BAB I PENDAHULUAN

1.1 PENGERTIAN PRODUK

Produk ( Product ) adalah segala sesuatu yang dapat ditawarkan ke pasar untuk mendapatkan perhatian, dibeli, digunakan, atau dikonsumsi yang dapat memuaskan keinginan atau kebutuhan. Dalam definisi secara luas, produk meliputi objek secara fisik, orang, tempat, organisasi, ide, atau bauran dari semua bentuk-bentuk tadi.

1.2 TINGKAT PRODUK

Perencanaan produk perlu memikirkan produk dan jasa atas tiga tingkatan. Tingkatan yang paling dasar adalah produk inti ( core product ), yang ditujukan untuk menjawab pertanyaan : Apa yang sebenarnya dibeli oleh pembeli? Produk inti terdiri dari manfaat inti untuk pemecahan masalah yang dicari konsumen ketika mereka membeli produk atau jasa. Dalam merancang produk, pemasar mula-mula arus mendefinisikan manfaat nti yang akan disediakan produk ke konsumen.

Selanjutnya perencanaan produk harus menciptakan produk aktual ( actual product ) disekitar produk inti. Produk aktual mungkin mempunyai lima karateristik: tingkat kualitas, fitur, rancangan, nama merek, dan kemasan.

Akhirnya, perencanaan produk harus mewujudkan produk tambahan disekitar produk inti dan produk aktual dengan menawarkan jasa dan manfaat tambahan bagi konsumen.

1.3 KLASIFIKASI PRODUK

Produk dan jasa dibagi menjadi dua kelas besar menurut jenis konsumen yang menggunakan yaitu produk konsumen ( consumer products ) dan produk industri ( industrial products ). Dalam definisi secara luas,produk juga meliputi entitas yang dapa dipasarkan seperti organisasi, orang, distribusi, serta ide. Produk Konsumen

Produk konsumen adalah produk yang dibeli konsumen akhir untuk konsumsi pribadi. Produk konsumen meliputi produk sehari-hari ( convenience products ), produk shopping ( shopping products ), produk spesial ( specialty products ), sera produk yang tidak dicari ( unsought products ). Produk ini berbeda dalam cara pembelian konsumen, dan oleh karena itu rodk ini pun berbeda dalam cara pemasarannya.

a. Produk sehari-hari adalah produk dan jasa konsumen yang biasanya sering dan cepat dibeli oleh pelanggan dan disertai dengan usaha yang sedikit dalam membandingkan dan membeli. Misalnya, sabun, permen, koran, dan fast food.

Produk shopping ( shopping products ) adalah produk dan jasa konsumen yang jarang dibeli. d. sehingga mereka mau mengeluarkan usaha khusus untuk memperolehnya. merek serta jenis mobil tertentu. atau jika diketahui oleh konsumen pun. harga. serta jasa hotel dan motel. Jadi perbedaan antara produk konsumen dengan produk industri didasarkan pada tujuan dibelinya produk itu. tidak terfikir oleh mereka untuk membelinya.b. Misalnya. mobil bekas. c. peralatan rumah tangga utama. Sebagian besar inovasi baru yang yang penting tidak dicari ( unsought ) sampai konsumen menyadarinya lewat iklan. Produk Industri Produk industri ( industrial products ) adalah produk yang dibeli untuk pemrosesan lebih lanjut atau penggunaan yang terkait dengan bisnis. kualitas. Tiga kelompok produk dan jasa industri meliputi : . pakaian. sehingga pelanggan membandngkan kecocokan. Contohnya mebel. dan gayanya dengan cermat. Produk yang tdak dicari ( unsought products ) adalah produk konsumen d mana keberadaannya tdak diketahui. Produk spesial ( specialty products ) adalah produk konsumen dengan karateristik unik atau identifkasi merek yang dicari oleh kelompok pembeli tertentu. peralatan fotografi yang mahal dan sebagainya.

Namun jika . Lini Produk menjual terpisah beberapa produk yang saling berkaitan. 1.a. Jika line extension memiliki kualitas yang lebih baik dari produk lainnya disebut sebagai tindakan trading up atau brand leveraging. Line Vulnerability (tingkat kekuatan lini) mengacu pada presentase penjualan atau keuntungan yang dapat diambil dari seberapa kecil produk dalam satu lini. tipe warna. Line dept ( kedalaman lini ) mengacu pada jumlah varian produk dalam satu lini. Bahan dan suku cadang b. Satu lini produk terdiri dari beberapa produk dengan berbagai variasi ukuran. Penambahan produk baru pada satu lini produk disebut sebagai line extension. Beberapa lini produk berbeda yang dijual oleh satu perusahaan disebut witdh of product mix (rentang bauran produk). Jumlah keseluruhan produk yang dijual pada seluruh lini produk disebut length of product mix. Line consistency ( konsistensi lini ) mengacu pada seberapa dekat hubungan antar produk dalam satu lini. kualitas atau harga.4 LINI PRODUK Lini Produk merupakan strategi pemasaran untuk menjual beberapa jenis produk. Barang modal c. Perlengkapan dan jasa.

dipasarkan melalui saluran distribusi yang sama. Price Lining adalah kegiatan dimana orang menggunakan batasan harga untuk seluruh produk dalam satu lini. Setiap lini produk biasanya dikelola eksekutif yang berbeda. Teknik ini biasanya digunakan oleh toko yang menggunakan satu harga untuk seluruh produknya misalnya toko serba lima ribu dimana seluruh barang yang dijual toko tersebut berada dalam kisaran harga lima ribu. Keputusan Lini Produk Lini produk adalah sekelompok produk yang saling terkait karena melakukan fungsi yang sama ( mirip ). Penanaman citra positif ini biasanya menggunakan satu jenis produk dengan kualitas tertinggi dibanding produk lain dalam satu lini.line extension tersebut memiliki kualitas dibawah produk lainnya disebut sebagai trading down. dijual kepada kelompok pelanggan yabg sama. atau memiliki kisaran harga tertentu. Penanaman citra positif merupakan promosi tingkat tinggi dengan menunjukkan satu citra yang akan mempengaruhi seluruh lini produk. .

2. Penjualan dan Laba Lini Produk Manajer lini produk perlu mengetahui presentase dari penjualan dan laba yang disumbangkan oleh setiap barang (item) dalam lini. Analisis lini produk Manajer lini perlu mengetahui penjualan dan laba dari setiap barang yang ada dalam lininya dan bagaimana lini produknya jika dibandingkan dengan lini produk pesaing. lini produk disebut terlalu panjang apabila manajer dapat menaikkan laba dengan mengeluarkan barang dari lini produk.1. Lini produk dikatakan terlalu pendek jika manajer dapat meningkatkan laba dengan menambah barang. Profil Pasar Lini Manajer lini produk perlu meninjau bagaimana lini produk tersebut diposisikan terhadap lini produk pesaing. Panjang Lini Produk Masalah yang dihadapi oleh manajer lini produk adalah menentukan panjang lini produk yang optimal. . b. a.

Perusahaan mungkin melakukan pelebaran ke bawah karena alasan-alasan berikut :  Perusahaan yang diserang oleh pesaing pada segmen atas dan hendak melancarkan serangan balasan dengan menyerbu segmen bawah yang dikuasai pesaing tersebut. 3.  Perusahaan merasakan adanya perlambatan pertumbuhan pada segmen atas. Keputusan Melebarkan Lini Setiap lini produk perusahaan meliput bagian tertentu dari keseluruhan bagian yang mungkin diliput. yakni dengan memperlebar lini ( line streching ) dan dengan menambahakan barang ke dalam lini ( line filling ). 1) Pelebaran ke bawah (downward strecht) Banyak perusahaan mula-mula berada pada bagian atas pasar (produk yang ditawarkan berharga mahal) dan kemudian melebarkan lininya kebawah ( ke bagian yang berharga lebih murah ). ke atas atau keduanya.Perusahaan dapat memperbesar panjang lini produknya melalui dua cara. . Perusahaan dapat melebarkan lininya ke bawah.

atau oleh terbukanya kesempatan untuk mempromosikan diri mereka sebagai pemanufaktur yang melayani semua lini. yang kalau hal itu tidak dilakukan. Perusahaan mula-mula memasuki segmen atas untuk membanagun citra kualitas dan berekspansi ke segmen bawah. Mereka mungkin tertarik dengan tingkat pertumbuhan dan margin yang lebih tinggi. 2) Perlebaran ke atas ( upward strecht ) Perusahaan-perusahaan disegmen bawah mungkin berfikir untuk memasuki segmen atas. 3) Pelebaran dua arah ( two-way strecht ) Perusahaan yang melayani pasar menengah mungkin memutuskan untuk memperlebar lininya ke dua arah.  Perusahaan menambahkan barang untuk segmen bawah (low-end unit) untuk menutup atau mengisi kekosongan penawaran di pasar. . akan mebarik minat pesaing baru.

kebutuhan produksi.1. c. Dimensi bauran produk ini memberikan kemudahan untuk menentukan strategi produk. saluran distribusi. Panjang bauran produk berhubungan dengan banyaknya jenis barang yang dibuat dalam lini produknya. d. yaitu : . Perusahaan dapat meningkatkan bisnisnya dalam 4 cara. dan konsistensi. Luas bauran produk berhubungan dengan sejumlah lini produk berbeda yang ditawarkan perusahaan. Bauran produk Terdiri dari semua lini produk dan barang yang ditawarkan penjual tertentu. Konsistensi bauran produk berhubungan dengan seberapa erat hubungan berbagai lini produk dalam pemakaian akhir.5 BAURAN PRODUK Bauran produk ( product mix ) adalah rangkaian dari semua lini produk dan barang yang ditawarkan dijual tertentu. atau beberapa hal lain. b. Suatu bauran produk perusahaan memiliki 4 dimensi penting yaitu : luas. a. panjang. Kedalaman bauran produk berhubungan dengan sejumlah versi yang ditawarkan masing-masing produk dalam lini. kedalaman.

Perusahaan dapat menambah atau mengurangi lini produknya.a. d. . c. Perusahan dapat menambah lini produknya. b. Perusahaan menambah keragaman tiap produknya sehingga memperdalam bauran produk. Perusahaan memperpanjang lini produk yang sudah ada dengan yang lebih lengkap. tergantung apakah perusahaan ingin memiliki reputasi kuat dalam satu bidang atau dalam beberapa bidang.

atau memiliki kisaran harga tertentu. Perusahaan dapat melebarkan lininya ke bawah. Penandatanganan Perjanjian Kerjasama Layanan Penerimaan Pembayaran Pupuk secara Online ini dilakukan oleh Direktur Corporate Banking Bank Mandiri. Produsen urea terbesar di Indonesia itu mulai tahun 2012 menjalin kerjasama dengan Bank Mandiri untuk menyediakan jasa pembayaran urea secara online bagi para distributor untuk memudahkan transaksi pembelian pupuk bersubsidi. dipasarkan melalui saluran distribusi yang sama. LINI PRODUK Setiap lini produk perusahaan meliput bagian tertentu dari keseluruhan bagian yang mungkin diliput.BAB II PEMBAHASAN Bauran produk ( product mix ) adalah rangkaian dari semua lini produk dan barang yang ditawarkan dijual tertentu. Setiap lini produk biasanya dikelola eksekutif yang berbeda. PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim) terus meningkatkan pelayanannya dalam memenuhi kebutuhan pupuk bersubsidi. Produk Line adalah sekelompok produk yang saling terkait karena melakukan fungsi yang sama (mirip). dijual kepada kelompok pelanggan yang sama. . ke atas atau keduanya.

