SOAL ULANGAN BIOLOGI

Tulang disebut alat gerak pasif sebab … a. Melekat pada otot-otot rangka. b. Tidak mempunyai kemampuan berkontraksi. c. Saling berhubungan membentuk sendi. d. Merupakan penompang dan penunjang bentuk tubuh. e. Sebagai tempat pembentukan sel-sel darah dan penimbunan mineral. 2. Komponen penyusun tulang yang terbanyak adalah … a. Air d. Protein b. Zat organik e. Daraha c. Zat mineral 3. Bagian tulang yang mengalami pertumbuhan adalah … a. Cakra epifisis d. Rongga tulang b. Diafisis e. Sumsum tulang c. Epifisis 4. Hubungan antar tulang yang terdapat pada tulang tengkorak orang dewasa adalah … a. Sitostosis d. Diartrosis b. Sinkondrosis e. Sendi Kaku c. Sinfibrosis 5. Sendi yang memungkinkan gerakan ke segala arah adalah sendi … a. Putar d. Engsel b. Pelana e. Peluru c. Geser 6. Hubungan antara tulang hasta dengan tulang pengumpil disebut sendi … a. Pelana d. Peluru b. Putar e. Geser c. Engsel 7. Kerusakan selaput tulang yang mengakibatkan sebagian tulang mati dan mengering disebut … a. Infeksi d. Nekrosa b. Artritis sika e. Layuh sendi c. Artritix eksudatif 8. Gerakan yang terjadi antara ujung tulang ibu jari tangan dengan tulang telapak tangan adalah dua arah, kedepan dan kebelakang atau kekiri dan kekanan. Sendi yang menghubungkan tullang ini termasuk … a. Sendi engsel d. Sendi pelana b. Sendi putar e. Sendi rotasi c. Sendi peluru 9. Manusia mempunyai beberapa pasang gerakan yang berlawanan (antagonis) pada saat seseorang mengunyah makanan dengan mulutnya melakukan pasangan gerakan antagonis … a. Fleksi – ekstensi d. Supinasi - pronasi b. Adduksi – abduksi e. Inversi - eversi c. Elevasi – depresi 10. Berikut ini adalah cirri-ciri gangguan pada system gerak 1. Tulang patah dan retak 2. Terjadi pembengkakan 3. Kemungkinan terjadi pendarahan 1.

Asam amino d. Tetanus c. Lipase Hati disebut kelenjar pencernaan karena … a. 14. Hipertropi Kelainan bentuk tulang pada tulang punggung yang membengkok ke samping dinamakan … a. Artikulasi e. Sukrosa c. Skoliosis d. Lordosis e. Usus halus b. 20. 18. 12. Mencerna karbohidrat e. Ca3(PO4)2 Manakah dari organ-organ di bawah ini yang merupakan pencerna lemak … a. MgCO3 c. NaHCO3 e. Menghasilkan insulin b. Mencerna gula d. Mencerna amilum d. 19. Sayur b. Buah Bila hati tidak mampu menghasilkan empedu. Rakhitis Urat otot yang melekat pada tulang yang bergerak ketika otot berkontraksi dinamakan … a. Meningkatkan protein Makanan yang mengandung lemak. Menghasilkan empedu Fungsi garam-garam empedu adalah untuk … a. Atropi e. Diarthosis b. c. Amylase e. Pencernaan karbohidrat e. Ortritis b. Tendon d. 15. 21. Nasi c. FeCO3 b. Tanus b. Lambung c. Ekstensi d.mineral dan beberapa vitamin adalah … a. Kitosis Tulang menjadi keras karena adanya penambahan … a. Glukosa e. Insulin c. Osifikasi b. Pencernaan protein . Pencernaan lemak d. Insersi Otot yang terus menerus terlatih. Kadar gula darah b. protein. Kadar kolesterol darah. maka akan menimbulkan gangguan pada … a. Kolon d. 13. Kifosis e. nekrosa c. Asam lemak d. Daging e. Menurunkan gula darah c. Gliserol b. Menghasilkan glukagon c.11. misalnya pada para olahragawan … a. Asam amino Enzim manakah yang memecah molekul lemak menjadi asam lemak dan gliserol … a. Mengemalsikan asam lemak e. Pankreas Apakah hasil akhir pencernaan protein? a. CaCO3 d. Meningkatkan gula darah b. 17. Fraktura d. Susu d. Protease b. Origa c. 16. sinarthosis c. Jenis gangguan pada system gerak tersebut adalah … a. Hati e.

Nomor 1 d. Mulut. Sekret usus halus 3. renin 23. Tempat dan enzim yang berperan dalam proses tersebut adalah … a. Letak di persendian c. Kolon d. otot gantung dan otot lurik mempunyai struktur yang berbeda – beda sehingga di beri nama berbeda. Ileum . Pankreas. ikan dan telur adalah makanan yang kaya protein agar dapat diserap oleh darah. 1. Struktur yang memanjang b.22. Kemampuan kontraksi e. tripsin b. Daging. Duodenum e. Nomor 2 dan 3 c. Sekret pankreas 2. Saliva 4. Nomor 2 e. Asam lambung 5. Otot polos. Empedu Manakah dari kelima hasil sekresi di atas yang mencerna tepung a. Tetapi ketiganya mempunyai fungsi yang sama sebagai alat gerak. Kekuatan menahan 24. Pankreas. Esofagus. pepsin c. Kelenturan d. Hasil sekresi dibawah ini aktif dalam mencerna makanan. Usus besar. Protein di cerna secara kimiawi menjadi asam amino – asam amino. Nomor 1 dan 4 25. Nomor 1 dan 5 b. Fungsi melakukan gerakan dapat terjadi karena otot mempunyai … a. phalin d. c. Baigan manakan dari saluran pencernaan yang memiliki daerah permukaan terluas untuk mengabsorpsikan molekul makanan … a. Lambung b. Lambung streapsin e.

Master your semester with Scribd & The New York Times

Special offer for students: Only $4.99/month.

Master your semester with Scribd & The New York Times

Cancel anytime.