Michael A.D.

Damanik (1061050011) Rizkidio Aryo Hardianto (1061050112)

 Kelebihan  Melindungi dari PMS (Penyakit Menular Seksual)  Tidak mempengaruhi hormon  Kekurangan  Kurang efektif  Berkurangnya sensasi seksual .

 Kelebihan  Melindungi dari PMS (Penyakit Menular Seksual)  Tidak mudah slip atau bocor  Tidak menimbulkan alergi  Dapat dipasang jauh sebelum hubungan seksual  Kekurangan  Kurang nyaman  Mahal .

 Kelebihan  Efektif  Kekurangan  Harus dipasang 24 jam sebelum melakukan hubungan seksual dan dilepas 6 jam setelahnya  Alergi .

pola haid (3 bulan pertama pemakaian). nyeri saat haid yang luar biasa  Dalam pemasangan. efek samping bergantung pula pada tenaga medis yang melakukan pemasangan dan pembukaan  Perlu dilakukan kontrol berkala setelah pemasangan . spooting saat haid. waktu haid lebih lama dan lebih banyak. Kelebihan :        Cocok untuk penggunaan jangka panjang Penggunaannya tidak terpengaruh faktor lupa Tidak ada efek samping hormonal Dapat digunakan saat menyusui Tidak ada interaksi dengan obat-obatan yang sedang dikonsumsi Dapat dipasang segera setelah melahirkan (40hari) atau keguguran Kesuburan cepat kembali setelah IUD dicabut  Kekurangan :  Efek samping pada saat haid yakni. siklus haid memendek.

 Kelebihan  Biaya murah  Pemakaian tidak merepotkan  Dapat dilepas kapan pun  Kekurangan  Sakit kepala  Jerawat  Tidak melindungi terhadap PMS  Siklus haid tidak teratur .

 Kelebihan :  Tingkat efektifitas cukup tinggi jika digunakan dengan benar  Tidak menyebabkan rasa kurang nyaman saat berhubungan     seksual Waktu penggunaan berdasarkan keinginan Dapat dipakai oleh wanita yang belum pernah hamil Kesuburan cepat kembali setelah penggunaan Menstruasi menjadi teratur. lebih sedikit. sakit kepala ringan dan      . dam waktunya singkat serta mengurangi rasa nyeri haid nyeri pada payudara Perdarahan diantara masa haid Meningkatkan berat badan Bisa tidak haid Digunakan oleh wanita usia reproduktif Tidak dapat digunakan saat menyusui  Kekurangan :  Mual (3 bulan pertama pemakaian).

kurangnya libido seksual. Kelebihan :  Cocok pada penggunaan jangka panjang  Waktu penggunaannya tidak intens (minimal suntik 1 bulan sekali)  Tidak menggangu hubungan seksual  Dapat digunakan saat menyusui  Dapat dipakai segera setelah keguguran maupun setelah masa nifas  Kekurangan : Perubahan pola haid tahun pertama pemakaian Perdarahan bercak yang dapat berlangsung lama Perubahan berat badan Dapat menyebabkan sakit kepala. rambut rontok. “moodiness”  Digunakan hanya oleh usia reproduktif     . nyeri payudara. jerawat.

 Kelebihan  Tidak perlu memikirkan kontrasepsi yang lainnya  Kekurangan  Tidak memberi perlindungan terhadap PMS  Memerlukan operasi mayor .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful