Mengakali Sistem Kebut Semalem (SKS) dengan cerdas pada dasarnya belajar supaya optimal adalah dalam posisi

yang relaks dan santai. karena dalam kondisi relaksasi dan santai ini, hormon serotonin menyemprot memudahkan dan mengefektifkan kinerja neuron otak dalam menjalin koneksi. sedangkan, dalam kondisi tertekan, hormon kortisol, akan menyemprot dan menimbulkan rasa dan syaraf tegang, mempengaruhi hormon lain bernama dopamine, menyebabkan kondisi fisik yang tidak nyaman, bahkan sampai otot yang pegal. saran saya ketika anda dalam situasi tertekan dan waktu yang sedikit: 1. kondisikan diri anda serileks mungkin, kalau perlu pejamkan mata dan atur posisi tubuh anda dalam kondisi berbaring, dan lemaskan semua otot anda 2. bawa otak anda dalam kondisi alfa, hirup nafas dalam dalam dan hembuskan pelan, 3-7 kali sampai nyaman (dua tahap ini memakan waktu maks 5 menit) 3. setelah rileks, pejamkan mata anda, dan katakan pada diri anda sendiri tujuan anda dalam belajar ini, contoh: saya menguasai materi ..... (yang anda pelajari) dalam waktu ..... (waktu anda yang tersisa), ulangi kata kata ini sampai anda mengingatnya benar 4. belajar dengan rileks, kalau anda membaca, usahakan buat rangkuman singkat atau nota tentang hal hal yang penting yang anda temukan, boleh dicatat, ingat hal yang penting saja, misal: term, kata kunci, singkatan, rumus, dll 5. gunaakan waktu anda seefektif mungkin, buat belajar anda per termin, misalkan satu termin 10-15 menit, lalu jeda 5-7 menit, gunakan untuk relaksasi, misal mendengar musik favorit, makan, menatap langit, memejamkan mata, pokoknya relaksasi 6. mulai lagi belajar dengan timing termin yang sama, tanpa harus melakukan relaksasi lagi seperti di atas note tambahan: akan lebih baik lagi ketika anda bisa menguasai speed reading, sehingga waktu belajar anda lebih efektif pertanyaan selanjutnya bisa menyusul... salam cerdas dan suskes buat anda

Melahap buku secara efektif sori bang baru bales, ni thread kukira tenggelam.. short tips buat buku yang kita baca masuk: 1. Sebelum baca buku, buka sekilas sekilas buku anda, amati data data berupa graphic, quotes, atau hal hal yang menarik, ingat, HANYA hal hal yang menarik anda, anda melakukan review, bukan baca secara keseluruhan. 2. Setelah mereview, anda akan sedikit mengerti buku yang akan anda lahap, segera ketika tiap mau baca buku tersebut, niat kan dan katakan pada diri anda, kata kata self consiusness, seperti "setelah baca buku ini, saya akan mengerti ........ (isi dengan keinginan anda atau tujuan anda belajar, berdasar aktivitas review anda tadi) 3. Segera baca buku anda, pastikan anda dalam kondisi se-rileks mungkin, ciri anda rileks, kepala anda tidak sakit ketika 5-10 anda membaca buku.

4. Boleh ketika anda menggunakan stabillo atau menuliskan istilah atau kata kata penting menarik perhatian anda, prosedur standar pada speed reading (teknik membaca cepat), biasanya menuliskan atau menggaris bawah kata kata kunci 5. Ketika anda selesai baca bagian yang anda inginkan, misalkan satu bab tertentu, tutup buku tersebut, dan pelan pelan ingat ingat kata kata kunci yang anda tulis atau garis bawahi 6. Berdasarkan kata kunci tersebut, dalam otak anda sebenarnya mulai merangkai ide ide yang terbangun berdasarkan wacana yang anda dapatkan dari membaca buku tersebut 7. Ulangi terus langkah ni, karena memerlukan latihan, kecuali ketika anda baca novel atau cerita fiksi selamat membaca

Strategi minor belajar Visual thanks for asking pertama gaya belajar memang berpengaruh walaupun kebanyakan manusia belajar dengan menggunakan semua inderanya, kalau saya berdasarkan tes tersebut, ketiga gaya nya dominan semua, ga ada yang menonjol tips buat pembelajar visual (terutama ketika belajar mau tes): 1. Gunakan mind mapping (teknik tony buzan) 2. Gunakan teknik highliter (mewarnai dan mencoret hal hal penting dengan stabillo atau spidol) 3. Baca kata kata yang telah di highliter-i 4. Tuangkan ide (rangkuman materi pembelajaran) dalam bentuk powerpoint, hiasi powerpoint kamu, jadi lebih menarik 5. Gunakan lampu yang terang ketika belajar 6. Hindari pemasangan poster, televisi, coretan, tempelan, dll dalam kamar atau tempat belajar kamu, karena hanya kan membuat polusi visul, akibatnya kamu ketika belajar ga konsen 7. BUat rangkuman materi dengan kertas kertas warna atau spidol 8. dll tentang daya pemahaman memang berbeda beda tiap orang, dikarena kan kualitas belajar kita yang dibentuk dari lingkungan dan gaya pendidikan dan kebiasaan (bahkan dalam penelitian saya, tingkat kecerdasan dapat ditentukan oleh makanan yan gkita konsumsi tiap hari) Tapi yang mengejutkan, ternyata sebuah informasi dapat kita tangkap masuk dalam otak kita, lebih karena adanya informasi yang mendahuluinya, sehingga neuron syaraf otak kita ini, ketika ada informasi masuk, langusng dah nyari syaraf neuron yang serupa, dan langusng membuat koneksi. gampangannya, langsung DONG (ngerti) gitu

yang penting adalah kualitas belajarnya. dan sebagian ahli menyatakan masuk ke kinestetik Strategi belajar efektif Quote:Original Posted By robtherobber ► bljr yg efektif brp jam sehari gan? dan spy mudah mengingat materi dlm buku tuh hrs dibaca brp x? ga blh ya bljr kaya baca koran bola? apa perlu merangkum dgn kt2 sndiri scra gua males nulis? apa highlighter membantu utk menguasai materi? apa perlu baca preview?scra gua lbh suka lgsg baca tanpa ngulang2. dan . wabil khusus mengamati. mengevaluasi. melukis dengan jari dll. cuma kalo kinestetik harus gerak secara keseluruhan tubuhnya. untuk mengambil informasi darinya. dia belajar dengan membuat model sebuah percobaan. sehingga lebih belajar dengan sentuhan. malah ada satu lagi namanya Tactile kebetulan ane tactile ni gimana caranya tuh gan? ane kagak ngerti baca bukunya Tactile Modalitas tactile hampir mirip kaya kinestetik gan. dia lebih suka membuat konstruksi 3 dimensi. tapi tactile ini belum populer banget. mengeksplorasi. memanipulasi materi pelajaran dengan gerakan tangan dan kordinasi mata. memberikan perlakuan kepada obyek tertentu. tactile lebih moderat. tenkiu Strategi belajar efektif Belajar efektif berapa jam sehari?? jawab: tidak ada ketentuan khusus gan.Strategi belajar Tactile Quote:Original Posted By cico_cucu ► ane baca di Cara Belajar Efektif.

perbanyak sesinya. jawab: bukan baca preview. begitu seterusnya sampai dua jam spy mudah mengingat materi dlm buku tuh hrs dibaca brp x? jawab: sudah dijawab di atas ga blh ya bljr kaya baca koran bola? jawab: boleh banget gan. jadi ketika anda pernah menulis rangkuman. ada pertanyaan yang jawabannya pernah anda tulis. ya! apa perlu baca preview?scra gua lbh suka lgsg baca tanpa ngulang2. 2 jam misalnya. misal satu sesi 10-15 menit. justru sangant dianjurkan untuk fun learning nya (seperti dalam buku ane) kapan kapan ane jabarkan ya apa perlu merangkum dgn kt2 sndiri scra gua males nulis? jawab: merangkum adalah salah satu teknik paling baik. lalu berhenti 3-5 menit. kalau mau belajar dalam jangka waktu tertentu. karena memory itu termasuk gerakan. kemudian di sebuah ujian atau tes.sedikit tips. maka anda akan lebih muda mengingatnya apa highlighter membantu utk menguasai materi? jawab: bagi pembelajar visual. tapi temukan point point penting yang menarik. tanpa baca buku secara keseluruhan (sudah terjawab di atas gan) met belajar .

bahkan ada yang lebih ekstrim lagi maksimal 15 menit. mereka juga tidak bisa mem break down sebuah konsep ke yang lebih kecil. memori kerja anak ADHD mengalami gangguan. . Buat per sesi @ 15 menit. Sebagai contoh. Oleh karena itu. habis. sehingga perlu intensitas yang kompleks untuk mengajari mereka. tentang ADHD Quote:Original Posted By iseng_ngaskus ► kalo orang pengidap ADHD gimana nyiasatin belajarnya gan? (sulit konsentrasi) rada susah gan. Yang jelas dalam melaksanakan berbagai macam kombinasi tipe belajar mereka. diperlukan kesabaran ekstra dari guru dan pendamping.Durasi maksimal fokus dan konsentrasi Quote:Original Posted By kancuthejo ► belajar yang efektif tuh brp lama ya ? yg pernh gw rasain klo belajar tuh bawannya suka cepet ngantukk jadi gatau deh brp lama efektifnya Durasi maksimal fokus dan konsentrasi berdasarkan teori lupa dari prof ernest ebbinghaust. jadi ada jedanya. karena pengidap AD HD setelah ditelaah memiliki berbagai macam tipe yang berbeda. jadi kalo belajar buat model sesi gan. jangan ditabrak full 2 jam. dan juga variabel perilaku berbeda pula. diperlukan strategi yang berbeda untuk tiap tipe AD HD yang dimilikinya. kita cuma bisa konsentrasi berdasarkan usia kita. Jadi kita cuma bisa belajar "yang benar benar efektif" selama 15 menit. tapi banyak sesi. sehingga tidak bisa mendefinisikian instruksi dan arahan.

kita tidak menganggap pelajaran tersebut menarik. Thanks. abis kayanya temen2 yg laen gada yg kaya gini. kalo malem sering ketiduran sih. efeknya. cara paling ampuh.. ngatasi ngantuk. ini juga dipengaruhi guru yang menjelaskan pelajaran tersebut buat kita. sehingga RAS (retikular activating sistem) kita tertutup. hehe. kenapa ane suka ngantuk kalo belajar hitung-hitungan? Padahal pelajarannya penting banget dan ane udah coba konsentrasi.Rasa kantuk ketika belajar Quote:Original Posted By kirwell ► Mau tanya dong. Minum air secukupnya sampai terasa segar secara psikologis. sebagai berikut (dari yang becanda ampe serius) a. Ngulet gan. Ane sih gak ngerasa kurang tidur. any more question? . sehinga menguap merupakan ekspresi melepaskan gas karbondioksida sisa respirasi bernafas kita. tapi tetep aja kadangkadang ane malah suka nguap pas ulangan. Ane rada bingung. ngantuk juga merupakan akibat psikologis dari pengalaman kita sebelumnya. akibatnya. Rasa kantuk ketika belajar Penjelasan tentang "ngantuk" secara fisiologis. kita menganggap "matematika" merupakan pelajaran yang membosankan dan menjemukan. ngantuk merupakan sinyal yang diberikan otak kita pada tubuh bahwa kandungan oksigen dalam darah mulai berkurang. kita ngantuk. mungkin secara psikologis (dalam alam bawah sadar kita). hirup nafas sedalam mungkin b.

bukan sepenuhnya salah elo gan. lalu lo hapalin. (tapi emang susah gan. maka secara langsung RAS (retikular activating sistem) kita. pas ulangan gw bisa ngerjain tuw soal. lo ga akan pernah bisa mengingat apapun. akhirnya jadi ngantuk dah. dan Cramming Quote:Original Posted By udonudonudon ► Maw tanya juga guru besar!!! 1. dan secara otak memproses informasi. bahkan selang satu atau dua hari setelah lo baca materi tersebut. Gmn ya carana buat gak bisa ngantuk pas guru lagi jelasin.RAS. coz guru gw itu ngeliatin gw terus. misalna besok ulangan.mungkin untuk 510 menit lo bisa apal.. tp setelah ulangan gw uda gak inget apa2 lagi ttg apa yg gw pelajari td. sebelum ujian. kalo lo ngantuk. dan hanya bertahan sampai beberapa jam ke depan (baca sehabis ujian) tips untuk menanganninya tunggu yaa . Gw punya problem belajar. btw nais inpoh buat yg cara belajar "sks"na the answer: 1. dan itu mjd masalah pas ujian akhir. efeknya. karena secara teori otak. tapi setelah 2 -3 hari kalo nomor hape gw ga bener bener penting buat lo. hanya mangkal di STM (short term memory). Pendeknya informasi yang lo baca semalem. akan tertutup.Yang lo lakuin namanya cramming. yang berfungsi menyaring informasi. semacam sistem kebut semalam. Efeknya. kantuk. malemna gw belajar. gw gerak dikit aja udah dibentak 2. Supaya ga ngantuk elo bisa mastiin cukup oksigen masuk dalam tubuh. lo pasti lupa. dengan ngulet. informasi (baca materi pelajaran) yang elo baca tidak akan pernah sampai ke LTM (long term memory) atau memori jangka panjang.. Prosesnya mirip kalo misal gw sebutin nomer hape gw. tarik nafas dalam. kalo hal / subyek tersebut tidak dianggap sebagai hal menarik oleh otak. atau minum.kalo guru tersebut ga bisa membuat kita tertarik mendengarkan penjelasannya) 2. dan melakukan aktivitas lain. otak tidak akan menaruh perhatian terhadap informasi yang dihantarkan obyek tersebut (cara guru lo ngajar).

yaitu kita cenderung mengingat hal yang kita pelajari hanya pada bagian awal dan bagian akhir. Jadi kalau umur lo di atas 20 tahun..... sayangnya ane lupa alamatnya. Karena ada juga teori primacy dan recency effect.. dengan rentang maksimal 17-20 menit.sniper ► ane pernah baca joke kalo ternyata mahasiswa susah lulus karena keterbatasan waktu belajar. sela sela nunggu.. tetapi ulangi dan perbanyak sesi nya. mungkin dalam sehari bisa lo ulang 4-6 kali di sela sela kerjaan... ok? .. disono dijelasin semua. karena panjang fokus manusia..sore kuliah ampe malem. Ernest Ebbinghaust dalam teori lupa.dll niscaya efeknya kan lebih dahsyat dibanding ama orang yang tiap hari ngendon di kamar menjelang ujian.tapi kalo dinalar yaa masuk juga.Primacy & Recency Effect (Ebbinghaust) Quote:Original Posted By the.ya yg namanya joke kan pasti rada2 nyleneh.... Coba ente belajar cuma maksimal 10-15 menit. Sempatkan belajar selama 12-15 menit.. dan banyakin frekuensinya.. tetep rentang fokus hanya maksimal 17-20 menit. seperti yang telah sering ane tulis di atas..."kalo pagi buat kerja ampe sore.. sebaiknya dilakukan dalam sesi sependek mungkin. sela sela di kamar..pulang kuliah nglembur kerjaan trus belajarnya gmn gan???padahal kalo week end buat refresing. sebanding dengan jumlah umurnya. menurut prof. ane mw nanya nech.." JOkes nya kaya apa ya gan? boleh diposting dah Belajar.

istirahat saja dan bersiap untuk subyek ujian berikutnya esok hari . jangan pernah mempelajari atau mengulang atau mengkoreksi dan mengira ira hasil ujian yang hari itu agan lakukan. Ketika malam sebelum ujian berlangsung. 4. misal kalo tanggal 16 misal ada dua subyek. 3. pada waktu belajar juga pelajari dua subyek tersebut. serta cukupkan tidur 7. pilih subyek yang agan kuasai terlebih dahulu. baru baca subyek yang rada sulit. dan ada dua subyek pelajaran yang berbeda.Strategi optimalisasi waktu belajar Quote:Original Posted By ReaL_BueZ ► numpang nanya gan Question : Bagaimana caranya belajar dengan efektif untuk menghadapi " rangkaian ujian yang mepet ( contoh ujiannya tgl 16 . supaya ada waktu untuk otak menulis dan mentransfer ke long term memory. Usahakan tetap tidur. syukur syukur bahkan jauh sebelum itu. Ulangi dan kaji ulang rangkuman hal hal penting yang agan telah catat dalam waktu yang sama dengan hari ujian berlangsung. 18 . 2. dan baca RANGKUMANNYA. Gunakan teknik speed reading dan buat rangkuman di untuk tiap materi pelajaran. jangan pelajari subyek lain. 6. 5.Kuasai semua materi (dibaca: bacalah semua materi) selang 1 atau 2 pekan sebelum ujian berlangsung. Teknik mana yang sebenarnya paling efektif untuk belajar ? thanks Belajar di antara waktu ujian yang mepet Langsung aja gan (ini tips nya): 1. Senantiasa cukup gizi dan vitamin. bukan buku pelajarannya. 19 ) dengan 5 subject berbeda ? 2. 17 .

akan tetapi dalam banyak tulisan saya. termasuk agan kalo lebih suka mengingat dan mengertikan pelajaran yang dipelajari. saya lebih suka mengertikan pelajaran itu dan mengingat intisari nya . efeknya kita bisa lebih cepat menggali informasi 2.Merangkum memudahkan kita dalam mencari subyek informasi secara mudah. maka merekam suara sendiri dan mendengarkannya untuk dirangkum akan sangat cocok jadi sesuai dengan tipe kita belajar gan Magic of re-notes Quote:Original Posted By ReaL_BueZ ► thanks gan . Merangkum dan menulis ulang mengajak kita untuk memperkuat ide yang didapat dari belajar. cara yang saya pakai itu apakah cukup efektif jika belum efektif . kalo agan tipe visual. maka teknik membuat peta pikiran dan mewarnai menghighlite hal penting. . maka kita akan lebih mudah mencari informasi yang dibutuhkan ketika ujian 3. menurut agan . membantu sekali seperti nya saya bukan 2 tipe diatas gan . serta merangkum akan berhasil kalo agan tipe auditori. apa solusinya ? welcome gan. sering saya singgung tentang pentingnya merangkum atau menulis ulang dengan bahasa kita sendiri. soalnya saya ga terlalu suka membuat rangkuman atau catatan . sebenarnya memang masing masing personal punya cara unik dalam belajar. Merangkum dan menulis mempertajam memori prosedural (memori gerak) dengan menuliskan materi (yang akan muncul sebagai jawaban).Teknik yang paling efektif buat belajar: Semua teknik akan cocok atau berhasil sesuai dengan tipe cara belajar agan. kelebihannya sebagai berikut: 1.

sehingga menjadi semacam indeks sistem Kalau agan emang sudah mantapp (PD) dalam menghafal dan mengerti sejak guru atau dosen menjelaskan. Ada beberapa teknik dasar yang sudah saya terapkan dalam hal ini. saya rasa teknik merangkum ini bisa ditinggalkan. alias bisa cukup dengan menghafal saja sukses gan photoreading & photographic memory Quote:Original Posted By mr. Spoiler for buku photoreading whole mind system: Pada dasarnya photoreading sebenarnya adalah teknik membaca dengan sangat cepat. Saya sedang mempelajari photoreading ini. Masuki "Learning State" (atau dalam bahasa kita. dalam mencoba teknik photoreading ini. Masuk fase photofocus (teknik teknik tertentu yang dipakai untuk membaca secara . dalam bentuk keberhasilan setelah kita melakukan sesi phoreading ini) 4. fase alpha otak.krabz ► photoreading dan photographic memory . pembaca dengan teknik ini akan melibatkan bawah sadar untuk menyerap informasi dalam buku tersebut. Persiapan (preparation) 2. apakah benar dapat dipelajari ?? photoreading dan photographic memory dapat dipelajari gan. sebagai berikut: 1. karena dalam hal ini. bahkan ada buku khusus yang membahas hal tersebut.karena kita menuliskannya dengan bahasa dan kode kita sendiri. ditandai dengan relaksasi dan fokus secara mental) 3. Mengafirmasi tujuan dan hasil (Kita berandai andai dan memanipulasi otak dan pikiran kita.

. sehingga bagian bawah sadar pikiran kita akan dapat membaca informasi yang disuguhkan) 5. tapi lama2 eh kok jadi meles : Mind mapping termasuk satu teknik yang ampuh gan. photographic memory. caranya. kadang tidak sampai selese mengerjakan mind mappingnya. ehehehehe . karena teknik ini memerlukan konversi kode antara materi dalam bentuk simbol simbol. Sampai sampai dijuluki pisau swiss nya otak. mind mapping cenderung hanya cocok dipakai orang dengan gaya belajar visual. Kelemahan mind-mapping Quote:Original Posted By bangnoey ► Mind Mapping keren gan. Waalaupun ada juga yang memang "natural gifted". Terus. ane ga tau gan. Fase kesiapan internal (teknik untuk menjaga informasi yang kita masukan setelah membaca sehingga tidak mudah terlupa) Kira kira gitu gan.kilat. terkadang orang dengan gaya belajar yang berbeda. bagi saya adalah hasil permanen dari kebiasan melakukan photoreading ini. karena memang kurang cocok. Tapi sayang. buat belajar. Tapi kalau malesnya karena hal lain. Makanya. ane pernah nyoba. Semua orang bisa kok.

Pastikan anda bebas bergerak dan leluasa dalam belajar. gerak kaki. Perbanyak belajar dengan ruang atau tempat yang berbeda. akan memudahkan anda melakukan re call tentang informasi dalam subyek tersebut (misal menghafal rumus) . yang cenderung visual dan auditori. atau bab berbeda. dan buat sesi belajar anda menjadi lebih banyak dengan interval waktu lebih sedikit. Sayangnya. Anak anak dengan gaya belajar kinestetik ini terbiasa selalu bergerak karena energinya meluap. Libatkan gerakan gerakan tertentu dalam belajar. ini akan mengaktifkan memori episodik yang terkait langsung dengan memori gerak (prosedural) 3. maka tenaga dan energi nya habis untuk menahan agar mereka tidak bergerak selama guru menyuruh mereka diam. Strategi pembelajar kinestetik: 1. Menulis rumus di udara dengan huruf besar. gerak tangan. saya plg mls nulis. dll 2. dan saya kineasthetic cara belajar saya bagaimana bro? Ok gan. 6. Cari asas atau set manfaat dari tujuan anda belajar sebelum benar benar memulai materi pelajaran anda 4. atau pengalaman gerak tubuh dan emosi dalam menerima dan mengolah informasi. (for advance) gerakan gerakan tertentu dalam mempelajari subyek pelajaran berbeda.Strategi belajar kinestetik Quote:Original Posted By aa4f4fsd47 ► bro. adalah cara efektif menghafal rumus 5. Akibatnya tidak ada pelajaran yang terserap dengan baik. biasanya di cap sebagai anak "yang tidak bisa diam". tidak bergerak. Penjelasan tentang kinestetik. Hal ini disebabkan karena ketika guru menyuruh mereka diam. anak anak dengan gaya belajar ini. sehingga umumnya mereka sulit dalam mengadaptasi gaya mengajar guru di sekolah. gaya belajar kinestetik yaitu cenderung mendayagunakan gerak fisik. duduk di satu tempat. misal sambil mondar mandir.

. maka yang paling mudah adalah kita merangkum list penggunaan sebuah rumus. tidak mengerjakan soal yang berjenis sama secara berulang ulang.. dapat dipakai untuk beberapa kombinasi pertanyaan dan jawaban?? Misalkan sebuah rumus terdiri dari 6 komponen penyusunnya. Lupakan masalah angka dan nilai yang digunakan. apakah hanya dengan latihan2 soal terus-menerus ato gmn. bahkan terkadang menyesatkan. thx Rumus sebenarnya memiliki teknik tersendiri dalam mempelajarinya. sperti kita tahu. karena percuma saja kalau anda sudah bisa mengerjakan caranya. sampai kita hafal penggunaan kombinasinya.. . Misalnya satu rumus. Untuk penerapannya.. Dalam hal ini saya menyarankan. satu rumus bisa untuk ratusan jenis soal.. maka kita harus memiliki 6 buah soal atau teknik pengerjaan untuk 6 buah komponen penyusun rumus. maka angka atau nilai menjadi tidak penting. Tapi pilih dan saring kombinasi penggunaan rumusnya..About rumus Quote:Original Posted By crustacea ► nanya gan. apa tips2 belajar untuk pelajaran2 eksakta..

saya jg bingung apa yang saya tanya. Motivasi pada dasarnya memiliki dasar dan sisi psikologis. association of pleasure to achievement. selama kuliah) thx OK gan.Self motivation Quote:Original Posted By crustacea ► em gmn yah. yaitu mengasosiasikan emosi yang kita miliki dengan kenikmatan atau perasaan senang ketika kita berhasil meraih kesuksesan atau prestasi. simulasikan dan jawab pertanyaan berikut ini: . gn aja deh. . secara umum dapat "dimunculkan" dengan dua cara: 1. misalkan untuk kuliah.. bagaimana meningkatkan atau membuat motivasi kita terus konstan untuk jangka waktu yang panjang (mis. banyak buku dan artikel yang membahas hal tersebut.Sebutkan 5 hal yang anda dapatkan ketika anda lebih cepat menguasai materi pelajaran ini? atau contoh (aplikasi) lain. Secara ringkas dan mudah.Sebutkan 5 hal yang anda dapatkan ketika anda berhasil dengan baik menguasai materi pelajaran (ini) ... Namun saya memilih untuk mengangkat materi yang saya baca dari buku berikut: Spoiler for judul buku: The power of motivation: how to succeed in all circumstances by Michael Bolduc Dalam buku ini motivasi.

anda harus mengakali/ menipu (ekstrimnya) pikiran anda sendiri. yaitu berupa keuntungan2nya) dan bisa tempel atau baca ulang tiap saat). association of unbearable pain to failure.. yaitu membayangkan dan mengasosiasikan emosi tentang kerugian yang kita dapatkan ketika meraih hal tersebut. 2. hemat saya. atau Afirmasi. afirmasi. contoh self asking: .Apa saja yang anda akan dapatkan ketika berhasil mendapatkan nilai terbaik di semua mata kuliah? dll Tuliskan hal hal tersebut (jawaban agan. Intinya dalam 2 hal tersebut.Sebutkan 5 kehilangan atau kerugian yang akan anda alami ketika gagal meraih nilai baik dalam mata pelajaran / kuliah ini?? tuliskan kerugian tersebut dan baca ulang. .

ane sih lbh cenderung auditory drpd visual tp ane jg suka lupa aplg guru ane jelasinnya cepet2. Dengarkan sambil santai dan relaksasi.. manusia. Baca pertanyaan dan jawaban agan tersebut dan REKAM menggunakan alat rekam atau hp. 3. tp ane ga suka mind map..ane lbh cenderung yg kaya gini..Strategi belajar auditory Quote:Original Posted By aa4f4fsd47 ► tenkiu gan.lbh cpt belajarnya. bisa bantu ga gan spy ane bs konsen penuh? Untuk auditory.. Agan bisa belajar lebih cepat dengan cara berikut: 1. bahkan sebelum tidur 6. dan sel 5.sebenernya nilai ane ckp merata sih 16 utk visual 16 utk auditory dan 17 utk kineasthetic.. Buat durasi max 10-15 menit untuk tiap sesi pertanyaan 4.. pilih dalam bentuk pasangan pertanyaan dan jawaban yang mungkin diperkirakan muncul dalam ujian (pilih dan pilah) 2..oya di kelas ktk guru menjelaskan ane susah konsentrasi. yg no 1 n 2 bener bgt bro. misal: pertanyaan IPA bab I tentang metabolisme tumbuhan. Saya ulangi.. pikiran ane malah kemana2 gan.. pastikan agan dalam kondisi relax .. Buat judul rekaman dengan tema tertentu.ga suka gambar. Rangkum pelajaran agan.

sehingga kedua otak bersinergi. khayalan.oya di kelas ktk guru menjelaskan ane susah konsentrasi. secara manual terkait dengan imajinasi. atau membuat mindmapping. pikiran agan secara otomatis langsung beralih pembebanannya ke otak kanan (bahasa mudahnya. agan mudah berkonsentrasi . bisa bantu ga gan spy ane bs konsen penuh? Menurut ane bukan salah agan. atau mencorat coret visualisasi apa yang guru terangkan. cara mencatat cepat dan interaktif. kreatifitas. maka. agan jadi ga konsen. dan berimajinasi) Usul saya. melamun.lbh cpt belajarnya. berkhayal. atau mendikte. pikiran ane malah kemana2 gan. otak kanan.ane lbh cenderung yg kaya gini.. dll Maka. ketika guru menjelaskan. atau menulis. Karena otak kiri bekerja "penuh".Kenapa kita susah konsentrasi? Quote:yg no 1 n 2 bener bgt bro. misalkan presentasi. dan otak kanan tidak difasilitasi. Guru terkadang menerangkan pelajaran dalam satu cara. yang terjadi. Disini otak kanan akan kebagian peranan... Semua yang dilakukan hanya mengarah pada pembebanan otak kiri. agan bisa melakukan Rapid notes. otak kanan akan segera mencari "pekerjaan sendiri" Nah..

INGAT. bahasa indo dan matematika. contoh jadwal ujian hari selasa. Buat jadwal belajar tertentu. bisa anda liat penjelasan detail di beberapa posting halaman sebelumnya 5. sampai materi yang agan butuhkan. Ulang terus menerus bacaan agan selama pekan pekan sebelum ujian. gimana caranya dalam waktu 3-4 bulan ini saya bisa belajar efektif materi yang banyak itu. Untuk durasi belajar. jangan rubah rubah subyek anda belajar 4. 3. belajar fisika. agan sudah selesai mengkaji materi. telah terkuasai dengan baik. harus ngapain? Quote:Original Posted By slash_hudson ► gan gw mau nanya beberapa hal : 1. spmb dan segala macem. . biar gak kelamaan: 1. Langsung aja gan tipsnya. Usahakan dalam satu bulan menjelang ujian. saya kan mau uan. maka pada hari selasa agan belajar subyek yang sama 8. semua materi sudah selesai terangkum dan rapi dalam bentuk satu jilid 7. Cara belajar yang ane rekomendasikan adalah merangkum materi (penjelasan tentang "keajaiban" merangkum atau menulis ulang materi telah dijelaskan di posting halaman sebelumnya) 6. maka tepati. dengan jadwal yang sama (pada masa ini ketika jadwal ujian sudah keluar sesuaikan materi ujian dengan jadwal belajar anda). belajar dua mata pelajaran dalam satu hari. Usahakan dalam satu bulan awal. konsisten dalam waktu atau hari belajar anda. Mulai mencari bahan kuliah atau mata pelajaran selengkap lengkapnya 2. dan tinggal latihan soal saja. kalau senin jadwalnya fisika dan bahasa. atau jikalau subyek ujian banyak. Baca ulang rangkuman agan. selasa kimia. 9. misalkan senin.60 detik sebelum ujian.

bukan stresss di detik akhir ujian. agan harus makin santai dan PD bahwa semua materi telah dikuasai Hal penting yang terkadang terbalik pemahamannya. baca rangkuman agan.10. agan harus membalik tingkat stress di awal awal persiapan ujian. yaitu 3-4 bulan sebelum ujian. sebaiknya aku harus ngapain?" . Ulang dengan santai. dan kerjakan latihan soalnya (makin santai dalam waktu ini) 11. karena hanya akan menghambat psikologi dan kinerja otak sukses gan (materi di atas adalah versi singkat dari materi pelatihan berjudul "60 detik sebelum ujian. agar agan sukses ujian. Makin mendekati ujian.

dengan contoh soalnya. . Kalo memetakan rumus dengan cara mind mapping. peta konsep ini harus disimpelkan dalam bentuk simbol dan gambar tertentu. Lalu pelajari kombinasi penggunaan dan penerapan rumus ini sampai benar benar paham. Cara terbaik untuk belajar rumus adalah. hanya mampu memetakan konsep global dari sebuah materi atau bab pelajaran tertentu. bahkan malah menyulitkan. Salah satu cara agar kita bisa lebih paham. sedangkan rumus susah untuk dikonversi dalam bentuk tertentu. Mind mapping. merangkum atau menuliskan semua kombinasi penggunaannya. untuk pelajaran2 eksakta. kliatannya tidak efektif.Mindmap dan penerapannya dalam rumus Quote:Original Posted By slash_hudson ► gan gw mau nanya beberapa hal : 3. apa bisa kita pake mind mapping? soalnya kan kalo di mind mapping paling kita cuma tulis rumus2 aja dan terkadang tanpa soal kita malah bingung cara make rumus itu gmn. kalau ane praktikin. dan ini bisa diakali dengan mindmapping atau cara lain. Untuk basic teori nya. adalah berbicara di depan kaca dan berpura pura menerangkan konsep dasar dan aplikasi penerapan dari rumus tersebut. agan memang harus mampu mengerti menjelaskannya. Karena secara teoritis.

dengan agan menuliskan dan merangkumnya. Untuk cara belajar visual. Jadi ketika kita menguasai satu hal. langsung aja dipraktekin dan dibiasain pakai hal tersebut. karena ini akan melatih speaking dan listening skill nya. . sehingga kita akan terbiasa. Jadi agan kudu memaksimalkan listening skill. ane kurang yakin. agan belajar melalui kaset.English learning strategy Quote:Original Posted By cevinem ► gimana biar bisa bahasa inggris baik grammar. termasuk dengan kombinasi penggunaannya. karena untuk pelajaran bahasa memang memerlukan interaktif. reading skill. Agan juga bisa merangkum penggunaan grammar dalam berbagai kombinasinya. Secara audio. speaking skill. tapi sebenarnya yang dibutuhkan dalam pembelajaran bahasa itu adalah penggunaan dan pembiasaan. kalo bisa yang secara instan. Bukan yang lain. maka agan bisa lebih memahami lagi hal tersebut Tentang mengapa kita merangkum telah dijelaskan di post sebelumnya Untuk hasil instant. CD percakapan dan training (bisa dicari di FJB). termasuk listening. yang akan mengakomodir writing. Cara atau modul belajar secara audiovisual akan memudahkan agan belajar. agan bisa menulis dan membaca text text bahasa inggris. tirukan speaking atau percakapan yang ada di dalamnya. writing dan reading skill. heheheheheheeh Untuk menguasai secara cepat agan harus mampu mengkombinasikan semua modul cara belajar. speaking dan listeningnya.

. saya harus berterus terang) Kalau agan belajar malam ini. tau tau uda sebungkus. Dalam tiap hisapan rokok. hehehe Becanda gan. ada sekitar 1000 sel otak yang mati.Malam belajar. besok lupa (cramming) Quote:Original Posted By kancut_bau ► agan mau nanya kalo belajar sambil ngerokok efektif ga? oiya mau tanya lagi kenapa ya gw kalo belajar besoknya udah lupa lagi? mohon inpo nya. yaitu cepet banget ngabisin rokok. yang hanya bertahan 3-5 jam. atau informasi (yang menurut otak atau pikiran) tidak berguna. bahkan kurang. sehingga sebenarnya kebiasaan merokok tidak direkomendasikan bagi para pelajar. tengs Belajar sambil ngerokok Menurut ane gan. Hal tersebut dimungkinkan karena informasi tersebut kurang penting. belajar sambil ngerokok sangat efektif gan. termasuk bagi yang lagi belajar (sad but true. maka yang terjadi adalah. kemudian besoknya sudah lupa. informasi tersebut tidak menarik bagi otak. apa yang agan pelajari itu informasi yang hanya diproses oleh otak pada STM atau memory jangka pendek saja.

Misalkan agan. 20 juta yang hilang. Kalo agan pernah nonton "shallow hall" yang dibintangi gwineth palthrow.memotivasi buat belajar tiap hr komit. dengan NLP maka orang orang sukses akan konstan kecepatannya dalam berprogress dan berproses. Jadi pikiran kita. Ada teknik affirmasi untuk mengkondisikan pikiran. kita mendapatkan pengalaman dan pelajaran yang sangat berharga. agan bisa menerapkan trik "manajemen untung" yang bersifat memperbaiki persepsi kita. ada visualisasi untuk menciptakan image diri. penelitian dan buku yang ane tulis sedang mengkombinasikan berbagai teknik NLP untuk kesuksesan belajar.dan teknik visualisation dll. sama saja dengan ongkos belajar di sekolah bisnis ternama... Semua aplikatif ke dalam proses pembelajaran.bagi orang biasa. tony robbins and adam khoo. untuk menuju arah yang kita inginkan. yang berperan merubah pandangan dan persepsi seorang lelaki dalam melihat kecantikan perempuan. Secara lebih dalam. sehingga tidak heran. disana muncul sebagai bintang tamu Anthony Robbins.apa sih kehebatan NLP ini bro yg buat org banyak yg sukses? Bener banget bro.NLP dan pembelajaran Quote:Original Posted By aa4f4fsd47 ► bro kalau bljr pake teknik NLP bener ga bro? sprti affirmation bahwa saya bisa. ada peg system teknik. Intinya kalo agan lebih cermat. Buat orang orang sukses. bukan kaki atau kepala saya" Sehingga disini. termasuk . sebenarnya mereka menerapkan cara yang sama dalam kehidupan nya. maka pasti NLP bisa dipakai untuk kesuksesan belajar. kalau kesuksesan cepat diraih. adalah bagaimana "menipu" pikiran kita sendiri. NLP dapat diterapkan dalam berbagai macam bidang. dengan cara mengatakan pada diri "untung cuma mobil yang hancur. Atau agan kecelakaan dan mobil hancur total. dll.. "kita tipu" dengan persepsi kita. Kalau NLP bisa dipakai buat orang orang menjadi rumus sukses. ada juga teknik speed reading.banyak yg berhasil dr ini sprt oprah. Namun kita bisa mengakali "pikiran" kita dengan self talk (berkata pada diri sendiri). walaupun dengan aplikasi yang berbeda beda.. investasi dalam sebuah bisnis. maka hal tersebut adalah kiamat. lalu rugi 20 juta.

Sehingga walaupun di aplikasi dia bisa mengerjakan. karena ini sudah mengarah ke Teaching Techniques (teknik mengajar). akan tetapi. mempertajam daya serap. bahkan sampai meningkatkan daya ingat. ane ada pertanyaan tapi buat cara mengajar matematika yg baik buat anak 1 sd! jadi ane punya anak baru kelas 1 sd! permasalahannya dia sering kecampur itung2an menurun sama itung2an soal cerita! dia bisa ngerjain setelah diajarin itung2an menurun. karena kemungkinan dia tipe belajar kinestetik) 2. dalam batasan konsep anak belum mampu menterjemahkan dengan baik.mempengaruhi orang. seharusnya dikurang jadi malah ditambah! gimana cara siasatinnya gan? maaf kalo pertanyaannya berbelit! Sebenarnya ane tidak berkompeten buat menjawab hal tersebut. ingat. 1. Rekomen ane. simulasi (penting gan. membuat awet muda. penyelesaian soal cerita dll) setelah dia benar benar paham tentang konsep pengurangan dan penambahan. bukan hanya penjelasan di papan tulis. ajar anak dalam situasi satu persatu. Jadi yang diajarkan selama ini. ulangi konsep berhitung kurang dalam bentuk simulasi. Anak belum terlalu paham konsep pengurangan dan penambahan. tapi ane punya beberapa referensi jawaban. merubah pandangan hidup orang. dia juga bisa diajarin soal cerita! tapi ketika kembali lagi ke soal menurun. Ajar ulang teknik pemecahannya (dengan pengurangan atau penambahan bersusun. menambah kepercayaan diri. baru sebatas contoh soal dan pengerjaannya. dll Mengajari anak berhitung Quote:Original Posted By Kocun ► maaf gan. dia bingung cara penjumlahan dan pengurangan! seringnya kecampur. . memperbaiki kualitas hidup. dengan lidi. sempoa.

. maka otak agan akan lebih mudah untuk mempelajari nya.. 3. dan ketika terbuka. bisa pake visualisasi dan afirmasi. maka . untuk lebih terasa nyata. kalo agan sempat. karena akan menentukan gerak dan hidup mati astronot di luar angkasa" atau "kalo saya tidak menguasai hukum gravitasi. ketika mempelajari gaya gravitasi. Reticular Activating System agan akan terbuka. Tuliskan hal hal yang merugikan kalo agan TIDAK MAMPU menguasai hal tersebut. Sebagian sudah ane tulis di postingan di atas gan." gitu gan?? . Tapi intinya sebagai berikut: 1. point per point. dan agan bercita cita sebagai pilot atau astronot. 2. Secara otomatis. Tuliskan dan pajang tuh point point nya. Sebagai contoh.. sehingga seakan akan hal tersebut nyata dan ber efek pada agan.. agan akan bisa menyaring fokus agan ke materi atau hal tersebut. katakan bahwa "gaya gravitasi ini harus saya pahami.. Tuliskan manfaat agan belajar hal tersebut..Self affirmation Quote:Original Posted By kancut_bau ► oiya trus gmn caranya supaya kita berpikir belajar itu penting? kan kata ente klo cepet lupa biasanya yg kita pelajari dianggap ga penting ama diri kita ndiri. Intinya pada point ini.

beberapa tips untuk itu adalah sebagai berikut: 1.. (sekarang mending gan. yang kemudian akan di asosiasikan oleh otak dengan informasi baru. mulai memetakan penjelasan guru dalam bahasa dan kreativitas sendiri. yaitu modul belajar visual. Ketika guru menjelaskan. ada yang visualisasi pake powerpoint). Mencatat kata dan istilah penting dengan keterangan secukupnya. dan biasanya juga jadi masalah. bisa mind mapping. dll. agan punya standar informasi sendiri. maka kita akan cenderung bosan dan jenuh mengikuti penjelasan guru.. dan ini dialami sebagian besar siswa di Indonesian. bisa corat coret. Cara cara tersebut seringkali tidak mampu memfasilitasi modul belajar kita. Pada intinya ketika guru menjelaskan agan. bisa grafik.. ini akan merangsang kita untuk memetakan kembali materi penjelasan guru 3. ada yang cuma menulis. sehingga ketika agan mempelajari kembali konsep tersebut. 2. Belum lagi memperhatikan berbagai faktor. dalam bentuk time line atau bagan. auditory. Namun."Acquiring information" ketika guru menjelaskan Quote:Original Posted By n'est ► thx gan. ini akan memudahkan kita me 're-translate' mater yang dijelaskan. kita bisa mengakali hal tersebut dengan berbagai cara. gmn cara agar kita selalu memperhatikan saat guru menjelaskan? Pengalaman ane gan. yaiitu otak kanan dan otak kiri. dll. Jadi sebenarnya cara mengajar perlu ditingkatkan kualitasnya sehingga lebih memenuhi standar informasi yang mampu dicapture ama otak.dan kinestetik. ada yang mendikte. Kalo sudah seperti itu. Guru seringkali menjelaskan dengan menggunakan satu atau dua metode saja. . Kita bisa menuliskan daftar pertanyaan yang muncul dalam benak kita ketika guru menjelaskan. termasuk kecenderungan penggunaan hemisfer otak. Kita gambar konsep materi yang dijelaskan guru dalam berbagai bentuk. kita bisa mencoba menuangkan konsep materi guru dalam bahasa kita sendiri. atau skema.

bahkan informasi ketika kita kecil pun akan mampu digali otak. sy pernah denger klo sebenarnya memory yg ga terpakai itu akan mengganggu pemikiran kita. akan mampu dikeluarkan walaupun agan sudah "lupa" dan "melupakan" informasi tersebut. apa agan tahu caranya? thx Good question gan! Ada sebuah golden rule yang sangat penting untuk memahami cara kerja otak. sebenarnya. yaitu: Spoiler for golden rule: "Semua informasi yang masuk ditulis dan disimpan otak. maka informasi itu akan mudah menempel dan tersimpan dalam LTM kita. Jadi ketika agan menerima informasi baru. . Dengan teknik teknik tertentu. menjadi faktor penentu kemampuan otak membuat dendrit atau cabang neuron baru. tanpa harus mellihat peta. tanpa tersesat. lebih mudah. Dalam beberapa kasus. Jadi. Karena cara kerja otak kita yang sebenarnya adalah dengan mengasosiasikan sebuah informasi baru dengan informasi yang telah ada (tersimpand dalam otak) sebelumnya. tidak sepenuhnya benar.The golden rule Quote:Original Posted By yanradit ► gan mau nanya. dan dimunculkan secara instan. Jadi. sehingga untuk menemukan sebuah informasi beserta paket koneksi dan asosiasinya. maka ke depan. kita tidak pernah kehilangan informasi tersebut hanya kehilangan kemampuan untuk menemukannya" Jadi yang agan tanyakan tentang memory. ketika kita punya informasi yang dapat diasosiasikan oleh neuron otak kita. berpikir lebih cepat dan lebih baik. (atau yang agan bilang. agan mudah sekali melalui jalan yang sama. lebih ke arah sebuah informasi sering diakses oleh otak. informasi informasi pendahulunya. Sebagai gambaran. dll. tidak terpakai) justru. apa yang ada dalam otak agan. ketika agan tiap hari pergi ke kantor lewat jalan yang sama. trs sebaiknya memory yg g diperlukan itu dihapus biar kita dapat berpikir lebih cepat n baik.

. bahkan mungkin beberapa informasi tambahan lain. menurut agan.tp kok gw susah ya yg inget inget sampai tanggal terjadinya. nama tokoh yg disebutkan. Nah...gw bisa nangkep intinya. mereka sama sama sekeping informasi yang akan diproses otak. lengkap dengan tanggal lahir. tapi kenapa yang satu mudah sekali kita hisap.ada saran bagus ngga.jadi kalo mau nyampein ke orang lain tu terkesan ngga maksimal. yang pemain bola cukup sekali baca. pertanyaannya kenapa terkadang informasi yang kita pelajari terkadang susah sekali untuk ditangkap otak? Untuk menjawabnya susah gan. sebenarnya ada metode tersendiri untuk menghafal angka atau tanggal.. thanx thanks for asking gan. namun yang paling sering ditemui adalah sebagai berikut: 1.. Gini gan. cuma yang pahlawan kita hafalin mati matian karena besok mau ujian. sedang kan pemroses nya adalah otak. uda hafal.. karena banyak faktor.How brain remembering (belajar sejarah)a Quote:Original Posted By my. (menyebabkanRAS tetap tertutup). yang satu susah?? Ini yang memerlukan telaah panjang lebar. Informasi tersebut tidak menarik. dan tokoh tokohnya termasuk wajah seseorang.gw tu susah menghapal.. apa sih bedanya nama dan tanggal lahir pahlawan sama nama dan tanggal lahir pemain bola favorit agan?? ga ada bedanya gan.. tar terlalu panjang dan menurut ane kurang aplikatif walau cukup efektif.telesco ► gw minta saran ya gan gw tu suka baca baca tentang sejarah. tapi kalo dishare disini. Belajar itu alat utamanya adalah indera.... sebelum ane jawab.. kejadian.

coba kalo agan suka menggambar. kalo kita membungkus informasi tersebut dalam bentuk menarik (seperti pemain bola tadi). sebagai contoh. atau napak tilas sejarah yang terjadi terkait tokoh tersebut. langsung mengaitkan informasi tersebut dengan hal sebagai berikut: gelandang tengah liverpool. kapten liverpool. . Proses nya lama. Ada pula karena (mungkin) informasi tersebut masih sangat relevan dengan kehidupan kita sekarang (pemain bola favorit. asli anak merseyside. dan di bajunya ada tanggal lahir dan matinya. biasanya masih aktif bermain dan berprestasi. Nah. Lalu buat semacam komik atau plot yang menggambarkan kejadian penting yang dialaminya. informasi tersebut dalam bentuk yang menarik. Sekaligus membungkus. tanggal lahir sekian sekian. lalu anda dalam otak secara otomatis (kalo anda penggemar bola). ketika kita mampu menghafalnya). karena agan mampun membungkus informasi tersebut menjadi sangat menarik. nomer ajaib 8. Ada pula karena prinsip asosiasi yang memudahkan kita menghafal fakta. dll. maka lebih cepat agan serap dah. sehingga informasi tersebut akan mudah dicerna.Ada kemungkinan karena otak kita (baca pikiran kita) tidak diarahkan untuk menjelaskan kenapa sebuah informasi begitu menarik dan penting untuk kita hafalkan. Efeknya. prinsip belajar yang sesungguhnya adalah ketika kita mampu mengaitkan (meng asosiasikan) suatu informasi tertentu dengan informasi lain yang telah ada sebelumnya. Sebagai tips kecil. misal anda menghafal nama steven gerard. tidak ada asosiasi sama sekali. anda akan cepat lebih hafal 10 kali lipat dibanding. gambar wajah pahlawan tadi dalam bentuk karikatur. tapi hasilnya dijamin sangat efektif.

Bisa ceritain sekilas tentang quantum learning & manfaatnya? Terimakasih~ Thanks for asking gan. yang telah ada dalam otak sebelumnya. adalah. Namun bagi orang dengan usia semakin tua. akan mempengaruhi tahap selanjutnya. prinsip dasar kerja otak adalah asosiasi. bahasa sehari hari kita "lupa". karena informasi tersebut tidak pernah atau mulai jarang diakses.Age & learning process Quote:Original Posted By Educatoria ► Mau tanya: 1. dan berkait dengan dendrit dan neuron lainnnya. cuma memang masa masa pertumbuhan otak atau sering disinggung sebagai "golden age" adalah usia 1-6 tahun. tidak ada perbedaan sama sekali dalam hal cara mengingat. 40-50an. Sehingga. Dalam hal cara kerja tentu ga ada bedanya gan. berdasarkan penjelasan para ahli. 1. dan 60-an thn ke atas dalam hal cara+kebiasaan belajar & daya ingat? 2. otak akan kehilangan "jalan akses" untuk mengakses informasi tersebut. Jika ternyata informasi tersebut "tidak dapat" dikaitkan dengan informasi . dendrit dan neuron otak di dalamnya akan mudah sekali tumbuh. 30-an (employee). remaja. memproses informasi. perlahan kita akan kehilangan cara untuk mengaksesnya. artinya begitu ada informasi baru masuk dalam otak kita. Salah satu penjelasan yang paling memungkinkan. Sedangkan. Dimana pada usia tersebut.Apakah ada perbedaan antara usia anak-anak. maka secara otomatis otak kita akan membuat asosiasi dengan informasi "yang terkait" dengan informasi tersebut. biasanya informasi yang telah sekian lama dipelajari. Dari golden age tersebut. 20-an (mahasiswa). dan lain lain. ia akan menyerap apapun yang didekatnya atau apa yang diberikan kepadanya. pelan tapi pasti. Otak anak mirip dengan spons. Pada prinsipnya.

sehingga otomatis menggeser paradgma pendidikan dan cara belajar ke arah yang baru.Bisa ceritain sekilas tentang quantum learning & manfaatnya? Terimakasih~ Quantum learning sebenarnya adalah cara cara yang merubah paradigma lama dalam belajar yang selama ini menjadi kebiasaan dan habit bagi dunia pendidikan saat ini. 20 % dari apa yang kita dengar. hampir sebagian besar informasi yang didapat mulai tidak dipakai. Nah pada usia usia kerja. Dalam prosesnya. 70 % dari apa yang kita katakan.sebelumnya. Karena sebelumnya. sebagian besar informasi dalam otak juga mulai mampu dikaitkan dengan informasi sebelumnya (baca usia usia sekolah). bias. sehingga otak mengalami bloking. quantum learning dikombinasikan dengan berbagai macam metode . 30 % dari apa yang kita lihat. atau jenis "lupa" lainnya. atau melihat. Inilah yang menyebabkan pada usia usia kerja. sebagai informasi "yang benar benar baru" Nah. atau menulis saja. kita belajar hanya dengan cara mendengar. Diantaranya adalah bagaimana quantum learning menyajikan quote " Kita belajar 10 % dari apa yang kita baca. pada usia usia produktif berikutnya. maka otak akan menandai informasi tersebut. Padahal prinsipnya tidak ada masalah apapun dengan hal tersebut. Quantum learning Quote:Original Posted By Educatoria ► Mau tanya: 2. dan cenderung hanya mempelajari dan mengakses informasi tertentu dalam otak. 90 % dari apa yang kita katakan dan lakukan " Hal tersebut didukung dari penelitian ahli pendidikan. pada usia emas "golden age" otak akan menganggap hampir semua informasi adalah benar benar baru. mempelajari hal yang baru mulai terlihat rumit dan susah. 50 % dari apa yang kita lihat dan dengar.

brain works. self concept. anda ga akan pernah bisa mengingat apapun. Spoiler for magic learning tags: learning is the art of insulting information to brain . semacam peg system. bisa diringkas menjadi hanya 60 menit saja? Why cramming never good Quote:Original Posted By slash_hudson ► mau nanya lagi deh gimana sih caranya kita setelah ngerjain soal supaya inget terus caranya? kadang2 pas gw udah ngerjain soal eh pas ditanya 2-3 hari nya ngerjain lg ga bisa. dll. Pendeknya informasi yang anda baca semalam. mind mapping. speed reading. belajar dengan cara semacam sistem kebut semalam. Sehingga efektifitas belajar meningkat sampai dengan 600 persen. beberapa jam setelah ulangan atau ujian pun kadang sudah lupa. Bisa dibayangkan? ketika mempelajari sesuatu hal yang diperlukan waktu sampai 60 jam. memorizing. hanya mangkal di STM (short term memory). brain wave. jangankan selang satu atau dua hari setelah lo baca materi tersebut. informasi (baca materi pelajaran) yang anda baca tidak akan pernah sampai ke LTM (long term memory) atau memori jangka panjang. dan hanya bertahan sampai beberapa jam ke depan (baca sehabis ujian) Hal ini disebabkan karena tingkat stress yang tinggi dan cara memasukkan informasi (cara belajar) yang kurang optimal dan bervariasi. dan secara otak memproses informasi. sebelum ujian. Efeknya. Jawaban ini dari halaman 2 thread ini: Ane tambahin beberapa point Yang anda lakukan namanya cramming.dalam neuro linguistic programming.

Untuk mengatasinya jelas kita harus memanage tingkat stress kita. semacam berdiskusi. dengan jadwal yang telah teratur. Tingkat stress yang rendah. berdebat. belajar yang efektif akan mampu optimal ketika kondisi otak dalam situasi fase gelombang alpha... maka otak . yaitu belajar jauh hari sebelum ujian. merupakan gelombang otak yang terdeteksi ketika kita sedang melakukan kegiatan kegiatan yang memerlukan pemikiran keras.. dan memperbaiki teknik belajar yang dipakai.? karena ini juga gw jadi suka bolos sekolah gw mau berubah nih bos bantuin ya : Brainwave adalah alat audio yang berfungsi untuk menurunkan gelombang otak dari beta ke alpha. Sebaliknya gelombang alpha terdeteksi ketika kondisi otak mulai rileks dan berada dalam kondisi mulai setengah sadar.. dan efeknya kita sangat siap dan rileks menghadapi ujian The alpha waves Quote:Original Posted By PunxBYS ► kalau kita memakai brainwave cara belajar yg efektif itu seperti apa ? oh iya satu lagi bos mau curhat dikit.. selain kebiasaan dan kemampuan mengerjakan variasi soal. Belajar jauh hari sebelum ujian menjadi kunci dasar kesuksesan ujian. karena dalam kondisi fase gelombang alpha tersebut. mencari solusi. menyebabkan tubuh dan otak secara fisiologis nyaman. dll. Gelombang beta. berpikir keras. tertawa. Nah. di sekolah gw yg baru sekarang tuh boleh dibilang berandal semua yg kerjaannya hanya tidur dan ngrusuh walaupun kadang kadang gw juga ngikut nah cara belajar di dalam kelas yg bersuasana seperti itu bagaimana.

gunakan untuk mengiringi selagi belajar. kalau anda belum terbiasa. Namun permasalahannya ciri ciri ketika kita sedang mengalami fase gelombang alpha dalam otak kita adalah "rasa rada kantuk" dan "setengah tidak sadar". sehingga kita seringkali lepas langsung ke fase gelombang teta (tidur). Sehingga dalam kondisi ini. dengarkan kasetnya dengan headset.(bagi yang moslem) tiap selesai sholat khusyu .ketika mulai mengantuk . sebagai berikut: Spoiler for fase gelombang alpha daily life: . diantaranya bisa kita ciptakan sendiri. Sebenarnya kita mengalami banyak fase gelombang alpha dalam satu hari. bagi termin belajar anda menjadi termin singkat singkat (maks 15 menit). ketika anda punya kaset gelombang alpha. dan inget. sebenarnya informasi apapun akan mudah sekali untuk di "acquire" otak kita.ketika berdzikir dan kontemplasi Usul ane. .akan mampu menerima informasi dan sugesti dalam bentuk apapun. baru mulai belajar.setelah bangun tidur . setelah selesai mendengarkan. dan rileks kan tubuh anda.menjelang tidur . dan siapkan jeda diantaranya.

Change your self Quote:Original Posted By PunxBYS ► oh iya satu lagi bos mau curhat dikit. lulus dengan nilai matematika 8. dll. karena kondisi tidak memungkinka. waduh sayang ane bukan konsultan psikolog gan. sang pemimpi. siapkan diri dalam bentuk banyak kegiatan positif. Lalu set jadwal belajar agan. Buat belajar per termin.? karena ini juga gw jadi suka bolos sekolah gw mau berubah nih bos bantuin ya : hehhee. dan kalau memungkinkan kasih bingkai dan pasang di kamar agan. the secret. dll.2 . Siapkan buku buku yang bisa dibaca tiap saat. buku novel. Pertama belajar kita memang memerlukan sebuah tujuan. Dalam tinjauan NLP. dll. Misalkan. tiap hari buat jadwal yang mengacu pada ujian. anda harus meminta (menargetkan).. laskar pelangi.. minimal baca. quantum ikhlas. anda tak akan pernah sampai ke tujuan jika tidak tahu kemana anda akan pergi.. dll. Buat 2 subyek berbeda untuk tiap harinya. jadi anda harus meng-set tujuan anda secara tertulis dan jangka waktunya. di sekolah gw yg baru sekarang tuh boleh dibilang berandal semua yg kerjaannya hanya tidur dan ngrusuh walaupun kadang kadang gw juga ngikut nah cara belajar di dalam kelas yg bersuasana seperti itu bagaimana. Misal. sebuah target. dan jalankan jadwal agan. Ketiga. Tulis dalam secarik kertas. . Buat weekend kosong dan beri hadiah bagi agan sendiri. nilai itu sekian.. katakan pada diri sendiri.. maka saya di akhir pekan akan nonton film di twenty one. LOA. tidak harus buku pelajaran. tidak harus di sekolah. Ini hanya untuk membiasakan agar agan mudah membaca dan membangun habit positif. kalau saya berhasil menguasai materi pelajaran dan tepat dalam memenuhi jadwal belajar saya. nilai ini sekian. ini merupakan syarat pertama. bisa buku motivasi. tapi mungkin ane bisa sedikit share ke agan. Tonton film yang memotivasi.

Memori ini hanya akan bertahan selama beberapa jam saja. Ketika guru menjelaskan. Sehingga kita tidak bisa mengingat apapun. Kelima. sebenarnya yang otak lakukan adalah memasukkan informasi ini pada short term memory (memori jangka pendek). and you can change the world!!! Memproses informasi ke permanent memory Quote:Original Posted By garager ► Gan mau nanya neh. . kalau tidak ada proses acquiring.Keempat minta dukungan dan cari teman yang memiliki kekhawatiran serupa dengan agan. setelah beberapa jam kemudian. Ajak mereka belajar dengan jadwal yang telah agan tentukan. jenis informasi ini akan susah diakses kembali dikarenakan STM telah "melupakan" sementara jenis informasi ini. dan asosiasi. malah jadi males Mungkin agan bisa membantu memecahkan problem ane neh Thanks for asking gan. Beberapa hal sudah dijawab di posting sebelumnya. minta doa dan pernyak ibadah. dan kita merasa mengerti. Nah. ane kalo lagi di terangin guru langsung nalar/masuk ke otak dengan cepat tapi pas malem mau belajar lupa lagi. Atau kalo kita jauh bisa telepon dan minta ijin sama ibu kos. repeating. cium tangan orang tua kita. tapi ada beberapa point tambahan buat anda. Sama sebelum mau belajar udah ada semangat yang kuat tapi ketika udah buka buku malah bingung apa yang mau dipelajari. bentuk kelompok diskusi atau kelompok belajar. ketika anda mau belajar. Change your self.

thanks pelajaran eksakta terutama matematika dan fisika memang memiliki ciri khusus tersendiri yang tidak memungkinkan kita untuk menganggap strategi belajarnya sama dengan strategi belajar pelajaran lainnya. Artinya anda sudah tahu tujuan dan fungsi belajar matematika. Exact learning strategy Quote:Original Posted By kubiloser ► gan mau tanya. hanya untuk membantu proses penulisan informasi ke dalam otak. Terlebih lagi ketika anda. gimana caranya agar cepat memahami hitung-hitungan seperti matematika khususnya tentang persamaan kuadrat yg ada x dan y. yang dibuat selama guru menjelaskan. mind mapping. Sehingga dalam belajar lanjutan malam harinya.Oleh karena itu. sangat penting sekali menuliskan tujuan dan target dalam belajar. Notes. karena anda sudah memiliki konsep peta materi tersebut sendiri. baik dalam bentuk buku maupun video. Proses ini akan membantu anda untuk memproses informasi lebih lanjut ke dalam otak. jadi tinggal memperbaiki cara belajar nya untuk meningkatkan tingkat pemahamannya. anda tidak perlu lagi menghafal kata atau mengingat apa yang dijelaskan guru secara detail. Kebanyakan hanya menyinggung strategi umum saja pada tiap tiap pelajaran. berarti anda ada dalam kondisi learning state yang sangat bagus. Literatur literatur asing dan indonesia. tidak pernah ada yang secara detail menyinggung pembahasan strategi untuk belajar matematika ini. yang akan memudahkan otak membangun jaringan atau jalur informasi melalui dendrit yang ada dalam neuron otak. dalam bentuk catatan kecil. coretan konsep. mau menuliskan atau merangkum materi yang dibawakan guru. Nah. kalau anda memang bersemangat mempelajarinya. saya sangat lemah dalam matematika padahal saya sangat semangat untuk mempelajarinya tapi karena saya susah sekali mengerti pelajaran ini ujung-ujungnya jadi malas. . Intinya sebenarnya adalah proses pengulangan atau rehearsal informasi tersebut. Karena banyak yang bahkan sama sekali tidak mau berhubungan dengan matematika.

beserta kombinasi penggunaannya. dan menulis di memori otak. Tidak perlu mengulang ulang soal yang sama dengan angka yang berbeda. hindari stress dalam belajar. dll. angka berapapun. 2. Pisahkan dengan cara pembuatan mind mapping yang memuat semua rumus dan penjelasan berdasarkan bab dan sub bab. 4. tidak jadi masalah. untuk latihan. ada beberapa strategi yang harus kita terapkan: 1. Ingat. cukup pahami langkahnya. tetap nyantai . rehearsal. untuk belajar matematika dan pelajaran ekssakta lainnya. atau di rangkuman tersendiri) 3. Ini untuk memudahkan aanda memahami kombinasi soal dalam penggunaan rumus. Renotes atau tulis ulang penerapan satu rumus. dan saya hubungkan dengan konsep yang saya miliki. contohnya ketika ditanyakan x nya. Tuliskan semua istilah atau rumus penting berdasarkan bab tersebut. Pandang satu masalah (rumus) dari berbagai sudut pandang. (bisa dilakukan di mind mapping tersebut. Anda harus mampu memilah dan memisahkan konsep satu dengan konsep lainnya.Berdasar pengalaman dan beberapa literatur yang saya baca. dengan menggunakan satu contoh soal. secara jelas dan detail. anda bisa memanipulasi pertanyaan dengan merubahnya menjadi berapa y nya. karena ketika sudah paham. Ini memudahkan anda untuk menghadapi problem yang berbeda dan proses asosiasi otak. berapa a nya. setelah terjawab.

biasanya: "aku ga menikmati kegiatan (belajar) ini nih. dan juga orang orang lain.. paksakan belajar.". nanti saja ah. Kita kemudian meyakinkan diri bahwa belum tepat untuk mengerjakan sesuatu . Prinsipnya. sesendok gula untuk menelan obat yang pahit. Get it? 2. untuk mengatasi rasa malas. Cara memecahkan ini adalah ketika bahan belajar anda cukup banyak.. beberapa diantaranya. Misal belajar 5 menit untuk 5 halaman bab I dari materi A. Kata hati yang muncul. Tepati dan laksanakan janji anda.. Akan saya bahas.help me please. ada lima sebab yang menyebabkan penundaan atau timbulnya rasa malas dalam mengerjakan sesuatu." atau "betul betul membosankan..Mengatasi Rasa Malas (Avoiding Procrastination) Quote:Original Posted By madioen ► ane mesti males gan mw belajar tp ane tu ada kmauan utk belajar gmana cranxa." Kadang kita menggunakan emosi untuk membenarkan keputusan kita untuk menunda sesuatu. Contoh." atau " aku sedang tidak bersemangat. lakukan semua dengan cara yang menyenangkan. maka anda hanya perlu menguraikannya menjadi bagian bagian yang kecil. dengan didampingi semangkuk makanan siap saji lezat.. menghindar dari rasa tidak nyaman ini dialami sebagian besar teman teman kita. hambatan emosi Orang yang mengalami ini dalam hati kita berkata "aku sedang tidak berselera belajar nih. kita malas ketika melakukan sesuatu yang disebut sebut atau kita pikirkan itu merupakan sesuatu yang 'serius' sehingga kita akan merasa "tidak nyaman".... 1. dalam diri kita.gan . (lainnya menyusul gan). sandingkan di dekat anda.. Cara kedua. terutama sifat menunda nunda sesuatu (procrastination) memerlukan bahasan yang rada mendalam... termasuk belajar.. atau yang lain. menurut tinjauan psikokologis dalam buku the mind gym.ketika anda malas belajar.

dan kadang dipaksakan(niatnya mw belajar. setelah saya bisa menguasai materi ini" Katakan dan debatlah diri anda sendiri dalam hal ini. anda bisa berkata pada diri anda sendiri. Ketika anda menemukan rasa malas ketika memulai belajar. "saya akan bermalas malasan lebih banyak. hanya untuk menunggu momen "semangat" itu tiba. anda malah menelepon teman. walau yang dipelajari itu pelajaran paling membosankan tolong dijawab ya gan. atau chatting dengan rekan. karena anda sedang dalam kondisi tidak mood. main game. Alih alih langsung belajar ketika waktu luang tersedia.s : satu lagi gan mengatasi rasa capek pulang kuliah supaya bisa mengulang pelajaran . jadinya ga masuk) tolong solusinya karena kuliah ane makin kesini makin "berat" p. tapi badan sama pikiran nolak :. Ketika anda berkata "aku terlalu stress dan cape untuk belajar malam ini" coba anda pikirkan betapa anda jauh lebih stress dan menderita ketika ternyata menjelang ujian anda malah belum selesai mengkaji bab tersebut. Cara mengatasinya yang paling efektif adalah menuliskan atau membayangkan buah dari tidak melaksanakan rencana secara langsung. kecuali ya anda sendiri. dan kita diminta menunggu hingga saatnya tiba. Strategi Umum Cara Belajar (Modalitas) Quote:Original Posted By silentbreaker ► pertanyaan saya simple aja gan bagaimana membuat belajar jadi menyenangkan dan tidak membosankan. ."sekarang". karena tidak ada apapun yang bisa merubah diri anda. akhir2 ini ane mulai sadar untuk belajar lebih serius tapi itu lah sandunganya belajar kadang sangat membosankan.

simbolisasi. saya membasiskan pada gaya belajar atau modalitas masing masing orang. mempraktekan dan memetakan konsep materi yang dipelajari. melakukan kombinasi gerakan dalam materi tertentu. Membuat belajar jadi nyaman dan tidak membosankan itu menjadi tujuan utama proses belajar itu sendiri. Tentang rasa malas dan perasaan kecenderugan untuk menunda belajar sudah dijelaskan di posting atas nya. dan kinestetik. tar deh tak kasih index page nya biar mudah nyari. cara cara semacam. Bahasa lainnya adalah konyol dan menarik. Bagi kinestetik. membaca keras dalam bentuk puisi. menjadi sangat mengasyikkan. dll.thx gan. mind mapping. sehingga menu dan cara belajar kita hendaknya mengikuti mekanisme yang sesuai dengan cara kerja otak. membuat miniatur pola konsep. menggubak lirik lagu dan syair. Sehingga ketika kita biasa biasa saja dalam belajar. cara cara semacam merekam dan memutar kembali rekaman tersebut. dll menjadi hal yang sangat menarik. sebagian sudah terjawab dalam post sebelumnya. ingat prinsip . Bagi orang orang dengan tipe belajar visual. Otak hanya akan menandai (baca mengingat) dan menyimpan dengan cepat informasi yang berbentuk unik dan mencolok. auditori. teruskan supaya kaskuser makin pintar ok gan. menghafal dengan soundtrack tertentu. anda memang harus istirahat. Tinggal tergantung gaya anda dalam belajar. menjadi sangat cocok dan memudahkan poses acquiring informasi. Bagi tipe belajar auditori. peta konsep. Ada cara belajar visual. mungkin hanya 30 persen dari materi yang kita baca. merangkum. mendengarkan CD rekaman penjelasan dosen. Untuk mengurangi rasa cape untuk belajar. Bicara tentang strategi. nice thread. idea mapping. Otak sendiri tidak dapat bekerja optimal dalam kondisi tertekan atau stress. mengkonvert materi ke power point. yang bisa ditangkap otak. mewarnai.

orphan pamuk. terdapat penjelasan yang bagus tentang mengapa kita tidak bisa fokus. Ketika kita berpikir aktif. gejala kinerja otak dapat diukur dengan alat EEG (Elektro Enchepalo Graph). menulis. tidak bisa optimal dalam belajar. bahwa cara belajar siswa saat ini. yang berfungsi mengkomunikasi dan mensinkronkan kinerja kedua belahan otak ini. maka otak kanan. Ada komentar. dan cara cara tradisional lainnya. Dalam satu sesi tes.maka otak kanan akan mengambil peranan juga. harus rileks dan nyantai (sudah dijelaskan dalam posting sebelum sebelumnya) Kenapa kita susah fokus dan konsentrasi Quote:Original Posted By paperinik ► gan gimana caranya supaya fokus n konsentrasi dalam belajar? Disamping masalah masalah remaja yang mungkin berperan serta dalam mengganggu level konsentrasi dan fokus kita. Menghafal. al gebra. akan “terbengkalai” secara tidak langsung. namun sebenarnya. belahan otak mana yang dominan digunakan untuk berpikir. dan efeknya adalah sebuah karya yang sangat luar biasa (da vinci. dan demikian pula yang diungkapkan Tony buzan dalam banyak bukunya. cenderung berpikir dengan menggunakan otak kanannya. dll) Lho. Otak kita di desain memiliki belahan kiri dan kanan. apabila otak kita dihubungkan dengan alat ini.maka otak akan bekerja dan berkoordinasi. Otak . atau paling tidak. bahkan kedua belahan otak ini bekerja secara sangat dinamis. Kedua belahan ini terhubung oleh suatu jembatan ajaib bernama corpus callosum.kerja otak. hubungannya dengan belajar apa??? Saya jelaskan. maka akan terlihat jelas.Ketika cara cara “otak kiri” ini dijalankan. membuat grafik. tabel. Karena tidak “dipekerjakan”. didominasi oleh cara belajar yang mengutamakan otak kiri. karena selalu berpikir tentang hal lain. bahwa para seniman. seniman juga menggunakan otak kiri mereka secara aktif. tidak mau kompromi ketika anda dalam keadaan stress dan terlalu cape.

Aneh khan??? Satu satunya cara untuk meningkatkan taraf fokus dan konsentrasi kita adalah memakai kedua belahan otak untuk belajar. gan Untuk mengurangi tingkat stress pada ujian Perencanaan belajar ketika menghadapi ujian memang harus dirancang dengan matang. ini yang sebenarnya justru merugikan pelajar sendiri.kanan akan mengajak kita melakukan pekerjaan yang memang. dan membiarkan otak dapat bekerja secara optimal. pikiran kita “dibajak” oleh otak kita sendiri. usahakan anda sudah menguasai minimal 90 persen materi ujian. kita diajak “melamun” dan “berimajinasi” oleh otak kanan. Akibatnya. baru belajar menjelang ujian berlangsung. Akibatnya kerja otak tidak pernah optimal. Dengan kata lain. Jadi menjelang ujian justru grafik tingkat stress nya makin naik. Merasa paniklah. Untuk mengakalinya. apa sudah efektif supaya inget? terus lain lagi nih di depan kan ada tips supaya ga ngantuk pas pelajaran di sekolah tapi kok masih tetep aja ya Thanks for asking. Untuk mengurangi tingkat stress pada ujian Quote:Original Posted By slash_hudson ► hmm ada tips untuk mengurangi tingkat stress pada saat ujian nya? lalu kalo kita mengerjakan banyak soal dlm pelajaran eksakta tanpa harus menghafal cara-cara sesudah kita selese ngerjain nya . ide ide baru. hal tersebut menimbulkan efek tenang. Yaitu berimajinasi. yaitu dengan membalik tingkat stress dan emosi anda. dan belajar lah keras jauh sebelum ujian berlangsung. Rata rata pelajar dan mahasiswa. Dan ini merupakan penyebab utama kita tidak bisa fokus secara penuh dalam belajar. terus lakukan eksplorasi pembelajaran jauh sebelum ujian datang. dan lain lain. yang kemudian menyebabkan tingkat stress yang tinggi. ada sebuah cara. dengan berbagai teknik nya. merupakan kecenderungan otak kanan. memproses dari hal umum. ada tips tambahan mungkin? . melihat gambaran. Sehingga makin mendekati ujian.

Ketika anda tertekan. yang menyebabkan hormon adrenalin menyembur. namun ternyata anda masih mengantuk. bahkan dapat dikatakan. yang perlu dilakukan adalah merekayasa kondisi otak supaya serileks mungkin. anda terlalu lelah untuk belajar. apa sudah efektif supaya inget? terus lain lagi nih di depan kan ada tips supaya ga ngantuk pas pelajaran di sekolah tapi kok masih tetep aja ya ada tips tambahan mungkin? Supaya tidak mengantuk ketika pelajaran Ketika tips tips sebelumnya sudah dilaksanakan. minum. ketika tubuh memerlukan proses recovery dari beberapa sel nya. ini menyebabkan rasa lapar. anda stress. anda harus menuntaskan (memanage) tingkat stress di awal awal periode pembelajaran Kalo memanfaatkan waktu yang singkat untuk relaksasi. meredakan stress udah dijelaskan di post sebelumnya. Supaya tidak mengantuk ketika pelajaran Quote:Original Posted By slash_hudson ► hmm ada tips untuk mengurangi tingkat stress pada saat ujian nya? lalu kalo kita mengerjakan banyak soal dlm pelajaran eksakta tanpa harus menghafal cara-cara sesudah kita selese ngerjain nya .Secara ekstrim. Syaratnya ya. Dan kombinasi dari beberapa kerja hormon dalam otak. anda tetap akan mengantuk. reaksi utamanya adalah naiknya . Selain itu. Kedua. atau memang sebelumnya melakukan aktivitas berat. ada beberapa tinjauan tentang hal tersebut. anda mengantuk karena energi terkuras untuk belajar (terlalu serius). Pertama. jikalau keesokan harinya berlangsung ujian. pelajar yang pintar. bahkan tidak perlu untuk belajar. Ketiga. karena tubuh memerlukan asupan gula dan oksigen lebih banyak. itu. karena ketika dipaksa pun. Ini menyebabkan ketegangan sendiri pada tubuh. Bisa diatasi dengan mengunyah permen manis. Rasa kantuk sebenarnya adalah sinyal dari tubuh. mengantuk ini juga terpengaruh dari ritme biologis harian tubuh kita. atau makan. yang menyebabkan anda mengantuk. Cara untuk mengatasinya adalah dengan beristirahat. mekanisme fight or flight.

atau mengantuk (reaksi tubuh). bahwa guru dan mata pelajaran tersebut. atau dosen. kalo bukunya keluar gw pasti beli Penjelasan Psikologis Rasa Kantuk Berdasar literatur yang saya baca. Awal nya mungkin kita enjoy terhadap suatu pelajaran tertentu. hal. secara psikologis. rasa kantuk ini memang mampu "dibentuk" dan "diciptakan" oleh diri kita. akan mudah mengatakan bahwa musik campursari. Ini pertama tama kita katakan pada diri kita sendiri . atau guru tertentu. ia merasa pusing. ngomong2 thanks jawaban-jawaban nya sangat bermanfaat. itu menjemukan. Contohnya. seorang remaja yang pecintak musik rock. hal. dan ditambah dengan guru yang kurang atraktif dalam menjelaskan materi. namun pelan pelan ketika kita merasa pelajaran ini mulai sulit. namun pengalaman dan persepsi kita memberikan label tersendiri terhadap kejadian. semua kejadian. adalah anda akan cepat merasa lelah dan kemudian mengantuk. "ngantukibahasa jawa" atau membuat kantuk. Kita mulai mempersepsikan.tekanan darah. Pada dasarnya. dan pada akhirnya ketika terpaksa mendengarkan. dan mempercepat denyut jantung. maka otak tidak akan mau menaruh perhatian khusus terhadap informasi tersebut. Sama persis ketika kita mengapresiasi pelajaran tertentu. dan moment yang terjadi dalam kehidupan kita. dan moment tesebut. otak kita mulai memberi label berbeda terhadap materi pelajaran tersebut atau guru tersebut. Ketika kita menjumpai sesuatu hal yang di pikiran kita berlabel "menjemukan". Cara mengatasinya. justru dengan melakukan relaksasi dan pelemasan otot. bersifat netral. Is it "not" enough? Penjelasan Psikologis Rasa Kantuk Quote:Original Posted By slash_hudson ► kalo pada saat belajar nya ngantuk tp setelah belajar itu ga ngantuk apa itu psikologis ya ? gw soalnya lebih ke arah kayak gitu sih. Efeknya.

. mungkin mindmap lbh cocok buat gw. Akibatnya. ternyata ada beberapa dari mereka mengatakan hal yang sama / memiliki persepsi yang sama bahwa "guru dan mata pelajaran ini cuma membuat ngantuk". sekalian minta tips cara membuat mindmap dong gan ditunggu bukunya ya gan Thanks for asking gan. bahwa pelajaran ini ngantuki). self talk kita harus dicermati benar lalu lalang nya. karena itu pilih lingkungan yang mendukung self development. mata pelajaran dan guru ini membuat ngantuk. Lingkungan tempat kita berkomunikasi juga memberikan pengaruh yang besar. Deepak chopra. kita akan berkata pada diri kita. kalo tulisan semua gw suka pusing bacanya/reviewnta (apalgi tulisan gw jelek . bahkan untuk diri kita sendiri (pentingnya mindset). tiap harinya kita bicara pada diri kita kurang lebih 55. ternyata anggapan saya benar. Nah. namun 90 persennya hanya perkataan yang tidak berguna.(sef talk). bahwa. ini berimbas pada konsep diri dan memberikan afirmasi yang luar biasa terhadap persepsi kita (kita berkata. ketika kita berkumpul dengan teman lain. secara psikologis. Parahnya. ini menjadi sebuah belief (kepercayaan) yang langsung mampu berimbas pada perilaku. Untuk mengatasinya. Lama lama.000 kali. dan efeknya kita mengantuk. ahli komunikasi. hal ini berlangsung tiap hari secara terus menerus. Mindmap = Mencatat? Quote:Original Posted By silentbreaker ► Gan nanya lagi dong kalo membuat mindmap itu termasuk mencatat(re-notes kalo minjem istilahnya TS) gak? :. nanti insya allah ane beli : Re notes dipakai lebih untuk menekankan dan melengkapi pengalaman kita dalam menjawab soal dan mengerti secara lebih spesifik tentang materi tertentu. . menyatakan. secara tidak sadar.

bagi pembelajar visual dan kinestetik. Praktisnya.. mampu memfasilitasi modalitas belajar mereka. Informasi tersebut.kita lebih baik menggambarkan sebuah materi awal di pelajaran ini. Penelitian terbaru menunjukkan.. Dua hal ini. kemudian lupa di saat yang lain. namun untuk sementara. alias tidak masuk ke memory permanen.eh pas hari H nya(ulangan)malah ga bisa ngerjain. sehingga akan lebih mampu diserap otak. bahwa aktivitas setelah belajar. persamaan. mind mapping. dari bagian bagian yang kecil dari sebuah materi. informasi yang diberikan.misalnya ane udah belajar MTK ane kira udah bisa semua ngerjain soal2 latihan. Cramming Again Quote:Original Posted By gepenk2010 ► waah gan ane mau tanya. lebih difungsikan untuk mengerti konsep keseluruhan. informasi tersebut memang sangat penting dan relevan. Mahasiswa yang setelah belajar kemudian tidur. informasi tersebut sangat menarik dan bisa diterapkan oleh kita (mirip relevan. hal hal yang perlu dipertajam. namun ini udah diaplikasikan) atau kalau ada proses pengulangan yang intensif. hanya akan ditampung di memori jangka pendek (short term memory). sebagai awalan. Ketika anda.. juga mempengaruhi penulisan informasi ke memory permanen. ketika. maka informasi tersebut ada kemungkinan hanya "mangkal" di short term memory tersebut. dll) akan diproses oleh otak kita. hanya akan di masukkan dalam memory jangka panjang.itu kenapa ya gan?apa belajar ane kurang konsen? Thanks for asking gan.Sedangkan. aksioma. dengan cara menuangkannya dalam bentuk mind mapping. Setelah kita mampu memetakan dengan jelas sebuah konsep dari materi tertentu. informasi ini. memiliki memory yang jauh lebih baik dibanding dengan mahasiswa yang memilih menonton TV atau membaca koran dan buku. Jadi informasi (baca rumus rumus. . bisa di renotes kan. merasa mampu mengerjakan di satu saat. baru kemudian.

merelevankan. Thanks for asking gan. terjadi. jd makanan seperti apa yg sekiranya harus dimakan untuk membuat kita bisa seperti itu ?? tolong di jawab gan . satu pekan. masuk ke dalam otak dalam bentuk denyutan denyutan listrik yang bergerak dalam sel neuron tertentu. saya kurang paham . Tingkat kepahaman (baca kemampuan mereview) sebuah informasi. Fenomena langsung dong (baca mengerti) suatu hal dalam sekali baca. dalam sebuah literatur tahun 1937. membenarkan. kita mendahului guru dengan mencari informasi. saya sarankan ada pengulangan yang dilakukan secara berkala. sebuah proses kimiawi di neuron otak anda. kyk pertanyaan di page one . membedakan. Informasi yang dibawakan guru tersebut. Nah. dan mempraktekannya dalam aktivitas harian kita.. sehingga otak akan mampu membuat kesimpulan terkait dengan informasi baru tersebut. Prof Ernest Ebbinghaust. satu bulan. dan saling menyambungkan dengan informasi yang telah ada sebelumnya. terkait langsung dengan informasi yang telah ada sebelumnya di dalam otak kita. Ini akan menjadikan informasi tersebut. akan mencapai bab tertentu. di first page agan blg makanan itu mempengaruhi . menyatakan bahwa pengulangan sebaiknya dilakukan satu jam. dan informasi tersebut oleh otak akan diproses dalam bentuk membandingkan.Untuk mengatasinya. Sebagai gambaran. dijelaskan karena memang ada informasi sebelumnya telah masuk dan membuat koneksi dengan informasi baru tersebut. Brain Connection = Understanding Quote:Original Posted By Nndragzzz ► gan saya mau nanya dong . Maka ketika guru menjelaskan materi tersebut. sepenuhnya milik memory permanen. membangun. . membaca bacaan dan literatur terkait dengan materi yang akan di bawakan. mengaitkan. satu hari.. kaitan kaitan (baca koneksi) ini akan menjadi sebuah memori permanen (diingat selamanya) ketika kita rajin mengulang (retention). dan 6 bulan setelah informasi tersebut diterima. ketika pelajaran di kelas. gmn cara kita ningkatin daya ingat kita dan daya tangkap kita gan ?? jd biar sekali baca lgs DONG gt .

dll 2. mengandung protein kualitas tinggi. memperlambat penuaan fungsi otak. mengandung lycopene 5.Kalo kemudian sekali baca. mineral. seperti layaknya kita pertama kali corel. Makanan yang mampu mempengaruhi otak: (Urutan berdasar makanan yang paling mudah kita temui sehari hari) 1. Alpukat . gmn cara kita ningkatin daya ingat kita dan daya tangkap kita gan ?? jd biar sekali baca lgs DONG gt . mengandung nasunin. tentang hal yang sangat baru. bahkan bisa dipastikan tidak mungkin. vitamin. karena kita punya acuan awal nya.. The brain foods Quote:Original Posted By Nndragzzz ► gan saya mau nanya dong .. Brocolli. tidak akan terlalu rumit. Telur. dan noradrenalin 7. saya meragukan hal tersebut. kalori. meningkatkan kualitas komunikasi neuron otak 4. kemudian kita berpindah menggunakan photoshop (atau sebaliknya). mengandung tyrosene. langsung dong atau mengerti. Yoghurt. Terong. sumber vitamin K 6. dan membuatnya mampu merespon lebih cepat sinyal yang dikirimkan dari neuron lain). Bayam. di first page agan blg makanan itu mempengaruhi . saya kurang paham . melindungi otak dari stress oksidatif 3. bahkan kemudian kita menggunakan program komputer lain yang lebih kompleks. jd makanan seperti apa yg sekiranya harus dimakan untuk membuat kita bisa seperti itu ?? tolong di jawab gan . kyk pertanyaan di page one . choline (meningkatkan ukuran neuron otak. Thanks for asking gan. yang memproduksi hormon dopamine. Tomat.

namun lebih mirip proses mengirim pesan. Semakin sering kita mengulang informasi. Quote:segala sesuatu informasi yg kita peroleh harus melalui synaps. Sel otak terdiri dari neuron dan glial cells. Proses mengirim pesan ini. Nah.8. .. jd harus ada yg membantu informasi itu tuk melalui synaps yaitu salah satunya omega 3 Quote:madu . almonds. digambarkan dalam bentuk. dll 11. otak akan menambah atau menumbuhkan dendrit baru. dan memperkuat jalur synapse ini. Neuron merupakan struktur utama penyusun otak. Berry berry-an (Strawberry. pesan ini "berenang" ke axon dari neuron lain. ke axon dari neuron lain.. dan axon (bagian yang melakukan koneksi dengan neuron lain) Koneksi yang dimaksud disini bukan berarti masing masing axon meyambung. Jangan lupa. kecuali blackberry. madu Brain Cells: how brain communicate Quote:Original Posted By jeroanayam ► gan kalo makanan yg mempengaruhi spingomielin apaan? cz penting juga tuh buat meningkatkan daya ingat atau menyimpan Informasi2.. Teh hijau 9. cell body. gandum. maka jalur synapse ini akan semakin kuat. yaitu dendrit (bagian yang melakukan proses penerimaan informasi). blueberry. sekaligus sebagai alat komunikasi dan transfer informasi dalam otak kita. kacang"an ama ikan lebih nge bantu mana untuk omega 3 nya gan ? Thanks for asking. Ia terbagi menjadi tiga bagian. Kacang kacangan. Jambu monyet dan kacang mede 12.hehe) 10. selama neuron ini melakukan koneksi dengan neuron lain. melalui sebuah ruang yang disebut "synapse". atau semakin intens dan mendalami terhadap informasi tersebut. hal itulah yg membuat kita cepet ngerti atau tidak tergantung pada synaps nya.

dan menghasilkan fungsi fungsi tertentu bagi otak. karena mereka tahu. proses awalnya mungkin yang paling susah. ada alternatif lain selain . Swiss knife techniques Quote:Original Posted By silentbreaker ► thx for the answer dan index yang di page one jadi Re Notes itu hanya untuk bagian2. sangat menggemari ikan. saya msh kurang paham tentang re notes dan manakah yang lebih baik dipakai ?. semua konsep dan tata letaknya. ato re notes dan mindmap saling melengkapi? btw mind map ribet juga ya mindmap gak gan? Thanks for asking. Kalo cara yang saya praktekkan. Omega tiga. sebagai berikut: 1. Untuk memahami secara keseluruhan peta konsepnya. yang menunjang pelepasan beberapa hormon tertentu. sangat banyak ditemukan dalam ikan segar. pendaki hanya bisa bergantung pada beberapa utas tali. Ketika dua pendaki ingin menyeberang di antara dua tebing tinggi.. kandungan luar biasa di dalamnya.. Bisa kasih contoh gak gan?. re notes ato mind map?.Proses nya mirip dengan proses membangun jembatan. yang mereka pakai untuk menyeberang. Pilih satu bab. saya akan membuat mind mapping. bagaimana orang jepang. . dan mindmap itu konsep keseluruhan?. maka akan mudah bagi mereka dan rekan lain untuk membangun jalur menyeberang secara permanen dalam bentuk jembatan. Ini menjelaskan. dan buat mind map nya. Namun begitu mereka berhasil menyeberang. Semua makanan yang disebutkan diatas. mengandung zat kimia dalam berbagai bentuk nya. tapi nanti ane coba deh . kita tuangkan dalam mind map.

dalam tab tertentu.. Selain mind map. semacam definisi. Saya merangkum (re-notes) hal hal yang perlu pendalaman. Jelas. kalo mau pelajarin buku2 yang pake bahasa inggris biar gampang gimana y?? Kalo ngartiin sih bukan masalah. bisa anda lihat secara cepat di daftar isi. dan mengoreksinya sendiri. Oia.ada juga idea mapping. dan yang perlu perhatian lebih lanjut. selama kita nyaman mbuatnya dan ngliatnya. dan melakukan proses tersebut sesuai dengan modalitas belajar. Yang kemaren versi rumit. . namun ketika kita tidak mampu untuk mengambil kesimpulan. kemudian memperbaiki jawaban yang salah. Saya baca dengan teknik "speed reading" untuk mengenali tinjauan umum. sekarang lebih simple. . kita perlukan strategi untuk lebih cepat dalam memahaminya. Thanks for asking gan. Aplagi kalo tiba2 di tgh jalan ketemu kata2 asing. terserah kita mau bentuk apapun ya. Kalo menurut ane sih.2. Saya mulai berlatih untuk menjawab soal. rumus. walaupun bahasa itu universal.. 5.. Untuk mempelajari buku buku dengan bahasa inggris.. data penting. bagian bagian. tapi sama aja kok. dan hal hal menarik lainnya. persamaan. Cekidot. dan menuliskan jawabannya (re-notes juga). Karena sepintas. maka percuma saja. Berikut tips tips nya: 1. Saya mulai melakukan proses menghafal dan "memasukan" informasi dalam "pikiran" dan mulai melakukan proses tanya jawab internal. fakta penting.. gan. biasanya memang memerlukan penyesuaian. Pahami betul konten dan tujuan penulis menulis buku. tapi buat paham ntuh sulit. dan agar mampu merekonstruksi ide yang ada di dalam buku tersebut. 3. 4. English learning strategy Quote: Originally Posted by adswadsw Gan. sample mind map nya uda ane update. maksud dan tujuan dari tiap bab. mind map..

perkuat dengan pendapat penulis yang anda temukan dalam buku tersebut. ketika bertemu. Liat secara sepintas. grafis. mulai lah membaca buku tersebut. berupa fakta. Sebelum memulai apapun. bahwa anda mau dan mampu mengerti isi keseluruhan buku tersebut dalam rentang waktu tertentu (baca artikel tentang: against procrastination) . data data. Tidak perlu baca kata perkata. cukup tekankan pada hal hal penting. 5. dan rekonstruksi kembali pemikiran anda. 3. dan usahakanlah mengerti dan memahami secara cermat jawaban dari rekonstruksi pertanyaan yang anda lontarkan. 6. atau tuliskan artinya dibawah kata asing tersebut. Kalau perlu bahkan rangkum dan tuliskan kembali jawaban yang anda peroleh dari buku tersebut. karena pengalaman saya. Mulai amati dan mulai ajukan pertanyaan pertanyaan yang anda buat sendiri untuk mengarahkan fokus kita terhadap permasalahan yang diangkat dan ditampilkan datanya. 7. Sediakan kamus untuk mencari secara cepat kata kata yang anda tidak mengeri. atau di dalam buku tersebut. Sekira anda telah terjawab pertanyaannya. Dari daftar pertanyaan tersebut. biasanya penulis barat seringkali menggunakan kata kata "slang" yang bisa bermakna apapun.2. 4. dll yang ada di dalam buku tersebut. langsung cari artinya. tabel. mulai mencari penjelasan dari buku tersebut. yakinkanlah diri anda. Kalau perlu tulis secara manual dalam rangkuman anda. persentase. dan yakinkanlah jawaban yang anda temukan tadi.

maka.. merupakan tersangka utama.ok? . Padahal. maka proses penguraian lemak yang telah dimakan. Karena darah terkonsentrasi di perut untuk membantu proses pencernaan. lemak akan bertambah dalam kandungannya. akan mengurangi supply darah ke otak. yang akhirnya membuat otak kita tidak mampu bekerja secara optimal. .. sebagai faktor pemicu hormon neurotransmitter serotonin. Ketika ditambah dengan lemak. ketika kita makan singkong sebelumnya.Singkong membuat cerdas? Quote:Original Posted By xjapanboy ► : bantu nambahin. Karbohidrat sendiri. Sehingga efeknya. So. singkong jg membantu meningkatkan daya ingat lho! Thanks for sharing gan. we are what we eat. Ketika singkong digoreng dan dimakan. Umbi singkong merupakan sumber energi yang kaya karbohidrat namun sangat miskin protein. untuk melakukan aktivitasnya. kita tidak mampu terjaga secara optimal ketika mengerjakan ujian. otak memerlukan oksigen yang dibawa darah. yang menyebabkan rasa nyaman dan mengantuk.

untuk pengulangan ini tidak perlu mengulang satu rumus dengan angka yang berbeda. Satu pekan setelahnya 5. yang diperlukan adalah pengulangan saja (selain pemahaman dan ketertarikan). terkait dengan rumus atau contoh soal dalam tiap bab nya. tidak ada strategi khusus. untuk pelajaran pelajaran yang bersifat logic matematis. ulangi pengerjaan nya dalam rentang waktu sebagai berikut: 1. 6 bulan setelahnya Kemudian. rumus dan semua kombinasinya menjadi milik memori anda selamanya Transfer ke memori jangka panjang (permanen) Quote: .. karena perbedaan titik tekan materi. Karena sebenarnya. Supaya cepat paham dalam penggunaannya. Nah. Satu bulan setelahnya 7. jelas tentang kepahaman dan ketertarikan pasti telah tereksekusi. Pengulangan yang saya maksud.. Jadi. kecuali dengan menggunakan pengulangan. tentunya khusus.Strategi belajar untuk Olimpiade Matematika Quote:Original Posted By n4tsum3 ► bagaimana teknik belajar untuk olimpiade matematika????????? hehehe thanks for asking. Dua pekan setelahnya 6. Satu hari setelah nya 3. Untuk strateginya. 3 hari setelahnya 4. Untuk materi dan teknik belajar untuk olimpiade matematika. gan. karena anda sudah akan ikut olimpiade matematika. Satu jam setelah belajar 2. namun dalam satu sesi belajar. kerjakan beberapa satu atau dua rumus dalam bentuk kombinasi yang berbeda.

akibatnya anda akan lebih mudah mengingat. bahkanmenyebutkan dengan jelas.. 2. bahwa para mahasiswa yang melakukan aktivitas tidur. anda menerapkannya dalam hal hal tertentu. satu bulan. ketika terjadi proses REM (rapid eye movement). Seperti misalnya anda mendapatkan materi tentang sesuatu hal. Bahkan bagi juara mengingat sedunia pun.Originally Posted by libertycity nahh. sehingga informasi yang baru anda dapat langsung menjadi relevan dengan apa yang terjadi. memori tertentu akan menjadi milik kita selamanya. bermaksud. maka anda akan lebih mudah mengingat dan memahami hal tersebut. satu hari. namun yang perlu diketahui bahwasanya. jangan lupa bahwa proses yang utama untuk memindahkan memory jangka pendek ini selain REM. setelah belajar. ketika kita mengulangi informasi tertentu tersebut dalam selang waktu satu jam.. memory jenis ini (jangka pendek) hanya akan ditransfer ke dalam memori permanen. adalah proses sebagai berikut: 1. secara signifikan memiliki ingatan yang lebih baik. gimana cara transfer memori dari otak jangka pendek ke jangka lama? Ada banyak teori yang menyatakan beberapa cara untuk menjadikan memory jangka pendek ini menjadi permanen. yang hanya berlangsung ketika anda tidur. dia perlu berlatih dan mengulang ulang informasi tentang "bagaimana cara mengingatnya". seperti menonton TV atau membaca majalah. dan 6 bulan setelah mendapatkan informasi tersebut. kemudian anda menerapkannya dalam bentuk mengajarkannya pada rekan yang lain. Penerapan juga berarti anda melakukannya (praktek). dibandingkan dengan mahasiswa yang melakukan aktivitas lainnya. ernest ebbinghaust. . Namun. Penerapan Penerapan disini. Dari penelitian dr. satu pekan. Pengulangan Pengulangan jelas merupakan syarat utama untuk memasukkan jenis memori dan informasi tertentu dalam otak. Penelitian dalam majalah american mind. 2 pekan. gimana cara transfer memori dari otak jangka pendek ke jangka lama? Quote: Originally Posted by libertycity nahh.

Self motivation (Page 4) 2. mungkin itu dulu nanyanya . biaya gitu2 siasat belajar efektifnya gmn ya klo otodidak? walaupun trmasuk matematika.Untuk teknik mengingat dengan lebih baik. Against postpone ii (Page 9) Strategi Belajar Akuntansi (CMIIW) Quote:Original Posted By ntenzz ► ane dah nerapin gan metode belajarnya. Avoiding procrastination (Page 8) 5.. banyak sekali ya. Change your self (Page 6) 4. berhubung ane kan mahasiswa Akuntansi. konser pasif. semacam mindmap. ) Bisa ngliat artikel di bawah ini gan. sleep learning.nonton lah gmana caranya supaya kbiasaan ini hilang trimakasih Thanks for asking gan. tapi kan ini pengerjaannya ga pake rumus2 gitu. Self affirmatiion (Page 5) 3. dll Breaking the habit Quote:Original Posted By redchampion27 ► gan ts ane paling susah ngapal. lalu kita diskus aja 1. dan tiap contoh soal beda yang diketahui. mungkin karna materinya juga pas lgi gampang kali ya. nah klo belajar tentang penghitungan2 kaya keuangan..main game lah.mau mulai blajar naudzubillah maleees bener yak niat sih ada tapi selalu aja ada rintangan(ngaskuslah. renotes. konser aktif. beda ngerjainnya juga. selama ini sih enjoy2 aja.

Thank you for asking gan.. adalah penerapannya. dengan kolom pertama berisi materi dan rumus yang telah anda kuasai. dokumentasikan dengan baik. kelompokkan berdasar tipe variabel yang dicari atau berdasar penerapan rumus. Cara terbaik belajar akuntansi. bahwa ketika anda mengerjakan. kimia. begitu ada progress (materi yang anda kuasai bertambah). Strategi yang bisa dipakai sebagai berikut: 1. Jawaban di bawah ini mungkin masih belum sempurna. dan kemudian menjelaskan kepada rekan kerja atau berdiri di kaca. tetapkan target anda menguasai bab tertentu beserta semua kombinasinya 4. Buat sendiri daftar case study atau bank soal anda. kenapa ini begitu. Ini akan memudahkan anda membangun konsep diri . dst. dan kemudian "berpura pura" menjelaskan nya. update tabel tersebut. matematika. Dalam beberapa penelitian terbaru menyatakan. sehingga anda akan mudah mengingat nya. artinya anda memang harus secara manual mengerjakan soal dan case study nya. bukan perubahan angka dan jumlah saja. berisi materi yang anda belum ketahui. serta kolom kedua. pastikan semua terakomodir dan terpisah (berdasar kan kategori yang anda sepakati) 2. seperti ketika anda sedang menjadi dosen.. akuntansi memiliki kesamaan dengan materi materi semacam fisika. 3. terutama dalam masalah perhitungan dan penerapan rumus. (dalam bentuk bank soal tadi). Buatlah tabel besar dengan dua kolom. maka otak akan mempertajam dan merebuild jalur koneksi di dalam neuron anda. CMIIW yah Buat saya. Perbanyak kombinasi pengerjaan soal. kenapa ini begini.

Ketika bangun tidur 3. sebenarnya informasi apapun akan mudah sekali untuk di "acquire" otak kita. Membawa kondisi otak rilek dan posisi alfa itu maksudnya apa dan bagaimana? thanks gan. Sebenarnya kita mengalami banyak fase gelombang alpha dalam satu hari. Namun permasalahannya ciri ciri ketika kita sedang mengalami fase gelombang alpha dalam otak kita adalah "rasa rada kantuk" dan "setengah tidak sadar". yang menandakan kita sedang terlelap dan tertidur. mampu membawa kita ke gelombang alpha. maka otak akan mampu menerima informasi dan sugesti dalam bentuk apapun. jangan lupa di jawab yah Otak memiliki beberapa jenis gelombang. Ada gelombang theta dan delta. . Setelah shalat khusyu' (for moslem) 5. Ketika anda punya kaset gelombang alpha. bisa kita ciptakan sendiri. sehingga kita seringkali lepas langsung ke fase gelombang teta (tidur). dll Ternyata fase gelombang alpa ini. yang masing masing menandakan aktivitas aktivitas yang dilakukan otak. gunakan untuk mengiringi selagi belajar. sibuk.The alpha waves ii Quote:Original Posted By blank_alpha ► Mau nanya nih gan 1. sebagai berikut: 1. Ketika menjelang tidur 2. belajar yang efektif akan mampu optimal ketika kondisi otak dalam situasi fase gelombang alpha. bahkan musik musik tertentu. dengan cara rileksasi dan kontemplasi. yang merupakan penanda bahwa kita sedang melakukan aktivitas bekerja. Nah. atau berpikir keras. Ada gelombang beta. Ketika sedang fokus 4. Bagi anda yang memiliki CD audio alphawaves juga bisa dipakai. Sehingga dalam kondisi ini. karena dalam kondisi fase gelombang alpha tersebut. diantaranya bisa kita ciptakan sendiri.

gimana caranya biar bisa cepat dan lancar menguasai tuh bahasa ??? makasih sebelumnya. Thanks for asking gan. dikombinasikan dengan musik yang mengajak subyek menuju ke gelombang alpha otak.. peneliti. dengarkan kasetnya dengan headset. dan berusaha untuk mematrinya ke dalam memori kita. setelah selesai mendengarkan. dan siapkan jeda diantaranya. dan inget. Nah problem ane sekarang yaitu : belum bisa bahasa jerman(gak ambil pelajaran bahasa jerman kemaren) sedangkan agustus akhir harus udah jago nah pertanyaan ane simpel gan . baru mulai belajar. Belajar sebenarnya (dalam bahasa mudah) adalah proses memasukkan informasi ke dalam otak secara simultan. Georgi Lozanov. Hasilnya? gila gilaan... Lozanov menggunakan musik klasik dengan dentuman beat 55 . Strategi Belajar Bahasa Quote:Original Posted By lastazi ► misi gan mau nanya kebetulan kan ane sama beberapa temen ane ada rencana mau lanjutin studi ke jerman(S1) tapi ambil yang winter season (bulan september awal).kalau anda belum terbiasa. ada yang memang berproses hanya memasukkan perbendaharaan kata (vocab) untuk menguasai lebih cepat. kita dengan mudah me-retrieve atau me-recall informasi tersebut. dan hasil nya (penilaian) mampu meningkat sampai 6 kali lipat. dalam belajar bahasa. Nah. para subyek pembelajar. bagi termin belajar anda menjadi termin singkat singkat (maks 15 menit). Jadi penggunaannya (grammar) dikesampingkan. sehingga ketika kita memerlukan informasi tersebut. mampu memangkas waktu belajarnya sampai dengan 30 persen. Dr. dan rileks kan tubuh anda.70 beat . mempraktikkan cara cara yang tertuang dalam bentuk quantum learning (proses pembelajaran yang dipercepat) dalam pembelajaran bahasa. Cara cara yang dipakai George Lozanov dalam Sugestopedy nya. adalah dengan memasukkan informasi berupa kata kata dalam bahasa asing.. Dalam hal ini.

Ini akan menyebabkan anda mengalami interferensi. anda mampu mencoba semacam itu. kalau anda merupakan tipe pembelajar dengan auditori atau lebih ke memasukkan informasi dari indera pendengaran. atau bunyi alat musik ketimbang informasi belajar yang anda masukkan.. maka akan lebih parah lagi. bedanya. para subyek pembelajar sudah terkondisikan kondisinya dalam keadaan rileks dan konsentrasi..permenit. karena rangsang ini akan lebih menarik. dan bahkan mencapai 661 persen (dilihat dari jam penyelenggaraan pembelajaran) Nah. Efektivitas belajar sambil menonton televisi Quote:Original Posted By themeds ► mksh bgt . apakah efektif jika belajar smbl dengerin music ato nonton tv? Thanks for asking gan. subyek diminta berkonsentrasi ke musiknya. dengan bantuan beberapa teman terutama. karena yang penting ada musiknya. mengikuti tiap alunan musik. Secara singkat. musik diputar. ngg ebookx aja . eh gan mau tny . ketika indera pendengaran anda dirangsang dengan 2 rangsangan kuat. namun dengan suara yang lebih rendah. tinggi rendah. Dengan pengulangan dan beberapa variasi teknik. otak memproses jutaan informasi tiap detik. naik turun. maka otak akan memilih lebih menarik. Musik klasik ini kemudian diputar dan seluruh subyek pembelajaran bahasa asing tersebut diminta berkonsentrasi pada alunan musik dan kata kata yang dibacakan Lozanov. kecepatan subyek dalam menyerap bahasa asing tadi meningkat 10 kali lipat. Lozanov. otak akan secara otomatis akan memproses informasi secara audio visual. dan Lozanov kembali membacakan kata katanya. . kembali menggunakan musik klasik. maka saya sarankan anda tidak belajar sambil mendengarkan radio atau CD. yaitu syair lagu atau irama. Apalagi ditambah sambil menonton televisi. sehingga sangat menarik dan mencolok (metode ini bernama Active concert) Pada sesi selanjutnya. Lozanov membacakan secara dramatis.

Paling efektif. karena dalam fase ini. sehingga memang bisa dipakai untuk menurunkan tempo gelombang otak. itu musik yang cocok untuk dipakai menurunkan tempo ke fase alpha. dengan tempo yang bisa membuat kita mengantuk.. Musik jaman sekarang banyak yang mampu dipakai untuk menurunkan gelombang otak ke fase alpha. penelitian menunjukkan bahwa aktivitas yang cenderung untuk memasukkan informasi sampah (junk information) semacam iklan di televisi. anda tidur. film film tidak berguna. dll) sebagian besar memiliki beat rendah sampai dengan 55 -70 beat. otak akan menulis memori jangka pendek ke permanen. setelah belajar. kombinasi dengan suara gemercik air. beethoven. terutama yang musik musik semacam "nature sound". itu juga bisa dipakai. isinya isntrumen musik.Bahkan lebih lanjut. vivaldi. Tapi ada juga buku buku yang berbonus CD gelombang alpha. dan kicau burung. sehingga lebih mudah untuk mengingat nya. . Sebenarnya prinsip utama dari musik yang dipake untuk menurunkan gelombang otak dari beta ke alpha (baca rileks) adalah musik yang mampu membuat kita rileks. walaupun pada awalnya mungkin anda merasa aneh. Gelombang Alpha dan Sampelnya Quote:Original Posted By dhadhidhum ► gan. nah contohnya kaya gimana gan? soalnya ane nyari juga masih rada bingung. justru akan membuat informasi awal di depannya (materi belajar) menjadi rentan "dihapus" otak. ato agan mau share file-nya disini juga boleh gan biar ga susah nyari dan ga ngeluarin biaya lagi :maho Thanks for asking gan. dll setelah melakukan proses belaar. semacam Adi W Gunawan atau Erbe Sentanu. Musik jaman baroque (Mozart. kan agan udah pernah tuh ngebahas soal musik alphawaves.

dimana ide ide kreatif akan muncul disini. Fase yang dimaksud adalah fase gelombang alpha.. dimana kondisi kita disini sangat rileks (rileks dalam) dan tertidur (delta). Hakekatnya adalah anda melakukan terapi bagi diri dan otak anda.5 hz. Selewat gelombang alpha. Kalo anda seorang muslim. dimana disarankan kita melakukan aktivitas berpikir secara optimal di fase alpha. bagi seorang muslim. a-ha moment. aktivitas menurunkan gelombang otak ini. fase gelombang otak yang efektif dan efisien untuk pembelajaran. baca gelombang sebagai denyut. terutama dalam shalat khusyu. maka otak akan bekerja di fase gelombang beta yaitu antara 12-25 hz. memiliki jenis gelombang yang berbeda (gampangnya. Cara yang paling populer adalah dengan relaksasi. otak akan mampu bekerja secara sangat optimal. Kebanyakan ahli menyatakan bahwa dalam fase ini. solusi solusi. dalam artian.Fungsi menurunkan gelombang otak Quote:Original Posted By Rising Phoenix ► : kalo menurunkan gelombang otak fungsinya buat apa gan Thanks for asking gan. Dalam fase ini anda akan merasa rileks namun waspada. Nah. sebagaimana yang telah dijelaskan. Sehingga sebenarnya. atau mendengarkan CD gelombang alpha atau musik rilaksasi. Otak. maka anda akan terbiasa dikondisikan dalam fase gelombang alpha. ada juga fase gelombang otak theta dan delta. .. dengan kondisi optimal 10. berfungsi untuk mencapai fase gelombang otak yang diinginkan. Menurunkan gelombang otak adalah menuju fase pembelajaran yang optimal. walau beda-untuk memudahkan). dimana otak bekerja dalam kisaran frekuensi 8-12 hz. shalat ini adalah mendidik bagi kita untuk optimal senantiasa dalam melakukan aktivitas sehari hari (profesional). ketika anda diwajibkan untuk melakukan shalat. dan tentunya informasi jauh lebih mudah untuk di proses disini. Ketika kita sibuk berdiskusi dan melakukan aktivitas berpikir keras.

dan hal ini memang sesuai dengan rekomendasi pakar otak dan learning technology.. Pastikan anda rileks ketika mengerjakan ujian. dengan syarat anda sahur (makan) dengan cukup bahan gizinya. kecuali dalam bentuk ringkasan atau kumpulan rumus atau apapun yang merupakan "buatan anda sendiri". Kondisi ketika sedang mengerjakan ujian atau soal memang sedikit berbeda. Ada beberapa hal yang memang harus "sangat" diperhatikan ketika kita mengerjakan soal. Bahkan anda bisa berpuasa... 3. mau tanya nih kalau kita belajar. . Jangan sekali kali baca materi dari buku atau materi mentah. Kurang tidur atau belajar sistem SKS justru akan memecah konsentrasi anda. lalu bagaimana bila kita sedang mengerjakan soal atau ujian? terima kasih sebelumnya Thanks for asking gan . kita melakukan dalam kondisi alpha (rileks) dan bersesi (sesuai recency and primacy theory). otak akan menuliskan informasi yang anda butuhkan. 2. Saya memang menyarankan ketika kita belajar. pastikan anda cukup segar dan rileks ketika menjelang ujian. sarapan dengan protein akan memudahkan otak meluncurkan beberapa macam hormon yang dibutuhkan otak untuk mengeluarkan informasi via neuron neuronnya. Pastikan anda tidak membaca baca lagi perihal materi yang akan ditestkan. kita musti dalam kondisi alpha dan bersesi (@10-15menit). Pastikan anda tidur cukup. selama anda tidur pada malam sebelum ujian. Konsumsi makanan dengan protein di dalamnya. diantaranya sebagai berikut: 1.Teknik mengerjakan soal ujian i Quote:Original Posted By neo anderson ► TS yang terhormat.

lol . bahkan dalam beberapa kasus. 7. dan menarik nafas dalam. begitu anda tidak bisa. langsung search dan kerjakan soal yang mudah. pastikan anda mengerjakannya secepat dan seefektif mungkin. mengerjakan esai yang mudah (bisa dengan mudah kita jawab) akan memudahkan kita mengerjakan soal soal lainnya. baru usahakan memenuhi semua kuota soal yang ada. bahkan ketika mendapat ijin. silahkan ditanyakan kembali gan (needs feedback. 5. Tidak perlu mengerjakan semua soal.4. anda boleh minum. Begitu anda merasa "pusing" atau "sakit kepala" tanda nya anda perlu rehat sejenak. Ketika menghadapi soal. Ingat ini penting dan sangat bernilai. 6. Jangan terlalu lama "stay" pada satu soal. langsung beralih ke soal lain. anda terlupa. ini mensuplai oksigen ke otak untuk pembakarannya. rileksasi diperlukan. pastikan anda mampu menjawab dengan pasti (tingkat keyakinan tinggi) pada titik dimana nilai anda aman. Spoiler for extra tips: ada sebuah teknik yang memungkinkan anda me-recall sebuah informasi yang mungkin ketika anda mengerjakan ujian. padahal merasa tahu jawabannya. Ketika anda merasa sudah aman. Ketika mengerjakan soal jawaban berganda.

. padahal merasa tahu jawabannya. seringkali luput atau terlupa. Ketika anda menemui soal yang anda merasa tahu jawabannya. 4. dll. 2. silahkan ditanyakan kembali gan (needs feedback. Selagi merilekskan diri. terkadang informasi ini. maka biasanya informasi penting semacam ini. Namun. Ketika anda tidak menemukannya. maka ada beberapa kemungkinan. cukup sekali saja di awal. perintahkan pada otak untuk mencari jawaban tersebut. namun anda tidak menemukan jawaban tersebut muncul dalam otak. Cara memunculkan informasi tersebut adalah sebagai berikut: 1. Untuk mengerti tips ini. 6. Nah ada dalam situasi ujian dimana tingkat stress naik. pertama. yang kemudian ketika informasi tersebut "dirasa" oleh otak penting. yaitu. cukup katakan "saya tahu jawaban soal ini. karena ada proses interference. maka bisa susah untuk di recall (bahasa kita. lupa). 5.. Lupakan soal tersebut. atau dilakukan pengulangan informasi tersebut. Yang artinya bahwa informasi tersebut. anda harus rileks. harus saya tekankan bahwa semua yang telah dipelajari atau dibaca otak. Tidak perlu mengulang ulang perintah pada otak untuk mencari jawaban tersebut. lol Thanks for asking . sampai kemudian otak anda "secara tiba tiba' memberi tahu "hasil searching data base" nya. anda terlupa.. anda tidak pernah mempelajari hal tersebut.Magic tips for recall missing information Quote:ada sebuah teknik yang memungkinkan anda me-recall sebuah informasi yang mungkin ketika anda mengerjakan ujian. ada di dalam otak anda selamanya. akan disimpan ke memori jangka pendek. Lanjutkan terus mengerjakan soal. dan langsung beralih ke soal lain. yang kedua anda hanya membaca sekilas dan materi tersebut memang "tidak anda perhatikan sama sekali" sehingga otak tidak . dan saya perintahkan otak untuk mencari jawabannya" pada diri anda 3. maka informasi tersebut akan ditransfer ke dalam memori permanen.

. yang saya alami adalah ketika anda bangun pagi hari sebelum subuh. sebenarnya ada metode meditasi yang memang dipakai untuk mengkondisikan otak menuju alpha. Mudah berpikir (memainkan pikiran / deduktif) 4. namun anda tidak mengantuk sepenuhnya Sedangkan efeknya adalah sebagai berikut: 1. Bahkan tiap hari kita . nanya lagi yah tanda tanda kalau otak kita telah menjadi alpha itu kaya apa? Thanks for asking gan . Anda waspada. maka otak pun terjun bebas menuju gelombang alpha. maka mudahnya. Mudah berkonsentrasi pada satu hal tertentu 2. dll Mudahnya anda dalam kondisi alpha adalah dalam situasi waktu tertentu. Atau ketika anda melakukan rileksasi yang optimal. semua anggota tubuh anda..bisa me-recallnya Ciri otak dalam kondisi alpha Quote:Original Posted By neo anderson ► gan. ketika itu biasanya dipakai oleh anak anak untuk belajar dan memang efeknya beberapa informasi mudah diingat. Menemukan solusi atau sudut pandang lain dalam melihat suatu masalah (kreatif) 3. Sebenarnya mudah saja. Anda dalam kondisi rileks (tanpa stress). adalah otak dalam kondisi sepenuhnya alpha (dengan syarat cukup tidur nya). Makanya.. Dalam yoga. merasa fit dan enak atau nyaman 2. artinya selain rileks. Berhubung saya muslim. sangat direkomendasikan untuk menunjang pengkondisian otak kita. Ciri ciri utama otak dalam kondisi alpha adalah sebagai berikut: 1. ketika anda shalat khusyu. shalat malam. waktu anda bangun tidur.

3.. (sorry lama reply nya.. Tips cepet menghafal pernyataan yg banyak bangeet. artinya. sama saja tekniknya. Tips cepet menghafal kalimat baku & bikin bingung (Tips Mahal) Quote:Original Posted By kaskus2807 ► gan. namun ini hanya sebagai case study saja.mengkondisikan diri dalam gelombang alpha dalam bentuk shalat lima waktu. CMIIW): Dalam tiap pengertian ada beberapa kata kunci. jadi harus dipilah dan pilih biar nanti semua pihak puas ) Saya langsung case studi saja ya. untuk pengertian yang lebih panjang dan rumit. karena tips ini rencana mau saya optimalkan di buku. ambil contoh anda pelajari pengertian ekosistem berikut (dari wikipedia) Spoiler for pengertian ekosistem: Ekosistem adalah suatu sistem ekologi yang terbentuk oleh hubungan timbal balik tak terpisahkan antara makhluk hidup dengan lingkungannya Cara paling praktis untuk menghafalkannya step by step adalah sebagai berikut (walaupun pengertian ekosistem ini pendek dan mudah dihafal. .. Tips cepet menghafal kalimat2 yg baku n bkin bingung. tentunya bersyarat shalat khusyu'. Tips biar ane gak males blajar pas malemnya T_T makasih sebelumnya ya ^_^ Thanks for asking gan. dkit lg ane kan mau semesteran nih. ane minta bbrapa tips nih buat masalah ane : 1. 2. catat kata kunci tersebut atau bisa menggunakan teknik highlite atau menggaris bawah.

mau mudah atau mau sedikit keras dalam mengingat. saya bisa dengan mudah menghafal nya dengan hanya 3 kata kunci. jadi tergantung kita sendiri.Sebagai contoh. dapat kata kuncinya. Begitu anda. di atas mungkin disebutkan ada 5 kata kunci. Dalam kasus ini. namun bagi saya. kata kunci dalam pengertian ekosistem di atas adalah sebagai berikut: Spoiler for kata kunci: sistem ekologi timbal balik terpisahkan makhluk hidup lingkungannya Kata kunci disini bisa berubah ubah jumlah dan kata katanya. Sebagai contoh. 5 kata kunci di atas akan diubah menjadi akronim sebagai berikut (versi sayaversi anda bisa lain): Spoiler for akronim: SIstem ekologi TImbal balik TERpisahkan MAkhluk hidup LINGkungannya jadi anda hanya perlu menghafalkan: Spoiler for akronim ii: siti termaling . 5 kata mudah anda hafalkan. anda bisa menghafalkannya. namun bagaimana jika ada lebih dari 10 atau 15 kata kunci? Anda bisa membentuk akronim untuk memudahkan anda menghafalkannya.

aneh dan nyeleneh. tepat sebelum ujian. apa yang anda ketahui tentang makanan? apa anda tahu pengaruh kurangnya cairan terhadap daya ingat? pengaruh makan daging. kini dengan mudah anda bahkan bisa mengingat pengertian lengkap dari ekosistem dengan mudah dan mengasyikkan. justru hal ini akan sesuai dengan cara kerja otak. sekaligus menjawab pertanyaan anda pada nomer berikutnya. yang bahkan anda tidak perlu bersusah susah untuk menghafal materi? Apa yang anda ketahui tentang acronimous system? rhymeous system? loci page system? roman system? yang akan membuat anda menghafal ratusan kata dalam waktu 1 menit? Makanan. olah raga dan istirahat . Quote: Original Posted By estikajati ► cara belajar mungkin hanya 20 persen menentukan keberhasilan . Cara kerja dari sistem mengingat ini sama persis untuk banyak kasus. menimbulkan efek slowly neuron? Olahraga. yang lebih utama adalah kesegaran mental dari pembelajar . yang menyebabkan anda mudah . Saya yakin.Just it! Kalau anda bertanya. kenapa akronimnya tidak bermakna. selamat mencoba Ada bukti ilmiah? ada yang bisa anda share disini? saya sangat tidak sepakat ketika anda menyatakan bukti tersebut. yang lebih mampu mengingat dan memberik perhatian kepada hal yang unik. dan anda bilang hanya 20 persen menentukan keberhasilan? Ada yang anda ketahui dengan "sleep learning" ? cara belajar sambil tidur. apa yang anda ketahui tentang olahraga? apa pengaruhnya terhadap daya pikir dan kemampuan mengingat? apa anda tahu pengaruh gerak badan sebelah kanan terhadap daya pikir? Istirahat? apa yang anda ketahui tentang istirahat? apa anda tahu bahwa istirahat pada masa tertentu dalam jam jam aktif justru membunuh neuron otak. terutama kata "termaling". menyegarkan mental dapat dilakukan dengan makanan. Ratusan metode belajar terbaru dan paling mutakhir diciptakan dan mampu mempercepat daya serap pembelajar sampai dengan 600 %.

lepas konsentrasi? Saya yakin anda, dan produk jualan anda (numpang iklan di thread ini) tidak akan mampu menjawab pertanyaan pertanyaan tersebut. Saya tidak melarang anda berpendapat, namun anda sangat arogan mengatakan "Cara belajar mungkin hanya 20 persen menentukan keberhasilan", dan itu menunjukkan bahwa anda ternyata tidak mengerti apapun tentang learning technology, yang sekarang berkembang sangat pesat.

Main game, memudahkan kita belajar?
Quote:Original

Posted By killiac ► pernah ada yg bilang main game sebelum belajar (tapi gamenya yg simple simple aja) bisa ngebantu kita memahami apa yg kita pelajari. itu bener apa engga gan ? atau cuma buat bikin rileks aja maksudnya ya ? oh kondisi alpha itu seperti apa ? Thanks for asking gan .... Pada anak anak usia golden age, 0-8 tahun, permainan macam game menggunakan remote / joystick memang bermanfaat, namun kemanfaatannya hanya terbatas di area meningkatkan kordinasi antara otak dan tangan. Penelitian yang menyebutkan maen game meningkatkan kreativitas, perlu dibuktikan lebih lanjut lagi, sampai didapat hasil optimal. Untuk pernyataan game dapat membantu kita memahami apa yang dipepajari, saya sendiri belum pernah membaca atau mendengar pernyataan tersebut. Satu satunya penelitian yang jelas dan terakses, adalah bahwa mendengarkan musik klasik selama beberapa menit sebelum belajar atau mengerjakan soal, memang meningkatkan IQ kita, khususnya di area spasial yang mengenali bentuk dan rotasi benda, namun itupun hanya berkisar antara beberapa menit saja. Jadi tidak ada yang mampu membuktikan sampai sekarang, kalau main game simple atau apapun, dapat membantu kita dalam belajar.

Belajar sedikit tapi efektif
Quote:Original

Posted By xjapanboy ► langsung aja : Apa bener gan belajar dikit2 tapi intensif lebih bagus daripada Belajar 1 minggu (bahkan 1 malam) sebelum ujian?? ane gak pernah belajar nih, hehehe Thanks for asking gan .... Yap benar sekali pernyataan anda. Belajar dalam waktu semalam saja, hanya proses cramming yang terjadi atau proses memasukkan (baca memaksakan) informasi ke dalam otak kita. Biasanya, informasi jenis ini hanya akan bertahan selama beberapa jam saja. Ketika lain waktu kita dihadapkan dalam situasi atau test yang sama, kita sama sekali lupa, karena informasi cramming ini tidak ditransfer otak ke dalam memori permanen. Aturan universal untuk menempelkan informasi secara permanen dalam otak kita adalah melakukan pengulangan secara rutin dan teratur, yaitu pengulangan setelah satu jam, satu hari, satu pekan, satu bulan, dan enam bulan. Maka otomatis, otak kita akan "memenjarakan" informasi tersebut secara permanen dalam otak kita. Pelajar, seringkali melakukan cramming / belajar dalam waktu satu malam saja, akibatnya, ketika dihadapkan ke ujian nasional akhir, ia merasa sama sekali belum siap, padahal kalo tahu kunci ini, maka ia akan sangat santai dalam menghadapinya.

Sebelum belajar, ngapain dulu?
Quote:

Originally Posted by treble09 om TS numpang tanya lagi dong kan gini sabtu minggu ane libur terus biasanya privat jam 11 gitu,ane bangun jam 9 ,bagusnya sebelom les ngapain dulu? terus setelah les istirahat brp lama buat belajar lagi ?

Thanks for asking gan .... Tidak ada ketentuan khusus buat anda ketika menetapkan waktu belajar. Kalau memang anda les pada jam tersebut, sebelumnya boleh dimanfaatkan untuk kegiatan apapun. Memang lebih baik jika anda membaca baca hal hal yang terkait dengan materi (yang akan dipelajari), sehingga ketika les, otak anda akan lebih

mudah menerima dan mengaitkan dengan informasi sebelumnya. Bangun lebih pagi, akan lebih baik bagi otak kita. Terlebih kalau anda seorang muslim, dan melaksanakan sholat shubuh, maka otak anda akan lebih terkondisi ke alpha. Bahkan ketika anda mau melaksanakan shalat shubuh tersebut di masjid, maka anda beruntung mendapatkan udara shubuh murni, yang mengandung kadar oksigen terbaik, sehingga akan lebih menyegarkan otak. Nah, ketika anda selesai les, maka diharapkan tidak melakukan aktivitas "mengotori pikiran" anda dengan informasi tidak penting, langsung istirahat saja, dan dalam rentang waktu satu jam, anda bisa mengulang materi yang tadi anda pelajari. Lalu ulangi satu hari, tiga hari, satu pekan, satu bulan setelahnya, dijamin daya ingat anda tentang materi tersebut bertambah ok.

Otak dan tekanan psikologis
Quote:Original

Posted By hackerpockemon ► gi mana mengatasi masalah dalam tekanan.? gw haruz bisa paling pinter d kelaz. d rumah di surh belajar mati2an untuk bsa menjadi yg terbaik. padahal gw jg btuh yg namanya kebebasan.. Thanks for asking .... Otak tidak akan pernah mampu bekerja di bawah kondisi tekanan, karena yang terjadi, ketika kita masuk dalam zona di luar kontrol kita, yang terjadi adalah mekanisme fight or flight, yaitu mekanisme melawan atau melarikan diri. Ini semua dipengaruhi oleh hormon kortisol, yang menyebabkan naiknya tingkat stress dalam diri kita. Belajar optimal hanya mampu dilakukan ketika anda dalam kondisi rileks dan santai. Otak seperti parasut, hanya akan mampu bekerja ketika terbuka. Target target yang anda miliki, kalau bukan dari diri anda sendiri, hanya akan menjadi beban. Dorongan untuk menjadi yang terbaik, ketika memang bukan keinginan kita, atau bukan muncul dari diri kita sendiri, hanya akan membuat otak kita terkondisikan "jenuh", karena mengejar apa apa yang bukan kita inginkan. Rekomendasi saya, share dengan orang tua, tentang target target belajar, yang sama sama membuat anda dan orang tua puas, tetapkan pula standar minimal anda, bukan standar maksimal yang harus diraih setinggi tinggi nya. Paparkan bahwa tekanan dan stress hanya akan berdampak buruk dan menyebabkan kita kehilangan semangat,

Selipkan juga. namun saya ulas sebagian kecil saja). ketika dalam situasi kelas (belajar dikelas). entah itu sendiri (walopun jarang) ato di LBB itu paham gan. atau just gift atau yang lain. otak juga hanya memproses informasi tersebut di memori jangka pendek saja. gimana ya gan caranya biar ingatan kita tahan lama? thx gan Thanks for asking gan . namun hal ini untuk memicu semangat kita dan membangun citra diri positif atas apa yang telah kita raih. layaknya mendapat penghargaan sekecil apapun. Salah satu teknik re notes yang mudah adalah dengan membagi dua lembar buku yang anda miliki. Diantaranya. Untuk mentransfer ke memori jangka panjang. anda tidak boleh hanya memahami konsep yang anda pelajari hanya dengan mendengar. Emotionally 1/4 notes technique Quote:Original Posted By batikluardalem ► gan mau tanya. Lembar 3/4 nya untuk mencatat hal penting yang anda dengarkan. anda melakukan cramming. memasukkan informasi secara acak dan mendadak ke dalam otak anda dan tidak membiarkan otak anda "menuliskan" ke dalam memori jangka panjang. atau peta konsep atau hanya menulis istilah penting saja. kalopun inget itu pun sedikit banget memori yg bisa di gunakan. ada ratusan. tapi pas besoknya atau beberapa jam kemudian ane ngulang selalu lupa gan.. dalam ukuran 3/4 dan 1/4. mungkin dapat berupa free times.. ane kalo belajar. bahwa tiap prestasi yang kita raih. Kalau anda melakukan belajar sistem kebut semalam. akibatnya anda tidak akan mudah ingat apa yang anda pelajari. Karena selain tingkat fokus manusia ekual dengan umur manusia (dinyatakan dalam menit). adalah melakukan apa yang saya sebut sebagai re-notes (teknik re notes atau mencatat ulang. 3/4 halaman ini juga bisa di pakai untuk menggambar mindmap. . Nah.karena pembiasaan kejar target menyadari kemampuan kita. banyak cara yang bisa dilakukan..

atau yang bersifat semacamnya. betul gak? nah.. dibandingkan dengan pelajar yang melakukan aktivitas rileks seperti tidur. bagaimana cara ngajak sepupu saya untuk belajar? .. jadi dia bisa bener bener tau kalau belajar itu penting. saya udah ajak dia belajar. Penggunaan emosi dan imajinasi di sisi 1/4 nya terpakai untuk mengoptimalkan otak kanan anda. Selain itu. penelitian dari scientific american menyebutkan. dan aktivitas yang bersifat informatif destruktif) secara kontras. di depan saya dia bilang iya. nah. sehingga anda lebih powerfull dalam belajar. saya gak cuman ngajak. ya gak ada salahnya kalau mau main. pas dia dateng ke rumah. orang tuanya sepupu saya selalu menyuruh saya untuk mengajak dia belajar.. dia cowo.1/4 halaman sisany. tapi bener bener buktiin ke dia kalau belajar itu lebih penting daripada main. intinya anda hanya perlu memfasilitasi atau menuangkan apa yang anda "pahami" dalam bentuk lain. kita punya hobi sama dan . ya pokoknya banyak kesamaan lah. dapat anda pakai untuk menuliskan emosi atau imajinasi anda tentang apa yang anda tulis di sisi 3/4 nya. caranya dengan rela gak main kerumah dia dengan alasan pengen belajar.. menurunkan daya ingat terhadap materi yang dipelajari. akan mengaktifkan jalur memori emosi. bisa dibilang sepupu yang satu ini emang deket banget sama saya. bahwa pelajar dengan aktivitas beragam (nonton TV. Memotivasi mentee Quote:Original Posted By neo anderson ► gan. mau nanya nih. Terdapat pula beberapa teknik lain yang bisa anda praktekkan. maen game. tapi. berjalan jalan.. saya memang kebetulan lagi belajar.. dia masih kelas 1 SMP sedangkan saya sudah mau kuliah.. tetep aja dia malah main melulu. dengan melakukan re notes dengan teknik ini. saya punya sepupu. membaca majalah. tapi dibelakang malah engga. yang merupakan memori dengan kekuatan recall paling kuat diantara memori lain. tapi kan musti inget waktu. Selain itu.

bikin komitmen. Anak dalam usia SMP semacam itu. dan pemberi motivasi. memang masih dalam dunianya sendiri. ehehe. atau durasi. yaitu dunia bermain. tapi biarkan dia yang menetapkan dan menentukan sendiri. . selain melakukan teknik motivasi di atas. berikan dia gift (bisa maen bareng. memotivasi untuk hal semacam ini memerlukan usaha dan komitmen tinggi dari anda selaku "mentor"... bukan anda yang membuat. paling mudah adalah cara stick and carrot. anda juga ikut memacu dia untuk menetapkan target belajar (yaitu capaian materi yang harus dia kuasai dalam waktu tertentu). Ingat. Dan pastikan anda memenuhi janji atau komitmen tersebut. sehingga energi yang dia miliki memang sepenuhnya harus dialokasikan secara efektif.Thanks for asking gan . atau free jajan. akan tetapi bab atau materi yang dia pelajari. Jelas. Yaitu. saya sarankan (karena ini permintaan orang tua) buat komitmen dengan yang bersangkutan. Untuk teknik memotivasi jelas. atau yang lain). Misalkan. maen PS hanya ketika sudah menyelesaikan Bab tertentu. Anda hanya sebagai pendamping. hanya untuk memenuhi kuota waktu belajar (misal 2 jam). Saran saya. Karena selain terukur (bisa di test oleh anda). justru melakukan banyak hal lain. Sebagai kakak. goal setting (capaian nilai yang dia bisa raih). kalo dia berhasil menyelesaikan belajar bab tertentu. terkadang jika acuan waktu.. Disini saya tekankan acuan capaian belajar bukan waktu. jadi maaf kalau kurang memuaskan. Ini rada berat juga ane jawabnya. dan sekaligus time schedule (waktu dan durasi dia belajar). Energi yang dimiliki anak dalam usia ini seringkali berlebih. namun tidak konsentrasi. mungkin dia belajar lama.

Master your semester with Scribd & The New York Times

Special offer for students: Only $4.99/month.

Master your semester with Scribd & The New York Times

Cancel anytime.