Fransisca Nelwan Mok dan Direktur Utama PT Pupuk Kaltim Aas Asikin Idat di Plaza Mandiri. khususnya pupuk bersubsidi. Rabu (25/1). Aas Asikin Idat. Dengan sistem online ini. Menurut Dirut Pupuk Kaltim.”. Selama ini. pembayaran dapat dilakukan melalui ATM. para distributor pupuk di daerah harus melakukan pembayaran pembelian pupuk dengan cara transfer melalui bank. kemudian menukarkan bukti transfer dengan delivery order (DO) di kantor pemasaran Pupuk Kaltim. sistem ini juga semakin mempermudah proses administrasi penjualan. Hal ini karena Jawa Timur merupakan daerah pemasaran dengan kebutuhan pupuk urea . kata Aas. internet banking. Pembeli dapat membawa bukti pembayaran dimana telah tercantum nomor DO yang digunakan untuk menebus pupuk yang dibelinya langsung ke gudang terdekat. Untuk sementara sistem ini baru berjalan di Jawa Timur. Jakarta. lalu kemudian akan dilaksanakan di Sulawesi Selatan dan ke daerah pemasaran lainya. sinergi ini adalah wujud komitmen perusahaan untuk terus meningkatkan pelayanannya dalam memenuhi kebutuhan pupuk. “Ini merupakan bukti komitmen PT Pupuk Kaltim untuk selalu meningkatkan pelayanan kepada konsume n. dan transfer via teller cabang Mandiri. sehingga transaksi hanya bisa dilakukan pada hari dan jam kerja. Bagi Pupuk Kaltim. Sistem ini diharapkan akan mengoptimalkan distribusi pupuk bersubsidi sekaligus memberi kemudahan bagi distributor.

(hmsjkt) . Penjualan produk urea tercatat sebanyak 2.580 ton.793.98 juta ton dan amoniak 1. Sesuai pembagian rayonisasi distribusi urea bersubsidi dari PT Pusri (Persero) No.948 ton.338 ton dan produksi NPK 214. Bali dan Nusa Tenggara. Sulawesi. 1.768 ton urea.85 juta ton per tahun serta produksi pupuk NPK 550 ribu ton per tahun.745. dengan rincian 1.618. U-909/A00000. “Sesuai SK Menteri Pertanian tahun 2012.UM/2011. jelas Aas. Pupuk Kaltim berhasil memproduksi 2. sedangkan realisasinya setiap tahun rata-rata sekitar 800-900 ribu ton”.529 ton dan pupuk organik.059. Sekilas PT Pupuk Kaltim PT Pupuk Kaltim adalah produsen urea terbesar di Indonesia. 165 ribu ton disalurkan ke sektor perkebunan dan 513 ribu untuk sektor ekspor serta 208 ribu ke sektor industri. Pupuk Kaltim bertanggungjawab atas daerah Kalimantan. Papua dan sebagian Jawa Timur. kebutuhan daerah Jatim tahun 2012 adalah 1. Daerah pemasaran Pupuk Kaltim di Jawa Timur sendiri meliputi 34 kota dan kabupaten. Maluku. Berdasarkan catatan kinerja di akhir tahun 2011.bersubsidi terbesar di Indonesia.65 juta ton disalurkan untuk sektor pangan atau pupuk bersubsidi. Kalimantan Timur. perusahaan ini mempunyai kapasitas produksi urea 2. Berlokasi di Bontang. Sedangkan produksi amoniak mencapai 1.300 ton.

dan industri kimia lainnya serta Pupuk Organik. perdagangan. Phonska. Sumatera Selatan. pemberian jasa. dan pembangunan nasional pada umumnya. dan usaha lainnya. Jawa Timur. melalui Peraturan Pemerintah (PP) nomor 28 tahun 1997 dan PP nomor 34 tahun 1998. DAP. yang berkedudukan di Palembang. melalui usaha produksi. PT Pupuk Sriwidjaja menjadi Perusahaan Induk PT Pupuk Sriwidjaja ditunjuk oleh pemerintah menjadi perusahaan induk (holding company) PT Pupuk Sriwidjaja (Persero). . menjadi Induk Perusahaan (Operating Holding) dengan membawahi 6 (enam) anak perusahaan termasuk anak perusahaan penyertaan langsung yaitu PT Rekayasa Industri.Berdirinya PT Pupuk Sriwidjaja PT Pupuk Sriwidjaja yang didirikan pada tanggal 24 Desember 1959 merupakan perusahaan yang bertujuan untuk turut melaksanakan dan menunjang kebijaksanaan dan program pemerintah di bidang ekonomi. ZK. maka PUSRI. SP-36/SP-18. Sejak Pemerintah Indonesia mengalihkan seluruh sahamnya yang ditempatkan di Industri Pupuk Dalam Negeri dan di PT Mega Eltra kepada PUSRI. NPK. khususnya di bidang industri pupuk dan industri kimia lainnya. ZA. masing-masing perusahaan bergerak dalam bidang usaha :  PT Petrokimia Gresik yang berkedudukan di Gresik.28/1997. berdasarkan PP No. Memproduksi dan memasarkan pupuk urea.

pembangkit listrik (panas bumi. Memproduksi dan memasarkan pupuk urea dan industri kimia lainnya. Kalimantan Timur. kimia dan petrokimia. PT Pupuk Kujang. Bergerak dalam penyediaan Jasa Engineering. diesel). Memproduksi dan memasarkan pupuk Urea dan industri kimia lainnya. Memproduksi dan memasarkan pupuk urea dan industri kimia lainnya.  PT Mega Eltra.  PT Pupuk Iskandar Muda. pupuk. yang berkedudukan di Lhokseumawe. Nangroe Aceh Darussalam. Jawa Barat. batu bara. Procurement & Construction (EPC) guna membangun industri gas & minyak bumi. yang berkedudukan di Jakarta. micro-hydro. yang berkedudukan di Jakarta dengan bidang usaha utamanya adalah Perdagangan Umum. . yang berkedudukan di Bontang. pertambangan.  PT Rekayasa Industri. yang berkedudukan di Cikampek.  PT Pupuk Kalimantan Timur.

AH. Pusri (Persero) kepada PT. Adanya pengalihan hak & kewajiban / aktiva & pasiva PT. Pupuk Sriwidjaja disingkat PT.Pemisahan Perseroan kepada PT Pupuk Sriwidjaja Palembang Pada tahun 2010. dilakukan Pemisahan (Spin Off) dari Perusahaan Perseroan (Persero) PT. Pusri Palembang tertuang di dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPS-LB) tanggal 24 Desember 2010 Serah terima jabatan & pengalihan aktiva pasiva tersebut berlaku efektif 1 Januari 2011 Adapun PT Pusri (Persero) sekarang mengubah namanya menjadi PT Pupuk Indonesia (Persero) pada tanggal 18 April 2012 dan PT Pupuk Sriwidjaja Palembang tetap menggunakan brand dan merk dagang Pusri hingga kini. Pupuk Sriwidjaja Palembang Adanya Perubahan Anggaran Dasar PT Pupuk Sriwidjaja Palembang melalui Akte Notaris Fathiah Helmi.01 tahun 2010. Produksi . SH nomor 14 tanggal 12 November 2010 yang telah disahkan oleh Menteri Hukum dan HAM tanggal 13 Desember 2010 nomor AHU-57993. Pusri (Persero) kepada PT.01.

III.000 ton urea dengan rincian sebagai berikut : .000 ton per tahun. serta Pabrik Nitrogen dan Oksigen cair. IB dan Pabrik Kecil seperti Pabrik Pupuk Organik. IV.262.Produksi Pabrik PT Pupuk Sriwidjaja terdiri dari Produk Utama dan Produk Samping yang dihasilkan oleh Pabrik Utama Pusri II. CO2 cair dan padat/Dry Ice PT Pupuk Sriwidjaja yang semula hanya memiliki satu pabrik urea dengan kapasitas terpasang 100. dalam periode 1972-2004 telah menjadi 2. sedangkan produk samping terdiri dari Amoniak Ekses. Oksigen. Produk utama terdiri dari Amoniak dan Urea. CO2 cair dan padat/dry ice. Nitrogen.

000 396.361 + Agu 1974 Des 1976 Okt 1977 Mar 1994 1.372. maka kelebihan hasil produksi dijual ke sektor industri dan atau diekspor. lihat desain awal di Profil Pusri II Penjualan PT Pusri Palembang menghasilkan pupuk urea untuk memenuhi kebutuhan sektor pertanian dalam negeri.651.883. .000 570.499.000 570.000 15 10 10 85.000 20 II (**) III IV IB 4 445. 3.000 55 Rp.772 326.363.Kapasitas Pabrik Terpasang Pusri Kapasitas Terpasang Areal Mulai Pabrik Nilai Pabrik (US$) Produksi (ha) 34.000 552.626 823.734. Apabila kebutuhan pupuk di sektor pertanian sudah terpenuhi.000.511 + Okt 1963 Rp.354.063.000 184.262. serta memproduksi amoniak sebagai bahan baku pembuatan urea. 3.140 Amoniak (ton) Urea (ton) I (*) 180 / hari 100.500 262.651.063.140 (*) Pusri I diganti dengan Pusri IB karena usia pabrik telah tua dan tidak efisien (**) Telah dilakukan optimalisasi.000 570.500 Pabrik 2.452 192.000 396.

tepat tempat. dan tepat harga. Banten. Pusri menjamin penyebaran pupuk ke wilayah pemasarannya di Indonesia. tepat waktu. Daerah penjualan urea bersubsidi meliputi Jambi. Pupuk urea bersubsidi dipasarkan mengacu pada rayonisasi yang diatur oleh PT Pupuk Indonesia (Persero) selaku induk perusahaan. Bengkulu. tepat jumlah. Sumatera Selatan. Lampung.Pemerintah memberikan penugasan atau Public Service Obligation (PSO) kepada produsen pupuk untuk menjamin pengadaan dan penyaluran pupuk sampai ke tangan petani dalam rangka pembangunan sektor pertanian. Pendistribusian hasil produksi pusri mengacu pada prinsip enam tepat yaitu. Jawa Tengah. dan DIY. tepat mutu. . tepat jenis.

4555758 Fax. 0761-61018 PPD Jambi Jl.2 Nanggroe Aceh Darussalam 23121 Tel. 0751-22807. 0651-32527 Fax.57 Bandar Lampung 35214 Tel. 0761-61014.88 Pekanbaru 28294 Tel.7 Palembang 30152 Tel. Naskah Km. 0751-37181 PPD Riau Jl. Susilo No. 0736-21326 PPD Sumatera Selatan Jl.M. 0717-424942 Fax.Kantor Pemasaran Pusri Daerah (PPD) Untuk menunjang kelancaran pemasaran pupuk. 0721-262166. 19/25 Medan Tel. H Agus Salim No. Taman Sari Kota Pangkal Pinang Tel.188 RT/RW 004/001. 0736-21397 Fax. 411079.4 Padang 25121 Tel. 4143738 PPD Sumatera Barat Jl. 32655 Fax. Pangeran Natadirdja No. 0711-417530. Daud Beureueh No. Raden Abdullah No. yaitu : A.417876 Fax. 061-4157760. H Agus Salim Kota Baru Jambi 36122 Tel. Tengku H. Soekarno Hatta No. 262786 PPD Kalimantan Barat Jl. 61015 Fax. 0651-33823 PPD Sumatera Utara Jl.93A Bengkulu 38225 Tel. Dr. 0561-732731 . 0761-61018 PPD Bengkulu Jl. 0717-433448 PPD Lampung Jl. 0711-410185 PPD Bangka Belitung Jl. 0741-444145 Fax. 061-4520550. Pusri memiliki 18 Kantor Pemasaran Pusri Daerah di propinsi-propinsi. Gajah Mada No. Pemasaran Wilayah I PPD Nanggroe Aceh Darussalam Jl. 4554221.4 Pontianak 78124 Tel. Adisucipto Km. Desa Opas Indah Kec.

I Yogyakarta Jl. AP Pettarani Panakukang Makasar 90222 Tel.3544150 PPD Jawa Timur Jl. 3545810 Fax. 0511-3305124 B. 0254-207898 Fax. Brigjen Hasan Basri Kayutangi No. 5340281. 0721-250444.223 Bypass Bandung 40233 Tel. 0411-440127. 304382 Fax. 304382 Fax. Jend Sudirman (Kesuren Sumur Pecung) Serang Tel. 022-6030195. Pemasaran Wilayah II PPD Banten Jl.208 Semarang 50132 Tel.55 Surabaya 60275 Tel. 3565071. Arteri Ringroad Maguwoharjo Sleman Yogyakarta 55282 Tel. 0511-3305124 PPD Jawa Barat Jl. 5471608 PPD Sulawesi Selatan Jl.Fax. Imam Bonjol No. 0254-207998 PPD Kalimantan Selatan Jl. 024-3547702. 031-5346240. 0561-732673 PPD Kalimantan Selatan Jl. 0511-305125.4 Banjarmasin 70123 Tel. 0274-488376 PPD Jawa Tengah Jl. 024. Soekarno-Hatta No. 5351366 Fax. 0511-305125. 6037512 Fax. 3518208. Genteng Kali No. Brigjen Hasan Basri Kayutangi No. 261112 Fax. 022-6017277 PPD D. 0274-489063 Fax. 440129 Fax. 5322568. 031-5322567.4 Banjarmasin 70123 Tel. 0411-443662 .

000 ton sampai 10.120.000 ton.000 ton/tahun. Beberapa gudang adalah gudang milik yang dibangun sendiri. Tujuan utama dari pendirian UPP-UPP untuk mengantongi pupuk urea yang selanjutnya didistribusikan guna memenuhi kebutuhan pupuk di dalam negeri. Pusri di tahun 2007 memiliki 107 unit Gudang Persediaan Pupuk (GPP). . dengan memperhatikan prinsip penyaluran 6 TEPAT dan prinsip biaya distribusi rendah. Pusri memiliki gudang-gudang penyimpanan pupuk di daerah Kabupaten dengan kapasitas 3. dengan kapasitas 2. kapasitas 514. dan juga kerjasama dengan pihak ketiga. GPP yang semula dinamakan Inland Supply Depot (ISD) terletak di daerah sepanjang jalur KA untuk mempermudah arus pengangkutan pupuk melalui gerbong-gerbong KA.915 ton Unit Pengantongan Pupuk (UPP) Unit Pengantongan Pupuk adalah komponen dari mata rantai kegiatan distribusi pupuk urea dari produsen sampai ke tangan petani/konsumen. Pusri di tahun 2007 memiliki 5 unit Pengantongan Pupuk (UPP).Gudang Penyimpanan Pupuk (PPD) Untuk menampung pupuk yang didatangkan dan dikantongi di UPP.

BAB III KESIMPULAN Lini produk adalah sekelompok produk yang saling terkait karena melakukan fungsi yang sama ( mirip ). dipasarkan melalui saluran distribusi yang sama. dijual kepada kelompok pelanggan yang sama. Bauran produk Terdiri dari semua lini produk dan barang yang ditawarkan penjual tertentu. Bauran produk ( product mix ) adalah rangkaian dari semua lini produk dan barang yang ditawarkan oleh penjual tertentu. atau memiliki kisaran harga tertentu. .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful