P. 1
basisdata

basisdata

|Views: 4|Likes:
Published by Abidien Frenzoid'z
basis data
basis data

More info:

Published by: Abidien Frenzoid'z on Mar 27, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/03/2014

pdf

text

original

1.Jelaskan mengapa data regundansi biasa terjadi didalam proses pengolahan file tradisional 2.

jelaskan mengapa data begv1.Jelaskan mengapa data regundansi biasa terjadi didalam proses pengolahan file tradisional 2. jelaskan mengapa data begitu penting dalam organisasi atau perusahaan 3. jelaskan apa yang dimaksud dengan program defendence, apa akibat yang di timbulkan 4. jelaskan karakteristik utama data didalam suatu basis data 5. tulis dan jelas kan 5 keuntungan yang dapat diperoleh dengan pendekatan basis data, dibandingkan dengan pengolahan file tradisional

1. Jelaskan mengapa data redundansi biasa terjadi di dalam proses pengolahan file tradisional !
Data redudansi biasa terjadi di dalam file tradisional karena redudansi merupakan suatu aplikasi terdiri atas sekumpulan program aplikasi, file data, dan prosedur yang mengerjakan suatu proses atau fungsi setiap program aplikasi di dalam suatu lingkungan pemrosesan file tradisional, khusus beroperasi pada file data yang dibuat specifik untuk aplikasi. Antar file data (di dalam satu aplikasi atau antar aplikasi) tidak ada hubungan, dan pada umumnya data didefinisikan dan disusun dengan cara yang berbeda untuk setiap aplikasi.

2. Jelaskan mengapa data begitu penting dalam suatu organisai atau perusahaan ?
Data begitu penting dalam suatu organisasi atau perusahaan karena data yang telah terorganisasi, diproses dan dianalisa akan mempunyai nilai tambah yang disebut informasi. Informasi inilah yang sangat berharga karena mempunyai nilai dan manfaat. Apabila data atau informasi itu digabung dengan faktor yang lain, lalu diolah, dianalisa dan dimanipulasi maka manfaatnya akan berkali lipat. Dari hasil pembelajaran data dan informasi akan menjadi pengetahuan yang sangat berguna dalam pengambilan keputusan.

3. Jelaskan apa yang dimaksud dengan program-datadependence ? Apa akibat yang ditimbulkan ?
Data dependence adalah ketergantungan terhadap struktur data karena memangdemikian adanya. Yang tergantung kepada (perubahan) struktur data ini adalahaplikasi atau program. Sehingga secara tidak langsung terdapat kaitan antara data-structure depence dengan data-(structure) dependent application. Apabila terjadi perubahan atau kesalahan pada program aplikasi maka pemakai tidak dapatmengakses data.Dengan kelemahan tersebut, pemrosesan file tradisional kurangmempunyai keluwesan dan tidak mendukung pemakaian data bersama (data sharing).Hal ini menyebabkan tidak dapat dilakukannya pertukaran data antar aplikasi, dansering terjadi terpaksa harus dilakukan pengetikan ulang data dari satu aplikasi ke aplikasi yang lain. Sehingga untuk mengatasinya, dikenalkan konsep baru yangdisebut basis data.

4.Jelaskan karakteristik utama data di dalam suatu basis data! Karakteristik utama didalam pemakaian sistem basis :

a.Para pemakai dapat mendefinisikan database, dengan menggunakan suatuBahasa.Definisi Data ( DDL). DDL mengijinkan para pemakai untuk menetapkanstruktur dan jenis data dan batasan pada dfinisi data yang disimpan database. b.Para pemakai dapat memasukkan/ menyisipkan, membaharui, menghapus, danmendapat kembali data dari database, dengan menggunakan suatu Bahasa Manipulasi Data ( DML). DML menyediakan fasilitas pemeriksaan umum pada data ini , memanggil data dengan bahasa query. c.Menyediakan akses yang dikendalikan database.Sebagai contoh, mungkin menyediakan sistem keamanan, mencegah pemakai tidak syah mengakses database suatu sistem terintegrasi, yang memelihara konsistensi dari data disimpan.

5. Tulis dan jelaskan lima keuntungan yang dapat diperoleh dengan pendekatan basis data, dibandingkan dengan pengolahan file tradisional!

keuntungan didalam penggunaan sistem basis data: • 1. Data dapat dipakai secara bersama (shared). Data dapat dipakai secara bersama-sama oleh beberapa program aplikasi (secara batch maupun on-line) pada saat bersamaan. Dalam basis data hanya mencantumkan satu kali saja field yang sama yang dapat dipakai oleh semua aplikasi yang memerlukannya • 2. Dapat diterapkan standarisasi. Dengan adanya pengontrolan yang terpusat maka DBA dapat menerapkan standarisasi data yang disimpan sehingga memudahkan pemakaian, pengiriman maupun pertukaran data. Apabila ada perubahan data pada aplikasi yang berbeda maka secara otomatis perubahan itu berlaku untuk keseluruhan.
• • •

3. Terkontrolnya kerangkapan data. 4. Terpeliharanya keselarasan (kekonsistenan) data. 5. Keamanan data terjaminDBA dapat memberikan batasan-batasan pengaksesan data, misalnya denganmemberikan password dan pemberian hak akses bagi pemakai (misal : modify,delete, insert, retrieve)

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->