P. 1
pengertian berita

pengertian berita

|Views: 2|Likes:
Published by rarazkanthapamenang
j
j

More info:

Published by: rarazkanthapamenang on Mar 28, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/05/2014

pdf

text

original

Pengertian Berita Kata “berita” berasal dari bahasa sansekerta “vrit” atau dalam bahasa Inggris disebut “write”

yang sebenarnya berarti “terjadi” atau “ada”. Beberapa orang juga ada yang menyebut berita ini dengan sebutan “vritta”, yakni “kejadian” atau “yang telah terjadi”. Sedangkan berita menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah cerita atau keterangan mengenai kejadian atau peristiwa yang hangat. Berita adalah sebuah bentuk laporan tentang suatu kejadian yang beru terjadi atau keterangan terbaru tentang suatu peristiwa. Berita adalah suatu fakta menarik atau sesuatu hal penting untuk diketahui yang biasa disampaikan pada khalayak melalui sebuah media. Namun, tidak semua fakta bisa diangkat menjadi sebuah berita oleh media. Terdapat beberapa unsur penting yang menjadi pertimbangan bahwa sebuah fakta itu bisa diangkat menjadi berita berita. Unsur penting tersebut adalah sebagai berikut. Penting; yakni sebuah kejadian atau peristiwa yang dapat mempengaruhi atau berdampak pada kehidupan orang banyak. Besar; yakni sebuah peristiwa yang menyangkut angka-angka dalam jumlah yang besar. Waktu; yakni sebuah peristiwa yang baru terjadi, kekinian, dan belum mengalami pengendapan. Dekat; artinya, sebuah kejadian yang dekat dengan pembaca, baik dari segi emosional maupun segi geografis. Popular, yakni sebuah peristiwa yang memang memiliki tingkat kepopuleran tinggi di kalangan orang banyak. Manusiawi; yakni sebuah peristiwa yang memiliki human interest dan mampu memberikan sentuhan perasaan bagi orang banyak. Unsur-unsur penting tersebut harus digali dengan penerapan unsur penting lainnya, yakni 5W1H; what, who, where, when, why, dan how. Jenis-Jenis Berita Berita mempunyai pengertian yang sangat luas, banyak pakar yang memiliki definisi sendiri-sendiri untuk mendeskripsikan pengertian berita. Dari banyaknya pengertian tentang berita ini, kemudian muncullah jenis-jenis berita di masyarakat. Jenis-jenis berita tersebut adalah sebagai berikut. Straight News; adalah berita langsung, apa adanya, dan biasanya ditulis atau disampaikan secara singkat dan lugas. Depth News; adalah berita yang diulas secara mendalam. Hal-hal yang berada di bawah suatu permukaan masalah dikembangkan oleh si pembuat berita, namun masih berisi fakta tentang permukaan masalah yang sama. Investigation News; adalah berita yang diangkat dan dikembangkan berdasarkan berbagai penyelidikan atau atau penelitian dari berbagai sumber lain yang terpercaya.

adalah berita yang dikembangkan oleh interpretasi atau pendapat dan penelitian yang dilakukan pembuat berita atau penyampai berita tersebut. cendekiawan. Biasanya.Interpretative News. . atau pejabat berwenang. berita ini adalah opini dari para tokoh penting. Opinion News: adalah berita yang berisikan sebuah pendapat atau opini seseorang mengenai suatu peristiwa atau kejadian yang tengah terjadi. para pakar.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->