1. Kondisi pulau Jawa dengan jumlah penduduk yang padat menyebabkan lahan pertanian sempit.

Sedangkan pulau Kalimantan masih memiliki lahan pertanian yang luas karena jumlah penduduk yang relatif sedikit, sehingga terjadi perpindahan penduduk dari pulau Jawa ke pulau Kalimantan melalui transmigrasi. Konsep geografi yang berkaitan dengan fenomena ini adalah… A. konsep pola B. konsep lokasi C. konsep aglomerasi D. konsep keterjangkauan E. konsep interaksi 2. Banjir yang melanda wilayah Bandung tahun 2009 menimbulkan kerugian yang sangat besar baik materil maupun moril. Untuk memecahkan masalah tersebut, pendekatan geografi yang digunakan adalah… A. pendekatan keruangan B. pendekatan ekologi C. pendekatan wilayah D. pendekatan kompleks wilayah E. pendekatan spasial 3. Fenomena alam dalam bentuk angin putting beliung yang terjadi di wilayah Indonesia ada kaitannya dengan perbedaan tekanan udara dan suhu udara. Prinsip geografi yang berkenaan dengan fenomena tersebut adalah… A. prinsip distribusi B. prinsip interaksi C. prinsip deksripsi D. prinsip korologi E. prinsip lokasi 4. Geografi manusia merupakan salah satu aspek kajian nonfisik dalam geografi. Geografi manusia mempelajari manusia dengan segala kegiatannya, sementara geografi fisik mempelajari… A. jenis mata pencaharian penduduk di suatu wilayah B. dampak kegiatan manusia terhadap lingkungan C. pengaruh bentang alam terhadap kegiatan manusia D. pengaruh lingkungan alam terhadap bentuk bangunan rumah E. gejala-gejala alam di permukaan bumi 5. Gerak lempeng tektonik disebabkan oleh arus konveksi dari dalam Bumi. Gerakan lempeng tektonik yang menyebabkan terbentuknya pematang tengah samudra adalah… A.

B.

C.

TAMBAHAN GEOGRAFI SMA 12 IPS 2013

1

Pembentukan Jagad Raya menurut teori Big Bang didasarkan pada asumsi bahwa alam semesta berasal dari keadaan panas dan padat yang mengalami… A. ledakan dahsyat dan mengembang C. 4). 3). 4). pembentukan atom-atom hidrogen dan helium E. perubahan materi terus menerus dan statis D. dan 5) 9. 6. Karakterisitik planet antara lain: 1) jaraknya dengan Matahari 57 juta kilometer 2) terdapatnya debu besi yang teroksidasi di atmosfernya 3) permukaannya berupa gas helium 4) waktu revolusi 88 hari 5) memiliki diameter ± 4800 km Karakteristik planet merkurius ditunjukan oleh nomor… A. 1). 2). 2). 1). dan 4) E. dan 5) C. dan 3) B. Perbedaan teori pembentukan Tata Surya menurut Teori Nabula dan Teori Pasang Surut adalah… Teori Nabula Teori Pasang Surut A Matahari sudah ada sejak Matahari terbentuk bersama dulu dengan planet B Tata surya terbentuk dari Tata surya terbentuk dari gumpalan kabut material matahari C Planet-planet berasal dari Planet-planet berasal dari debu angkasa gumpalan kawat kabut awan D Gumpalan kabut pecah Matahari mengalami ledakan membentuk planet karena besar berkali-kali tabrakan komet E Awalnya hanya terbentuk 4 Planet yang terbentuk planet raksasa ukurannya sama 8. pergeseran bintang-bintang di alam raya dan planet 7. dan 5) D. Teori ekspansi dan kontraksi merupakan variasi dari teori Big Bang. E. Teori ini menyatakan bahwa jagad raya terbentuk melalui periode mengembang (ekspansi) dan menyusut (kontraksi). 2). 1). Massa yang mengembang disebabkan TAMBAHAN GEOGRAFI SMA 12 IPS 2013 2 . gaya gravitasi antar materi dan planet B. 3).D.

orogenetik positif D. epirogenetik negatif C. terlihat sebagai bintang senja C. terbit bersamaan dengan matahari E. reaksi inti hidrogen C. berebut dengan pengunjung lain untuk menuju pintu keluar E. tektonik positif 13. epirogenetik positif B. tidak panik dan mengikuti arahan petugas C. 4).Perhatikan jenis-jenis batuan berikut ini: 1) granit 4) breksi 2) basalt 5) konglomerat 3) pasir Jenis batuan sedimen yang dimanfaatkan sebagai bahan bangunan ditunjukkan oleh nomor… A.oleh… A. topografi 3. kadar air 5. ledakan salah satu bintang besar 10. 2). perputaran gas yang cepat E. upaya yang paling tepat untuk mencegah jatuhnya korban jiwa adalah… A.Pantai Norwegia mengalami pengangkatan sehingga kedalaman laut seolaholah berkurang. 4). orogenetik negatif E.Apabila terjadi gempa saat kita berada di pusat perbelanjaan. dan 4) D. berteriak-teriak meminta tolong B. terlihat sebelum matahari terbit D. bahan induk 4. 1).Fenomena yang dapat diamati dari Bumi saat revolusi Venus berada pada kedudukan elongasi timur adalah… A. dan 5) E. dan 5) 12. 1). berlari menuju pintu keluar sambil berteriak minta tolong D. suhu yang tinggi B. mengikuti araha petugas sambil ketakuta 14. 2). 3). pancaran panas yang tinggi D. horizon tanah 2. dan 3) TAMBAHAN GEOGRAFI SMA 12 IPS 2013 3 . terlihat bintang pagi B. dan 3) B.Perhatikan beberapa faktor berikut: 1. 1). 2). tampak terang sepanjang malam 11. 3). Keadaan tersebut menunjukkan gerak… A. dan 5) C. waktu faktor-faktor pembentuk tanah ditunjukkan oleh nomor… A. 3). 2).

3).La Nina merupakan salah satu gejala perubahan iklim global. buffering 16. penurunan radiasi sinar ultraviolet C.Konservasi tanah dilakukan dengan metode sebagai berikut: 1) menanam vegetasi pada lahan kosong 2) menanam tumbuhan secara berjalur tegak lurus terhadap arah aliran 3) di antara deretan tanaman kacang tanah terdapat deretan tanaman jagung metode konservasi tanah itu disebut… A.Arus laut di dunia terdiri atas arus panas dan arus dingin. peningkatan refleksi sinar inframerah D. Keuntungan samudera-samudera di dunia yang dilalui arus panas adalah… A. Indonesia mengalami hujan salju pada musim pancaroba D. 1). tergelincirnya pesawat udara C. Indonesia dilanda putting beliung pada musim pancaroba E. 3). mengambil kayu bakau untuk diperdagangkan E. pembentukan awan cumulus 18. terracing E. Dampak La Nina bagi Indonesia adalah… A. Indonesia mengalami pengurangan luas hutan konservasi 19. peningkatan radiasi sinar ultraviolet 17. angin fohn di lereng gunung E. 2). penurunan radiasi sinar inframerah E. 1). crop rotation D.Gangguan cuaca berupa gerakan turbulensi angin dapat mengakibatkan peristiwa… A. dan dan dan dan 4) 5) 5) 5) 15. peningkatan refleksi sinar ultraviolet B.Dampak rusaknya lapisan ozon terhadap permukaan Bumi adalah… A. D. membuat pemukiman di rawa mangrove 20. strip cropping B. membudidayakan ikan air payau dengan menebang hutan mangrove B. wind breaks C. mengalihfungsikan rawa mangrove sebagai lokasi tambak D.B. 2). C. memiliki gelombang besar sebagai sumber energy listrik TAMBAHAN GEOGRAFI SMA 12 IPS 2013 4 . peningkatan suhu atmosfer D. Indonesia mengalami musim hujan yang lebih panjang daripada keadaan normal C. Indonesia mengalami musim kemarau yang lebih panjang daripada keadaan normal B. 4).Rusaknya rawa mangrove di tepi pantai dapat menyebabkan abrasi sehingga luas daratan semakin berkurang. melakukan penelitian biota dan habitat air payau di rawa mangrove C. Upaya penyelamatan rawa mangrove yang sekaligus memberikan keuntungan bagi manusia adalah… A. hujan lebat disertai petir B. 4). E.

Zona laut dapat dibedakan berdasarkan kedalamannya. 2). E. 3). tapir dan badak E.800 meter B. panda dan moles B. 4) B. 5) TAMBAHAN GEOGRAFI SMA 12 IPS 2013 5 . 1). zebra dan badak D. cheetah dan panda C. dapat ditemukan kenampakan lubuk laut C. merupakan zona yang kaya ikan 22. C. anoa dan orang utan 23. anaconda dan ikan piranha 24.Fauna tipe Australis di Indonesia yang habitatnya dilindungi oleh pemerintah adalah… A. 2).B. komodo dan anoa C. 1). maleo dan kuskus D. Karakteristik zona batial adalah… A. 4) D. D. orang utan dan kangguru E.Perhatikan peta persebaran fauna di dunia berikut: Fauna khas yang terdapat di daerah bertanda X adalah… A. 5) C. perairannya tidak pernah beku sepanjang tahun menjadi habitat berbagai jenis ikan dan biota laut kondisi air laut tidak terlalu pekat dan asin tidak pernah mengalami tsunami 21. 4). nokdiak dan walabi B. tidak menerima sinar matahari E. merupakan zona pasang surut air laut D. berada pada kedalaman lebih dari 1. 4).Perhatikan faktor-faktor yang mempengaruhi persebaran penduduk berikut ini! 1) penduduk di perbukitan berpindah ke daratan rendah 2) kota-kota besar sebagai pusat perekonomian merupakan tujuan transmigrasi 3) penduduk melakukan transmigrasi mengikuti kerabat yang sudah sukses di daerah transmigran 4) penduduk lebih memilih tinggal di wilayah yang memiliki jaringan jalan landai 5) kondisi tanah yang subur dan ketersediaan air bersih menjadi salah satu bahan pertimbangan bagi penduduk dalam memilih lokasi pemukiman Faktor fisiografis yang mempengaruhi transmigrasi ditunjukkan oleh nomor… A. 2).

Kebijakan pemerintah tersebut didasarkan pada alasan… A. 2). 4). alat rumah tangga 28. dan 4) C. sebagian besar penduduk kota X berusia tua B. batu bata C. Kegiatan ekonomi penduduk yang bias dikembangkan wilayah dengan tanah lempung adalah industri… A. 2). dan 3) B. 1). kualitas sumber daya manusia di kota X tergolong rendah E.Tingginya angka pertumbuhan penduduk di Indonesia mampu menurunkan produktivitas negara. 4). 3).Kegiatan-kegiatan yang dilakukan penduduk sebagai berikut: 1) perikanan keramba 2) olahraga dayung 3) pembangkit listrik tenaga air 4) memanen tumbuhan enceng gondok kegiatan ekonomi penduduk yang dilakukan dengan memanfaatkan perairan danau secara benar ditunjukkan oleh nomor… TAMBAHAN GEOGRAFI SMA 12 IPS 2013 6 . pengendalian jumlah migrasi E. perbaikan tingkat kesehatan B. Salah satu upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah melalui… A.Perhatikan tabel jumlah penduduk kota X berikut ini! No Kelompok Umur Jumlah Penduduk 1 0-14 tahun 23. 2).000 jiwa 3 >64 tahun 7. 1). dan 4) D.Perhatikan faktor-faktor berikut! 1) laju pembangunan fisik 2) kebutuhan air per kapita 3) mobilitas penduduk 4) eksploitasi air tanah 5) pembangunan jaringan drainase Penyebab penyusutan potensi sumber daya air tanah di kota-kota besar di Indonesia adalah peningkatan faktor yang ditunjukkan oleh nomor… A. batako E.E. dan 5) 29. semen B.000 jiwa Berdasarkan kondisi kependudukan di atas. 3). dan 5) E. 4). pengendalian jumlah kelahiran C. keramik D. 5) 25. sebagian besar penduduk di kota X berada pada usia muda dan usia produktif D.000 jiwa 2 15-64 tahun 20. 3). pemerintah setempat berencana menambah jumlah sekolah dan pabrik tekstil.Lahan di wilayah yang bertekstur tanah lempung akan sulit dimanfaatkan sebagai lahan pertanian. peningkatan lowongan pekerjaan 27. 2). kota X memiliki angka pengangguran yang tinggi 26. perbaikan fasilitas umum D. tingkat pendidikan di kota X tergolong rendah C.

1).Tindakan pemanfaatan lingkungan hidup sebagai berikut! 1) tidak selektif dalam memanfaatkan sumber daya alam 2) tidak boros dan memperhitungkan efisensi.A. D. 1). 4). 1) dan 4) D. 3). C. dan 5) B. kita harus dapat… A. artinya dalam penggunaan sumber daya alam harus memperhatikan kelestariannya 3) meminimalkan pencemaran 4) memaksimalkan penggunaan sumber daya alam langka 5) modernisasi semua peralatan dalam pemanfaatan sumber daya alam Tindakan pemanfaatan lingkungan yang tidak mendukung pembangunan berkelanjutan ditunjukkan oleh nomor… A. E. 2) dan 3) E. 3) dan 4) 34. kerusakan ekosistem B. 2). 1) dan 2) B. manusia tidak dapat memenuhi kebutuhan hidupnya 31. memanfaatkan lingkungan semaksimal mungkin 33. mendaur ulang lingkungan yang sudah dipakai C. menjaga kondisi lingkungan tetap seimbang B.Berikut ini karakteristik garis kontur 1) pada wilayah renggang garis kontur saling berpotongan TAMBAHAN GEOGRAFI SMA 12 IPS 2013 7 . dan 5) 32. dan 5) E. 3). 2). 1) dan 3) C. punahnya flora dan fauna E.Lingkungn hidup membutuhkan keseimbangan antarkomponennya. 1) 1) 1) 2) 2) dan dan dan dan dan 2) 3) 4) 3) 4) 30. Keseimbangan antar komponen lingkungan hidup yang terganggu menyebabkan… A. menemukan sumber daya alam di lingkungan yang baru D. pencemaran lingkungan D. habisnya sumber daya alam C. dan 5) C. Agar lingkungan dapat tetap mendukung pembangunan berkelanjutan. 2).Faktor-faktor pembangunan: 1) pembangunan untuk memenuhi prioritas kebutuhan hidup generasi sekarang 2) pemnbangunan yang kurang peduli terhadap lingkungan hidup 3) perencanaan pembangunan yang selalu mementingkan lingkungan 4) pemenuhan kebutuhan generasi sekarang tanpa merugikan generasi yang akan datang Faktor-faktor yang mencirikan pembangunan berkelanjutan terdapat pada nomor… A. 1).Untuk memenuhi kebutuhan hidup pembangunan dilakukan dengan memanfaatkan lingkungan. 4). dan 5) D. B. memanfaatkan sumber energi atau lingkungan alternative E.

2) dan 3) D. 2). membedakan objek sungai dan jalan raya berdasarkan rona objek TAMBAHAN GEOGRAFI SMA 12 IPS 2013 8 . 1 : 115. dan 4) B. 4). 1 : 125. menganalisis jumlah korban bencana alam D.000 B. 1: 130. menganalisis prediksi datang bencana C.2) setiap garis kontur memiliki interval yang berbeda 3) garis kontur adalah kurva tertutup dan tidak bercabang 4) daerah pegunungan dan perbukitan dicirikan oleh garis kontur yang rapat 5) dataran rendah dicirikan oleh garis kontur yang renggang karakteristik garis kontur yang benar ditunjukkan oleh nomor… A.Perhatikan ciri-ciri peta berikut ini! 1) garis lintang tergambar dalam bentuk lingkaran yang mengelilingi kutub 2) garis bujur tergambar dalam bentuk garis lurus yang berpusat pada kutub 3) wilayah khatulistiwa tergambar dengan luasan yang rapat 4) wilayah kutub mengalami distorsi yang paling besar ciri-ciri peta yang digambarkan menggunakan proyeksi azimuthal ditunjukkan oleh nomor… A. 4). 3). jumlah kelahiran dan kematian di suatu wilayah D. jumlah emigran dan imigran di suatu wilayah C. 1). dan 5) E. memperkirakan dana bantuan dari luar daerah E.000 D.000 E. dan 4) D.000 37. skala PETA 1 adalah… A. menghitung kebutuhan obat dan bahan makanan 38. 2). 1) dan 2) B. 2). jumlah penduduk dan luas wilayah B.Perhatikan gambar berikut! Jika kedua peta merupakan peta daerah yang sama. 2) dan 4) E. 1 : 120. 3) dan 4) 36. mempersiapkan rencana tanggap darurat B. 1).Pembuatan peta di bidang kebencanaan bertujuan untuk… A. 1: 135. jumlah penduduk dan penggunaan lahannya E.Peta kepadatan penduduk dibuat berdasarkan perbandingan… A. 3).000 C. dan 5) C. 1) dan 3) C. dan 5) 35. jumlah penduduk dan persebarannya 39.Contoh interpretasi penginderaan jauh menggunakan ciri spektal ditunjukkan dalam kegiatan… A. 3).

membedakan rel kereta api dengan jalan raya berdasarkan asosiasi dan bentuk percabangan 40. memanjang jalan raya 44.Perhatikan pernyaataan berikut ini! 1) data mudah diperbarui 2) biaya kegiatan murah 3) data mudah dimanipulasi 4) hasil analisis mudah dibawa 5) informasi yang dihasilkan cepat dan tepat Keunggulan SIG ditunjukkan oleh nomor… A. pola pikir masyarakat rasional E. perkembangan pendidikan dan sosial E. memantau daerah aliran sungai E. perkembangan ekonomi dan sosial C. 2). bentang budaya dan bentang alam B. 2).Peranan Sistem Informasi Geografi dalam pelaksanaan pembangunan adalah menyajikan informasi… A. dan 4) D. 3). 3). 1). adat istiadat masing sangat kuat C. memanjang pantai D. adat istiadat yang masih longgar B.Ciri yang masih terlihat dari desa swadaya adalah… A. Pola pemukiman penduduk di daerah itu adalah desa… A. lapangan kerja dan kegiatan ekonomi 43. mengamati pendangkalan waduk menggunakan citra yang berbeda waktu perekamannya E. menginterpretasi sawah sebelum tanam dan sawah pasca panen berdasarkan waktu D. dan 5) 42.Bentuk desa di wilayah pegunungan dihuni oleh penduduk yang berasal dari satu keturunan yang sama. mendeteksi lahan kritis B. terpusat B. membedakan objek sungai dan jalan raya berdasarkan bentuk dan asosiasinya C. 2). dan 5) E. dan 5) C. mengamati system angina di muka bumi D. dan 3) B. adat kontak dengan daerah lain D. 1). 3).B. sehingga umumnya warga masyarakat di daerah itu adalah keluarga atau kerabat. 4). mengamati sifat fisik air laut C. memetakan permukaan bumi 41. Bentuk desa itu berpotensi besar untuk berkembang secara luas. mengelilingi fasilitas E. mata pencaharian beragam TAMBAHAN GEOGRAFI SMA 12 IPS 2013 9 .Manfaat penginderaan jauh di bidang hidrologi adalah… A. linear C. perkembangan negara dan bangsa D. 3).

(3).Peranan pusat perwilayahan dalam pembangunan pada suatu wilayah adalah… A. 50 km dari B 47. (1). dan (5) 49. dan (5) 50. menampung kelebihan penduduk dari daerah sekitar E. (3). (4). Jika antara kota A dan kota B akan didirikan suatu industry tertentu. (1). dan (5) E. (3). menyediakan bahan pangan bagi seluruh penduduk desa D.000 jiwa. dan (5) D. (2). 20 km dari B D. merangsang pertumbuhan perekonomian bagi daerah sekitar 48. (2).Penduduk kota A = 5. (1). (3). (2). susu kaleng 46. (2). mengendalikan system pemerintahan B. 10 km dari B C. (1).000 jiwa dengan jarak seperti gambar. (3). 25 km dari B E. dan kota B = 200. 0 km dari A B. (2). (4). menjadi pusat pelayanan bagi daerah sekitar C.45. semen B.Industri yang cocok dikembangkan di wilayah nomor 1 adalah industri… A. buah kaleng C. besi D. (1).Ciri-ciri negara maju dan negara berkembang tingkat pendidikan tinggi dan lapangan pekerjaan lebih luas komoditas ekspor berasal dari olahan (industri) keadaan perekonomian lebih baik angka kelahiran dan kematian tergolong tinggi industri berasal dari latar belakang agraris Karakteristik negara maju ditunjukkan oleh nomor… A. dan (5) C.Nama-nama negara: Perancis Meksiko Inggris Australia TAMBAHAN GEOGRAFI SMA 12 IPS 2013 10 1) 2) 3) 4) . ikan kaleng E. (1). dan (5) D. dan (4) C.000.Nama-nama negara: India Belanda Thailand Malaysia Korea Selatan Negara yang digolongkan negara berkembang adalah nomor… A. (2). (4). dan (3) B. dan (4) E. dan (3) B. maka jarak idealnya adalah… A.

dan (6) E. (3). dan (6) TAMBAHAN GEOGRAFI SMA 12 IPS 2013 11 . (2). (1). (2). (1). (5). (3). (4).5) 6) Jerman Mesir Negara-negara maju adalah nomor… A. dan (6) D. (3). (4). (5). dan (4) B. (1). (3). (4). (2). dan (5) C.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful