P. 1
Plasenta Previa

Plasenta Previa

|Views: 9|Likes:
Published by Razvi Yudatama

More info:

Published by: Razvi Yudatama on Mar 27, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/16/2013

pdf

text

original

PLASENTA PREVIA

PENGERTIAN  Plasenta previa adalah plasenta letak rendah yang letaknya abnormal yaitu pada sekmen bawah uterus sehingga dapat menutupi sebagian atau seluruh permukaan jalan lahir.

Frekuensi plasenta previa meningkat pada grande multipara. . primigravida tua. bekas aborsi. kelainan janin dan leiomioma uteri. bekas sectio sesarea. Implantasi plasenta yang normal adalah pada dinding depan atau dinding belakang rahim di daerah fundus uteri.ETIOLOGI Belum diketahui secara pasti.

4.Klasifikasi plasenta previa di bagi dalam 3 tingkat.Plasenta Previa Laterals Hanya sebagian dari osteum tertutup oleh plasenta.Plasenta letak rendah Implantasi plasenta pada segmen bawah uterus sehingga letak tepi plasenta sangat dekat dengan osteum internum serviks.Plasenta previa totali apabila seluruh osteum internum tertutup oleh plasenta. Penentuan macamnya plasenta previa tergantung pada besarnya pembukaan. . 3. antara lain: 1.Plasenta Previa Marginalis Hanya pada pinggir osteum terdapat jaringan plasenta. 2.

PATOFISOLOGI PLASENTA PREVIA Perdarahan ante partum akibat plasenta previa terjadi sejak kehamilan 20 minggu saat segmen bawah uterus telah terbentuk dan mulai melebar serta menipis. . Perdarahan tak dapat dihindarkan karena ketidakmampuan serabut otot segmen bawah uterus untuk berkontraksi seperti pada plasenta letak normal. Umunya terjadi pada trimester ketiga karena segmen bawah uterus lebih banyak engalami perubahan. Pelebaran segmen bawah uterus dan pembukaan serviks menyebabkan sinus uterus robek karena lepasnya plasenta dari dinding uterus atau karena robekan sinus marginalis dari plesenta.

. 3. Endometrium di fundus uteri belum siap menerima implantasi.Implantasi plasenta di segmen bawah rahim dapat diebabkan oleh : 1. Endometrium yang tipis sehingga diperlukan perluasan plasenta untuk mampu memberikan nutrisi janin. Vili korealis pada koreon gave yang persisten. 2.

bagian terbawah janin biasanya belum masuk pintu atas panggul. . pemeriksaan fisik : Pemeriksaam luar. 1. Pemeriksaan inspekulo : perdarahan berasal dari osteum uteri eksternum. tanpa sebab terutama pada multigravida pada kehamilan setelah 20 minggu. ada kelainan letak janin. 2.MANIFESTASI KLINIK – – Anamnesis : perdarahan jalan lahir erwarna merah segar tanpa rasa nyeri.

. kontaksi broxton hicks.TANDA DAN GEJALA UTAMA PLASENTA PREVIA – – – Perdarahan tanpa nyeri dengan usia gestasi di atas 22 minggu. Darah segar atau kehitaman dengan bekuan. aktifitas fisik. Perdarahan dapat terjadi etelah miksi atau defekasi. trauma atau koitus.

. • Plasentitis dan endometrititis pasca persalinan. antara lain : • Perdarahan yang hebat • Infeksi (sepsis).KOMPLIKSI – – Bahaya plasenta previa pada ibu. Bahaya plasenta previa pada janin. • Emboli udara (jarang) • Anemia karena perdarahan. antara lain : ~ Hypoxia ~ Perdarahan dan shock ~ Prematur dan komplikasinya seperti asfiksia berat.

Lakukan restorasi cairan dan darah sesuai dengan keperluan untuk memenuhi defisit dan tingkat gawat darurat yang terjadi. melakukan stabilisasi.PENANGANAN – – – – – Siapkan fasilitas tindakan gawat darurat karena perdarahan antepartum merupakan komplikasi yang dapat membahayakan keselamatan ibu. . merujuk dan menatalaksana komplikasi pada ibu dan anak sesuai dengan jenjang kemampuan yang ada. Setiap kasus perdarahan antepartum memerlukan rawat inap dan penatalaksanaan segera. Setiap tingkat fasilitas pelayanan harus dapat mengenali. Tegakkan diagnosa kerja secara cepat dan akurat karena hal ini sangat mempengarhi hasil penatalaksanaan perdarahan antepartum.

– – – – Tindakan konservatif dilakukan selama kondisi masih memungkinkan dan mengacu pada upaya untuk memperbesar kemungkinan hidup bayi yang di kandung. keganasan. Pada kondidi yang sangat gawat. polip. dengan pemeriksaan ini dapat ditentukan implantasi plasenta atau jarak tepi plasenta terhadap osteum. . Tidak dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan pada dalam perdarahan antepartum. Pemeriksaan Ultrasonografi. keselamatan ibu merupakan pertimbangan utama.pemeriksaan inspekulo secara hari-hati dan benar. dapat menentukan sumber perdarahan dari kanalis srviks atau sumber lain ( serviksitis. dan trauma ). laserasi.

THANK YOU .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->