Rencana Pelaksanaan Pembelajaran SMA

Satuan Pendidikan Mata Pelajaran Kelas/Semester Pertemuan ke Materi Pembelajaran Unsur Alokasi Waktu : 2 x 45 menit : SMA Negeri 2 Lubuklinggau : Kimia : Kelas X/ Semester I : 7 : Sifat Fisik dan Sifat Kimia

____________________________________________________________________________ I. Standar Kompetensi : Memahami struktur atom ,sifat-sifat periodik

unsur dan ikatan kimia
II. Kompetensi Dasar : Memahami struktur atom berdasarkan teori atom

Bohr,sifat sifat unsur,massa atom relatif dan sifat –sifat periodik unsur dalam tabel periodik serta menyadari keteraturannya,melalui pemahaman konfigurasi elektron.
III. Indikator

A. Kognitif produk

Menjelaskan sifat-sifat fisik dan kimia unsur-unsur golongan

utama(1A-8A). proses

Mengklasifikasikan unsur kedalam golongan logam, non logam

dan metalloid. B. Afektif 1. Karakter

Bertanggung jawab dalam menyelesaikan pertanyaan kelompok maupun individual sifat-sifat fisik dan kimia unsur b. paling tidak siswa dinilai Membuat kemajuan dalam menunjukkan karakter kejujuran dan tanggung jawab dalam menyelesaikan pertanyaan kelompok dan individual sifat-sifat fisik dan kimia unsur. • diberikan materi sifat-sifat kimia dengan mandiri.a. Karakter: Terlibat dalam proses belajar mengajar berpusat pada siswa. Mengemukakan pendapat didepan umum IV.non logam dan metaloid. . Kognitif produk • Peserta didik dapat menjelaskan sifat-sifat fisik unsur dengan Peserta didik dapat menjelaskan sifat-sifat kimia unsur dengan diberikan materi sifat-sifat fisik dengan mandiri. B. Afektif 1. Tujuan Pembelajaran: A. Keterampilan sosial a. Jujur dalam menyelesaikan pertanyaan kelompok maupun individual sifat-sifat fisik dan kimia unsur 2. Menghargai pendapat orang lain b. proses • Peserta didik dapat mengklasifikasi unsur kedalam golongan logan.

aperepsi dan hasil yang akan diharapkan setelah pembelajaran tersebut kepada siswa sesuai dengan tujuan pembelajaran.2. (Fase 1 MPK). •Guru menginformasikan pendekatan pembelajaran kooperatif tipe NHT. Keterampilan sosial: Terlibat dalam proses belajar mengajar berpusat pada siswa. •Guru Mengkomunikasikan tujuan pembelajaran . Model dan Metode Pembelajaran: Model Pembelajaran: Model kooperatif Pendekatan Pembelajaran: Number Head Together(NHT) VI. V. • Guru mengecek kemampuan awal dengan Tanya jawab Waktu 1 menit 5 menit 3 menit 5 menit Pengamat 1 2 3 4 B. Guru waktu menyajikan informasi tentang 15 sifat-sifat fisik dan kimia unsur –unsur menit golongan utama(1A-8A) secara umum dengan memperlihatkan gambar- . Pendahuluan 15 menit Penilaian oleh Kegiatan •.Guru membuka pembelajaran dengan mengajak siswa berdoa bersama. Proses Belajar Mengajar A.Kegiatan Inti 65 menit Penilaian oleh Pengamat 1 2 3 4 Kegiatan 1. paling tidak siswa dinilai Membuat kemajuan dalam menunjukkan perlaku keterampilan sosial menghargai pendapat orang lain dan berani dalam mengemukakan pendapat di depan umum.

Guru mengecek pemahaman siswa 15 menit dengan memberikan pertanyaan kepada kelompok dengan cara . 5. 2. 4. Setelah siswa berdiskusi dalam 10 menit kelompok. (Fase 2 MPK).Kegiatan gambar dan video –video tentang sifat sifat unsur.(Fase 4 MPK). Guru yayan supardi) setiap kelompok terdiri dari 4-5 siswa. Guru mengorganisasi siswa menjadi waktu Penilaian oleh Pengamat 1 2 3 4 kelompok-kelompok koopertif dan 3 menit membagi materi diskusi(materi diskusi terdapat didalam buku kimia kelas X karangan 3 MPK). (Fase 5 MPK). guru menujuk beberapa kelompok untuk melakukan presentasi hasil diskusi kelompok dengan menunjuk salah satu anggota kelompok untuk mewakili kelompok. rangkuman dari hasil presentasi kelompok. Guru memberikan kesimpulan. 3. (Fase 20 mendiskusikan materi membimbing setiap kelompok menit dalam pembelajaran yang dibagikan dengan cara meminta siswa jujur mengatakan bila belum dapat memahami materi tersebut.

Penutup 10 menit Kegiatan 7. kelompok Mawar. 6. kelompok Kana dan kelompok Melati. Nomor yang ditunjuk guru yang akan menjawab (Pertanyaan terlampir).Kegiatan menyebut salah satu nomor yang dipunyai kelompok misal kelompok Dahlia. Guru memberikan penghargaan waktu Penilaian oleh Pengamat 1 2 3 4 2 menit kepada kelompok yang berkinerja baik dalam diskusi dan menjawab pertanyaan individu dan kelompok dengan benar. Guru menunjuk salah satu siswa secara acak untuk mengemukakan pendapatnya mengenai pengalaman belajar selama menyelesaikan tugas secara individual dan kelompok dalam proses pembelajaran. waktu 3 menit Penilaian oleh Pengamat 1 2 3 4 5 menit . (Fase 5 MPK). kelompok Lili. (Fase 6 MPK) B.

Tabel Periodik Unsur 3. Boston: Pearson Prentice Hall. Boston: Allyn & Bacon. Sumber belajar 1. Johnson. Silabus Daftar Pustaka BSNP (Badan Standar Nasional Pendidikan). .nonlogam dan metaloid 4. Model Silabus dan Rencana Pelaksanaan SMP/MTS. Buku paket Kimia kelas X karangan yayan supardi 2. and Waterman. Guru memberikan tugas reading house untuk materi selanjutnya. Matta. (2007). Guru menutup pembelajaran dengan doa bersama. Gambar –gambar unsur logam. Wilbraham. Digandakan Mata Pelajaran: Ilmu Pengetahuan Direktorat Alam. & Johnson. Guru menyimpulkan hasil diskusi dengan menunjuk salah satu siswa secara acak untuk menyimpulkan hasi diskusi. 2007. Staley. Meaningful Assessment.8. 10. Chemistry (Teacher’s Edition). A Manageable and Cooperative Process. Roger T. Pembelajaran. Video –video praktikum test nyala. 1 menit 1 menit X. David W. 2002. 9.reaktifitas unsur dan warna gas halogen 5. oleh Kegiatan Penyelenggaraan Jenderal Sosialisasi/Diseminasi/Seminar/Workshop/Publikasi Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah.

Jelaskan definisi jari jari atom..Acid (and Base) Rainbows. TeachEngineering. Jelaskan kecendrungan jari jari atom dalam satu golongan dan satu periode.org/view_activity. Didownload pada 9 Oktober 2009 dari http://www. Jelaskan definisi energy ionisasi.teachengineering.org Activity .? 3.________.? ...php? Pertanyaan Tanya jawab( free test) 1.? 2.

Lampiran 1 Pertanyaan individual . 3.jarak antara inti atom dengan kulit terluar 2..? Jawaban 1.jari-jari atom dalam satu golongan dari atas kebawah semakin besar sedangkan dalam satu periode dari kiri kekanan semakin kecil. 4. energy yng dibutuhkan atom untuk melepaskan elektron pada kulit terluar. energy ionisasi dalam satu golongan dari atas kebawah semakin kecil sedangkan dalam satu periode dari kiri kekanan semakin besar.4. Jelaskan kecendrungan energy ionisasi atom dalam satu golongan dan satu periode.

1.? 6.. Mengapa golongan 7A dari atas kebawah kurang reaktif.? 7..? 5. Tes nyala terhadap suatu logam alkali tanah menghasilkan warna putih terang.? 3.? Jawaban.. Apakah nama unsur tersebut? 2. Litium Natrium Kalium Rubidium Cesium ungu merah biru merah jingga kuning keemasan Warna logam alkali tanah. sebutkan sifat –sifat gas mulia. logam magnesium 2.. Apa pengaruh titik didih terhadap sifat logam suatu unsur.Pertanyaan : 1. jelaskan karaktristik unsur –unsur metaloid.. Mengapa unsur natrium. .? 4. warna nyala logam alkali.lithium dan kalium mengapung diatas air..Sebutkan warna nyala logam unsur golongan 1A dan golongan 2A.

Tidak berwarna 4. 4. karena dalam satu golongan wujudnya tidak sama. Beberapa metaloid berkilauan seperti logam 6. 5. Lebih rapuh daripada logam. Umumnya bersifat semikonduktor terhadap listrik 4.Barium hijau –kuning Magnesium warna terang Stronsium crimson 3. Berwujud gas pada suhu kamar 7. Sifat-sifat metaloid : 1. kurang rapuh dibandingkan dengan non logam 3.wujud gas lebih reaktif dibandingkan wujud cair dan padat. Tidak berbau 5. Tidak berasa 6. Sifat gas mulia 1. Kurang reaktif 7. . Memiliki energy ionisasi yang besar 3. Stabil 2. Memiliki sifat baik sebagai logam maupun non logam 2. Semakin besar titik didih semakin kuat sifat logam nya. Karena memiliki massa jenis yang lebih kecil dari pada air.

3. 5. .Lampiran 1 Lembar kerja siswa( LKS) Topik : sifat fisi dan sifat kimia unsur Kelas/semester : X/Satu Nama kelompok : Anggota Kelompok : 1. 2. 4. Pelajari Lembar Kerja Siswa tentang sifat fisi dan sifat kimia unsur secara berdiskusi dengan teman-temanmu satu kelompok. Petunjuk 1.

Diskusikan dan bahas bersama dengan temanmu. 3. klasifikasi unsur non logam : metaloid : merah jingga kuning keemasan ungu merah polonium dan astatin 4. tanyakan pada gurumu. Jika dalam kelompokmu mengalami kesulitan dalam mempelajari Lembar Kerja Siswa.sehingga untuk menjadi melepaskan electron sangat mudah.? 2. warna nyala logam alkali.? Jawaban .. 2. tetapi berusahalah semaksimal mungkin terlebih dahulu.telorium . karena energy ionisasinya semakin kecil dari atas kebawah.2.. Litium Natrium Kalium Rubidium Cesium logam: biru unsur golongan 1A dan 2A unsur golongan 7A boron. Jelaskan mengapa dalam satu golongan dari atas kebawah logam alkali semakain reaktif berdasarkan video yang ditampilkan.antimon. Golongkan unsur unsur kedalam golongan logam. 1. florin clorin kuning pucat kuning kehijauan . Sebutkan warna nyala logam unsur golongan 1A ? 3. warna gas halogen.? 4. Pertanyaan : 1. Sebutkan warna nyala unsur halogen(gol 7A).arsen.silicon.germanium.golongan halogen dan golongann metaloid.

bromine iodine kemerahan ungu .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful