MOTOR DIESEL 4 TAK

• M U H A M M A D A G U N G S A H ID A 2 7 11100 00 3 • EL LY S D A A U LYA S A N T Y 2 7 11100 04 0

• AR IF R AC H MAN

2 7 11100 115

Heat Engine Mesin Kalor External Combustion Engine Motor Pembakaran Luar Spark Ignition Engine Motor Bensin 2 Stroke 2 Tak 4 Stroke 4 Tak 2 Stroke 2 Tak Internal Combustion Engine Motor Pembakaran Dalam Compression Ignition Engine Motor Diesel 4 Stroke 4 Tak .

MOTOR DIESEL Motor pembakaran dalam jenis torak dimana cara pembakaran bahan bakarnya dilakukan dengan cara menyemprotkan / menginjeksikan bahan bakar ke dalam udara yang memiliki tekanan dan temperatur tinggi akibat dari kompresi udara murni di dalam silinder. .

.

2. Pada langkah ini kedua katup menutup. piston bergerak dari TMB ke TMA. .CARA KERJA 1. Pada langkah ini katup masuk membuka dan katup buang tertutup. Sesaat sebelum mencapai TMA bahan bakar diinjeksikan. menekan udara yang ada dalam silinder. Udara mengalir ke dalam silinder. Langkah Kompresi. Langkah Pemasukan.

4. . Karena injeksi bahan bakar ke dalam silinder yang bertemperatur tinggi. Akhir langkah ini adalah ketika piston mencapai TMA. bahan bakar terbakar dan berekspansi menekan piston untuk melakukan kerja sampai piston mencapai TMB. katup masuk tertutup. Ketika piston hampir mencapai TMB. Kedua katup tertutup pada langkah ini. Ketika piston bergerak menuju TMA. Siklus kemudian berulang lagi. gas sisa pembakaran keluar ruang bakar. Langkah Buang.3. Langkah Ekspansi. katup buang terbuka.

Animasi Cara Kerja Mesin Diesel 4 Tak .

3. pada tekanan konstan. pada tekanan konstan. pada tekanan konstan. pada keadaan isentropik. 5. Diagram P-V Siklus Diesel . Langkah (0-1) adalah langkah hisap udara. pada tekanan konstan. Langkah (3-4) adalah langkah ekspansi. pada keadaan isentropik. Langkah (1-2) adalah langkah kompresi. Langkah (0-1) adalah langkah buang. 2. 4. Langkah (2-3) adalah langkah pemasukan kalor. Langkah (4-1) adalah langkah pengeluaran kalor.PROSES TERMODINAMIKA 1. 6.

Efisiensi siklus diesel .

serta generator tenaga listrik stasioner. beberapa mayoritas untuk aplikasi pertanian dan heavy-duty trucks. konstruksi. LARGE • Power-output : > 750 kW. dan generator tenaga listrik. . • Penggunnan : light trucks. atau 252 1.KAPASITAS MESIN SMALL MEDIUM • Power-output : < 188 • Power-output : 188 kW atau 252 hp 750 kW. lokomotiv. • Penggunaan : automobiles.006 hp. • Penggunaan : kapal.

Paduan aluminium (mesin kecil) .besi cor kelabu .Silinder Fungsi : memindahkan tenaga panas ke tenaga mekanik. tempat bahan bakar dibakar dan daya ditimbulkan Material : .

Material : .Piston Fungsi : penyekat silinder sekaligus mentransmisikan tekanan gas hasil pembakaran ke crank throw. .paduan aluminium .besi cor (mesin-mesin besar berkecepatan rendah) Piston biasanya dilengkapi dengan ring piston yang berfungsi sebagai penyekat gas hasil pembakaran agar tidak bocor ke dalam crankcase sekaligus juga berfungsi sebagai pengatur aliran oli untuk melumasi dinding silinder.

. Crankshaft memiliki poros-poros eksentrik.steel forging . yang biasa disebut crank throw.Crankshaft Fungsi : meneruskan daya dari torak kepada poros yang digerakkan Material : .Besi cor nodular (mesinmesin tugas ringan) Crankshaft dipasang pada blok mesin dan disangga oleh main bearing. Jumlah main bearing maksimum adalah jumlah silinder + 1.

. Piston pin biasanya berlubang untuk mengurangi beratnya. Connecting rod terpasang pada piston dengan perantaraan piston pin yang terbuat dari baja. titanium. dll).Connecting Rod Fungsi : memindahkan gaya dari piston ke crankshaft Material : baja atau material paduan lainnya (aluminium.

.Cylinder Head Fungsi : untuk menutup silinder Material : paduan aluminium atau besi cor Cylinder head harus kuat dan kaku sehingga gaya-gaya dari gas hasil pembakaran yang beraksi ke cylinder head dapat didistribusikan secara merata ke blok mesin. Komponen-komponen cylinder head terdiri dari fuel injector dan komponen-komponen mekanisme katup.

forged alloy steel .Katup Fungsi : Material : .keramik (hasil pengembangan/penelitian insinyur-insinyur di mercedes benz). katup buang yang beroperasi pada temperatur sekitar 700° C .

.Camshaft Fungsi : membuka atau menutup katup Material : besi cor atau baja tempa Permukaan cam biasanya dikeraskan agar ketahanan aus-nya meningkat.

melindungi semua bagian yang bergerak dan bantalannya . piston dan poros engkol .aluminium .merupakan reservoir bagi minyak pelumas Material : .Crank Case Fungsi : .menyatukan silinder.cast iron .

TERIMA KASIH .