Dra .Rahmiati, M.

Psi

CONTENT
1

Pengertian Psikologi
Psikologi anak & Pembelajarannya

2

3

Gaya Belajar Anak

CONTENT
4

Keajaiban Pembelajaran Inovatif Landasan teori Pembelajaran Inovatif Model-model Pembelajaran Inovatif VCD Pendidikan

5

6

7

A. PENGERTIAN PSIKOLOGI

Psiko = Jiwa. (Manifestasinya prilaku) Logos = Ilmu Psikologi = Ilmu yang mempelajari jiwa . Objek material prilaku manusia yang sedang belajar dan yang membelajarkan . Objek formalnya situasi pendidikan yang meliputi tujuan pendidikan, anak didik, pendidikan, metode pendidikan, materi, penilaian dan konteks sosio cultural

D. Mencapai pendidikan yang efektif Menumbuhkan pengertian yang tepat Menimbulkan rasa senang dalam belajar Mempengaruhi sikap siswa . C. B.KEGUNAAN PSIKOLOGI PENDIDIKAN A.

Memfasilitasi dan memotivasi belajar siswa 5. Memilih strategi/metode pembelajaran yang sesuai 3. Berinteraksi secara tepat dengan siswanya 7. Memberikan bimbingan 4. . Menilai hasil pembelajaran yang adil 1. Menciptakan iklim belajar yang kondusif 6.KEGUNAAN PRAKTIS UNTUK GURU Merumuskan tujuan pembelajaran secara cepat 2.

B. D. C. E. MENURUT PANDANGAN BEHAVOIRISME MENURUT PANDANGAN PSIKOANALISIS MENURUT PANDANGAN KOGNITIF MENURUT PANDANGAN HUMANISTIK MENURUT PANDANGAN PSIKOLOGI ISLAM .HAKEKAT MANUSIA DALAM PANDANGAN PSIKOLOGI A.

Agar murid saya mau dan senang belajar. Jika .. .saya menjadi guru kelas …… maka saya akan melakukan …….

MEDIA 6. . BELAJAR SAMBIL BERMAIN/METODE 5.GURU KELAS I BERNYANYI 2. MOTIVASI 1. JADWAL 4. KESEMPATAN KEGIAN BEBAS 3.

siswa bangga menjadi anggota kelas tersebut. Melambangkan kekompakan kelas Memunculkan rasa ingin tahu yang tinggi dari siswa .YEL –YEL PEMBELAJARAN      YEL-YEL UNTUK MEMULAI PEMBELAJARAN Buat yang bisa membangkitkan semangat belajar siswa Membuat kelas mempunyai harga diri yang tinggi.

siswa bangga menjadi anggota kelas tersebut. Melambangkan kekompakan kelas Memunculkan rasa ingin tahu yang tinggi dari siswa .YEL –YEL PEMBELAJARAN      YEL-YEL UNTUK MEMULAI PEMBELAJARAN Buat yang bisa membangkitkan semangat belajar siswa Membuat kelas mempunyai harga diri yang tinggi.

YEL-YEL TENTANG MATERI PEMBELAJARAN  Memudahkan siswa untuk mengingat materi pembelajaran  Membantu siswa untuk memahahi pelajaran  Memuat materi secara menyeluruh  Menggunakan irama yang sesuai dengan perkembangan anak dan materi  Menarik minat siswa untuk belajar .

YEL-YEL DIAKHIR PEMBELAJARAN  Meninggalkan kesan agar siswa tetap merindukan pembelajan itu  Siswa mau mempelari lagi materi yang telah dipelajarinya  Murid mau mengerjakan tindak lanjut yang diberikan guru .

Keajaiban pengajaran yang inovatif .

Anda belajar bagaimana pikiran itu bekerja dan diproses hingga akhirnya mampu mempengaruhi pikiran murid dan prilakunya sesuai dengan kehendak anda .1.

.2. Anda bisa menguasai anak seperti apapun bandelnya atau sussah diatur.

3. Anda bisa menggunakan tehnik afirmasi sugesti dan visualisasi dalam menerangkan pelajaranpelajaran di sekolah sehingga mata pelajaran yang diajarkan terasa sangat menyenangkan dan dapat diterima siswa .

4. Anda bisa menjadi terapis dalam menyembuhkan berbagai macam perilaku aneh yang dialami anak didik anda. .

5. Anda sebagai seorang guru lebih nyaman dalam mengajar karena setiap hari murid anda penuh antusiasme dan semangat dalam mengikuti pelajaran yang diajarkan .

sebab murid-murid saat ini lebih tertib dan bisa diarahkan.6. Anda sebagai seorang guru menjadi lebih baik dan dihargai. .

Anda pasti tersenyum bahagia setiap hari karena murid-murid anda sekarang sadar diri.7. Nilai 9 dan 10 selalu menghiasi buku-buku pr dan ujian mereka. . bahwa belajar adalah kebutuhannya.

PSIKOLOGI ANAK DAN POLA PEMBELAJARANNNYA .

ANAK KECIL A = AKTIF  N = NEKAD  A = AMAN  K = KREATF      K = KOMPETITIF E = EMOSIONAL C = CERDAS I = IMITATIF L = LABIL .

Memiliki kemanpuan yang kuat untuk menfokuskan perhatian pada suatu pekerjaan. Matanya cerah memancarkan keceriaan 4. Memegang dan menyentuh bila mendapatkan yang baru 3. . 1.AKTIF Berkeinginan untuk bergerak sehingga memiliki mobilitas yang tinggi 2.

sussah untuk diajak untuk kerja sama atau sifat individual . memiliki rasa percaya diri yang tinggi dan pemberani 8.memiliki kemauan yang keras 10. intelektualitas tinggi.5. Konstruktif artinya ketika diberikan mainan anak akan berusaha melakukan hal sesuai dengan permintaan 6.ingin tahu dan kesempatan yang lebih besar untuk mengetahui hal hal baru 7. ia memiliki tenaga. rasa. bergerak dan bertindak sesuai dengan kemamuannya 9.

6. 8.NEKAT 1. 5. 7. 4. 2. Banyak bicara Kurang suka bermain dg teman sebaya Memiliki imajinasi yg tinggi Berkemauan keras thd yang diingininya Pantang putus asa/daya juang tinggi Pemberani suka menentang kebijakan yang tidak sesuai Tidak suka diatur Berpola hidup memawah/maju . 3.

Penurut dan tidak banyak menuntut 1. dan asyik dg dunianya sendiri 7. egois. .AMAN Pendiam tidak banyak bicara 2. Mudah tersinggung 5. Mudah menyerah/kurang percaya diri 4. Mudah terpengaruh dengan lingkungan/pendirian tidak tetap 6. Pemalu/menarik diri dari banyak orang 3. Emosional.

Cepat dan kurang teliti 4. Tidak suka diatur. berjiwa pembelajar 7. . Pandai bergaul. memilih hidup bebas 6. Banyak bicara mau menang sendiri 3. supel 1. ulet mudah bosan 5. Sembrono. Negosiatif atau pandai bernegosiasi 8. Suka tantangan.KREATIF Banyak bertanya dn suka coba yg baru 2.

Berdaya juang tinggi/kemauan kuat 7. Iri hati/selalu ingin bisa dlm segala hal 8. Suka dengan keramaian 6. Suka diperhatikan dn mencari perhatian 5. Pemarah dan mudah tersinggung 3. Suka dengan pujian 4. .KOMPETITIF Tidak mau mengalah dalam segala hal 2. Antusiasdan hidup selalu bersemangat 1.

Memiliki kontrol diri yang buruk 6.saran.kritik dari orang lain 3. Tidak bisa menerima suatu keadaan 4. Banyak bicara dan mendebat 5.EMOSIONAL Memiliki pernasalahan berkomunikasi 2. Mudah putus asa dan tersinggung 7. Pencuriga dan sussah diatur 1. . Tidak suka nasehat.

bekerja. Tidak suka keributan/tidak tenang 6. Mementingkan penampilan/prestasi 5.CERDAS Suka dengan keteraturan dan kerapian 2. Berfikir/bertintak praktis singkat jelas 7. Disiplin dan bertanggung jawab 1.bicara cepat selesai 3. Teliti dan detail 4. Bertindak. . Antusias dan bersemangat 8.

IMITATIF IMAJINER Suka dengan musik 2. Lucu atau banyak bergurau 5. Pandai meniru/memodifikasinya 4. Malas/lambat menyelesaikan pekerjaan 1. . Suka membaca/mendengarkan keras 8. Pandai bercerita/merekayasa keadaan 7. Tidak suka dengan yang bersifat formal 6. Suka bicara panjang lebar 3.

Suka ikut-ikutan/pendirian tdk teguh 6. pelupa 1. Mudah cemas dan gusar 7. ya/tidak 3. Sering menjawab pertanyaan . Penakut 8. Pembaca cepat da tekun 4. Mengingat dg asosiasi visual 5.LABIL Rapi dan teratur 2. .

GAYA BELAJAR ANAK .

% serapan anak  10 % DARI APA YANG DIA DIDENGAR  20% DARI APA YANG DIA DILIHAT  50 % DARI APA YANG DILIHAT DAN DIDENGAR  70 % DARI APA YANG DIA KATAKAN  90 % DARI APA YANG DIA KATAKAN DAN LAKUKAN .

VISUALAUDITORIAL mata dan telinga 5. VISUALAUDITORI KINESTETIK menggunakan mata telingan dan fisik 1.sentuhan serta suka coba-coba yang baru 4. .TIPE-TIPE BELAJAR ANAK VISUAL = banyak menggunakan mata 2. AUDITORIAL= menggunakan telinga 3. KINESTETIK gerak fisik.

CARA ME NILAI TIPE BELAJAR Amati prilaku anak 2. . Ajak berkompetisi amati keseriusannya 7. Lihat penanpilannya 3. Beri tugas perhatikan tanggapan dan cara penyelesaiannya 5. Goda anak tersebut perhatikan respon 6. Beri pertanyaan dan perhatikan jawabannya 4. Berikan pilihan amati pilihannya 1.

3.melihat. 4. Bila aku tidak bisa bicara maka aku akan menangis utk meminta dan mengungkapkan perasaanku Bila aku tidak bisa berjalan aku akan merengek agar orang kasihan Bila semua orang mengabaikan aku. 5.mendengar dll Aku sejatinya seperti tanah liat . aku akan bertingkah aneh hingga mereka memperhatikan aku Aku ingin tahu banyak hal dengan menyentuh.Aku adalah anak kecil pahami aku 1. 2.

ia belajar MENYESALI DIRI Jika anak dibesarkan dengan OLOK_OLOK. ia belajar RENDAH DIRI Jika anak dibesarkan dengan IRI HATI ia belajar kedengkian Jika anak dibesarkan DIPERMALUKAN. ia bejara MERASA BERSALAH . ia belajar MEMAKI Jika anak dibesarkan dengan PERMUSUHAN. ia belajar gelisah Jika anak dibesarkan dengan rasa IBA .PEMBENTUKAN SIFAT/ KARAKTER ANAK        Jika anak dibesarkan dengan CELAAN.ia belajar berkelahi Jika anak dibesarkan dengan KETAKUTAN.

ia belajar MENGHARGAI Jika anak dibesarkan dengan PENERIMAAN. maka ia belajar MENGENALI TUJUAN .PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK YANG POSITIF       Jika anak dibesarkan denagn DORONGAN. ia belajar menyenangi diri. ia belajar percaya diri Jika anak dibesarkan dengan TOLERANSI. Jika anak dibesarkan dengan PENGAKUAN. ia belajar MENAHAN DIRI Jika anak dibesarkan dengan PUJIAN. ia belajar MENCINTAI Jika anak dibesarkan dengan DUKUNGAN.

ia belajar menaruh kepercayaan berdamai dengan pikir  Jika anak dibesarkan dengan PERSAHABATAN.lanjutan  Jika anak dibesarkan dengan KEJUJURAN/KETERBUKAAN. ia belajar menemukan CINTA dalam kehidupan  Jika anak dibesarkan dengan KETENTRAMAN. ia belajar berdamai dengan pikirannya . ia belajar KEBENARAN DAN KEADILAN  Jika anak dibesarkan dengan RASA AMAN.

FILM PENDIDIKAN .