1.

2.

3. 4.

5. 6.

7.

8.

9.

10.

Apa yang dimaksud dengan gaya gesekan? Gaya gesek atau gaya gesekan merupakan gaya yang ditimbulkan oleh dua pemukaan yang saling bersentuhan, arah gaya gesekan berlawanan dengan kecenderungan arah gerak benda Gaya gesek mengubah energi kinetis menjadi panas atau suara. Gaya gesekan terdiri dari dua jenis, yakni gaya gesek statis dan gesek kinetis. Jelaskan perbedaan kedua gaya gesek ini dan tuliskan persamaannya! Gaya gesek statis adalah gaya gesek yang timbul saat benda diam dan akan bergerak (fs=μs.N) Gaya gesek kinetic adalah gaya gesek yang timbul saat benda bergerak (fk=μk.N) Mengapa gaya gesek statis lebih kecil dibandingkan gaya gesek kinetis? Apakah sama antara gaya normal dengan gaya berat? Jelaskan! Tidak, gaya normal adalah gaya yang tegak lurus benda sedangkan gaya berat adah gaya yang diakibatkan oleh gravitasi bumi. Lebih cepat benda yang meluncur atau yang menggelinding? Apakah manfaat gaya gesek? Gaya gesekan memiliki manfaat yang penting bagi kita antara lain : (1) Gaya gesek membantu benda bergerak tanpa tergelincir. (2) Gaya gesek dapat menghentikan benda yang sedang bergerak, misalnya sepeda di rem. (3) gaya gesekan dapat menahan benda-benda agar tidak bergeser. Apakah kerugian gaya gesek? (1) gaya gesekan pada mesin mobil dan kopling menimbulkan panas yang berlebihan sehingga mesin mobil cepat rusak karena aus. (2) gaya gesekan antara ban mobil dengan jalan mengakibatkan ban mobil cepat aus dan tipis. (3) gaya gesekan antara angin dengan mobil dapat menghambat gerakan mobil. Apakah gaya berat mempengaruhi gaya gesek? Ya, karena fk=µkN, N (gaya normal) besarnya tergantung W (gaya berat) dan besar sudut antara tegak lurus benda dengan pusat bumi. Sehingga gaya berat pun mempengaruhi gaya gesek. Bagaimana cara memperkecil gaya gesek? (1) memperlicin permukaan, misal dengan pemberian minyak pelumas atau mengampelas permukaan. (2) memisahkan kedua permukaan yang bersentuhan dengan udara, misal kapal laut yang bagian dasarnya berupa pelampung yang diisi udara. (3) meletakkan benda di atas roda – roda, sehingga benda lebih mudah bergerak. (4) memberi bantalan peluru, as roda diberi bantalan peluru sehingga tidak cepat aus. Sebuah gaya horizontal 140N dibutuhkan untuk menarik sebuah kota dengan massa 60 kg menyebrangi lantai horizontal dengan laju konstan. Berapakah koefisien gesek antara lantai dan kotak? (3.12(II))

11.

Sebuah mobil dengan massa 600 kg bergerak pada jalan yang rata dengan laju 30 ms. a) berapa besr gaya perlambatan (diasumsikan konstan) yang dibutuhkan untuk menghentikan mobil pada jarak 70 m? B) berapakah koefisien gesek minimum antara ban dan permukaan jalan jika hal tersebut memungkinkan? Asumsikan roda tidak terkunci, dengan demikian kita berhubungan dengan gesekan statis – tidak ada pergesern.

(2) dibuat beralur. kursi memiliki kelajuan 1.5 m/s. Jika koofisien gesekan statis = 0.Jika kecepatan mobil 72 km/jam. paku-pakuan. 17. 13. dan pada saat bergerak.40 dan g = 10m/s2.0 m.12. Koefisien gesekan statis antara ban dan jalan adalah 0.4 dan koefisien gesekan kinetis μk = 0. yang memiliki jarijarikelengkungan 25 m (lihat gambar). Bagaimana cara memperbesar gaya gesek? (1) memasang karet. Sebuah mobil bermassa 1.0 s. misalnya pada permukaan roda kendaraan dan alas sepatu dibuat beralur juga untuk memperbesar gaya gesekan sehingga kendaraan tidak mudah tergelincir. 18. Jika jari-jari kelengkungan jalan adalah 9. 16. gaya yang diperlukan agar balok dapat tepat bergerak adalah sebesar 60 N (gerak balok dengan kecepatan konstan). 15. dan c. tentukan besar gaya gesekan statis dan gaya gesekankinetis ! g = 10 m/s2 Sebuah kursi bermassa 100 kg didorong melintasi lantai oleh Herman denganmemberikan gaya horizontal 200 N. 0 N. b. (g = 10 m/s2) Sebuah balok 10 kg diam di atas lantai datar. 20 N. Sebuah balok bermassa 25 kg mula-mula diam pada sebuah permukaanhorizontal. atau pul. Tentukan koefisiengesekan statis minimum antara ban-ban mobil dengan jalan agar mobil dapatmembelok tanpa slip (g = 10 m/s2) Tikungan pada sebuah jalan memiliki jari-jari kelengkungan 60 m.3. Mulai dari keadaan diam pada t = 0. Oleh karena F = 0 maka fges = 0. kursidipercepat ke depan. Pada t = 3. 19. . 42 N. Sebuah mobil menempuh belokan pada jalan datar. Jawab Gaya-gaya yang bekerja pada benda seperti diperlihatkan pada gambar. Sudut yang dibentuk antara bidang miringdengan lantai adalah 300. 21. Karena pada sumbu vertikal tidak ada gerak. 14. agar mobil tidak selip.Berapakah koefisien gesekan kinetis antara lantai dan kuri Sebuah mobil melaju pada tikungan datar dengan jari-jari kelengkungan 50 m.0 m/s.Carilah koefisien gesekan statis dan kinetis Sebuah balok bermassa 10 kg berada di atas bidang miring sebagaimanaditunjukkan pada gambar di bawah. berlaku: ΣFy = 0 N–w=0 N = w = mg = (10 kg)(10 m/s) = 100 N a. Jalan itudimiringkan sedemikian rupa sehingga tanpa gesekan pun mobil selalu dapatmembelok tanpa slip pada kelajuan 25 m/s. Tentukan kelajuan maksimum yangdiperbolehkan agar mobil dapat membelok tanpa selip.2 ton sedang melewati tikungan jalan pada kelajuan6. Sebuah gaya sebesar 75 N diperlukan agar balok dapat tepat bergerak. Koefisien gesekan statis μs = 0. Tentukanlah gaya gesekan yang bekerja pada balok jika gaya luar F diberikan dalam arah horizontal sebesar a.4.2 dan koofisien gesekan kinetis = 0. Tentukan Pada sudut berapakah jalan itu harus dimiringkan. tentukan koefisien gesek antara ban mobildengan aspal jalan. 20.

0 sekon. tentukanlah: a.2)(50 N) = 10 N ΣFx = m1a → T – fges= m1.10. Gaya gesekan statik fs = μs N = (0. ΣFx = F – fges = 0 sehingga diperoleh fges = F = 20 N. seperti berikut.5 kg)(2 m/s2) = 20 N. Jawab a. Massa kedua benda berturut-turut 5 kg dan 2.3)(100 N) = 30 N. (c) F = 42 N > fs = 40 N maka benda bergerak. .b. Tentukan percepatan tiap benda dan gaya tegangan tali yang menghubungkan kedua balok. 23.4)(100 N) = 40 N. Abaikan gesekan tali dan katrol. laju yang dicapainya setelah 4. dan b. Oleh karena itu.(2) Jumlahkan persamaan (1) dan (2) maka diperoleh dan besarnya gaya tegangan tali. Gaya-gaya yang bekerja pada balok adalah seperti pada gambar berikut. Jawab Gaya-gaya yang bekerja pada tiap benda digambarkan. lihat persamaan (2) T = m2g – m2a = (2. 22. Karena F = 10 N < fs maka benda masih diam (F = 20 N tidak cukup untuk menggerakkan benda).(1) Tinjau benda II. ΣFy = m2a → m2g – T = m2 a ……………………………. Dua buah benda terhubung oleh tali tak bermassa melalui sebuah katrol. Jika besar koefisien gesekan kinetik 0.5 kg.a ……………………………….2. pada benda bekerja gaya gesekan kinetik sebesar fges = fk = μk N = (0. Tinjau benda I ΣFy = 0 → N – m1g = 0 → N = m1g = (5 kg)(10 m/s2) = 50 N fges = fk = μk N = (0. Sebuah benda bergerak menuruni bidang yang kemiringannya 30° terhadap bidang horizontal. Jadi. Koefisien gesekan kinetik antara benda I dan lantai 0.5 kg)(10 m/s2) – (2. percepatannya.

1)(10 m/s2)(0. N = w = m g = (1 kg) (10 m/s2) = 10 kg m/s2 = 10 N. berapakah Gaya minimum yang diberikan agar buku itu mulai bergerak ? anggap saja percepatan gravitasi (g) = 10 m/s2 24. Agar buku dapat bergerak. maka gaya tarik minimum yang diberikan harus lebih besar dari 4 Newton (agar benda mulai bergerak maka F > fs) 25. Jika massa buku tersebut adalah 1 kg.4 dan koofisien gesekan kinetik adalah 0.576 m/s. ΣFx = mg sin 30° – fges = ma atau mg sin 30° – μk mg sin 30° = ma sehingga diperoleh a = g sin 30° – μk g cos 30° = (10 m/s2)(0. berapakah gaya gesekan kinetis yang bekerja pada permukaan balok dan bidang miring ? Panduan Jawaban .144 m/s2)(4 s) = 16. Kecepatan pada t = 4.5)–(0.0 s v = v0 + at = 0 + (4. Koofisien gesekan statik adalah 0. selanjutnya kita hitung besar gaya gesek statis (fs).Pada sumbu-y tidak ada gerak maka ΣFy = N – mg cos 30° = 0 N = mg cos 30° fges = μk N = μk mg cos 30° Pada sumbu x. Besar gaya gesek statis adalah 4 N. Jika sudut yang dibentuk antara bidang miring dengan permukaan lantai sebesar 30o dan koofisien gesekan kinetik adalah 0.4. Panduan Jawaban : Terlebih dahulu kita hitung besar Gaya Normal (N). Sebuah buku berada dalam keadaam diam di atas meja yang permukaannya datar. Setelah memperoleh besar Gaya Normal.866) = 4.144 m/s2.30. b. Sebuah balok bermassa 10 kg diletakkan pada bidang miring sebagaimana tampak pada gambar di bawah.

Sebuah balok aluminium yang bermassa 5 kg terletak di atas lantai yang kasar..5.. Tentukanlah koefisien gesekan kinetik balok dan bidang! Penyelesaian : Diketahui : m = 5 kg F = 50 N fk = 0.22. mg . Balok tersebut didorong oleh gaya 50N sehingga terjadi gaya gesekan sebesar 30N. ? Jawab: Anda dapat menghitung koefisien gesekan kinetik dengan persamaan di atas! fk = fk = 30 = .15 g = 10 Ditanyakan : = .10 . Menentukan nilai koefisien gesekan kinetik..N .

24.ma fk = -5 . 0.8 Penyelesaian : Diketahui : m = 5 kg a = 0. Jika Anda memahami hukum II Newton.23. Balok kayu bermassa 5 kg berada di atas papan luncur.2.15 diketahui g = 9. balok bergerak dengan percepatan 0.8 = 0.15 Persamaan : fk = .2 dari keadaan diamnya. Menentukan gaya gesekan kinetik dihubungkan dengan Hukum II Newton. Tentukan besar gaya gesekan yang terjadi bila dan = 0.2 fk = -1 N Nilai gaya gesekan negatif karena melawan gerak benda. maka soal nomor 2 di atas akan terasa sangat mudah.2 g = 9. Tentukan perpindahan yang ditempuh oleh benda sampai . Sekarang marilah Anda lanjutkan dengan mempelajari contoh berikutnya. Menentukan besar perpindahan benda. Sebuah benda bermassa 4 kg bergerak di atas bidang datar kasar yang mempunyai koefisien gesekan 0.

fx = ma N = ma mg = ma sehingga . 10 = a -2 = a a = -2 (perlambatan arah ke kiri) Dengan menggunakan persamaan gerak lurus berubah beraturan (GLBB) maka diperoleh persamaan perpindahan : ..berhenti.2 . diketahui kecepatan awal benda 10 Penyelesaian : Diketahui : m = 4 kg = 0.. maka -0. . ? Jawab : Anda uraikan komponen gaya yang bekerja pada benda terlebih dahulu.2 Ditanyakan : s = ..

2? (g = 10 ) Penyelesaian : Diketahui : mA = 2 kg mB = 4 kg g = 10 = 0. Berapakah percepatan linear sistem jika koefisien gesek k = 0. Perhatikan gambar di bawah! Gunakan hukum II Newton pada benda A.2 Ditanyakan : a = .25.. Menentukan kecepatan linear sistem Pada gambar A = 2 kg. B = 4 kg... . Jika B dilepaskan maka balok A tepat akan bergerak. ? Jawab : Anda uraikan komponen gaya yang bekerja pada benda terlebih dahulu. hitung TA.

dan (c) koefisien gesek. koefisien gesekan dan gaya normal pada benda yang ditarik sebuah tali. Sebuah kotak 50N ditarik oleh sebuah gaya 25N di atas lantai kasar dengan laju yang tetap. Tentukanlah (a) gaya gesekan yang menghambat benda itu. Penyelesaian : Diketahui : W = 50 N F = 25 N .Pada benda B. dihitung (ingat: gaya searah gerak benda positif dan berlawanan negatif. Lihat kembali modul dinamika partikel 1) Dalam soal ini karena katrol dianggap licin dan tidak berputar Sehingga percepatan linear sistem dapat dihitung : 26. Menentukan gaya gerak. (b) gaya normal benda itu.

Jawab : Perhatikan gambar di bawah ! Jika komponen gaya tersebut Anda uraikan dalam koordinat kartesius menjadi diagram di bawah ! a. Gaya gesekan dapat dihitung dengan melihat komponen gaya pada sumbu x. Gaya normal dapat dihitung dengan melihat komponen gaya pada sumbu y. Menurut hukum I Newton untuk benda yang memiliki V = tetap.berlaku b. Menurut hukum I Newton .

Menentukan gaya gerak. Sebuah kotak 50N ditarik oleh sebuah gaya 25N di atas lantai kasar dengan laju yang tetap. Penyelesaian : Diketahui : W = 50 N F = 25 N Jawab : Perhatikan gambar di bawah ! Jika komponen gaya tersebut Anda uraikan dalam koordinat kartesius menjadi diagram di bawah ! a.c. Gaya gesekan dapat dihitung dengan melihat . Tentukanlah (a) gaya gesekan yang menghambat benda itu. dan (c) koefisien gesek. koefisien gesekan dan gaya normal pada benda yang ditarik sebuah tali. 27. Koefisien gesekan dapat diperoleh dengan rumus gaya gesekan kinetik. (b) gaya normal benda itu.

komponen gaya pada sumbu x. Menurut hukum I Newton c. Koefisien gesekan dapat diperoleh dengan rumus gaya gesekan kinetik. Kedua bidang mempu nyai koefisien gerak kinetik 0. 28.2. Dua balok masing-masing 50N dihubungkan dengan seutas tali melalui katrol pada sebuah bidang miring seperti terlihat pada gambar. Bila gesekan dengan katrol dan massa tali diabaikan. Gaya normal dapat dihitung dengan melihat komponen gaya pada sumbu y.berlaku b. Menurut hukum I Newton untuk benda yang memiliki V = tetap. .

. ? Jawab: Perhatikan gambar di bawah ! Anda uraikan komponen gaya yang bekerja pada benda terlebih dahulu..hitunglah percepatan linear sistem! (g = 10 ) Penyelesaian : Diketahui : Ditanya : a = . Gunakan hukum II Newton .

hitung T1 Perhatikan gambar di bawah ! Dari gambar diperoleh Sehingga percepatan linear sistem dapat dihitung: .Pada benda 1.

0 N.1. Bagaimana cara memperbesar gaya gesek? 2. 4. b. Tentukanlah gaya gesekan yang bekerja pada balok jika gaya luar F diberikan dalam arah horizontal sebesar a. dan c. 20 N.4 dan koefisien gesekan kinetis μk = 0. mengapa bisa terdapat gaya gesek . Turunkan persamaan yang tersapat pada modul! 5. 42 3. Apakah gaya berat mempengaruhi gaya Sebuah balok 10 kg diam di atas lantai datar.3. Koefisien gesekan statis μs = 0.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful