Gopher adalah, Program berbasis teks yang digunakan untuk mem-browser daftar menu Internet pada berbagai

server gopher. Pengertian Gopher dari sumber lain adalah suatu aplikasi perangkat lunak yang tesusun atas beberapa menu sistem pencarian dan penemuan kembali. Situs Gopher adalah komputer yang menampilkan menu-menu yang mewakili data dan informasi yang tersedia. Secara mendasar, menu-menu ini merupakan daftar isi untuk mengolah dan menunjuk ke sebuah informasi tertentu. Layanan ini menggunakan FTP untuk pertukaran file dan Telnet untuk koneksi dengan server tertentu. Gopher yang memiliki sistem berbasis menu paling dasar ini menyediakan konektifitas yang saling berhubungan antara file-file pada komputer-komputer Internet. File-file ini nampak seperti direktori berseri di seputar menu Gopher yang sebenarnya file-file tersebut berlokasi di komputer lain. Diwarta - Lintas post Gopher menyediakan akses ke dokumen teks, Grafik dan suara digital hanya dapat dimasukkan dalam kumpulan sebuah dokumen, yang harus didownload ke komputer lokal, dan baru kemudian dapat dilihat dengan program lain. Gopherjuga memungkinkan akses ke beberapa fasilitas lain yang ada diinternet seperti Telnet untuk melakukan hubungan komunikasi jarak jauh. Manfaat Aplikasi Gopher ini adalah user tidak perlu mengetahui alamat yang khusus pada komputer yang akan di akses. Gopher sendiri merupakan sistem yang memungkinkan para pengguna internet dapat mengakses berbagai situs. Selain itu Gopher yang merupakan sistem dengan otomatisasi dimana pemakai dapat mengakses informasi dengan menggunakan hirarki.

http://www.g-excess.com/297/gopher-adalah-program-berbasis-teks-yang-digunakan-untuk-membrowser/

port TCP nomor 21 di sisi server akan "mendengarkan" percobaan koneksi dari sebuah klien FTP dan kemudian akan digunakan sebagai port pengatur (control port) untuk (1) membuat sebuah koneksi antara klien dan server. sementara server FTP adalah sebuah Windows Service atau daemon yang berjalan di atas sebuah komputer yang merespons perintah-perintah dari sebuah klien FTP. Sebuah server FTP diakses dengan menggunakan Universal Resource Identifier (URI) dengan menggunakan format ftp://namaserver. Perintah-perintah FTP dapat digunakan untuk mengubah direktori. sehingga di antara kedua komponen tersebut akan dibuatlah sebuah sesi komunikasi sebelum transfer data dimulai. menggugah berkas komputer ke server FTP. internet Protokol transfer berkas (Bahasa inggris: File Transfer Protocol) adalah sebuah protokol Internet yang berjalan di dalam lapisan aplikasi yang merupakan standar untuk pentransferan berkas (file) komputer antar mesin-mesin dalam sebuah Antarjaringan. serta mengunduh berkas dari server FTP. CARA KERJA FTP FTP menggunakan protokol Transmission Control Protocol (TCP) untuk komunikasi data antara klien dan server. Sebelum membuat koneksi.Tentang FTP (File Transfer Protocol) Posted by Harly Umboh on 9/16/2011 06:14:00 AM in belajar. dan masih digunakan hingga saat ini untuk melakukan pengunduhan (download) dan penggugahan (upload) berkas-berkas komputer antara klien FTP dan server FTP. FTP merupakan salah satu protokol Internet yang paling awal dikembangkan. Sebuah Klien FTP merupakan aplikasi yang dapat mengeluarkan perintah-perintah FTP ke sebuah server FTP. Klien FTP dapat menghubungi server FTP dengan membuka URI tersebut. (2) untuk mengizinkan klien untuk mengirimkan sebuah perintah FTP kepada server dan juga . mengubah modus transfer antara biner dan ASCII.

men-download. Umumnya. Pengguna terdaftar dapat menggunakan username dan password-nya untuk mengakses. sehingga mereka dapat membuat berkas. yakni dengan menggunakan nama pengguna anonymous dan password yang diisi dengan menggunakan alamat email. yakni menggunakan username dan password yang dikirim dalam bentuk tidak terenkripsi.net/2011/09/tentang-ftp-file-transfer-protocol. para pengguna terdaftar memiliki akses penuh terhadap beberapa direktori.html#ixzz1qZrzhIL7 Terima kasih. dan bahkan menghapus berkas. Sekali koneksi kontrol telah dibuat. untuk tidak menghapus link sumber kami! . Pengguna yang belum terdaftar dapat juga menggunakan metode anonymous login. FTP hanya menggunakan metode autentikasi standar. dan meng-upload berkas-berkas yang ia kehendaki.umboh.(3) mengembalikan respons server ke perintah tersebut. Selengkapnya di : http://blog. membuat direktori. maka server akan mulai membuka port TCP nomor 20 untuk membentuk sebuah koneksi baru dengan klien untuk mentransfer data aktual yang sedang dipertukarkan saat melakukan pengunduhan dan penggugahan.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful