P. 1
Upaya Peningkatan Tenaga Kerja

Upaya Peningkatan Tenaga Kerja

|Views: 19|Likes:
Published by Michael Lucas
umum
umum

More info:

Published by: Michael Lucas on Mar 26, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/19/2014

pdf

text

original

Upaya peningkatan tenaga kerja Abad ke-21 yang di tandai dengan “Era Globalisasi Ekonomi Dunia” yang mana permasalahan

pengangguran merupakan suatu permasalahan yang harus di selesaikan oleh semua pihak. Dimana masing-masing pihak perlu mengambil langkah kongkret untuk memecahkan masalah pengangguran. Masalah pengangguran tidak akan mungkin bisa di atasi oleh pemerintah sendiri, melainkan memerlukan dukungan dari pihak lain seperti pihak swasta (perusahaan) dan individu yang bersangkutan. Kecenderungan dunia usaha saat ini menuntut tersedianya tenaga kerja yang siap pakai dan memiliki kualitas yang baik, berupa tingkat pendidikan dan keterampilan tertentu. Dimana tenaga kerja akan menurunkan produktivitas dan daya saing di bandingkan dengan mutu tenaga kerja luar negeri. Sehingga, tenaga kerja yang berkualitas rendah tidak akan laku di pasaran. Untuk itu, perlu ada usaha meningkatkan mutu tenaga kerja dari beberapa pihak dan dengan menempuh beberapa cara sebagai berikut.

1. Pemerintah Upaya pemerintah untuk meningkatkan mutu tenaga kerja antara lain dengan mendirikan berbagai pusat latihan kerja. Melalui jalur pendidikan formal, baik yang bersifat umum, maupun kejuruan. Upaya ini bertujuan untuk melatih orang menjadi manusia terampil, berinisiatif, dan kreatif. 2. Pihak Swasta (Perusahaan) Langkah yang dapat di ambil oleh pihak swasta untuk ikut serta dalam upaya meningkatkan mutu tenaga kerja adalah bekerja sama dengan sekolah atau kampus. Adapun langkahnya yaitu melalui pendidikan non formal, seperti pelatihan kerja dan magang. a. Pelatihan Kerja Pelatihan kerja merupakan proses pengembangan keahlian dan keterampilan kerja. Dengan demikian, tenaga kerja menjadi lebih profesional di bidang tertentu yang dikaitkan langsung dengan persyaratan kerja dan pekerjaan. b. Magang Sistem Magang yang sekarang ini di kenal adalah pendidikan sistem ganda (PSG) atau di kenal dengan istilah Link and Match (keterkaitan dan kesepadanan), yaitu suatu pelatiahan kerja secara langsung di tempat kerja. Magang ini dilakukan oleh lembaga pendidikan yang bekerja sama dengan perusahaan-perusahaan sebagai tempat kerja. Program magang ini di harapkan akan memberi pemahaman secara lebih baik kepada siswa yang lulus dari lembaga pendidikan yang terkait/atau calon tenaga kerja mengenai dunia kerja sesungguhnya, sehingga dapat langsung menjadi tenaga kerja yang siap pakai. Dengan demikian, para calon tenaga kerja tersebut dapat mempersiapkan dirinya dengan berbagai kemampuan dan keterampilan yang memang di butuhkan oleh dunia usaha.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->