P. 1
contoh Makalah Biologi tentaang sel tumbuhan

contoh Makalah Biologi tentaang sel tumbuhan

|Views: 1,335|Likes:
Published by mushabitqoni
makalah hasil penelitian sel berbagai jenis tumbuhan dengan menggunakan mikroskop. setiap tumbuhan memiliki bentuk sel yang berbada-beda, warna tampak luar pada tumbuhan rupanya juga mempengaruhi bentuk sel.
makalah hasil penelitian sel berbagai jenis tumbuhan dengan menggunakan mikroskop. setiap tumbuhan memiliki bentuk sel yang berbada-beda, warna tampak luar pada tumbuhan rupanya juga mempengaruhi bentuk sel.

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: mushabitqoni on Mar 25, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/27/2013

pdf

text

original

SEL dan JARINGAN TUMBUHAN

 Teori Singkat
Sel merupakan unit organisasi terkecil yang menjadi dasar kehidupan dalam arti biologis. Semua fungsi kehidupan diatur dan berlangsung di dalam sel. Karena itulah, sel dapat berfungsi secara autonom asalkan seluruh kebutuhan hidupnya terpenuhi. SEJARAH PENEMUAN SEL : - Pada tahun 1665, Robert Hooke mengamati sayatan gabus dari batang Quercus suber menggunakan mikroskop. Dalam pengamatannya, ia menemukan adanya ruang-ruang kosong yang dibatasi dinding tebal. Robert Hooke menyebut ruang-ruang kosong tersebut dengan istilah cellulae artinya sel. Sel yang ditemukan Robert Hooke merupakan sil-sel gabus yang telah matu. Sejak penemuan itu, beberapa ilmuan semakin berlomba untuk mengetahui lebih banyak tentang sel. - Seorang ahli mikroskop Belanda bernama Antonie van Leeuwenhoek (1632-1723) merancang sebuah mikroskop kecil berlensa tunggal. Mikroskop itu digunakan untuk mengamati air rendaman jerami. Ia menemukan organisme yang bergerak-gerak di dalam air. Yang kemukian disebut bakteri. Antonie van Leeuwenhoek merupakan orang pertama yang menemukan sel hidup. - Penelitian yang dilakukan oleh 2 orang ilmuwan dari Jerman yaitu Matthias Schleiden (ahli tumbuhan, 1804-1881) dan Theodor Schwann (ahli hewan, 1810-1882). Mereka menyimpulkan bahwa setiap mahluk hidup tersusun atas sel. - Selanjutnya pada tahun 1885 seorang ilmuwan Jerman, Rudolf Virchow, mengamati bahwa sel dapat membelah diri dan membentuk sel-sel baru. Organel- Organel Sel Tumbuhan. Dinding Sel. Dinding sel adalah bagian terluar dari sel tumbuhan. Dinding sel memiliki fungsi melindungi sel. Dinding sel merupakan lapisan tipis dan bersifat semipermiable. Dinding sel tersusun atas Selulosa, lignin, dan suberin. Pada lapisan epidermis dan batang, dinding sel mengandung kitin dan zat lilin sehingga dinding sel bersifat iimpermeabel. Antara dinding sel yang satu dengan yang lain ditemukan zat pektin yang terdapat pada lamella tengah. Antara sel satu dengan sel yang lain tyerdapat penghubung atau jembatan protoplasma yang dinamakan Plasmodesmata. Plasmodesmata memegang peranan penting dalam transportasi berbagai zat. Vakuola. Vakuola merupakan rongga yang berada di dalam sel. Vakuola dibatasi oleh selaput membran dan berisi cairan yang disebut cairan sel. Pada sel tumbuhan yang telah dewasa, umumnya terdapat vakuola tengah yang berukuran besar dan dikelilingi oleh membran yang dinamakan tonoplas. Pada intinya, vakuola berfungsi sebagai : - Memasukkan air melalui tonoplas agar sel tetap baik. - Menyimpan makanan, seperti sukrosa, protein, garam- garam mineral, dan senyawa organik lainnya. - Menyimpan sisa- sisa metabolisme.

 Pengamatan
JARINGAN TUMBUHAN

 Alat dan Bahan 1. Cover Glass 5.Daun Karet Kebo 12.Bayam 11. Mikroskop 2. Iris wortel tipis hingga satu lapis sel saja menggunakan silet. Gelas Kimia 8. Letakkan kaca objek yang berisi preparat dibawah lensa objektif. Kaca Objek 3. Siapkan Mikroskop 2. Wortel 9. Bawang Merah 10. 4. JARINGAN TUMBUHAN .SEL dan JARINGAN TUMBUHAN  Tujuan Pengamatan Untuk mengamati sel dan jaringan yang terdapat pada Tumbuhan. Tutup preparat dengan cover glass usahakan tidak ada gelembung udara. 5. Cari sumber cahaya 3.Daun Adam Hawa  Langkah Kerja 1. Silet 4. Pipet tetes 6. Air 7.

9.batng bayam. dan daun? Jawab : Jaringan akar memiliki empulur. dan sebagai jalan pernapasan. Jepit preparat dengan penjepit. 2. Jaringan batang memiliki kambium. 8. Tumbuhan menyerap karbondioksida dan air untuk menghasilkan gula dan oksigen yang diperlukan sebagai makanannya. 3. Apa fungsi dari stomata pada daun? Jawab : Berfungsi untuk keluar masuknya gas pada proses fotosintesis.Ulangi langkah kedua sampai sepuluh dengan mengganti preparat dengan bawang merah. dan daun adam hawa  ANALISIS DATA Pertanyaan 1. ibu tulang daun karet kebo. Energi untuk menjalankan proses ini berasal JARINGAN TUMBUHAN . Putar sekrup pemutar kasar untuk menghasilkan fokus yang diinginkan . Amati dan gambar hasil pengamatan tersebut. Letakkan kaca objek yang berisi preparat dibawah lensa objek. Autotrof artinya dapat memasak atau mensintesis makanan langsung dari senyawa anorganik. Pada organ tumbuhan mana saja terdapat klorofil? Jawab: Daun dan Batang.SEL dan JARINGAN TUMBUHAN 6. sedangkan jaringan daun memiliki klorofil. Jelaskan reaksi fotosintesis yang terjadi pada tumbuhan? Jawab : Fotosintesis pada tumbuhan Tumbuhan hijau daun bersifat autotrof. 11. 10.Dan sebagai jalan penguapan. 7. Apakah perbedaan jaringan pada akar. Posisikan preparat untuk mendapatkan posisi yang diinginkan . batang. 4. Untuk menetapkan gambar yang jelas putar sekrup pemutar halus. 12.

Di dalam daun terdapat lapisan sel yang disebut mesofil yang mengandung setengah juta kloroplas setiap milimeter perseginya. Proses ini berlangsung melalui respirasi seluler yang terjadi baik pada hewan maupun tumbuhan. Pada dasarnya. tepatnya pada bagian stroma.SEL dan JARINGAN TUMBUHAN dari fotosintesis. kimia. menuju mesofil. Cahaya akan melewati lapisan epidermis tanpa warna dan yang transparan. Pada tumbuhan. Proses fotosintesis sangat kompleks karena melibatkan semua cabang ilmu pengetahuan alam utama. Di organel inilah tempat berlangsungnya fotosintesis. meskipun sudah sangat banyak yang diketahui tentang proses vital ini. Sebagian besar energi fotosintesis dihasilkan di daun tetapi juga dapat terjadi pada organ tumbuhan yang berwarna hijau. gula (glukosa) dan senyawa lain akan bereaksi dengan oksigen untuk menghasilkan karbondioksida. dan energi kimia. Hasil fotosintesis (disebut fotosintat) biasanya dikirim ke jaringan-jaringan terdekat terlebih dahulu. rangkaian reaksi fotosintesis dapat dibagi menjadi dua bagian utama: reaksi terang (karena memerlukan cahaya) dan reaksi gelap (tidak memerlukan cahaya tetapi memerlukan karbon dioksida). Tumbuhan menyerap cahaya karena mempunyai pigmen yang disebut klorofil. maupun biologi sendiri. tempat terjadinya sebagian besar proses fotosintesis. Pada respirasi. Secara umum reaksi yang terjadi pada respirasiseluler adalah kebalikan dengan persamaan di atas. Permukaan daun biasanya dilapisi oleh kutikula dari lilin yang bersifat anti air untuk mencegah terjadinya penyerapan sinar matahari ataupun penguapan air yang berlebihan. JARINGAN TUMBUHAN . organ utama tempat berlangsungnya fotosintesis adalah daun. semua sel yang memiliki kloroplast berpotensi untuk melangsungkan reaksi ini. Reaksi. Pigmen inilah yang memberi warna hijau pada tumbuhan. seperti fisika. Perhatikan persamaan reaksi yang menghasilkan glukosa berikut ini: 6H2O + 6CO2 + cahaya → C6H12O6 (glukosa) + 6O2 Glukosa dapat digunakan untuk membentuk senyawa organik lain seperti selulosa dan dapat pula digunakan sebagai bahan bakar. klorofil menyerap cahaya yang akan digunakan dalam fotosintesis. Klorofil terdapat dalam organel yang disebut kloroplast. Namun secara umum. air.Reaksi pada proses fotosintesis Proses fotosintesis masih terus diselidiki karena masih ada sejumlah tahap yang belum bisa dijelaskan.

Fotosintesis dimulai ketika cahaya mengionisasi molekul klorofil pada fotosistem II. Hal ini karena panjang gelombang yang pendek menyimpan lebih banyak energi. seperti dua baterai dalam senter yang bekerja saling memperkuat. Proses diawali dengan penangkapan foton oleh pigmen sebagai antena. selain sianobakteri. Cahaya hijau ini akan dipantulkan dan ditangkap oleh mata kita sehingga menimbulkan sensasi bahwa daun berwarna hijau. Pada saat yang sama dengan ionisasi fotosistem II. Pigmen klorofil menyerap lebih banyak cahaya terlihat pada warna biru (400-450 nanometer) dan merah (650-700 nanometer) dibandingkan hijau (500-600 nanometer). Reaksi gelap ATP dan NADPH yang dihasilkan dalam proses fotosintesis memicu berbagai proses biokimia. membuatnya melepaskan elektron yang akan ditransfer sepanjang rantai transpor elektron. Energi dari elektron ini digunakan untuk fotofosforilasi yang menghasilkan ATP. kekurangan elektron ini dipenuhi oleh elektron dari hasil ionisasi air yang terjadi bersamaan dengan ionisasi klorofil.B. menggunakan tidak menghasilkan oksigen karena menggunakan ionisasi sulfida atau hidrogen. Reaksi ini menyebabkan fotosistem II mengalami defisit atau kekurangan elektron yang harus segera diganti. Oksigen dari proses fotosintesis hanya dihasilkan dari air. Fotosistem II terdiri dari molekul klorofil yang menyerap cahaya dengan panjang gelombang 680 nanometer. Bakteri fotosintetik. Pada tumbuhan dan alga. Fotosintesis akan menghasilkan lebih banyak energi pada gelombang cahaya dengan panjang tertentu. cahaya akan diserap oleh molekul klorofil untuk dikumpulkan pada pusat-pusat reaksi. Pendapat ini pertama kali diungkapkan oleh C.SEL dan JARINGAN TUMBUHAN Reaksi terang Reaksi terang adalah proses untuk menghasilkan ATP dan reduksi NADPH2. cahaya juga mengionisasi fotosistem I. bukan dari karbon dioksida. Di dalam daun. melepaskan elektron yang ditransfer sepanjang rantai transpor elektron yang akhirnya mereduksi NADP menjadi NADPH. Pada tumbuhan proses biokimia yang terpicu adalah siklus Calvin yang mengikat karbon dioksida untuk membentuk ribulosa (dan JARINGAN TUMBUHAN . Tumbuhan memiliki dua jenis pigmen yang berfungsi aktif sebagai pusat reaksi atau fotosistem yaitu fotosistem II dan fotosistem I. satuan pertukaran energi dalam sel. van Neil yang mempelajari bakteri fotosintetik pada tahun 1930-an. Hasil ionisasi air ini adalah elektron dan oksigen. sedangkan fotosistem I 700 nanometer. Reaksi ini memerlukan molekul air. Kedua fotosistem ini akan bekerja secara simultan dalam fotosintesis.

Tanaman monokotil dan dikotil semuanya memiliki xlem dan floem yang berfungsi sebagai jaringan pengangkut.  JARINGAN TUMBUHAN . dan daun tumbuhan memiliki jaringan meristem.  KESIMPULAN    Setiap organ pada tumbuhan memiliki bentuk sel yang berbeda. epidermis. kolenkim.SEL dan JARINGAN TUMBUHAN kemudian menjadi gula seperti glukosa). Warna sel pada setiap tumbuhan berbeda dipengaruhi oleh jumlah klorofil. batang. Akar. parentim. Reaksi ini disebut reaksi gelap karena tidak bergantung pada ada tidaknya cahaya sehingga dapat terjadi meskipun dalam keadaan gelap (tanpa cahaya).

com • JARINGAN TUMBUHAN .SEL dan JARINGAN TUMBUHAN  REFERENSI www.google.

net/fotosintesis.irwantoshut.html http://vsalawane.blogspot.SEL dan JARINGAN TUMBUHAN • • http://www.html • Advance learning biology 2A JARINGAN TUMBUHAN .com/2011/09/lapora n-hasil-pengamatan-sel-bawang.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->