SILABUS PROGRAM STUDI ILMU KEPERAWATAN SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN SARI MULIA BANJARMASIN TAHUN AJARAN 2011

/2012
Mata Kuliah Kode Mata Kuliah Beban Studi Dosen Pengampu Tim Pengajar : : : : : Sistem Muskuloskeletal MKB 411 4SKS (2 T, 1 P, 1K) Antung Dian Hayati, S.Kep., Ns 1. Dr.Izaak Zoelkarnain A, Sp.OT, FICM (K) 2. Arie Syamsudin, S.Kep., Ns 3. Yan Setiawan, S.Kep., Ns 4. M.Riduansyah, S.Kep.,Ns 5. Antung Dian Hayati, S.Kep., Ns Terlampir

WAKTU

:

Deskripsi Mata Kuliah : Mata kuliah ini membahas tentang prinsip-prinsip teoritis dan keterampilan klinis keperawatan tentang sistem muskuloskeletal sesuai tingkat usia manusia mulai dari mulai bayi baru lahir sampai lansia. Fokus mata kuliah ini meliputi berbagai aspek yang terkait dengan fungsi sistem muskuloskeletal dalma melindung organ vital (otak, jantung, paru), penyokong tubuh, memproduksi panas tubuh, reservoir sel-sel darah merah matur, reservoir mineral penting, dan melakukan fungsi pergerakan tubuh. Kegiatan belajar mahasiswa berorientasi pada pencapaian kemampuan berfikir sistematis dan komprehensif dalam mengaplikasikan konsep sistem muskuloskeletal dengan pendekatan asuhan keperawatan sebagai dasar penyelesaian masalah. Standar Kompetensi Setelah mengikuti kegiatan pembelajaran mahasiswa akan mampu : 1. Melakukan simulasi asuhan keperawatan dengan kasus gangguan sistem muskuloskeletal pada berbagai tingkat usia dengan memperhatikan aspek legal dan etis. 2. Melakukan simulasi pendidikan kesehatan dengan kasus gangguan sistem muskuloskeletal pada berbagai tingkat usia dengan memperhatikan aspek legal dan etis. 3. Mengidentifikasi masalah-masalah penelitian yang berhubungan dengan sistem muskuloskeletal dan menggunakan hasil-hasil penelitian dalam mengatasi masalah muskuloskeletal. 4. Melakukan simulasi pengelolaan asuhan keperawatan pada sekelompok klien dengan gangguan sistem muskuloskeletal pada berbagai tingkat usia dengan memperhatikan aspek legal dan etis.

et causa.Tulang . komplikasi dan penatalaksanaan medik termasuk terapi farmakologik.5. pemeriksaan penunjang. Mendemonstrasikan intervensi keperawatan pada kasus dengan gangguan sistem muskuloskeletal pada berbagai tingkat usia sesuai dengan standar yang berlaku dengan berfikir kreatif dan inovatif sehigga menghasilkan pelayanan yang efisien dan efektif.Tendon .Otot . Bahan kajian Anatomi sistem Muskuloskeletal . Mahasiswa mampu menjelaskan patofisiologi kasus melalui unjuk kerja Metod e Lectur e SGD Assignm ent Journal/te xt book/inter net search Asessme nt Portopoli o/Maket gambar/ MCQ 5% Time 2 jam Dose n Arie 2 jam Arie I Melakukan simulasi asuhan keperawatan dengan kasus gangguan sistem muskuloskeletal pada berbagai tingkat usia dengan memperhatikan aspek legal dan etik. *Kasus bahasan a. patofisiologi. Osteoarthritis1 b. Gangguan kesehatan pada sistem muskuloskeletal *(definisi. Gout2 Lectur e SGD PjBL CbL Journal/te Bahasan xt kajian book/inter teori net kasus/ search Presentas i 20% 2 jam Arie 2 jam Arie . Rincian Kegiatan Perkuliahan Ming gu Kompetensi keI Melakukan simulasi asuhan keperawatan dengan kasus gangguan sistem Muskuloskeletal pada berbagai tingkat usia dengan memperhatikan aspek legal dan etik. 6. manifestasi. Melaksanakan fungsi advokasi pada kasus dengan gangguan sistem muskuloskeletal pada berbagai tingkat usia.persendian pembagian skeleton Jenis tulang Pembagian Otot Jenis Otot Jenis persendian Kriteria Penilaian (Indikator) Mahasiswa mampu menyebutkan tentang organ yang terlibat dalam sistem muskuloskeletal dengan benar Mahasiswa mampu menjelaskan kembali anatomi fisiologi sistem muskuloskeletal dengan benar Mahasiswa mampu mengeksplorasi tinjauan teoritik kasus asuhan keperawatan klien dengan gangguan sistem muskuloskeletal melalui kerjasama di dalam kelompok dan mempertanggung jawabkan secara tertulis.

vi. Perenc intervensi keperawatan anaan pulang dan secara tepat melalui follow-up unjuk kerja tertulis dan mempertanggung *Kasus bahasan jawabkan hasil kerjadi a. Diagno tertulis dan sa keperawatan pada mempertanggung masalah kesehatan jawabkan hasil kerja di sistem forum muskuloskeletal Mahasiswa mampu (NANDA) merumuskan diagnosis iii. Pengka pada anak maupun pada jian sistem dewasa secara tepat muskuloskeletal melalui unjuk kerja ii. Implem muskuloskeletal secara entasi keperawatan tepat melalui unjuk kerja v. Fraktur forum. Osteoporosis Mahasiswa mampu c. Osteomyelitis3 d. Osteomielitis c. Evalua tertulis dan si keperawatan dan mempertanggung perkembangan jawabkan hasil kerjadi kesehatan klien forum. Perenc keperawatan sesuai anaan keperawatan dengan permasalahan (NOC dan NIC) pada sistem iv. b. Karsinoma tulang4 Lectur e SGD PjBL CbL PBL Journal/te Kajian xt teori book/inter askep net kasus/ search/M Presentas odul i simulasi askep 20% 2 jam 3 jam Ridua n Antun g Modul (PBL) 8x 2 jam 2 jam . Dokum entasi asuhan Mahasiswa mampu keperawatan membuat rencana dan vii.II Melakukan simulasi asuhan keperawatan dengan kasus gangguan sistem muskuloskeletal pada berbagai tingkat usia dengan memperhatikan aspek legal dan etik tertulis dan mempertanggung jawabkan hasil kerja di forum Konsep asuhan Mahasiswa mampu keperawatan gangguan merumuskan data pada sistem pengkajian keperawatan muskuloskeletal* sistem muskuloskeletal i.

Konsep dan aplikasi pencegahan primer. Mahasiswa mampu 2 jam dr. Mahasiswa mampu merumuskan perencanaan pulang dan follow up perawatan pada klien dengen baik melalui unjuk kerja tertulis dan mempertanggung jawabkan hasil kerjadi forum.Dislokasic Lectur e SGD PjBL Journal/ magazin e/ text book Essay MCQ Leaflet Pamplet Selebaran 5% 3 jam Yan (a & b) 2 jam Yan (c) III Mengidentifikasi masalah- Hasil penelitian Telaa Journal/ Hasil telaah 3 jam antun .Iza ak (b) Kuliah Pakar Fraktur dan Dislokasi sendi (a) Kuliah Pakar Osteoporosis dan Osteomielitis (b) III Melakukan simulasi pendidikan kesehatan dengan kasus gangguan system muskuloskeletal pada berbagai tingkat usia dengan memperhatikan aspek legal dan etik. Mahasiswa mampu membuat minimal 3 media untuk pendidikan kesehatan dengan benar sesuai dengan topik/tema pendidikan kesehatan yang ditetapkan. sekunder. Dislokasi sendi melakukan evaluasi keperawatan dan catatan perkembangan dengan tepat melalui unjuk kerja tertulis dan mempertanggung jawabkan hasil kerjadi forum.Perawatan Post Op frakturb . keluarga atau masyarakat yang terkait dengan gangguan pada sistem muskuloskeletal.Fraktura . UJIAN BLOK Mahasiswa mampu menjelaskan konsep dan prinsip pendidikan kesehatan pada individu. . dan tersier pada masalah sistem muskuloskeletal.d.Iza ak (a) dr.

Manajemen nyeri 3. Traksi & pemasangan gips 4. Bedah Tulang Mahasiswa mampu mendemonstrasikan tindakan/prosedur keperawatan. 5% g Unjuk kerja /Uji skill 5% 2 jam Yan (1) 2 jam Yan 2 jam (4) 2 jam Yan (6) Riduan (8) Mahasiswa mampu menjelaskan klasifikasi kasus pada sistem muskuloskeletal. prosedur pelaksanaan. Case study. book discov ery learni ng. Case SOP. text SGD. berfikir kreatif dan inovatif untuk menghasilkan pelayanan yang efisien dan efektif Melakukan simulasi pengelolaan asuhan keperawatan pada sekelompok klien dengan gangguan pada sistem muskuloskeletal pada berbagai tingkat usia dengan memperhatikan aspek legal dan etik V Prosedur keperawatan tentang: 1.Iza ak (2) 2 jam Dr. journal. evaluasi tindakan h magazin Journa e/ text l. Wound Care Manajemen kasus pada sistem muskuloskeletal 1. Skill Labs. TB Tulang 2. Februari 2012 . Rumusan masalah penelitian.masalah penelitian yang berhubungan dengan system muskuloskeletal dan menggunakan hasilhasil penelitian dalam mengatasi masalah muskuloskeletal. (Pengertian. Ambulasi 7. tujuan. Gout dan Osteoarthritis 3. study. keperawatan dan atau kesehatan masyarakat yang terkait dengan masalah pada sistem muskuloskeletal melakukan telaah hasil penelitian dan mempertanggung jawabkan secara tertulis dan presentasi hasil unjuk kerja IV Mendemonstrasikan nursing intervention pada kasus dengan gangguan sistem muskuloskeletal pada berbagai tingkat usia sesuai dengan standar yang berlaku. Pembalutan &pembidaian 6. Pengkajian pada sistem muskuloskeletal 2. SGD. book.Iza ak (1) 2 jam Dr. Mahasiswa mampu melakukan simulasi pengelolaan asuhan keperawatan kasus gangguan sistem muskuloskeletal dan mempertanggung jawabkan di forum UJIAN BLOK Case Study SGD Semin ar Kasus klinik. text book Portopolio askep 5% 2 jam Dr. ROM aktif/ pasif 5.Iza ak (3) Banjarmasin. persiapan tindakan.

Mengetahui Ketua Program Studi Ilmu Keperawatan Penanggung Jawab Mata Kuliah Husin. Ners NIK. 44. Ners. Kep.005 Antung Dian Hayati. 44.04.04.11.. S.042 . S. MPH NIK.09.Kep.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful