MAKALAH KEPERAWATAN MATERNITAS

SENAM HAMIL DAN PERAWATAN PAYUDARA

Kelompok 5 2B Disusun oleh :

1. AMITA DELIA UBAYANA 2. REFKY 3. MISTAM

AKADEMI KEPERAWATAN PEMDA KABUPATEN SUBANG
Jln. Brigjen Katamso No.37 Tlp. (0260) 412520 Subang 2012-2013

KATA PENGANTAR Segala puji syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat-Nya sehingga kami dapat menyelesaikan makalah Keperawatan Maternitas mengenai Senam Hamil dan perawatan payudara (bresscare). Subang. untuk itu dalam kesempatan ini kami tidak lupa mengucapkan terima kasih kepada dosen pembimbing. Kami menyadari bahwa dalam penyusunan makalah ini masih jauh dari sempurna. kami dan semua pihak yang telah membantu dalam penulisan makalah ini. kami mendapatkan banyak pengarahan dan bantuan dari berbagai pihak. Dalam penyusunan makalah ini. Akhir kata semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi perkembangan ilmu pengetahuan dan semua pihak yang membacanya. Untuk itu kami sangat mengharapkan kritik dan saran untuk perbaikan di masa mendatang. 25 Maret 2013 Penyusun i .

............... Langkah perawatan payudarah ....... 5...... 5.................................................. Akibat tidak dilakukan perawatan payudara ...... Gerakan Senam Hamil B............DAFTAR ISI KATA PENGANTAR ....................... 4................................. BAB III PENUTUP A............................. Pengertian ............................................. C............... Manfaat perawatan payudara .. Kontra Indikasi senam hamil .............................................. Rumusan Masalah ........ Manfaat Senam Hamil ................ DAFTAR ISI .... Latar Belakang ...................................................................................... Alat perawatan payudara ........ D....................................... 4...... Senam Hamil .................................................... B... BAB II PEMBAHASAN A.............. Kesimpulan ........................................................................................ 1...... E....... Metedologi Penulisan ......... Sistematika Penulisan ..................... 2........................................... DAFTAR PUSTAKA i ii 1 2 2 2 2 4 4 4 4 4 10 10 10 11 11 11 14 ii .. 1....... Pengertian .. Waktu yang paling tepat memulai senam hamil ........................................................................................................................................................................ Perawatan payudara atau Brescare ........... BAB I PENDAHULUAN A.................................................... 2................................................. 3.......................................................................... 3......................... Tujuan Penulisan ...........................................

itu bukan berarti tak ada cara membuat payudara tetap terlihat indah dan kencang. Gratley Dick Read dan dilanjutkan pleh muridnya Helen Heardman (fisioterapis). Menurut jameson (2006) senam hamil akan membawa efek relaksasi pada ibu hamil. serta menghilangkan ketakutan dan kecemasan yang biasanya dirasakan banyak wanita. tapi proses kehamilanlah yg menyebabkan perubahan itu. Tingkat kecemasan pada ibu hamil dapat menimbulkan gangguan psikologis pada bayi yang di kandung dan berpengaruh pada perkembangannya. Alasan inilah yang membuan para ibu enggan menyusui berlama.BAB I PENDAHULUAN F. Dengan melakukan senam hamil maka si ibu telah memberikan sesuatu yang bermanfaat bagi si bayinya. Berdasarkan penelitian P.kehadiran senam hamil dilatarbelakangi hasil penelitian seorang kebidanan bernama Dr.Bagi sebagian ibu. dalam sebuah seminar ASI mengungkapkan bahwa sesungguhnya bukan menyusui yg mengubah bentuk payudara.dari hasil penelitian tersebut.persiapan ini akan lebih bermanfaat apabila juga di barengi dengan tindakan relaksasi yang bermanfaat saat persalinan. Namun. Selain senam hamil. Utami Roesli Sp. Pakar ASI Dr.baik relaksasi yang bersifat relaksasi pernafasan ataupun relaksasi otot. Selain terlihat indah.lama. aktivitas menyusui kerap dihubungkan dengan keindahan payudara. Latar Belakang Senam hamil merupakan suatu aktifitas yang bertujuan untuk ibu dapat menjalani kehamilannya dengan optimal. Pemeliharaan ini juga 1 .Y Wulandari (2006) bahwa perwatan prenatal berupa senam hamil dapat menurunkan tingkat kecemasan terutama pada ibu primipara.A.mereka sepakat bahwa setiap wanita harus dipersiappkan secara mental dan fisik dan melahirkan bayi. Apalagis etelah persalinan dan di saat anda menyusui. perawatan payudara yg dilakukan dengan benar dan teratur akan memudahkan si kecil mengkonsumsi ASI.perawatan payudara juga perlu di perhatikan dalam masa hamil.

Apa manfaat dari senam hamil dan perawatan payudara ? 3. Rumusan Masalah Adapun perumusan masalah yang dapat penulis simpulkan. Tujuan Umum Kelompok mengetahui gambaran umum tentang senam hamil dan perawatan payudara beserta penatalaksanaannya. b. Apa yang dimaksud dengan senam hamil dan perawatan payudara pada masa kehamilan ? 2. Tujuan Khusus a. Metedologi Penulisan Dalam pembuatan makalah ini. c. yakni: 1. Kelompok dapat mengetahui penatalaksanaan senam hamil dan perawatan payudara pada kehamilan. Bagaimana cara penatalaksanaansenam hamil dan perawatan payudara pada masa kehamilan? H. Mengetahui pengertian senam hamil dan perawatan payudara.. I. Sistematika Penulisan Dalam penyusunan karya tulis ini penyusun menggunakan sistematika sebagi berikut: 1. BAB I Pendahuluan : Berisi tentang latar belakang. Mengetahui manfaat senam hamil dan perawatan payudara pada kehamilan. 2 . dan sistematika penulisan. tujuan penulisan. metode penulisan. 2. Tujuan Penulisan 1.bisa merangsang produksi ASI dan mengurangi resiko luka saat menyusui. penulis mengggunakan metode pengumpulan informasi dari berbagai media pengetahuan J. rumusan masalah. G.

pengertian perawatan payudara. 3 . 4.manfaat payudara dan teknik perawatan payudara.2.kontra indikasi. 3. .gerakan senam hamil. BAB II Pembahasan : Berisi tentang pengertian senam hamil. BAB III Kesimpulan : berisi kesimpulan dari penulis. DAFTAR PUSTAKA : Berisi tentang sumber-sumber yang dijadikan referensi dalam penyusunan makalah ini.manfaat senam hamil .

BAB II PEMBAHASAN A. mengurangi ketegangan otot-otot sendi sehingga mempermudah kelahiran. Riwayat melahirkan bayi BBLR c. Senam Hamil 1. Agar ibu hamil dapat mempersiapkan tubuhnya untuk persalinan c. Membentuk sikap yang tenang e. Waktu yang paling tepat memulai senam hamil Senam hamil dapat dilakukan pada usia kehamilan sudah memasuki usia 6 bulan. diabetes tak terkontrol 4. Riwayat melahirkan bayi premature b. 4 . Pengertian Senam hamil merupakan suatu aktifitas yang bertujuan untuk ibu dapat menjalani kehamilannya dengan optimal. bengkak kaki dan lain-lain. Kontra Indikasi senam hamil a. hal ini bertujuan: untuk mengurangi dan mencegah timbulnya gejala yang mengganggu selama masa kehamilan seperti sakit pinggang. Manfaat Senam Hamil a. kelainan jantung. Memperlancar persalinan normal dan fisik b. 2. Riwayat kontrak rahim prematur selama kehamilan e. Riwayat perdarahan pervagina selama kehamilan d. Riwayat kehamilan dengan adanya penyakit hipertensi. Meningkatkan kesejahteraan ibu serta bayi yang di kandungnya d. Membentuk mekanika tubuh yang baik selama dan setelah kehamilan. Senam ibu hamil dilakukan secara rutin dan terus mnenerus. 3.dan karena lebih optimal dan tentunya gerakan senam hamil ini dilakukan jika tidak kontra indikasi.

3) Selanjutnya gerakan kepala dengan menundukkan kepala dan kembali ke semula sampai 8 kali hitungan. Dinding perut naik pada saat tarik nafas dan turun pada waktu pengeluaran nafas sambil mengeluarkan nafas melalui mulut. 2) Tarik jari-jari kearah tubuh secara perlahan-lahan lalu lipat ke depan. penghitungan sesuai dengan gerakan (gambar 1) 4) Tarik kedua telapak kaki kearah tubuh secara perlahan-lahan dan dorong ke depan.5. penghitungansesuai dengan gerakan (gambar 2) 5 . Gerakan Pemanasan 1) Posisi duduk bersila dengan kedua tangan diletakkan menghadap ke atas di kaki. 2) Lakukan gerakan kepala dengan menengok ke kanan dan ke kiri secara bergantian 8 kali hitungan. Lakukan sebanyak 10 kali. Senam kaki Bayi yang sedang tumbuh dan sedang menambah berat badannya sangat sering menimbulkan nyeri dan kesukaran peredaran darah dalam kaki dan tungkai ibu. 3) Lakukan sebanyak 10 kali. Atur posisi duduk ibu duduk bersila sambil mengeluarkan nafas dari mulut c. d. Gerakan Senam Hamil a. Pernafasan Setiap gerakan senam hamil diiringi dengan pernafasan yang dilakukan dengan cara mulut tertutup kemudian tarik nafas lalu keluarkan dengan lembut. b. Senam kaki dilakukan sebagai berikut : 1) Duduk dengan kaki diluruskan ke depan dengan tubuh bersandar tegak lurus (rileks).

Senam duduk Bersila Senam ibu hamil dapat dilakukan dengan cara duduk bersila (Depkes RI.Gambar 1 Gambar 2 e. 6 . 4) Lakukanlah sebanyak 10 kali. lakukan senam duduk bersila ini selama 10 menit sebanyak 3 kali sehari. 2009) sebagai berikut sebagai berikut: 1) Duduk kedua tangan diatas lutut 2) Letakkan kedua telapak tangan di atas lutu 3) Tekan lutut ke bawah dengan perlahan-lahan (gambar 3).

1) Berbaring miring dilantai demean menyimpan bantal di bawah kepala dan bukan pada bahu.Gambar 3 f. 2) Mata dan mulut di tutup demean hati-hati 3) Punggung dan leher dibungkukan kedepan 4) Lengan yang terletak di bagian bawah diletakan ke belakang punggung.sehingga tidak ada otot yang tegang karena bekerja membawa berat bagian tubuh manapun. 5) Lengan yang terletak di sisi atas juga di tekuk sementara terletak di atas lantai atau bantal di bagian depan badan. Gambar 4 7 . Senam Relaksasi atau cara tidur yang nyaman Biasanya hal ini merupakan posisi yang paling menyenangkan dan efektif untuk bersantai salama kehamilan karena semua bagian tubuh bersandar pada lantai atau tempat yang datar.serta di tekuk pada siku dan pergelangan tangan.

3) Lakukanlah sebanyak 10 kali. Senam Untuk Pinggang (posisi terlentang) 1) Tidurlah terlentang dan tekuklah lutut jangan terlalu lebar. 4) Lakukanlah hal yang sama untuk lutut kiri. arah telapak tangan ke bawah dan berada di samping badan 2) Angkatlah pinggang secara perlahan (gambar. tekuk lutut kanan. 5) 3) Lakukanlah sebanyak 10 kali Gambar 5 h.g. 8 . Senam Dengan satu lutut 1) Tidurlah terlentang. 2) Lutut kanan digerakkan perlahan kearah kanan lalu kembalikan (gambar 6).

Gambar 7 j. Senam untuk pinggang (posisi merangkak) 1) Badan dalam posisi merangkak 2) Sambil menarik napas angkat perut berikut punggung ke atas dengan wajah menghadap ke bawahg membentuk lingkaran. kedua lutut ditekuk dan kedua lutut saling menempel. kaki kiri dan kanan saling menempel. 4) Lakukanlah sebanyak 8 kali. Senam dengan kedua lutut 1) Tidurlah terlentang.Gambar 6 i. 9 . 2) Kedua tumit dirapatkan. 3) Kedua lutut digerakkan perlahan-lahan kea rah kiri dan kanan (gambar 7).

Mula-mula mungkin sukar mendapatkan keseimbangan.akan tetapi akan lebih terasa mudah bila di lakukan setiap hari. Manfaat perawatan payudara a. Gambar 8 k. Melenturkan dan menguatkan puting susu 10 . 2.3) Sambil perlahan-lahan mengangkat wajah hembuskan napas. Senam dengan berjongkok 1) Berdiri dengan kaki menapak pada lantai yang sejajar serta terpisah 45 cm 2) bergantung dengan sokongan yang kuat pada bak air atau kursi maupun meja. Memelihara kebersihan payudara b. Pengertian Perawatan payudara adalah suatu cara merawat payudara agar tetap bersih dan merangsang pengeluaran ASI agar produksi ASI banyak dan lancar. 3) Berjongkok kembali di atas tumit 4) Rotasikan lutut kea rah luar 5) Lakukan berulang kali. B. turunkan punggung kembali dengan perlahan (gambar 8). 4) Lakukanlah sebanyak 10 kali. Perawatan payudara atau Brescare 1.

4 Mempersiapkan produksi ASI 3. Alat perawatan payudara a. Puting susu tidak menonjol. 1 waskom berisi air dingin g. Daerah puting susu dan payudara kotor. Gerakan pertama 1) Cucilah tangan sebelum memasase 2) Lalu tuangkan minyak ke dua belah telapak tangan secukupnya. Minyak atau lotion secukupnya b.Produksi ASI tidak lancar dan tidak keluar. 2 buah kasa/kapas c. 11 .c. 1 waskom berisi air hangat f. 4. Langkah perawatan payu darah 1. 1 buah kom kecil e. Mengeluarkan puting susu yang tertarik ke dalam d. Lakukan gerakan kecil dengan dua atau tiga jari tangan kanan. Sokong payudara kiri dengan tangan kiri b. . b. Akibat tidak dilakukan perawatan payudara a. c. 2 buah washlap/kain d. mulai dari pangkal payudara dan berakhir dengan gerakan spiral pada daerah putting susu. 2 buah handuk 5. 3) Pengurutan dilakukan dengan ujung jari . caranya : a.

2. 12 . 2) Urutlah dari tengah ke atas sambil mengangkat kedua payudara dan lepaskan keduanya perlahan. 3) Lakukan gerakan ini kurang lebih 30 kali. Gerakan ke tiga 1) Letakkan kedua telapak tangan di antara dua payudara. 3. 6) Peras dengan lembut payudara sambil meluncurkan kedua tangan ke depan ke arah puting susu. Gerakan kedua Buatlah gerakan memutar sambil menekan dari pangkal payudara dan berakhir pada putting susu di seluruh bagian payudara.lakukan gerakan seperti ini pada payudara sebelah kanan. 4) Variasi lainnya dalah gerakan payudara kiri dengan kedua tengan 5) ibu jari di atas dan empat jari lainnya di bawah.

sedangkan tangan lain mengurut payudara dengan sisi kelingking dari arah pangkal payudara ke arah puting susu. Terakhir yg tak kalah penting. letakkan satu tangan di sebelah atas dan satu lagi di bawah payudara 4) Luncurkan kedua tangan secara bersamaan ke arah putting susu dengan cara memutar tangan 5) Ulangi gerakan ini sampai semua bagian payudara terkena urutan Semua gerakan itu bermanfaat melancarkan refleks pengeluaran ASI. 3) Lakukan gerakan ini sekitar 30 kali.4. 13 . Selain itu juga merupakan cara efektif menigkatkan volume ASI. Setelah itu. Gerakan ke empat 1) Posisi tangan parallel 2) Sangga payudara dengan satu tangan. mencegah bendungan pada payudara.

Kesimpulan Senam hamil dan perawatan payudara pada kehamilan mempunyai peranan penting bagi setiap ibu yang mengalami kehamilan.baik relaksasi yang bersifat relaksasi pernafasan ataupun relaksasi otot. Menurut jameson (2006) senam hamil akan membawa efek relaksasi pada ibu hamil.Dengan melakukan senam hamil dan perawatan payudara maka si ibu telah memberikan sesuatu yang bermanfaat bagi si bayinya. 14 .selain itu senam hamil sangat bai nuntuk pertumbuhan janin yang terdapat di dalam kandungan. Selain itu perawatan payudara atau bresscar sangat baik untuk merangsang pengeluaran ASI agar produksi ASI banyak dan lancar. Dengan demikian pertumbuhan dan perkembangan si bayi akan berjalan demean sangat baik.BAB III KESIMPULAN A. Semakin senam hamil sering dilakukan maka semua otot dalam tubuh akan berelaksasi denan sempurna dan membuat serabut otot rahim bekerja bebas untuk mumbuka leher rahim (cervix) tanpa nyeri dalam proses persalinan.

H.DAFTAR PUSTAKA 1. 2009.Heardman. Air Susu Ibu (ASI) Memberi Keuntungan Ganda Untuk Ibu dan Bayi.com/mod 2. http://www.infoibu.Senam Hamil (relaxation and Exercise for Childbirth) Jakarta: Arcan .1996. Suririnah.