagai hal baik berupa kepingan CD. sehingga memang sepantasnya pendidikan seks dimulai pada fase tersebut. lalu Allah berfirman kepada mereka: "Beranakcuculah dan bertambah banyak. Pembacaan ayat-ayat suci dari Kitab Suci sangat penting.Namun. majalalah ataupun tontonan di televisi. Internet. Bahkan bila seorang bayi mulai dapat diberikan pendidikan seks. identitas seks manusia sudah dimulai sejak di dalam kandungan. 2. . Seks menjadi sesuatu yang murahan yang dapat di perjual belikan dengan uang. Peran orang tua sangat penting untuk memberikan pendidikan seks pada usia dini. penuhilah bumi dan taklukkanlah itu. Pencegahan seks bebas dalam keluarga antara lain : a) Keluarga harus mengerti tentang permasalahan seks.Nya mereka. Bisa juga diberikan saat anak mulai bertanya-tanya pada orang tuanya tentang bagaimana bayi lahir. Pendidikan seks sebaiknya dimulai dari kandungan. berkuasalah atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas segala binatang yang merayap di bumi. Pencegahan Seks Bebas dalam Keluarga Faktor keluarga sangat menentukan dalam masalah pendidikan seks sehingga prilaku seks bebas dapat dihindari. yang harus di pelihara dan di rawat. sebelum menjelaskan kepada anak-anak mereka. agar ia mulai dapat memberikan mana cirri-laki-laki dan mana ciri perempuan. Allah memberkati mereka. Jika kita memandang keadaan sekitar kita anugrah seks mulai di salah artikan oleh sebagian masyarakat Indonesia khususnya para remaja."" Dari kutipan ayat Alkitab di atas dapat di simpulkan bahwa agama Kristen memandang hubungan seks sebagai suatu berkat yang diberikan Tuhan. ada satu syarat untuk dapat melakukan hubungan seks yaitu melalui berkat Tuhan dengan melakukan pernikahan kudus. Hal ini ditujukan agar anak yang dikandung mendapatkan keberkahan dari Sang pencipta seperti diketahui. Waktu pemberian materi pendidikan seks dimulai pada saat anak sadar mulai seks. Seks merupakan suatu kenikmatan tersendiri bagi setiap orang yang melakukannya.

Niatkan bahwa tujuan berpacaran adalah untuk saling mengenal lebih dekat. dan seorang ibu mengarahkan Jangan menjelaskan masalah seks kepada anak laki-laki dan perempuan di Hindari hal-hal yang berbau porno saat menjelaskan masalah seks. Hindari tempat yang terlalu sepi atau tempat yang mengandung aktivitas seksual. karena norma yang dianut dalam masyarakat kita masih tetap mengagungkan kesucian. ruang yang sama. sekali wanita kehilangan kegadisannya. Meyakinkan kepada anak-anak bahnwa teman-teman mereka adalah teman Memberikan perhatian kemampuan anak di bidang olahraga dan Tanamkan etika memelihara diri dari perbuatan-perbuatan maksiat karena Membangun sikap saling percaya antara orang tua dan anak. yang baik. Hindari bacaan/film porno yang merangsang sebelum/selama pacaran. b) Yang sering terjadi adalah pasangan lepas kendali karena terbuai aktivitas berpacaran.b) c) d) e) f) g) h) Seorang ayah mengarahkan anak laki-laki. jika pasangan menghendaki aktivitas berpacaran melebihi batas. untuk itu beberapa tips agar tidak terbuai: 1. 3. Hindari makan makanan yang merangsang sebelum/selama pacaran. sementara dengan pemeriksaan dokter kandungan dapat ditentukan apakah seorang gadis masih utuh selaput daranya atau tidak. gunakan kata-kata yang sopan. keperjakaan pria tidak pernah bisa dibuktikan. menyibukkan mereka dengan berbagai aktivitas. 4. anak perempuan dalam menjelaskan masalah seks. Berbeda dengan wanita. 2. Tips Mencegah terjadinya sek bebas dikalangan remaja Berikut adalah bebarapa tips untuk mengatasi seks bebas dikalangan remaja: a) Katakan "tidak". jangan dipenuhi. 3. itu merupakan sesuata yang paling berharga. seumur hidup ia akan menderita. karena yang paling rugi adalah pihak wanita. . Terutama bagi remaja putri permintaan seks sebagai "bukti cinta". Ingat.

Tidak ada kekerasan dalam berpacaran. c) Oleh karena itu bahwa gaya pacaran yang sehat merupakan sesuatu yang perlu diperhatikan agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. Sehat Fisik. Harus mampu mengungkapkan dan mengendalikan emosi dengan baik. Tidak baik apabila seharian penuh bersama dengan pacar. Pacaran tidak mengikat. 2. Jangan dituruti kalau pasangan menuntut aktivitas pacaran yang berlebihan. maksudnya hubungan sosial dengan yang lain harus tetap dijaga agar tidak merasa asing di lingkungan sendiri. Jangan sampai melakukan aktivitas-aktivitas yang beresiko.5. Dilarang saling memukul. 3. Hubungan terjalin dengan baik dan nyaman. Gaya pacaran yang sehat mencakup berbagai unsur yaitu sebagai berikut: 1. sambil mengingatkan bahwa hal itu akan mengotori tujuan dari berpacaran. Harus mengenali emosi diri sendiri dan emosi orang lain. . saling pengertian dan keterbukaan. 4. Sehat Emosional. Dalam berpacaran kita harus saling menjaga. Sehat Sosial. menampar ataupun menendang. apalagi melakukan hubungan seks. Sehat Seksual. yaitu tidak melakukan hal-hal yang beresiko.

e) Jauhilah narkotika dan pergaulan tanpa batas. o) Pikirkan segala tindakan kita dengan efektif dan komprehensif sesuai dengan akibat yang akan kita terima. II. SARAN d) Tingkatkan keimanan dan selalu dekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Esa. f) Tumbuhkan norma dan nilai-nilai sosial. n) Capai cita-cita tanpa seks bebas. k) Loya namun tetap hati-hati mengikuti perkembangan teknologi. i) Hindari pergaulan negatif. h) Isi hari-hari kita dengan beraktivitas dan berolahraga. KESIMPULAN • • • Dampak seks bebas sangat besar. masyarakat. . m) Jangan hancurkan masa depan. termasuk seks bebas.BAB III KESIMPULAN DAN SARAN I. l) Hidup sehat tanpa terpau narkotika. tidak hanya berakibat terhadap diri sendiri tetapi Setiap agama melarang prilaku menyimpang. p) Hindari seks bebas sejak dini dengan tidak bergaul tanpa batasan norma dan etika. j) Selektif terhadap teman-teman sebaya. Seks bebas menimbulkan beragam penyakit yang sangat membahayakan juga keluarga dan orang sekitar. g) Hindari hal-hal negatif.