BAB I PENDAHULUAN

A.

Latar Belakang Khat Naskhi adalah tulisan yang sampai ke wilayah Arab Hijaz daam

bentuknya yang paling akhir, setelah lepas dari bentuknya yang kuno sebelum masa kenabian . selanjutnya, gaya tulisan yang semakin sempurna tersebut digunakan untuk urusan administrasi perkantoran dan surat menyurat di zaman kekuasaan islam. Pada abad ke-3 dan ke-4 hiriyah, pola-pola Naskhi bertambah indah bekat kodifikasi yang dilakukan Ibnu Muqlah (272-328 H). Para ahli sejarah beranggapan, bahwa Ibnu Muqlahlah peletak dasar-dasar khat Naskhi dalam bentuknya yang sempurna di zaman BaniAbbas Di zaman kekuasaan Atabek Ali (545 H), usaha memperindah khat Naskhi mencapai puncaknya, sehingga terkenallah gaya yang disebut Naskhi Atabeki yang banyak digunakan untuk menyalin mushaf Alquran di abad pertengahan Islam, menggeser posisi khat Kufi kuno yang banyak digunakan sebelumnya. Khat ini disebut Naskhi karena para khatta atau kaligrafer dan pengarang menulis (yunassikhun) mushaf Alquran dan berbagai buku dengannya. Naskhi adalah gaya tulisan yang sangat lentur dengan banyak putaran dan hanya memiliki sedikit sudut yang tajam seperti sudut-sudut kufi. Sekatang huruf-huruf Haskhi menyebar di aneka penerbitan untuk mencetak buku, koran, dan majalah, bahkan meluas menjadi huruf-huruf komputer. Dibandingkan gaya khat lain, Naskhi lebih mudah digunakan untuk mengajari pembaca para pemula. Ada kesepakatan, bahwa Naskhi membantu penulis menggoreskan penanya dengan sepat dibandingkan sulus, karena ukuran hurufnya yang kecil dan pertemuan secara jelas goresan-goresan memanjangnya, didukung oleh harmoni huruf-huruf dan keindahan posturnya.

B.   

Identifikasi Masalah Dalam makalah ini, penulis mengidentifikasikan masalah menjadi : Sejarah dan PengertianKhat Naskhi Macam-macam Khat Naskhi Contoh-Contoh Khat Naskhi

1

2 .  Metode Pembahasan Dalam penulisan makalah ini. D. penulis menggunakan : Penelitian kepustakaan. maka dengan ini penyusun membatasi masalah hanya pada ruang lingkup Khat Naskhi.C. mengumpulkan data-data dan keterangan melalui buku-buku dan bahan lainnya yang ada hubungannya dengan masalah-masalah yang diteliti. Batasan Masalah Agar masalah pembahasan tidak terlalu luas dan lebih terfokus pada masalah dan tujuan dalam hal pembuatan makalah ini. yaitu Penelitian yang dilakukan melalui kepustakaan.

Ada kesepakatan. dan mushaf mushaf . khat naskhi terus disempurnakan oleh para khattat dan Arab. usaha memperindah khat Naskhi mencapai puncaknya sehingga terkenallah gaya yang disebut Naskhi Atabeki yang banyak digunakan untuk menyalin mushaf al-Qur’an di abad pertengahan Islam. Naskhi adalah tulisan yang sangat lentur dengan banyak putaran dan hanya memiliki sedikit sudut yang tajam seperti sudut-sudut Kufi. setelah lepas dari bentuknya yang kuno sebelum masa kenabian. Ibnu Muqlah yang hidup pada abad ke 4 Hijriyah / 9 masehi. Pada abad ke3 dan ke-4 hijriyah. Para ahli sejarah beranggapan. Sesuai namanya (naskh artinya menyalin merupakan asal dari kata nuskhah atau naskah). disebut sebut sebagai orang pertama yang meletakkan dan menyempurnakan dasar dasar khat naskhi. bahwa Ibnu Muqlah adalah peletak dasar lhat Naskhi dalam bentuknya yang sempurna di zaman Bani Abbas. nahwa Naskhi membantu penulis menggoreskan penanya dengan cepat dibandingkan kaligrafi bergaya rumit semisal Sulus. didukung oleh harmoni huruf-huruf dan keindahan posturnya. pola-pola Naskhi bertambah indah berkat kodifikasi yang dilakukan Ibnu Muqlah (272-328 H). koran. Sekarang huruf-huruf Naskhi menyebar di aneka penerbitan untuk mencetak buku. Sejarah dan Pengertian Khat Naskhi Khat Naskhi adalah tulisan yang sampai ke wilayah Arab Hijaz dalam bentuknya yang paling akhir. Naskhi lebih mudah digunakan untuk mengajari membaca para pemula. atau juga disebut khat badi'. Khat Naskhi. merupakan salah satu jenis kaligrafi yang sangat indah. Di zaman kekuasaan Atabek Ali (545 H). Khat ini disebut Naskhi karena para Khattat menulis mushaf al-Qur’an dan berbagai buku dengan menggunakan gayanya. dan khat mudawwar. Setelah beliau. khat naskhi banyak digunakan oleh para penulis naskah kitab kitab.BAB II PEMBAHASAN A. dan majalah bahkan meluas menjadi huruf-huruf komputer. karena huruf-hurufnya yang kecil dan pertemuan secara jelas goresan-goresan memanjangnya. Diantara tokoh 3 . dan menggeser posisi khat Kufi kuno yang banyak digunakan sebelumnya. Selanjutnya gaya tulisan yang semakin sempurna tersebut digunakan untuk urusan administrasi perkantoran dan surat-menyurat di zaman kekuasaan Islam. Dibandingkan dengan gaya lain. khat muqawwar.

Naskhi Suhufi cenderung kaku dan pada beberapa bagian mendekati bentuk Kufi karena memiliki sudut-sudut yang tajam. lalu diolah menjadi karya seni yang semakin sempurna oleh orang-orang turki dan lebih indah. garis horizontal. 2. Macam-macam Khat Naskhi Khat Naskhi mempunyai dua macam bentuk. khat naskhi adalah yang paling pertama diajarkan kepada para murid. diperindah lagi oleh masyarakat atabek. Khat Naskhi menjadi tulisan wajib MKQ yaitu. dijadikan standar sebelum si murid mempelajari khat lainnya. Khat Naskhi pada masa kini menjadi font standar untuk pengetikan. cabang mushaf dan naskah. Khat Naskhi Suhufi Naskhi Suhufi atau jurnalistik merupakan gaya tulisan yang terus berkembang bentuk hurufnya. Para khatat sekarang secara tradisional menulis dengan gaya ini semata karena mengikuti kaedah dan asal muasalnya yang lama. dan mushaf mushaf Al Qur'an. Muhammad Aziz Rifa'i yang memperkenalkan khat naskhi ke Mesir. kemudian diperindah oleh Ibnu Muqlah. Majid al Zuhri yang memperkenalkannya ke Irak. Khat Naskhi Qadim Naskhi Qadim atau kuno adalah gaya tulisan yang sampai kepada kita dari Zaman Bani Abbas. koran. Diantara kelebihan Khat Naskhi adalah kejelasan bentuk bentuk hurufnya sehingga mudah dibaca. Makanya gaya ini kerap disebut Naskhi-Kufi atau perpaduan Naskhi dan Kufi 4 tebal.tokohnya antara lain : Hafidz Usman yang telah membuatkan timbangan timbangan bagi keserasian huruf hurufnya. tipis lengkungannya. majalahmajalah. mencakup ukuran. yaitu : 1. B. Dalam pengajaran kaligrafi diseluruh dunia. Dari Irak kemudian lahirlah kaligrafer besar Hasyim Muhammad al Baghdady. yang tulisan tulisannya banyak ditiru oleh kaligrafer masa kini. serta kemudahan dan kecepatannya dalam penulisan. hingga sampai kepada kita dalam bentuknya yang penuh pesona. Dinamakan suhufi karena penyebarannya yang luas di lapangan jurnalistik. vertical sampai bentuk-bentuk . Berbeda dengan Naskhi Qadim yang lebih lentur dengan banyak putaran. Di Indonesia. ketinggian ( lima titik ). Menguasai Khat Naskhi. yang telah di letakkan dasar-dasarnya oleh kakek kita dahulu.

dengan ciri-ciri umum sapuan horizontalnya sangat tebal dan sapuan vertikalnya sangat tipis dan pendek. Contoh-contoh Khat Naskhi 5 . dan judul-judul tulisan koran dan majalah telah masuk dalam dunia komputer sehingga jarang atau bahkan tidak pernah digoreskan langsung oleh tangan. Naskhi-Kufi yang banyak digunakan di lapangan advertensi. papan nama. C. poster.

BAB III PENUTUP  Kesimpulan Khat Naskhi. majalahmajalah. Majid al Zuhri yang memperkenalkannya ke Irak. Ibnu Muqlah yang hidup pada abad ke 4 Hijriyah / 9 masehi. Khat Naskhi pada masa kini menjadi font standar untuk pengetikan. Setelah beliau. khat muqawwar. khat naskhi banyak digunakan oleh para penulis naskah kitab kitab. merupakan salah satu jenis kaligrafi yang sangat indah. 6 . disebut sebut sebagai orang pertama yang meletakkan dan menyempurnakan dasar dasar khat naskhi. Diantara tokoh tokohnya antara lain : Hafidz Usman yang telah membuatkan timbangan timbangan bagi keserasian huruf hurufnya. dan khat mudawwar. khat naskhi terus disempurnakan oleh para khattat dan Arab. Dari Irak kemudian lahirlah kaligrafer besar Hasyim Muhammad al Baghdady. Muhammad Aziz Rifa'i yang memperkenalkan khat naskhi ke Mesir. dan mushaf mushaf . dan mushaf mushaf Al Qur'an. koran. yang tulisan tulisannya banyak ditiru oleh kaligrafer masa kini. Sesuai namanya (naskh artinya menyalin merupakan asal dari kata nuskhah atau naskah). atau juga disebut khat badi'.

Sirojudin.html http://qoisdzul.DAFTAR PUSTAKA      http://www. Ke-I.com/2011/07/definisi-kaligrafi-dan-khat. 2007 Al-Farisi. cet. Jakarta. Combi Primagama Grafika.html 7 .id/2012/04/14/sejarah-perkembangan-kaligrafi-didunia-islam/ Dr. Mausu’ah Manhajil Khaththathin. Koleksi Karya Master Kaligrafi Islam.sch. Darul Ulum Press. AR.blogspot.man8-jkt.2000 http://loemboeng-artha. Langitan.com/2008/06/khat-naskhi. Mutholib.noqtahcalligraphy.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful