Gizi Seimbang

Di

TAMAN POSYANDU
oleh :
EDY SUROSO, SKM

SEKSI GIZI – BIDANG PPKM

DINAS KESEHATAN PROVINSI JAWA TIMUR

Latar Belakang
• Kualitas SDM merupakan faktor utama yang diperlukan untuk melaksanakan pembangunan nasional. Gizi yang baik akan menghasilkan sumberdaya manusia yang berkualitas  sehat, cerdas, memiliki fisik yang tangguh, dan produktif.

Untuk memenuhi kebutuhan tubuh dibutuhkan susunan menu yang seimbang, baik dari jumlah maupun jenisnya.

SEHAT JASMANI

90 persen ditentukan oleh zat gizi

MANFAAT MAKANAN BAGI MANUSIA • Makanan bermanfaat bagi tubuh manusia untuk : 1. Sumber zat tenaga, yaitu berasal dari padi-padian dan umbiumbian, serta tepung-tepungan. 2. Sumber zat pengatur, yaitu berasal dari sayuran dan buahbuahan. 3. Sumber zat pembangun, yaitu berasal kacang-kacangan, makanan hewani dan hasil olahnya. Agar tercukupi masukan zat gizi yang seimbang, maka harus makan makanan yang beraneka ragam terdiri dari : 1. Makanan pokok. 2. Lauk-pauk : Nabati dan Hewani (misal : Ikan, Udang, Telur, dll) 3. Sayuran 4. Buah 5. Susu

Gizi Baik = Gizi seimbang (Asupan zat gizi = Kebutuhan zat gizi) Garis normal Asupan Kebutuhan .

Kurang Gizi = Gizi tidak seimbang (Asupan zat gizi < Kebutuhan zat gizi) Garis normal Asupan Kebutuhan .

Gizi Lebih = Gizi tidak seimbang (Asupan zat gizi > Kebutuhan zat gizi) Garis normal Kebutuhan Asupan .

MAKANAN UNTUK ANAK USIA 0-2 TAHUN .

DIBEDAKAN MENJADI 4 KELOMPOK UMUR : • • • • Bayi Umur 0 – 6 bulan : ………makanannya ? Bayi Umur 6 – 9 bulan : ………makanannya ? Bayi Umur 9 – 12 bulan : ………makanannya ? Bayi Umur 12 – 24 bulan : ………makanannya ? .

Makanan Lumat Bayi Umur 9 – 12 bulan : Makanan Lembik Bayi Umur 12 – 24 bulan : Makanan Keluarga .JENIS MAKANAN SESUAI UMUR : • • • • Bayi Umur 0 – 6 bulan : Bayi Umur 6 – 9 bulan : ASI SAJA.

PESAN-PESAN PENTING UNTUK ANAK USIA 0-2 TAHUN ( 11 PESAN ) .

Tambah Berat.PESAN KUNCI . . Tambah Pandai.1 Timbanglah Anak Anda Setiap Bulan. Anak Sehat. Tambah Umur.

PESAN KUNCI . baik .2 Bayi dan Anak yang mendapat ASI Sampai 2 tahun atau lebih Akan tumbuh kuat dan sehat serta berkembang dg.

3 Bayi dan Anak yang diberi MP-ASI Sampai 2 tahun atau lebih Akan tumbuh dan berkembang dengan baik .PESAN KUNCI .

PESAN KUNCI .4 Bubur MP-ASI yang cukup kental Akan memberikan energi lebih banyak bagi anak dari pada bubur MP-ASI yang encer .

PESAN KUNCI .5 MAKANAN SUMBER HEWANI Sangat baik untuk anak Agar anak tumbuh dan berkembang dengan baik .

PESAN KUNCI .6 KACANG-KACANGAN & HASIL OLAHNYA Seperti tahu dan tempe Adalah bahan makanan yang baik untuk anak .

7 SAYURAN DAN BUAH BERWARNA HIJAU TUA / KUNING / MERAH Membantu kesehatan mata anak Dan meningkatkan daya tahan tubuh melawan penyakit .PESAN KUNCI .

PESAN KUNCI .8 UNTUK PERTUMBUHAN YANG BAIK Anak membutuhkan 2-4 kali makan utama Disertai makanan selingan 1-2 kali yang beranekaragam .

PESAN KUNCI .9 SEIRING DENGAN PERTUMBUHAN ANAK Jumlah makanan yang dibutuhkan meningkat .

PESAN KUNCI .10 ANAK KECIL PERLU BELAJAR MAKAN Bujuk dan bantu dengan penuh kesabaran .

11 BUJUK ANAK UNTUK TETAP MAKAN DAN MINUM SELAMA SAKIT Dan berikan makanan tambahan dalam masa pemulihan Agar kesehatan anak cepat pulih kembali .PESAN KUNCI .

.

PENGISIAN KMS OU T 4. PENYULUHAN 5. PENIMBANGAN BALITA 3. PENDAFTARAN 2. PELAYANAN OLEH PETUGAS .ALUR KEGIATAN POSYANDU I N 1.

.

Bila grafik berat badan :   mengikuti grafik pertumbuhan pada KMS.1. catatan pelayanan kesehatan anak Grafik pertumbuhan normal anak sesuai umurnya pada KMS dapat digunakan untuk menentukan apakah seorang anak tumbuh normal. . memiliki risiko gangguan pertumbuhan atau kelebihan gizi. anak kemungkinan berisiko mengalami gangguan pertumbuhan atau kelebihan gizi. 2. 3. artinya anak tumbuh baik Tidak sesuai dengan grafik pertumbuhan normal. Fungsi utama KMS : alat untuk pemantauan pertumbuhan anak.

.

.

.

LANGKAH-LANGKAH PENGISIAN KMS 1. 3. 2. Memilih KMS sesuai jenis kelamin. Mengisi identitas anak dan orang tua pada halaman muka KMS. Mengisi bulan lahir dan bulan penimbangan anak .

LANGKAH-LANGKAH PENGISIAN KMS 4. Meletakkan titik berat badan dan membuat garis pertumbuhan anak .

LANGKAH-LANGKAH PENGISIAN KMS 5. Mencatat setiap kejadian yang dialami anak .

grafik berat badan mendatar atau kenaikan berat badan kurang dari KBM (>400 g) TIDAK NAIK. grafik berat badan memotong garis pertumbuhan dibawahnya atau kenaikan berat badan kurang dari KBM (<800 g) b.6. grafik berat badan mengikuti garis pertumbuhannya atau kenaikan berat badan lebih dari KBM (>500 g) TIDAK NAIK. TIDAK NAIK. . grafik berat badan menurun atau kenaikan berat badan kurang dari KBM (<300 g) c. d. e. NAIK. Menentukan Status Pertumbuhan Anak Berdasarkan KMS Balita a. grafik berat badan memotong garis pertumbuhan diatasnya atau kenaikan berat badan lebih dari KBM (>900 g) NAIK.

Mengisi catatan pemberian imunisasi bayi 8. Mengisi catatan Pemberian kapsul vitamin A .LANGKAH-LANGKAH PENGISIAN KMS 7.

LANGKAH-LANGKAH PENGISIAN KMS 9. Isi kolom Pemberian ASI Eksklusif .

. • Anjurkan untuk datang pada penimbangan berikutnya. Berat Badan Naik (N): • Berikan pujian kepada ibu yang telah membawa balita ke Posyandu • Jelaskan arti garis pertumbuhan yang tertera pada KMS bahwa berat badan anak naik danpertumbuhannya baik • Anjurkan kepada ibu untuk mempertahankan kondisi anak dan berikan nasihat tentangpemberian makan anak sesuai golongan umurnya.TINDAK LANJUT HASIL PENIMBANGAN 1.

dan mungkin anak mengalami gangguan pertumbuhan • Tanyakan dan catat keadaan anak bila ada keluhan (batuk. panas. dll) dan kebiasaan makan anak • Berikan penjelasan tentang kemungkinan penyebab berat badan tidak naik tanpa menyalahkan ibu. • Berikan nasehat kepada ibu tentang anjuran pemberian makan anak sesuai golongan umurnya • Anjurkan untuk datang pada penimbangan berikutnya . Berat Badan Tidak Naik 1 Kali ( 1-T) : • Berikan pujian kepada ibu yang telah membawa balita ke Posyandu • Jelaskan arti garis pertumbuhan yang tertera pada KMS bahwa berat badan anak masih kurang dari kenaikan berat badan minimum. diare.LANJUTAN 2. rewel.

Berat badan tidak naik 2 kali (2-T) atau berada di Bawah Garis Merah (BGM) : • Berikan pujian kepada ibu yang telah membawa balita ke Posyandu dan anjurkan untuk datang kembali bulan berikutnya. rewel. diare. • Berikan nasehat kepada ibu tentang anjuran pemberian makan anak sesuai golongan umurnya • Rujuk anak ke Puskesmas/Pustu/Poskesdes. dll) dan kebiasaan makan anak • Berikan penjelasan tentang kemungkinan penyebab berat badan tidak naik tanpa menyalahkan ibu. • Tanyakan dan catat keadaan anak bila ada keluhan (batuk. • Jelaskan arti garis pertumbuhan yang tertera pada KMS bahwa berat badan anak sudah tidak naik dua kali berturut-turut.LANJUTAN 3. . panas. dan anak mengalami gangguan pertumbuhan.

Risiko Gemuk : • Berikan pujian kepada ibu yang telah membawa balita ke Posyandu • Jelaskan arti garis pertumbuhan yang tertera pada KMS bahwa anak sudah kelebihan berat badan sehingga berisiko gemuk • Tanyakan kepada ibu kebiasaan makan. aktivitas anak.LANJUTAN 4. • Berikan nasihat sesuai golongan umurnya • Anjurkan untuk datang pada penimbangan berikutnya .

6 kg Bulan Agustus : 6.0 kg. dengan data berikut : Berat badan lahir : 3.3 kg Tugas : Plot pada KMS.0 kg Bulan Juli : 6.7 kg Bulan Mei : tidak datang ke posyandu Bulan Juni : 6. . lahir di Jakarta tanggal12 Februari 2008.3 kg  keluhan tidak mau makan Bulan April : 4. Tanggal Pendaftaran: 10 Maret 2008 Hasil Penimbangan : Bulan Maret : 3.6 kg Bulan September: 6.SOAL KASUS Seorang anak perempuan bernama Aida Fitri.

4 kg 2.Soal Kuis Bagaimana pertumbuhan Siti. jika berat badan berikut di plot dan dibuat garis pertumbuhannya pada KMS: Umur 1 bulan beratnya : 3.3 kg Umur 2 bulan beratnya : 3. Sebutkan alur/langkah-langkah kegiatan di posyandu 3. . Apa tindakan ibu kader jika ada anak yang berat badannya tidak naik? 1.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful