PERUJUKAN DAN PENGUTIPAN

CARA MENULIS DAFTAR RUJUKAN

tesis atau disertasi ditulis dengan cetak miring diikuti dengan pernyataan skripsi. Skripsi.Rujukan Berupa. judul skripsi. nama kota tempat perguruan tinggi. . dan nama fakultas serta nama perguruan tinggi. tesis atau disertasi tidak diterbitkan. diikuti tahun yang terscantum pada sampul. Tesis dan Disertasi Nama penulis ditulis paling depan.

I. Hubungan antara Periilaku Kepemimpinan. G. Iklim Sekolah dan Profesionalisme Guru dengan Motivasi Kerja Guru pada SMU Negeri di Provinsi Bali.• Contoh : Meter . . 2003. Malang: PPs UM. Disertasi tidak diterbikan.

. nama pertemuan. tempat penyelenggaraan. dutulis dengan cetak miring. Penataran. judul makalah. dilanjutkan dengan tahun. kemudian diikuti pernyataan “Makalah disajikan dalam …”. atau Lokakarya Nama penulis situlis paling depan.Rujukan Berupa Makalah yand Disajikan dalam Seminar. dan tanggal serta bulannya. lembaga penyelenggara.

. Makalah disajikan dalam Seminar Nasional Biologi dalam Pembelajarannya. Malang. Survei Implementasi Penilaian Berbasis Kelas Pembelajaran Sains Sekolah Dasar di Kota Batu. Jurusan Biologi FMIPA UM. 2005. 3 Desember. H.• Contoh Suwoto.

Situs yang memuat makalah tersebut dan alamatnya ditulis sebelum tanggal akses. judul makalah. . tempat.Rujukan berupa Makalah yand Diseminarkan dan Dimuat di Internet Nama penyaji makalah. dan tanggal penyajian ditulis seperti makalah tercetak.

com).(http://www. Dalam Eric database. . (Online). Chicago. & Moody. diakses 3 mei 2005. Makalah disajikan pada the Annual Meeting of the National Council on Measurement in Education. M 2003.Schafer. M.erics. 22 April 2003. Designing Accoutability Assesments for Teaching.

diikuti secara berturut-turut oleh tahun. judul karya tersebut (dicetak miring) dengan diberi keterangan dalam kurung (Online).Rujukan dari Internet Berupa Karya Individual Nama penulis ditulis seperti rujukan dari bahan cetak. dan diakhiri dengan alamat sumber rujukan tersebut di antara tanda kurung. . disertai dengan keterangan kapan diakses.

2006. (Online). Model Pelatihan Guru dalam Menerapkan Kurikulim Bahasa Inggris.id/journal/3 0/model-pelatihan.(http://www. .depdiknas.html).Noor. diakses 14 mei 2006.M. I.go.H.

bulan. diikuti secara berturut-turut oleh. diantara tanda kurung. bama bahan diskusi (dicetak miring) dengan diberi keterangan dalam kurung (online) dan diakhiri alamat e-mail sumber rujukan tersebut disertai dengan keterangan kapan diakses. tahun. tanggal. . topik bahan diskusi.Rujukan dari Internet Berupa Bahan Diskusi Nama penulis ditulis seperti rujukan dari bahan cetak.

20 November 1995. . Summary of Citing Internet Sites. diakses 22 november 1995.cc.buffalo. (online).(NETTRAIN@ubvm.• Contoh : Wilson. NETTRAIN Discussion List. D.edu).

Rujukan dari Internet Berupa E-mail Pribadi Nama pengirim (jika ada) dan disertai keterangan dalam kurung (alamat e-mail pengirim). tahun. diikuti secara berturut-turut oleh tanggal. topik isi bahan (dicetak miring). nama yang dikirimi disertai keterangan dalam kurung (alamat e-mail yand dikirimi). bulan. .

id).ywcn. (ikip-jkt@indo.id) .or.net. E-mail kepada Ali Saukah (Jippsi@mlg.• Contoh : Naga. Artikel untuk JIP. 1 oktober 1997. Dali S.