MAKALAH FONOLOGI

S1 KEWENANGAN TAMBAHAN (S1 KKT) PRODI. PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA UNIVERSITAS NEGERI GORONTALO 2012

KELOMPOK 1 TRANSKRIPSI FONETIK

transkripsi berurutan. Pengertian Trasnskripsi • Transkripsi adalah penulisan tuturan atau pengubahan teks dengan tujuan untuk menyarankan lafal bunyi.1. • Secara sederhana bisa dikatakan bahwa transkripsi adalah penyalinan bentuk kata melalui wicara kedalam bentuk tulisan. • Menurut Depdikbud (dalam Pateda. 2003:89). atau tulisan sesuai dengaan ejaan yang berlaku dalam suatu bahasa yang menjadi sasarannya. Transkripsi biasanya digambarkan dengan lambang-lambang tertentu. morfem. transkripsi di bedakan menjadi empat jenis yaitu. transkripsi fonemis dan transkripsi fonetis dan transkripsi kasar . fonem.

Dengan demikian kajian ini merupakan cabang dari kajian linguistik seperti halnya morfologi.2. Dengan kata lain.Secara khusus fonetik mengkaji komponen-komonen bunyi suatu bahasa lebih khusus lagi kajian dari aspek fisik dan fungsional. dan semantik. . Simbol fonetiknya dituliskan diantara dua kurung siku tegak […]. . penyampaian dan penerimaan bunyi bahasa. .Transkripsi fonetik merupakan aktivitas mentranskripsikan semua bunyi baik yang membedakan arti maupun tidak. Transkripsi Fonetik -Istilah fonetik secara umum didefinisikan sebagai suatu kajian ilmiah tentang bunyi-bunyi suatu bahasa. fonetik merupakan suatu keilmuan yang mempelajari penghasilan. sintaksis.

Pada bulan Mei tahun 1886.The International Phonetic Association’ didirikan pertama kali pada tahun 1886. Otto Jesperson . Sejarah Singkat Transkripsi Fonetik .para pakar linguistic yang bergerak dibidang fonologi membentuk badan dunia yang bergerak dalam bidang bunyi bahasa yang dikenal dengan International Phonetic Association (IPA). .3. . . mereka pertama kali menerbitan majalah tentang transkripsi fonetik yang diberi nama Dhi Phonetic Titcher.Ide untuk menentukan alphabet fonetik yang dapat diterapkan dalam berbagai bahasa dikemukakan oleh Otto Jesperson.

[e] misalnya bahasa Jerman Mehr yang artinya lebih. Lambang vokal [I] misalnya bahasa Jerman Wie yang artinya bagaimana. baik [Ʌ] misalnya bahasa Inggris cup yang artinya cangkir b.4. Pelambangan Fonetik Menurut IPA a. [Ɛ] misalnya bahasa Inggris Pen yang artinya pena [ú] misalnya bahasa Jerman Gut yang artinya senang. Lambang konsonan [g] misalnya bahasa Inggris get yang artinya menerima [ s] misalnya bahasa Inggris see yang artinya melihat [r] misalnya bahasa Inggris rap yang artinya ketokan [λ] misalnya bahasa Cekoslowakia ‘r’ [θ] misalnya bahasa Inggris thing yang artinya benda .

SEKIAN & TERIMA KASIH .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful