P. 1
makalah biomedis

makalah biomedis

|Views: 433|Likes:
Published by Ari Sadewa
biomedis
biomedis

More info:

Published by: Ari Sadewa on Mar 27, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/17/2015

pdf

text

original

qwertyuiopasdfghjklzxcvbnmq wertyuiopasdfghjklzxcvbnmqw ertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwer tyuiopasdfghjklzxcvbnmqwerty uiopasdfghjklzxcvbnmqwertyui opasdfghjklzxcvbnmqwertyuiop asdfghjklzxcvbnmqwertyuiopas dfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdf

ghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfgh jklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjkl zxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzx cvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcv bnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbn mqwertyuiopasdfghjklzxcvbnm qwertyuiopasdfghjklzxcvbnmq wertyuiopasdfghjklzxcvbnmqw ertyuiopasdfghjklzxcvbnmrtyui
BIOMEDIS FOR ENGINEERING Untuk Melengkapi Tugas Mata Kuliah Stadium Generale 3/13/2013 By : Hersya Fitri Azzura (111110111) Fitriyadi Syafwan (111110112) Ari Sadewa Yogapratama (111110124)

BAB I PENDAHULUAN 1. Latar Belakang Dengan melihat perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi kedokteran yang sangat pesat dewasa ini, maka diperlukan keahlian khusus yang dapat memahami dan menguasai berbagai aspek modifikasi peralatan instrumentasi dan pencitraan, pengembangan rekayasa jaringan untuk keperluan rehabilitasi medik dan pengembangan sistem informasi medis. Perpaduan keahlian khusus antara bidang kedokteran dan bidang teknologi tersebut dikenal sebagai Teknologi Biomedis (Biomedical Engineering). 2. Tujuan Pembuatan Makalah Adapun tujuan pembuatan makalah ini demi memenuhi tugas dari mata kuliah stadium generale di IT Telkom.

BAB II PEMBAHASAN 1. Pengertian Biomedis adalah ilmu yang merupakan integrasi dari beberapa disiplin ilmu. Seperti yang dikatakan oleh The National Institutes of Health pada tahun 1997 : “Bioengineering integrates physical, chemical, or mathematical sciences and engineering principles for the study of biology, medicine, behavior, or health. It advances fundamental concepts, creates knowledge from the molecular to the organ systems levels, and develops innovative biologics, materials, implants, devices, and informatics approaches for the prevention, diagnosis, and treatment of disease, for patient rehabilitation, and for improving health."Inti dari definisi tersebut menyatakan bahwa teknik biomedika merupakan gabungan dari beberapa prinsip dasar ilmu kimia, biologi, sains matematika dan engineering untuk membantu memecahkan masalah yang ada pada bidang kesehatan baik dari segi material sampai proses rehabilitasi. Sedangkan, ilmu biomedis yang pertama kali dikembangkan secara edukasi oleh Universitas Pennsylvania di Philadelphia didefinisikan oleh Prof. Kenneth R. Foster : "Biomedical engineering is presently undergoing explosive growth. The field began when engineers partnered with physicians to develop solutions to medical problems. The discipline has now developed an identity of its own, and is moving into areas such as tissue engineering and neuroscience that are far from the original engineering roots of the field. At the same time, biomedical engineers are still making important contributions to such traditional subjects such as biomedical signal analysis, physiological modeling, and instrumentation.” Intisari definisi tersebut juga menyatakan bahwa teknik biomedika merupakan integrasi dari beberapa disiplin ilmu seperti engineerdan dokter untuk menemukan solusi pada masalah bidang kesehatan. Perkembangan teknik biomedika sangat pesat bahkan hampir meninggalkan akar engineering itu sendiri. Namun untungnya teknik biomedika masih berada di jalur tradisi seperti pada bidang bio-signal processing.

2. Bidang Utama Pada Biomedis Beberapa bidang mayor/utama biomedis antara lain adalah: 

Bio-Instrumentation Penggunaan sensor dan perangkat lain intuk mengetahui dan menyimpan data fisiologis dari seseorang atau makhluk hidup lainnya. Bio-instumen biasanya digunakan untuk mengetahui data-data suatu objek. Data-data tersebut didapat dari sensor sensor yang ada pada perangkat. Sensor tersebut kemudian akan menyimpan datanya pada database untuk kemudian data tersebut dapat diteliti.

Bio-signal Processing SIGNAL adalah pembawa informasi. INFORMASI : menjelaskan mekanisme fisik/tubuh tertentu saatterjadinya aktifitas sistem.Signal ini dapat diukur dan dianalisa untuk

mengetahuiinformasi mengenai struktur dan fungsi dari sistem biologi. 

Medical Imaging Yaitu ilmu penggambaran pada bidang medika untuk mengetahui atau melihat kondisi pasien melalui gambar.Contohnya adalah X-ray.

Bio-mechanic Merupakan ilmu yang membahas aspek-aspek mekanika dari gerakan-gerakan tubuh manusia. Biomekanika adalah kombinasi antara keilmuwan mekanika dan dasar ilmu kedokteran.

Physiology Merupakan ilmu yang mempelajari tentang makhluk hidup dan organorgannya.

Biomaterial Adalah penerapan bahan rekayasa untuk produksi produk medis / biologi. Biomaterial mendesain dan mengembangkan material baru guna menggantikan organ-organ biologis yang rusak/tidak berfungsi. Bio-Material mendesain material baru yang tidak ditolak oleh tubuh (sesuai). Material haruslah tidak beracun, tanpa bahan karsinogenik, stabil dan secara mekanik cukup kuat untuk menahan tekanan yang berulang-ulang (selama hidup)

Selain itu bidang spesifikasi dari bidang mayor pada teknik biomedika ini antara lain :       Clinical engineering (Teknik Klinik) Cellular engineering(Teknik Seluler) Tissue engineering (Teknik Rekayasa Jaringan) Bio-Informatics (Bio-informatika) System engineering (Teknik Sistem) Health engineering (Teknik Kesehatan)

3. Prosedur Medis Pada teknik biomedika, engineer juga harus mengetahui prosedur medis yang umumnya digunakan para dokter untuk menangani pasien. Untuk prosedur medis dapat diilustrasikan sebagai berikut :

start

Data collectin g

Process &analys is

finish

therapy

diagnos e

Proses medical procedure : 1.) Pasien penderita datang ke klinik atau rumah sakit dengan keluhan yang dialami 2.) Pengumpulan data dilakukan oleh asisten medis dokter berupa nama, umur, alamat, riwayat kesehatan dan data yang berkaitan pada sakit yang diderita. 3.) Dokter menganalisa pasien dengan gejala yag dirasakan dan beberapa pemeriksaan secara fisik. 4.) Dokter melakukan diagnosa penyakit sesuai dengan pola penyakit yang diderita 5.) Hasil dari diagnosa merekomendasikan untuk terapi bagi pasien berupa terapi obat dan atau terapi fisik untuk menunjang kesehatan, jika gejala masih ada maka kebali pada poin 2. 6.) Jika tidak ada gejala atau bisa dikatakan sudah sembuh maka proses perawatan atau medis dapat dihentikan.

4. Contoh-contoh Penggunaan Biomedis a. Bioinstrumentation di bidang kedokteran gigi

b. Biomaterial

c. Medical Imaging (Penggambaran Medis)

BAB III PENUTUP

Dari definisi-definisi yang sudah dijabarkan diatas, dapat dipastikan bahwa bidang medis dan teknologi saat ini saling melengkapi, karena keduanya saling membutuhkan satu sama lain, baik dari segi medisnya maupun dari segi teknologinya. Oleh karena itu, semakin berkembangnya teknologi saat ini, maka perkembangan itu akan selaras dan sejajar dari segi medisnya. Demikian makalah ini kami buat agar bermanfaat bagi kita semua, semoga apa yang kita berikan setimpal juga dengan yang kita dapatkan, dan marilah kita ikut mengambil andil dalam mengembangkan teknologi di negara kita maupun di negara kita.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->