P. 1
Kimia Organik(1)

Kimia Organik(1)

|Views: 60|Likes:
Published by Olla YoLa
bahan kuliah
bahan kuliah

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: Olla YoLa on Mar 25, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/16/2013

pdf

text

original

Kimia Organik/Alkohol

Dari Wikibuku Indonesia, sumber buku teks bebas berbahasa Indonesia < Kimia Organik Langsung ke: navigasi, cari Alkohol adalah kelompok senyawa yang mengandung satu atau lebih gugus fungsi hidroksil (OH) pada suatu senyawa alkana. Alkohol dapat dikenali dengan rumus umumnya R-OH. Alkohol merupakan salah satu zat yang penting dalam kimia organik karena dapat diubah dari dan ke banyak tipe senyawa lainnya. Reaksi dengan alkohol akan menghasilkan 2 macam senyawa. Reaksi bisa menghasilkan senyawa yang mengandung ikatan R-O atau dapat juga menghasilkan senyawa mengandung ikatan O-H. Salah satu senyawa alkohol, etanol (etil alkohol, atau alkohol sehari-hari), adalah salah satu senyawa yang dapat ditemukan pada minuman beralkohol. Rumus kimianya CH3CH2OH.

Daftar isi
 

1 Penamaan alkohol o 1.1 Contoh alkohol 2 Sintesis/pembuatan alkohol o 2.1 Reaksi adisi Grignard  2.1.1 Sintesis dari formaldehida  2.1.2 Sintesis dari aldehida  2.1.3 Sintesis dari keton  2.1.4 Sintesis dari ester  2.1.5 Sintesis dari asam karboksilat

Penamaan alkohol
Penamaan alkohol mengikuti aturan IUPAC: 1. temukan rantai karbon terpanjang yang paling tidak mengikat satu gugus -OH, ini adalah rantai utamanya 1. jika ada lebih satu gugus -OH, maka cari rantai terpanjang yang paling banyak mengandung gugus -OH-nya 2. namai apakah itu termasuk alkohol, alkana diol, triol, dsb. 2. beri nomor pada gugus -OH, usahakan agar gugus -OH mendapatkan nomor terkecil 3. prioritaskan gugus alkohol diatas gugus fungsi lainnya (karena gugus alkohol/hidroksi adalah gugus yang mendapat prioritas tertinggi dalam penamaan)

Contoh alkohol

Atom magnesium akan menempati posisi diantara gugus alkil dan atom halogen (X) dengan rumus umum: R-X + Mg → R-Mg-X Pada contoh di bawah ini.Nama IUPAC CH3CH2OH CH3CH2CH2-OH (CH3)2CH-OH Etanol 1-Propanol 2-Propanol 2-Etil-1-butanol 3-Metil-3-pentanol 2.3propanadiol Sintesis/pembuatan alkohol Ada 2 reaksi yang dapat dipakai untuk membuat/mensintesis alkohol dari gugus karbonil: reaksi adisi Grignard dan reaksi reduksi. digunakan bromin sebagai reagen grignard karena bromin merupakan atom halogen yang biasa dipakai dalam pembuatan reagen grignard.1-Etanadiol 1.4-Sikloheksanadiol 1. Kita akan lihat satu per satu.2-Dimetilsiklopropanol Gugus -OH lebih dari 1 1. Reaksi adisi Grignard Reagen grignard dibuat dengan cara mencampurkan logam magnesium dengan alkil halida (atau haloalkana).2-Etanadiol 1.2.2Di(hidroksimetil)sikloheksana 2-(hidroksimetil)-1. .3-Propanatriol Nama umum Etil alkohol Propil alkohol Isopropil alkohol (Catatan: bukan isopropanol) 2-Etilbutanol Etilen glikol Asetaldehid hidrat Gliserol (juga dikenal sebagai lemak tubuh) OH dapat dinamai sebagai substituen gugus hidroksil (hidroksialkana) 1.

Sintesis dari keton . Alkohol yang dihasilkan berjenis alkohol primer. Sintesis dari aldehida Sintesis alkohol dari aldehida dan reagen Grignard Gambar diatas menunjukkan sintesis alkohol yang dihasilkan dari aldehida dan reagen Grignard. Alkohol yang dihasilkan berjenis alkohol sekunder.Mekanisme dari reagen Grignard yang bereaksi dengan sebuah karbonil Sintesis dari formaldehida Sintesis alkohol dari formaldehida dan reagen Grignard Gambar diatas menunjukkan sintesis alkohol yang dihasilkan dari formaldehida dan reagen Grignard.

org/wiki/Kimia_Organik/Alkohol .Sintesis alkohol dari aldehida dan reagen Grignard Gambar diatas menunjukkan sintesis alkohol yang dihasilkan dari keton dan reagen Grignard. Alkohol yang dihasilkan berjenis alkohol tersier. Ester dapat terhidrolisa menjadi alkohol dan asam karboksilat. Sintesis dari asam karboksilat Sintesis alkohol dari asam karboksilat dengan reaksi reduksi Gambar diatas menunjukkan sintesis alkohol dari asam karboksilat dengan reaksi reduksi http://id. Sintesis dari ester Sintesis alkohol dari ester dengan reduksi Gambar diatas menunjukkan sintesis alkohol dari ester dengan reaksi reduksi.wikibooks.

eterdapat mengalami reaksi subtitusi dengan HBr atau HI menghasilkan suatu alkohol dan alkil halida. R-O-R’ +HX à R-OH + R’-X (Catatan : R yang lebih panjang membentuk alkohol sedangkan R’ yang lebih pendek membentuk alkil halida). Reaksi dengan fosfortriklorida (PCl3) Semua alkohol bereaksi dengan PCl3. Contoh : CH3-CH2-O-CH2-CH3 + HI –> CH3-CH2-OH + CH3-CH2I CH3-CH2-CH2-O-CH2-CH3 + HBr –> CH3-CH2-CH2-OH + CH3-CH2B http://sakratimur.com/2011/10/reaksi-reaksi-senyawa-alkohol. Reaksi dengan Na Semua alkohol bereaksi dengan logam Na.blogspot. Reaksi Oksidasi Alkohol primer (R-CH2OH) Aldehida (R-CHO) Asam karboksilat (R-COOH) Alkohol sekunder (R-CHOH-R Keton (R-CO-R) Alkohol tersier (R3COH). 2011 1. menurut persamaan reaksi berikut : 3R-OH + PCl3 –> 3R-Cl + H3PO3 4. menurut persamaan reaksi berikut : 2R-OH + 2Na –> 2R-ONa + H2 3.REAKSI-REAKSI SENYAWA ALKOHOL Written By pathul lapil on Oct 4. Pada suhu sekitar 1300C terjadi penggabungan dua molekul alkohol menjadi eter (eterifikasi) 2R-OH R-O-R + H2O 1. 2011 | Tuesday.html . tidak dapat dioksidasi 2. October 04. Pada suhu sekitar 1800C terjadi eliminasi air dari alkohol membentuk suatu alkena CH3-CH2-OH CH2=CH2 + H2O REAKSI SENYAWA ETER Reaksi Subtitusi Eter. Reaksi dengan Asam Sulfat (H2SO4) a.

yaitu dengan mereaksikan kloropentana dan KOH. Reaksinya adalah: CH2=CH2 + H2O ⇌ CH3CH2OH Hidrolisis Ester Rumus ester suatu asam organik adalah RCOOR'. Dari hasil eksperimen dapat disimpulkan bahwa alkil iodida lebih cepat reaksinya daripada alkil bromida maupun alkil klorida. RCHO + H2 → ROH Sedangkan reaksi keton oleh hidrogen menghasilkan alkohol sekunder. Senyawa etil hidrogensulfat yang diperlukan dibuat dari reaksi adisi H2SO4 pada etena. ROR + H2 → ROH Alkohol tersier tidak dapat dihasilkan melalui reaksi reduksi. Inilah reaksi pembuatan alkohol: Mereaksikan Alkil Halida (Haloalkana) dengan Basa Reaksi antara alkil halida dengan basa akan menghasilkan alkohol dan garam.Pembuatan Alkohol Alkohol merupakan senyawa organik yang sangat bermanfaat. Selain itu halida primer menghasilkan hasil alkohol yang lebih banyak dibandingkan dengan alkil halida sekunder maupun tersier. hidrasi etilena akan menghasilkan etil alkohol (etanol). Mereduksi Aldehida dan Keton Reaksi aldehida oleh hidrogen menghasilkan alkohol primer. Sebagai contoh. Maka dari itu usaha untuk membuat alkohol pun semakin besar. Contoh: CH3-CH2-SO3H + H2O → CH3CH2OH + H2SO4 Hidrasi Alkena Alkena jika dikenai reaksi hidrasi dengan adanya asam encer akan menghasilkan alkohol. Bila ester tersebut dihidrolisis dapat menghasilkan alkohol dan asam karboksilat menurut persamaan reaksi: RCOOR' + H2O ⇌ RCOOH + R'OH Cara hidrolisis ini ditempuh saat tidak ada cara lain untuk membuat suatu alkohol yang diperlukan. RX + KOH → ROH + KX Cara ini digunakan secara khusus untuk membuat amil alkohol dalam skala besar. Hidrolisis Alkil Hidrogensulfat Pembuatan alkohol dengan cara hidrolisis alkil hidrogen sulfat banyak digunakan untuk membuat etanol perdagangan. .

sekunder dan tersier dapat dibuat dengan reagen Grignard.html . Langkah 1: CH3-Mg-Cl + HCHO → CH3-CH2-OMgCl Langkah 2: CH3-CH2-OMgCl + H2O → CH3-CH2-OH + MgCl(OH) http://www.Menggunakan Reagen Grignard Alkohol primer. Reagen Grignard adalah senyawa organometalik dengan rumus umum RMgX.org/2013/03/pembuatan-alkohol.ilmukimia.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->