Nilai

:

Asisten :

LAPORAN PRAKTIKUM
ILMU DAN TEKNOLOGI BENIH/DASAR-DASAR TEKNOLOGI BENIH ACARA I ( STRUKTUR BUNGA,BIJI DAN BUAH SERTA TIPE BUAH )

Oleh NAMA NIM KELOMPOK : JUSNAENI : C1M 009 115 : I ( gelombang III )

FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS MATARAM 2011

B.00 wita. Tempat praktikum Praktikum ini di laksanakan di labolatorium Fisika Dan Konservasi Tanah Fakultas Pertanian Universitas Mataram. Usaha pemurnian benih juga memudahkan pengawas benih dalam pekerjaannya mengamati tingkat kemurnian suatu kegiatan dalam produksi benih maupun analisis benih di laboratorium untuk menguji kemurnian fisik . C. Waktu Praktikum Praktikum ini di laksanakan pada hari jumat. Tinjauan Pustaka Benih merupakan biji tanaman yang dipergunakan untuk keperluan pengembangan usahatani dan mempunyai fungsi agronomis. stuktur biji dan buah serta tipe buah secara makroskopis atau dengan mencari atau melihat pustaka. Benih yang baik dan bermutu akan sangat menunjang dalam peningkatan produknya baik dari segi kuantitas maupun kualitas (Kartasapoetra. BIJI. Pelaksanaan Praktikum 1.ACARA I STRUKTUR BUNGA. DAN BUAH SERTA TYPE BUAH A. 2. 2002). Tujuan Praktikum Praktikum ini bertujuan untuk mengenal stuktur bunga. pukul 16.00-17. 1986). 18 maret 2011. Pengujian benih khususnya dalam pengujian kemurnian benih merupakan kegiatan – kegiatan untuk menelaah tentang kepositifan fisik komponen – komponen benih termasuk pula persentase berat benih murni (pure seed) yang meliputi semua varietas dari setiap spesies yang diakui bagaimana yang dinyatakan oleh pengirim atau yang ditemukan dalam pengujian di laboratorium (Justice. Benih yang bermutu adalah benih yang telah dinyatakan sebagai benih yang bekualitas tinggi.

Struktur buah terbagi kedalam beberapa kelompok yang dilihat dari bentuk daging buah. 2005). Dalam pelaksanaan pengujian kemurniaan benih dimana komponen – komponen telah berhasil dipisahkan. 2007). Bagi pengujian benih. buah srikaya. ketumbar. Mentimun.benih. padi. Bunga (flos) atau kembang adalah struktur reproduksi seksual pada tumbuhan berbunga (divisio Magnoliophyta atau Angiospermae. D. dan berlanjut dengan pembentukan biji. benih tanaman lain atau varietas lain. biji bunga matahari. "tumbuhan berbiji tertutup"). c. bungur. buah pinang. Fungsi biologi bunga adalah sebagai wadah menyatunya gamet jantan (mikrospora) dan betina (makrospora) untuk menghasilkan biji. Biji jagung. buah alpukat. biji-bijian herba serta benda-benda mati atau kotoran. sagar. Buah merupakan biasanya membungkus dan melindungi biji. buah apel. kulit buah. Buah adalah organ pada tumbuhan perkembangan lanjutan dari bakal berbunga yang buah (ovarium). buah komak. yang diikuti dengan pembuahan. beratnya contoh kerja untuk masing – masing benih telah ada ketentuannya. Bunga berfungsi utama menghasilkan biji. dan susunan biji dalam buah (Danuarti. kemudian yang merupakan hasil uji benih murni. 2009). . selanjutnya masing masing harus ditimbang dengan seksama dengan contoh kerja dalam satuan gram (Anonim. Bunga disebut bunga sempurna bila memiliki alat jantan (benang sari) dan alat betina (putik) (anonim.Pada bunga terdapat organ reproduksi (benang sari dan putik). Proses dimulai dengan penyerbukan. Bunga kembang sepatu. Aneka rupa dan bentuk buah tidak terlepas kaitannya dengan fungsi utama buah. Buah jeruk. d. Bahan Praktikum a. Bahan Dan Alat Praktikum 1. yakni sebagai pemencar atau perbanyakan biji tumbuhan. kecuali untuk beberapa benih tertentu. b.

Cara Kerja 1. kemudian di bagian-bagiannya. 4. Bunga terdiri dari 5 helai daun kelopak yang dilindungi oleh . Hasil Pengamatan Terlampir G. Bunga sempurna memilki 4 bagian utama yaitu kelopak bunga (calyx). Stuktur bunga  Di amati bunga secara seksama dan di gambar secara jelas. F. 2. Tipe buah  Di gambar buah yang telah di sediakan secara utuh dan di tulis tipe buahnya. Stuktur bunga Bunga adalah batang dan daun yang termodifikasi. Kaca pembesar c. Pensil E. Pembahasan 1. Pinset d. benang sari (anthera) dan putik (stigma). Yang termasuk dalam stuktur bunga adalah bunga kembang sepatu. Kemudian di gambar dan di tulis bagian-bagiannya.) adalah tanaman semak suku Malvaceae yang berasal dari Asia Timur dan banyak ditanam sebagai tanaman hias di daerah tropis dan subtropis. Cutter dan parang b. 3. Stuktur biji  Di belah biji yang sudah di sediakan secara vertikal dengan cutter. Kembang sepatu (Hibiscus rosa-sinensis L. Alat praktikum a. Struktur bunga  Di belah buah yg telah di sediakan secara vertikal kemudian di gambar dan di tulis bagian-bagiannya. mahkota bunga (corolla).2.

baik sebagai tanaman hias maupun tanaman penghasil minyak. dan tempe. Karbohidrat dalam bentuk pati umumnya berupa campuran amilosa dan amilopektin. Yang termasuk dalam struktur biji ini yaitu sbb:  Biji bunga matahari Bunga matahari (Helianthus annuus L. Mahkota bunga terdiri dari 5 lembar atau lebih jika merupakan hibrida. . yaitu lembaga. tetapi lebih berarti dalam pengolahan sebagai bahan pangan.kelopak tambahan (epicalyx) sehingga terlihat seperti dua lapis kelopak bunga.  Biji kedelai Kedelai (kadang-kadang ditambah "kacang" di depan namanya) adalah salah satu tanaman polong-polongan yang menjadi bahan dasar banyak makanan dari Asia Timur seperti kecap. Jagung manis diketahui mengandung amilopektin lebih rendah tetapi mengalami peningkatan fitoglikogen dan sukrosa. Biji jagung kaya akan karbohidrat. tahu. Kandungan karbohidrat dapat mencapai 80% dari seluruh bahan kering biji. Sebagian besar berada pada endospermium. Biji terdapat di dalam buah berbentuk kapsul berbilik lima. Lembaga akan terjadi setelah terjadi penyer bukan atau persarian yang diikuti oleh pembuahan. selain gandum dan padi. Perbedaan ini tidak banyak berpengaruh pada kandungan gizi.) merupakan salah satu tanaman pangan dunia yang terpenting.) adalah tumbuhan semusim dari suku kenikir-kenikiran (Asteraceae) yang populer. sebagian besar atau seluruh patinya merupakan amilopektin.  Biji jagung Jagung (Zea mays L. Pada jagung ketan. 2. Tumbuhan ini menyukai suasana yang cerah. Stuktur biji Biji merupakan bagian yang berasal dari bakal biji dan di dalamnya mengandung calon individu baru. Bunga matahari menyukai tanah yang subur dan hangat. Tangkai putik berbentuk silinder panjang dikelilingi tangkai sari berbentuk oval yang bertaburan serbuk sari.

"limau" (atau "limo") berarti "jeruk nipis". tergantung jenisnya. Di Jawa. Aneka rupa dan bentuk buah tidak terlepas kaitannya dengan fungsi utama buah. yakni sebagai pemencar biji tumbuhan. Buahnya biasanya dipanen ketika belum masak benar untuk dijadikan sayuran atau penyegar. Stuktur buah Buah adalah organ pada tumbuhan berbunga yang merupakan perkembangan lanjutan dari bakal buah (ovarium). Mentimun dapat ditemukan di berbagai hidangan dari seluruh dunia dan memiliki kandungan air yang cukup banyak di dalamnya sehingga berfungsi menyejukkan.3. Dalam bahasa sehari-hari. Rasa masam berasal dari kandungan asam sitrat yang memang menjadi terkandung pada semua anggotanya. Anggotanya berbentuk pohon dengan buah yang berdaging dengan rasa masam yang segar.Sebutan "jeruk" kadangkadang juga disematkan pada beberapa anggota marga lain yang masih berkerabat dalam suku yang sama. atau ketimun (Cucumis sativus L. .  Buah jeruk J eruk atau limau adalah semua tumbuhan berbunga anggota marga Citrus dari suku Rutaceae (suku jeruk-jerukan). penyebutan "jeruk" atau "limau" (di Sumatra dan Malaysia) seringkali berarti "jeruk keprok" atau "jeruk manis".  Buah apel Leluhur liar Malus domestica adalah Malus sieversii yang ditemui hidup secara liar di pegunungan Asia Tengah. Buah biasanya membungkus dan melindungi biji. di Kazakhstan.  Buah mentimun Mentimun. timun. seperti kingkit. suku labu-labuan atau Cucurbitaceae) merupakan tumbuhan yang menghasilkan buah yang dapat dimakan.. Potongan buah mentimun juga digunakan untuk membantu melembabkan wajah. meskipun banyak di antara anggotanya yang memiliki rasa manis.

Tajikistan.Kirgizstan. jambe (Sd. sebuah konsorsium pimpinan Italia mengumumkan bahwa mereka telah menafsirkan seluruh genom apel (varietas Golden Delicious). wua. dan nama ilmiahnya adalah Areca catechu. Buah srikaya berbentuk bulat dengan kulit bermata banyak (serupa sirsak). Buah serbaguna ini memiliki banyak manfaat dan khasiat bagi manusia..  Buah srikaya Srikaya atau buah nona (Annona squamosa). Apel memiliki sekitar 57.  Buah alpukat Alpukat(Persea americana) dalam Bahasa Indonesia baku menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia disebut sebagai avokad merupakan buah yang sering kita jumpai. jumlah tertinggi pada genom tumbuhan yang dikaji sejauh ini dan lebih banyak gen dari genom manusia (kira-kira 30. Asia dan Afrika bagian timur. bua. Daging buahnya berwarna putih. Rasanya yang nikmat membuat banyak orang menyukainya. Cina.Dalam bahasa Inggris dikenal sebagai Betel palm atau Betel nut tree. Pada tahun 2010. fua. Sebagian orang takut untuk mengkonsumsinya karena dianggap memiliki kandungan lemak yang tinggi. Pelbagai nama daerah di antaranya adalah pineung (Aceh).000 gen.). Jw. penang (Md. pua. ua. adalah tanaman yang tergolong ke dalam genus Annona yang berasal dari daerah tropis. Ada banyak zat yang kaya manfaat yang terdapat di buah ini.  Buah komak . dan Xinjiang. hua (aneka bahasa di Nusa Tenggara dan Maluku) dan berbagai sebutan lainnya.).  Buah pinang Pinang adalah sejenis palma yang tumbuh di daerah Pasifik. Pinang juga merupakan nama buahnya yang diperdagangkan orang.000). Buah berwarna hijau ini sering dimanfaatkan untuk jus atau bahan dalam es campur maupun hidangan lainnya. pining (Batak Toba). dan kemungkinan juga Malus sylvestris.

Bentuk yang tidak digerus mirip dengan lada. atau petai selong adalah sejenis perdu dari suku Fabaceae (=Leguminosae. Buahnya yang kecil dikeringkan dan diperdagangkan. Bunganya berwarna merah jambu. bila mekar bersama-sama akan tampak indah. baik digerus maupun tidak. maka tanaman ini di Malaysia dinamai petai jawa. Berasal dari Amerika tropis.  Bungur Bungur (Lagerstroemia) adalah sejenis tumbuhan berwujud pohon atau perdu yang dikenal sebagai pohon peneduh jalan atau pekarangan.Kacang komak merupakan kacang yang ternyata menempati urutan ketiga dalam hal kandungan gizi dibandingkan dengan kacang-kacang yang lainnya.Perbanyakan anakannya dari biji yang keluar setelah proses pembungaan selesai.  Buah lamtoro Lamtoro. yang kerap digunakan dalam penghijauan lahan atau pencegahan erosi. seperti biji kecil-kecil berdiameter 1-2 mm. Dalam bahasa Inggris dikenal sebagai coriander dan di Amerika dikenal sebagai cilantro. dan kemudian menyebar pula ke pulau-pulau yang lain di Indonesia. Meskipun terutama mengacu pada jenis tanaman budidaya. petai cina. padi juga digunakan untuk mengacu pada beberapa jenis dari marga (genus) yang sama. Tumbuhan ini berasal dari Eropa Selatan dan sekitar Laut Kaspia. polong-polongan). Bijinya berbentuk bulat berwarna coklat . tumbuhan ini sudah ratusan tahun dimasukkan ke Jawa untuk kepentingan pertanian dan kehutanan[1]. yang biasa disebut sebagai padi liar.  Buah ketumbar Ketumbar (Coriandrum sativum) adalah tumbuhan rempah-rempah yang populer. Oleh sebab itu agaknya.  Buah padi Padi adalah salah satu tanaman budidaya terpenting dalam peradaban. Dalam perdagangan obat ia dinamakan fructus coriandri.

sebesar kelereng. Biji merupakan bagian yang berasal dari bakal biji dan di dalamnya mengandung calon individu baru. . "tumbuhan berbiji tertutup"). H. Selain itu bisa juga diperbanyak dengan pencangkokan. 2. yaitu lembaga. Kesimpulan 1. Bunga (flos) atau kembang adalah struktur reproduksi seksual pada tumbuhan berbunga (divisio Magnoliophyta atau Angiospermae. Buah biasanya membungkus dan melindungi biji. 3. Buah adalah organ pada tumbuhan berbunga yang merupakan perkembangan lanjutan dari bakal buah (ovarium).

www. Pengukuran Kadar Air Benih. Sigle Seed Conductivity and Seedling Emergence in Soybean. www. Measurement and Management of Tree Seed Moisture. Diakses pada tanggal 15 April 2010. B. 29. 1999. Hamman. Halmajan and D. Zurich. H. Seed Science and Technology. 2007.renhaz.wikipedia. Pengadaan Benih. T. Egli. Suplement. Bonner. Danida Forest Seed Centre. . Anonim. ISTA. No. 2009.B. International Rules for Seed Testing: Rules 1999. Technical Note. F.com. 2001.DAFTAR PUSTAKA Anonim. Diakses pada tanggal 16 April 2010. Seed Science and Technology. 1. Switzerland. 575-586.com. 1995. .