Makalah Fotografi

Nama : Amelia Monicasari NPM: 1206221361 Fakultas : Hukum

Dalam seni rupa. dan Grafos yang bararti gambar.Pengertian Fotografi Kata Fotografi diambil dari Yunani yaitu kata Fotos yang berarti sinar atau cahaya. Pada umumnya semua hasil karya fotografi dikerjakan dengan kamera. yaitu fotografer sebagai pengatar atau perekam peristiwa untuk disajikan kehadapan khalayak ramai melalui media foto. Demikian luasnya masalah yang dicakup oleh ilmu ini. Ilmu hukum mencakup dan membicarakan segala hal yang berhubungan dengan hukum. dan kebanyakan kamera memiliki cara kerja yang sama dengan cara kerja mata manusia. Kamera bekerja seperti mata manusia. Fotografi menurut Amir Hamzah Sulaeman mengatakan bahwa fotografi berasal dari kata foto dan grafi yang masing-masing kata tersebut mempunyai arti sebagai berikut: foto artinya cahaya dan grafi artinya menulis jadi arti fotografi secara keseluruhan adalah menulis dengan bantuan cahaya. Alat yang di gunakan di dalam dunia Fotografi adalah Kamera. Alat paling populer untuk menangkap cahaya ini adalah kamera. atau lebih dikenal dengan menggambar dengan bantuan cahaya atau merekam gambar melalui media kamera dengan bantuan cahaya Pengertian Ilmu Hukum Ilmu hukum sebagai ilmu yang mempunyai objek hukum menelaah hukum sebagai suatu gejala atau fenomena kehidupan manusia dimanapun didunia ini dari masa kapanpun. Berikut ini adalah beberapa pengertian ilmu hukum menurut beberapa ahli hukum : Menurut Satjipto Rahardjo Ilmu hukum adalah ilmu pengetahuan yang berusaha menelaah hukum. fotografi adalah proses pembuatan lukisan dengan menggunakan media cahaya. fotografi berarti proses atau metode untuk menghasilkan gambar atau foto dari suatu obyek dengan merekam pantulan cahaya yang mengenai obyek tersebut pada media yang peka cahaya. Ilmu hukum objeknya hukum itu sendiri. Selain itu fotografi memiliki definisi menurut para ahli yaitu. sehingga sempat memancing pendapat orang untuk mengatakan bahwa “batas-batasnya tidak bisa ditentukan” . Komunikasi yang dimaksud adalah komunikasi antara fotografer dengan penikmatnya. Seorang yang berkeinginan mengetahui hukum secara mendalam sangat perlu mempelajari hukum itu dari lahir. Sebagai istilah umum. Terdapat dua jenis Kamera yaitu Digital dan analog. Tujuan fotografi adalah komunikasi. tetapi kamera lebih merekam kejadian yang kita tangkap. tumbuh dan berkembangnya dari masa ke masa sehingga sejarah hukum besar perannya dalam hal tersebut.

. misalnya mengenai asal mula. Selembar foto bisa merubah keadaan hukum yang ada di Indonesia agar bisa menjadi lebih tegas dan agar bisa di jalankan seharusnya tanpa adanya rekayasa. wujud. Contoh nya seperti kasus kriminalitas. Berikut ini adalah beberapa foto sebagai barang bukti di dalam kasus hukum: Gambar tersebut adalah foto Gayus tambunan seorang “mafia pajak” yang tertangkap basah menonton pertandingan Tennis di Bali pada masa hukumannya. mempertlihatkan tempat kejadian perkara.menurut J. Sedangkan hubungan hukum dengan foto ini mempunyai aspek yang lain yaitu hukum dalam hal ini sebagai pegangan bagi para fotografer yang mana hasil fotonya dapat dipublikasi dengan acuan hukum sebagai alat untuk mengontrol tindakan berupa HAKI (hak kekayaan intelektual) hal ini bisa diperkuat dengan perundang undangan yang berlaku. Tertangkapnya Gayus tambunan ketika menonton pertandingan Tennis di Bali ketika di dalam masa hukuman. dan sebagai arsip atau bukti nyata tentang pengambilan suatu putusan. sumber-sumber. Foto tersebut adalah bukti bahwa ia di beri kebebasan di dalam masa tahanannya. Di dalam foto tersebut sangatlah jelas bahwa itu bukan rekayasa. Dengan demikian maka ilmu hukum akan mempelajari semua seluk beluk mengenai hukum. sistem. Hubungan Fotografi dengan Ilmu Hukum Hubungan antara fotografi dengan hukum memiliki berbagai hal tentang fotografi melalui karyanya berupa beberapa gambar atau foto yang menjadi sebagai bukti otentik dalam suatu kasus. Sebuah foto bisa menggambarkan suatu keadaan dan bisa menjadi bukti yang kuat di dalam dunia hukum. perkembangan. Daliyo Ilmu hukum adalah ilmu pengetahuan yang objeknya hukum. Kita bisa mengambil contoh terhadap UU Nomor 19 Tahun 2002 pasal 2 ayat 2 yang berbunyi sebagai berikut : Pencipta atau Pemegang Hak Cipta atas karya sinematografi dan Program Komputer memiliki hak untuk memberikan izin atau melarang orang lain yang tanpa persetujuannya menyewakan Ciptaan tersebut untuk kepentingan yang bersifat komersial. fungsi dan kedudukan hukum di dalam masyarakat. asasasas. macam pembagian.B. Banyak kasus hukum yang terkuak karena sebuah foto seperti.

.Foto disamping adalah foto kecelakaan mobil yang menggambarkan Di Tempat kejadian perkara. Dari foto tersebut bisa mengahsilkan kronologis kejadian atas peristiwa tersebut.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful