ANGGARAN DASAR ORGANISASI MAHASISWA JURUSAN BIOLOGI FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM UNIVERSITAS NEGERI PAPUA

MANOKWARI Mukadimah Dengan berkat dan rahmat Tuhan Yang Maha Esa, sehingga Himpunan Mahasiswa Jurusan Biologi F-MIPA UNIPA dapat berdiri dengan kokohnya diantara sekian banyak organisasi kemahasiswaan intra Universitas, dimana kami sebagai para Civitas Organisatoris HMJ Biologi dan secara khusus pada para fungsionaris HMJ Biologi merasa bertanggung jawab terhadap masa depan Bangsa dan Negara Indonesia atau dapat dikatakan memiliki hak dan kewajiban sebagai insan pembangunan nasional pada masa kini dan pada masa yang akan datang. Meyadari besarnya tanggungjawab tersebut diperlukan satu kesatuan yang utuh dalam arah langkah pemikiran, gerak dan seluruh komponen mahasiswa Universitas Negeri Papua lebih khusus lagi yakni para mahasiswa Biologi F-MIPA UNIPA, agar dapat terwujudnya Visi dan Misi Universitas Negeri Papua yaitu “Science for Humannity“ dan Tri Dharma Perguruan Tinggi demi tercapainya tujuan utama pembangunan nasional yakni masyarakat Indonesia yang sehat, cerdas, adil dan makmur serta beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. BAB I NAMA, WAKTU DAN KEDUDUKAN Pasal 1 Nama organisasi ini adalah Himpunan Mahasiswa Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Papua yang disingkat menjadi HMJ Biologi FMIPA UNIPA Pasal 2 HMJ Biologi FMIPA UNIPA didirikan pada tanggal 24 Maret 2004 Pasal 3 HMJ Biologi FMIPA UNIPA berkedudukan di Universitas Negeri Papua BAB II ASAS, LANDASAN DAN SIFAT ORGANISASI Pasal 4 Asas HMJ Biologi FMIPA UNIPA adalah berasaskan Pancasila dan Tri Dharma Perguruan Tinggi

Terlibat aktif dalam kegiatan pembangunan nasional . Mewakili mahasiswa Biologi FMIPA secara organisasi kepada pemimpin FMIPA dalam perumusan kebijaksanaan dan kegiatan-kegiatan keluar dalam kapasitas sebagai HMJ Biologi FMIPA UNIPA setelah mendapat arahan dari pimpinan FMIPA 2. HMJ Biologi FMIPA UNIPA merupakan lembaga kemahasiswaan tertinggi di lingkungan Mahasiswa Biologi FMIPA UNIPA Pasal 8 Tujuan 1. TUJUAN DAN FUNGSI Pasal 7 Status 1. HMJ Biologi FMIPA UNIPA merupakan lembaga nonstruktural dalam lingkungan Birokrasi FMIPA UNIPA 2. kemahasiswaan. Membina kerja sama antara mahasiswa baik dalam ruang lingkup F-MIPA UNIPA maupun di luar ruang lingkup Jurusan Biologi 3. kekeluargaan dan kemasyarakatan BAB III STATUS. Mencegah dan membantu permasalahan yang dihadapi oleh mahasiswa ditingkat jurusan 5. Ikut membina serta meningkatkan intelektualitas dan profesionalitas mahasiswa di tingkat jurusan dan fakultas 4.Pasal 5 Landasan Organisasi ini berlandaskan UUD 1945 Pasal 6 Sifat Organisasi ini bersifat independen. Membina integritas dan solidaritas mahasiswa di lingkungan HMJ Biologi FMIPA UNIPA 2. Menjadi penampung dan penyalur aspirasi mahasiswa secara umum (Pasal 3 Kepmendikbut RI NO. Melakukan fungsi sinkronisasi dan koordinasi kegiatan-kegiatan kemahasiswaan di lingkungan HMJ Biologi FMIPA UNIPA 3. 155/U/1998) Pasal 9 Fungsi 1. keilmuan.

Bupati HMJ Biologi F-MIPA UNIPA 3. Bendahara HMJ Biologi F-MIPA UNIPA 6.BAB IV VISI. Bidang Kerohanian b. Wakil Bupati HMJ Biologi F-MIPA UNIPA 4. Pimpinan Bidang HMJ Biologi F-MIPA UNIPA yang meliputi : a. Bidang Kreatifitas e. Bidang Perlengkapan dan Humas BAB V LAMBANG DAN ATRIBUT Pasal 13 Lambang HMJ Biologi FMIPA UNIPA mempunyai lambang yang merupakan ciri khas dari Organisasi HMJ Biologi FMIPA UNIPA Pasal 14 Atribut Atribut Organisasi Kemahasiswaan (OM) HMJ Biologi FMIPA UNIPA mengacu pada lambang . Sekretaris HMJ Biologi F-MIPA UNIPA 5. MISI DAN STRUKTUR ORGANISASI Pasal 10 Visi Visi HMJ Biologi FMIPA UNIPA adalah menghasilkan dan menciptakan sumber daya manusia yang memilki pengetahuan dan ketrampilan dalam bidangnya dengan mengembangkan Iptek guna tujuan konservasi lokal Papua Pasal 11 Misi Misi HMJ Biologi FMIPA UNIPA adalah menyelenggarakan kegiatan organisasi internal kampus dalam lingkup HMJ Biologi dengan tujuan terciptanya lulusan yang handal dan bisa bersaing dalam dunia kerja Pasal 12 Struktur Organisasi Struktur HMJ Biologi F-MIPA UNIPA adalah sebagai berikut : 1. Pembina HMJ Biologi F-MIPA UNIPA 2. Bidang Pengembangan Organisasi c. Bidang Usaha Dana f. Bidang Lingkungan d.

Kepengurusan dan HMJ Biologi F-MIPA UNIPA sekurang-kurangnya terdiri dari : a.BAB VI PELINDUNG Pasal 15 Pelindung Pelindung HMJ BIOLOGI FMIPA UNIPA adalah Ketua Jurusan Biologi FMIPA UNIPA berkoordinasi dengan pihak Universitas Negeri Papua BAB VII PENANGGUNG JAWAB Pasal 16 Penanggung Jawab Penanggung jawab HMJ Biologi FMIPA UNIPA adalah Bupati HMJ Biologi FMIPA UNIPA BAB VIII PEMBINA Pasal 17 Pembina Pembina HMJ Biologi FMIPA UNIPA adalah tenaga dosen. Wakil Bupati Mahasiswa . Ketentuan-ketentuan lebih lanjut mengenai keanggotaan tersebut diatur dalam Anggaran Rumah Tangga BAB X KEPENGURUSAN Pasal 19 Pengurus 1. Bupati Mahasiswa ( Ketua Umum ) b. Anggota HMJ Biologi FjMIPA UNIPA adalah seluruh massa Mahasiswa Jurusan Biologi FMIPA UNIPA 2. tenaga administratif dan atau tenaga profesional di lingkungan Jurusan Biologi yang diusulkan oleh HMJ Biologi FMIPA UNIPA dan disetujui oleh Ketua Jurusan Biologi FMIPA UNIPA BAB IX KEANGGOTAAN Pasal 18 Anggota 1.

seluruh kegiatan perkuliahan ditiadakan. SU HMJ Biologi F-MIPA dilaksanakan satu kali dalam satu tahun 3. . menilai dan mengevaluasi laporan pertanggungjawaban badan pengurus HMJ Biologi F-MIPA UNIPA masa bhakti sebelumnya  Mengevaluasi pelaksanaan aktifitas program kerja kegiatan kemahasiswaan  Merumuskan dan menyusun serta menyusun GBHK  Membuat dan merumuskan tatakerja HMJ Biologi  Mendemisionerkan pengurus HMJ Biologi FMIPA UNIPA masa bhakti sebelumnya dan memilih serta menetapkan BUMA serta WABUMA HMJ Biologi FMIPA 4. ketua-ketua program studi dan seluruh staf dosen dan karyawan serta seluruh mahasiswa Biologi. Untuk itu sejak dimulai serta berakhirnya rapat umum. Sekertaris d.c. Sidang Istimewa diadakan khusus untuk membahas masalah penting dan mendesak dalam kegiatan CVIitas HMJ Biologi F-MIPA UNIPA. SU HMJ Biologi F-MIPA berfungsi untuk :  Mendengar. Rapat Pimpinan. Keputusan tertinggi HMJ Biologi FMIPA berada pada Sidang Umum HMJ Biologi FMIPA UNIPA 2. 5. Bendahara Pasal 20 Masa Bhakti Masa Bhakti Pengurus HMJ Biologi FMIPA UNIPA adalah 1 tahun terhitung sejak menerima mandat dari Sidang Umum HMJ Biologi dan khusus kepada BUMA yang tidak terpilih dapat dipilih kembali pada periode berikutnya BAB XI SIDANG DAN RAPAT Pasal 21 Sidang 1. Rapat Umum dipimpin oleh Ketua Jurusan Biologi. Badan Kepengurusan Harian (BPH) inti terdiri dari : a. Rapat Umum. 6. Wakul Bupati Mahasiswa c. Bupati Mahasiswa ( Ketua Umum ) b. Kepala Bidang 2. Sidang Istimewa (SI). Pada pelaksanaan rapat tersebut wajib dihadiri oleh para pembantu-pembantu Dekan. Sekertaris HMJ Biologi d. Bendahara e. Ketua-ketua Jurusan lainnya.

Memberikan penghargaan kepada anggota yang dianggap berjasa 7. lembagalembaga terkait dan sumber-sumber lain yang bersifat tidak mengikat. Pengurus HMJ Biologi FMIPA UNIPA mengadakan evaluasi 1 bulan sekali 6. Mengajukan berbagai usul kepada DPM FMIPA BAB XII PERBENDAHARAAN DAN KEUANGAN Pasal 23 Perbendaharaan Perbendaharaan HMJ Biologi FMIPA UNIPA adalah seluruh harta kekayaan yang berupa uang dan barang-barang. baik yang bergerak maupun tidak bergerak serta suratsurat berharga Pasal 24 Keuangan Keuangan diperoleh dari iuran wajib anggota HMJ Biologi FMIPA UNIPA. Rapat Kerja adalah rapat Kepengurusan HMJ Biologi yang merancang program kerja dan anggaran belanja 5.Pasal 22 Rapat Rapat HMJ Biologi FMIPA UNIPA terdiri dari : 1. serta usaha dan kreatifitas anggota BAB XIII Peninjauan dan Perubahan Pasal 25 Peninjauan Peninjauan Anggaran Dasar hanya dapat dilakukan pada Sidang Umum HMJ Biologi atau Sidang Istimewa (SI) Pasal 26 Perubahan . Rapat Badan Pengurus Harian adalah rapat yang diadakan secara berkala 4. Rapat umum diadakan oleh HMJ Biologi FMIPA UNIPA guna mendengar saran dan pendapat dari anggota HMJ Biologi FMIPA dalam rangka pengambilan keputusan yang berkaitan dengan suatu kejadian dan atau perkara yang menyangkut hajat hidup orang banyak 2. Rapat Pimpinan dilaksanakan untuk koordinasi dan atau evaluasi dalam rangka masalah penting dan mendesak yang dihadiri oleh pengurus inti HMJ Biologi FMIPA UNIPA 3.

Perubahan Anggaran Dasar dilakukan setelah melakukan peninjauan terhadap hal-hal tertentu dalam Anggaran Dasar yang disepakati untuk ditinjau kembali yang didasari oleh pertimbangan tertentu dan disetujui oleh sekurang-kurangnya 2/3 dari jumlah peserta sidang umum atau Sidang Istimewa BAB XV ATURAN PERALIHAN Pasal 27 Jika dalam Anggaran Dasar ini terdapat hal-hal yang bertentangan dengan ketentuan dari pihak Universitas Negeri Papua. maka pengurus harus menyesuaikan dengan ketentuan tersebut sesuai dengan situasi dan kondisi BAB XVI PENUTUP Pasal 27 1. Hal-hal yang belum diatur dalam Anggaran Dasar akan diatur dalam Anggaran Rumah Tangga 2. Anggaran Rumah Tangga tidak boleh bertentangan dengan anggaran dasar 3.12 WIT . Anggaran Dasar berlaku sejak disahkan dan ditetapkan Ditetapkan di Ruang Kuliah BIO 1 Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Papua Tanggal 16 Juni 2012 Pukul 14.

Yang bersangkutan meninggal dunia 2. Tidak lagi menjadi mahasiswa Biologi 3. Yang bersangkutan cuti akademik BAB II Hak dan Kewajiban Pasal 3 Hak Anggota HMJ Biologi FMIPA UNIPA berhak untuk: 1. Berpartisipasi aktif dalam organisasi . Membayar iuran anggota 4. Memberikan saran. Menjunjung tinggi nama baik almamater 3. Mentaati dan melaksanakan AD-ART organisasi 2.ANGGARAN DASAR ORGANISASI MAHASISWA JURUSAN BIOLOGI FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM UNIVERSITAS NEGERI PAPUA MANOKWARI BAB I KEANGGOTAAN Pasal 1 Anggota F-MIPA UNIPA adalah seluruh massa Mahasiswa Jurusan Anggota HMJ Biologi Biologi FMIPA UNIPA Pasal 2 Hilangnya Keanggotaan Keanggotaan HMJ Biologi FMIPA UNIPA akan berakhir jika : 1. kritik dan aspirasi tentang HMJ Biologi FMIPA UNIPA Pasal 4 Kewajiban Anggota HMJ Biologi FMIPA UNIPA wajib untuk : 1. Jurusan Biologi dibubarkan 4. Mengikuti secara aktif seluruh kegiatan yang dilaksanakan dalam wadah HMJ Biologi FMIPA UNIPA 2.

Tugas dan Wewenang Sekretaris 1. Tugas dan Wewenang Wakil Bupati 1. Memaraf surat-surat keluar dan masuk yang ditujukan kepada BUMA 2. BUMA tidak berada di tempat atau sakit. GBHK HMJ Biologi FMIPA UNIPA dan kebijakan yang digariskan oleh pimpinan HMJ Biologi FMIPA UNIPA 2. Menandatangani surat-surat keluar setelah ditandatangani oleh sekretaris HMJ Biologi FMIPA UNIPA dan bertindak untuk dan atas nama HMJ Biologi FMIPA UNIPA 6. bendahara dan kepala Bidang HMJ Biologi FMIPA UNIPA 2. Bersama BUMA menyiapkan konsep-konsep dan bahan-bahan yang diperlukan dalam penentuan kebijakan organisasi 6. Bersama BUMA dan unsur-unsur pengurus lainnya menginventarisasi masalahmasalah yang timbul guna menemukan pemecahannya 5. Mengadakan pembagian tugas dengan WABUMA dalam rangka meningkatkan dan mengembangkan organisasi 4.BAB III TUGAS DAN WEWENANG BADAN PENGURUS HARIAN Pasal 6 Tugas dan wewenang Badan Pengurus Harian HMJ Biologi FMIPA UNIPA adalah sebagai berikut : A. yang dibuktikan dengan surat keterangan dari pihak yang berwenang 4. Memberikan saran kepada BUMA dalam rangka memberikan keputusan yang dilakukan bila keadaan mendesak C. Bersama unsur-unsur pengurus lainnya menginventarisasi masalahmasalah yang timbul guna menemukan pemecahannya 7. Bersama BUMA dan WABUMA dan unsur-unsur pengurus lainnya menginventarisasi masalah-masalah yang timbul untuk menemukan pemecahannya . Memimpin rapat-rapat HMJ Biologi FMIPA UNIPA 5. Melaksanakan tugas yang telah diberikan oleh BUMA dalam rangka mengembangkan dan meningkatkan organisasi 3. Memimpin HMJ Biologi FMIPA UNIPA berdasarkan AD/ART HMJ Biologi FMIPA UNIPA dan bertanggung jawab atas jalannya Organisasi AD/ART. Bersama-sama BUMA memilih sekertaris. Sacara otomatis mengambil alih tugas dan tanggungjawab BUMA Bila : a. Dapat menunjuk WABUMA secara tertulis untuk melaksanakan tugas BUMA bila berhalangan B. Tugas dan wewenang Bupati HMJ BIOLOGI 1. Bersama-sama WABUMA memilih sekretaris HMJ Biologi FMIPA UNIPA dan bendahara HMJ Biologi FMIPA UNIPA dan Ketua Bidang HMJ Biologi FMIPA UNIPA 3. BUMA meninggal dunia b.

3. Melaksanakan hal-hal yang telah ditetapkan dalam Musyawarah Umum Anggota 2. 6. Bersama WABUMA memberikan saran kepada BUMA dalam hal pengambilan keputusan terhadap ikhwal yang mendesak 4. Mengawasi pelaksanaan panitia-panitia yang dibentuk sesuai bidangnya Pasal 7 Pengurus HMJ BIOLOGI FMIPA UNIPA disahkan oleh Rektor Universitas Negeri Papua atau yang mewakili Pasal 8 Pengurus HMJ BIOLOGI FMIPA UNIPA mempunyai tugas : 1. Menunjuk seorang staf bendahara secara tertulis untuk menggantikan tugas HMJ BIOLOGI bendahara apabila berhalangan. E. Tugas dan wewenang Bendahara 1. Bertanggung jawab atas pelaksanaan program yang telah disetujui oleh HMJ Biologi FMIPA UNIPA dalam sidang program kerja dan anggaran pendapatan serta belanja HMJ Biologi FMIPA UNIPA 4. Bertanggung jawab atas teknis penggunaan keuangan HMJ Biologi FMIPA UNIPA 5 . Menunjukkan staf sekretaris secara tertulis untuk menggantikannya jika berhalangan D. Melaksanakan keputusan-keputusan yang diambil dalam setiap rapat yang dilakukan . 7. Tugas dan Kewajiban Pimpinan Bidang 1. Menyusun rencana-rencana pengendalian dan pengelolaan sumber-sumber dana HMJ Biologi FMIPA UNIPA. Bersama BUMA bertanggung jawab atas keuangan dan dana operasional HMJ Biologi FMIPA UNIPA 2. Menyimpan uang HMJ Biologi F-MIPA UNIPA dalam rekening bank atas nama HMJ Biologi FMIPA UNIPA 3 . Memilih dan menunjuk panitia pelaksana program kerja yang telah disetujui oleh HMJ Biologi FMIPA UNIPA dalam sidang program kerja dan anggaran pendapatan serta belanja HMJ Biologi FMIPA UNIPA 5. Memilih staf bidang 2. Menyusun laporan pertanggungjawaban keuangan HMJ Biologi FMIPA UNIPA. Menyusun program kerja sesuai bidangnya termasuk menjajaki adanya kerja sama dengan organisasi internal maupun eksternal kampus 3. Mengadakan pembagian tugas diantara para staf dalam rangka mengkoordinir kegiatan administrasi seluruh kegiatan organisasi 5. Menandatangi cek atau kuitansi pengeluaran dana HMJ Biologi FMIPA UNIPA atas persetujuan BUMA 4.

ketentuan dan peraturan baru demi kelangsungan HMJ BIOLOGI FMIPA UNIPA BAB IV DEWAN PENASEHAT ORGANISASI Pasal 10 1. Bertujuan untuk menetapkan AD/ART dan program kerja selama satu tahun kepengurusan . Menyatakan dan menetapkan garis-garis haluan organisasi 2. Dewan Penasehat Organisasi berjumlah 5 orang yang terdiri dari mantan Komandan sebelumnya dan alumni yang ditunjuk langsung oleh Komandan HMJ BIOLOGI FMIPA UNIPA dengan kesepakatan bersama atau kedua belah pihak 2. Mewakili atau menunjuk anggota sebagai utusan organisasi dalam kegiatan yang bersifat positif. membina dan mengawasi pelaksanaan operasional kegiatan HMJ BIOLOGI FMIPA UNIPA 4. Menentukan kebijaksanaan. Memberikan pengarahan dan konsultasi atas seluruh kegiatan UKM KSR-PMI UNIPA BAB V RANGKAP JABATAN Pasal 11 Komandan HMJ BIOLOGI FMIPA UNIPA tidak boleh merangkap jabatan sebagai Ketua Umum organisasi lain di dalam lingkungan Universitas Negeri Papua dan organisasi kepalangmerahan di luar lingkungan Universitas Negeri Papua BAB VI RAPAT-RAPAT Pasal 12 Rapat-rapat dalam HMJ BIOLOGI FMIPA UNIPA terdiri dari : 1. baik di dalam maupun di luar lingkungan Universitas Negeri Papua 4. Rapat Kerja a. Menerima dan memberhentikan anggota berdasarkan musyawarah mufakat 5.3. Tugas dan wewenang Dewan Penasehat Organisasi a. Menyusun dan menetapkan program kerja 3. Melakukan monitoring dan evaluasi terhadap kinerja kepengurusan UKM KSR-PMI UNIPA c. Memimpin. Memberikan saran dan usulan kepada Komandan UKM KSR-PMI UNIPA b. Berperan aktif dalam berbagai kegiatan yang berhubungan dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi 5. Menyampaikan laporan pertanggungjawaban kepengurusan dalam Musyawarah Umum Anggota Pasal 9 Pengurus mempunyai wewenang : 1.

Bertujuan untuk koordinasi antara kepala dan anggota divisi serta mempersiapkan pelaksanaan dan evaluasi program kerja divisi Dihadiri oleh kepala dan anggota divisi c. Dihadiri oleh Badan Pengurus Harian c. Jika Komandan berhalangan. BPH. Segala bentuk keputusan dalam kegiatan HMJ BIOLOGI FMIPA UNIPA yang telah diambil oleh Kepala divisi ataupun PJ kegiatan dan atau anggota harus melalui sepengetahuan dan disetujui oleh Komandan 5. Diadakan satu tahun sekali di awal kepengurusan 2. Rapat Koordinasi a. Bila Komandan mengundurkan diri atau mangkat sebelum akhir periode kepengurusan. Rapat BPH a. maka keputusan dapat diambil oleh wakil Komandan atau Kepala divisi dan atau PJ kegiatan dan atau anggota yang mendapat wewenang dari Komandan Pasal 14 1. alumni dan anggota c. Sebelum diberhentikan dari kepengurusan pihak yang bersangkutan diberi teguran dan peringatan tertulis sebanyak tiga kali 3. Diadakan secara kondisional BAB VII PENERTIBAN Pasal 13 1. Pembina. alumni dan anggota c. BPH baru. Diadakan secara kondisional 3. Bertujuan untuk mempersiapkan program kerja dan membahas permasalahan internal maupun eksternal b. b. Rapat divisi a. Dihadiri oleh BPH lama. Bertujuan untuk mempersiapkan pelaksanaan program kerja Dihadiri oleh fungsionalis pengurus Diadakan jika di perlukan 5. Dihadiri oleh DPO. Pembina. Bertujuan untuk koordinasi antar BPH serta menyiapkan program kerja selanjutnya dan mengevaluasi program kerja sebelumnya b. b. Keputusan untuk diberhentikan dari kepengurusan dilakukan pada saat rapat sidang istimewa yang dipimpin oleh pembina apabila yang diberhentikan adalah Komandan 4. Penggantian kepengurusan dilanjutkan pemilihan pengurus yang baru selambatlambatnya satu minggu 2. Diadakan minimal sebulan sekali selama periode kepengurusan 4. Pengurus yang tidak aktif selama tiga bulan dalam organisasi dapat diberhentikan dari kepengurusan pada periode yang bersangkutan 2. c. Rapat Besar a. maka Wakil Komandan akan menggantikan tugas Komandan sampai akhir periode kepengurusan .b.

Pengurus memutuskan segala perbedaan pendapat mengenai penafsiran Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga 3.3. Anggaran Rumah Tangga ini mulai berlaku sejak tanggal dan waktu yang ditetapkan Ditetapkan. Hal-hal yang belum diatur dalam Anggaran Rumah Tangga akan diatur kemudian dalam kebijakan umum HMJ BIOLOGI FMIPA UNIPA 2. Keputusan perubahan Anggaran Rumah Tangga sah apabila dihadiri sekurangkurangnya setengah di tambah satu dari kuorum BAB IX Reshuffle kepengurusan Pasal 16 Apabila BPH tidak aktif dan tidak dapat melaksanakan tugas dan wewenang dengan baik.42 KOMANDAN UKM KSR-PMI UNIPA Ni’matut Tamimah . Pemilihan Komandan baru dapat dilaksanakan jika dan hanya dihadiri oleh setengah ditambah satu dari anggota yang hadir BAB VIII PERUBAHAN ANGGARAN RUMAH TANGGA Pasal 15 1. Surabaya 12 Februari 2011 Pukul 15. maka bisa diberhentikan dengan mengadakan Rapat Besar dan disepakati oleh musyawarah mufakat BAB X PENUTUP Pasal 17 1. Anggaran rumah tangga hanya dapat diubah dalam Rapat Kerja anggota HMJ BIOLOGI FMIPA UNIPA 2.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful