P. 1
Pkn Kelas 4

Pkn Kelas 4

|Views: 72|Likes:
Published by Dimas 'keller' Aziz
Materi PKn untuk kelas 4 SD
Materi PKn untuk kelas 4 SD

More info:

Published by: Dimas 'keller' Aziz on Mar 28, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/13/2013

pdf

text

original

1

Sumber: image.google.co.id

Bab

Pemerintahan Desa dan Pemerintahan Kecamatan
Di desa manakah kamu tinggal? Apa nama desamu? Pernahkah kamu berkunjung ke kantor desa? Jika pernah, untuk kepentingan apa?

Gambar 1.1 Salah satu kegiatan di desa

Di kantor kepala desa, kamu akan mendapatkan pelayanan. Misalnya, kakakmu akan membuat Kartu Tanda Penduduk. Kakakmu harus meminta surat pengantar dari desa. Selain itu, di desa biasanya sering diadakan penyuluhan, terutama pertanian. Setelah mempelajari bab ini, diharapkan kamu memahami pemerintahan desa. Selain itu, kamu juga memahami pemerintahan kelurahan dan pemerintahan kecamatan.

Peta Materi Bab 1
Pemerintahan Desa dan Pemerintahan Kecamatan

Pemerintah Desa

Pemerintah Kelurahan

Pemerintah Kecamatan

Bab 1 - Pemerintahan Desa dan Pemerintahan Kecamatan

1

Di dalam pemerintahan daerah kabupaten atau kota, dibentuk pemerintahan desa yang terdiri atas pemerintah desa dan Badan Permusyawaratan Desa. Pemerintah desa terdiri atas kepala desa dan perangkat desa. Agar kamu mengenal tentang desa dan pemerintahan desa, berikut ini terdapat beberapa pengertian sesuai dengan Peraturan Pemerintah (PP). Nomor. 72 Tahun 2005 tentang Desa. • Desa adalah kesatuan masyarakat hukum yang memiliki batasbatas wilayah yang berwenang untuk mengatur dan mengurus kepentingan masyarakat setempat, berdasarkan asal-usul dan adat istiadat setempat yang diakui dan dihormati dalam sistem Pemerintahan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Pemerintahan Desa adalah penyelenggaraan urusan pemerintahan oleh Pemerintah Desa dan Badan Permusyawaratan Desa dalam mengatur dan mengurus kepentingan masyarakat setempat berdasarkan asal-usul dan adat istiadat setempat yang diakui dan dihormati dalam sistem Pemerintahan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Pemerintah Desa adalah Kepala Desa dan Perangkat Desa sebagai unsur penyelenggara pemerintahan desa. Badan Permusyawaratan Desa atau BPD adalah lembaga yang merupakan perwujudan demokrasi dalam penyelenggaraan pemerintahan desa sebagai unsur penyelenggara pemerintahan desa. Lembaga Kemasyarakatan atau yang disebut dengan nama lain adalah lembaga yang dibentuk oleh masyarakat sesuai dengan kebutuhan dan merupakan mitra pemerintah desa dalam memberdayakan masyarakat.

• •

Berpikir Sejenak Diskusikanlah dengan teman sebangku. Ceritakan tentang: a. desa b. pemerintahan desa c. pemerintah desa d. lembaga kemasyarakat menurut bahasa kalian sendiri.

2

Pendidikan Kewarganegaraan untuk SD/MI Kelas 4

antara lain sebagai berikut. desa memerlukan perhatian yang seimbang dari pemerintah daerah. dan Pemuka Masyarakat Lainnya Sumber: modifikasi penulis Sumber: image.Pemerintahan Desa dan Pemerintahan Kecamatan 3 . Pemangku Adat. desa memiliki kewenangan.co.A.2 Kantor Kepala Desa Pemerintahan desa adalah penyelenggaraan urusan pemerintahan oleh pemerintah Desa dan Badan Permusyawaratan Desa dalam mengatur dan mengurus kepentingan masyarakat setempat berdasarkan asal-usul dan adat istiadat setempat yang diakui dan dihormati dalam sistem Pemerintahan Negara Kesatuan Indonesia. Pemuka Agama.google. Oleh karena itu. Golongan Profesi. Dalam hal ini. Pemerintahan Desa Pemerintahan Desa Pemerintah Desa Badan Permusyawaratan Desa • Kepala Desa • Perangkat Desa Wakil dari penduduk desa (Ketua RW. Dengan terwujudnya otonomi desa yang kuat akan berpengaruh besar terhadap perwujudan otonomi daerah. Bab 1 . Desa merupakan otonomi asli yang sangat sederhana dalam upaya pengembangan otonomi daerah. Pemerintah desa terdiri atas kepala desa dan perangkat desa.id Gambar 1.

pendapatan. 4) Urusan pemerintahan lainnya yang diserahkan kepada desa. pendidikan. 1. 2) Menyelenggarakan urusan pemerintah yang sudah ada berdasarkan hak asli usul desa. Dalam hal ini adalah urusan pemerintahan yang secara langsung dapat meningkatkan pelayanan masyarakat.3 Ciri kehidupan desa Kegiatan Setelah kamu mengetahui pengertian pemerintahan desa dan pemerintah desa.google. umum. Kerjakan secara berkelompok.id 1) Gambar 1. pemerintah kabupaten/kota. dan latar belakang budaya. coba kamu bandingkan perbedaan dari pemerintahan desa dan pemerintah desa. 3) Tugas pembantuan dari pemerintah pusat. Salah satu ciri kehidupan desa. pemerintah provinsi. Pada umumnya. yaitu penduduknya relatif sama. termasuk juga sebagai peternak. masyarakat desa bermata pencaharian sebagai petani. Di desa. Kepala Desa Kepala desa merupakan pimpinan dalam penyelenggaraan pemerintah desa. dalam hal ini dapat dijelaskan sebagai berikut. Seorang kepala desa dipilih secara langsung. penduduknya masih mengutamakan kekeluargaan dan gotong royong. Sumber: image. rahasia oleh masyarakat desa melalui pemilihan kepala desa (Pilkades). 4 Pendidikan Kewarganegaraan untuk SD/MI Kelas 4 . Masa jabatan kepala desa selama 6 tahun dan dapat dipilih kembali dalam satu kali masa jabatan berikutnya. Kegiatan warga desa sering diwarnai dengan kegiatan budaya.co. di antaranya dalam hal pekerjaan. dalam pemerintahan desa terdapat unsur dan susunan. Sementara itu.Menyelenggarakan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan kabupaten/kota yang diserahkan pengaturannya kepada desa. bebas.

Bab 1 . Belum pernah menjabat sebagai kepala desa dua kali masa jabatan baik secara berturut-turut maupun tidak. Berpendidikan paling rendah tamat Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP) dan/atau sederajat yang dibuktikan dengan menunjukkan ijasah/ STTB aslinya yang resmi. serta pemerintah. Berumur sekurang-kurangnya 25 tahun yang dibuktikan dengan akta kelahiran dan KTP.google. yaitu sebagai berikut. Tidak pernah dihukum karena melakukan tindak pidana dengan hukuman paling singkat 5 tahun.id Gambar 1.Pemerintahan Desa dan Pemerintahan Kecamatan 5 . UUD 1945.4 Desa dipimpin oleh kepala desa 1) 2) 3) 4) 5) 6) 7) 8) 9) 10) 11) Adapun syarat-syarat sebagai kepala desa. Berkelakuan baik yang dibuktikan dengan surat keterangan dari pejabat yang berwenang.co. Setia kepada Pancasila sebagai dasar negara. Tidak dicabut hak pilihnya berdasarkan keputusan pengadilan yang mempunyai kekuatan hukum yang tetap yang dibuktikan dengan surat dari Pengadilan Negeri. Terdaftar sebagai penduduk desa setempat yang secara sah dan bertempat tinggal tetap di desa yang bersangkutan sekurang-kurangnya 2 tahun berturut-turut. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dengan melaksanakan kewajiban-kewajiban pokok dan menjauhi larangan-larangan pokok sebagaimana yang ditentukan agamanya. dan kepada Negara Kesatuan Republik Idionesia. Sehat jasmani dan rohani yang dibuktikan dengan surat keterangan dokter pemerintah. Bersedia menjadi calon kepala desa yang dibuktikan dengan surat pernyataan.Sumber: image.

75 Tahun 2005. 14) membina.id Gambar 1. memberikan laporan keterangan pertanggungjawaban kepada BPD. dan melestarikan nilai-nilai sosial budaya dan adat istiadat. 13) mengembangkan pendapatan masyarakat dan desa. 11) melaksanakan urusan yang menjadi kewenangan desa. kepala desa mempunyai kewajiban sebagai berikut: 1) memegang teguh dan mengamalkan Pancasila.google. 9) menyelenggarakan administrasi pemerintahan desa yang baik. mengayomi. 6) melaksanakan prinsip tata pemerintahan desa yang bersih dan bebas dari Kolusi. Sumber: image.co. serta menginformasikan laporan penyelenggaraan pemerintahan desa kepada masyarakat. 5) melaksanakan kehidupan demokrasi. 12) mendamaikan perselisihan masyarakat di desa. 16) mengembangkan potensi sumber daya alam dan melestarikan lingkungan hidup. kepala desa juga mempunyai kewajiban untuk memberikan laporan penyelenggaraan pemerintahan desa kepada bupati/ walikota. 2) melaksanakan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 serta mempertahankan dan memelihara keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia. 4) memelihara ketentraman dan ketertiban masyarakat. dan Nepotisme. 8) menaati dan menegakkan seluruh peraturan perundang-undangan.5 Kepala desa dalam mengayomi masyarakat 6 Pendidikan Kewarganegaraan untuk SD/MI Kelas 4 . 10) melaksanakan dan mempertanggungjawabkan pengelolaan keuangan desa. 3) meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Korupsi. 15) memberdayakan masyarakat dan kelembagaan di desa. 7) menjalin hubungan kerja dengan seluruh mitra kerja pemerintahan desa. Selain kewajiban di atas.Dalam melaksanakan tugas dan wewenang sebagaimana dimaksud dalam Pasal 14 PP No.

7 BPD berikutnya. Golongan Profesi.co.6 Perangkat desa di sebuah acara 3. Sumber: image. sekretaris desa adalah seorang Pegawai Negeri Sipil yang diangkat oleh sekretaris daerah kabupaten/kota atas nama bupati/walikota. Sementara itu. Sedangkan. Pemuka Agama dan tokoh atau pemuka masya-rakat lainnya. anggota BPD terdiri dari Ketua Rukun Warga.co. Jumlah anggota BPD ditetapkan sebanyak 11 orang dengan masa jabatan selama 6 tahun dan dapat diangkat/diusulkan kembali untuk satu kali masa jabatan Gambar 1. Sumber: image. perangkat-perangkat lainnya diangkat oleh kepala desa dari penduduk desa yang ditetapkan dengan keputusan kepala desa.2.id Bab 1 . Perangkat Desa Perangkat desa adalah sekretaris desa atau perangkat desa lainnya yang diangkat oleh pejabat yang berwenang. Pemangku Adat.google.Pemerintahan Desa dan Pemerintahan Kecamatan 7 . Anggota BPD adalah wakil dari penduduk desa bersangkutan berdasarkan keterwakilan wilayah yang ditetapkan dengan cara musya-warah dan mufakat. Sementara itu. Badan Permusyawaratan Desa Badan Permusyawaratan Desa atau BPD adalah lembaga yang merupakan perwujudan demokrasi dalam penyelenggaraan pemerintahan desa sebagai unsur penyelenggara pemerintahan desa.id Gambar 1.google.

12) Syarat lain disesuaikan dengan kondisi sosial budaya masyarakat setempat. 7) Terdaftar sebagai penduduk desa setempat sekurang-kurangnya 2 tahun serta mengenal dan dikenal masyarakat desa yang bersangkutan. 72 Tahun 2005 tentang Desa menyebutkan bahwa Alokasi Dana Desa adalah dana yang dialokasikan oleh Pemerintah Kabupaten/Kota untuk desa. 8 Pendidikan Kewarganegaraan untuk SD/MI Kelas 4 . 10) Tidak dicabut hak pilihnya berdasarkan keterangan dari pengadilan negeri. 8) Memahami dasar-dasar pemerintahan dan aturan perundang-undangan yang berlaku khususnya yang menyangkut desa. Selanjutnya. yang ditetapkan dengan Peraturan Desa. 3) Sehat jasmani dan rohani. 5) Berumur sekurang-kurangnya 20 tahun. 9) Bersedia menjadi anggota BPD. bantuan dari pemerintah. menurut PP No. Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa selanjutnya disingkat APB Desa adalah rencana keuangan tahunan pemerintahan desa yang dibahas dan disetujui bersama oleh Pemerintah Desa dan BPD.Adapun persyaratan menjadi anggota BPD. Sumber pendapatan desa. yaitu sebagai berikut. hibah. dan sumbangan. dan adil. jujur. serta pemerintah. 6) Berpendidikan paling rendah tamat Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP) dan/atau sederajat. 2) Setia kepada Pancasila dan UUD 1945. bagian dari dana keuangan pusat yang diterima oleh kabupaten/kota. Keuangan Desa Menurut UU No. 4. 11) Bagi Pegawai Negeri Sipil harus mendapat persetujuan dari atasan/ instansi. 1) Bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa dengan melaksanakan kewajiban-kewajiban pokok dan menjauhi larangan-larangan pokok sebagaimana yang ditentukan agamanya. dan kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia. 4) Berkelakuan baik. yaitu dari pendapatan asli desa. yang bersumber dari bagian dana perimbangan keuangan pusat dan daerah yang diterima oleh Kabupaten/Kota. serta segala sesuatu baik berupa uang maupun berupa barang yang dapat dijadikan milik desa berhubung dengan pelaksanaan hak dan kewajiban.32 Tahun 2004 tentang pemerintahan daerah menyebutkan bahwa keuangan desa adalah semua hak dan kewajiban yang dapat dinilai dengan uang. pajak daerah dan retribusi daerah kabupaten/kota.

perangkat desa. Jadi. BPD Kepala Desa Kepala Urusan Kepala Urusan Kepala Urusan Kepala Urusan Gambar 1. Perhatikan Gambar 1. Manfaat apa yang kamu peroleh dari kegiatan tadi? 5. Struktur Pemerintahan Desa Tahukah kamu apa yang dimaksud dengan struktur? Pernahkah kamu melihat sruktur organisasi desa? Struktur adalah tingkatan-tingkatan. Bab 1 . diskusikan hasilnya dengan guru dan kelompok lain. struktur organisasi desa adalah tingkatan-tingkatan yang ada dalam pemerintahan desa.8 Bagan Struktur Pemerintahan Desa Kegiatan Diskusikanlah dengan teman sebangku tentang bagan di atas. Lalu. dan lain-lain). tanyakanlah mengenai unsur dan susunannya (kepala desa. Catatlah tugas-tugas mereka. Buatlah laporan hasil kunjungan kelompokmu. Bagaimana kedudukan Kepala Desa dengan BPD? Bagaimana kedudukan Kepala Desa dan Kepala Urusan? Bertanyalah kepada gurumu jika kamu kesulitan untuk menjawabnya.Pemerintahan Desa dan Pemerintahan Kecamatan 9 . Kunjungilah kantor kepala desa yang ada di wilayahmu.8 berikut ini.Kegiatan Lakukan kegiatan berikut dengan 4 . Kemudian.5 orang temanmu.

Seksi ketenteraman dan ketertiban masyarakat.10 Salah satu kegiatan yang dilaksanakan di kelurahan 10 Pendidikan Kewarganegaraan untuk SD/MI Kelas 4 . di antaranya sebagai berikut: Menyusun dan menetapkan kebijakan pemberdayaan masyarakat. 1) 2) 3) 4) 1) 2) 3) 4) 5) Gambar 1.B.id Gambar 1. Susunan organisasi kelurahan terdiri atas lurah. Kelurahan dipimpin oleh lurah yang berada dan bertanggung jawab kepada camat. Pemerintah Kelurahan Sumber: image. Sumber: image. Seksi pelayanan umum.co. Seksi-seksi yang terdapat di tingkat kelurahan. Menyelenggarakan kegiatan pelayanan masyarakat yang menjadi kewenangannya.google. Seksi pemerintahan. dan seksi-seksi. Keuangan kelurahan bersumber dari APBD kabupaten atau kota yang sudah dialokasikan pemerintahan daerah. Seksi pemberdayaan masyarakat. sekretaris kelurahan.9 Lurah Lurah memiliki beberapa tugas pokok.google. yaitu sebagai berikut. Memelihara terciptanya ketenteraman dan ketertiban masyarakat. Melaksanakan program pemberdayaan masyarakat.com Kelurahan adalah wilayah kerja lurah sebagai perangkat daerah kabupaten/kota dibawah kecamatan. Seksi prasarana umum.

google.co. Memfasilitasi dan membina kegiatan RT dan RW.id Tugas seksi pemerintahan. Mengkoordinasi penyelenggaraan administrasi pertanahan.11 Salah satu tugas seksi ketenteraman dan ketertiban 1) 2) 3) Tugas seksi prasarana umum. Melakukan usaha pembinaan terhadap gangguan sosial. yaitu sebagai berikut. Melaksanakan usaha-usaha perlindungan masyarakat. Tugas seksi ketenteraman dan ketertiban. Melaksanakan kegiatan pemeliharaan sarana dan prasarana umum dan fasilitas pelayanan masyarakat. Mengkoordinasi dan melaksanakan kegiatan pemeliharaan kebersihan. keindahan.id Gambar 1. Memfasilitasi kegiatan sosial politik dan kesejahteraan pembangunan. yaitu sebagai berikut. Melaksanakan penyusunan program penyediaan sarana dan prasarana umum. Melaksanakan usaha-usaha ketenteraman dan ketertiban wilayah.google. di antaranya sebagai berikut. Sumber: image. Melaksanakan dan mengkoordinasi kegiatan penanggulangan bencana.Pemerintahan Desa dan Pemerintahan Kecamatan 11 . Mengkoordinasi penyelenggaraan administrasi kependudukan dan calon pemilih.co. Gambar 1. dan pertamanan serta pengelolaan lingkungan hidup. Memfasilitasi kegiatan dewan kelurahan.12 Pelayanan masyarakat Bab 1 .1) 2) 3) 4) 5) 1) 2) 3) 4) Sumber: image.

.. Perihal Perbedaan kelurahan dan desa Uraian Kelurahan dipimpin oleh lurah dan bertanggung jawab kepada camat............... No................. Melakukan pelayanan konsultatif aparat dan masyarakat......... Sumber: image.......................... 1...google... . ..................co.......... 12 Pendidikan Kewarganegaraan untuk SD/MI Kelas 4 ........ ....... yaitu sebagai berikut........... ............................... Perbedaan pemerintahan desa dan pemerintah kelurahan Jumlah seksi di kelurahan 3....13 Pelayanan perizinan Kegiatan Isilah tabel berikut ini.. Sedangkan.id Gambar 1........... 2................. .......... Melaksanakan dan mengkoordinasi pelayanan perizinan rekomendasi dan legalisasi............ desa dipimpin oleh kepala desa dan dipilih langsung oleh masyarakat desa.......................................1) 2) Tugas seksi pelayanan umum....................

di kecamatan pun selalu diadakan apel pagi. Agar kamu memahami pemerintah kecamatan. memberikan rekomendasi izin usaha.Pemerintahan Desa dan Pemerintahan Kecamatan 13 . Bab 1 . seperti lembaga pemerintahan lainnya. ayo cermati setiap uraiannya.C. terdiri atas pembuatan KTP. Di Kecamatan apakah kamu tinggal? Pernahkah kamu berkunjung ke kantor kecamatan? Dalam kepentingan apa kamu ke kantor kecamatan? Di kecamatan terdapat pelayanan masyarakat. Sumber: modifikasi penulis Bertugas: memberikan pelayanan administratif kepada seluruh perangkat/ aparatur kecamatan. Pemerintah Kecamatan Pemerintahan Kecamatan Camat Sekretaris Kecamatan Seksi-Seksi Bertugas: melaksanakan kewenangan pemerintahan yang dilimpahkan oleh seorang bupati atau walikota untuk menangani sebagian urusan otonomi daerah. dan sebagainya. Bertugas: membantu camat sesuai dengan bidangnya masing-masing. Selain itu. merekomendasikan surat keterangan tidak mampu.

8) Kelompok jabatan fungsional. 9) Kepala seksi-kepala seksi yang berada di lingkungan pemerintah kecamatan. 5) Seksi ekonomi dan pembangunan.co. Pengertian Kecamatan Kecamatan merupakan perangkat daerah kabupaten atau kota yang mempunyai wilayah kerja tertentu yang dipimpin oleh seorang camat.14 Suasana apel pagi di kantor kecamatan 1.Sumber: image. Pengangkatan. Dengan demikian. 2) Sekretaris kecamatan. dalam pengangkatan. Sementara itu. tanggung jawab. dan pemberhentian dilakukan oleh bupati melalui sekretaris daerah atas usul camat. Camat diangkat dari Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang memenuhi syarat sesuai dengan peraturan perundang-undangan.google. jabatan fungsional adalah kedudukan yang menunjukkan tugas. 2. pemberhentian. 1) Camat.id Gambar 1. 6) Seksi kesejahteraan rakyat. dan pemindahan sekretaris kecamatan dilakukan oleh bupati melalui sekretaris daerah atas usul camat. merupakan jabatan tertinggi dalam pemerintahan kecamatan. 3) Seksi pemerintahan. Wilayah kecamatan terdiri atas beberapa desa atau kelurahan. Susunan Organisasi Pemerintah Kecamatan Di dalam pemerintahan kecamatan terdapat susunan organisasi sebagai berikut. 4) Seksi ketenteraman dan ketertiban. diangkat dari Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang memenuhi syarat sesuai dengan peraturan perundang-undangan. dan hak seorang Pegawai Negeri Sipil 14 Pendidikan Kewarganegaraan untuk SD/MI Kelas 4 . wewenang. wilayah kecamatan lebih luas dibandingkan wilayah desa atau kelurahan. 7) Seksi pengembangan potensi dan pendapatan. pemindahan.

Sumber: image.google.id Gambar 1. Bab 1 . Melaksanakan pelayanan masyarakat yang menjadi ruang lingkup tugasnya dan atau yang belum dapat dilaksanakan pemerintahan desa dan atau kelurahan. Mengkoordinasikan penerapan dan penegakan peraturan perundangundangan.co. 1) 2) 3) 4) 5) 6) 7) Mengkoordinasikan kegiatan pemberdayaan masyarakat. 1) Menyelenggarakan sebuah pemerintahan dalam wilayah kecamatan. Membina penyelenggaraan pemerintahan desa dan atau kelurahan. mengkoordinasi kegiatan pemberdayaan masyarakat Sekretaris kecamatan posisinya berada di bawah tanggung jawab camat yang bertugas. antara lain sebagai berikut.Pemerintahan Desa dan Pemerintahan Kecamatan 15 . Mengkoordinasikan penyelenggaraan pemerintahan di tingkat kecamatan.(PNS) dalam rangka menjalankan tugas pokok dan fungsional keahlian atau keterampilan untuk mencapai tujuan organisasi. Tugas Pemerintahan Kecamatan Seorang camat tugasnya adalah melaksanakan kewenangan pemerintahan yang dilimpahkan oleh seorang bupati atau walikota untuk menangani sebagian urusan otonomi daerah. 2) Memberikan pelayanan administrasi kepada seluruh perangkat/aparatur kecamatan. 3.15 Salah satu tugas camat. Mengkoordinasikan upaya penyelenggaraan ketentraman dan ketertiban umum. Mengkoordinasikan pemeliharaan prasarana dan fasilitas pelayanan umum. antara lain sebagai berikut. Adapun fungsi dari camat.

dan pelaporan urusan ketenteraman dan ketertiban.id Gambar 1. Misalnya. Kamu Perlu Tahu Kecamatan di Provinsi Papua adalah distrik yang dipimpin oleh kepala distrik.google. pelaksanaan. 4. evaluasi. Seksi Ketenteraman dan Ketertiban bertugas membantu camat dalam menyiapkan berbagai bahan untuk perumusan kebijakan.17 Bagan struktur Organisasi Kecamatan (Sumber: Modifikasi 16 Pendidikan Kewarganegaraan untuk SD/MI Kelas 4 .co. Camat Kelompok Jabatan Fungsional Sekretaris Kecamatan Seksi Seksi Seksi Seksi Desa/Kelurahan Gambar 1.16 Sekretaris camat Masing-masing seksi yang berada di lingkungan kecamatan bertugas membantu camat sesuai dengan bidangnya masing-masing.Sumber: image. Struktur Organisasi Kecamatan Struktur organisasi kecamatan di kabupaten/kota adalah sebagai berikut.

17. Anggota BPD adalah wakil dari penduduk desa bersangkutan berdasarkan keterwakilan wilayah yang ditetapkan dengan cara musyawarah dan mufakat. 5. Perihal Tugas dan fungsi camat Tugas sekretaris kecamatan ... Keterangan Hubungan kecamatan dan ... 4. Perangkat desa adalah sekretaris desa atau perangkat desa lainnya yang diangkat oleh pejabat yang berwenang.Pemerintahan Desa dan Pemerintahan Kecamatan 17 . . Rangkuman • • • • • Kepala desa merupakan pimpinan dalam penyelenggaraan pemerintah desa.. kabupaten Hubungan kecamatan dan desa . Hubungan kecamatan dan kelurahan .. Kemudian. Wilayah kecamatan meliputi beberapa desa/kelurahan. Kunjungilah kantor kecamatan tempat kamu tinggal. 2.. No. Badan Permusyawaratan Desa atau BPD adalah lembaga yang merupakan perwujudan demokrasi dalam penyelenggaraan pemerintahan desa sebagai unsur penyelenggara pemerintahan desa. Kamu Perlu Tahu Sikap Cauvinisme (membanggakan daerah sendiri dan menganggap rendah daerah lain) merupakan suatu penghalang untuk terbentuknya persatuan bangsa. Ayo amati dengan baik Gambar 1... Kelurahan adalah wilayah kerja lurah yang mana sebagai perangkat daerah kabupaten/kota di bawah kecamatan.Kegiatan Ayo lakukan kegiatan ini dengan 4 . 3.5 orang. Mintalah penjelasan mengenai struktur organisasi kecamatan.. 1. Bab 1 . carilah informasi tentang hal-hal berikut ini.

apa yang akan kamu kerjakan untuk membangun desamu? d) Jika kamu menjadi seorang camat. Camat bertugas melaksanakan kewenangan pemerintahan yang dilimpahkan oleh bupati/walikota. Seksi-seksi yang berada di lingkungan kecamatan bertugas menbantu camat dalam menjalankan roda pemerintahan di lingkungan kecamatan. a) Apakah kamu mengenal lembaga-lembaga dalam susunan pemerintahan desa? b) Apakah kamu mengenal lembaga-lembaga dalam susunan pemerintahan kecamatan? c) Jika kamu menjadi kepala desa. Refleksi Kamu telah mempelajari pemerintahan desa dan pemerintahan kecamatan. Perangkat kecamatan terdiri atas camat. sekretaris camat. seksiseksi dan jabatan fungsional. Tugas seorang camat adalah melaksanakan kewenangan pemerintahan yang dilimpahkan oleh seorang bupati atau walikota untuk menangani sebagian urusan otonomi daerah. dan pemberhentian camat dilakukan oleh bupati atas usul sekretaris daerah.• • • • • Pengangkatan. program apa saja yang akan kamu jalankan? Kamusku : tata kelakuan yang kekal dan turun temurun dari generasi satu ke generasi lain Apel pagi : upacara untuk diketahui hadir tidaknya atau untuk mendengar amanat BPD : Badan Permusyawaratan Desa KTP : Kartu Tanda Penduduk Lembaga daerah : lembaga resmi yang dibentuk oleh pemerintah daerah Otonomi : kewenangan daerah untuk mengatur urusan daerah untuk kesejahteraan rakyat Pejabat : pegawai pemerintah yang memegang jabatan Adat istiadat 18 Pendidikan Kewarganegaraan untuk SD/MI Kelas 4 . pemindahan.

b. 4. kepala desa c. camat Seorang lurah bertanggung jawab kepada …. lurah b. Berilah tanda silang (x) pada huruf a. Kepala desa dipilih melalui …. 3. Kelurahan adalah …. Lembaga yang bertugas mengawasi pemerintahan desa adalah …. a. 5. a. Isilah titik-titik di bawah ini dengan singkat dan tepat. a. camat 2. camat Kecamatan dipimpin oleh …. Desa dipimpin oleh ….Pemerintahan Desa dan Pemerintahan Kecamatan 19 . 1.Uji Pemahamanku A. lurah c. MPR b. Sekretaris desa diangkat oleh …. 5. 2. 1. camat b. a. a. 3. walikota c. kepala desa c. bupati Badan Permusyawaratan Desa disingkat …. atau c untuk jawaban yang paling benar. lurah b. 4. Pemerintahan desa adalah …. bupati b. DPD Kelurahan dipimpin oleh …. BPD c. Bab 1 . B.

Apa yang dimaksud dengan desa? Siapakah yang termasuk anggota BPD? Sebutkan pendapatan desa. 1. 4. Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini. Kerjakan di buku tugasmu. Tuliskan kata yang ditemukan dan carilah artinya. 20 Pendidikan Kewarganegaraan untuk SD/MI Kelas 4 . 2. senantiasa menjaga kekeluargaan dengan semua masyarakat. Kamu dapat menemukannya secara mendatar dan ke atas. Sebutkan wewenang BPD. A C P Q T P Q S T U K L B D R S U K R V W C E U K E P A L A D E S A C R D S V C D B X A B M A A E A W E F U Y C D A M H F G X B U P A R I T A K H I Y G H A Z E F G T L S E K R E T A R I S A M J L Z I J E C H I J N N K M A K L N D G K O S T W I L A Y A H H L P B U N O B M N A E I M Q P V A O T A O B F J N R D W Kata Bijak Kita harus menjaga lingkungan dari sekarang. 3. Sebutkan susunan perangkat kecamatan. Ayo Bermain Carilah beberapa kata yang berhubungan dengan materi bab 1.C. 5.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->