Being responsible is our foundation Thinking ahead makes it possible Innovation is the essence

Di gedung riset dan pengembangan Grundfos yang terletak pada lokasi yang tertinggi daripada bangunan-bangunan disekitarnya adalah komitmen yang sedang berlangsung yang mencakup investasi lebih dari US$ 55 ribu per tahun. Grundfos adalah pabrik pompa pertama di dunia yang memperoleh sertifikasi standar kualitas ISO 9001. Saat ini, seluruh perusahaan produksi Grundfos telah memperoleh sertifikasi Standar Jaminan Kualitas produksi 9000. Angka kegagalan Pompa Grundfos SP, motor, dan sistim kontrol saat ini adalah kurang dari 1%.

PT GRUNDFOS POMPA
JI Rawasumur III Blok III CC. 1 Kawasan Industri Pulogadung, Jakarta 13930 Tel. 021 4606909 Fax. 021 4606901 Email : sales_indonesia@grundfos.com www.grundfos.com

GRUNDFOS SP Pompa Submersible Grundfos – solusi yang optimal .

Grundfos SP – dirancang untuk tahan lama lama di bawah tanah. Ketahanan terhadap keausan yang disebabkan oleh pasir dan material abrasif lainnya. Pilihan pompa dan motor yang lengkap dengan kapasitas 0-475 m³ /jam Pemilihan yang tepat dapat memberikan peningkatan efisiensi dan mengurangi biaya energi Bagian luar dan dalam 100% terbuat dari bahan »stainless steel« yang bermutu tinggi dan memberikan kehandalan yang maksimal. Ketahanan terhadap air yang agresif Perlindungan terhadap kelebihan temperature yang berakibat »motor terbakar« Perlindungan terhadap kekeringan sumber air Pemantauan dan komunikasi melalui unit kontrol CU 3 untuk pengoptimalan sistem perpompaan 2 Grundfos SP > .

seperti penyediaan air baku. irigasi. pompa Grundfos SP memberikan solusi dengan efisiensi yang tinggi Jenis pompa submersible Grundfos SP terkenal akan kehandalan dan efisiensi yang tinggi.. tidak ada pompa submersible lain yang mampu memberikan sebanyak keuntungan yang akan anda dapatkan dari sebuah pompa SP Grundfos. Selain itu. Seluruhnya dibuat dari bahan stainless steel yang tahan karat. sistem pemantauan dan sistem kontrol lengkap tersedia untuk pengoptimalan yang konstan dari sistem perpompaan. perlindungan kebakaran pada motor. peningkatan tekanan. Dibuat untuk memberikan efisiensi yang optimal sesuai dengan kebutuhan air.dan perawatan yang mudah. pompa SP cocok untuk pemakaian yang bervariasi. pompa SP memberikan biaya operasi jangka panjang yang rendah dan kehandalan operasi apapun aplikasinya. Grundfos SP memberikan keuntungan-keuntungan yang unik kepada para pemakainya. Nyatanya. ketahanan yang relatif tinggi terhadap pasir dan material abrasif lain.selain itu juga dapat digunakan untuk sejumlah aplikasi di industri.Apapun yang anda butuhkan. Teknologi yang handal Pompa Grundfos SP dibuat dari bahan-bahan terbaik dan memberikan rancangan hidrolik yang canggih. Grundfos SP > 3 . efisiensi yang tinggi. dan pengurasan.

H [m] 600 400 200 SP 360-G SP 270-G 100 SP 14 A SP 160 SP 125 SP 46 SP 2A SP 3A SP 30 SP 5A SP 1A 40 20 10 1 2 4 6 8 10 20 40 60 SP 77 SP 95 SP 17 60 100 200 SP 215 SP 8A SP 60 400 600 Q[m3/h] Kurva pompa Grundfos SP 4 Grundfos SP > . pompa SP Grundfos memenuhi segala kebutuhan yang diinginkan. 8. Sebagai pilihan. seperti pasir. seperti air yang mengandung minyak. “Chamber” dan “impeller” pompa SP dibuat dari “stainless steel” yang berkualitas tinggi. atau untuk kondisi terburuk.-Nr. 10 dan 12 inchi. 4301 (AISI 304). Bahan-bahan yang relatif tahan pasir dan desainnya Kebanyakan pompa submersible dapat beroperasi pada air yang bersih.4539 (AISI 904 L).4401 (AISI 316). pompa-pompa tersedia dengan komponen karet terbuat dari “Viton®” untuk air yang agak terkontaminasi. Pada kenyataannya. air tanah sering mengandung material abrasif.-Nr.1. 1. pompa SP juga tersedia dalam “stainless steel” dengan kualitas sangat tinggi DIN W. semua model Grundfos SP seluruhnya dibuat dari stainless steel DIN W. Sesuai standar. DIN W. Dimana cairain-cairan agresif sering kali ditemukan. 6.Memenuhi semua kebutuhan anda Pompa submersible Grundfos SP terdiri dari berbagai model dengan diameter 4.-NR 1. pompa SP dirancang agar partikel-partikel dapat dikeluarkan dari pompa bersama dengan cairan. Untuk meminimalkan keausan dan memberikan keawetan yang maksimal dan kinerja yang optimal. Dengan kapasitas sampai 475m3/jam dan tekanan sampai 670 m. yang cepat atau lambat akan merusak pompa dan motor.

Grundfos SP > 5 . jika tidak kami akan menurunkan tenaga ahli untuk bekerja untuk mengembangkan suatu solusi yang dapat memenuhi kebutuhankebutuhan khusus anda. dan kemampuan servis. sebagai tambahan dari jenis pompa SP standar. kami akan menganalisa inti permasalahan tanpa mengabaikan standar kami dalam hal kehandalan. Dengan kerjasama yang baik dengan para pelanggan. Seringkali SP standar mampu melaksanakan pekerjaan. kami memberikan sejumlah solusi yang khusus dirancang untuk keadaankeadaan khusus atau kondisi-kondisi aplikasi yang unik. Konsekuensinya. tetapi di Grundfos kami mempunyai kebijakan tidak pernah berkata tidak pada pelanggan. . kinerja.Solusi yang disesuaikan Tidak ada pompa standar yang memiliki model untuk setiap aplikasi tertentu.

10/ kWh-penghematan sejumlah kurang lebih US$ 12. harus dibuat sesuai dengan kebutuhan. Efisiensi pompa yang tinggi. melalui pelatihan dan logistik yang dapat diandalkan. operasi pompa yang dapat diandalkan. seperti Grundfos definisikan. Agar mendapatkan keuntungan penuh lebih dari US$ 55 juta yang Grundfos keluarkan untuk riset dan pengembangan setiap tahunnya. beroperasi 8 jam sehari dengan biaya listrik US$ 0.Mengurangi biaya-biaya operasi anda Total biaya kepemilikan dan operasi suatu pompa mencakup lebih dari sekedar biaya awal. Biaya awal 5% Biaya perawatan 10% Biaya listrik 85% Grundfos WinCAPS untuk pemilihan sistem yang optimal Semua dimulai dengan pemilihan sistem perpompaan. ini mencakup jumlah total biaya kelangsungan hidup dari pompa itu sendiri dan keuntungankeuntungan anda memiliki hubungan bisnis dengan Grundfos. Bagian penting dari “Cost of Ownership” (biaya kepemilikan).000 dapat diperoleh dengan memilih sebuah pompa dengan angka efisiensi 10% lebih tinggi. dan respon yang cepat pada permintaan servis adalah aspek penting lain dari biaya total kepemilikan anda. adalah bagaimana kami dapat membantu anda mengurangi biaya-biaya operasi dengan menyediakan saran teknis. Grundfos WinCAPS adalah suatu software yang sangat canggih dirancang khusus untuk membantu pelanggan kami dalam membandingkan alternatifalternatif biaya diantara solusisolusi pompa. kondisi instalasi sebenarnya harus dianalisa dengan lengkap dan pemilihan sistem pompa yang benar. Pemilahan biaya jangka panjang untuk pemasangan air tanah Kalkulasi sederhana akan menunjukkan bahwa efisiensi pompa yang meningkat dimasukkan kedalam penghematan jangka panjang. Misalnya pompa dioperasikan pada 100 m3/ jam dengan tekanan 75 m selama 10 tahun. 6 Grundfos SP > .

“Cost of Ownership” (biaya kepemilikan) adalah pemikiran ke depan dan apa yang ada dibalik biaya perawatan. Pompa Grundfos SP. Grundfos WinCAPS berisi informasi lengkap mengenai semua pompa Grundfos. termasuk kurva kinerja. Dalam hal ini. adalah penting untuk mengingat bahwa pompa Grundfos SP anda layak mendapatkan sistem perpipan yang baik agar dapat memperoleh keuntungan dari efisiensi pompa dan motor yang dikembangkan oleh Grundfos. Erosi dan korosi dari suatu pompa artinya kerusakan pada material dan akibatnya . Ini menghapus biaya tak terduga dan memastikan operasi bebas masalah setiap saat. penurunan dalam kinerja dan efisiensi pompa. Memberikan fitur-fitur seperti “octagonal bearings”(bantalan segi delapan) dan “built-in sand shields” (pelindung pasir). Fitur pengoptimalan dalam WinCAPS memungkinkan anda untuk dapat membetulkan setiap bagian dalam sistem pompa anda dan untuk menemukan cara operasi yang paling efektif. tidak berguna lagi jika efisiensi mulai menurun ketika pompa mulai dioperasikan. efisiensi tinggi dari sebuah pompa baru. yang memastikan bahwa partikel-partikel terbuang dari pompa dan motor dengan air itu sendiri. pompa Grundfos SP memberikan ketahanan terhadap material abrasif dan korosif. Hasilnya akan menjadi analisa operasi yang sempurna menjelaskan spesifikasi yang cocok untuk seluruh sistem pompa anda. berdasarkan sumber dan kebutuhan anda. Kehandalan yang maksimal Kehandalan adalah suatu ukuran keseluruhan yang penting dalam sistem operasi-dan juga dalam penghitungan “Cost of Ownership” (biaya kepemilikan). Karena itu pompa-pompa Grundfos SP keseluruhannya dibuat dari bahan stainless steel yang sangat baik.Ada lebih banyak lagi dari pada hanya yang terlihat dengan mata…. gambar instalasi dan informasi servis.. Dalam “Cost of Ownership« ( biaya kepemilikan). biaya listrik dan keuntungan-keuntungan mempunyai hubungan bisnis dengan Grundfos. Penggunaan fitur pemilihan pompa dari software kami membantu anda menggambarkan akibat perubahan-perubahan ukuran pompa atau sistem operasi. Bahan ini memastikan efisiensi tinggi dan biaya listrik yang rendah selama pompa beroperasi. Kinerja yang terjaga Dibuat khusus dari komponen-komponen “stainless steel”. Analisa Operasi Staf kami yang terlatih khusus dapat membuat suatu perbedaan dengan membantu anda melakukan analisa kebutuhan anda. 7 . motor dan sistem kontrol dirancang untuk menyediakan kehandalan maksimal dalam semua kondisi operasi.

perlu diingat bahwa motor juga sama pentingnya dengan pompa. digunakan untuk pompa Grundfos SP. Canned Motor submersible tersedia sampai ukuran 30 kW (40hp). Efisiensi hidrolik tidak akan berdiri sendiri. Motor ini umumnya semua terbuat dari “stainless steel”. Itulah sebabnya Grundfos telah mengembangkan motor submersible yang sangat efisien dan lengkap yang sesuai dengan kebutuhan dari pompa SP. mendapatkan pengakuan diantara yang terbaik di pasaran. 8 Grundfos SP > . sementara motor yang dapat digulung tersedia dalam ukuran sampai 250 kW (340 hp). motor terisi air tersedia dalam dua versi dengan ukuran bervariasi dari 4 inchi sampai 12 inchi. Kabel yang terlalu kecil akan mengurangi efesiensi motor dan akan menyebabkan kelebihan panas(overheating) pada motor. Perhatian juga harus dipusatkan pada kabel submersible. Efisiensi motor yang tinggi Ketika memfokuskan pada efisiensi. Sebagai tambahan.Motor yang membuat suatu perbedaan Motor MMS dan MS Grundfos yang berefisiensi tinggi. Pengurangan cable loss (faktor kehilangan) menimbulkan penghematan Pengalaman membuktikan bahwa dengan pompa submersible 75kW dan kabel sumersible 75m.280 dan biaya pengembalian kurang dari 1 tahun. Pompa Grundfos SP memberikan angka kegagalan yang sangat rendah. Perlindungan terhadap MOTOR TERBAKAR Hampir semua kerusakan motor yang terjadi pada pompa submersible disebabkan oleh terlalu tingginya temperatur pada motor.800 kWh setelah 10 tahun pompa beroperasi. Ini sama dengan USD 11. Oleh sebab itu Grundfos merekomendasikan maksimum 1% »cable lost« (factor kehilangan). penghematan yang diperoleh dari 1% penurunan voltase (ukuran kabel 2 kali lebih besar) dibandingkan penurunan voltase 3% menimbulkan tidak kurang dari 112. versi industri yang dirancang khusus dengan peningkatan efisiensi 2-5% juga tersedia. Jenis ini akan mempunyai masa operasi yang lebih panjang.

1.4301 (AISI 316).-Nr.5 hp) sampai 30 kW (40 hp) Grundfos MMS Grundfos MMS range 3.37 kW (0. DIN W.4539 (AISI 304 L) atau besi tuang (cast iron) Grundfos MS All-stainless steel. Gulungan Konstruksi motor yang dapat digulung untuk biaya perbaikan motor yang rendah yang dapat dilakukan sendiri. Tersedia dengan berbagai “jenis stainless steel” DIN W.190 kW (260 hp) for 9 . dan 3. Juga tersedia dengan material lain dan lip seal.-Nr.250 kW (340 hp) for 50 Hz. 1. mulai 0. R100 dan G100 Kabel Kabel yang telah direkomendasikan untuk air minum.7 kW (5 hp) .Pemantauan Pengaman motor dan penggunaan energi yang optimal dapat dilakukan dengan fasilitas pemantauan CU 3. SM 100. Air panas Versi air panas tersedia dengan kabel PE2 + PA Efisiensi Efisiensi tinggi memberikan penghematan energi Beban Kemampuan menerima beban yang tinggi Kontaminasi Desain motor dengan pendingin air mencegah kontaminasi air. Kabel tanah (arde) Tersedia kabel tanah di dalam dan di luar Sensor Proteksi temperatur dengan bantuan sensor Pt 100 Shaft seal Shaft seal mekanis berketahanan tinggi terbuat dari SiC/SiC. Korosi Bahan yang berkualitas tinggi yang anti korosi.7 kW (5 hp) .

Tanpa data anda tidak dapat mengontrolnya. Dengan menghitung biaya volume air yang dipompa (kWh/m3) memungkinkan untuk beroperasi pada angka efisiensi tertinggi dan untuk memberikan prioritas pada pompa-pompa dengan biaya terendah. Tanpa akses yang akurat dan data yang terkini (up-to-date) situasi ini dapat dengan mudah terjadi. Ketika pompa dipasang dan dioperasikan.atau pompa yang salah pilih. Pemilik pompa membutuhkan akses data pompa yang dapat dipercaya agar dapat mengoptimalkan efisiensi pompa dan pemakaian energi. adalah suatu alat perlindungan motor elektronik yang mampu memonitor pompa. Dengan sensor yang dipasang di dalam sumur.dan menggantikannya dengan pompa baru yang berefisiensi Tinggi.Tujuan kami adalah menempatkan anda untuk mengontrol semuanya Agar mendapatkan keuntungan sempurna dari pompa Grundfos SP dengan efisiensi tinggi. Pemantauan dan pengendalian secara “Online” Unit kontrol Grundfos CU 3. Analisa anda mungkin juga menceritakan pada anda bahwa ini adalah saatnya untuk menarik pompa tua yang telah tidak terpakai. operasi dengan penurunan level air sampai 10 m dapat mengakibatkan biaya listrik naik sampai 25% atau lebih. 10 Grundfos SP > . operasi harus terjadi pada puncak efisiensi. level air dan biaya pemompaan air dapat dihitung. Sebagai contoh mengapa data pompa suatu hal yang penting. yang ditentukan untuk kondisi kinerja yang aktual. motor dan kinerja sumur melalui remot kontrol R100.

secara online. misalnya data vital pompa dan motor pada PC tool atau sistem monitor (SCADA). Waktu yang optimal untuk servis atau perawatan Servis dan perawatan sistem pompa sering terjadi pada jangka waktu tetap atau lebih buruk lagi. memungkinkan untuk memilih waktu yang optimal untuk perawatan atau servis pompa. secara langsung atau melalui Grundfos G100 gateway data logger. Hanya dengan memantau secara terus menerus. CU 3 juga dapat menyediakan komunikasi online. level air dan biaya pemompaan air dapat dihitung.Dalam kontrol yang lengkap Dengan pemasangan sensor. Ini adalah masa dimana penghematan yang didapat dari peningkatan efisiensi melebihi biaya servis. Unit kontrol CU 3 memproteksi: > Sumber air habis/kering dan kelebihan beban > Pompa jalan pada saat kran tertutup > Aliran air yang melewati motor tidak cukup > Temperatur air yang di pompa terlalu tinggi > Pengerakan di sekitar motor > Voltase berlebih atau kurang > Phasa yang tidak simetris > Kerusakan motor pada saat dihidupkan > Motor kelebihan panas atau terbakar Grundfos SP > 11 . hanya ketika sistem tidak lagi menghasilkan air yang cukup Ini jelas bukan solusi yang optimal karena operasi pompa mungkin mengakibatkan biaya produksi tinggi yang tidak perlu (kWh/m3) untuk jangka waktu yang panjang.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful