Program Studi Teknik Informatika

Fakultas Teknologi Informasi
Universitas Mercu Buana Yogyakarta
Kampus II, Jl. Jembatan Merah, Nomor 84.C. Gejayan, Yogyakarta 55283, Telp: (0274) 584922, 550704, Fax 550703

P–7 Materi Tambahan : Komputer Hardware

Komponen Komputer Komponen dasar komputer : 1. Mainboard/Motherboard 2. CPU 3. Casing 4. Memory 5. Monitor 6. Hardisk 7. Flopy Drive 8. DVD/CD ROM 9. VGA Card/PCI Express 10. Keyboard 11. Mouse Komponen tambahan : 1. Soundcard 2. Landcard 3. CD Writer/DVD Writer 4. Modem 5. Card Reader 6. Micropone 7. Camera

SQ – http://sidiq.mercubuana-yogya.ac. id – dnd_07june07@live.com - 1

hampir semua komunikasi harus melalui motherboard o Mengatur daya listrik pada setiap komponen Bagian Motherboard/Mainboard    SQ – http://sidiq. Telp: (0274) 584922.2 . Pada Motherboard juga terdapat socket untuk processor.Program Studi Teknik Informatika Fakultas Teknologi Informasi Universitas Mercu Buana Yogyakarta Kampus II. Jl. Dengan kata lain  sirkuit untuk meletakkan berbagai komponen yang mendukung kinerja komputer. Sound Card. Gejayan. Jembatan Merah.com . Internal Modem. dan lain-lain. slot-slot yang digunakan untuk pemasangan komponen kartu seperti VGA Card. id – dnd_07june07@live. Fax 550703 Mainboard/Motherboard  Motherboard atau mainboard merupakan papan utama dimana terdapat komponenkomponen serta chip controller yang bertugas mengatur lalu lintas data dalam sistem motherboard. Nomor 84.ac. 550704. mengatur dan menentukan alat (peripheral) yang bisa dipasang pada komputer o Kontrol. Yogyakarta 55283.mercubuana-yogya. Fungsi Motherboard o Organisasi. di dalam motherboard terdapat chipset dan program BIOS yang berfungsi mengatur data komponen komputer lain o Komunikasi.C.

Connector for integration peripheral .

6. o Ada 2 buah chipset pada motherboard :  Northbridge  Southbridge   . Socket Power 4 pin: berfungsi untuk daya listrik CPU/Prosesor 7. 11. 3. restart. Chipset Southbridge: berfungsi untuk mengatur perangkat penyimpanan data. jam. port speaker dan microphone 15. harddisk. 4. Socket Power 24 pin: berfungsi untuk menghubungkan ke power supply untuk daya listrik motherboard. 8. Keterangan : 1. booting device dan lain-lain. Socket SATA: berfungsi untuk menghubungkan hard disk dan DVD ROM drive. Slot PCI: berfungsi sebagai tempat kartu-kartu tambahan seperti soundcard. CPU Socket : berfungsi sebagai tempat Prosesor 2. tahun. 5. Socket IDE: berfungsi untuk menghubungkan ke harddisk dan DVD ROM drive. Slot memory: berfungsi sebagai tempat memori DDR2. Produsen Motherboard o ASUS o ABIT o ECS o GIGABYTE o MSI. memory dan slot PCI express. dvdrom. LAN card. dll Alur komunikasi motherboard o Untuk mengatur komunikasi antar komponen maka motherboard dilengkapi dengan chipset. modem internal. 12. bulan. Socket FDD: berfungsi untuk menghubungkan ke Floppy Disk Drive. 13. Slot PCI express 1x : berfungsi sebagai tempat dari VGA card pci express 9. lampu power. lampu harddisk. dan lain-lain. perangkat keluaran dan masukan yang transfer datanya kecil. Front Panel Connector: berfungsi untuk menghubungkan kabel-kabel di casing seperti tombol power. Kecepatan transfer data 133 MB/s. port USB di casing depan. Chipset BIOS: berfungsi untuk mengatur tanggal. Kecepatan transfer data 150 MB/s. TV tuner. 10. 14. Baterei BIOS: berfungsi untuk menyuplai tenaga listrik untuk chip BIOS ketika computer dimatikan. Slot PCI express 16x: berfungsi sebagai tempat dari VGA card. Chipset Northbridge: berfungsi untuk mengatur data dari CPU.

PCI Express bus 4.Northbridge Northbridge Connects CPU to: 1. Built-in audio 7. FireWire bus 4. Built-in display Adapter Southbridge Southbridge Connects CPU to: 1. Parallel port 6. ISA bus (earlier PCs) . Serial port 5. AGP bus 3. USB bus 3. ATA (IDE) Drives 2. RAM 2.

digunakan sebagai tempat untuk melindungi motherboard. menggunakan casing sebagai tempat beroperasi mengatur suhu dalam CPU. Workstation. Exhaust fan yang berfungsi sebagai pendingin ruang pun. Casing PC yang juga amat penting adalah sebagai tempat dudukan tombol-tombol maupun lampu-lampu 5. memilih prosesor dalam membangun suatu sistem sangat penting. Administrasi. 3. keyboard. Coba di arrange akan di pakai apa PC tersebut. atau kotoran lainnya pada saat bekerja 2. . Atau cuma sekadar punya saja Casing  Tempat untuk meletakkan semua komponen (perangkat keras komputer). dll yang diproses menjadi bahasa mesin yang hanya bisa dimengerti oleh komputer sendiri semacam translator gampangnya. Processor adalah sebuah IC yang mengontrol keseluruhan jalannya sebuah sistem komputer dan digunakan sebagai pusat atau otak dari komputer  Fungsi : o Memproses semua informasi dari input komputer yaitu mouse.Processor  Processor sering disebut sebagai otak dan pusat pengendali computer yang didukung oleh kompunen lainnya. control board. panas. air. Server. Multi Proses. Casing juga menjadi penting karena hampir semua periferal macam motherboard.  Kotak komputer yang berisi Processor.  Fungsi : 1. 4. harddisk. Motherboard dan peripheral lainnya. Casing juga punya tugas penting yaitu sebagai “kediaman” power supply yang memberikan tenaga buat semua komponen. Gaming. dan floppy drive menggunakan casing ini sebagai tempat dudukannya alias tempat bekerjanya sehari-hari. Melindungi berbagai komponen di dalamnya dari debu. o Karena fungsinya begitu besar. Editing. CD-ROM drive. power supply disk drive dan komponen-kompenen lainnya.

o Memori primer  tempat kerja bagi processor.  Contoh : RAM dan VRAM. Disket. Monitor  Sebuah output device yaitu untuk menampilkan data atau informasi ke layar. .  Detail akan dibahas pada pertemuan Memory setelah UTS. CD. o Memori sekunder  tempat menyimpan seluruh data yang bersangkutan dengan dokumen dan perangkat lunak. dll.  Contohnya  Hard disk. Flash disk (disebut dengan USB stick).  Fungsi : o sebagai tempat penyimpanan informasi yang harus diatur dan dijaga sebaik-baiknya. tempat menyimpan data yang akan diproses oleh processor.Memory  Merupakan sebuah tipe penyimpanan komputer yang isinya dapat diakses dalam urutan acak.

 Detail akan dibahas pada pertemuan Memory setelah UTS. lalu OS itu sendiri. IDE CONNECTOR Cable SATA Cable IDE .  Dengan kata lain  media penyimpan yang didesain untuk dapat digunakan menyimpan data dalam kapasitas yang besar.  Hard disk merupakan salah satu komponen yang menentukan kinerja PC. atau kaset. Semakin cepat harddisk bekerja. semakin cepat pula transfer yang dihasilkan. yang terpasang di dalam komputer dan dapat menyimpan data dengan lebih banyak dibandingkan dengan penyimpan data portabel seperti disket. CD-ROM.  Hard disk menyimpan bermacam-macam informasi. salah satunya informasi mengenai hardware yang ada di dalam PC tersebut.  Fungsi : o Sebagai media penyimpanan atau storage data secara permanen.Hardisk  Merujuk kepada sebuah komponen yang digunakan untuk menyimpan data.

41 MB. Kapasitas disket yang paling umum adalah 1. Tegangan 5 Volt.JUMPER DISK Untuk menentukan mana hardisk Primer dan mana Hardisk Sekunder yang biasanya disebut Master dan Slave. berfungsi untuk mesupply daya pada Logic Board agar dapat bekerja mengirim dan menerima data. .  Disket "dibaca" dan "ditulis" menggunakan floppy disk drive. Power supply pada hardisk ada dua bagian : 1. 2.  Detail akan dibahas pada pertemuan Memory setelah UTS. yang terletak di CPU.44 MB (seperti yang tertera pada disket). POWER CONNECTOR Adalah sumber arus yang langsung dari power supply. Tegangan 12 Volt. meski kapasitas sebenarnya adalah sekitar 1. berfungsi untuk menggerakkan mekanik seperti piringan dan Head. Jika HD lebih dari 1. Flopy Drive  Adalah sebuah perangkat penyimpanan data yang terdiri dari sebuah medium penyimpanan magnetis bulat yang tipis dan fleksibel dan dilapisi lapisan plastik berbentuk kotak atau persegi panjang.

 Komponen ini tidak mengalami perkembangan yang pesat. Untuk menggambar/desain grafis ataupun untuk bermain game.DVD/CD ROM  Compact Disk (CD) : adalah sebuah piringan optik yang digunakan untuk menyimpan data digital. o Dimulai dengan keyboard XT. VGA Card/PCI Express  VGA atau Video Graphics Adapter adalah standar tampilan komputer yang dipasarkan IBM pada tahun 1987.  Detail akan dibahas pada pertemuan Perangkat I/O Disc setelah UTS. Hanya dalam konektor dalam PC nya saja yang mengalami perkembangan. Contoh produsen : o GeForce buatan perusahaan Nvidia. yang pada awalnya dikembangkan untuk menyimpan audio digital. Kartu VGA berguna untuk menerjemahkan output (keluaran) komputer ke monitor.64. kita perlu VGA yang tinggi kekuatannya. keyboard PS2. Saat ini ada VGA dengan memori 16. keyboard USB dan yang baru berkembang sekarang ini adalah keyboard wireless. Keyboard XT .256 megabyte. 32.128.  Detail akan dibahas pada pertemuan Optical Disc setelah UTS. Merupakan alat input standart yang diperlukan dalam setiap PC. o ATI Radeon  Keyboard  Papan ketik adalah peralatan mengetik yang digunakan untuk menginput teks dan juga untuk mengontrol pengoperasian komputer. CD diperkenalkan pada tahun 1982. dan tetap menjadi format standar pemutaran rekaman audio komersial per pertengahan 2006.

o Mulai dari mouse serial. dan saat mouse optik.Keyboard PS/2 Keyboard Wirreless Mouse  Mouse merupakan komponen input yang sanagt diperlukan jika menggunakan sistem operasi grafis. mouse PS/2. mouse scroll. mouse serial . Mouse lebih banyak perkembangannya dari pada keyboard.  Detail akan dibahas pada pertemuan Perangkat I/O Disc setelah UTS.

Namun sekarang. yang dulunya hanyalah 2 kanal (stereo). yaitu sound card yang menempel langsung pada motherboard komputer. 2. Dilihat dari cara pemasangannya. Pada awalnya. namun sekarang sudah menggunakan Wavetable Synthesis Sedangkan untuk urusan digital audio. . yaitu sound card yang pemasangannya di slot ISA/PCI pada motherboard. kemudian 16 bit. seperti USB atau FireWire. sound card dibagi 3: 1. dan sekarang sudah 24 bit. Soundcard External.mouse PS/2 Mouse optik Mouse balls Soundcard  Sound Card adalah suatu perangkat keras komputer yang digunakan untuk mengeluarkan suara. pada awalnya menggunakan teknologi FM Synthesis. bahkan 32 bit. 3. sekarang sudah menggunakan PCI.  Untuk memainkan musik MIDI. adalah sound card yang penggunaannya disambungkan ke komputer melalui port eksternal. sound card adalah perangkat wajib di setiap komputer. Sound Card Onboard. Sound Card Offboard. Rata-rata. Kualitas nya pun sudah meningkat dari 8 bit. dari Creative Labs. Sound Card hanyalah sebagai pelengkap dari komputer. sekarang sudah menggunakan 4 atau lebih kanal suara (Surround). Salah satu contoh sound card yang terbilang sangat sukses adalah Sound Blaster.

dll) . Card Reader  Alat yang digunakan untuk membaca memory seperti (Stick Micro. CD Writer/DVD Writer  Alat ini digunakan untuk melakukan backup data ke sebuah Compact Disk. Modem  Modem (Modulator Demodulator) merupakan sebuah alat yang dapat mengubah sinyal analog menjadi sinyal digital dan sebaliknya sinyal digital menjadi sinyal analog.Landcard  LAN Card adalah alat yang digunakan untuk menyambungkan 2 buah komputer atau lebih dengan menggunakan media transmisi seperti kabel. infra merah dan lain sebagainya. MMC.

Referensi : http://www. .Micropone  Sebagai alat untuk input data dalam bentuk suara. Camera  Sebagai alat input data dalam bentuk image.com/computers/pc-motherboard.tutorialsweb.. Mahir merakit komputer. 2005.htm Ulum. Surabaya. Trubus Agrisarana. F.