P. 1
SEJARAH PERADABAN ISLAM PADA MASA NABI MUHAMMAD SAW

SEJARAH PERADABAN ISLAM PADA MASA NABI MUHAMMAD SAW

5.0

|Views: 1,745|Likes:
Published by nhovha seftiana
IAIN BENGKULU
IAIN BENGKULU

More info:

Categories:Topics, Art & Design
Published by: nhovha seftiana on Mar 28, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial
List Price: $0.99 Buy Now

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
See more
See less

05/06/2015

$0.99

USD

pdf

text

original

NABI MUHAMMAD SAW MAKALAH

Disusun Sebagai Tugas Terstruktur Pada Mata Kuliah Sejarah Peradapan Islam Program Studi Perbankan Syariah Oleh: Nama : Nova Septiana NIM : 2113137314

FAKULTAS SYARI’AH INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) BENGKULU 1433 H/2012 M
1

BAB I PENDAHULUAN

1.1 latar belakang

Peradaban Islam adalah terjemahan dari kata Arab al-Hadharah al-Islamiyyah. Kata Arab ini sering juga diterjemahkan dengan Kebudayaan Islam.

“kebudauyaan“ dalam bahasa Arab adalah al-tsaqafah.Di Indonesia, sebagaimana juga Arab dan Barat, masih banyak orang menyamakan antara “Kebudayaan dan “Peradaban”. Menurut ilmu antropologi sekarang kedua istilah itu dibedakan. Kebudayaan adalah bentuk ungkapan tentang semangat mendalam suatu masyarakat. Sedangkan, kemajuanmekanis dan teknologi lebih berkaitan dengan peradaban. Dalam pembahasan kali ini pemakalah akan memaparkan sedikit tentang “Nabi Muhammad SAW” antara lain tentang Arab pra Islam, lahirnya Nabi hingga turunnya wahyu pertama, Dakwah Nabi di Mekkah dan Madinah serta Nabi sebagai pemimpin agama dan kepala negara. Negeri Arabia merupakan wilayah padang pasir yang terletak di bagian Barat Daya Asia. Arabia merupakan padang pasir terluas dan tergersang di dunia. Meskipun begitu, Arabia merupakan wilayah strategis dalam peta dunia j Ize kuno, karena letaknya berada pada posisi pertemuan tiga benua, yaitu benua Asia, benua Afrika, dan benua Eropa. Pada bagian Utara, Arabia berbatasan dengan lembah gunung Syiria. Sebelah Timur berbatasan dengan dataran tinggi Persia. Sedangkan bagian Barat berbatasan dengan Laut Merah. Karena di kelilingi laut pada tiga sisinya maka wilayah ini dikenal sebagai jazirah Arabia.

2

1.3 Tujuan  Agar mahasiswa atau pembaca Islam  Agar mahasiswa ataupembaca hingga turunnya wahyu pertama  Agar mahasiswa atau pembaca mengetahui bagaimana dakwah Nabi di Mekkah dan Madinah  Agar mahasiswa atau pembaca bagaimana Nabi ketika menjadi seorang pemimpin Agama dan Negara mengetahui sejarah lahirnya Nabi mengetahui bagaimana Arab pra 3 .2 Rumusan masalah a) Arab pra Islam b) Lahirnya Nabi hingga turunnya wahyu pertama c) Dakwah Nabi di Mekkah dan di Madinah d) Nabi sebagai pemimpin Agama dan kepala Negara 1.

Syaamil Cipta Media.2 Kondisi bangsa Arab sebelum kedatangan Islam. Pada masa ini juga secara umum. 17 2 Samsul Munir Amin. hlm.3 Paganisme adalah sebuah kepercayaan atau praktek spiritual penyembahan terhadap berhala yang pengikutnya disebut Pagan. tetapi Febri Sri Lestari. Bandung. JadiMuslimah Kudu Sukses. 2004. Di antara mereka ada yang mengubur anak perempuannya hidup-hidup hingga mati didalam tanah. 2009. Jadi.anfah (sedai. jahiliyah yang dimaksud adalah jahiliyah (bodoh) dalam hal menerima kebenaran ajaran agama yang lurus dan benar. hlm 67 3 Ibid 1 4 .1Ada yang mengatakan bahwa masa jahiliyah atau Arab jahiliyah yaitu bangsa Arab yang bodoh tetapi ada pula yang berpendapat lain seperti seorang penulis dan ahli sejarah Islam terkenal Ahmad amin memberi definisi mengenai Arab jahiliyah atau masa jahiliyah.berang. Sejarah Peradaban Islam. Mereka tidak menghendaki kelahiran anak perempuan.ghadhab. Menurut Ahmad Amin jahiliyah bukanlah jahl yang berarti “tiada ilmu”. Arab pra Islam Yang dimaksud dengan masa sebelum Islam adalah masa jahiliyah atau arab jahiliyah yang dialami oleh bangsa Arab Kuno. sekalipun telah diketahui bahwa itu benar.BAB II PEMBAHASAN A. yaitu orang-orang arab sebelum Islam yang membangkang kepada kebenaran.tolol). Edisi 1. lebih tepatnya. namun jahl dalam pengrtian safah. Jakarta. Mereka terus melawan kebenaran. masih diwarnai dengan penyembahan berhala sebagai Tuhan yang dikenal dengan istilah paganisme. Amzah. Namun ada pula di antara mereka yang membiarkannya hidup. perempuan di waktu itu hidup dalam masa rumit.

141 7 Ibid 5 4 5 . 16 6 Fatihuddin Abdul Yasin. Kemudian Nabi diserahkan kepada ibu pengasuh yaitu Halimah Sa’diyyah. Sampai seisi rumah seluruhnya kebagian minum susu sunggu membawah berkah bayi ini. 1997. hidup keluarga Halimah seperti memperoleh Berkah dibandingkan dengan bayi-bayi sebelumnya. hlm. Ayah-Nya bernama Abdullah bin Abdul Muthalib. Tiba-tiba Dhimran melihat ada 2 laki-laki muda membawaMuhammad.dalam hidup yang hina dan nista karena perempuan pada masa itu di anggap lemah dan tidak berguna. Tahun kelahiran Nabi dikenal dengan Tahun Gajah karena pada tahun itu pasukan Abrahah dengan menunggangi Gajah menyerbu Makkah untuk menghancurkan Ka’bah. 2011. Kisah Teladan 25 nabi Dan Rasul. Telapak Muhammaddijamahkan pada susu kambing itu.5 Nabi Muhammad lahir dalam keadaan yatim karena ayah-Nya meninggal setelah setelah dia menikahi Aminah. tiba-tiba air susu kambing itu keluar sangat deras. Jakarta. Sejarah Peradaban Islam : Dirasah Islamiyah II.6 Disaat dalam pengasuhan Halimah inilah ada suatu peristiwa yang terjadi pada Muhammad yaitu proses pembedahan Muhammad SAW. Nabi Muhammad dibesarkan dalam asuhan Halimah Sa’diyyah sampai usia empat tahun semenjak menyusui Muhammad.Cit.4 B. Raja Grafindo Persada. Peristiwa ini terjadi ketika Muhammad berusia 3 tahun. 17 Badri Yatim. Edisi 1. Surabaya. Op. Ibu-Nya bernama Aminah binti Wahab. Ternak-ternak lambat laun gemuk-gemuk dan banyak air susunya. Lahirnya Nabi hingga turunnya wahyu pertama Nabi Muhammad SAW dilahirkan pada 12 Rabil ulawal Tahun Gajah atau 20 April 571 Masehi. Pada saat itu Muhammad diajak oleh saudara susuannya.suatu hari Muhammad digendong Halimah sambil memeras susu kambing.tiap hari Halimah merawat Muhammad dibantu oleh putrinya saimah. hlm. hlm.7 Muhammad dibaringkan diatas Febri Sri Lestari. yaitu Dhimran menggembala kambing di belakang rumah. Halini pun dilaporkannya kepada Halimah. Terbit Terang.

10 Pada usia dua puluh lima Muhammad berangkat ke Syria membawa barang dagangan seorang janda yang karya raya. Kemudian dad itu ditutup kembali tanpa bekas. Op. Kemudian perkawinan pun segerah dilaksanakan. Kemudian Nabi ikut paman-Nya berdagang ke Syria (Syam). ditusukkan dan ditarik robek sampai ke pusar. 17 6 . Ketika itu Muhammad berusia 25 tahun 8 9 Ibid. 16 10 Ibid. Sehingga tulang Muhammad terbelah tanpa meneteskan darah.rerumputan. 2 malaikat menyerupai manusia itupun berangkat kembali (naik) tanpa bekas. hlm. Pendeta itu menasehati Abu Thalib agar jangan terlalu jauh memasuki daerah Syria. Abdul Muthalib (kakek Nabi) yang mengambil alih tanggung jawab untuk merawat Nabi. sebagian ujungnya dipotong dan dicuci kembali.dua tahun kemudian Abdul Muthalib pun meninggal dunia karena sudah renta. Hati Muhammad diambil kemudian dicuci dengan air. Muhammad tidak pernah takut akan dua orang yang mengajaknya yang sesungguhnya mereka adalah malaikat Jibril dan Mikail. Dalam perjalanan ia bertemu dengan pendeta kristen bernama Buhairah. Dalam bardaganga Muhammad memperoleh laba yang besar.8 Setelah itu. Ketika berusia enam tahun Nabi menjadi yatim piatu karena ibu-Nya meninggal. Selema proses tersebut Muhannad tidak merasakan sakit sama sekali. Pada usia muda Nabi hidup sebagai penggembala kambing. Dibuka baju Muhammad kemudian dada Muhammad dicuci dengan air dingin. Lalu malaikat Jibril meletakkan ujung pisau dibawah tenggorokan tepat diatas dada. sebab ia khawatir orng-orang Yahudi yang mengetahui tanda-tanda itu akan berbuat jahat terhadapnya. Pendeta ini melihat tanda-tanda kenabian pada Muhammad sesuai dengan cerita-cerita pada kitab kristen.9 Setelah ibu-Nya meninggal. yaitu siti khadijah. Namun. hlm 142 Badri Yatim. Tanggung jawab selanjutnya diambil alih oleh paman-Nya Abu Thalib. Kemudian Khadijah melamar Muhammad dan lamaran itu pun diterima oleh Nabi. Cit. Nabi Muhammad diasuh oleh ibu-Nya kurang lebih selama dua tahun.

11 7 . kisah Nabi Muhammad SAW. Mereka pada berbisik dan menjuluki “Al-Amin” yang artinya dapat dipercaya.com 12 Ibid.sedang Khadijah berusia 40 tahun. 22: 13. Pada usia 35 th lima tahun sebelum kenabian ada suatu peristiwa yaitu Makkah dilanda banjir besar hingga meluap ke baitul Haram yang dapat meruntuhkan Kakbah. Akhirnya Abu Umayah menawarkan jalan keluar siapa yang pertama kali masuk lewat pintu Masjid itulah orang yang memimpin peletakan Hajar Aswad. Mereka adalah Qasim. Siti Khadijah meninggal ketika Nabi Muhammad berusia 50 tahun. pandai. Ruqayah. akhlaknya utama.. jujur terjaga jiwanya. paling baik amalnya. beliau sebagai orang yang unggul. Zainab. Setelah mendekati tempatnya Nabi mengambil Hajar Aswad dan meletakkannya ke tempat semula akhirnya legalah semua. sifatnya mulia. dan Fatimah. tepat janji. terpelihara dari halhal yang buruk.11 Ketika pembangunan sudah sampai di bagian Hajar Aswad mereka saling berselisih tentang siapa yang meletakkan hajar Aswad ditempat semula dan perselisihan ini sampai 5 hari tanpa ada keputusan dan bahkan hampir terjadi peretumpahan darah. Ummu Kulsum. perkataannya lembut.12 Nabi Muhammad SAW mempunyai kelebihan dibanding dengan manusia biasa. Allah SWT menghendaki ternyata yang pertama kali masuk pintu masjid adalah Rasulullah SAW dan yang berhak adalah Rasulullah. 26 agustus 2010. Abdullah. Dengan peristiwa itu orang-orang Quraisy sepakat untuk memperbaiki Kakbah dan yang menjadi arsitek adalah orang Romawi yang bernama Baqum. paling bisa dipercaya sehingga mendapat julukan Al-Amin dan beliau juga membawa Joko Winarto. terpuji kebaikannya. Orang-orang Quraisy berkumpul untuk meletakkan Hajar Aswad. Rasulullah meminta sehelai selendang dan pemuka-pemuka kabilah supaya memegang ujung-ujung selendang lalu mengangkatnya bersama-sama. Khadijah adalah wanita pertama yang masuk Islam. Semua pada sepakat dengan cara ini. Dalam perkawinannya dengan Khadijah Nabi dikaruniai 6 orang anak dua putra dan empat putri.kompasiana. http://filsafat.

Pada saat iuMihammad belum tahu harus berpijak lewat mana. disanapun memperoleh wahyu kedua yaitu surat Ak-mudaststsir. Abu Bakar sahabat beliau. Cit. diselimutinya. kemudian Ali bin Abi Thalib. Akhirnya Muhammad yakin bahwa itu wahyu yang diberikan kepada-Nya. Op. Op. 147 Samsul Munir Amin. Namun. tiga tahun pertama dakwah Islam dilakukan secara sembunyi-sembunyi. yang menerima dakwah beliau. Khadijah sang istri setia menentramkan hati Muhammad. Disuruhnya tidur agar tenang. memberi kepada orang miskin. Mannat. menjamu tamu dan menolong siapapun yang hendak menegakkan kebenaran.13 C. Hlm. Yang artinya “wahai orang yang berselimut”. mula-mula istri Nabi sendiri yaitu Khadijah. 65 8 . hlm. Dakwah Nabi di Mekkah dan Madinah a) Periode Mekkah Pada periode ini. dan lain-lain. Sebenarnya Muhammad tidak menyetujui lingkungan adat di Mekkah yang umumnya menyembah berhala. Mereka tidak Nasrani atau Yahudi. khadijah selalu menemani memperkuat keyakinan Muhammad sampai turun wahyu Surat Al-Alaq ayat 16.bebannya sendiri. Nabi Muhammad mulai melakukan dakwah Islam di lingkungan keluarga. Saat itu Muhammad berumur 40 tahun. Cit. sekeligus mulainya kenabian Muhammad. Zubair 13 14 Fatihuddin Abdul Yasin. Muhammad sering menyendiri di gua Hira. ada juga yang berpendapat menggunakan Syariat Nabi nuh AS. Ada beberapa pendapat saat Muhammad menyendiri (Ibadah) menggunakan syariat Nabi Isa Al-Masih. lalu Zaid. Latta. Muhammad pulang dan menceritakan pewahyuan itu kepada istrinya khadijah dengan perasaan takut dan was-was karena Muhammad belum pernah merasakan hal seperti itu sebelumnya. mereka semua memuja dewa-dewa patung ‘Uzza.Hubbal.14 Selain itu banyak juga orang yang masuk Islam dengan perantara Abu Bakar yang terkenal yang terkenaldengan julukan Assabiqnal Awwalun (orang-orang yang lebih dahulu masuk Islam). mereka adalah Utsman bin Affan.

Thalhah bin ‘Ubaidillah. dakwah yang dilakukan Nabi Muhammad tidak mudah karena mendapat tantangan dari kaum kafir Quraisy. kekuatan Nabi terletak pada perlindungan dan pembelaan abu Thalib yang amat disegani itu. Mereka mengira bahwa unduk kepada seruan Nabi Muhammad berarti tunduk kepada kepemimi[inan Bani Abdul Muthalib. Mereka tidak dapat membedakan antara kenabian dan kekuasaaan. Abu ‘Ubaidah bin Jarrah. 66 9 . Op. Namun. Taklid kepada nenek moyang adalah kebiasaan yang berurat akar pada bangsa Arab.bin Awwan. 2.15 yaitu sebagai berikut : 1. 4. Abdur Rahman bin ‘Auf. Para pemimpin Quraisy tidak mau percaya ataupun mengakui serta tidak menerima ajaran tentang kebangkitan kembali dan pembalasan di akhirat. Pertama-tama mereka mengira bahwa. selalu gagal. sehingga sangat berat bagi mereka untuk meninggalkan agama nenk moyang dan mengikuti agama Islam. 5. Op. 3. dan Al-Arqam bin Abil Arqam. Nabi Muhammad menyerukan persamaan hak antara bangsawan dan hamba sahaya.16 Banyak cara ditempuh para kaum Quraisy untuk mencegah dakwah Nabi Muhammad. Sa’ad bin Abi waqqash. 20 Samsul Munir Amin. Kemudian setelah itu turun surat Al-Hijr. hlm. hlm. Cit. Hal tersebut timbul karena beberapa faktor. setelah itu Nabi Muhammad memulai dakwah nya secara terang-terangan.milih satu diantara dua: memerintahkan Muhammad berhenti 15 16 Badri Yatim. Karena itu mereka menyusun siasat bagaimana melepaskan hubungan Nabi dengan abu Thalib dan mengancam dengan mengatakan: “kami minta anda me. Namun. Pemahat dan penjual patung memandang Islam sebagai penghalang rezeki. Cit.

com 10 . Allah Swt. kemudian ia berkata: “Teruskanlah. Dalam kesempatan mi’raj 17 18 Badri Yatim. Pemboikotan ini naru berhenti setelah kaum Quraisy menyadari bahwa apa yang mereka lakukan sangat keterlalu. Op. Cit. terjadi peristiwa Isra Mikraj. memperjalankan Nabi Saw. Setelah cara-cara diplomatik dan bujuk rayu yang dilakukan kaum Quraisy gagal. 21 Samsul Munir Amin.”17 Tampaknya. sehingga ia mengaharapkan Muhammad menghentikan dakwahnya. Tahun ini merupakan tahun kesedihan bagi Nabi Muhammad sehingga dinamakan Amul khuzn. Cit. Dakwah Nabi Muhammad SAW di Mekah dan Madinah. terlebih setelah meninggalnya dua orang yang selalu melindungi dan menyokong Nabi Muhammad dari orang-orang kafir yaitu paman beliau. abu Thalib cukup terpengaruh dengan ancaman tersebut. Op.dari dakwahnya atau anda menyerahkannya kepada kami. hlm. demi allah aku akan terus membelamu”. 28 mei 2011. Puncak dari segalah cara itu adalah dengan diberlakukannya pemboikotan terhadap Bani Hasyim yang merupakan tempat Nabi Muhammad berlindung.wordpress. Abu Thalib sangat terharu mendengar jawaban keponakannya itu. dan istri beliau Siti Khadijah. 67 19Topik Nugroho.19 pada malam hari (Isra) dari Masjidilharam di Mekah ke Masjidilaksa di Yerusalem. walaupun seluruh anggota keluarga dan sanak saudara akan mengucilkan saya”. Namun. Pemboikotan ini berlangsung selama tiga tahun. mereka kemudian melakukan tindakan-tindakan kekkerasan secara fisik yang sebelumnya telah dilakukan semakin ditingkatkan. kemudian membawanya naik (mikraj) ke langit agar bisa menyaksikan kekuasaan Allah SWT. dan merupakan tindakan yang paling melemahkan umat Islam pada saat itu. Dengan demikian anda akan terhindar dari kesulitan yang tidak diinginkan. http://topiknugroho. Abu Thalib. Tekanan dari orang-orang kafir semakin keras terhadap gerakan dakwah Nabi Muhammad.18Peristiwa itu terjadi pada tahun kesepuluh kenabian. Nabi mrnolak dengan mengataka: “Demi Allah saya tidak akan berhenti memperjuangkan amanat Allah ini . hlm. Pada tahun ke-10 kenabian.

 Pada gelombang kedua. 63 11 .21 20 21 Samsul Munir Amin. 67-68 Dedi Supriady. Bandung. Akhirnya Nabi Muhammad bersama kurang lebih 150 kaum muslimin hijrah ke Yatsrib. Mereka akan membai”at Nabi sebagai pemimpin. suatu perkembangan besar bagi kemajuan dakwah Islam. Mereka terdiri dari dua suku yang saling bermusuhan yaitu. Mereka datang untuk memeluk agama Islam dan menerapakan ajarannya sebagai upaya untuk mendamaikan permusuhan antara kedua suku. Mereka datang kembali kepada Nabi untukhijrah ke Yatsrib. Asas-asas yang diciptakan sendiri oleh Muhammad di bawah bimbingan wahyu. Cit. pada tahun ke dua belas kenabian. pada tahun ke tiga belas kenabian. Suatu perubahan mendasar dari masa kebobrokan Moral menuju moralitas yang beradab.  Pada gelombang ketiga. pada tahun kesepuluh kenabian. Pustaka Setia.  Pada gelombang pertama. Nabi pun menyetujui usul mereka untuk berhijrah. suku Aus dan Khazraj yang masuk Islam dalam tiga gelombang. yaitu dengan datangnya sejumlah penduduk Yatsrib (Madinah) untuk berhaji. 2008. Op. Mereka datang kembali menemui nabi dan mengadakan perjanjian yang dikenal dengan perjanjian “aqabah pertama” yang berisi ikrar kesetian. hlm. berupa kewajiban menjalankan salat lima waktu.itulah Nabi menerima perintah dari Allah Swt. Sejarah Peradaban Islam. Setelah peristiwa setelah Isra’ dan Mi’raj. Dan ketika sampai disana sebagai penghormatan terhadap Nabi nama Yatsrib diubah menjadi Madinah.20 b) Periode Madinah Peradaban atau kebudayaan pada masa Rasulullah SAW yang paling dahsyat adalah perubahan sosial. hlm. Diantaranya.

Rasulullah melakukan ini agar terciptanya sebuah keamanan dan kedamaian. dengan Nabi Muhammad sebagai kepala negara. Kedua. membangun Masjid Nabawi. Nabi memimpin penataan dan peletakan dasar. Op. Pertama.Cit. dan sosial. Rasulullah mempersatukan di antara kaum muslimin.dasar kehidupan bagi kaum muslim dan penduduk Madinah dalam beberapa langkah.22  Perjanjian saling membantu antara sesama kaum muslimin dan bukan muslimin. ekonomi. Topik Nugroho.wordpress. Nasrani. mengadili perkara dan bermusyawarah  Mempersatukan antara kaum Muhajirin dan Anshor. Ketiga. bahkan juga istri-istri dan harta mereka. mempererat tali ukhuwah Islamiah (persaudaraan Islam) antara kaum Muhajirin dan Ansar yang sudah masuk Islam. sebagai tempat untuk mewujudkan rasa persaudaraan itu. masyarakat Madinah bisa disebut sebagai sebuah negara. sehingga dimajlis ini umat Islam bisa bersama-sama nelaksanakan shalat jama’ah secara teratur. dengan tujuan untuk mempersatukan umat Islam dalam satu majelis.com 12 .. mengikat tali persaudaraan dengan komunitas lain yang tidak beragama Islam. Juga untuk melahirkan sebuah suasana saling membantu dan toleransi diantara golongan tersebut. yaitu kaum Yahudi.  Peletakan asas-asas politik. dan Majusi. Dengan dasar-dasar itu. Pembangunan masjid Nabawi. http://topiknugroho.23 22 23 Ibid. Mereka kemudian membagikan rumah yang mereka miliki.. Ikatan hubungan itu terwujud dalam perjanjian yang disebut dengan Misaq Madinah (Piagam Madinah). Di Madinah. Persaudaraan ini terjalin lebih kuat dari pada hanya persaudaraan yang berdasarkan katurunan.

Pasukan Quraisy yang dipimpin Khalid bin Walid mendapat bantuan dari kabilah Saqib. Para ahli sejarah Islam berbeda pendapat tentang jumlah ghazwah dan sariyah. sedangkan sariyah adalah perang yang dipimpin oleh sahabat atas penunjukan Nabi SAW. Ketiganya tewas di tangan tokoh muslim seperti Ali bin Abi Thalib. Dalam peperangan ini kaum muslim memenangkan pertempuran dengan gemilang. Selanjutnya kaum Quraisy terus menerus berupaya menghancurkan kaum muslim agar perniagaan dan sesembahan mereka terjamin.  Perang Uhud (Syakban 3 H) Perang Uhud terjadi di Bukit Uhud.26 24 Nabi Muhammad SAW Ensiklopedi Islam. Tihamah. al-Walid dan Syaibah. antara lain sebagai berikut : 1. Perang Uhud dilatarbelakangi kekalahan kaum Quraisy pada Perang Badar sehingga timbul keinginan untuk membalas dendam kepada kaum muslim. Perang Dalam Islam yang Terjadi Pada Masa Nabi Muhammad Perang yang terjadi pada masa Nabi Muhammad SAW terbagi atas ghazwah (gazwah) dan sariyah (sariyyah).bahagia. Tiga tokoh Quraisy yang terlibat dalam Perang Badar adalah Utbah bin Rabi'ah. hlm. Peperangan ini disebabkan oleh tindakan pengusiran dan perampasan harta kaum muslim yang dilakukan oleh musyrikin Quraisy. Cit. 26 Samsul Munir Amin..us 25 Ibid.24 Ghazwah adalah perang yang dipimpin oleh Nabi SAW. adapun di pihak muslim Ubaidah bin Haris meninggal karena terluka25. Ubaidah bin Haris dan Hamzah bin Abdul Muthalib. dan Kinanah. Perang pada masa Nabi Muhammad SAW. Ada beberapa ghazwah dan sariyah dalam sejarah Islam. 19 januari 2013 22:30.D. Yang termasuk perang ghazwah (gazwah) antara lain sebagai berikut :  Perang Badar (17 Ramadan 2 H) Perang Badar terjadi di Lembah Badar. Log. 74 13 . 125 km selatan Madinah. Perang Badar merupakan puncak pertikaian antara kaum muslim Madinah dan musyrikin Quraisy Mekah. http://al-quran.

orang Yahudi juga mencari dukungan kabilah Gatafan yang terdiri dari Qais Ailan. Usaha pemimpin Yahudi. Hamzah bin Abdul Muthalib (paman Nabi SAW) meninggal terbunuh. Dalam perang ini. Bani Fazara. Cit..28 Mereka bekerjasama melawan Nabi SAW. Asyja'. Kaum Quraisy akan disongsong di luar Madinah. Pasukan Quraisy kemudian mengakhiri pertempuran setelah mengira Nabi SAW terbunuh. 68 14 . Perang Khandaq melibatkan kabilah Arab dan Yahudi yang tidak senang kepada Nabi Muhammad SAW. Perang Uhud dimulai dengan perang tanding yang dimenangkan tentara Islam tetapi kemenangan tersebut digagalkan oleh godaan harta. Tentara Islam menjadi terjepit dan porak-poranda. 67 29 Ibid.27  Perang Khandaq (Syawal 5 H) Lokasi Perang Khandaq adalah di sekitar kota Madinah bagian utara. Pasukan Khalid bin Walid memanfaatkan keadaan ini dan menyerang balik tentara Islam. yakni prajurit Islam sibut memungut harta rampasan. dengan demikian gerakan pasukman musuh akan terhambat 27 28 Samsul Munir Amin. Di samping itu. Berita penyerangan itu didengar oleh Nabi Muhammad SAW. sahabat Nabi SAW yang mempunyai banyak pengalaman tentang seluk beluk perang. Dengan membawa 700 orang yang tersisa. Nabi SAW melanjutkan perjalanan sampai ke Bukit Uhud. Salman al-Farisi. Pasukannya berangkat ke Madinah untuk menyerang kaum muslim. Log. Huyay bin Akhtab. Akan tetapi. Ibid. Ia menyarankan agar menggali parit di perbatasan kota Madinah.29 Kaum muslim segera menyiapkan strategi perang yang tepat untuk menghasapo pasukan musuh.segera mengadakan musyawarah untuk mencari strategi perang yang tepat dalam menghadapi musuh.. hlm. membuahkan hasil. Abdullah bin Ubay membelot dan membawa 300 orang Yahudi kembali pulang. sedangkan Nabi SAW sendiri terkena serangan musuh. hlm. Perang ini juga dikenal sebagai Perang Ahzab (Perang Gabungan). Bani Sulaim. mengusulkan untuk membangun sistem pertahanan parit (Khandaq). Bani Sa'ad dan Ka'ab bin Asad. Dedi Supriady.

Perang ini dinamakan Perang Mu'tah karena terjadi di desa Mu'tah. http://al-quran. Pasukan muslim mengepung dan memutuskan aliran air ke benteng Yahudi.30 Pihak Yahudi meminta Nabi SAW untuk tidak mengusir mereka dari Khaibar. 19 januari 2013 22:30. Akhirnya Khalid bin Walid mengambil alih komando dan menarik pasukan muslim kembali ke Madinah. Masyarakat Yahudi Khaibar paling sering mengancam pihak Madinah melalui persekutuan Quraisy atau Gatafan.. Penolakan ini disampaikan dengan cara membunuh utusan Nabi SAW. mereka berjanji tidak lagi memusuhi Madinah dan menyerahkan hasil panen kepada kaum muslim.us 15 .oleh parit tersebut. Kemampuan Khalin bin Walid menarik pasukan muslimin dari kepungan musuh membuat kagum masyarakat wilayah tersebut. Nabi SAW kemudian mengirimkan pasukan perang di bawah pimpinan Zaid bin Harisah. Taktik itu ternyata berhasil dan akhirnya pasukan muslim memenangkan pertempuran serta menguasai daerah Khaibar. Sebagai imbalannya. Log. Pasukan muslimin yang dipimpin Nabi Muhammad SAW menyerang benteng pertahanan Yahudi di Khaibar. Banyak kabilah Nejd. Asyja'. bagian utara Semenanjung Arabia. Perang Khaibar merupakan perang untuk menaklukkan Yahudi. antara lain Zaid bin Harisah sendiri.  Perang Mu'tah (8 H) Perang ini terjadi karena Haris al-Ghassani raja Hirah. 30 Ensiklopedi Islam. Sulaim. menolak penyampaian wahyu dan ajakan masuk Islam yang dilakukan Nabi Muhammad SAW.  Perang Khaibar (7 H) Lokasi perang ini adalah di daerah Khaibar.bahagia. Cit. Beberapa sahabat gugur dalam pertempuran tersebut. Pihak pasukan muslim mendapat kesulitan menghadapi pasukan al-Ghassani yang dibantu pasukan Kekaisaran Romawi. Usaha ini ternyata berhasil menghambat pasukan musuh.

Gatafan.  Perang Hunain ( 8 Safar 8 H) Perang Hunain berlangsung antara kaum muslim melawan kaum Quraisy yang terdiri dari Bani Hawazin. Pasukan muslim akhirnya dapat memenangkan pertempuran tersebut. hlm. Pasukan muslimin tidak mendapat perlawanan yang berarti. Zubyan dan Fazara masuk Islam karena melihat keberhasilan dakwah Islam. sekitar 70 km dari Mekah. kecuali dari kaum Quraisy yang dipimpin Ikrimah dan Safwan. sampai di kota Ta'if. Nabi Muhammad SAW segera memerintahkan pasukan muslimin untuk menghukum kaum Quraisy. Abs.31  Penaklukan Kota Mekah/Fath al-Makkah (8 H) Fath al-Makkah terjadi di sekitar kota Mekah. Nabi SAW kemudian menyemangati pasukannya dan memimpin langsung peperangan. Kaum Quraisy beranggapan Perjanjian Hudaibiyah (6 H) tidak penting lagi.Cit. Latar belakang peristiwa ini adalah adanya anggapan kaum Quraisy bahwa kekuatan kaum muslim telah hancur akibat kalah perang di Mu'tah. Bani Saqif. 145 Ibid. Bani Nasr dan Bani Jusyam. Log. Nabi Muhammad SAW mengubah taktik perangnya 31 32 Fatihuddin Abdul Yasin. Berhala di kota Mekah dihancurkan dan akhirnya banyak kaum Quraisy masuk Islam. maka mereka mengingkarinya dan menyerang Bani Khuza'ah yang berada dibawa perlindungan kaum muslim. yang melarikan diri dari Hunain. Perang Hunain merupakan balas dendam kaum Quraisy karena peristiwa Fath al-Makkah. Pasukan Quraisy bersembunyi dalam benteng kota yang kokoh sehingga pasukan muslimin tidak dapat menembus benteng. 16 .32  Perang Ta'if (8 H) Pasukan muslim mengejar sisa pasukan Quraisy.. Perang ini terjadi di Lembah Hunain. Pada awalnya pasukan musuh berhasil mengacaubalaukan pasukan Islam sehingga banyak pasukan Islam yang gugur.

Pasukan Romawi mundur menarik diri setelah melihat besarnya jumlah pasukan Islam. menyusun pasukan besar untuk menyerang kaum muslim.. Heraklius.33  Perang Widan (12 Rabiulawal 2 H) Perang ini terjadi di Widan.  Perang Tabuk (9 H) Lokasi perang ini adalah kota Tabuk. sebuah desa antara Mekah dan Madinah. penguasa Romawi Timur. Pasukan muslimin kemudian membakar ladang anggur yang merupakan sumber daya alam utama penduduk Ta'if. 17 . Kesepakatan tersebut berisi kesanggupan Bani Damrah untuk membantu kaum muslim apabila dibutuhkan. Rasulullah SAW memimpin pasukan muslimin menghadang kafilah Quraisy. Nabi SAW tidak melakukan pengejaran tetapi berkemah di Tabuk. Pasukan muslimin kemudian menyiapkan diri dengan menghimpun kekuatan yang besar karena pada masa itu banyak pahlawan Islam yang menyediakan diri untuk berperang bersama Nabi SAW.34 Pertempuran fisik tidak terjadi karena kafilah Quraisy lewat di daerah tersebut. Adanya peristiwa penaklukan kota Mekah membuat seluruh Semenanjung Arabia berada di bawah kepemimpinan Nabi Muhammad SAW.dengan memblokade seluruh wilayah Ta'if. Melihat kenyataan itu. perbatasan antara Semenanjung Arabia dan Syam (Suriah). 146 Ibid. Penduduk Ta'if pada akhirnya menyerah dan menyatakan bergabung dengan pasukan Islam. hlm. 2. Rasulullah SAW selanjutnya mengadakan perjanjian kerjasama dengan Bani Damrah yang tinggal di rute perdagangan kafilah Quraisy di Widan. Di sini Nabi SAW membuat perjanjian dengan penduduk setempat sehingga daerah perbatasan tersebut dapat dirangkul dalam barisan Islam. Yang termasuk sariyah (sariyyah) antara lain sebagai berikut : 33 34 Ibid..

35  Sariyah Abdullah bin Jahsy (Rajab 2 H) Perang ini dipimpin Abdullah bin Jahsy. desa antara Mekah dan Madinah. Bandung. Kaum muslim juga memperoleh harta rampasan perang dan membawanya ke hadapan Nabi Muhammad SAW. 60 36 18 . Sariyah ini berlangsung di dataran rendah al-Bahr. sedangkan pasukan Quraisy dipimpin Abu Jahal bin Hisyam. Sariyah Hamzah bin Abdul Muthalib (Ramadhan 1 H) Perang ini merupakan sariyah pertama yang terjadi dalam sejarah Islam.  Sariyah Ubaidah bin Haris (Syawal 1 H) Sariyah ini berlangsung di al-Abwa'. antara Ta'if dan Mekah. Perang ini terjadi di Nakhlah. Peristiwa tersebut menandai lepasnya anak panah pertama dalam sejarah perang Islam. sedangkan kaum Quraisy dipimpin Amr bin Hazrami. Perang ini melibatkan 30 orang muslimin dan 300 orang Quraisy. Pasukan muslimin dipimpin Hamzah bin Abdul Muthalib. hlm. Sejarah Peradaban Islam.36 Nabi SAW menyatakan bahwa beliau tidak pernah menyuruh mereka berperang karena pada bulan Rajab diharamkan untuk membunuh atau melakukan peperangan. sedangkan kaum Quraisy dipimpin Abu Sa'ad bin Abi Waqqas sempat melepaskan anak panahnya. 2008. Kaum muslim berjumlah 80 orang. Pustaka Islamika. Peristiwa tersebut kemudian digunakan oleh kaum Quraist untuk memfitnah dengan mengatakan kaum muslim melanggar bulan suci.. Ibid.  Sariyah Qirdah (Jumadilakhir 3 H) 35 Jaih Mubarok. Pada saat itu turun firman Allah SWT surah al-Baqarah (2) ayat 217 yang menjelaskan tentang ketentuan berperang pada bulan Haram (bulan Rajab). tidak jauh dari kota Madinah. Kaum muslim berhasil membunuh Amr bin Hazrami dan menahan dua orang Quraisy sebagai tawanan perang. Perang ini tidak menimbulkan korban karena segera dilerai Majdi bin Amr. Kaum muslim (semuanya Muhajirin) dipimpin Ubaidah bin Haris. sedangkan kaum Quraisy berjumlah sekiyat 200 orang.

Perang ini dilatarbelakangi oleh rencana pemimpin Bani Huzail. Op. yakni suatu daerah yang terletak di antara Mekah dan 'Asfan dan melibatkan pasukan muslimin melawan pasukan Bani Huzail.38  Sariyah Raji (Safar 4 H) Sariyah ini berlangsung di Raji'. Abdullah kemudian membunuh Khalid dan melaporkan kejadian itu kepada Nabi Muhammad SAW.61 Ibid. yang merupakan ganimah pertama dalam sejarah perang Islam.Sariyah Qirdah berlangsung di sumur Qirdah. Mereka meminta agar Nabi Muhammad SAW mengirimkan beberapa sahabat untuk memberi pelajaran agama Islam 37 38 Jaih Mubarok. Sariyah Qirdah bertujuan untuk menghadang kafilah Quraisy dari Mekah. Harta tersebut kemudian dijadikan ganimah (harta rampasan perang). Cit. di sebelah timur Madinah. Khalid bin Sufyan bin Nubaih al-Huzali. Pasukan muslim yang dipimpin Abu Salam al-Makhzum dan terdiri dari 150 orang berhasil menyergap musuh. dipimpin oleh Zaid bin Harisah. Sebagian orang musyrik yang tidak melarikan diri selanjutnya dibawa ke Madinah dan akhirnya menyatakan diri masuk Islam. Perang ini berhasil dimenangkan kaum muslim dengan menyita harta kaum Quraisy. 19 . Nabi SAW menganjurkan agar pasukan muslim berjalan pada malam hari dengan menempuh jalan yang tidak biasa dilalui orang. Nabi Muhammad SAW memerintahkan kaum muslim untuk menghadang Bani Asad yang berencana untuk menyerang Madinah. Nabi Muhammad SAW memerintahkan Abdullah bin Unais meneliti kebenaran rencana tersebut. Bani Lihyan. hlm. cabang Bani Huzail merencanakan balas dendam atas terbunuhnya Khalid. Kaum muslim berjumlah 100 orang penunggang kuda.untuk menyerang Madinah.. suatu tempat di Nejd (Arab Saudi). Mereka juga mendapatkan ganimah (harta rampasan perang) dari pihak Bani Asad.37  Sariyah Bani Asad (4 H) Sariyah ini berlangsung di Gunung Bani Asad.

39 Para sahabat itu sempat mengadakan perlawanan. Utusan Nabi SAW tersebut ingin menyelesaikan maslaah pembunuhan yang dilakukan Amr bin Umayyah. Kaum muslim mengalami kekalahan dalam sariyah ini karena semua pasukan gugur. seorang pemimpin dari Bani Amir yang sebelumnya menolak untuk memeluk agama Islam. namun tiga orang terbunuh dan tiga lainnya ditawan oleh musuh.Nabi Muhammad SAW mengabulkan permintaan itu dan mengirimkan enam orang sahabat beserta rombongan utusan Bani Lihyan. Rabi'ah. Amir bin Tufail membunuh Haram bin Malhan.Latar belakang tindakan ini adalah niat Bani Nadir untuk membunuh utusan Nabi Muhammad SAW. 147 Ibid. Mereka mengirimkan surat kepada Amir bin Tufail. terhadap dua orang 39 40 Fatihuddin Abdul Yasin. membunuh Amir bin Tufail dengan sebilah tombak sebagai balas dendam atas kematian ayahnya. hlm. 20 .Cit. Log. melalui seorang anggota pasukan yang bernama Haram bin Malhan. beserta al-Munzir bin Amar dari Bani Sa'idah untuk memimpin 40 orang tentara yang terdiri dari para penghafal Al-Qur'an.40  Sariyah Ijla' Bani Nadir Sariyah Ijla' Bani Nazir merupakan sariyah yang dilakukan sahabat Nabi SAW untuk mengusir Bani Nadir dari tempat tinggal mereka. Keenam sahabat disergap oleh pasukan Bani Huzail di Raji'. Nabi Muhammad SAW mengutus Amir bin Malik (Abu Barra'). sehingga memicu peperangan antara kedua belah pihak. anak Abu Barra'. Tiga orang sahabat yang ditawan selanjutnya dibawah ke kaum musyrikin Mekah dan akhirnya dibunuh.kepada mereka. Rombingan tersebut berjalan sampai di Bi'ru Ma'unah. yakni suatu daerah antara Bani Amir dan Bani Salim. kecualil Ka'b bin Zaid al-Ansari.  Sariyah Biru Ma'unah (Safar 4 H) Sariyah Bi'ru Ma'unah berlangsung di wilayah timur Madinah antara kaum muslim dan Bani Amir. kabilah Bani Amir dan sekutu Bani Nadir.. pemimpin Bani Amir.

Sebagian dari Bani Nadir menetap di Khaibar dan di Syam (Suriah). suatu tempat yang jauh dari Madinah. Nabi SAW mengirimkan 15 tentara untuk menyerang mereka. Selanjutnya Nabi SAW mengirimkan pasukan kedua di bawah pimpinan Abu Ubaidah bin Jarrah. Pasukan pertama itu gagal menjalankan tugas karena mereka dibunuh ketika beristirahat di pinggiran desa. Muhammad bin Maslamah melaporkan kejadian tersebut kepada Nabi Muhammad SAW.42 41 42 Jaih Mubarok. epmimpin Bani Nadir. Cit. tetapi karena diancam akan diserang oleh kaum muslim akhirnya mereka mau pindah daerahnya. Setelah mengetahui rencana tersebutm pasukan muslimin segera menyerang Bani Sa'labah dengan mengirim 10 orang yang dipimpin oleh Muhammad bin Maslamah. Op. Bani Sa'labah berencana menyerang peternakan kaum muslim di Haifa'. kecuali Ka'b bin Umair al-Gifari (pemimpin perang) yang dapat menyelamatkan diri.terhadap ajakan beberapa utusan Nabi Muhammad SAW untuk memeluk agama Islam. Bani Sa'labah melarikan diri ketika Abu Ubaidah sampai di tempat itu. dan akhirnya semua pasukan muslim menjadi syuhada.41  Sariyah Ka'b bin Umair al-Gifari (8 H) Latar belakang sariyah ini adalah penolakan kaum musyrikin di Zat Atlah. hlm. sekitar 24 mil dari Madinah. antara kaum muslim dan Bani Sa'labah. Tindakan pengusiran ini semula tidak mendapat tanggapan dari Huyay bin Akhtab. Pertempuran tersebut berlangsung sengit. 21 . suatu tempat di Syam (Suriah). Nabi SAW memberi jaminan keselamatan atas harta benda dan anak-anak mereka sampai keluar dari Madinah.muslimin.  Sariyah Zi al-Qissah Sariyah berlangsung di Zi al-Qissah.63 Ibid..

E.43 Di Madinah Nabi Muhammad SAW telah memberlakukan hukum dan aturan-aturan kemasyarakatan yang ditegakkan kepada para pelanggar aturanaturan tersebut.ustadz. dan penentuan halal-haram. Oleh karena itu. hlm. Oleh karena itu Madinah layak disebut negara dan sangat relevan apabila dikatakan bahwa Nabi Muhammad adalah kepala negara Madinah dan juga kepalapemerintahan. Di Madinah telah ditegakkan kewajiaban Zakat. Pemimpin agama sering kali disandarkan pada kyai. Op. hlm 56 Jaih Mubarok. mu’alim. ada hubunga yang mengikat secara hukum antara rakyat yang dipimpin dengan pemimpin. atau istialah lainnya. Op. ulama. Beliau merupakan rujukan bagi masyarakat Islam pada zamannya dan sesudahnya.44 43 44 Jaih Mubarok.Cit. Nabi Muhammad SAW bukan sekedar pemimpin agama. Cit. Puasa. Nabi Sebagai Pemimpin Agama dan Kepala Negara Umat Islam sepakat bahwa Muhammad SAW adalah utusan Allah (Rasul Allah) dan membawa ajaran yang berasal dari Allah(Al-Qur’an) dan berasal dari dirinya (hadis dan sunnah) untuk disampaikan kepada seluruh manusia. 75 22 .

BAB III PENUTUP  KESIMPULAN Dari uraian diatas dapat di disimpulkan bahwa Muhammad terlahir dari pasangan suami istri Abdullah bin Abdul Muthalib dan Aminah binti Wahab. yang menerima dakwah beliau. mula-mula istri Nabi sendiri yaitu Khadijah.beliau dilahirkan pada hari senin tanggal 12 rabiul awal tahun gajah. lalu Zaid. di katakan tahun gajah karena pada saat itu bertepatan dengan serangan tentara Abrahah yg ingin menghancurkan Ka'bah dengan kendaraan gajah. Kisah Nabi Muhammad yang diutus Allah untuk menyempurnakan akhlak manusia dan mengeluarkan mereka dari zaman kebodohan atau jahilliah karena pada saat itu manusia hidup dalam lingkungan kebodohan yang masih menyembah berhala sebagai tuhannya.  Periode Madinah Peradaban atau kebudayaan pada masa Rasulullah SAW yang paling dahsyat adalah perubahan sosial. Abu Bakar sahabat beliau. serta Nabi muhammad adalah Nabi penutup dan tidak akan ada lagi nabi setelah beliau. 23 . Suatu perubahan mendasar dari masa kebobrokan Moral menuju moralitas yang beradab. Dan islam merupakan agama yang paling sempurnah. sekitar 571 Masehi. Dakwah Nabi di Mekkah dan Madinah  Periode Mekkah Nabi Muhammad mulai melakukan dakwah Islam di lingkungan keluarga. kemudian Ali bin Abi Thalib.

antara lain sebagai berikut : Ghazwah Perang Al-Asyirah Perang Badar Perang Bahran Perang Bani Lihyan Perang Bani Mustaliq Perang Bani Qainuqa Perang Banu Quraizah Perang Bani Sulaim Perang Buwat Perang Daumat al-Jandal Perang Fath al-Makkah Perang al-Gabah Perang Hamra' al-Asad Perang Hunain Perang Khaibar Perang Khandaq Perang al-Kidr Perang Mu'tah Perang Safwan Perang Sawiq Perang Tabuk Perang Ta'if Perang Uhud Perang Widan Perang Zat ar-Riqa' Perang Zi Amr 2H 2H 3H 6H 6H 2H 5H 3H 2H 4H 6H 6H 3H 8H 7H 5H 3H 8H 2H 2H 9H 8H 3H 2H 3H 3H Sariyah Abdullah bin Jahsy Abdullah bin Unais Abdurrahman bin Auf Abu Auja' Abu Bakar Abu Salam Abu Ubaidah bin Jarrah Ali bin Abi Thalib Bani Asad Basyir bin Sa'ad al-Ansari Bi'ru Ma'unah Ghalib bin Abdullah al-Laisi Hamzah bin Abdul Muthalib Hasma Ijla' Bani Nadir Ka'b bin Umair al-Gifari Muhammad bin Maslamah Qirdah Raji' Sa'd bin Abi Waqqas Ubaidah bin Haris Ukasyah Umar Bin Khattab Zaid bin Haritsah Zat ar-Riqa' 2H 3H 6H 7H 7H 3H 6H 10 H 4H 7H 6H 7H 1H 6H 4H 8H 6H 3H 4H 1H 1H 6H 7H 6H 4H 24 . Ghazwah adalah perang yang dipimpin oleh Nabi SAW. Para ahli sejarah Islam berbeda pendapat tentang jumlah ghazwah dan sariyah. Ada beberapa ghazwah dan sariyah dalam sejarah Islam.Perang yang terjadi pada masa Nabi Muhammad SAW terbagi atas ghazwah (gazwah) dan sariyah (sariyyah). sedangkan sariyah adalah perang yang dipimpin oleh sahabat atas penunjukan Nabi SAW.

1997 Amalia Euis. 28 mei 2011. 2008 Winarto Joko. 2004 Supriady Dedi. 2008 Munir Amin Samsul. http:// filsafat. Amzah. Sejarah Peradaban Islam. Edisi Revisi. Sejarah Peradaban Islam : Dirasah Islamiyah II. http://topiknugroho. Raja Grafindo Persada. Edisi 1. 2011 25 . Gramata Publishing.kompasiana. 19 januari 2013 22:30. Sejarah Peradaban Islam. Pustaka Setia. 2010 Islam Ensiklopedi. Kisah Teladan 25 Nabi Dan Rasul. 2009 Nugroho Topik. Terbit Terang. Bandung. com Yatim Badri. Amzah. Jakarta. Perang pada masa Nabi Muhammad SAW. Jakarta. Alih Bahasa: Anas Sidik. Edisi 1. Sejarah Peradaban Islam. Bandung. Syaamil Cipta Media. 2002 Sri Lestari Febri.DAFTAR PUSTAKA Abdul Yasin Fatihuddin. Surabaya.us Mubarok Jaih. http://al-quran. Jadi Muslimah Kudu Sukses. Jakarta. Bandung. Nabi Muhammad Sebagai Pemimpin Militer. Jakarta.bahagia. Sejarah Pemikiran Ekonomi Islam.com Rahman Afzalur . Pustaka Islamika. Dakwah Nabi Muhammad SAW di Mekah dan Madinah. wordpress. Kisah Nabi Muhammad SAW. 22: 13. 26 agustus 2010.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->