P. 1
Chemistry

Chemistry

|Views: 4|Likes:
Published by 'Immey Ssi Moy

More info:

Published by: 'Immey Ssi Moy on Mar 27, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/17/2014

pdf

text

original

CHEMISTRY

Lila Sukma Islami 02 Ida Alfiatin 05 Nurul Ainun Laili 06 Umi Farida 07

Gaya Van Der Waals muncul dari fakta yang menunjukkan gaya tersebut menunjukkan penyimpangan sifat dari gas ideal. danIkatan Hidrogen. . gaya dispersi London. Gaya antar dipol dan gaya dispersi termasuk ke dalam gaya Van Der Waals. diantaranya: Gaya Antar Dipol.Gaya Elektrostatik Molekul Netral (bukan ion) memiliki gaya elektrostatik.

dipol merupakan gaya yang lebih lebih lemah dari gaya tarik menarik ion dipol. ketika bagian yang positif pada molekul berada di dekat ujung dipol molekul lain yang bermuatan negatif. Molekul polar haruslah sangat dekat pada jarak yang signifikan untuk terjadinya gaya tarik menarik antara dipol – dipol.Gaya dipol dipol Gaya dipol . Gaya dipol – dipol meningkat sesuai dengan kenaikan kepolaran yang dimiliki oleh molekulnya. . Molekul polar saling menarik satu sama lain.

Gambar Interaksi Dipol Dipol .

Titik didih senyawa yang berinteraksi dipol – dipol .

5 F Cl Br I 4.0 2. Nilai keelektronegatifan unsur-unsur halogen dapat dilihat sebagai berikut: C 2.0 3. Ini disebabkan karena halogen (kecuali iodin) lebih elektronegatif dibanding karbon.5 .8 2. karena pasangan elektron tertarik lebih dekat ke atom halogen dibanding ke atom karbon.Gaya Tarik Dipol-Dipol Van Der Waals Ikatan karbon-halogen (selain ikatan karbon-iodin) yang bersifat polar.

. Besarnya gaya-tarik dipol-dipol akan berkurang apabila ikatan menjadi semakin tidak polar (misalnya semakin ke bawah mulai dari klorida sampai bromida terus ke iodida).Gaya Tarik Dipol-Dipol Van Der Waals Ini berarti bahwa selain gaya-gaya dispersi. ada juga gaya- gaya lain yang ditimbulkan oleh gaya tarik antara dipol-dipol permanen (kecuali pada iodin). Meski demikian. Besarnya peningkatan jumlah elektron pada iodin melebihi kehilangan dipol-dipol permanen dalam molekul. titik didih tetap meningkat! Ini menujukkan bahwa efek gaya tarik dipol-dipol permanen jauh lebih tidak penting dibanding efek dipol- dipol temporer yang menimbulkan gaya-gaya dispersi.

Pada interaksi antara ion bermuatan dengan molekul polar (yaitu molekul dengan dipol) terjadi gaya tarik antara kation ujung negatif dipol atau anion dengan ujung positif dipol. .Gaya Antardipol Antara ion dan ion terjadi interaksi karena adanya gaya tarik antara ion positif dan ion negatif. misalnya larutan garam (NaCl) dalam air. Gaya ion dipol adalah penting dalam terjadinya larutan dalam pelarut polar.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->