P. 1
Maple I

Maple I

|Views: 149|Likes:
Published by AnggunQurani

More info:

Published by: AnggunQurani on Mar 26, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/17/2013

pdf

text

original

MAPLE

TUGAS PRAKTIKUM MATEMATIKA DASAR

Oleh

:

Nama NIM Tgl. Praktikum

: : :

Carlin Soniawinda 105090500111013 12 Oktober 2010

LABORATORIUM MATEMATIKA DASAR JURUSAN MATEMATIKA FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM UNIVERSITAS BRAWIJAYA MALANG 2010

yang biasa digunakan untuk operasi matematika yang bisa menampilkan notasi matematis pada proses-proses perhitungan yang dijalankan. sehingga bisa digunakan untuk latihan. Bersifat sensitif. Eksekusi setiap perintah selalu menggunakan tanda titik koma (. Maple membedakan perintah yang ditulis dengan huruf besar dan perintah yang ditulis dengan huruf kecil. akan sangat efisien kalau dituliskan dalam satu baris saja.x). Dalam satu baris perintah dapat dimuat lebih dari satu perintah. Maple akan langsung membuka jendela perintah (command window) dan disebelah kiri ada tanda [>.) dan untuk eksekusi perintah digunakan tombol enter. Maksunya. [> Diff(2*x^2. perintah yang diawali dengan huruf besar digunakan untuk mendefinisikan atau membentuk permasalahan matematika. Digunakan untuk perhitungan-perhitungan kalkulus dengan penerapan prinsipprinsip matematika yang tidak terlalu rumit sehingga mudah untuk digunakan. sedangkan perintah yang diawali dengan huruf kecil digunakan untuk mencari atau menghitung nilai operasi yang kita inginkan. [> value(%) Daripada menulis tiga perintah dalam tiga baris yang berbeda. Secara umum. Ciri-ciri Maple Ciri-ciri maple antara lain: Menggunakan simbol-simbol operasi dan notasi matematika yang umum digunakan.x).Pengertian Maple Maple merupakan software yang pertama kali dikembangkan pada tahun 1980 oleh Waterloo Maple Inc. Bersifat kontinyu untuk setiap prosesnya. [> value(%). Saat pertama kali menjalankan. secara khusus perbedaan ini hanya ada di huruf pertama perintah. Artinya operasi-operasi yang telah dibuat dapat digunakan untuk referensi operasi berikutnya tanpa harus merumuskan ulang. Contoh : [> Int(x^3+1. pertanda Maple siap menerima perintah. .

Simbol-simbol dan notasi-notasi operasi dasar Penulisan Biasa Penjumlahan Pengurangan Perkalian Pembagian Pangkat Trigonometri + x : atau / a xn sin x sinn x Invers fungsi trigonometri arc sin x atau sin (-1) x Hyperbolik Pi sinh x π Penulisan Maple + * / a*x^n sin(x) (sin(x))^n arcsin(x) sinh (x) pi (untuk simbol) . Tampilan Maple 10 Menambahkan formula matematika Mengaktifkan baris perintah Menambahkan teks Zoom Simbol-simbol dan Notasi-notasi Umum Operasi pada Maple Tabel 1.x). perintah disini menyesuaikan perintah yang digunakan. value(%).x). Memiliki beberapa seri. Diff(2*x^2. value(%). Output dari Maple akan dituliskan berurutan dari atas ke bawah sesuai urutan perintah.[> Int(x^3+1. Di dalam kurung berisi permasalahan matematika dan parameter yang diperlukan. Dalam Maple setiap perintah akan berbentuk perintah( ).

=> KPK dari a. pemberian nilai suatu variabel dalam Maple digunakan tanda titik dua sama dengan ( := ). => penulisan operasi pemangkatan dan pengakaran secara bersamaan. Symbol-simbol dan notasi-notasi tingkat lanjut : ]>ln(a). Sedangkan log10(x) adalah logaritma basis sepuluh. digunakan untuk membersihkan memori yang dikelola oleh Maple. e Perintah log(x) sama dengan perintah ln(x). Pada lembar hasil diperoleh ab dan √c Contoh Operasi pada Maple 1. b. => pendesimalan suatu bilangan pada operasi sebelumnya ]>evalf(%. yaitu yang umum kita gunakan jika kita menuliskan log x. => FPB dari a.sqrt(c).b. .c). Integrasi Misal mencari integral dari [int (cos (x / a).c). bukan tanda sama dengan ( = ). Perintah restart. => pendesimalan suatu bilangan pada operasi sebelumnya dengan pembulatan sebanyak a Penulisan operasi lebih dari satu: ]>a^b.Pi Akar pangkat dua Nilai mutlak Tak hingga Pemberian nilai Logaritma π √x │x│ ∞ x=a log x ln x log10 x log[b] x ex Pi (untuk bilangan) sqrt(x) abs(x) infinity x := a log (x) ln(x) log10(x) log[b](x) exp(x) Exponential. dan c ]>gcd(a.b. b. => log a ]>lcm(a. Setelah kita menjalankan perintah restart. x). log[b](x) adalah logaritma basis b adalah sebarang bilangan dengan b>0 dan x>0. dan c ]>evalf(%). maka semua penghitungan (computasi) sebelumnya akan dihapus. Jadi hati-hati mengingat perintah ini. Ingat.a). maka dapat dituliskan Dan jawaban yang diperoleh adalah .

Maka dapat dituliskan Evalf [75] (RootOf (exp (x) = x ^ 2 + 2. Plotting fungsi variabel tunggal Alur dengan x mulai dari -10 sampai 10. [a.319073676857365354417899109520848464421966780825497669256089004905127 07635 4.2. x =. y. Memecahkan persamaan dan pertidaksamaan Cari semua solusi dari (x + y) = tunduk 9 5 x -> y 6! Maka dapat dituliskan memecahkan ({xy> 6. Dan diperoleh jawaban b z . Determinan Hitung determinan dari sebuah matriks. M: = Matrix ([[1. y ])[].2. [x.y c + 3 y a . Dan jawaban yang diperoleh adalah 1. D (y) (0) = 2}. x. b. c]. x.3 x b 6. Menemukan root Numerik menghitung akar dari persamaan Mengevaluasi jawaban untuk 75 angka desimal. dan jawaban yang diperoleh adalah 5. ! Dan jawaban yang diperoleh adalah 3.2 a + z 2 x c . Dapat dituliskan plot (x * sin (x). . # contoh Matrix LinearAlgebra:-Determinan (M). y (x)). 10). z]])..10 .3]. Solusi persamaan diferensial linier Hitung solusi tepat untuk persamaan diferensial linear biasa tergantung pada kondisi awal dapat dituliskan dsolve ({diff (y (x). (x + y) ^ 5 = 9}. [x. x) – 3 y * (x) = x. -1)). mulai dari titik . y (0) = 0.

x). 1).f(x)). Dapat dituliskan plot3d (x ^ 2 + y ^ 2. => pembuatan grafik fungsi f(x) dengan domain x pada selang (a.1 .1 . x =. 1) = h (x): intsolve(eqn.x).7. Cara 1 ]>f:=x^2+2*x+1.b).. Cara 2 ]>f:=x->x^2+2*x+1. f (x)). => mengembalikan fungsi dari bentuk pemfaktoran ke bentuk panjang (polinom) Cara menggambar grafik fungsi ]>plot(f(x).. Substitusi nilai x ]>f(a) Operasi-operasi pada fungsi ]>solve(f(x)=a. 1.1 . intsolve (eqn. Diperoleh gambar sebagai berikut 8. Persamaan integral Cari fungsi f yang memenuhi persamaan integral Dapat dituliskan eqn: = f (x) -3 * Mengintegrasikan ((x * y + x ^ 2 * y ^ 2) * f (y). Fungsi Cara penulisan fungsi dan mensubstitusikan nilainya..f). y =. Plotting fungsi dua variabel Plot x 2 + y 2 dengan x dan y berkisar antara -1 hingga 1.. misalnya dengan x=a. Dan jawaban yang diperoleh adalah 9. Substitusi nilai x ]>subs(x=a. => mencari himpunan penyelesaian dari f(x)=a ]>factor(f(x)).b) . => pembuatan grafik fungsi f(x) ]>plot(f(x). y =.x=a. => memfaktorkan fungsi f(x) ]>expand(f(x)).

g(x). Biasanya merupakan fungsi yang memiliki pangkat variable tertinggi berupa bilangan genap.b) dan range f(x) pada selang (c.y=c.g(x).d). Grafik fungsi f (x) = x Grafik fungsi f (x) = x3 Grafik fungsi f (x) = x5 Grafik fungsi f (x) = 1/x .d) ]>plot([f(x).d).x).d) ]>plot(f(x). Grafik fungsi f (x) = x2 Grafik fungsi f (x) = x4 Grafik fungsi f (x) = 1/x2 Fungsi ganjil adalah fungsi yang didefinisikan oleh yang memiliki grafik simetris terbalik terhadap sumbu y = -x... Biasanya merupakan fungsi yang memiliki pangkat variabel tertinggi berupa bilangan ganjil. => grafik fungsi f(x) dengan domain x pada selang (a.x=a..]>plot(f(x). => pembentukan grafik fungsi f(x) dengan range f(x) pada selang (c. => menggambar grafik fungsi f(x) . dan h(x) pada satu bidang grafik Fungsi genap dan fungsi ganjil Fungsi genap adalah fungsi yang didefinisikan yang memiliki grafik simetris terhadap sumbu y.y=c.h(x)].b.

right)..b. KEMONOTONAN DAN KECEKUNGAN FUNGSI Titik-titik kritis fungsi   Ujung-ujung interval Himpunan penyelesaian dari f (x) = 0 [>solve (f(x)=0.b] Mencari titik-titik yang tidak kontinyu dari suatu fungsi ]> discont(f(x). => mencari limit kanan dari fungsi f(x) Kekontinuan titik f(x) di x=a Syaratnya adalah :  f (a) ada nilainya  limx→a f (x) ada nilainya  f (a)= limx→a f (x) Kekontinuan selang f(x) pada [a.x=a. => f o g (x)dengan fungsi-fungsi yang dibuat dengan cara 1. ]>f(g(x)).x=a. hasil yang terlihat limx→a f (x) ]>limit(f(x).=>menguji kekontinuan f(x) pada selang[a.x=a).x). hasil yang terlihat adalah bilangan atau suatu suku sebagai nilai hasil dari limit tersebut ]>limit(f(x). => f o g (x)dengan fungsi-fungsi yang dibuat dengan cara 2.x=a.x=a).Komposisi fungsi ]>subs(x=g.left).x=a.. => menguji kekontinuan f(x) pada x=a ]>iscont(f(x). Kemonotonan fungsi    Fungsi monoton naik untuk f’ (x) > 0 Fungsi monoton turun untuk f’ (x) < 0 Fungsi stasioner (tidak naik atau turun) untuk f’ (x) = 0 .x=a).b] Syaratnya adalah :  f(x) kontinyu pada selang (a. => menguji kekontinuan f(x) pada selang (a.b). x) .f).b)  limit kanan f(x) untuk x = a ada nilainya  limit kiri f(x) untuk x = b ada nilainya Menguji kekontinuan fungsi dengan maple ]>iscont(f(x). Limit fungsi dan kontinuitas ]>Limit(f(x).b) ]>iscont(f(x). closed). => mencari limit kiri dari fungsi f(x) ]>limit(f(x).

h=0)=diff(f(x).=> grafik f(x) dengan garis singgungnya akan muncul Persamaan garis singgung dicari secara manual dengan tahapan-tahapan berikut:  Mencari f (a)  Menentukan f’ (x) dan mencari f’ (a)  Mencari c dengan membalik perumusan menjadi c = f (a) – f’ (a). Turunan (diferensial) Dengan menggunakan Maple ]>Diff(f(x). Persamaan garis singgung y = mx + c m = f’ (x) Membuat garis singgung f(x) di titik x=a dengan maple ]>f:x………………………. => untuk menuliskan hasilnya Jadi perumusan limit((f(x+h)-f(x))/h.x). => untuk menuliskan notasinya ]>diff(f(x). ]>with(student): ]>showtangent(f(x).x).a .Kecekungan fungsi   Fungsi cekung ke atas untuk f’ (x) > 0 Fungsi cekung ke bawah untuk f’ (x) < 0 Dengan x adalah titik-titik kritis yang diujikan 10.x=a).x) 11.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->