REVISI PESAN BISNIS Menyunting Pesan (Editing

)
Setelah naskah pertama selesai, kebanyakan orang menganggap pekerjaan menyusun pesan telah selesai dan mulai beralih ke pekerjaan lainnya. Hal sesungguhnya tidaklah demikian. Menyusun pesan bisnis memerlukan proses yang dilakukan dengan hati-hati. Draft pesan yang telah selesai harus di telaah ulang (review) dan diperbaiki lagi, baik dari sudut isi maupun gaya bahasa yang digunakan, organisasi, serta format penulisannya.

Mengevaluasi Isi dan Organisasi
Idealnya, naskah pertama dibiarkan selama beberapa saat sebelum memulai proses penyuntingan. Evaluasi dimulai dengan membaca secara cepat dan memusatkan perhatian pada isi, organisasi, dan format pesan. Pertanyaan-pertanyaan berikut bisa dijadikan pedoman dalam melakukan evaluasi terhadap isi, organisasi, dan format pesan : Apakah cukup semua butir? Apakah susunan sudah bertalian logis? Apakah sudah ada keseimbangan antara informasi umum dan spesifik? Apakah gagasan yang paling penting sudah mendapat porsi cukup dan ditempatkan pada posisi menonjol? Apakah dukungan sudah cukup dan fakta sudah diperiksa ulang? Apakah lebih meyakinkan bila pesan diatur dalam susunan yang berbeda? Apakah perlu menambahkan sesuatu? Bagian awal dan akhir memiliki dampak yang paling besar bagi penerima. Pastikan bahwa bagian awal relevan, menarik, dan sesuai dengan kemungkinan reaksi penerima.

perhatian dan waktu yang digunakan untuk melakukan perbaikan kata dan kalimat hendaknya disesuaikan dengan batasan waktu. mantap dan kuat. periksa kembali kosa kata. Tidak melakukan penulisan ulang karena dianggap membuang waktu.Meninjau ulang Gaya dan Kemudahan dalam membaca Setelah puas dengan isi. Dokumen menjadi lebih ringkas. dan struktur kalimat. Setelah penulisan ulang dilakukan dengan baik. Mengirim dokumen pada saat-saat terakhir dibutuhkan. panjang kalimat dan paragraph. Telah disampaikan bahwa dokumen bisnis dapat meningkatkan citra perusahaan. organisasi. Untuk memastikan kemudahan pembacaan. dokumen bisnis kemungkinan akan menjadi berjumlah separuh dari rencana semula. Namun. . dan format pesan berikutnya dievaluasi gaya dan kemudahan pembacaan. Pertanyaan berikut bisa dijadikan pedoman untuk meninjau ulang gaya dan kemudahan pembacaan : Apakah informasi penting telah ditekankan secara efektif? Apakah paragraf memiliki kalimat topik yang jelas? Apakah peralihan antara gagasan jelas? Apakah terdapat istilah atau jargon yang tidak familiar? Apakah terdapat penggunaan bahasa yang berlebihan? Bagaimana pengaruh pilihan kata terhadap pembaca? Menulis Ulang Pesan Pelaku bisnis banyak melakukan kesalahan: • • • Hanya memindahkan kata-kata dan tidak benar-benar memperbaikinya. Dokumen yang ditulis ulang umumnya lebih mantap dan kuat.

Memastikan Margin . Misalnya. Rincian pesan yang ingin ditampilkan akan mempengaruhi pesan. Mencetak Pesan Setelah menyusun pesan dari awal sampai akhir. spasi.Memproduksi Pesan Saat ini pesan diproduksi dengan bantuan Komputer. langkah terakhir adalah mencetak pesan. Desktop Publishing. • Seimbang Supaya desain terlihat menyenangkan. Terlalu banyak elemen desain atau terlalu banyak sentuhan dekoratif akan menyebabkan dokumen terlihat kacau. Teknologi layar komputer saat ini WYSWYG (What You See is What You Get). Banyak aplikasi digunakan untuk membuat desain pesan agar lebih menarik seperti Ms. besar huruf. Namun. dan garis.Penampilan . dan rincian lainnya Mencetak dokumen yang belum final ( proof sheet ) dengan printer dapat dilakukan menggunakan pilihan print quality yang lebih rendah ( economode ) untuk menghemat toner atau .Gambar. Photoshop dll. dan ruang kosong • Terkendali Desain diusahakan sederhana. perlu dijaga keseimbangan ruang antara teks. perlu diperhatikan: • Konsistensi Pemakaian desain yang konsisten dalam seluruh isi dokumen untuk elemen desain yang muncul berulang-ulang. Agar desain pesan bisnis efektif. • Rincian Desain yang baik akan memberikan kemudahan bagi pembaca untuk mencari rincian pesan. Word.Kebenaran Nomor Halaman . mencetak dokumen diatas kertas perlu dilakukan: .Judul . jenis huruf. penggunaan margin. gambar.

format. . penulisan. Membaca cetakan percobaan ( proof reading ) dilakukan untuk memeriksa kebenaran seluruh isi pesan. pesan dicetak kembali dengan pilihan best quality dan selanjutnya didistribusikan kepada penerima. organisasi. setelah puas. dan desain.tinta.