P. 1
Teori Waisya

Teori Waisya

|Views: 156|Likes:

More info:

Published by: Iqbal Andian Permana on Mar 25, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/26/2013

pdf

text

original

Teori Waisya, diutarakan oleh Dr.N.J.

Krom, berpendapatbahwa agama Hindu masuk ke Indonesia dibawa oleh kaum pedagang yang datang untuk berdagang ke Indonesia, bahkan diduga ada yang menetap karena menikah dengan orang Indonesia.

Teori Ksatria, diutarakan oleh F.D.K Bosch, berpendapat bahwa yang membawa agama Hindu ke Indonesia adalah kaum ksatria. Adanya raja-raja dari India yang datang menaklukan daerah-daerah tertentu di Indonesia dan menghindukan penduduknya. .

.

Kedatangan Kaum Brahmana tersebut diduga karena undangan Penguasa/Kepala Suku di Indonesia atau sengaja datang untuk menyebarkan agama Hindu ke Indonesia.Vanleur. . Teori Sudra. berpendapat bahwa agama Hindu masuk ke Indonesia dibawa oleh kaum Brahmana karena hanyalah kaum Brahmana yang berhak mempelajari dan mengerti isi kitab suci Weda. diutarakan oleh J. Mereka yang datang ke Indonesia bertujuan untuk mengubah kehidupan mereka karena di India hanya hidup sebagai budak.C.Teori Brahmana. teori ini menyatakan bahwa agama Hindu masuk ke Indonesia dibawa oleh kasta sudra.

disana di katakan bahwa agama Hindu masuk ke Indonesia dibawa oleh kaum pedagang yang datang untuk berdagang ke Indonesia. dan pada proses ini lah mungkin pedang dari india menyebarkan agama hindunya di Indonesia.Arus Balik dikemukakan oleh FD. Dulu di indonesia adalah tempat berlabuhnya pedagangpedagang dari berbagai dunia. Menurut saya teori yang mendekati benar adalah teori waisya. . Menurutnya penyebaran budaya India di Indonesia dilakukan oleh para cendikiawan atau golongan terdidik. K. Bosh.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->