Tugas plh

Tugas plh

Nama: Tenri Nila Aprilia Kelas: 12 rsbi ipa 2

Konservasi ekosistem perairan sultra

Kata pengantar:
Puju syukur penulis panjatkan kepada kehadirat Allah swt,yang atas rahmat-nya maka penulis dapat

makalah ini di susun dengan penuh rintangan.yang saya sajikan berdasarkan pengamatan dari berbagai sumber. Kendari.penyusun mohon saran dan kritiknya..menyelesaikan penyusunan makalah yang berjudul “konservasi ekosistem perairan sulawesi tenggara” Makalah ini di susun agar para pembaca dapat memperluas ilmu tentang konservasi perairan yang ada di sulawesi tenggara.namun dengan kesabaran dan terutama pertolongan tuhan akhirnya makalah ini terselesaikan. 4 desember 2011 . Semoga makalah ini dapat memberikan wawasan yang lebih luas kepada pembaca. Walaupun makalah ini memiliki kelebihan dan kekurangan. Makalah ini berisi tentang macam-macam konservasi ekosisitem perairan yang berada di sulawesi tenggara… baik yang cukup familiar di kalangan masyarakat maupun tidak… Terima kasih juga buat pak guru yang telah membimbing penyusun agar mengerti tentang bagaimana menyusun makalah ini.baik itu dari penyusun maupun dari luar.terima kasih.

Daftar isi: kata pengantar l) pendahuluan a latar belakang b rumusan masalah c tujuan dan manfaat II) pembahasan III) kesimpulan I) PENDAHULUAN .

Oleh karena itu untuk menjaga dan memeliharanya kita perlu berupaya melakukan melakukan konservasi pada ekosistem perairan sulawesi tenggara B) RUMUSAN MASALAH Masalah yang akan di bahas dalam makalah ini di rumuskan dalam bentuk pertanyaan : konservasi ekosistem perairan apa saja yang ada di sulawesi tenggara? C) TUJUAN DAN MANFAAT 1.kerusakan lingkungan pun terjadi. Untuk itu warga sultra wajib melindungi segala ekosistem perairan sultra.PEMBAHASAN PANTAI BATU GONG .termasuk melestarikannya demi kemajuan di masa kini dan masa mendatang sulawesi tenggara memiliki kekayaan ekosistem perairan yang luar biasa. menjadi motivasi bagi generasi muda untuk mencari alternatif pengedalian pencemaran dan kerusakan ekosistem perairan sultra 3. latar belakang upaya pemeliharaan untuk memajukan dan membangkitkan peradaban bangsa proses dan tujuan yang bersifat jangka panjang baik dalam bidang sosial maupun lingkungannya.adanya sedimentasi.terbukti warga sulawesi tenggara mampu bertahan. keunikan serta potensial yang dimiliki wilayah kita membuat negara bahkan dunia menjadi terkesan.konservasi ekosistem perairan merupakan salah satu landasan bagi proses pembangunan sulawesi tenggara.A. Diperlukan adanya strategi kebijakan tentang lingkungan.pencemaran lautpun terjadi. sebagai jalan untuk mencapai kelestarian lingkungan 2.berbagai kerusakan mulai terjadi.yang mampu meningkatkan kemajuan peradaban nasional sebagai motivasi penting dalam memajukan bangsa dan negara.bahkan berkembang dengan keanekaragaman hayati yang di milikinya. akan tetapi saat ini keadaan perairan di sulawesi tenggara semakin banyak yang memprihatinkan.yang dimana ekosistem ini memiliki peran penting dalam kelangsungan hidup manusia. memberikan informasi tentang konservasi ekosistem perairan yang telah ada di sultra 2.

area pantai ini dijadikan tempat mancing. Itu sebabnya masyarakat sekitar sering menyebut pantai yang terletak di Kabupaten Konawe. Pantai ini kerap dijadikan lokasi rekreasi keluarga. Pantai ini menghadap langsung ke Laut Banda yang luas.Syahrir) PULAU HARI . lalu menikmati udara pantai sambil mencicipi hidangan yang dibawa dari rumah. (ZA. main voly pantai dan sepak bola. gugusan pegunungan Nipanipa berdiri dengan gagah. Sementara di sisi lain. Pedagang kelapa muda juga banyak yang menjajakan jualannya di daerah ini. Anda bisa menyewa untuk beberapa saat untuk beristirahat dan menikmati pemandangan laut luas nan jernih. membeli ikan segar untuk dibakar lalu dimakan ramairamai.Jika Anda mengunjungi sebuah teluk yang ada di ujung pantai berpasir putih ini. Namun ada juga yang meyakini jika suara gong itu sendiri sebenarnya bukan dihasilkan dari sebuah gong yang dipukul orang.WISATA -. Pantai Batu Gong juga bagus dijadikan arena perkemahan. Sulawesi Tenggara. Konon bunyi itu berasal dari gugusan karang yang terlihat di sebelah selatan pantai. Hempasan deburan ombak itulah yang kemudian menghasilkan suara mirip gong. Ada juga keluarga yang menebarkan tikar. Di lokasi ini kita bisa menikmati udara pantai yang bebas polusi. Beberapa warung yang menjajakan makanan juga berdiri di tepi pantai. Di pantai ini tersedia beberapa bagunan-bangunan kecil untuk bersantai. Jika liburan biasa. melainkan dari hempasan deburan ombak ke dinding sebuah tebing di pantai. Anda akan mendengarkan adanya suara-suara khas yang menyerupai suara gong yang ditabuh orang. Lokasi pantai yang agak jauh dari pemukiman membuat suasana pantai ini terasa lebih sunyi dan alami. berjarak sekitar 17 kilometer sebelah utara Kota Kendari ini dengan sebutan Pantai Batu Gong atau Pantai Teluk Gong.

Ada 15 site Diving di pulau ini. walau pelayanan jasa wisata belum memadai.Berkunjung ke pulau Hari. merupakan tantangan bagi pecinta fotografi untuk mengeksplor pahatan alamnya. View pantai berpadu secara alami dengan garis-garis kebiruan air laut. serta satu site diving di pesisir Labuan Peropa. Pulau ini berada di bagian timur kota Kendari. Obyek wisata Pulau Hari adalah salahsatu solusi bagi anda yang butuh ketenangan dan tantangan alam bahari nan natural. . Jarak site diving pulau Hari ke site lainnya hanya berkisar 50 meter. beningnya air membuat mata telanjang mampu menembus pemandangan taman laut dengan warna-warna yang cantik menawan. namun rutinitas pengunjungnya cukup ramai. Pada hari-hari libur tertentu. wisatawan lokal asal kendari memanfaatkan pulau ini sebagai tempat pelepas penat dari suasana kota yang bising. pada kedalaman tujuh hingga delapan meter. Pulau dengan pasir putih mulus akan mengundang anda untuk berenang dan menyelam didalam air yang jernih bagai kaca pada suhu 28 sampai 34derajat Celsius. dan dua site lain ada di pulau tetangganya Saponda Darat dan Saponda Laut. sama dengan memanjakan diri dengan wisata bahari. Sedang buat yang suka diving atau snorkeling.

Beberapa clown fish lucu mirip Nemo. bisa dijumpai pada kedalaman enam hingga delapan meter. pengunjung bisa melihat atraksi penyu. Gurita. Saat ini. Sedang untuk wisatawan nasional dan internasional. bentuknya adalah kerang laut yang mengeluarkan cahaya pada malam hari. Saat ini. banyak dijumpai di sini. Kelinci Laut atau biasa dikenal dengan Nudibranch dan Electrik Clamp. diantaranya ikan Sunu. Sotong. Lobster. hampir tiap tahun pasti ada yang berkunjung. ada dua club diving lokal yang setiap hari sabtu hingga minggu intens mengeksplorasi tantangan di pulau ini. Adapula jenis ikan marga Pomacentridae. . Deep Indonesia di Jakarta. hanya ada Badan Pariwisata Provinsi yang selalu membantu Corona Diving Club Kendari untuk mempromosikan pulau ini ke event nasional. Hewan ini. Binatang laut yang tak kalah menarik adalah. Marga Gobii. Sayang. perhatian pemerintah daerah untuk pengembangan pulau ini sangat minim. marga Pomachantidae dan ikan Angel. dan jika beruntung. Bintang-bintang laut yang besar bertebaran dalam warna-warna rupawan.Disekitaran site diving. sejumlah ikan berseliweran seakan minta diajak bermain. Diantaranya adalah pameran potensi wisata pulau hari di ajang nasional. Kerapu. Beberapa jenis ikan yang masuk dalam kategori hampir punah ada disini.

Untuk menuju lokasi Pantai Nambo. sepanjang perjalanan. hanya butuh waktu satu jam untuk mencapai pulau ini. rute kedua . dengan menggunakan boat yang banyak terdapat di pelabuhan Beringin. sekitar 12 kilometer arah selatan Kota Kendari. Kendari. jika anda . menantang bukan? Dengan duit 300 ribu rupiah per orang.Dari Kota Kendari. Tapi. Sedangkan. Ibukota Provinsi Sulawesi Utara. dapat melalui dua rute (menggunakan angkutan umum). Jika soere hari. pengunjung akan disuguhi pemandangan bawah laut pada kedalam 10-15 meter. Salah satu dari sekian banyak wisata alam tersebut adalah Pantai Nambo yang terletak di Kecamatan Abeli. khususnya wisata pantai di Provinsi Sulawesi Tenggara banyak sekali jumlahnya. menggunakan kendaraan bermotor dengan waktu tempuh sekitar 15 menit dari pusat Kota Kendari. pemandangan bawah lautnya bisa dinikmati hingga pada kedalaman 30 meter. Gimana. Sempatkanlah menikmati tantangan itu… Pantai Nambo (Sulawesi Tenggara) Wisata alam. Rute pertama. tantangan Pulau Hari menanti anda. kompleks Pasar Sentral Kota Lama. melakukan perjalanan pada siang hari.

00 untuk orang dewasa dan Rp.000.1. untuk dapat memasuki obyek wisata Pantai Nambo pihak pengelola mematok harga tiket masuk bagi pengunjung hanya sebesar Rp.menggunakan perahu tradisional ketinting atau kole-kole dari pelabuhan Kota Kendari menyusuri Teluk Kendari dengan waktu tempuh yang juga sekitar 15 menit. .2.500.00 untuk anak-anak. sebuah villa. Di sepanjang pantai ini tidak terdapat onggokan batu karang besar. Lokasi wisata alam pantai Nirwana yang berada di kelurahan Sula kecamatan Betoambari Kota Bau-Bau selain memiliki panorama alam yang indah juga dapat dimanfaatkan untuk ajang olah raga diving dan therapy untuk penyembuhan beberapa jenis penyakit. Fasilitas Pantai Nambo Fasilitas penunjang obyek wisata Pantai Nambo lengkap. pohon-pohon ini juga biasa dijadikan sebagai tempat berlindung bagi para wisatawan di kala terik mentari menerpa pantai. Daya tarik lain yang melengkapi keindahan Pantai Nambo adalah adanya barisan pohon nyiur yang berdiri rapi di sepanjang bibir pantai. buahnya yang masih muda juga sering diambil dan di jual kepada pengunjung untuk mengobati rasa dahaga. Pantai Nirwana Pantai Nirwana sebuah kawasan obyek wisata bahari yang terletak di bibir pantai barat Kota Bau-Bau yang dengan kekayaan dan keunikannya sebagai satu pantai yang memiliki berbagai keunggulan dalam dunia wisata bahari. Kondisi Pantai Pantai Nambo adalah sebuah pantai landai dengan pasir yang berwarna putih sepanjang sekitar 200 meter. Oleh penduduk setempat. serta warung-warung penjual makanan dan minuman. bermain sambil berlarian menyongsong datangnya air laut yang menghempas ke bibir pantai atau menyaksikan langsung aktivitas nelayan Sukubangsa Bajo yang bermukim tidak begitu jauh dari pantai. seperti: areal parkir. 31 unit gazebo. Sebagai catatan. dua unit kamar bilas mandi. sehingga pengunjung dengan leluasa dapat melihat garis horizon panjang yang mempertemukan langit dan lautan.

Keindahan terumbu karang juga menjadi daya tarik tersendiri para turis untuk melakukan kegiatan wisata di Pantai Nirwana.Jika selama ini. . warga Kota Bau-Bau hanya memanfaatkan lokasi Pantai Nirwana sebagai lokasi rekreasi dengan keindahan nyiur dan hamparan pasir putih sepanjang sekitar setengah kilometer kini warga juga dapat melakukan kegiatan penyelaman (Diving). Hal ini terungkap setelah mulai tampak aktivitas para turis mancanegara melakukan kegiatan Diving dan pemotretan bawah laut.

Pantai Nirwana tidak hanya sebatas lokasi rekreasi. khasiatnya telah dibuktikan. GOA MOKO . Meski belum banyak yang mengetahui. juga terdapat sebuah Gua dengan permandian air payau memanjang sekitar 50 meter. Ini hanya dilakukan dengan cara berendam dalam kesegaran air laut Pantai. Potensi wisata Pantai Nirwana tak cukup dengan pemandangan pantai dan indahnya terumbu karangnya. namun bagi mereka yang telah mencoba. tak jauh dari lokasi pantai.Bagi warga Kota Bau-Bau. Namun. namun ada yang memanfaatkannya sebagai kegiatan therapy untuk mengobati beberapa jenis penyakit seperti asma dan gangguan saluran pernapasan.

Masyarakat kelurahan Sula menyebutnya Gua Moko yang konon pada masa lalu lokasi ini digunakan sebagai sumber mata air yang dapat digunakan untuk kebutuhan sehari hari karena tak pernah kering. Untuk menjangkau lokasi hanya dibutuhkan waktu tak kurang dari 10 menit dengan berjalan menelusuri pantai ke arah selatan. Lokasi gua ini berada pada bagian selatan Pantai Nirwana.blogspot. sumber: greatbuton.com Pulau Sagori .

Di Pulau ini wisatawan bisa menikmati keindahan terbit dan tenggelamnya matahari.Kabupaten bombana sulawesi tenggara.Pulau ini memiliki pasir putih dan ditumbuhi oleh sejumlah pohon pinus serta dihuni oleh masyarakat suku Bajo. Pulau ini terletak di Kecamatan Kabaena dan dapat dicapai dengan menggunakan speed boat sekitar 4 jam kearah barat dari Kota Bau-Bau. .Mungkin letakany aynag cukup jauh dan susah dijangkau oleh wisatawan membuat pulau ini hanya orang tertentu saja yang biasanya menyewa kapal untuk mendayangi pulau sagori ini.Wisatawan yang datang umumnya lebih sering menikmati pemandangan bawah laut sekitar pulau sagori ini dimana banyak sekali jenis biota laut yang tak kalah hebatnya dengan wakatobi.

08 Agustus 2010 | 19:47 wib ET pantai totonipa yang indah KENDARI. Dengan status desa wisata. "Kita bersyukur.Pantai Toronipa Online: Minggu. membuat masyarakat di wilayah pantai semakin giat membangun. Titien Soekarya.com: Keindahan Pantai Toronipa di Kecamatan Soropia Konawe. Perhatian itu. bersih untuk dikunjungi . mengembangkan serta menjaga pantai ini tetap nyaman. aman. diwujudkan dengan mengembangkan Pantai Toronipa menjadi desa wisata. kabarbisnis. Kendari Sulawesi Tenggara (Sultra). menjadi titik perhatian Staf Ahli Kementrian Kebudayaan dan Pariwisata (Kemenbudpar). Pantai Toronipa bisa ditingkatkan menjadi desa wisata.

di wilayah Sutra sudah ada 8 desa PNPM Mandiri parisiwata. Serta sistem Kepercayaan dan kemasyarakatan yang merupakan aspek penting mengingat adanya aturan-aturan yang khusus pada komunitas sebuah desa. drainase. keberadaan desa wisata pantai Toronipa diharapkan tingkat perekonomian masyarakat sekitar dapat meningkat. banyak multiplayer efek dari program Desa Wisata. Suhalli Lubis menambahkan memang Sultra memiliki desa-desa yang eksotik dan menarik termasuk Pantai Toronipa. dua desa di Kolaka. yakni keindahan alam. seperti perbaikan jalan. industri pariwisata adalah industri tanpa cerobong. Juga." katanya. karakteristik dan luas wilayah desa. "Bahkan. Desa wisata itu mendapatkan dana pengembangan sebesar Rp 100 juta per desa. Ahad (8/8/2010). Kepala Bidang Pengembangan Destinas Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Propinsi Sultra saat menerima para tour operator yang diprakasi Kemenbudpar di Kendari. Juga terciptanya lapangan kerja baru. Sejumlah hal yang menarik. Juga besaran desa yang menyangkut masalah-masalah jumlah rumah. budaya dan hasil ciptaan manusia. kami sangat mendukung menjadi desa wisata. Karenanya. yang dapat mengurangi pengangguran. Dikatakan ditunjukkan Pantai Toronipa sebagai desa wisata karena sudah memenuhi beberapa kreteria antara lain. maka Pemerintah daerah juga Dinas PU pasti melakukan perbaikan jalan. ketersediaan infrastruktur meliputi fasilitas dan pelayanan transportasi.wisatawan. Memang sebagian kreteria itu sudah terpenuhi dan Pemprov terus melakukan pembenahan yang lebih baik. dari sisi akomodasi rumah penduduk akan bisa digunakan menjadi penginapan. Contohnya akan ada pengembangan usaha baru bila Toronipa terwujud menjadi desa pariwisata. air bersih. terbebas dari polusi dan memiliki banyak keuntungan bagi wisatawan. Kasubdit Diversifikasi Usaha pariwisata Ditjen Pengembangan Destinasi Pariwisata Kemenbudpar. Atraksi wisata yang mencakup alam. jarak tempuh dari kawasan wisata terutama tempat tinggal wisatawan dan juga jarak tempuh dari ibukota provinsi dan jarak dari ibukota kabupaten. Selain itu. Kriteria ini berkaitan dengan daya dukung kepariwisataan pada suatu desa. Selain itu. Buton (desa Lasalimu) dan Kendari (Pantai Nambo). Rinciannya Dua di Konawe yaitu Pantai Toronipa dan Batu Gong. Apalagi. sambung Aditya. dan lainnya. telepon dan sebagainya." ungkap Aditya Z. bila desa wisata semakin berkembang bagus. diantaranya penduduk setempat akan menikmatinya. fasilitas listrik." papar Lubis. Dan Toronipa nampaknya sangat memenuhi kreteria itu. Saat ini. Dicontohkan. kata Lubis. Dinas Perkebunan dan Kehutanan bisa berkontribusi memberikan bibit-bibit pepohonan atau taman untuk menciptakan . Selain daerah akan terkenal. jumlah penduduk. khususnya dalam hal peningkatan perekonomian. pantai yang bersih dan potensi alam yang indah termasuk kondisi alamnya yang masih natural. terciptanya usaha pendukung seperti kuliner atau kerajinan tangan dari masyarakat sekitar. "Jadi banyak nilai uniknya yang kita bisa temukan dari Toronipa. Juga.

wisata agro di daerah tersebut. bulu babi yang bergelimpangan di pinggir pantai akibat air surut. Saat hari libur. kerang. sedikitnya 1000 wisatawan lokal dan nasional memadati bibir pantai untuk menyaksikan laut lepas. mencari binatang laut seperti bintang. Kbc10 3. Panorama alam. kepting. lokasinya di ujung timur Kota Kendari. ubur-ubur. Begitu juga dengan dinas lainnya pasti akan berperan menumbuhkan desa wisata. Pantai ini. deburan ombak Laut Banda serta pasir putih yang terbentang luas merupakan perpaduan yang asyik untuk diminati.KESIMPULAN . sejuk dan damai. sambungnya. Juga bibir pantai yang dipenuhi nuir pohon kelapa membuat suasana pantai semakin asri.

wikipedia.com KENDARI.www.konservasi atau pembangunan berkelanjutan membawa banyak tantangan. jadilah generasi muda yang mampu melanjutkan konservasi ekosistem perairan sultra b.1 kesimpulan . kabarbisnis.com .google. pemerintah harus melakukan upaya-upaya konservasi ekosistem perairan sultra c.www.Buku-buku wisata sultra .com .dengan kekayaan ekosistem perairan kita. masyarakat harus meningkatkan kepeduliaan tentang ekosistem perairan serta berpikir kritis mengenai masalah-masalah yang akan datang daftar isi . tapi juga menjanjikan harapan dan kemajuan bagi kondisi ekosistem perairan kita .2 saran a.1.generasi muda harus bersikap arif dan mampu menaktualisasikan serta melanjtkan pembangunan ekosistem perairan dan terus mencari alternatif baru dan berinteraksi dengan kemajuan teknologi yang ada 1.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful