PANDUAN FESTIVAL DAN LOMBA SENI SISWA NASIONAL (FLS2N) LOMBA CIPTA SENI PELAJAR Dan APRESIASI SASTRA

SEKOLAH DASAR TINGKAT KOTA BANDUNG TAHUN 2013
KATA PENGANTAR
Dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan di kota Bandung, Dinas Pendidikan bermaksud menyelenggarakan kegiatan Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) dirangkaikan dengan Lomba Cipta Seni Pelajar yang rutin dilaksanakan setiap tahun, meliputi Lomba menyanyi tunggal, Lomba Pidato dalam Bahasa Indonesia, Lomba Cipta Cerita Bergambar, Lomba Seni Tari Daerah, Lomba Seni Kriya Anyam, Lomba Cipta Puisi, Lomba Lukis dan Lomba Design Motif Batik. Penyelenggaraan FLS2N, Lomba Cipta Seni Pelajar dan Apresiasi Sastra Sekolah Dasar tingkat Kota Bandung merupakan sarana peserta didik untuk menyalurkan bakat, kreativitas dan kemampuan yand dimiliki peserta didik di bidang seni, serta menjaring peserta didik yang berhasil meraih kejuaraan untuk diutus ke tingkat provinsi Jawa Barat. Panduan pelaksanaan ini disusun berdasarkan Panduan Lomba tahun 2012 sebagai acuan bagi Panitia penyelenggara dan peserta lomba, serta pihak terkait agar pelaksanaan lomba dapat berjalan sesuai dengan yang diharapkan.

Bandung, Februari 2013 Panitia Kegiatan

i

DAFTAR ISI
Kata Pengantar …………………………………………………………………………………… Daftar isi ……………………………………………………………………………………………… Bab I PENDAHULUAN ………………………………………………………………………… Latar Belakang ………………………………………………………………………… 1 Dasar Hukum ………………………………………………………………………… 1 Tujuan …………………………………………………………………………………… 2 Tema dan Sub tema ……………………………………………………………… 2 Peserta …………………………………………………………………………………… 2 Jenis Lomba ………………………………………………………………………… 3 Kepanitiaan ………………………………………………………………………… 3 i ii 1

A. B. C. D. E. F. G.

1. 5. LOMBA CIPTA SENI PELAJAR dan APRESIASI SASTRA 4 FLS2N 4 Lomba Menyanyi Tunggal …………………………………………………… 4 Lomba Pidato dalam Bahasa Indonesia ……………………………… 5 Lomba Cipta Cerita Bergambar……………………………………………… 6 Lomba Seni Tari Daerah………………………………………………………… 7 Lomba Seni Kriya Anyam …………………………………………………… 8 Lomba Pantomim ……………………………………………………………… 10 LOMBA CIPTA SENI 11 Lomba Lukis ………………………………………………………………………… 11 Lomba Cipta Puisi ……………………………………………………………… 11 Lomba Desain Motif Batik …………………………………………………… 12 APRESIASI SASTRA DAERAH SEKOLAH DASAR 13 Bab IIIPENUTUP …………………………………………………………………………………… 14 LAMPIRAN:  Susunan Panitia  Biodata Peserta  Jadual  Partitur Lagu Wajib  Partitur Lagu Pilihan BAB I PENDAHULUAN A . 2. Waktu dan Tempat ……………………………………………………………… J. kreatif. dan meniadi warga Negara yang demokratis serta bertanggung jawab.berilmu cakap. 3. dan berakhlak mulia serta menguasai ilmu p engetahuan.antara lain melalui peningkatan mutuataukualitas serta pembinaan. La t a r B el a ka n g Pembangunan nasional dalam bidang pendidikan adalah upaya mencerdaskan kehidupan bangsa dan menin gkat kan kua litas man usia In donesia yang beriman. Lomba Cipta Seni dan Apresiasi Sastra Pelajar Sekolah Dasar Karena hal inimerupakanwahana berkreasi.berakhlak mulia. Dalam hubungan itu. C.dalam bentuk Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional Sekolah Dasar (FLS2N).berprestasi. berinovasi.adil. Bab II KETENTUAN FLS2N. 3. dan beradab berdasarkan Pancasiladan Undang – UndangDasar Tahun 1945. Undang – Undang Nomor 20 tahun 2001 tentang Sistem pendidikan Nasional telah mengamanatkan bahwa pendidikan nasional berfungsi untuk mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsadan bertujuan un t uk men gemban gkan p ot ensi pese rt a di di k a ga r me nja di ma nusi a In done sia yan gberiman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. 2.teknologi. dan berkompetisi secara sportif. bertaqwa.khususnya bagi peserta didik sekolah dasar. B. Untuk mencapai tujan tersebut. 6. Pemerintah dalam hal ini p Kementrian endidikan dan Kebudayaan.mandiri.makmur. Pembiayaan ………………………………………………………………………… 3 3 3 A. 1.melaksanakan berbagai upaya. sekaligus mendorong kreativitas dan minat belajar peserta didik. .dan seni dalam mewujudkan masyarakat yang maju. 4.sehat.H. Dewan Juri/Tim Penilai ……………………………………………………………… I.

Lomba Seni Tarian Daerah 5. Peraturan Pemerintah Nomor 19 tahun 2005. Mengembangkan ekspresi seni sesuai dengan norma budi pekerti dan karakter peserta didik. pasal 3. Jenis Lomba Kegiatan FLS2N. Subtema “ Melalui FLS2N.tentang pembinaanKesiswaan.Lomba Cipta Pantun 12. Menanamkan dan membina apresiasi seni dan sastra. D. Membina.1. Lomba Cipta Seni dan Apresiasi Sastra Seni Pelajar Kita Tin gkat ka n Budi Pekerti. dan Apresiasi Seni Buda ya bagi Peserta Didik Sekolah Dasar “ E. Tema dan Subtema 1. Menumbuh kembangkan sikap sportivitas dan kompetitif peserta didik sejak dini. 2.pasal 3. 2.tentang Pemerintahan Daerah . Lomba Cipta Seni dan Apresiasi SastraSD adalah peserta didik sekolah dasar. Tema “ Raih Prestasi. Lomba Lukis 8. Lomba Cipta Puisi 9. meningkatkan kreativitas. 3. 4. Cinta Tana h Air. B. 5. Peserta PesertaFLS2N. Undang Undang Nomor 32 tahun 2004.sehingga dapat meningkatkan mutu pendidikan. Dasar Hukum Undang Undang Nomor 20 tahun 2003. Tujuan Memberikan wadah untuk berkreasi dengan menampilkan karya kreatif dan inovatifbagi peserta didik sekolah dasar dengan mengedepankan sikap sportivitasdalam pengembangan diri secara optimal. yaitu : 1.khususnya terhadap nilai – nilai tradisi yang berakar pada budaya bangsa. d a n k e m a m p u a n n y a . 2.Lomba Menulis Cerita Pendek 11. Lomba menyanyi tunggal. 3. dan memotivasipesertadidikuntuk mengekspresikan diri m e l a l u i k e g i a t a n y a n g s e s u a i d e n g a n m i n a t . tentang Standar Nasional. 4.baik negeri maupun swasta yangtahun pelajaran 2012 – 2013 masih duduk di Kelas 4 atau 5 sekolah dasar yang menjadi utusan dan Juara I (satu) dari kecamatannya masing-masing di kota Bandung.Lomba Cipta Syair 13. b a k a t . 1. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 39 tahun 2008. Lomba Pidato Bahasa Indonesia 3.Lomba Mendongeng . Lomba Cipta Cerita Bergambar 4.tentang Sistem p endidikan Nasional. yang me r up a ka n b a gi a n da ri p e n di di k a n ka ra kt e r. F. s e r t a me n i n g ka t ka n k e m a mp ua n bersosialisasi peserta didik. C. Junjung Tinggi Budi Pekerti" 2. Pantomim 7. Lomba Kriya Anyam 6. Lomba Desain Motif Batik 10. Lomba Cipta Seni dan Apresiasi Sastra SD di Kota Bandung Tahun 2013 terdiri dari delapan cabang lomba.

(Catatan : No. Dewan Juri Dewan Juri/ Tim Penilai di tingkat kota Bandung ditangani oleh paraPengawas TK/SD kotaBandung dan yang berkompeten dibidangnya. d.  Teknik.T. 30 peserta didik dari 30 kecamatan. Iringan Lagu Peserta menyanyikan lagu wajib lagu pilihan diiringi piano. H.T. J. Machmud 3) " Pergi Belajar " ciptaan ibu Sud -. Machmud. Lomba Menyanyi Tunggal a. Jalan Soekarno Hatta dan SD Blok i Pembiayaan Biaya penyelenggara FLS2N dan Lomba Cipta Seni Pelajar tingkat KotaBandung dibebankan pada dama APBD Kota Bandung tahun 2013. 2) " Gembira berkumpul " ciptaan A. . Kriteria Penilaian Kriteria Penilaian dilakukan berdasarkan aspek :  Materi vocal. Teknis Pelaksanaan Lomba menyanyi tunggal di tingkat kota Bandung dilaksanakan dalam satu babak.III. BAB II KETENTUAN FESTIVAL DAN LOMBA SENI SISWA NASIONAL LOMBA CIPTA SENI PELAJAR dan APRESIASI SASTRA SEKOLAH DASAR A. Juara I akan mewakili kota Bandung untuk mengikuti lomba di tingkat Provinsi. Waktu dan Tempat Kegiatan FLS2N tingkat Kota Bandung akan diselenggar akan pada hari Rabu dan Kamis Tanggal 13 dan 14 Maret 2013. FESTIVAL DAN LOMBA SENI SISWA NASIONAL (FLS2N) 1. Setiap peserta menyanyikan lagu Wajib dansatu lagu pilihan : Lagu Wajib : “ Bunda " ciptaan Melly Goeslow Lagu Pilihan : Pilih salahsatu dari enam lagu yang tertera di atas. G.Piano dan pengiring disiapkan oleh peserta. 1) " Tuhan " ciptaan lwanAbdulrahman . Judul Lagu Peserta diwajibkan menyanyikan lagu wajib dan lagu pilihan sebagai berikut  lagu Wajib : "BUNDA " ciptaan Melly Goeslow  Lagu Pilihan : Lagu pilihan adalah salah satu diantara enam pilihan di bawah ini . I. II.  Ekspresi/ penjiwaan.yang kemudian akan ditetapkan untuk Juara I. bertempat di Metro Indah Mall. 4) " Burung Kutilang " ciptaan ibu Sud 5) " Tanah Airku " ciptaan ibu Sud 6) " DiPantai " ciptaan A. c. 10 – 13 hanya mengirimkan hasil karya) Kepanitiaan Panitia penyelenggara tingkat kota Bandung ditangani oleh Kasi Tentis dan Stafnya yang dibantu oleh para Pengawas TK/SD Dinas Pendidikan Kota Bandung. b.

Kesesuaiantopik dan isi : bobot 10% I e.  Tanggung jawab sebagai perilaku terpuji . Penampilan 2. II . Ketentuan yang perlu diperhatikan dalam pelaksanaan lomba cipta cerita bergambar adalah :  Karya berupa cerita bergambar sesuai dengan topik yang dipilih oleh peserta .  Keterbukaan dan kejujuran. Lomba Cipta Cerita Bergambar a. II.ketepatan lafal. Topik Cerita Bergambar Topik kegiatan lomba cipta cerita bergambar dapat dipilih salah satu di antara pilihan di bawah ini . Keaslian atau originalitas : bobot 15 %. Teknis Pelaksanaan Kegiatan lomba cipta cerita bergambar ini dilaksanakan dalam satu babak .  Sampul diberi judul dan gambar sesuaidengan topik yang dipilih .intonasikalimat dan pilihan kata) :bobot 40 % . b. a.  Hasil karya berupa gambar dan bagian bawahnya diberi teks cerita dengan tullisan tangan yang menguraikan isi atau maksud gambar tersebut .yang kemudian akan ditetapkan untuk juara I. Juara I akanmewakili kota Bandung untuk mengikuti lomba di tingkat Provinsi. 2) Naskah pidato disampaikan kepada dewan juri/panitia sebelum pelaksanaan lomba.  Menggapai cita-cita.  Teks cerita ditulis dalam bahasa Indonesia yang baik dan komunikatif . 3) Pidato yang disampaikan bolehdengan membaca naskah .ekpresi gerak. b. Lomba Pidato dalam Bahasa Indonesia a. 4) Waktu yang disediakan dalam penyampaian pidato maksimal 10 (sepuluh) menit c. .keruntutan): bobot 10 % d. III. Penampilan (gaya.  Cerita bergambar tersebut sebanyak 6 (enam) halaman/lembar (tidak bolak balik). Penguasaan bahasa (Struktur kalimat.yang kemudian akan ditetapkan untuk juara I . Teknis Pelaksanaan Kegiatan lomba pidato dilaksanakan dalam satu babak.  Menghargai ciptaan Tuhan . tekanan kata. 30 peserta didik dari 30 kecamatan. b.  Tenggang rasa (empati) antar sesama. 30 peserta didik dari 30 kecamatan. Para peserta diharuskan mengikuti ketentuan sebagai berikut : 1) Memilih salah satu topik dari lima topikIomba pidato yang tersedia.  Menghormati dan menghargai antar sesama . III.  Cinta Keluarga . Sistematika(penalaran. Kriteria Penilaian Kriteria penilaian dilakukan berdasarkan aspek . dan mimic): bobot 25 % c.  Semangat Persatuan dan Kesatuan . 3.  Nomor urut undian dituliskan di halaman belakang kertas gambar. Juara I akanmewakili kota Bandung untuk mengikuti lomba di tingkat Provinsi. Topik Lomba Pidato Topik kegiatan lomba pidato dapat dipilih salah satu di antara lima pilihan di bawah ini :  Keimanan dan Ketagwaan kepala Tuhan Yang Maha Esa .

sedangkan panitia hanya menyediakan bahan kertas gambar ukuran A3. CD atau iringan musik langsung dan dsiapkan oleh masing-masing peserta.  Kesesuaian topik dengan isi cerita.yang kemudian akan ditetapkan . c. Kriteria Penilaian Kriteria penilaian dilakukan berdasarkan aspek :  Wiraga (kemampuan gerak) .  Jumlah peserta tiap kelompok 3 orang. menyajikan atau membawakan kekhasan atau keunikan daerah setempat.  Wirama (kemampuan mengikuti irama). ras. 4.  Musik iringan menggunakan kaset. 3) Segi Gambar. mencakup:  Kreativitas (bentuk dan komposisi warna).tata kostum dan tata rias). 30 kelompok peserta didik dari 30 kecamatan dan tiap kelompok terdiri dari 3 orang .  Setiap kelompok boleh terdiri atas laki-laki atau perempuan atau campuran (laki – laki dan perempuan).  Keaslian atau originalitas (belum pernah dipublikasikan dan/atau diikut sertakan dalam lomba sejenis ).  Sederhana dan komunikatif . d.c. Bahan dan Alat Peserta bebas menggunakan bahan dan alat gambar milik sendiri.  Keterampilan (ketepatan teknik menggambar).  Menyerahkan synopsis tarian yang akan ditampilkan sebanyak 4 rangkap  Durasi penampilkan 4 – 7 menit.  Penampilan (kekompakan.keserasian.  Tidak diperkenankan menggunakan property benda tajam. d.  Gambar sesuai dengan topik . b. Lomba Seni Tarian Daerah a. dan antar golongan) 2) Segi Cerita :  Sesuai dengan kehidupan atau dunia anak-anak (siswa sekolah dasar).  Wirasa (ekspisi) . Ketentuan  Materi yang ditampilkan adalah Seni Tari Daerah yang berakar pada budaya Indonesia.  Kostum taridisiapkan oleh peserta. Tema Tema bebas.  Kesesuaian cerita dengan gambar.. agama.tetapi harus. Teknik Pelaksanaan Kegiatan lomba seni tari daerah ini dilaksanakan dalam satu babak. Kriteria Penilaian Kriteria penilaian dilakukan berdasarkan aspek sebagai berikut : 1) Segi Edukasi Gambar dan isicerita sesuai dengan norma kesusilaan dan tidak melanggar SARA (suku.

I . b. kayu. d. Ketentuan Kegiatan lomba Seni Kriya Anyam dilaksanakan dalam 1 (satu)hari selama maksimal 7 (tujuh) jam. Bahan dan Perlengkapan  Bahan dasar yang dipergunakan adalah bahan alam yang mudah diperoleh di lingkungan sekitar.  Peserta menempati tempat yang telah ditentukan untuk mendemonstrasikan hasil karyanya. I . Bahan yang digunakan masih dalam bentuk bahan dasar. kulit. c. yang diikuti oleh.  Keindahan.JuaraI akan mewakilikota Bandung untuk mengikuti lomba di tingkat Provinsi. akan-akaran.  Peserta harus. keselamatan. eceng gondok dan lainlain. JuaraI akan mewakilikota Bandung untuk mengikuti lomba di tingkat Provinsi.  Kreativitas. (sebagai juara I di tingkat kecamatan). Lomba Pantomim . III. serta caramembuat/proses kerja).desain dan peralatan. Tata tertib Peserta :  Seluruh peserta sudah siap di ruang tunggu (siap pentas) 30 menit sebelumacaradimulai dan melapor kesiapan kepada dewan juri atau panitia.  Peserta menjelaskan dan memperagakan cara pembuatan dengan membawa Karya dari masing-masing daerah/kecamatan.  P e s e r t a m e m b u a t k a r y a n y a d i t e m p a t d a n w a k t u s e s u a i l a d w a l y a n g t e l a h ditentukan ( maksimal 7 jam ). II . tidak bolehbarang jadi/rakitan/tinggal pasang. Teknis Pelaksanaan  Peserta membawa hasil karya yang sudah dilombakan di masing-masing kecamatannya.  Konsep (terdiri atas gambar.kesehatan.  Tingkat kesulitan dan kerumitan.  Keterampilan penggunaan alat dan bahan. 30 peserta didik dari 30 kecamatan. II. Kriteria Penilaian Kriteria penilaian dilakukan berdasarkan aspek :  Fungsional (kegunaan). memperhatikan faktor keamanan.  Perlengkapan/peralatan dan bahan dibawa sendiri oleh masing-masing peserta sesuai dengan kebutuhannya. rotan. Lomba Seni Kriya Anyam a. seperti bambu. Bentuk Karya Bentuk karya kriya anyam memiliki nilai fungsi (dapat digunakan sesuai dengan dengan ukuran maksimum40 cm panjang x 30 cm lebar x 60 cm tinggi. III.untuk juara. 6.kebersihan. Tema Tema lomba karya kriya anyam adalah “ Mencintai Budaya Nusantara Melalui KriyaAnyam" e. pelepah pisah.  Seluruh peserta diharapkan menonton penampilan dari peserta daerah/kecamatan lain 5.  Alat ya n g di gunaka n da la m pe mb ua ta n boleh a la t man ua l a ta u Se mi man ual (e le kt ri k)  Karya dapat diwarnai dengan bahan sintetis atau campuran. tali injuk.  Setiap kontingen wajib menugasi seorang petugas untuk mendampingi petugas tata suara.yang kemudian akan ditetapkan untuk juara. kerja serta keindahan f.

I . Bahan dan Perlengkapan  Tema Lukisan : Budaya Negeriku  Lukisan dibuat diatas kertas ukuran 40x60 cm Perlengkapandan alat melukis dibawa sendiri oleh masing-masing peserta terdiri dari .yang kemudian akan ditetapkan untuk juara. dilaksanakan 1 (satu) hari dengan durasi maksimal 7 menit setiap peserta. JuaraI akan mewakilikota Bandung untuk mengikuti lomba di tingkat Provinsi. d. Ketentuan Kegiatan lomba Cipta Puisidilaksanakan dalam 1 hari (maksimal 2 jam). I . Lomba LUKIS a. yang diikuti oleh30 peserta didik dari 30 kecamatan. JuaraI akan mewakilikota Bandung untuk mengikuti lomba di tingkat Provinsi. b.yang kemudian akan ditetapkan untuk juara.    Aspek yang dinilai Relevansi Tema Kreativitas/ Inovatif Orisinalitas 2. Topik Topik lomba pantomime dapat dipilih salah satu diantara pilihan di bawah ini :  Menghargai ciptaan Tuhan  Cinta keluarga  Menghormati dan menghargai antar sesama  Kejujuran  Cita – cita c. III. Teknis Pelaksanaan  Durasi penampilan maskimal 7 menit  Musik iringan menggunakan kaset/CD atau iringan musik langsung  Kostum dan property disesuaikan dengan topic. Ketentuan Kegiatan lomba Lukisdilaksanakan dalam 1 (satu)hari maksimal 3 jam.a. crayon atau cat air (pilih salah satu atau campuran dari semua alat tersebut) c. yang diikuti oleh30 peserta didik dari 30 kecamatan. disiapkan oleh peserta  Menyerahkan Sinopsis Topik Pantomim yang ditampilkan sebanyak 4 rangkap. Kriteria Penilaian  Gerak pantomim  Ekspresi  Kesesuaian gerak dengan topik yang dipilih  Kostum/tata rias dan properti B. pensil warna. II. yang kemudian akan ditetapkan Juara I. Lomba CIPTA PUISI a. b. b. III. Tema . III. II. II. LOMBA CIPTA SENI 1. pensil. Ketentuan Kegiatan Lomba Pantomim diikuti oleh 30 peserta didik dari 30 kecamatan. Juara I akan mewakili Kota Bandung untuk mengikuti lomba di tingkat Provinsi.

APRESIASI SASTRA SEKOLAH DASAR Jenis Lomba : Menulis Cerita Pendek Cipta Pantun Cipta Syair Mendongeng 2. kalimat)  Isi (gagasan. I . III. Seleksi Peserta : . Persyaratan Peserta : a. Ketentuan Kegiatan lomba Desain Motif Batikdilaksanakan secara langsung 1 hari. b. Dapat diaplikasikan menjadi Batik C. b. Komposisi warna d. kelas 4 atau 5. Kerapian e. JuaraI akan mewakilikota Bandung untuk mengikuti lomba di tingkat Provinsi. c. d. Kriteria Penilaian Kriteria penilaian dilakukan berdasarkan aspek : a. II. Kemampuan teknis (memahami proses membatik) c. 3. d.dalam waktu maksimal 3 jam. Peserta didik SD/MI yang pada tahun pelajaran 2013/2014 masih duduk di SD/MI. ungkapan. Kriteria Penilaian  Kesesuaian dengan tema atau isi  Daya pikat Judul Puisi  Pemakaian bahasa (diksi. Kreativitas b. a. nilai yang terkandung dan nilai kehidupan/budaya)  Penyajian dan kreativitas. Persyaratan Tulisan  Ditulis dalam bahasa Indonesia yang baik dan benar  Asli. c.yang kemudian akan ditetapkan untuk juara. Belum pernah menjadi juara I Apresiasi Sastra Sekolah Dasar pada jenis lomba yang sama. Teknis Pelaksanaan  Desain Motif Batik dibuat diatas kertas gambar ukuran 30x40 cm (disediakan panitia). 3.Tema puisi berkisar pada upaya pembentukan dan penguatan karakter anak bangsa melalui penghayatan nilai-nilai budaya yang hidup di tengah-tengah masyarakat c. b. 1. yang diikuti oleh 30peserta didik dari 30 kecamatan. makna dan pesan. Lomba DESAIN MOTIF BATIK a. bukan terjemahan/saduran  Sesuai dengan tata cara nilai dan norma kehidupan dalam masyarakat  Ditulis dengan rapi dengan tangan pada kertas bergaris atau kertas HVS ukuran kuarto (A4) sebanyak 1 -2 halaman (disediakan panitia).  Perlengkapan dan alat melukis bebas disiapkan oleh masing -masing peserta.

Karya yang masuk final sebanyak 6 orang dari masing-masing jenis lomba akan dipanggil untuk mempresentasikan karya tulisnya. Peserta mengirimkan karya langsung kepada Panitia Lomba diketahui oleh Kepala Sekolah yang bersangkutan b. . Setiap peserta hanya diperbolehkan mengikuti satu jenis lomba. Peserta mewakili Gugus Sekolah masing-masing. k e c a m a t a n maupun tingkat k o t a . Lomba Cipta Seni Pelajar dan Apresiasi Seni Sekolah Dasartahun 2013ini. baik di tingkat sekolah. c. dan ke mampuan ya n g me re ka miliki. BAB III PENUTUP Panduan Pelaksanaan Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N).ba kat. 4. se sua i mi na t. dimaksudkan sebagai acuan bagi Panitia/DewanJuri/Pelatih/ Pembimbingyang terkait dalam penyelenggaraan lomba ini.a. g u g u s . K e b e r h a s i l a n p e l a k s a n a a n l o m b a i n i t e n t u t i da k t e rle p a s da ri p e ra n se rt a se mua p i ha k de n ga n ha ra p a n da p a t me n i n gka t ka n m o t i v a s i d a n k r e a t i f i t a s p e s e r t a didik sekolah dasar melalui kegiatanFestival d a n Lomba Sen i S iswa Na si on al.

yang meliputi pengalaman pengindraan. dan menghayati karya sastra daerah. dan sarana kebudayaan sebagai sarana komunikasi masa lalu. LANDASAN HUKUM Undang-Undang RI No. perasaan hati.PEDOMAN PELAKSANAAN PASANGGIRI DAN APRESIASI BAHASA. dan Aksara Daerah. Belajar sastra dan kesenian daerah di samping untui meningkatkan kemampuan murid mengapresiasi sastra dan kesenian daerah. Di samping memberikan khasanah sejarah ilmu pengetahuan beraneka macam ragamnya. 10. Penghayatan hasil karya sastra dan kesenian daerah akan memberi keseimbangan antara kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi modern di satu pihak. kemampuan sastra dan kesenian daerah ini belum sepenuhnya disadari masyarakat. yaitu sebagai penghalus budi pekerti. sastra dan kesenian daerah adalah merupakan manifestasi kehidupan jiwa bangsa yang berbudaya. Hanya saja. serta penyaluran gagasan dan imajinasi secara kreatif dapat tercapai dan tersalurkan. sastra dan kesenian daerah dalam dunia pendidikan sebenarnya memiliki kemampuan luar biasa untuk mengasah logika dan retorika berpikir. Sastra dan kesenian daerah memiliki peranan penting dalam pendidikan. Karena itu karya sastra dan kesenian daerah perlu digali dan digarap untuk diresapi dan dinikmati isinya. . yang selanjutnya akan merupakan alat yang ampuh untuk membendung arus masuknya pengaruh kebudayaan asing yang tidak sesuai dengan kepribadian dan kepentingan pembangunan bangsa Indonesia. maka Dinas Pendidikan Kota Bandung menganggap perlu untuk mengadakan suatu pertunjukkan dalam bentuk perlombaan (pasanggiri) hasil pembelajaran bahasa. B. menikmati. Silih Asih. 2. dalam kebanyakan kasus. Sebagai wujud aplikasi dari hasil pembelajaran di sekolah. Peraturan Gubernur Jawa Barat Nomor 31 Tahun 2009 tentang Tugas Pokok. Undang-Undag RI No. khayal. Pada hakekatnya bahasa. tur Singer) dan berwawasan kebangsaan. Peraturan Daerah (PERDA) Provinsi Jawa barat No. 3. mandiri dan bermartabat serta menjunjung nilai-nilai luhur budaya masyarakat Jawa Barat ( Silih Asah. karya sastra dan kesenian daerah juga memberikan rasa kepuasan rohani dan kecintaan kepada kebudayaan sendiri. Peraturan Daerah (PERDA) Provinsi Jawa barat No. Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) – Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Tahun Anggaran 2013. SASTRA. Peraturan Gubernur Jawa Barat Nomor 113 tahun 2009 tentang Organisasi dan Unit Pelaksana Teknis Dinas dan Badan di Lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Berita Daerah Tahun 2009 Nomor 186 Seri D). Rincian Tugas dan Tata Kerja Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat (Berita Daerah Tahun 2009 Nomor 104 Seri D). dan sangat tinggi nilainya. Kedua hal tersebut sampai sekarang masih dirasakan belum dapat saling mengisi. dan masa depan.20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. padahal keseimbangan atau keselarasan antara kedua masalah tersebut besar sekali peranannya bagi pembangunan sumber daya manusia. Cageur. sastra. Melalui sastra dan kesenian daerah murid diajak untuk memahami. Di dalam sastra dan kesenian daerah terkandung pengalaman manusia. 5. sastra dan kesenian daerah diharapkan mampu menciptakan sumber daya manusia yang mempunyai kecakapan menyikapi perubahan masa kini dan masa yang akan datang. Misi Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat tentang Pengembangan Manusia yang Beriman dan bertaqwa. Peraturan Gubernur Jawa Barat Nomor 75 Tahun 2009 tentang Pedoman Pembentukan Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) dan Unit Pelaksana Teknis Badan (UPTB) (Berita Daerah Tahun 2009 Nomor 148 Seri E). yang secara terpadu diwujudkan dalam penggunaan bahasa. masa kini. dan perenungan. 5 tahun 2003 tentang Pemeliharaan Bahasa. 6. peningkatan kepekaan. baik secara lisan maupun tulis. DAN SENI TINGKAT SEKOLAH DASAR KOTA BANDUNG TAHUN 2013 A. Bahasa. tata hidup. 6 tahun 2003 tentang Pemeliharaan Kesenian Daerah. Pinter. sastra dan kesenian daerah untuk tingkat Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah. 9. Melalui pembelajaran bahasa. 1. 8. juga belajar menghargai nilai-nilai kemanusiaan serta nilai-nilai kehidupan. Fungsi. Peraturan Daerah Nomor 6 Tahun 2003 tentang Pemeliharaan Kesenian Daerah. 7. dan kepedulian sosial. Silih Asuh.rasa kemanusiaan. 32 Tahun 2004 tentag pemerintahan Daerah. Melalui sastra dan kesenian daerah juga diperoleh nilai-nilai. 4. Bener. Program Balai Pengembangan Bahasa Daerah dan Kesenian Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat Tahun 2013. 11. Bageur. LATAR BELAKANG Pembelajaran bahasa sastra dan kesenian daerah diharapkan agar siswa memperoleh pengalaman berapresiasi.

SASTRA. Kepala Sekolah. Tujuan 1. Mengembangkan dan memasyarakatkan model pembelajaran seniu daerah sebagai upaya memotivasi belajar siswa dalam pembinaan mental dan spiritual dan pembinaan karakter.Pd Seksi TENTIS Dinas Pendidikan Kota Bandung Jalan. 4.12. A. dikirim ke Bu Kuting. Penilik dan Pengawas TK/SD) TEKNIKAL MEETING . Rapat Koordinasi Dinas Pendidikan Kota Bandung pada tanggal 6 Februari 2013. SASARAN KEGIATAN Sasaran kegiatan lomba adalah hasil kejuaraan yang dilaksanakan di tingkat kecamatan masing-masing dengan kategori peserta sebagai berikut: E. SASTRA. d. Peserta adalah siswa SD Kota Bandung yang masih duduk di kelas 4 atau kelas 5 (Tahun Ajaran 2012/2013) b. PANITIA DAN JURI LOMBA Panitia pelaksanaan Lomba PASANGGIRI DAN APRESIASI BAHASA. C. PESERTA 1. Meningkatkan upaya pemeliharaan kesenian daerah yang menjadi modal pembinaan sikap generasi muda di persekolahan dan sebagai kebanggaan masyarakat kota Bandung D. MAKSUD DAN TUJUAN Maksud Meningkatkan mutu pembelajaran bahasa dan sastra maupun kegiatan pembinaan kesenian daerah sebagai salah satu penunjang pelestraian nilai-nilai luhur budaya di lingkungan pendidikan formal (persekolahan). dan Seni Daerah Siswa SD akan dilaksanakan pada tanggal 27 – 28 Maret 2013 bertempat di Metro Indah Mall ( MIM ). Belum pernah menjadi juara 1 Pasanggiri dan Apresiasi Bahasa. Surat Dinas Pendidikan Kota Bandung Nomor 93/II/Pendas/2013 perihal Penyelenggaraan Festival/ Lomba. 1) I.00 sampai pukul 14. SASTRA. 2. dan Seni Daerah pada jenis lomba yang sama. Melaksanakan Kurikulum Bahasa Daerah yang berkaitan dengan seni sastra yang tumbuh berkembang di Jawa Barat. Sastra. DAN SENI DAERAH Tingkat Kota Bandung tahun 2013 terdiri dari unsur Dinas Pendidikan. 5. dan Olimpiade Sekolah Dasar. Persyaratan Peserta a. Yani 239 pukul 08. Pendaftaran peserta selambat-lambatnya 3 hari sebelum pelaksanaan perlombaan (pasanggiri) dilaksanakan. Sastra. Jalan Sukarno Hatta dan SDN Blok I Kota Bandung. 3.00. H. Sastra dan Seni Daerah. DAN SENI DAERAH” F. e. 2. DAN SENI DAERAH terdiri dari tenaga profesional / ahli serta praktisi pendidikan di Sekolah Dasar (Guru. Membina sikap para siswa dan warga belajar dalam kecintaan terhadap seni daerah yang mengandung nilai-nilai luhur (kepribadian). S. Peserta adalah juara I pada lomba tingkat Kecamatan c. Dewan Juri (Girang Pangajen) Lomba PASANGGIRI DAN APRESIASI BAHASA. Pupuh 1 1 2 Puisi 1 1 2 Ngadongeng 1 1 2 Pidato/Biantara 1 1 2 Maca Nulis Aksara Sunda 1 1 2 J u m l a h 10 WAKTU DAN TEMPAT PELAKSANAAN Pasanggiri dan Apresiasi Bahasa. Meningkatakan pengetahuan dan keterampilan siswa di Sekolah Dasar. JUDUL “PASANGGIRI DAN APRESIASI BAHASA. melalui kegiatan pasanggiri dan Apresiasi Bahasa. Mengisi formulir identitas sesuai dengan mata lomba yang akan diikuti dengan melampirkan : Photo ukuran 3 x 4 sebanyak 1 (satu) lembar Semua persyaratan administrasi peserta dari Kecamatan untuk masing-masing lomba dimasukkan dalam map berwarna merah. Staf Dinas Pendidikan. JENIS LOMBA DAN JUMLAH PESERTA No 1 2 3 4 5 Jenis Lomba Putra Jumlah Peserta Putri Jumlah G. 13.

ekspresi dan kreasi. Setiap peserta menampilkan dongeng dalam durasi waktu 7 (tujuh) menit. 2) Peserta diwajibkan membawakan salah satu lagu pilihan. Setiap peserta membawakan salahsatu puisi yang telah disediakan panitia (terlampir) 3. Pucung (Pilihan)  Teknis Penyajian Setiap peserta diwajibkan membawakan satu lagu wajib dan satu lagu pilihan dari materi pupuh yang telah ditentukan untuk masing-masing kategori / tingkatan yang telah ditentukan oleh panitia. 2. Wirangrong (Pilihan) Materi Lagu Pupuh Putra 1. Sumber materi lagu-lagu yang dilombakan baik lagu wajib maupun lagu pilihan adalah Pupuh dari penyanyi Ibu Hj. Setiap peserta. 4. Setiap peserta diwajibkan membawakan dongeng yang berisikan tentang Legenda atau Cerita Rakyat di daerah masingmasing (Jawa Barat) yang naskahnya sudah diserahkan kepada panitia pada saat pendaftaran. Maskumambang + Sekartandak (Wajib) 2. Setiap nomor undian berlaku bagi semua jenis mata lomba. TEKNIK PELAKSANAAN LOMBA 1) Pelaksanaan lomba tingkat Kota Bandung tidak melalui babak penyisihan tetapi langsung babak final. Ngadongeng Sistem penilaian merujuk pada beberapa aspek antara lain: 1). tinggi rendahnya suara 2).Teknikal Meeting dilaksanakan pada hari: Senin tanggal 25 Maret 2013 pukul 10. tinggi rendahnya suara 2) Penguasaan penampilan meliputi: penjiwaan isi . Materi Lagu Pupuh Putri 1. c). Mijil + Sekartandak (Wajib) 2. III. III pada tiap-tiap jenis/ mata lomba. Ida Rosidah /Mang Koko. Maskumambang (Pilihan) 3. 2) Dewan Juri hanya memilih Pemenang I. Peserta diwajibkan menyalin dari Aksara Latin ke Aksara Sunda dan membaca materi bacaan pada saat lomba berlangsung. Pasanggiri Puisi Bahasa Sunda. MATERI LOMBA 1. Penguasaan penampilan meliputi: penjiwaan isi . Pasanggiri Ngadongeng. Pasanggiri Pupuh Pada dasarnya setiap peserta harus menguasai materi pupuh wajib dan pupuh pilihan. Penguasaan materi ngadongeng meliputi: lentong. Aspek kemampuan dasar peserta: yang dinilai pada saat lomba adalah sebagai berikut: a. II. Pasanggiri Pidato (Biantara) Peserta diwajibkan berpidato berisikan tentang perkembangan kebudayaan daerah sunda (Kota Bandung) yang naskahnya sudah diserahkan kepada panitia pada saat pendaftaran. L. dan Harapan I. diwakili oleh satu orang pendamping tiap kecamatan sekaligus mengambil nomor undian. diwajibkan membawakan satu lagu wajib dan satu lagu pilihan. Sinom (Pilihan) 3. d). ekspresi dan kreasi. Pidato ( Biantara) Sistem penilaian merujuk pada beberapa aspek antara lain: . Adapun penyajiannya adalah sebagai berikut: 1) Peserta diwajibkan membawakan lagu wajib sesuai dengan komposisi lagu secara utuh. II. Sukarno Hatta Bandung. baik untuk membawakan lagu wajib ataupun lagu pilihan. 3) Panitia tidak menyediakan pengiring/pamirig lagu. Pupuh Sistem penilaian merujuk pada beberapa aspek antara lain: 1) Suara 2) Teknik 3) Penampilan b. Puisi Sistem penilaian merujuk pada beberapa aspek antara lain: 1) Penguasaan materi puisi meliputi: lentong.00 bertempat di Metro Indah Mall (MIM) Jl. J. K. Setiap peserta menampilkan dalam durasi 7 (tujuh) menit. 5. Pasanggiri Maca Jeung Nulis Aksara Sunda.

Penguasaan materi puisi meliputi: lentong. M. Kecamatan. e). Sastra.masing lomba terlampir. ekspresi dan kreasi. dan tanda baca. Kostum Pada dasarnya kostum yang dikenakan bebas.1). dan rapih artinya setiap peserta diberi kebebasan dalam mengenakan kostum baik yang tradisional maupun modern. struktur kata dalam kalimat. maupun tingkat Kota. dan Seni Daerah Sekolah Dasar tahun 2013. Keberhasilan pelaksanaan lomba ini tentu tidak terlepas dari peran serta semua pihak dengan harapan dapat meningkatkan motivasi dan kreatifitas peserta didik Sekolah Dasar melalui kegiatan pelaksanaan Pasanggiri dan Apresiasi Bahasa. sesuai minat dan bakat serta kemampuan yang mereka miliki. sopan. PENUTUP Panduan Petunjuk Teknis Pelaksanaan Pasanggiri dan Apresiasi Bahasa. . Format penilaian (kriteria dan bobot penilaian) masing. kesesuaian isi dengan latar belakang jenjang pendidikan siswa. ejaan. Apabila ada perubahan teknis akan disampaikan pada saat pertemuan teknis. Sastra. pilihan kecap. baik di tingkat Sekolah. 2) Aspek materi meliputi: keterkaitan isi dengan tema topik. tinggi rendahnya suara 2). Gugus. dan Seni Daerah Sekolah Dasar tahun 2013. Maca Jeung Nulis Aksara Sunda Sistem penilaian merujuk pada beberapa aspek antara lain: 1) Aspek bahasa meliputi: diksi. Penguasaan penampilan meliputi: penjiwaan isi . dimaksudkan sebagai bahan /pedoman bagi Panitia/Dewan Juri/Pelatih/Pembimbing yang terkait dalam penyelanggaraan lomba/pasanggiri ini.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful